Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Tea Tree Oil Terbaik

Banyak manfaat dari essential oil, baik untuk kesehatan tubuh, mental, maupun kecantikan. Salah satu essential oil yang digemari masyarakat adalah tea tree oil. Terbuat dari minyak yang diambil dari pohon teh, tea tree oil memiliki aroma yang sangat menenangkan dan juga bermanfaat bagi kulit.

Sejumlah merek semisal The Body Shop, Essenzo, dan Young & Living memproduksi tea tree oil dengan ragam kelebihan. Untuk Anda yang mencari tea tree oil, silakan tengok rekomendasi kami di bawah. Namun, simak manfaat serta pahami cara memilihnya dulu, ya!

Beragam Manfaat Tea Tree Oil yang Terbukti secara Ilmiah

Tea tree oil, juga dikenal sebagai minyak melaleuca, adalah minyak esensial yang berasal dari ekstrak daun pohon teh asli Australia. Dalam penggunaan topikal, tea tree oil dapat berfungsi sebagai antibakteri dan stress-reliever. Sementara itu, untuk tubuh, tea tree oil dipercaya efektif sebagai obat antijerawat, antiketombe, kutu air, dan mengatasi gigitan serangga.

Kendati memiliki manfaat yang beragam bagi tubuh dan pikiran Anda, penelitian menunjukkan bahwa tea tree oil tidak diperbolehkan untuk konsumsi oral. Pasalnya, tea tree oil cukup berbahaya bagi pencernaan manusia.

Cara Memilih Tea Tree Oil

Setiap orang memiliki keperluan dan kondisi tubuh yang berbeda-beda. Sebelum Anda membeli tea tree oil untuk diambil manfaatnya, kenali beberapa poin dalam memilih produk tea tree oil yang terbaik untuk Anda.

Sesuaikan Tipe Produk yang Anda Pilih dengan Penggunaannya

blank

Kebanyakan orang memang menggunakan tea tree oil untuk keperluan topikal atau untuk kulit. Namun, tidak sedikit orang yang menggunakan bahan ini untuk menenangkan diri dan membuat ruangan menjadi beraroma relaxing sebagai aromaterapi.

Jika Anda ingin menggunakan tea tree oil untuk keperluan skin care, Anda bisa memilih produk tea tree oil dalam bentuk lotion, krim wajah, gel, serum atau yang telah dicampur dengan virgin coconut oil, agar tidak mengiritasi kulit.

Namun, apabila Anda ingin menggunakan tea tree oil untuk keperluan aromaterapi, akan lebih baik jika menggunakan jenis essential oil atau minyak esensial murni. Tea tree oil murni akan lebih efektif jika dihirup tanpa tambahan bahan-bahan lain seperti alkohol, vitamin, dan sebagainya.

Dalam penggunaannya sebagai aromaterapi, tea tree oil juga kerap dicampur dengan varian minyak esensial lain seperti peppermint, lemon, dan lavender. Sebagai aromaterapi, tea tree oil akan diteteskan ke dalam diffuser ataupun humidifier yang telah dilengkapi fungsi aromatherapy.

Untuk Meminimalisir Sensitivitas, Perhatikan Persentase Kandungan Terpinen-4-ol

blank

Kandungan Terpinen-4-ol membuat tea tree oil dijuluki sebagai minyak serbaguna. Zat yang satu ini berfungsi sebagai antivirus, antimikrob, dan juga antijamur. Itulah alasan mengapa tea tree oil juga efektif dipakai sebagai bahan dasar hand sanitizer. 

Setiap produk tea tree oil memiliki kandungan Terpinen-4-ol yang bervariasi, sekitar 10%-40%. Semakin tinggi tingkat Terpinen-4-ol, semakin efektif produk dalam melawan berbagai jamur dan bakteri. Sayangnya, Terpinen-4-ol yang tinggi bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif.

Perhatikan banyaknya kandungan Terpinen-4-ol di dalam produk tea tree oil yang Anda pilih dan sesuaikan dengan kondisi kulit Anda. Apabila Anda memiliki alergi atau terkena dermatitis atopik, sebaiknya pilih tea tree oil dengan kandungan Terpinen-4-ol yang sedikit.

