Written by 08:53 Hadiah

10 Rekomendasi Hampers (Parsel) Lebaran Terbaik

Momen Lebaran sering dimanfaatkan sebagai sarana berbagi kebahagiaan bersama orang-orang terdekat. Salah satu caranya adalah dengan memberikan hampers kepada keluarga dan sahabat. Hampers memiliki berbagai macam variasi, mulai dari bingkisan makanan, perlengkapan ibadah, hingga peralatan makan.

Jika Anda bingung menentukan hampers yang tepat, artikel ini akan membantu Anda menemukan jawabannya. Agar semakin lengkap, kami juga merekomendasikan sepuluh produk terbaik pilihan PickyBest. Tanpa berlama-lama, mari kita menuju pembahasan selengkapnya.

Cara Memilih Hampers (Parsel) Lebaran

Pada bagian ini, kami akan membahas cara memilih hampers. Anda bisa mempertimbangkan berdasar bentuk kemasannya, isi, penerima, serta kriteria lainnya. Mari kita simak poin-poinnya berikut ini.

Pilih Bentuk Kemasan yang Memudahkan untuk Dibawa

Secara umum, kemasan hampers atau parsel terdiri dari kemasan berbentuk box dan bingkisan. Selain box dan bingkisan, saat ini kemasan berbentuk tas anyaman juga cukup diminati karena bentuknya yang unik. Pilihlah kemasan yang sekiranya mudah dibawa agar Anda tidak kesulitan ketika menyerahkannya.

Kemasan box umumnya terbuat dari kertas kardus tebal sehingga memiliki durability yang baik untuk melindungi isinya. Ini juga yang membuatnya relatif lebih praktis dibawa. Sebab, Anda tak perlu khawatir isi di dalamnya akan berantakan. Namun, kemasan box rentan terlihat kumal jika Anda tidak menyimpannya dengan baik.

Kemasan bingkisan lebih fleksibel menyesuaikan bentuk sehingga dapat membuat isi parsel Anda tampak lebih penuh. Selain itu, penataan isi bingkisan yang unik membuatnya terlihat menarik. Kekurangan pengemasan ini adalah bingkisan lebih sulit dibuka karena penggunaan bahan perekat seperti selotip dan lem tembak.

Pilih Isian Hampers atau Parsel sesuai Kebutuhan dan Selera Penerima

Di pasaran Anda dapat menemukan beragam jenis hampers dan parsel. Pastikan Anda membelinya dengan mempertimbangkan kebutuhan dan selera penerimanya, ya!

Makanan dan Minuman Paling Umum Dipilih

Makanan dan minuman paling umum dipilih sebagai isian dalam paket parsel dan hampers Lebaran. Pemberian berupa makanan dan minuman dapat dijadikan sebagai suguhan ketika tetangga bersilaturahmi ke rumah. Jenis makanan dan minuman yang sering digunakan antara lain kue kering, biskuit kaleng, permen, sirop, minuman bersoda, dan jus kemasan kotak.

Tak hanya makanan jadi, Anda juga bisa memberikannya dalam bentuk sembako. Pilihlah jenis sembako yang mudah ditata, misalnya beras, minyak goreng, dan gula pasir. Sebaiknya hindari bahan makanan yang mudah pecah atau basi seperti telur dan daging yang belum diolah.

Perlengkapan Ibadah atau Set Hijab Memberikan Kesan Personal

Ingin memberikan kesan lebih personal? Berikan barang tidak habis pakai seperti perlengkapan ibadah atau set hijab. Pemberian seperti ini bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama sehingga Ia akan lebih mengingat Anda. Jika Anda tidak mengetahui seleranya, pilihlah model fashion yang lebih universal. Misalnya, baju koko berwarna polos atau set hijab dengan nuansa warna lembut.

Umumnya, hampers berisi alat ibadah sudah dilengkapi dengan perlengkapan lainnya seperti sajadah, Al-Qur’an, dan tasbih. Namun, pemberian dalam bentuk set biasanya memiliki banderol harga lebih tinggi. Jika budget menjadi kendala, tak ada salahnya memberikan salah satunya saja. Tambahkan beberapa camilan agar hampers Anda tidak tampak sepi.

