Written by 11:20 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Foundation Waterproof Terbaik

Foundation dengan formula waterproof menjaga riasan stay on meskipun terkena cipratan air, keringat, dan minyak. Anda bisa menggunakan produk yang dilengkapi fungsi SPF apabila ingin mengenakan foundation waterproof untuk bermain air di pantai maupun kolam renang. Hanya saja, Anda perlu memilih foundation sesuai kebutuhan.

Selain tipe baur yang umum, beberapa foundation didesain berbentuk stick. Ada juga bentuk spray yang disukai sebagian orang. Bermacam pilihan waterproof foundation pun hadir dari sejumlah brand, misalnya Yves Saint Laurent, NYX, Revlon, dan Caring Colours. Manakah foundation waterproof terbaik untuk Anda? Produk rekomendasi dan tips memilihnya akan kami ulas di sini. Selamat membaca!

Siapa yang Ideal Menggunakan Foundation Waterproof?

Pada dasarnya, foundation yang tahan air sah-sah saja dikenakan setiap orang. Namun, Anda yang kegiatannya berisiko membuat wajah rentan berminyak hingga terkena basahan air lebih diutamakan mengaplikasikan foundation waterproof. Ketika cuaca panas pun, foundation waterproof dapat diandalkan untuk menahan makeup agar tahan lebih lama.

Untuk Anda yang berprofesi sebagai atlet, atau hendak berolahraga dengan tetap menjaga riasan wajah fresh, pakailah foundation yang bersifat waterproof. Berada di lingkungan dengan kelembapan tinggi membuat makeup mudah bergeser, atau bagi Anda pekerja outdoor yang tak ada waktu melakukan retouch makeup, produk foundation yang waterproof dapat menjadi pilihan utama.

Cara Memilih Foundation Waterproof

Apabila Anda berencana pergi ke kolam renang atau sekadar bermain air di bibir pantai, makeup yang didasari produk waterproof pastilah membuat Anda lebih nyaman. Selain tak mudah luntur, sederet foundation waterproof juga diperkaya formula pelindung matahari. Adapun aspek lain saat memilih foundation waterproof bisa Anda simak lebih lengkap pada bagian ini.

Pilih Jenis Foundation berdasarkan Formulasinya

Foundation mengandung formula dasar berbeda-beda, seperti liquid, cream, powder, dan cushion. Dari segi bentuk, ada foundation yang lebih digemari orang karena dianggap praktis. Karena sediaannya bukan satu dua saja, Anda dituntut memilih formula maupun bentuk foundation yang tepat.

Liquid Foundation, Jenis yang Paling Mudah untuk Segala Tipe Kulit

Jenis alas bedak ini memiliki formula cair dan konsistensi yang berbeda-beda. Sebagian formula dibuat untuk lebih menghidrasi kulit kering, sementara yang lain lebih cocok untuk menyerap minyak. Sementara itu, hasil polesannya berkisar dari yang super tipis (ringan) hingga yang menyeluruh (penuh).

Liquid foundation biasa dikemas dalam botol atau tabung. Tekstur cairnya memungkinkan foundation ini berbaur dengan cepat dan bisa dipoles bertahap. Anda juga dapat mencampur dua warna liquid untuk mendapatkan blend yang sempurna. Untuk pemakaiannya bisa menggunakan spons, kuas, atau langsung dengan ujung jari.

Cream Foundation, Menawarkan Kelembapan Lebih Baik untuk Kulit Kering

Foundation krim pada dasarnya dibuat untuk kulit wajah kering, seperti wanita dewasa yang mulai kehilangan kelembapan kulit. Produknya tersedia dalam kemasan pot, compact, dan tabung. Krim ini memiliki ekstra kandungan minyak yang akan melembapkan kulit dan membuatnya tampak kenyal. Jadi, jenis ini tidak cocok digunakan saat cuaca panas ataupun untuk kulit wajah berminyak.