Pilih Produk yang Kemasannya Mampu Meredam Paparan Cahaya

blank

Paparan cahaya dapat mengurangi efektivitas Terpinen-4-ol yang terkandung di dalam tea tree oil. Tidak hanya itu saja, paparan cahaya berlebih juga meningkatkan kadar para-cymene yang dapat membuat kulit menjadi iritasi.

Jadi, penting bagi Anda memastikan bahwa produk tea tree oil, terutama yang murni, dikemas di dalam botol yang mampu meredam paparan cahaya.

Pilih Produk yang Menyediakan Pipet atau Dropper

blank

Tidak semua produk tea tree oil hadir dengan pipet atau dropper. Namun, keberadaan benda yang satu ini akan mempermudah Anda untuk menakar jumlah tea tree oil yang ingin Anda gunakan. Anda pun dapat lebih berhemat. Maka, akan lebih baik memilih produk tea tree essential oil yang menyediakan pipet atau dropper.

Perhatikan Komposisi untuk Anda yang Mencari Produk Asli, Natural, maupun Organik

blank

Setiap produk tea tree oil hadir dengan kandungan yang berbeda. Ada yang mengandung 100% tea tree oil, tetapi ada juga yang dicampur dengan bahan-bahan aktif lain seperti misalnya minyak centella. Jika Anda mencari tea tree oil murni baik untuk mengobati kulit secara aktif maupun aromaterapi, pilih produk dengan kandungan minyak pohon teh 100%.

Namun, apabila Anda mencari produk yang memberikan kombinasi manfaat berbagai zat, tidak ada salahnya mencari produk tea tree oil dalam bentuk serum, krim, atau minyak yang sudah dicampur dengan bahan lain.

10 Rekomendasi Tea Tree Oil Terbaik

Anda layak mendapatkan perawatan kulit dan aromaterapi terbaik. Untuk itu, berikut kami berikan deretan rekomendasi tea tree oil yang akan bermanfaat untuk Anda.

1. The Body Shop Tea Tree Oil

blank

Sumber : Shopee.co.id

Cocok dicampurkan ke dalam produk skincare Anda

The Body Shop Tea Tree Oil menjadi pilihan banyak wanita karena efektivitasnya dalam mengatasi kulit berminyak dan kemerahan. Mengandung essential oil murni, Anda hanya perlu meneteskan sedikit untuk merasakan manfaatnya.

Anda dapat mencampurkan sedikit tetesan tea tree oil dari The Body Shop ini ke dalam produk skincare Anda atau mengoleskannya ke bagian kulit yang terkena gigitan serangga, kemerahan, atau terasa berminyak.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ampuh mengempiskan jerawat dengan cepat, bahkan ada pengguna yang hanya sehari untuk melihat efeknya.
  • Penggunaan mudah, cukup ditotol dengan cotton bud.
  • Tekstur tidak lengket saat mengenai kulit
  • Tidak menimbulkan kesan berminyak.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Meski membuat jerawat cepat matang dan kering, produk ini kurang cocok untuk pengguna berkulit sensitif.
  • Aromanya cukup strong.
Penggunaan Topikal
Ketersediaan pipet/dropper Ya
Komposisi utama 100% tea tree oil (community trade)
Ukuran 10 mL
Kisaran harga Rp129.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Thursday Plantation 100% Pure Tea Tree Oil

Mengatasi gigitan serangga dan berbagai masalah kulit hanya dalam satu tetes

Disuling dari pohon teh terbaik di New South Wales dan bagian tenggara Queensland, Thursday Plantation 100% Pure Tea Tree Oil memberikan banyak manfaat hanya dalam satu tetes saja.