Pilih Isian yang Unik jika Ingin Hampers Lebaran Lebih Berkesan

Bosan dengan hampers yang monoton? Anda bisa mencoba isian yang tak biasa. Set peralatan makan, toiletries, atau barang pecah belah dapat menjadi kado Lebaran yang unik dan berguna untuk orang terdekat. Jika ingin menerapkannya, ada baiknya Anda memilih produk yang berkualitas agar pemberian dari Anda lebih berkesan.

Selain dari isi, keunikan hampers juga dapat dilihat dari bentuk kemasannya. Pilihlah kemasan hampers yang tak hanya unik, tetapi juga dapat digunakan kembali untuk keperluan lain. Misalnya kemasan berbentuk tas atau keranjang. Selain lebih estetik, kemasan seperti ini juga lebih ramah lingkungan.

Pilih Berdasarkan Kedekatan dengan Penerima

Hal yang tak kalah penting dalam memilih hampers adalah mempertimbangkan kedekatan hubungan antara Anda dan si Penerima. Penjelasan selengkapnya dapat Anda simak di bawah ini.

Untuk Kolega Bisnis, Pilih yang Paket Kemasannya Tampak Eksklusif

Kolega bisnis adalah orang yang memiliki hubungan formal dengan Anda. Untuk menghargai hubungan kerja yang terjalin, pilihlah hampers terbaik dengan kualitas premium. Tak selalu harus mahal, hampers yang unik juga dapat menjadi alternatif pilihan, lho!

Untuk kolega bisnis, seringkali Anda tak dapat memberikannya secara langsung karena alasan mudik. Jika ingin mengirimkannya melalui jasa pengiriman, pilih hampers dengan kemasan yang tidak mudah rusak. Anda juga perlu memastikan alamat tujuan sudah sesuai agar paket dapat sampai tanpa kendala.

Untuk Keluarga dan Sahabat, Pilihlah Barang yang Bisa Digunakan saat Lebaran

Untuk kerabat dekat Anda, sebaiknya pilih hampers yang bisa dipergunakannya saat hari raya tiba. Misalnya perlengkapan ibadah atau baju muslim seperti gamis dan baju koko. Pemberian Anda akan terasa lebih spesial ketika digunakan untuk bersilaturahmi dengan sesama.

Pemberian berupa makanan pun juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Ketahui makanan kesukaan orang terdekat Anda, kemudian kirimkan dalam bentuk paket yang cantik. Saat ini Anda bisa menemukan berbagai jenis masakan yang dikemas dalam bentuk hampers. Tak hanya kue kering, Anda juga bisa mengirimkan rendang dan aneka jenis sambal.

Untuk Orang Tua, Berikan Sesuatu yang Bermakna

Pemberian untuk orang tua sebaiknya pilih sesuatu yang lebih personal dan benar-benar disukainya. Untuk orang tua, tentunya Anda ingin memberikan sesuatu yang bermakna. Hampers berisi busana muslim sarimbit dapat menjadi pilihan yang tepat. Pastikan Anda menyesuaikannya dengan model yang cocok dikenakan orang tua.

Parsel berisi sembako juga bisa menjadi pilihan yang bijak untuk menyenangkan orang tua. Sebab, harga sembako biasanya melejit mendekati musim lebaran. Selain itu, Anda juga bisa memberikan kudapan khas lebaran seperti kue kering dan biskuit. Agar semakin lengkap, Anda juga bisa menambahkan sejumlah uang tunai.

 Sesuaikan dengan Anggaran yang Dimiliki

Budgeting merupakan hal terpenting yang perlu dipertimbangkan ketika hendak memberikan hampers dan parsel. Tak perlu memaksakan diri apabila dana yang tersedia terbatas. Sebab, memberi parsel sejatinya adalah salah satu bentuk kepedulian. Kerabat Anda akan menghargai niat dan perhatian Anda tanpa memandang nilainya.

