Written by 03:00 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Foundation Untuk Kulit Berminyak Terbaik

Revlon Colorstay Makeup For Combination Oily Skin

Foundation untuk kulit berminyak pada umumnya menawarkan hasil akhir matte. Pemilihan foundation dengan formula ringan juga perlu diperhatikan agar tidak membebani kulit wajah yang berujung pada semakin banyaknya produksi sebum (minyak wajah). Jika Anda mempunyai kulit wajah yang berminyak, kami sarankan agar Anda memilih foundation yang dibuat khusus untuk kulit berminyak.

Anda bisa mendapatkan foundation untuk kulit berminyak terbaik di drugstore atau melalui online store. Terdapat banyak pilihan dari yang biasa hingga produk high-end. Beberapa merek ternama seperti Revlon, L’oreal Paris, Make Up For Ever, NYX, dan NARS Cosmetics bisa Anda gunakan. Agar tidak bingung lagi, kami akan jelaskan cara memilih produk yang tepat. Sebelum masuk ke sana, marilah Anda pahami dulu apa yang membuat kulit wajah berminyak.

Faktor Utama yang Menyebabkan Kulit Wajah Berminyak

Faktor Utama yang Menyebabkan Kulit Wajah Berminyak

Tanda-tanda kulit wajah Anda tergolong rentan berminyak bisa dilihat dari ukuran pori-pori yang besar. Selain itu, produksi keringat berlebih saat wajah mengenakan makeup juga menjadi indikasi bahwa Anda memiliki kulit berminyak. Apa yang sebenarnya membuat kulit wajah mudah sekali berminyak? Pada umumnya, terdapat tiga faktor utama yang mendorong produksi minyak wajah berlebihan, yaitu hormon, lingkungan, dan stres.

Di dalam tubuh setiap orang terdapat hormon bernama dihidrotestosteron (DHT). Apabila jumlah hormon HDT melebihi batas normal, maka kelenjar minyak bisa terangsang untuk mengeluarkan sebum. Di pihak lain, kondisi lingkungan yang sangat lembap juga dapat membuat kulit wajah beradaptasi dengan mengeluarkan minyak sehingga kulit tidak menjadi kering.

Penting untuk melakukan pembersihan wajah secara total untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel dan menyisa sehingga tertinggal di pori-pori. Sementara faktor yang juga memainkan peran besar dalam produksi minyak berlebih adalah stres. Saat stres, kulit wajah akan memproduksi hormon andorgen dalam kapasitas besar yang pada akhirnya, minyak pun menjadi tidak terkontrol.

Sementara di pihak lain, ada pula faktor yang memicu kelenjar minyak memproduksi minyak berlebihan yaitu makanan. Beberapa makanan telah diteliti membawa pengaruh signifikan terhadap produksi minyak, seperti beras, gandum putih, permen, kue, dan santapan berlemak jenuh. Bagi Anda yang ingin mengontrol produksi minyak di wajah, perhatikanlah makanan yang dikonsumsi dan kurangi porsi makanan-makanan tersebut.

Cara Memilih Foundation untuk Kulit Berminyak

Saat memakai makeup, minyak yang tidak terkontrol bisa menyebabkan breakout. Hal tersebut tentu saja bisa merusak hari Anda. Oleh sebab itu, pemakaian kosmetik yang mengantongi label oil free atau dibekali formula waterproof dapat membantu menjaga makeup tahan lebih lama.

Namun, penggunaan produk kosmetik seperti foundation yang dapat mengontrol sekresi sebum sangatlah penting. Dengan memakai foundation yang tepat, maka riasan bisa menempel lebih lama di wajah tanpa menyebabkan breakout dan pastinya kulit muka terlihat lebih halus. Untuk mendapatkan produk yang tepat, lihatlah beberapa tips memilih foundation bagi Anda yang mempunyai kulit berminyak berikut ini.

Cegah Sebum Berlebih dengan Foundation Jenis Bedak

Cegah Sebum Berlebih dengan Foundation Jenis Bedak

Foundation yang dirancang dalam wujud bedak atau bubuk dapat menyerap kelebihan sebum serta memiliki efek untuk mengendalikan jumlah sebum. Sangat tidak disarankan memakai kosmetik berbentuk krim yang pada formulanya mengandung minyak. Sebenarnya, minyak tidaklah seburuk yang dibayangkan. Akan tetapi, pada wajah yang rentan berminyak, kosmetik yang tinggi kandungan minyak justru menjadi malapetaka.