Setetes produk ini dapat efektif mengatasi berbagai masalah kulit seperti jamur, jerawat, dan gigitan serangga. Aplikasikan produk menggunakan kapas pada bagian kulit yang bermasalah.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Fungsi antiseptik yang bekerja optimal menangani masalah terkait.
  • Aroma yang menyenangkan bagi sejumlah orang.
  • Bisa membantu masalah kutu rambut apabila dicampurkan air dan lavender.
  • Praktis untuk digunakan, termasuk dibawa bepergian.
  • Multifungsi juga untuk membersihkan permukaan benda yang dihinggapi kuman.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Aroma yang terbilang menyengat, sehingga perlu dicampurkan dengan air atau minyak lain untuk menetralkannya.
Penggunaan Topikal
Ketersediaan pipet/dropper Ya
Komposisi utama 100% natural/pure tea tree oil
Ukuran 25 mL
Kisaran harga Rp180.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. iUNIK Tea Tree Relief Serum

blank

Sumber: Iunikcos.com

Lengkap dengan centella yang membantu peremajaan kulit

Serum dari iUNIK ini dikhususkan untuk perawatan kulit. Bahan dasarnya adalah campuran tea tree oil dan ekstrak centella yang terbukti ampuh dalam mengurangi peradangan, meremajakan kulit, dan juga melembapkan kulit.

Berbagai testimoni dari para pengguna menyebutkan bahwa iUNIK Tea Tree Oil sangat cocok untuk kulit berminyak yang sensitif dan berjerawat. Jika Anda kerap terganggu dengan masalah tersebut, produk ini mungkin dapat membantu Anda dengan baik.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cocok untuk kulit sensitif yang berminyak, termasuk buat kulit yang acne prone.
  • Bisa juga untuk kulit iritasi dan kering karena efektif menenangkan dan mengembalikan kelembapan kulit.
  • Bikin jerawat cepat kempis tanpa menyebabkan beruntusan.
  • Tidak perih meski terkena area kulit yang terdapat luka.
  • Bantu kurangi minyak wajah hanya dalam semalam.
  • Tidak mengandung ingredients yang berisiko besar menimbulkan efek samping buruk.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sejumlah pengguna mendapati jerawat baru setelah memakai produk ini.
  • Untuk kulit yang tidak cocok juga berisiko menimbulkan beruntusan.
Penggunaan Topikal
Ketersediaan pipet/dropper Ya
Komposisi utama 67% tea tree extract water, 19,5% centella extract, 6 sprout extract, niacinamide, adenosine
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp168.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Natuna Tea Tree 100% Pure Essential Oil

blank

Sumber: Shopee.co.id

Tea tree oil untuk pijat yang telah tersertifikasi ISO & Therapeutic Grade

Natuna Tea Tree 100% Pure Essential Oil memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan dan juga efek relaksasi yang menyenangkan. Telah tersertifikasi Standar Internasional (ISO) & Therapeutic Grade, tea tree oil ini cocok untuk pijat atau aromaterapi yang memberikan ketenangan saat tidur.

Produk tea tree oil ini bebas dari paraben, amonia, dan juga pewarna buatan sehingga aman untuk penggunaan topikal maupun untuk dihirup. Namun, perlu diingat bahwa produk ini dilarang untuk diminum atau dicampurkan ke dalam makanan.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bekerja mengeringkan jerawat hanya dalam semalam.
  • Dapat pula menghilangkan bekas jerawat, terlebih bila dicampur dengan tamanu oil.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bagi yang tidak cocok, pemakaian berhari-hari dapat menimbulkan sensasi terbakar.
  • Aroma menyengat.
  • Perlu teliti saat meneteskan minyak agar tidak keluar berlebihan.
Penggunaan Topikal, aromaterapi
Ketersediaan pipet/dropper Ya
Komposisi utama 100% tea tree pure essential oil
Ukuran 10 mL
Kisaran harga Rp58.325
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. SOMEBYMI 30 Days Miracle Tea Tree Clear Spot Oil

blank

Sumber: Blibli.com

Menyamarkan bekas jerawat, mengontrol minyak, dan membuat kulit menjadi lembap

Dengan kandungan tea tree leaf oil, tea tree leaf water, panthenol, dan allantoin, SOMEBYMI 30 Days Miracle Tea adalah minyak yang terbukti ampuh dalam menyamarkan bekas jerawat, melembapkan kulit, dan mengontrol minyak berlebih.