Tekstur dari cream foundation cukup padat, berpigmen, dan kadang bisa sangat tebal. Ia juga dapat memberikan polesan yang ultrapenuh sehingga mampu menutup noda serta bintik hitam dengan sempurna. Cara terbaik untuk menggunakan foundation ini yaitu dengan spons. Namun, hindari pemakaian berlebih karena bisa menyumbat pori-pori kulit yang memicu jerawat.

Powder Foundation, Pilihan Terbaik untuk Wajah yang Mudah Berminyak

Foundation powder (bubuk) adalah jenis foundation wajah paling klasik dan sederhana. Biasanya produk ini hadir dalam casing ringkas untuk memudahkan pemakaian. Jenis foundation ini terbuat dari formula yang lebih kering (hampir tidak ada air). Untuk itu, produk ini lebih dikhususkan pada kulit wajah berminyak, karena kandungannya bisa menyerap minyak berlebih.

Untuk mendapatkan hasil cover yang penuh, Anda bisa menggunakan sikat lembut dan padat untuk mengaplikasikan powder foundation. Sementara, bagi Anda yang bermaksud menciptakan look natural dengan kesan lebih ringan, maka gunakanlah bersama sikat bulu yang lebih longgar.

Cushion Foundation, Solusi Makeup Singkat ketika Terburu-buru

Alas bedak cushion mulai menjadi trend sejak dikenalkan pertama kali oleh brand kecantikan asal Korea Selatan. Foundation ini merupakan perpaduan dari wujud powder dan liquid. Jadi, tekstur yang dimiliki cenderung lembap. Meski demikian, perkembangan dari produk ini menghasilkan varian matte atau semi-matte.

Keuntungan menggunakan alas bedak cushion yakni kemasannya yang mudah dibawa dan bisa masuk ke dalam pouch. Selain itu, foundation ini sangat praktis karena memiliki aplikator dan cermin kecil di dalamnya, sehingga cocok ketika Anda terburu-buru.

Stick Foundation, Sangat Praktis serta Bisa Dipakai saat Berolahraga

Stick foundation hampir mirip dengan alas bedak krim, namun bisa memberikan polesan yang lebih berat. Produk ini datang dalam kemasan stick atau tongkat yang sangat praktis dibawa bepergian atau aktivitas di luar ruangan. Stick foundation juga bisa melekat sempurna pada kulit meskipun dalam keadaan banyak gerak dan berkeringat seperti olahraga.

Banyak yang menggunakan stick foundation sebagai concealer, karena bisa menutupi noda hitam dengan baik. Anda bisa memolesnya secara langsung ke kulit, kemudian membaurkannya dengan spons. Namun, banyak dari produk ini mengandung minyak yang berisiko menyumbat pori-pori wajah dengan mudah. Maka itu, jenis ini kurang disarankan untuk kulit yang mudah berjerawat.

Spray Foundation, Atur Sendiri Tingkat Coverage yang Anda Inginkan

Spray foundation datang dalam bentuk tabung semprot, seperti hair spray. Kebanyakan bisa ditemui di tukang rias pengantin, karena bisa memberikan hasil polesan ringan dan tahan lama. Formula ringannya bisa membuat kulit yang lembap terhidrasi tampak halus saat disentuh, tanpa ada keretakan atau noda. Sementara ketika diterapkan di kulit kering akan terlihat sedikit bersisik.

Semakin banyak Anda menyemprotkan foundation, maka coverage-nya akan semakin penuh. Jika Anda belum terbiasa, boleh jadi hasilnya akan sedikit berantakan. Jadi, agar tidak membuang foundation secara berlebihan, akan lebih baik jika Anda tidak menyemprotkannya langsung ke wajah. Semprotkan foundation ke kuas atau spons makeup terlebih dahulu, kemudian baurkan ke wajah Anda.

Periksa Hasil Riasan Foundation pada Wajah Anda

Jenis foundation yang sempurna seharusnya sanggup menutup kekurangan kulit Anda tanpa membuat perbedaan mencolok. Hal ini bisa dilihat dari hasil akhirnya (finishing). Ada 3 jenis hasil akhir yang didapat dari produk foundation, yaitu matte, dewy, dan natural. Matte umumnya cocok untuk kulit yang berminyak, karena bisa memberikan riasan tanpa kilau dan terlihat lebih mulus.