Foundation bedak adalah pilihan tepat untuk Anda yang bermasalah dengan kulit wajah rentan berminyak. Kemampuannya dalam menekan sekresi sebum akan mencegah makeup rusak. Di samping itu, jenis foundation ini juga paling ideal untuk kulit berminyak karena dapat digunakan untuk touch up ulang secara berkala sesuai kebutuhan.

Untuk Foundation Cair, Pilihlah yang Rendah Kandungan Minyaknya

Untuk Foundation Cair Pilihlah yang Rendah Kandungan Minyaknya

Beberapa orang mungkin menyatakan dirinya memiliki tipe kulit berminyak. Akan tetapi, sebenarnya kulit yang berminyak bisa pula diakibatkan oleh lapisan dalam kulit yang mengalami kekeringan. Kondisi tersebut yang kemudian membuat kelenjar minyak aktif sehingga minyak yang dikeluarkan akan membantu melembapkan kondisi kulit yang kering. hanya saja, tidak terkontrolnya sekresi sebum bisa membuat kulit sangat lengket sehingga Anda pun kesulitan menerapkan kosmetik untuk merias wajah.

Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami masalah kulit berminyak akibat kondisi kulit yang sangat kering, gunakanlah foundation bertipe cair. Liquid foundation yang digunakan haruslah menyimpan formula pelembap sehingga dapat mencegah produksi sebum berlebih sebagai respon alaminya. Namun, tetap perhatikan kadar minyak yang digunakan. Pastikan produk pilihan Anda mengandung minyak yang sedikit mungkin sehingga tidak menyebabkan wajah tampak seperti kilang minyak.

Hindari Foundation Jenis Krim untuk Riasan Lebih Tahan Lama

Hindari Foundation Jenis Krim untuk Riasan Lebih Tahan Lama

Foundation berjenis krim mempunyai tingkat adhesi yang lebih tinggi pada kulit jika dibandingkan jenis lainnya. Adhesi adalah kemampuan melekat dan menutupi pada suatu benda. Dalam hal ini, benda tersebut adalah pori-pori pada kulit wajah. Walaupun termasuk bagus untuk urusan covering, cream foundation umumnya mengandung banyak minyak.

Jadi, ketika diaplikasikan pada kulit berminyak, sebum dari wajah dan minyak dari foundation akan bercampur sehingga menyebabkan riasan rusak. Terlalu banyak minyak juga membuat pori-pori sulit bernapas. Di samping itu, pori wajah menjadi rentan tersumbat yang pada ujungnya mudah ditumbuhi jerawat. Mengetahui hal ini, maka hindarilah memilih foundation tipe krim karena sifatnya yang tidak cocok pada kulit wajah berminyak Anda.

Pilihlah yang Daya Coverage-nya Baik Meski Tipis Pengaplikasiannya

Pilihlah yang Daya Coverage nya Baik Meski Tipis Pengaplikasiannya

Pemicu utama makeup menjadi tidak tahan lama pada kulit berminyak adalah karena lapisan tebal sebum dan foundation yang digunakan. Semakin banyak lapisan minyak di wajah, maka setiap lapis riasan juga rentan pecah dan rusak. Apabila Anda ingin beraktivitas lebih lama tanpa khawatir makeup rusak, gunakanlah foundation yang dapat menutup dengan baik walaupun diaplikasikan secara tipis.

Anda juga bisa mengombinasikan penggunaan beberapa buah foundation dengan syarat memiliki warna shade yang sama. Setiap orang mempunyai area kulit yang rentan berminyak, seperti pada Zona T. Bila memungkinkan, aplikasikan foundation yang mempunyai coverage baik dengan pemakaian tipis di area yang mudah berminyak. Jadi, meskipun sebum mulai menumpuk, makeup Anda tidak akan breakout.

Pilihlah Foundation dengan Warna Satu Tingkat Lebih Terang dari Warna Leher

Pilihlah Foundation dengan Warna Satu Tingkat Lebih Terang dari Warna Leher

Pada dasarnya, setiap wanita disarankan memakai foundation yang warnanya match dengan warna kulit. Namun demikian, untuk orang yang bermasalah dengan kulit berminyak lebih dianjurkan menggunakan foundation dengan warna yang satu tingkat lebih terang tone-nya dari warna kulit bagian leher.