Untuk anggaran terbatas, pilihlah parsel berisi sembako, kue kering, dan camilan lainnya. Parsel berisi makanan umumnya memiliki harga relatif lebih murah. Bagi Anda yang memiliki budget lebih, Anda bisa memberikan hampers berisi barang seperti perlengkapan ibadah atau alat dapur. Jika ingin lebih lengkap, Anda bisa memilih kombinasi keduanya.

Pastikan Anda membeli parsel yang sebanding dengan harga isiannya. Beberapa penjual bisa saja mematok harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan harga yang seharusnya. Untuk itu, carilah penjual paket Lebaran yang jujur dan profesional agar Anda tidak dirugikan.

Hal-hal Lain yang Perlu Diperhatikan

Untuk pemberian berupa parsel berisi makanan dan minuman, jangan lupa mengecek tanggal kedaluwarsa, label halal, serta izin edarnya. Hal-hal kecil seperti ini sering kali terlupakan setelah melihat tatanan parsel yang cantik. Selain itu, akan lebih baik jika Anda memperhatikan kualitas makanan daripada jumlahnya.

Jika Anda memilih memberikan barang pakai seperti busana Lebaran atau perlengkapan salat, pastikan ukurannya sesuai untuk penerimanya. Ini sangat penting karena barang tersebut tentu saja akan dipakai untuk berbagai kesempatan. Sebisa mungkin ketahui selera fashion-nya agar barang yang Anda berikan lebih disukai.

 10 Rekomendasi Hampers (Parsel) Lebaran Terbaik

Di bawah ini kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi hampers Lebaran terbaik yang bisa Anda pilih. Jangan lupa pertimbangkan beberapa poin yang telah dibahas sebelumnya, ya. Selamat memilih!

1. Hampers Rendang UniNam Alexandria

Sumber: Shopee.co.id

Berbagai sajian rendang premium untuk meriahkan Lebaran

Lebaran identik dengan olahan daging yang disantap dengan ketupat. Misalnya saja rendang, gulai, atau tongseng. Menyadari hal ini, rendang UniNam menawarkan sepaket rendang siap saji dalam bentuk hampers untuk Anda berikan kepada orang terkasih. Satu boks cantiknya berisi enam varian rendang yang dikemas dalam stoples.

Rendang UniNam diproduksi menggunakan rempah organik tanpa tambahan MSG dan bahan pengawet. Istimewanya, proses memasak rendang ini masih menggunakan tungku api untuk mempertahankan rasa autentik rendang. Soal keamanan, Anda tak perlu khawatir. Rendang UniNam telah mengantongi izin BPOM dan sertifikasi halal MUI.

Bentuk kemasanBox
Isi6 stoples berisi: Rendang daging suwir, rendang teri & daun, rendang singkong, rendang belut, rendang paru, rendang telur.
Cocok untukKolega bisnis, kerabat & sahabat, orang tua
Kisaran hargaRp900.000

2. Berrybenka Modest – Broken White Green

Sambut hari kemenangan dengan tone warna hijab yang lembut

Set hijab Berrybenka satu ini dapat menjadi kado Lebaran untuk kerabat atau sahabat wanita. Paketnya terdiri dari satu hijab berwarna hijau polos dan satu hijab motif. Motif print bunga-bunga yang manis cocok untuk menyambut hari kemenangan.

Memiliki karakter warna yang lembut, hijab ini cukup mudah dipadupadankan dengan berbagai atasan dan bawahan. Dikemas dalam boks eksklusif yang senada dengan motif hijabnya, koleksi Lebaran Berrybenka ini akan menjadi pemberian yang tak terlupakan.

Bentuk kemasanBox
IsiHijab motif warna broken white, hijab polos warna hijau, card
Cocok untukKerabat & sahabat
Kisaran hargaRp270.000

3. Rumah71 Parcel Lebaran – Homemade Cookies

Sumber: Shopee.co.id

Nikmati hangatnya berbagi dengan kukis ala rumahan

Jika kerabat Anda adalah pecinta kukis, tak ada salahnya memberikan parsel ini sebagai hadiah Lebaran. Rumah71 memproduksi kukis yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas tanpa tambahan bahan pengawet. Paket kukis ini semakin istimewa karena merupakan produksi rumahan (homemade).