Sementara, untuk dewy finish cenderung menghasilkan riasan yang fresh untuk jenis kulit kering. Foundation dengan dewy finish juga dapat membantu riasan Anda agar tidak pecah karena terlalu kering. Terakhir, untuk diterapkan sehari-hari yakni natural finish. Jenis foundation ini cenderung memberikan look seperti warna kulit alami (skin like finish).

Semakin Aman dengan Produk yang Memproteksi Sinar UV

Banyak wanita mungkin bimbang antara keluar rumah tanpa sunscreen atau tanpa makeup. Tapi kini Anda bisa memiliki keduanya dengan foundation SPF. Jenis foundation yang mengandung SPF biasanya ada pada powder dan liquid foundation. Kandungan SPF pada powder foundation umumnya cukup tinggi sehingga lebih mudah diaplikasikan berlapis-lapis tanpa terasa berat.

Sementara pada liquid foundation, biasanya dikombinasikan bersama kandungan ekstra minyak untuk kelembapan. Dengan fungsi melembapkan kulit, ditambah tingkat coverage ber-SPF menyeluruh, maka foundation mampu melindungi wajah dari sengatan sinar UV dengan baik. Akan tetapi, efek perlindungan dari sinar UV semakin lama akan berkurang, jadi tetap perlu melakukan retouch foundation.

Foundation dengan Agen Pelembap akan Memelihara Kondisi Kulit

Umumnya para wanita memiliki produk pelembap dan foundation yang terpisah. Pelembap sangat membantu kulit kering dalam melawan dehidrasi kulit, sehingga kulit bebas masalah dan tampilan kusam. Sementara pada kulit berminyak, pelembap lebih untuk menekan produksi minyak berlebih melalui efek balancing.

Memiliki pelembap dan foundation yang terpisah mungkin sedikit merepotkan bagi sebagian orang, sehingga satu-satunya cara yakni mencari produk yang mengombinasikan keduanya. Foundation yang memiliki kandungan pelembap bisa dilihat dari komposisinya. Untuk mengeceknya, Anda bisa membaca komposisi pelembap pada produk seperti olive oil, glycerin, acetate, dan jojoba oil.

Untuk Kulit Sensitif, Hindari Bahan-bahan yang Memicu Iritasi

Memiliki kulit normal merupakan dambaan banyak orang. Tetapi karena beberapa faktor seperti gen atau keadaan tertentu, tak sedikit orang mengalami kulit cenderung sensitif terhadap kandungan bahan tertentu. Jika ini terjadi, maka risiko terjadi iritasi kulit seperti kemerahan hingga melepuh semakin besar. Oleh karena itu, cobalah untuk berhati-hati dalam memilih produk.

Kandungan kimia bisa memicu iritasi lebih cepat, jadi upayakan menghindari foundation yang mengandung bahan-bahan seperti pewangi buatan, surfaktan, atau mineral oil. Sebagai alternatif, Anda juga disarakan beralih ke foundation dengan kandungan organik. Selain itu, hindari foundation dengan coverage tebal dan berat. Pilihlah powder foundation yang cenderung ringan dan tidak membebani kulit sensitif Anda.

10 Rekomendasi Foundation Waterproof Terbaik

Salah satu keunggulan foundation waterproof adalah kemampuannya menahan makeup agar tidak luntur dan geser. Seusai menjelaskan poin-poin pemilihan produk, berikut tercantum sepuluh foundation waterproof terbaik yang dapat Anda coba. Pilihlah produk yang bagus dan sesuai kondisi wajah Anda!

1. NYX Can’t Stop Won’t Stop Full Coverage Foundation

Full coverage dengan satu lapisan saja!

NYX Can’t Stop Won’t Stop Full merupakan foundation berbasis cream liquid yang teksturnya tidak terlalu kental ataupun padat. Foundation ini memiliki viskositas yang tipis, namun menghasilkan coverage penuh hanya dengan satu lapisan tipis. Bahkan, Anda mungkin tidak perlu lagi menggunakan concealer dengan pemakaian dua lapis!

