Written by 01:50 Interior & Furnitur

10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik

Jangan sepelekan bantal sebagai salah satu penunjang penting kebutuhan istirahat Anda. Ketidaktepatan pemakaian bantal tak hanya mengurangi kenyamanan tidur Anda, tetapi juga berpotensi menyebabkan sakit leher, bahu, dan kepala. Karenanya, pilih dan gunakanlah bantal sesuai kebutuhan Anda.

Merek seperti The Luxe, Dunlopillo, dan lainnya menawarkan bantal dengan berbagai spesifikasi. Jika Anda bermaksud membelinya, pada artikel ini akan kami ulas cara memilih bantal sesuai kebutuhan. Selanjutnya, sepuluh bantal terbaik versi PickyBest juga kami rekomendasikan. Jadi, simak sampai akhir, ya!

Cara Memilih Bantal Tidur Terbaik

Ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih bantal, dari mulai isian bantal, kain kover, ukuran, berat, ketebalan, hingga tipe atau bentuk fisik bantal tersebut. Supaya lebih jelas, kita bahas satu per satu, yuk!

Tentukan Material Isian Bantal yang Cocok untuk Anda

Hal pertama yang sebaiknya Anda perhatikan saat membeli bantal adalah menentukan material isian bantal tersebut. Ketahui dahulu fungsi dan kelebihan masing-masing material. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dakron: Cocok untuk Penderita Gangguan Pernapasan dan Alergi Debu

Dakron memiliki harga lebih murah dan kerap dijadikan sebagai alternatif pengganti kapas dan kapuk yang sudah mulai ditinggalkan. Bahan ini direkomendasikan untuk penderita asma dan alergi debu karena dakron tidak menyerap debu. Selain itu, dakron juga tidak menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri.

Bahan yang terbuat dari serat plastik berukuran sangat halus ini terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu siliconized polyster fiber (terbaik, paling ringan, dan sangat mengembang), silicon (kelas satu berwarna putih, kelas dua berwarna kehitaman), dan dacron regular (termurah, seratnya kasar, tidak mengembang, dan biasa digunakan untuk membuat kasur).

Lateks: Alternatif untuk Anda yang Bermasalah dengan Tulang Leher dan Punggung

Bantal lateks biasanya memiliki lubang-lubang kecil sebagai pengatur kekenyalan bantal. Permukaan bantal lateks biasanya lebih keras dan rata sehingga sangat cocok untuk Anda yang bermasalah dengan tulang leher dan punggung. Bantal lateks juga bersifat isolator yang menyebabkan permukaannya tetap adem meski berada di tempat panas maupun dingin.

Bahan yang berasal dari karet ini terbagi menjadi dua jenis, yakni lateks natural (80% terbuat dari getah karet) dan lateks sintetis (80% terbuat dari karet sintetis). Anda lebih direkomendasikan memilih bantal berbahan lateks natural, terlebih bagi Anda yang alergi. Sifat antibakteri dan antitungau berkat kandungan getahnya yang tinggi menjadi kelebihan bantal lateks natural.

Memory Foam: Bahan Menyerap Keringat, Cocok untuk Ruangan Ber-AC

Bahan ini disebut ‘memory‘ karena membutuhkan waktu untuk kembali ke bentuk semula setelah mendapat tekanan. Sifat dan kelebihannya ini akan memberikan rasa nyaman tersendiri untuk Anda yang banyak bergerak saat tidur.

Memory foam berasal dari bahan sejenis busa PU (polyurethane) yang diproses secara khusus. Bantal dengan bahan ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang tidur di ruangan ber-AC karena dapat dengan cepat menyerap keringat sehingga selalu nyaman ketika digunakan.

Bulu Angsa: Memberikan Sentuhan Kelembutan Kualitas Premium

Ada dua jenis bulu angsa yang biasa digunakan, yaitu bulu bagian dada (feather) yang mengandung tulang dan bulu bagian leher (down) yang sangat halus. Untuk isian bantal berupa down, semakin tinggi kandungan down-nya, maka akan semakin mahal pula harga bantalnya.

Bulu angsa menjadi salah satu bantal termahal berkat kelembutannya yang mampu memberikan kenyamanan kualitas premium. Sebagai bahan organik, bulu angsa berpotensi menghasilkan debu dan tempat bersarangnya tungau sehingga kurang cocok untuk Anda yang alergi debu. Meski begitu, umumnya bantal ini selalu dilapisi kover lebih tebal sebagai pelindung.