Parsel berisi enam stoples kue kering ini telah mendapatkan sertifikasi P-IRT dan halal MUI sehingga terjamin mutunya. Dari segi harga, produk ini masih cukup terjangkau untuk kualitas yang ditawarkan. Pasel ini dapat menjadi pilihan yang cocok untuk kerabat Anda yang kurang menyukai kue nastar.

Bentuk kemasanBox
Isi6 stoples isi: Strawberry cheese cookies, lidah kucing keju, kue kacang, brownie crisps, kue putri salju, almond crispy
Cocok untukKolega bisnis, keluarga & sahabat, orang tua
Kisaran hargaRp270.000

4. Letter Box Cokelat Lebaran

Sumber: Shopee.co.id

Sampaikan salam Lebaran dengan kotak cokelat yang unik

Jika biasanya Anda menyampaikan salam Lebaran lewat kartu ucapan, kali ini Anda bisa menyampaikannya dengan cokelat! Terdapat dua belas kotak cokelat yang berisi rangkaian kata dan karakter khas hari raya. Anda bisa memilih rangkaiannya sesuai template yang tersedia.

Letter box ini semakin unik dengan kemasan kantong kain yang juga membuatnya lebih mudah dibawa-bawa. Sayangnya, produk cokelat berisiko meleleh jika terpapar suhu panas terlalu lama. Jadi, Anda perlu memperhatikan waktu pemberiannya, ya!

Bentuk kemasanBox
Isi12 pcs chocolate box, kantong kain, greeting card
Cocok untukKeluarga, sahabat
Kisaran hargaRp160.000

5. UCHII Eid Hampers – Set Green

Sumber: Uchii-store.com

Warna dan motifnya khas Lebaran untuk suguhan di hari raya

Begitu melihat produk ini, Anda akan merasakan atmosfer hari raya. Warna dan motifnya sangat khas Lebaran. Terdiri dari tiga buah gelas dan satu poci, produk ini dapat menjadi set yang cocok untuk suguhan minum tamu yang berkunjung saat hari raya.

UCHII Eid Hampers dikemas dalam box bergambar dedaunan yang elegan. Pada bagian dalamnya diberi tambahan proteksi agar gelas tidak saling menggores. Set gelas ini akan menjadi kado yang cocok diberikan pada kerabat atau sahabat yang sudah berkeluarga.

Bentuk kemasanBox
Isi3 buah double wall glass, 1 buah double wall tea pot (+strainer), customized gift card
Cocok untukKolega bisnis, kerabat & sahabat, orang tua
Kisaran hargaRp144.000

6. Earthen Project – ‘Healthy’ Kit #2

Sumber: Shopee.co.id

Terbuat dari bahan ramah lingkungan, cocok bagi si Naturalis

Tengah mencari hampers yang unik? Koleksi hampers Earthern Project ini dapat mengakhiri pencarian Anda. Paket ini berisi peralatan makan yang terbuat dari stainless steel yang dilengkapi beberapa keperluan mandi. Menariknya, selain mendapatkan kesan unik, Anda juga turut menjaga kelestarian lingkungan.

Dalam pembuatan produk toiletries, Earthen Project menggunakan bahan baku organik yang ramah lingkungan. Bahan yang digunakan pun toxic free dan biodegradable. Produk ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin hampers unik sekaligus mengampanyekan kepedulian terhadap lingkungan.

Bentuk kemasanBox
IsiStainless lunch box, stainless cutlery set, organic soap nuts, soap bar, shampoo bar, hand sanitizer, unpaper cloth tissue
Cocok untukKolega bisnis, kerabat & sahabat
Kisaran hargaRp499.000

7. Zen Parcel – Bedug Set

Sumber: Shopee.co.id

Desainnya sederhana, namun tetap elegan

Zen Parcel Bedug Set menghadirkan perlengkapan makan berbahan porselen dengan warna putih bersih. Desain set piring dan gelasnya mengutamakan kesederhanaan tanpa menghilangkan kesan elegan. Bahan porselen dikenal dengan finishing yang bersih dan halus sehingga terlihat lebih mengilap.

