Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Foundation Terbaik

Penggunaan foundation atau alas bedak menjadi penting karena perannya dalam meratakan warna kulit wajah. Pasalnya, wajah memang kerap dihinggapi masalah seperti warna yang tidak merata pada beberapa daerah. Oleh karena itu, foundation hadir untuk menyamarkan sekaligus mengurangi kekurangan yang tampak pada wajah Anda.

Foundation yang beredar di pasaran datang dari merek-merek seperti Revlon, Estee Lauder, Maybelline, dan banyak lagi. Supaya lebih mudah buat Anda, PickyBest sudah kumpulkan sepuluh foundation terbaik untuk makeup. Pilih yang cocok untuk Anda, yuk!

Cara Memilih Foundation

Di bagian ini kami akan memberikan uraian cara memilih foundation terbaik. Simak dan ikuti beberapa pertimbangan berikut ini agar Anda dapat menemukan produk yang tepat!

Pilih Hasil Akhir yang Cocok dengan Jenis Kulit

Tujuan utama dalam menggunakan foundation adalah agar terlihat seperti kulit Anda sendiri dengan tampilan yang lebih baik. Jangan sampai Anda terlihat seperti menggunakan topeng karena salah memilih foundation. Salah satu yang perlu dipertimbangkan dalam memilih foundation adalah hasil akhir yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Ada tiga jenis hasil akhir (finish) foundation terbaik yang paling umum yakni matte, satin, atau dewy.

  • Matte: Meminimalkan tampilan pori-pori, menghasilkan kulit tanpa kilap atau sedikit kilap, cocok untuk kulit berminyak.
  • Satin: Membantu menghaluskan pori-pori secara wajar, menambah kilau pada wajah tanpa kilap berlebih, cocok untuk kulit dewasa atau aging skin.
  • Dewy: Memberikan tampilan cahaya alami dan glowing di wajah Anda, kulit terlihat lebih lembut dan sehat, cocok untuk kulit kering.

Tentukan Intensitas Coverage yang Lebih Nyaman

blank

Selain hasil akhir, Anda juga perlu memilih tingkat coverage pada foundation terbaik. Untuk itu, Anda perlu memahami tujuan atau kebutuhan Anda, apakah Anda ingin terlihat natural untuk kegiatan sehari-hari atau full makeup untuk momen tertentu.

  • Jika Anda ingin terlihat natural, Anda dapat memilih sheer coverage. Dengan intensitas ringan dan tipis, kulit Anda masih terlihat alami dan masih menampakkan bintik-bintik wajah.
  • Jika Anda ingin coverage yang sedikit lebih tebal, Anda dapat memilih medium coverage. Bintik-bintik di wajah Anda akan tertutupi tetapi masih terlihat natural dengan jenis coverage ini.
  • Jika Anda ingin menutupi kulit alami wajah Anda secara keseluruhan, Anda dapat memilih full coverage. Cara ini akan menyamarkan noda pada wajah dan memberikan efek flawless. Biasanya coverage jenis ini digunakan untuk acara-acara yang spesial, seperti acara pernikahan, wisuda, atau acara formal lainnya.

Namun, bila Anda memiliki kulit wajah dengan kondisi bertekstur akibat bekas jerawat atau rosacea, full coverage malah dapat membuat tekstur wajah bertambah jelas terlihat dan tidak rata. Untuk kondisi kulit tersebut, sebaiknya diatasi dengan perawatan yang tepat secara terpisah, bukan ditutupi oleh foundation yang tebal.

Sesuaikan Shade-nya dengan Skin Tone dan Undertone Kulit

blank

Foundation yang telah diaplikasikan ke kulit wajah dapat teroksidasi akibat campuran elemen dan minyak di wajah Anda, sehingga warnanya dapat berubah menjadi lebih gelap. Oleh sebab itu, pilihlah warna shade yang sama dengan kulit atau skin tone Anda.

Anda dapat menguji warna shade foundation dengan mengoleskannya sedikit di sekitar leher. Sebab, kulit di sekitar leher memiliki skin tone yang paling mendekati dengan kulit wajah.

Selain itu, sesuaikan juga warna foundation terbaik dengan undertone kulit Anda. Anda dapat memilih yang berkesan warm, cool, atau netral. Anda dapat menguji warnanya di urat nadi tangan Anda.

Perlu diingat, Anda perlu menguji warna shade foundation di dalam pencahayaan alami yang baik untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Pilih Konsistensi yang Cocok dengan Jenis Kulit

blank

Foundation terbaik dirancang dengan konsistensi yang berbeda, yakni liquid, powder, atau cream, yang ditujukan untuk jenis kulit yang berbeda. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan foundation yang cocok dengan jenis kulit Anda.

  • Kulit kering disarankan menggunakan foundation liquid (cair) atau stick, karena formulanya lebih creamy dan bersifat melembapkan kulit.
  • Kulit berminyak ideal menggunakan foundation powder (bubuk), formulanya membantu menyerap kilap berlebih dengan hasil akhir matte.
  • Kulit kombinasi dapat memilih formula powder, dengan memberikan lapisan ringan pada bagian yang kering, dan lebih berat pada bagian yang berminyak.