Microfiber: Bahan Serat Sangat Halus dan Bersifat Hypoallergenic

Sesuai namanya, microfiber memiliki serat yang sangat halus berketebalan kurang dari 1 denier (berdiameter 0,006 mm). Itu artinya, microfiber jauh lebih halus dari serat katun, wol, bahkan sutra. Karenanya, bantal ini akan terasa sangat ringan dan empuk saat Anda gunakan.

Keunggulan lain dari bantal ini adalah bersifat hypoallergenic sehingga cocok untuk Anda yang alergi. Bantal yang terbukti awet dan tahan lama ini juga mudah dicuci dan bisa Anda masukkan ke dalam mesin cuci. Anda juga tak perlu khawatir bantal ini akan kempes karena microfiber mudah kembali ke bentuk semula.

Pastikan Memilih Jenis Kain Kover Bantal yang Nyaman di Kulit

Jenis kain kover untuk membungkus bantal yang umum digunakan antara lain katun, sutra, beludru, polyester, velour, linen, microtex, dan masih banyak lagi. Berikut kami berikan penjelasan singkat dari beberapa contoh kain tersebut.

  • Katun. Bahan ini nyaman digunakan untuk sarung bantal karena lembut dan sejuk. Selain itu, katun juga memiliki daya serap yang baik sehingga keringat yang keluar saat Anda tidur akan lebih cepat terserap.
  • Velour. Bahan mirip beludru ini biasanya terbuat dari katun dan polyester. Istilahnya, velour adalah versi lebih murah dari beludru. Bahan yang juga kerap digunakan untuk membuat pakaian ini memiliki tekstur velvet dan tampak glossy sehingga membuat bantal terkesan mewah.
  • Microtex. Bahan ini merupakan pengembangan teknologi dari microfiber dengan serat yang juga halus dan lembut. Tekstur kainnya tidak mengandung benang pendek sehingga dapat meningkatkan sirkulasi udara dan menyaring kelembaban dengan cepat. Microtex lebih murah dari katun, tetapi katun menang dalam hal kesejukan.

Pilih Tipenya: Bantal Bergelombang atau Tidak Bergelombang?

Tipe dan bentuk bantal juga dapat memengaruhi kenyamanan tidur Anda. Karenanya, sesuaikanlah bantal yang akan Anda beli dengan kebutuhan dan kebiasaan tidur Anda.

Bergelombang: Cocok untuk Penderita Nyeri Leher dan Tidur Mendengkur

Jika Anda cukup sering tidur mendengkur, maka posisi miring mungkin jauh lebih baik untuk Anda. Karenanya, Anda lebih disarankan memilih bantal bergelombang. Selain nyaman untuk posisi miring, bantal bergelombang juga cocok untuk penderita nyeri leher.

Tidak Bergelombang: Bantal Klasik yang Paling Sering Ditemui, Nyaman untuk Segala Posisi Tidur

Bantal klasik merupakan bentuk bantal yang paling umum ditemui. Permukaannya yang halus dan rata cocok untuk segala posisi tidur. Jika Anda cenderung tidur dengan gaya campuran seperti telentang, menyamping, dan tengkurap, bantal tidak bergelombang lebih direkomendasikan untuk Anda.

Perhatikan juga Ukuran dan Berat Bantal

Ukuran atau dimensi rata-rata bantal di kamar tidur rumah tangga adalah 50 x 60 cm. Bantal ini memiliki bentuk persegi panjang dengan berat sekitar 700 gram. Walau umum di pasaran, Anda sebaiknya tetap memilih bantal yang ukuran dan beratnya sesuai dengan kenyamanan.

Anda bisa saja membutuhkan bantal dengan ukuran dan berat yang berbeda dari kebanyakan orang. Berat bantal biasanya ditentukan oleh bahan isiannya. Isian yang ringan adalah dakron dan silikon, sedangkan isian yang berat umumnya berupa lateks dan memory foam.

Sesuaikan Ketebalan Bantal dengan Posisi Tidur Ternyaman Anda

Masing-masing posisi tidur membutuhkan ketebalan bantal ideal yang berbeda. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikannya dengan kenyamanan Anda sendiri. Jadi, sebelum membeli bantal ada baiknya Anda perhatikan ketebalan bantal yang Anda butuhkan berdasarkan posisi tidur dominan Anda.