Sewaktu minyak mulai muncul ke permukaan kulit, foundation yang Anda kenakan akan menggelap dan wajah tampak lebih kusam. Karena itu, sangatlah penting memilih foundation yang warnanya satu tingkat lebih terang dari warna kulit leher. Namun, kenali terlebih dahulu undertone kulit Anda seperti apa. Jangan memilih warna yang terlalu terang karena dapat membuat makeup Anda tampak tidak natural.

10 Rekomendasi Foundation untuk Kulit Berminyak Terbaik

Setelah melihat panduan memilihnya, sekarang Anda dapat menentukan langsung manakah foundation terbaik untuk kulit berminyak yang cocok untuk Anda. Di bawah ini, kami telah buatkan daftar foundation khusus kulit berminyak. Jadi, kami ucapkan selamat memilih!

1. CoverGirl Outlast Stay Fabulous 3-In-1 Foundation

CoverGirl Outlast Stay Fabulous 3 In 1 Foundation

Kisaran harga: Rp225.000

Kendalikan sebum tanpa menimbulkan kesan berat dan efek cakey

Banyak sekali pilihan foundation untuk kulit wajah berminyak yang bagus di pasaran, CoverGirl Outlast Stay Fabulous 3 in 1 Foundation salah satunya. Dikemas dalam botol yang disertai pompa membuat Anda lebih mudah untuk mengaplikasikannya. Untuk wajah yang berminyak, foundation ini bekerja dengan sangat baik untuk mengendalikan produksi sebum tanpa memberikan kesan berat pada wajah.

Tentunya, foundation dari CoverGirl ini akan memberikan hasil akhir makeup yang matte dan halus bagaikan beledu. Noda-noda hitam atau dosa lain yang mengganggu penampilan dapat ditutupi dengan sempurna oleh kemampuan coverage dari produk ini. Anda juga tak perlu khawatir dengan efek cakey karena CoverGirl telah menjamin setiap pengguna bebas dari efek yang merusak penampilan.

2. Revlon Colorstay Makeup For Combination/Oily Skin

Revlon Colorstay Makeup For Combination Oily Skin

Kisaran harga: Rp145.000

Formula oil controlling dan covering bintik ataupun pori yang juara!

Punya kulit wajah kombinasi atau berminyak parah? Serahkan saja untuk urusan oil controlling dan covering wajah dengan Revlon Colorstay Makeup For Combination/Oily Skin. Produk ini sudah dibuktikan banyak perempuan Indonesia sebagai salah satu foundation untuk kulit berminyak dan tahan lama. Kemampuan coverage yang diperlihatkan benar-benar optimal untuk menyamarkan pori atau bintik pada wajah. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi pakai concealer!

Sementara untuk menahan minyak, disarankan penggunaannya bersamaan dengan primer agar bisa bertahan lama. Juga perlu Anda tahu kalau foundation dari Revlon ini sedikit heavy di wajah. Jadi, disarankan pemakaiannya untuk acara-acara yang tidak memakan waktu lama, seperti pesta pernikahan, pesta ulang tahun, dan sebagainya. Untuk mengakalinya, Anda bisa mengaplikasikannya tipis-tipis saja agar efek yang dihasilkan tidak terlalu berat di wajah.

3. L’Oreal Infallible Pro-Matte Foundation

Loreal Infallible Pro Matte Foundation

Kisaran harga: Rp165.000

Cegah makeup luntur dan breakout berkat formula pengontrol minyak yang sangat baik

Setelah melihat dua daftar sebelumnya, Anda masih belum memutuskan foundation untuk kulit berminyak terbaik yang mana yang akan Anda beli? Jangan khawatir, kami masih punya rekomendasi lainnya. L’oreal Paris menghadirkan foundation yang diklaim dapat mencegah makeup luntur dan breakout lewat kemampuan mengontrol minyak dengan hasil yang matte. Produk ini dikemas dalam bentuk tube yang simpel dan mudah untuk dibawa berpergian (travel friendly).