Untuk Kulit dengan Kondisi Khusus, Pastikan Formulanya Mendukung

blank

Beberapa kulit memilki kondisi khusus di luar tiga jenis kulit yang telah disebutkan di atas. Misalnya, acne-prone yang rentan berjerawat, atau kulit kering dan bersisik. Apabila Anda memiliki kulit dengan kondisi tersebut, Anda perlu menggunakan foundation dengan formula khusus yang mendukung kondisi kulit Anda.

  • Bila kulit Anda acne-prone, formula foundation yang ideal dipakai adalah foundation non-ancegenic dan non-comedogenic yang mengandung salicylic acid.
  • Bila kulit Anda kering dan bersisik, gunakan foundation terbaik yang mengandung serum untuk membantu kulit Anda tetap lembap.
  • Bila kulit Anda sensitif, pilih foundation dengan formula hipoalergenik yang tidak akan menyebabkan iritasi atau alergi.

Pertimbangkan untuk Memilih Foundation dengan SPF

blank

Bila Anda beraktivitas di luar ruangan, kulit wajah Anda rentan terkena masalah dan memerlukan proteksi dari paparan sinar matahari. Beberapa foundation mengandung formula dengan SPF yang bekerja sebagai alas bedak sekaligus perlindungan terhadap sinar matahari.

Hanya saja, SPF yang terkandung dalam foundation tidak bekerja semaksimal SPF pada sunscreen murni. Anda membutuhkan SPF sekitar 1,5 sendok teh untuk diaplikasikan ke wajah guna mendapatkan perlindungan kulit wajah yang efektif.

Hal tersebut tidak bisa Anda lakukan dengan foundation yang berukuran jauh lebih kecil dibanding sunscreen. Jadi, sebaiknya Anda tetap menggunakan sunscreen sebelum menggunakan foundation.

10 Rekomendasi Foundation Terbaik

Berikut kami akan membagikan rekomendasi foundation terbaik untuk makeup yang bisa Anda beli di online shop maupun toko kecantikan. Selamat memilih!

1. Revlon ColorStay Foundation

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Menjaga riasan wajah lebih lama (long lasting)

Revlon ColorStay Foundation ini kabarnya disebut-sebut sebagai foundation nomor satu di Amerika Serikat. Hal tersebut dikarenakan terdapatnya formula Time Release Technology yang menjadikan produk ini bisa bertahan hingga 24 jam (long lasting).

Foundation terbaik anti luntur (waterproof) dalam bentuk liquid dari Revlon ini mempunyai tekstur yang creamy dan buildable ketika digunakan. Formula light-weight yang ringan menjadikan hasil akhir terasa ringan tanpa efek cakey pada wajah.

2. Kat Von D Lock-It Tattoo Foundation

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Cocok untuk Anda yang mempunyai kulit wajah berminyak

Kemampuan coverage yang sempurna dari alas bedak satu ini dapat menyamarkan noda hitam dan warna kulit yang tidak merata. Foundation terbaik ini punya tekstur yang sangat kental dan tidak cair.

Meskipun dirancang dalam bentuk tekstur yang thick, Kat Von D Lock-It Tattoo Foundation tidak akan memberikan efek berat pada wajah. Justru yang ada, Anda akan memperoleh hasil makeup yang terlihat semi-matte atau satin.

Jika Anda punya kondisi wajah yang berminyak, foundation satu ini juga bisa diandalkan. Dikarenakan bentuknya yang padat, foundie ini cukup sulit dibersihkan. Tapi tenang, Anda bisa membersihkan makeup dengan sabun muka setelah menggunakannya seharian.

3. PIXY UVW Stay Last Serum Foundation

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Kombinasi foundation dan serum yang praktis, tahan lama, ringan, dan mudah di-blend

Foundation ini akan membuat hasil makeup Anda lebih cerah dan tahan lama hingga 12 jam. Memiliki 5 pilihan shade, Anda bisa lebih leluasa memilih shade mana yang paling cocok dengan warna kulit Anda. Berkat teksturnya yang ringan, foundation ini cocok digunakan setiap hari.

Produk ini didesain multifungsi, yakni sebagai foundation dan serum, sehingga selain lebih praktis digunakan, juga membuat Anda lebih hemat biaya dan waktu. Tak hanya itu, produk ini juga diklaim mudah menempel dan diratakan. idari PIXY ini juga lebih mudah menyerap hingga menghasilkan finishing yang dewy-matte.

4. Estee Lauder Double Wear Stay-In-Place Foundation

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Ideal menemani Anda di setiap meeting penting

Anda bisa mengandalkan Estee Lauder Double Wear Stay-In-Place Foundation sebagai base makeup untuk hasil akhir maksimal dan tahan lama. Tekstur yang ringan dimiliki oleh produk ini sehingga Anda tak akan dihantui oleh beban riasan yang menempel di wajah seharian.

Foundation terbaik ini dirancang untuk Anda yang punya tipe kulit berminyak atau kombinasi, menjamin hasil riasan yang terlihat mulus, halus, dan bebas kilap ataupun kilau minyak. Daya tahan yang ditawarkan oleh Estee Lauder dalam produk ini sudah dibuktikan banyak orang.