Cara untuk menggunakan produk yang satu ini cukup mudah. Tuangkan SOMEBYMI 30 Days Miracle Tea ke atas kapas dan oleskan pada bagian kulit yang bermasalah.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sanggup mengempiskan dan mengeringkan jerawat dengan cepat.
  • Efektif juga menenangkan jerawat batu dalam semalam.
  • Bisa dicampurkan dengan produk lain, misalnya toner atau bahkan sampo untuk mengatasi kulit kepala berminyak.
  • Sebagian orang merasakan efek bekas jerawat menghitam memudar perlahan.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Agak terasa perih dan panas saat terkena jerawat.
  • Harga tergolong tinggi untuk ukuran yang mini.
Penggunaan Topikal
Ketersediaan pipet/dropper Ya
Komposisi utama 100% tea tree oil
Ukuran 10 mL
Kisaran harga Rp175.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Essenzo Tea Tree Essential Oil

Properti antimikrob yang ampuh menangkal kuman dan jamur

Diproduksi dari ekstraksi tanaman Melaleuca alternifolia yang berasal dari Australia, Tea Tree Essential Oil dari Essenzo ini efektif untuk mengobati berbagai permasalahan kulit mulai dari jamur, jerawat, iritasi, gatal eksem, inflamasi, dan sebagainya.

Selain itu, produk ini juga dapat berfungsi sebagai antimikrob, sehingga sangat bermanfaat untuk menunjang gaya hidup sehat.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Spot treatment terbaik bagi sebagian orang, serta mampu cegah calon jerawat muncul.
  • Terbukti mengempiskan jerawat besar hanya dalam 2 – 3 hari.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harga lebih mahal dibanding ukuran serupa pada merek lain.
Penggunaan Topikal, aromaterapi
Ketersediaan pipet/dropper Ya
Komposisi utama 100% pure tea tree essential oil
Ukuran 10 mL
Kisaran harga Rp225.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Naruko Tea Tree Purifying Essential Oil

blank

Sumber: Naruko.my

Mampu menyamarkan noda hitam dan mengatasi berbagai masalah kulit

Diklaim sebagai the most effective spot expert, tea tree oil dari Naruko ini dibuat dari berbagai bahan aktif yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan phytoferulin dan calophyllum inophyllum seed oil ampuh dalam mengurangi iritasi dan jerawat meradang.

Sementara itu, salicylic acid-nya membantu menyamarkan bekas luka dan bekas jerawat. Tea tree oil sendiri berguna sebagai antibakteri. Cukup oleskan setetes minyak pada kulit yang terkena masalah secara rutin, lalu rasakan perubahannya!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Aromanya tidak sekuat merek lain, bahkan cenderung wangi segar.
  • Bantu calming jerawat sekaligus mengempiskan jerawat yang “bandel”.
  • Dilengkapi salicylic acid untuk pudarkan bekas luka dan jerawat.
  • Desain packaging yang membuat minyak keluar lebih terkontrol.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sejumlah pengguna belum merasakan adanya perubahan signifikan.
Penggunaan Topikal
Ketersediaan pipet/dropper Ya
Komposisi utama Tea tree oil, salicylic acid, phytoferulin, calophyllum inophyllum seed oil
Ukuran 10 mL
Kisaran harga Rp169.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. doTERRA Tea Tree Oil

blank

Sumber: doTERRA.com

Tea tree oil premium untuk berbagai masalah kulit

doTERRA Tea Tree Oil adalah produk sulingan minyak pohon teh yang tak hanya efektif digunakan untuk kulit, tetapi juga sebagai aromaterapi. Produk ini efektif mengatasi berbagai masalah kulit karena terbuat dari 100% tea tree oil tanpa tambahan bahan apa pun.