Produk ini hadir dalam bentuk liquid atau cair yang ringan dan mudah untuk dibaurkan ke kulit wajah Anda. Formula oil control yang dihadirkan oleh L’oreal Paris dalam produk ini berfungsi dengan baik untuk mengontrol minyak berlebih pada kulit wajah. Jika wajah Anda juga terdapat bekas jerawat yang mengganggu, L’oreal Infallible Pro-Matte Foundation dapat menutupi dosa tersebut! Produk ini tersedia dalam 12 pilihan shade dengan tingkat keterangan yang berbeda-beda.

4. Estee Lauder Double Wear Foundation

Estee Lauder Double Wear Foundation

Kisaran harga: Rp650.000

Meski berbentuk cair, produk ini mudah diaplikasikan, lho!

Meskipun tergolong pricey, Estee Lauder Double Wear Foundation ini disebut-sebut sebagai salah satu foundation terbaik untuk kulit wajah berminyak. Packaging yang simpel dan mewah menjadi sebagian kecil faktor yang membuatnya banyak dipilih. Meskipun diformulasi dalam bentuk liquid yang sedikit kental, produk ini tetap mudah untuk dibaurkan dan diratakan ke kulit wajah.

Foundation ini dapat melakukan covering wajah dengan sempurna. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir akan merasakan efek berat di wajah. Pasalnya, Estee Lauder Double Wear Foundation ini tetap menjamin hasil coverage noda-noda membandel yang optimal tanpa harus merasakan efek heavy. Ingin tampil cantik dengan makeup yang terlihat flawless dan mampu mengontrol minyak hingga seharian? Estee Lauder Double Wear Foundation jawabannya!

5. Make Up for Ever Ultra HD Liquid Foundation

Make Up for Ever Ultra HD Liquid Foundation

Kisaran harga: Rp700.000

Sensasi ringan yang seolah tidak sedang menggunakan foundation

Tampil maksimal sepanjang hari tanpa harus diiringi dengan perasaan was-was akan makeup luntur karena minyak bisa Anda rasakan dengan menggunakan Make Up for Ever Ultra HD Liquid Foundation. Tingkat coverage medium to full dari produk ini bisa membantu menyamarkan kekurangan pada wajah. Produk yang menjadi salah satu rekomendasi dari banyak beauty guru ini dapat menyatu ke segala warna kulit.

Hal lain yang tak kalah menarik dari produk ini adalah sensasi ringan seperti tanpa menggunakan foundation! Bukan cuma itu, dikarenakan mampu menyatu ke warna kulit, foundation untuk kulit berminyak dan berjerawat ini tidak akan memberikan kesan cakey pada wajah Anda. Tekstur yang mudah di-blend dari alas bedak ini juga menjadi nilai lebih yang menjadikannya wajib sebagai produk foundie holy grail Anda.

6. MAC Studio Fix Fluid Foundation

MAC Studio Fix Fluid Foundation

Kisaran harga: Rp375.000

Bisa dipakai untuk orang dengan kulit sensitif dan kering juga!

MAC menghadirkan foundation yang bukan cuma dibuat untuk orang-orang dengan tipe kulit berminyak, tapi untuk jenis kulit sensitif dan kering juga oke. Produk ini memang mempunyai aroma yang cukup bau seperti cat dinding, tapi bicara mengenai performa yang diberikan, akan sangat sulit buat Anda menolaknya. Salah satu contohnya, MAC Studio Fix Fluid Foundation menawarkan hasil coverage yang luar biasa.

Produk ini juga mempunyai formula yang ringan dan bebas minyak sehingga bukan hanya mudah untuk diaplikasikan, tetapi juga menjamin wajah bebas minyak seharian. Untuk keperluan acara penting seperti photoshoot atau pesta, Anda bisa mengandalkan produk dari MAC ini. Hanya dengan sekali pulas, pori-pori yang besar, flek hitam, bekas jerawat, dan dosa-dosa lain bisa langsung tertutup dengan sempurna!

7. NYX Total Control Drop Foundation

NYX Total Control Drop Foundation

Kisaran harga: Rp275.000

Menyediakan 11 pilihan warna yang disesuaikan dengan warna kulit wanita Indonesia

Jika Anda dengan kulit wajah berminyak menginginkan foundation dengan kemampuan coverage medium sampai full, maka kami sarankan untuk membeli NYX Total Control Drop Foundation. Produk ini tersedia dalam 24 pilihan warna yang bisa dipilih dimana sekitar 11 warnanya bisa merangkul semua warna kulit perempuan Indonesia yang beragam. Produk ini dikemas dalam bentuk botol dengan pipet yang mana bisa dimanfaatkan untuk mengatur tingkat coverage-nya.