5. MAC Pro Longwear Foundation

blank

Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Rumusan formula dengan tekstur ringan yang nyaman digunakan

MAC merancang foundie dengan formula yang benar-benar ringan saat diaplikasikan. Sama seperti alas bedak Estee Lauder sebelumnya, MAC Pro Longwear Foundation juga bisa bertahan lama, tidak luntur, dan tidak membuat wajah jadi kusam setelah pemakaian berjam-jam.

Bicara soal tekstur, karena bersifat light-weight maka sudah pasti mudah di-blend. Hasil akhir yang natural matte bisa Anda dapatkan dengan menggunakan foundation terbaik artis Korea persembahan MAC ini.

6. Maybelline Fit Me Matte Poreless Foundation

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Sanggup menutup pori-pori wajah secara sempurna

Diformulasikan dalam bentuk ultra-lightweight membuat produk ini dapat disapukan dengan mudah ke seluruh area wajah, memberikan hasil yang optimal dengan daya tahan lama. Tersedia dalam 6 pilihan shade, Anda bisa sesuaikan dengan warna kulit Anda.

Foundation terbaik persembahan Maybelline ini sangat cocok dipakai oleh Anda yang juga bermasalah dengan kondisi kulit berminyak. Kandungan micro-powder dalam produk ini mampu mengontrol minyak berlebih sehingga memberikan hasil matte dan tampak tidak berpori.

6. Make Up For Ever Ultra HD Foundation

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Aman dipakai oleh segala tipe kulit

Make Up For Ever meluncurkan alas bedak ini dengan melibatkan teknologi yang mutakhir untuk memberikan kenyamanan bagi semua jenis kulit. Kemampuan menutup dosa pada wajah yang optimal juga dimiliki oleh foundation terbaik ini.

Disertai dengan kandungan hyaluronic acid, Anda tak perlu khawatir wajah menjadi kering karena kesulitan bernapas. Make Up For Ever Ultra HD Foundation hadir dalam 40 pilihan warna yang bisa disesuaikan denga semua jenis kulit.

8. Jacquelle Blur Effect Foundation

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Foundation ringan dan tahan lama yang mampu merawat dan melindungi kulit wajah dari berbagai masalah

Jacquelle menghadirkan foundation yang mampu membuat pori-pori terlihat lebih halus dan bersinar. Produk ini menganudng 2% niacinamide yang membantu melindungi kulit Anda dari jerawat sekaligus mengontrol minyak berlebih. Selain membuat tampilan riasan lebih alami, foundation ini juga mampu membuat kulit Anda terlihat lebih sehat.

Foundation yang terasa ringan di wajah ini juga dilengkapi UV protection yang melindungi kulit Anda dari pengaruh buruk sinar matahari. Selain itu, produk ini juga mengandung kombinasi bahan-bahan yang dapat meratakan warna kulit, menyejukkan, dan mencegah kulit kusam.

9. NARS Natural Radiant Longwear Foundation

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Pancarkan kesan alami dengan foundation yang transfer-resistant ini

NARS Natural Radiant Longwear Foundation adalah foundation terbaik untuk pengantin yang diklaim dapat mempertahankan makeup dalam waktu lama. Bahkan, semakin lama dipakai, hasilnya akan semakin bagus dan menyatu seperti warna kulit.

Produk ini mempunyai kandungan yang bisa memperbaiki elastisitas dan tekstur kulit seperti ekstrak apple, raspberry, dan watermelon. Selain itu, foundie ini juga ringan dipakai, tidak menyebabkan oksidasi, dan bersifat transfer-resistant.

10. Mizzu Glam Rock Aqua Foundation

blank

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Tokopedia Cek harga di Lazada

Kemasan yang menjamin isi tidak teroksidasi

Packaging yang unik dengan material pelat besi membuat produk ini tidak rentan mengalami kerusakan saat harus berdesak-desakan di dalam pouch makeup Anda. Selain itu, disediakan pula puff cantik dengan tali pengganjal berwarna pink yang empuk dan enak saat digunakan untuk touching up riasan.

Soal kemampuan coverage-nya, Mizzu Glam Rock Aqua Foundation termasuk medium dengan hasil akhir satin. Tidak teroksidasi (tercampur dengan oksigen atau udara), warnanya akan tetap sama seperti saat pertama kali digunakan. Foundation terbaik ini bisa digunakan untuk kulit wajah yang cenderung berminyak atau kombinasi.

Yuk, cek rekomendasi foundation dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Ketika hendak membeli sebuah foundation merek apapun, Anda perlu untuk langsung mengaplikasikannya pada wajah. Jika biasanya orang-orang mencoba foundation pada punggung tangan, akan lebih baik langsung ke wajah.

Alasannya, warna kulit punggung tangan dan wajah berbeda. Atau jika ingin lebih baik lagi, Anda bisa mencoba foundation terbaik di sepanjang garis rahang dan cobalah melihat hasilnya di bawah pencahayaan yang beragam, baik di dalam atau luar ruangan. Selamat belanja!

You may also like

Comments are closed.