Butuh primer sebelum mengaplikasikan foundation ini agar bertahan lama, serta memberikan matte finish yang menggoda. Hanya saja, beberapa pengguna tidak merasakan efek tersebut hingga tengah hari. Walau belum dilengkapi UV protection, foundation ini tidak oxidize apalagi terasa berat meskipun level coverage-nya yang tergolong tinggi.

Jenis foundationCream-liquid
Tingkat coverageFull
Hasil riasanMatte
Mengandung proteksi UV
Kisaran hargaRp199.000

2. Caring Colours UV White Whitening Foundation

Tampak natural dengan tambahan efek perlindungan sinar UV

Anda mungkin jatuh cinta dengan produk Caring Colours yang satu ini. Pasalnya, liquid foundation ini memiliki tekstur yang lembut dan dapat menutup noda hitam serta kerutan dengan sempurna. Tingkat coverage-nya medium dengan natural finish. Produk ini dihadirkan dalam varian shade soft vanilla, natural glow, transparent, dan shell petal.

Kelebihan lain dari foundation ini yakni bisa melindungi dari sinar UV dengan tetap menjaga kelembapan serta elastisitas kulit. Adapun kandungan yang mendukung fungsi tersebut seperti vitamin E, ekstrak ginkgo biloba, avocado oil, jojoba oil, vitamin A, dan collagen. Di tempat lain, tersemat vitamin C dan ekstrak mulberry yang akan menjaga kulit Anda cerah merona.

Jenis foundationLiquid
Tingkat coverageMedium
Hasil riasanNatural
Mengandung proteksi UV
Kisaran hargaRp101.200

3. Yves Saint Laurent All Hours Foundation

Ampuh mengaburkan garis halus selama belasan jam

Produk yang dibuat di Paris ini memiliki 33 warna liquid yang bisa Anda blend untuk mendapatkan tone yang tepat dan seimbang. Foundation high-end ini memiliki coverage dari medium hingga penuh. Hasil riasannya tergolong soft matte (tidak terlalu matte dan tidak mengkilap), jadi mungkin akan terlihat lebih putih untuk sebagian orang.

Nilai SPF 20 akan melindungi kulit Anda dari sinar matahari, namun cenderung oxidize yang menjadikan kulit terlihat gelap jika dipakai terlalu sering. Meskipun begitu, foundation Yves Saint Laurent berikut efektif mengaburkan garis halus dan noda hitam dengan baik. Soal daya tahannya, produk ini diklaim tahan hingga lebih dari 12 jam!

Jenis foundationLiquid
Tingkat coverageMedium to full
Hasil riasanSoft matte
Mengandung proteksi UV✔ (SPF 20)
Kisaran hargaRp1.025.000

4. Mustika Ratu Beauty Queen High Coverage Foundation – Matte Finish

Finishing matte-nya juga cocok untuk kulit kering, lho!

Ingin memperoleh tampilan soft? Produk ini menjanjikan efek tersebut ketika diaplikasikan dengan beauty blender. Tekstur mudah membaur menjadikannya ideal untuk kulit berminyak. Sementara untuk jenis kulit kering, Anda butuh pelembap tambahan. Hasil riasannya cenderung matte dengan warna yellow undertone.

Telah dibekali SPF 30, foundation waterproof ini akan menahan makeup antiluntur sekaligus melindungi efek negatif sinar matahari. Sebelum mengaplikasikan foundation ini, Anda mungkin memerlukan tambahan primer agar hasilnya bisa lebih lama.

Jenis foundationLiquid
Tingkat coverageFull
Hasil riasanMatte
Mengandung proteksi UV✔ (SPF 30)
Kisaran hargaRp129.000

5. Revlon Colorstay Makeup For Normal/Dry Skin

Foundation waterproof yang aman untuk kulit sensitif

Revlon menghadirkan foundation bertekstur liquid dengan coverage medium sampai full. Selain itu, kandungan ekstra minyak dalam foundation ini juga sangat baik untuk menjaga kelembapan pada kulit normal hingga sangat kering. Jadi cocok untuk wilayah yang lebih panas.