Sering Tidur Tengkurap? Pilihlah Bantal yang Cenderung Tipis

Tidur tengkurap rentan menutup jalur napas dan memberi tekanan besar pada punggung bawah. Karenanya, Anda yang sering tidur tengkurap sebaiknya menggunakan bantal lebih tipis dengan ketebalan antara 15 – 17 cm. Anda akan lebih nyaman tidur dengan bantal yang cukup rata karena akan membuat posisi leher Anda sejajar dengan tulang punggung.

Ketebalan Medium Cocok untuk Anda yang Suka Tidur Telentang

Bantal dengan ketebalan sedang antara 19 – 21 cm cocok untuk Anda yang suka tidur telentang karena dapat menopang tengkuk agar tetap pada posisi ideal. Menggunakan bantal yang lebih tebal akan mendorong kepala Anda terlalu jauh ke depan.

Sebaliknya, bantal yang lebih tipis akan membuat kepala Anda kurang terangkat sehingga dapat mengurangi kenyamanan. Bantal dengan ketebalan medium juga cocok untuk Anda yang suka tidur telentang, tengkurap, maupun menyamping.

Untuk yang Hobi Tidur Menyamping, Pilih Bantal yang Tebal dan Padat

Bantal dengan ketebalan antara 21 – 22 cm direkomendasikan untuk Anda yang hobi tidur menyamping. Bantal yang lebih tebal dan padat penting untuk menopang kepala Anda agar tetap dalam posisi lurus dengan tulang punggung.

Selain itu, Anda tentu membutuhkan bantal yang lebih kokoh dan tinggi untuk mengisi celah di antara bahu dan leher Anda sewaktu berbaring.

10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik

Setelah mengetahui cara memilih bantal yang tepat, sekarang saatnya kami memberikan sepuluh rekomendasi bantal tidur kepada Anda. Silakan pilih bantal yang paling nyaman untuk menunjang kebutuhan istirahat Anda!

1. The Luxe Dacron Fiber

Sumber: Shopee.co.id

Berlapiskan katun lembut dengan isian yang tidak mudah kempes

The Luxe Dacron Fiber ini telah dirancang dengan ukuran sesuai standar rata-rata bantal yang umum digunakan. Diisi dengan serat dacron fiber berkualitas yang sangat halus dan lembut, bantal ini akan terasa empuk dan nyaman saat Anda gunakan.

Bantal ini juga sudah dilapisi kover kain katun berkualitas tinggi bermotif lucu, sehingga memungkinkannya dipakai langsung tanpa sarung bantal sekalipun. Produk satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin membeli bantal tahan lama. Alasannya, bantal ini tidak mudah kempes!

IsianDacron fiber
Jenis kain koverMicrotex polos
Tipe bantalTidak bergelombang
Ukuran48 x 64 cm
Berat800 g
Kisaran hargaRp68.000

2. Dunlopillo Ergo Natural Latex Pillow

Sumber: Dunlopillo.co.id

Cocok untuk Anda yang menderita asma, alergi, dan tidur mendengkur

Bantal ini diklaim sangat lembut sehingga akan memberikan kenyamanan luar biasa untuk penggunanya. Dengan bentuk bergelombang, bantal ini cocok untuk Anda yang tidur mendengkur. Selain itu, bantal ini dapat pula mengurangi gangguan tidur seperti sakit kepala dan sakit leher.

Dunlopillo Ergo Natural Latex Pillow terbuat dari 100% lateks alami. Bantal ini bersifat hypoallergenic dan antibakteri sehingga begitu direkomendasikan untuk dipakai oleh penderita asma dan alergi. Bahkan, bagi Anda yang sangat sensitif juga dapat mempertimbangkan produk ini.

Isian100% natural latex
Jenis kain koverTidak disebutkan
Tipe bantalBergelombang
Ukuran60 x 40 x 11 cm
BeratTidak disebutkan
Kisaran hargaRp229.000

3. Feather World Bantal Classic

Sumber: Shopee.co.id

Banyak digunakan oleh hotel-hotel bintang lima

Bantal yang terbuat dari bulu angsa ini memiliki kandungan down 40% berstandar internasional. Produk ini bagus untuk kesehatan Anda karena dilapisi dengan kover berbahan 100% katun dengan kerapatan standar internasional 233TC. Selain itu, bantal ini juga dijahit dengan kerapatan tinggi disertai jahitan double dan ditutup lagi dengan list exclusive yang membuat Anda aman dari debu.