Dikarenakan foundation cair ini benar-benar mudah runny, maka ketika ingin diratakan akan menjadi lebih mudah. Untuk membaurkannya sendiri, NYX memasangkan produk ini dengan kuas khusus yang akan lebih memudahkan Anda saat menggunakannya. Sebagai salah satu base makeup terbaik, foundation ini akan memberikan hasil akhir yang velvety matte. Apabila Anda punya tipe kulit kombinasi, hasil akhir dari pemakaian NYX Total Control Drop Foundation ini lebih ke dewy yang fresh.

8. NARS All Day Luminous Weightless Foundation

NARS All Day Luminous Weightless Foundation

Kisaran harga: Rp650.000

Formulasi antiluntur hingga 8 jam!

Untuk Anda yang punya budget lebih kami sarankan membeli foundation yang bagus untuk kulit berminyak dari NARS Cosmetics. Sebagai brand yang sudah lama berkecimpung dalam bidang kosmetik, NARS tentu tak main-main untuk menciptakan produk-produk dengan kualitas terbaik. NARS All Day Luminous Weightless Foundation adalah alas bedak yang menjadi favorit banyak wanita di dunia.

Dalam produk ini, NARS Cosmetics menjamin setiap wanita dapat tampil cantik sepanjang hari. Untuk memastikan terpenuhinya janji tersebut, NARS menyertakan formula khusus yang membuat produk ini dapat menempel di wajah lebih dari 8 jam, bahkan untuk di luar ruangan juga masih bertahan! Tekstur yang mudah di-blend disertai warna yang kerap menyatu ke kulit juga menjadi poin lebih yang perlu Anda coba dari produk ini.

9. Mineral Botanica Original Loose Foundation

Mineral Botanica Original Loose Foundation

Kisaran harga: Rp51.000

Foundation bedak yang murah tanpa menyebabkan efek cakey

Dengan harga yang tidak mencapai ratusan ribu, siapa yang akan menolak foundation untuk kulit wajah berminyak murah dari Mineral Botanica ini? Alas bedak favorit banyak wanita yang menawarkan kemampuan coverage medium untuk menyamarkan segala bentuk dosa di wajah. Warna yang natural dapat dihasilkan setelah menggunakan produk ini, jadi Anda tak perlu khawatir dengan efek cakey yang biasa ditemukan dengan produk foundation yang murah lainnya.

Mineral Botanica Original Loose Foundation telah dibekali dengan formula eksklusif yang membuatnya terasa ringan di wajah, jadi seakan-akan Anda seperti tidak sedang menggunakan foundation. Anda tak perlu ragu lagi untuk menggunakan produk ini lagi. Kenapa? Sebab foundie ini selain tidak terasa berat juga tidak akan menyebabkan munculnya jerawat! Jika Anda ingin merasakan kemampuan menahan minyak yang lama, disarankan untuk mengombinasikan pemakaiannya dengan primer.

10. Bare Minerals Matte Foundation

Bare Minerals Matte Foundation

Kisaran harga: Rp600.000

Menjanjikan hasil flawless dengan tekstur akhir matte yang mengagumkan

Tampilan makeup yang tahan lama tanpa kesan mengilap bisa Anda dapatkan dengan penggunaan foundation untuk muka berminyak dari Bare Minerals ini. Meskipun dijual dengan harga yang cukup mahal, Anda dijamin tidak akan kecewa dengan produk ini. Bare Minerals Matte Foundation sendiri menjadi salah satu alas bedak favorit banyak beauty enthusiast di berbagai negara.

Bare Minerals merancang produk ini dalam bentuk loose-powder yang tidak terlalu seperti powder. Jadi saat mengaplikasikannya, Anda akan merasa seperti sedang menggunakan foundation cair yang mudah untuk diratakan. Untuk mendapatkan hasil flawless bertekstur akhir matte seperti yang dijanjikan dan disertai dengan kemampuan mengontrol produksi minyak, Anda cukup mengaplikasikannya sedikit saja dengan brush.