Sementara itu, formula foundation dari Revlon ini juga sangat bagus untuk kulit yang sensitif seperti kemerahan atau jerawat. Hasil akhirnya tampak natural sehingga cocok dipakai kapan saja, baik untuk acara khusus atau penggunaan sehari-hari. Selain itu, pilihan shade-nya yang natural kompatibel dipadukan dengan warna pakaian apa saja.

Jenis foundationLiquid
Tingkat coverageMedium to full
Hasil riasanNatural
Mengandung proteksi UV✔ (SPF 20)
Kisaran hargaRp145.000

6. Caring Colours Stay True Foundation

Cerahkan wajah dengan efek dewy-nya

Ini adalah produk Caring Colours yang cukup terjangkau, namun memiliki kemasan berpenampilan mewah dan elegan. Liquid foundation ini memiliki empat pilihan shade yaitu soft vanilla, shell petal, sand beige, dan natural glow. Dengan produk ini, Anda bisa menikmati riasan dewy finish, khususnya pada kulit kering yang tampak kusam.

Tekstur cair produk menjadiknnya begitu mudah untuk di-blend pada wajah. Tak hanya itu, hasil riasan yang ditawarkan tergolong halus dan dapat bertahan lama. Formula foundation Caring Colours dipastikan tidak meninggalkan noda pada pakaian. Sayangnya, produk ini belum disertai perlindungan UV, sejomgga kurang cocok dipakai aktivitas outdoor.

Jenis foundationLiquid
Tingkat coverageMedium to full
Hasil riasanDewy
Mengandung proteksi UV
Kisaran hargaRp78.000

7. Maybelline Superstay 24H Full Coverage Foundation

Cocok untuk semua jenis kulit dengan sensasi ringan

Produk liquid foundation dari Maybelline ini memiliki cakupan penuh dengan hasil riasan matte. Performa menahan riasan wajah diklaim sanggup mencapai 24 jam berkat dukungan formula sweatproof dan oilproof-nya. Meskipun daya cover-nya termasuk tinggi, produk ini tetap ringan tanpa menyumbat pori-pori.

Hadir dalam 8 pilihan shade, setiap shade Maybelline Superstay 24H Full Coverage Foundation mampu menyatu pada kulit. Uniknya lagi, founadtion dengan pump untuk memudahkan aplikasi ini ideal dipakai untuk semua jenis kulit. Soal melembapkannya, Maybelline mengklaim produknya tahan hingga seharian!

Jenis foundationLiquid
Tingkat coverageFull
Hasil riasanMatte
Mengandung proteksi UV
Kisaran hargaRp219.000

8. LT Pro Smooth Corrector Cream Foundation

Wajah terlihat flawless dengan tingkat coverage sempurna

LT Pro mengeluarkan produk foundation dengan tekstur cream yang sangat cocok untuk kulit normal dan kering. Hasil akhir satin yang ditawarkan ideal dengan karakteristik kulit orang Indonesia. Foundation ini menyediakan 3 pilihan shade seperti yellow orange, plum rose, dan chesnut.

Meskipun terjangkau dari segi harga, produk ini sangat recommended karena menghasilkan warna natural dan tahan lama. Selain itu, Anda yang bermasalah dengan noda hitam bisa merasaka efek covering spot sempurna. Apalagi, LT Pro Smooth Corrector Cream Foundation tak sekadar waterproof, tetapi juga mampu melekat meski terkena keringat!

Jenis foundationCream
Tingkat coverageFull
Hasil riasanSatin
Mengandung proteksi UV
Kisaran hargaRp103.750

9. L’Oréal Infallible 24h Fresh Wear Liquid Foundation

Mampu menutupi dosa-dosa wajah secara maksimal

Foundation dari L’Oreal Paris ini diklaim tahan selama 24 jam. Produk seharga kurang dari Rp200.000 ini menjadi favorit pengguna berkulit kering dan kombinasi, bahkan untuk kulit berminyak pun cocok! Sensasi ringan setelah teraplikasi dilengkapi kemudahan ketika mem-blend foundation.