Feather World Bantal Classic sangat ideal untuk Anda yang menyukai bantal dengan tingkat kelembutan tinggi. Bantal yang juga digunakan hotel-hotel bintang lima ini tidak akan kempes, bahkan diklaim bisa bertahan hingga seumur hidup. Perawatan bantal ini sangat mudah, yakni cukup dijemur saja. Bila ingin lebih maksimal, Anda bisa menerapkan dry cleaning.

Isian40% goose down standar internasional
Jenis kain kover100% katun dengan kerapatan tinggi standar internasional 233TC (downproof cotton)
Tipe bantalTidak bergelombang
Ukuran48 x 74 cm
BeratTidak disebutkan
Kisaran hargaRp1.699.000

4. Willow Pillow Ergonomic Small Memory Foam

Sumber: Pillow-willow.com

Mendapat garansi kempes lima tahun

Bantal yang terbuat dari visco elastis dan bahan pilihan dengan proses quality control ini direkomendasikan banyak dokter di seluruh dunia. Bantal ini menawarkan sifat hypoallergenic, antitungau, dan antibakteri, membuatnya cocok untuk penderita asma dan alergi.

Bantal ini juga dapat mengatasi rasa sakit di leher serta memperbaiki masalah tulang belakang, saraf terjepit, dan sakit pada telinga akibat tekanan berlebih. Di balik kelebihannya, Anda mesti ingat bahwa bantal dengan garansi kempes lima tahun ini tidak bisa dicuci dan tidak boleh dijemur di bawah sinar matahari.

IsianMemory foam
Jenis kain koverVelour without zipper
Tipe bantalBergelombang
Ukuran50 x 34 x 12 cm
Berat1,1 kg
Kisaran hargaRp350.000

5. Pillowpeople Healthy Pillow Microfiber

Tidak berbau dan diproduksi menggunakan teknologi Korea

Bantal yang berisi 100% microfiber ini sangat lembut dan halus sehingga akan membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Bantal ini didesain khusus untuk bahu dan leher dengan bentuk bergelombang disertai pola dua garis yang semakin meningkatkan kenyamanan tidur Anda.

Bantal yang diproduksi dengan teknologi Korea ini dapat dicuci untuk menjaganya tetap bersih, baik dari debu, kotoran, hingga bakteri. Selain itu, tidur Anda juga akan semakin nyaman karena Pillowpeople Healthy Pillow Microfiber tidak mengeluarkan bebauan yang mengganggu.

Isian100% microfiber
Jenis kain koverMicrotex
Tipe bantalBergelombang
Ukuran50 x 70 cm
Berat1 kg
Kisaran hargaRp90.000

6. Clarissa Bantal Nano Microfiber

Dengan kelembutan menyerupai bulu angsa

Bantal ini dibuat dengan bahan nano microfiber yang kelembutannya menyerupai bulu angsa. Dengan harga lebih terjangkau, bantal ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang menginginkan kenyamanan tidur dan kualitas bantal menyerupai bulu angsa.

Bantal ini cocok untuk Anda yang memiliki kebiasaan tidur telentang dan menyamping. Pasalnya, bantal ini didesain agar dapat mengikuti lekukan leher dan kepala pengguna. Bantal ini juga sangat aman untuk Anda yang alergi kulit dan asma karena antimikroba, antijamur, tidak berbau, dan tidak mudah berdebu.

IsianMicrofiber impor dengan teknologi nano
Jenis kain kover300 thread count combed cotton
Tipe bantalTidak bergelombang
Ukuran51 x 76 cm (46 x 71 cm + 5 cm gusset/panel samping)
Berat1,35 kg
Kisaran hargaRp89.900

7. Original Tempur® Pillow

Bantal cerdas yang dapat melancarkan sirkulasi darah

Bantal ini terbuat dari material eksklusif dengan isian visco-elastic foam yang terakreditasi oleh NASA. Alasannya, bantal ini dapat berubah bentuk menyesuaikan suhu dan beban tubuh. Bagian yang mendapat kontak tubuh lebih banyak (lebih hangat) akan semakin lembut. Sebaliknya, bagian yang sedikit atau tidak mendapat kontak tubuh akan tetap padat.

Berkat kecanggihannya, bantal ini dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga membuat tidur Anda menjadi semakin nyaman. Dengan kata lain, Anda yang membutuhkan bantal terbaik untuk meredakan sakit atau ketidaknyamanan pada leher, kepala, dan bahu dapat memilih bantal ini. Satu lagi, bantal ini juga cocok untuk Anda yang sering tidur mendengkur.