Lakukan Tips Berikut Agar Foundation Tidak Mudah Luntur

Para pemilik kulit berminyak tentu familiar dengan kasus makeup luntur. Apakah Anda pernah mengalaminya? Hal yang wajah apabila riasan luntur akibat minyak yang tidak terkontrol. Untuk menanggulangi hal tersebut, termasuk mencegah foundation terlihat cakey dan kurang menempel, Anda dapat menerapkan tips untuk membuat foundation tidak mudah luntur berikut ini.

Aplikasikan Es Batu untuk Mengencangkan Pori

Aplikasikan Es Batu untuk Mengencangkan Pori

Mulai sekarang, biasakanlah untuk mengaplikasikan es batu ke seluruh permukaan kulit wajah, terutama setelah melakukan pembersihan wajah. Es batu telah dikenal lama membantu mengencangkan pori-pori. Kulit yang berminyak terjadi akibat pori-pori yang terbuka. Dengan menempelkan es batu ke permukaan wajah, maka pori-pori akan mengecil dan mengencang, serta foundation mudah menempel dan juga tidak mudah luntur.

Lakukan Deep Cleansing dengan Exfoliating Toner

Lakukan Deep Cleansing dengan Exfoliating Toner

Deep cleansing adalah upaya menjaga kulit wajah tetap bersih dengan melakukan cleansing hingga lapisan terdalam kulit. Terdiri dari beberapa tahapan, namun tahap exfoliating atau pengelupasan kulit mati serta membersihkan kotoran hingga lapisan kulit terbawah memastikan kulit muka bersih secara total.

Sebagai akibatnya, foundation yang Anda gunakan menjadi lebih tahan lama pada kulit berminyak. Gunakanlah exfoliating toner sebelum memakai foundation. Setelah pengaplikasian exfoliating toner, gunakan pula hydrating toner untuk mengembalikan kelembapan kulit wajah.

Gunakan Translucent Powder untuk Mengurangi Minyak Berlebih di Zona T

Gunakan Translucent Powder untuk Mengurangi Minyak Berlebih di Zona T

Kulit berminyak memungkinkan makeup terlihat berkilau dan tidak tahan lama. Untuk menanggulangi hal ini, Anda dapat mengplikasikan translucent powder untuk mengunci foundation serta menyerap minyak yang muncul ke permukaan. Gunakanlah translucent powder untuk blotting pada area kulit yang berminyak menggunakan powder brush.

Sebagai tambahan informasi, translucent powder tidaklah sama dengan loose powder. Jika loose powder dapat mengubah warna, sedangkan translucent powder adalah bedak tabur yang hasilnya tidak akan mengubah warna kulit. Oleh karena kulit wajah berminyak dapat terlihat kusam serta membuat foundation menggelap, maka pengaplikasian translucent powder juga akan mencegah masalah tersebut.

Semprotkan Setting Spray agar Makeup Tahan Lama

Semprotkan Setting Spray agar Makeup Tahan Lama

Walaupun berbeda wujud dengan translucent powder, secara hasil setting spray juga sama-sama membantu makeup lebih tahan lama. Selain itu, setting spray juga tidak akan mengubah warna maupun tekstur makeup Anda karena mempunyai warna bening dan berwujud sangat kecil partikel-partikelnya.

Setting spray mempunyai fungsi mirip primer, hanya saja dipakai sebagai topcoat makeup. Setting spray bukan hanya cocok untuk kulit berminyak, tetapi semua jenis kulit. Hanya saja, kulit berminyak termasuk salah satu kondisi yang paling rentan memicu riasan cepat luntur akibat terkena panas atau sebum berlebih. Gunakanlah produk setting spray yang tepat agar tidak menyebabkan tampilan wajah semakin berminyak, ya!

Kesimpulan

Silakan Anda pilih foundation untuk kulit berminyak terbaik yang sudah dibuktikan banyak perempuan mengenai hasil seperti yang diklaim oleh produsennya. Pastikan dalam proses menentukan, Anda utamakan produk yang sudah teruji secara klinis aman oleh para ahli. Bukan hanya itu, produk yang hendak Anda pilih juga pastikan tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti pengawet atau paraben. Bahkan, kalau bisa, tak ada salahnya mencari produk yang gluten-free dan free animal tested.

(Visited 203 times, 2 visits today)