Untuk aromaterapi, diffuse tiga atau empat tetes doTERRA Tea Tree Oil. Sementara itu, untuk penggunaan pada kulit, gunakan satu atau dua tetes. Jika kulit Anda terlalu sensitif, Anda dapat mencampurkan minyak esensial ini dengan minyak carrier seperti virgin coconut oil.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak hanya meredakan jerawat, tetapi juga masalah kulit lain.
  • Penggunaan rutin memberikan hasil lebih cepat.
  • Jika dicampur dengan minyak oregano, efektivitasnya dalam mengobati jamur di jari kaki semakin meningkat.
  • Aroma yang cenderung harum.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Karena mahal dan kualitasnya terbukti, perlu waspada akan produk palsu.
Penggunaan Topikal, aromaterapi
Ketersediaan pipet/dropper Ya
Komposisi utama 100% tea tree oil
Ukuran 15 mL
Kisaran harga Rp367.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

9. Bathaholic Tea Tree Essential Oil

Produk tea tree oil berkualitas yang terjangkau

Bathaholic menyediakan produk-produk wellness dan kecantikan yang terjangkau tetapi berkualitas. Tea Tree Essential Oil adalah salah satu produknya yang dapat membantu mengatasi jerawat, menghilangkan bakteri yang menyebabkan masalah kulit, mengurangi ketombe, menyehatkan rambut, dan juga sebagai antiseptik.

Untuk menggunakan produk ini pada kulit atau rambut, sebaiknya campurkan terlebih dahulu dengan carrier oil untuk mengurangi efek iritasi terutama bagi Anda yang berkulit sensitif. Beberapa orang akan mengalami kulit kepala yang pecah-pecah saat menggunakan tea tree oil ini tanpa campuran carrier.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Multifungsi, dari mulai atasi masalah jerawat hingga ketombe.
  • Tersedia dalam ukuran kecil 15 mL dan besar 50 mL.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sifatnya yang iritatif mengharuskan pemakaian topikal dicampur dengan carrier oil.
Penggunaan Topikal, aromaterapi
Ketersediaan pipet/dropper Ya
Komposisi utama 100% pure tea tree essential oil
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp270.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Young & Living Tea Tree Essential Oil

Disukai karena menenangkan dan multifungsi

Siapa yang tidak mengenal merek Young & Living? Produk asal Amerika Serikat ini memang sukses melakukan branding sebagai produk yang menyediakan berbagai minyak esensial berkualitas, termasuk tea tree oil. 

Produk dari Young & Living ini terbukti mampu mengurangi peradangan, menyehatkan rambut serta kulit kepala, membuat kulit dan kuku berkilau, dan bahkan bisa menjadi bahan dasar untuk deodoran. Bagi penggunaan aromaterapi, tea tree oil ini berfungsi untuk mengurangi aroma yang apek di ruangan.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak hanya mmapu merawat kulit tubuh, tetapi juga menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.
  • Mengandung terpinen-4-ol, gamma terpinene, dan alpha terpinene alami.
  • Fungsi aromaterapi tidak hanya merelaksasi, tetapi membuat udara tetap segar.
  • Bisa dipakai sebagai deodoran alami.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harga cenderung mahal.
  • Aroma yang tajam.
Penggunaan Topikal, aromaterapi
Ketersediaan pipet/dropper Ya
Komposisi utama 100% pure tea tree essential oil
Ukuran 15 mL
Kisaran harga Rp280.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Tea Tree Oil

Produk The Body Shop Tea Tree Oil Thursday Plantation 100% Pure Tea   Tree Oil iUNIK Tea Tree Relief Serum Natuna Tea Tree 100% Pure   Essential Oil SOMEBYMI 30 Days Miracle Tea Tree   Clear Spot Oil Essenzo Tea Tree Essential Oil Naruko Tea Tree Purifying   Essential Oil doTERRA Tea Tree Oil Bathaholic Tea Tree Essential Oil Young & Living Tea Tree   Essential Oil
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Penggunaan Topikal Topikal Topikal Topikal, aromaterapi Topikal Topikal, aromaterapi Topikal Topikal, aromaterapi Topikal, aromaterapi Topikal, aromaterapi
Ketersediaan pipet/dropper Ya Ya Ya Ya Ya Ya Ya Ya Ya Ya
Komposisi utama 100% tea tree oil (community trade) 100% natural/pure tea tree oil 67% tea tree extract water, 19,5% centella extract, 6 sprout   extract, niacinamide, adenosine 100% tea tree pure essential oil 100% tea tree oil 100% pure tea tree essential oil Tea tree oil, salicylic acid, phytoferulin, calophyllum   inophyllum seed oil 100% tea tree oil 100% pure tea tree essential oil 100% pure tea tree essential oil
Ukuran 10 mL 25 mL 50 mL 10 mL 10 mL 10 mL 10 mL 15 mL 50 mL 15 mL
Kisaran harga Rp129.000 Rp180.000 Rp168.000 Rp58.325 Rp175.000 Rp225.000 Rp169.000 Rp367.000 Rp270.000 Rp280.000
Periksa   Ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Perhatikan Hal-Hal Ini saat Menggunakan Tea Tree Oil