IsianHigh-density viscoelastic foam
Jenis kain koverTidak disebutkan
Tipe bantalBergelombang
Ukuran50 x 31 x 13/10 cm (XL)
BeratTidak disebutkan
Kisaran hargaRp2.200.000

8. Sleep Max Pillow Bolster Sleep Package

Sumber: Shopee.co.id

Nyaman untuk anak-anak hingga dewasa

Sleep Max Pillow Bolster Sleep Package didesain dengan ukuran standar untuk kebutuhan rumah tangga. Produk ini dijual sepaket dengan guling, membuat Anda lebih hemat pengeluaran. Supaya tetap bersih, Anda dapat mencuci bantal ini dengan tangan atau mesin cuci menggunakan air bersuhu normal.

Bantal ini terbuat dari material unggulan dan terpilih yang dapat mendukung kualitas tidur Anda menjadi lebih baik. Diisi dengan 100% dakron premium terbaik menjadikannya aman dan nyaman digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Kover mikrotex yang halus melapisi bantal, membuat kenyamanan tidur Anda sekeluarga makin terjamin.

Isian100% premium dakron
Jenis kain koverMicrotex
Tipe bantalTidak bergelombang
UkuranBantal: 45 x 65 cm / Guling: 21 x 77 cm
BeratBantal: 650 g / Guling: 750 g
Kisaran hargaRp69.930

9. Dunlopillo Ergo Lavender Latex Pillow

Mengandung lavender alami yang memaksimalkan kenyamanan tidur

Sesuai namanya, Dunlopillo Ergo Lavender Latex Pillow mengandung lavender alami yang dapat melancarkan sirkulasi darah, meredakan Insomnia, mengurangi stres dan kecemasan, serta mengurangi nyeri pada otot dan persendian Anda. Bantal ini juga tahan lama meskipun sering dicuci.

Bantal dengan fungsi ortopedi ini terbuat dari 100% lateks alami yang didesain mengikuti bentuk leher dan kepala Anda. Dengan bentuk bergelombang, bantal ini cocok untuk Anda yang tidur mendengkur. Dilengkapi pula dengan sarung bantal antibakteri sehingga direkomendasikan untuk Anda penderita asma dan alergi.

IsianNatural latex + lavender
Jenis kain koverPure material cotton
Tipe bantalBergelombang
Ukuran60 x 40 x 10/11 cm
Berat1,3 kg
Kisaran hargaRp299.000

10. Simply Lumbar Pillow

Memiliki fungsi lain sebagai penopang punggung bagian bawah

Simply Lumbar Pillow terbuat dari serat alami pilihan dan kain pelapis yang lembut untuk memastikan kualitas tidur Anda tetap maksimal. Bantal ini tidak bergelombang sehingga cocok untuk Anda yang suka tidur telentang dan campuran.

Selain sebagai penopang kepala saat tidur, bantal dengan bentuk unik ini juga memiliki fungsi lebih, yakni sebagai sandaran atau penopang punggung bagian bawah ketika duduk. Berkat fungsi tersebut, bantal ini dapat mengurangi sakit pinggang serta membantu Anda yang tengah menjalani terapi nyeri pinggang akibat saraf terjepit.

IsianSerat alami pilihan
Jenis kain koverTidak disebutkan
Tipe bantalTidak bergelombang
Ukuran40 x 27 x 13,5 cm
Berat500 g
Kisaran hargaRp99.000

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Bantal Tidur Anda?

Sebenarnya belum ada penelitian ilmiah mengenai kapan sebaiknya kita mengganti bantal. Meski begitu, kami menyarankan Anda untuk mengganti bantal setiap satu hingga dua tahun sekali, atau sesuai petunjuk penggunaan bantal.

Bantal yang dipakai setiap hari tentu banyak menyerap minyak tubuh dan sel kulit mati. Hal ini dapat membuat bantal Anda kotor, bau, serta menjadi sarang kuman, tungau, dan bakteri. Oleh karena itu, bersihkanlah bantal secara teratur.

Untuk membantu memperpanjang usia bantal, cucilah bantal setiap enam bulan sekali. Selain itu, tambahkan juga pelindung di antara bantal dan sarung bantal Anda.

Jangan lupa, perhatikan pula petunjuk perawatan bantal karena beberapa bantal tidak bisa dicuci dan dijemur. Selain itu, beberapa bantal juga ada yang boleh dan tidak boleh dicuci menggunakan air panas, sehingga Anda harus teliti membaca aturan merawat bantalnya.