Setidaknya ada 30 jenis warna yang bisa Anda pilih. Formula ekstra minyaknya bisa menahan keringat berlebih tanpa membuat kulit kesulitan “bernapas”. Lebih dari itu, foundation L’oreal Paris berikut juga bersifat non-comedogenic. Hanya saja, Anda mungkin tidak bisa banyak bergerak di luar ruangan sebab formulanya yang bebas UV protector.

Jenis foundationLiquid
Tingkat coverageFull
Hasil riasanSatin
Mengandung proteksi UV
Kisaran hargaRp169.000

10. Bobbi Brown Skin Long-Wear Weightless Foundation

Gampang di-blend dan menyatu ke kulit

Bobbi Brown Skin Long-Wear Weightless Foundation bisa dipilih oleh Anda yang mempunyai kondisi kulit berminyak. Teksturnya mungkin sedikit kental, namun terjamin ringan dan mampu menahan produksi minyak. Untuk finish-nya cenderung satin, tidak terlalu matte, dan sedikit memberikan tampilan glowing alami.

Tersedia lebih dari 40 shade yang bisa Anda sesuaikan untuk hasilkan tone yang pas. Supaya wajah flawless, Anda disarankan memakai spons yang juga mempermudah pengaplikasian. Selain didukung tabir surya bernilai SPF 15, produk ini juga diklaim tahan lama hingga 16 jam.

Jenis foundationLiquid
Tingkat coverageMedium to full
Hasil riasanMatte
Mengandung proteksi UV✔ (SPF 15)
Kisaran hargaRp750.000

Lihat juga rekomendasi foundation terbaik lainnya di sini!

Foundation yang diperkaya fungsi tahan air dan pelindung matahari cenderung membuat kulit kusam bila dipakai terlalu sering. Untuk itulah sebaiknya Anda variasikan pemakaian foundation dengan formula non-waterproof. Bagi kulit kering dan berminyak, tentu tidak bisa asal pakai produk foundation.

Kulit kering memerlukan kelembapan ekstra, sedangkan kulit berminyak harus dikontrol produksi minyak agar makeup tidak luntur. Agar makeup tetap sempurna apa pun tipe kulit Anda, gunakanlah foundation sesuai jenis kulit!

10 Rekomendasi Foundation Terbaik
10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Kering
10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak

Panduan Membersihkan Makeup Foundation yang Waterproof

Sepulang menjalani aktivitas, Anda perlu membersihkan makeup sampai tuntas. Pastikan foundation waterproof Anda tidak meninggalkan residu maupun sisa formula yang menyebabkan komedo dan jerawat di lain hari. Untuk membersihkan foundation dengan formula waterproof, Anda disarankan menggunakan face cleanser berbahan dasar oil.

Selain memakai oil cleanser, Anda yang berkulit normal sampai berminyak bisa menggunakan pembersih tipe cleansing sheet. Namun, pemakaian cleansing sheet tidak dianjurkan untuk Anda pemilik kulit sensitif. Bersihkan foundation menggunakan pembersih khusus secara perlahan dengan gerakan memutar. Setelahnya, pakailah pelembap guna mengembalikan kelembapan kulit wajah Anda.

Kesimpulan

Bagi sebagian wanita, rasanya kurang afdal menanggalkan makeup ketika aktivitas yang hendak dijalani dekat dengan air. Hadirnya foundation waterproof memungkinkan Anda untuk berias meskipun wajah rentan terkena basahan air maupun sebum berlebih. Selain berformula waterproof, Anda bisa mengecek unsur pendukung seperti keberadaan SPF, sifat non-comedogenic, hingga tahan keringat (sweatproof) pada sebuah foundation.

Jangan lupa membersihkan wajah Anda untuk menghindari pembentukan komedo. Gunakan cleanser berbasis minyak untuk meluruhkan lapisan foundation. Setelah memakai oil cleanser, aplikasikan moisturizer segera untuk mencegah wajah kering. Berdasarkan sepuluh foundation terbaik dengan formula waterproof di atas, kami harap Anda berhasil temukan produk sesuai keperluan. Selamat berbelanja!

(Visited 204 times, 3 visits today)