blank

Riset membuktikan bahwa tea tree oil memberikan banyak manfaat dan cenderung aman untuk penggunaan topikal dan aromaterapi. Meskipun begitu, Anda tetap harus berhati-hati pada saat menggunakan produk-produk berkandungan tea tree oil. 

Beberapa hal ini perlu Anda perhatikan saat pemakaian:

  • Tea tree oil tidak diperbolehkan untuk penggunaan oral karena beracun. Untuk itu, jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  • Jika Anda menggunakan tea tree oil untuk pertama kalinya, uji terlebih dahulu dengan menuangkan satu atau dua tetes pada sedikit area kulit Anda dan tunggu 24 jam untuk melihat apakah ada reaksi alergi yang timbul.
  • Penggunaaan topikal tea tree oil sebaiknya dibarengi dengan carrier oil untuk mengurangi kemungkinan iritasi, terutama bagi Anda dengan kulit yang sensitif. Beberapa carrier oil yang bisa Anda coba antara lain minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond.
  • Penggunaan produk ini tidak disarankan untuk hewan peliharaan. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa ada lebih dari 400 anjing dan kucing mengalami masalah saraf setelah menerima  0,1–85 mL dosis tea tree oil, baik oral maupun topikal.

Yuk, cek rekomendasi minyak esensial untuk berbagai kebutuhan dari PickyBest lainnya!

Minyak esensial dari bahan alami tidak hanya cocok untuk kesehatan, kosmetik, ataupun aromaterapi. Beberapa bahan lain bahkan digunakan untuk keperluan kuliner, misalnya minyak argan dan zaitun.

Oleh karena itu, Anda perlu menentukan jenis minyak esensial dengan kebutuhan, apakah sebagai aromaterapi, topikal, atau bahkan kuliner. Berikut ini, kami tampilkan beberapa pilihan minyak esensial lain!

Kesimpulan

Pada dasarnya, tea tree oil memiliki banyak manfaat untuk tubuh, baik untuk memberikan suasana hati yang baik, mengurangi aroma yang tidak sedap, mengobati masalah radang, mengobati jerawat, hingga memberikan solusi untuk kulit yang iritasi.

Namun, sebelum membeli tea tree oil, pastikan Anda memahami kebutuhan Anda terlebih dahulu karena zat ini diproduksi dan dikemas dengan bentuk dan komposisi yang berbeda di pasaran. Selain itu, selalu cermat saat mengecek kandungan bahan dalam suatu produk tea tree oil supaya Anda bisa merasakan manfaatnya dengan maksimal.

Selain itu, perlu dipahami bahwa berbeda dengan beberapa minyak esensial lain, tea tree oil sama sekali tidak direkomendasikan untuk penggunaan oral. Kendati tinggi manfaat, mengonsumsi tea tree oil secara oral justru dapat membahayakan diri Anda sendiri karena kandungannya yang beracun bagi tubuh.

Referensi

Tea tree oil
https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-tea-tree-oil/art-20364246 diakses pada 20 April 2021

Tea tree oil: A review
https://www.medicalnewstoday.com/articles/best-tea-tree-oil diakses pada 20 April 2021

Consumer’s Guide to The Best Tea Tree Oil
https://www.healthy-oil-planet.com/best-tea-tree-oil.html diakses pada 20 April 2021

The 6 Best Tea Tree Oils of 2021
https://www.verywellhealth.com/best-tea-tree-oils-4684122 diakses pada 20 April 2021

You may also like

Comments are closed.