Dari segi durability, bahan porselen juga kuat dan aman dimasukkan ke dalam microwave, dishwasher, dan oven. Produk-produk Zen juga telah berstandar SNI sehingga kualitasnya sudah diakui. Tak hanya itu, Anda bisa lebih tenang karena produk ini bebas dari kandungan logam berbahaya seperti timah dan kadmium.

Bentuk kemasanTas tenteng
Isi2 buah piring warna putih, 4 buah cangkir kopi/teh warna putih
Cocok untukKolega bisnis, kerabat & sahabat, orang tua
Kisaran hargaRp224.100

8. Kenes – French Almond/Cheese Pastry

Sumber: Shopee.co.id

Kue kering ala Eropa dibalut kemasan tas anyam tradisional

Jika ingin memberikan sedikit sentuhan Eropa pada parcel Anda, produk ini bisa menjadi pilihan. Berisi french almond pastry dan french cheese pastry yang manis dan renyah, suasana Lebaran akan lebih berwarna. Menariknya lagi, meski isinya bergaya Eropa, produk ini dikemas menggunakan tas anyam tradisional.

Tas anyam ini membuat penampilannya unik. Handel pada bagian atas tasnya membuat parsel ini mudah dibawa-bawa. Agar semakin cantik dan spesial, Kenes juga menyematkan thank you card di bagian depan tasnya

Bentuk kemasanTas anyam
Isi1 stoples french almond pastry, 1 stoples french cheese pastry
Cocok untukKerabat & sahabat, orang tua
Kisaran hargaRp102.900

9. Parcel Idul Fitri 6 in 1 – Perlengkapan Ibadah Pria

Sumber: Shopee.co.id

Perlengkapan ibadah untuk hari raya istimewa

Ingin memberikan hadiah Lebaran untuk teman atau saudara laki-laki? Set perlengkapan ibadah ini mungkin pilihan yang cocok. Di dalamnya berisi sarung tenun, sajadah, Al-Qur’an, tasbih kristal, dan peci rajut. Ada juga bonus tambahan berupa bros hijab.

Satu set perlengkapan ibadah ini tertata rapi dalam wadah boks cantik dengan hiasan khas Idul itri. Parsel ini dapat dikenakan pada saat Lebaran tiba. Selain itu, menghadiahkan alat ibadah juga dapat menjadi motivasi bagi penerima, untuk memperbanyak amal ibadahnya di bulan suci.

Bentuk kemasanBox
IsiSajadah, sarung tenun, Al-Qur’an, bros hijab, tasbih kristal, peci rajut
Cocok untukKerabat & sahabat, orang tua
Kisaran hargaRp102.900

 10. Parcel Lebaran Sembako

Sumber: Shopee.co.id

Pilihan yang aman untuk berbagai kalangan

Jika Anda tak ingin repot memikirkan parsel atau hampers yang tepat, pilihlah parsel berisi sembako. Anda bisa menyesuaikan isian paket dengan budget yang dimiliki. Rentang harganya luas tergantung jumlah isian, bentuk kemasan, dan kualitas isinya.

Sebaiknya Anda memilih sembako berukuran standar agar lebih mudah dikemas. Ukuran yang tidak terlalu besar juga akan memudahkan penghantaran. Selain beras dan gula, Anda bisa menambahkan yang lainnya seperti mi instan, kopi kemasan, atau teh.

Bentuk kemasanBingkisan
IsiBerbagai jenis sembako
Cocok untukKerabat & sahabat, orang tua
Kisaran hargaRp50.000 – Rp500.000

Kesimpulan

Anda tentu ingin memberikan hampers Lebaran terbaik yang bermanfaat dan disukai penerimanya. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan antara lain bentuk kemasan, isian hampers atau parsel, serta kecocokannya dengan penerima. Jangan lupa juga untuk membuat anggaran dengan cermat agar keuangan Anda tetap terkendali.

Jika isi parsel Anda berupa makanan, selalu cek tanggal kedaluwarsa serta izin edarnya. Terakhir, jangan lupa sematkan kartu ucapan yang hangat untuk menyambung tali silaturahmi. Akhir kata, semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan hampers atau parsel idaman. Selamat merayakan Lebaran!

(Visited 72 times, 1 visits today)