Tabel Perbandingan Bantal Tidur

ProdukThe Luxe Dacron FiberDunlopillo Ergo Natural Latex PillowFeather World Bantal ClassicWillow Pillow Ergonomic Small Memory FoamPillowpeople Healthy Pillow MicrofiberClarissa Bantal Nano MicrofiberOriginal Tempur® PillowSleep Max Pillow Bolster Sleep PackageDunlopillo Ergo Lavender Latex PillowSimply Lumbar Pillow
IsianDacron fiber100% natural latex40% goose down standar internasionalMemory foam100% microfiberMicrofiber impor dengan teknologi nanoHigh-density viscoelastic foam100% premium dakronNatural latex + lavenderSerat alami pilihan
Kain koverMicrotex polosTidak disebutkan100% katun dengan kerapatan tinggi standar internasional 233TC (downproof   cotton)Velour without zipperMicrotex300 thread count combed cottonTidak disebutkanMicrotexPure material cottonTidak disebutkan
Tipe bantalTidak bergelombangBergelombangTidak bergelombangBergelombangBergelombangTidak bergelombangBergelombangTidak bergelombangBergelombangTidak bergelombang
Ukuran48 x 64 cm60 x 40 x 11 cm48 x 74 cm50 x 34 x 12 cm50 x 70 cm51 x 76 cm (46 x 71 cm + 5 cm gusset/panel samping)50 x 31 x 13/10 cm (XL)Bantal: 45 x 65 cm / Guling: 21 x 77 cm60 x 40 x 10/11 cm40 x 27 x 13,5 cm
Berat800 gTidak disebutkanTidak disebutkan1,1 kg1 kg1,35 kgTidak disebutkanBantal: 650 g / Guling: 750 g1,3 kg500 g
Kisaran hargaRp68.000Rp229.000Rp1.699.000Rp350.000Rp90.000Rp89.900Rp2.200.000Rp69.930Rp299.000Rp99.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Bantal memiliki peranan penting dalam mengoptimalkan kualitas tidur Anda setiap hari. Karenanya, Anda tidak bisa sembarangan menggunakan bantal. Anda perlu memastikan bantal Anda nyaman digunakan sekaligus menunjang kebutuhan tidur Anda.

Berdasarkan sepuluh rekomendasi bantal terbaik di atas, sudahkah Anda menentukan pilihan? Jangan lupa untuk selalu mengikuti aturan perawatan bantal yang Anda beli, ya! Semoga setelah membaca artikel ini, Anda berhasil menemukan bantal yang sesuai dengan kebutuhan Anda maupun keluarga.

Referensi

Kenali 5 Jenis Isi Bantal Tidur, Jangan Asal Sebelum Membelinya!
https://idea.grid.id/read/09949012/kenali-5-jenis-isi-bantal-tidur-jangan-asal-sebelum-membelinya diakses pada 12 Januari 2021

Jangan Salah… Kenali Dulu Isi Bantalnya, Baru Beli!
https://properti.kompas.com/read/2014/05/12/1422109/Jangan.Salah.Kenali.Dulu.Isi.Bantalnya.Baru.Beli. diakses pada 12 Januari 2021

Jenis-Jenis Bantal Kesehatan
https://www.medicalogy.com/blog/jenis-jenis-bantal-kesehatan/ diakses pada 12 Januari 2021

How to Choose a Pillow
https://www.wikihow.com/Choose-a-Pillow diakses pada 12 Januari 2021

Mengenal Apa itu Microtex
https://store.kintakun-bedcover.co.id/2020/07/29/mengenal-apa-itu-microtex/ diakses pada 12 Januari 2021

Untuk apa kain Velour digunakan?
http://id.globetextile.com/info/what-is-a-velour-fabric-used-for-31248518.html diakses pada 12 Januari 2021

4 Kain Pembungkus Bantal yang Paling Sesuai
https://www.bantal.co.id/2019/01/4-jenis-kain-yang-paling-pas-untuk-pembungkus-bantal/ diakses pada 12 Januari 2021

Mengenal Apa Itu Bantal Microfiber
https://pillowpeople.co.id/mengenal-apa-itu-bantal-microfiber/ diakses pada 12 Januari 2021

When Should You Replace Your Pillow?
https://www.sleep.org/replace-pillow/ diakses pada 12 Januari 2021

(Visited 42 times, 3 visits today)