Written by 10:32 Perlengkapan Rumah Tangga

10 Rekomendasi Kompor Portable Terbaik

Progas Portable Gas Stove 2 in 1

Inovasi kompor dalam bentuk portable memudahkan setiap orang. Jelas saja, kegiatan masak-memasak sekarang bisa dilakukan di mana saja, bahkan saat camping sekalipun. Walau lebih banyak diproduksi kompor portable berbahan bakar gas, beberapa produsen juga merancang kompor induksi berjenis portable sebagai alternatif untuk orang yang membutuhkannya.

Cosmos, Modena, Maspion, dan Miyako mendesain kompor portable terbaik di pasaran. Selain alasan praktis dan simpel, penggunaan kompor portable juga sangat mudah. Namun, bagaimana mengetahui sebuah produk kompor portable yang bagus itu seperti apa? Untuk menjawabnya, Anda bisa mengikuti ulasan kami kali ini. Selamat membaca!

Cara Memilih Kompor Portable

Pada bagian ini, kami akan berikan panduan memilih kompor portable terlebih dahulu. Setelah memahaminya, barulah Anda dapat menengok kesepuluh merek kompor portable terbaik versi kami dalam list yang telah disiapkan. So, let’s check it out!

Untuk Pemakaian Sehari-hari, Periksa Efisiensi Penggunaan Bahan Bakarnya

Untuk Pemakaian Sehari hari Periksa Efisiensi Penggunaan Bahan Bakar

Kompor portable diperlukan oleh banyak orang, baik yang sudah berkeluarga ataupun yang masih tinggal sendiri di rumah maupun indekos (kos-kosan) dan apartemen. Sebisa mungkin, carilah produk kompor yang dapat tahan pemakaian dalam waktu lama, serta mampu menghemat pengonsumsian gas sebagai bahan bakar yang digunakan.

Disarankan untuk selalu mengecek spesifikasi dari setiap produk, terutama pada bagian kemasan atau badan kompornya sendiri. Meskipun tidak ada keterangan “ekonomis” atau “hemat gas”, hal tersebut tidak menandakan bahwa kompor portable yang dimaksud tidak hemat bahan bakar. Sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu testimonium atau review di internet dari orang-orang yang telah menggunakannya.

Jika Ingin Dibawa Camping/Keluar Rumah, Utamakan yang Dilengkapi Pelindung Angin

Jika Ingin Dibawa Camping Keluar Rumah Utamakan yang Dilengkapi Pelindung Angin

Ide utama dibuatnya kompor portable bukan hanya mempermudah pemakaian, tetapi menjadikannya fleksibel di berbagai tempat. Selain di rumah, kompor portable juga ideal dipakai di luar ruangan. Biasanya ketika berkemah (camping), mendaki gunung, dan semacamnya, kompor gas portable dibawa sebagai alat memasak.

Apabila Anda mencari jenis kompor portable yang cocok untuk di luar ruangan, pastikan terdapat komponen pelindung angin. Secara umum, kompor portable yang didesain untuk pemakaian di luar ruangan memiliki kaca atau penyangga sebagai pelindung angin, sehingga api tetap menyala dengan konsisten. Anda juga dapat membuatnya sendiri dengan memanfaatkan material seperti logam atau kaca.

Pilihlah Badan Kompor yang Compact agar Mudah Dipindahkan

Pilihlah Badan Kompor yang Compact agar Mudah Dipindahkan

Memang, dimensi kompor portable pada umumnya tidaklah besar. Namun, akan lebih baik jika Anda menemukan kompor dengan panjang, lebar, dan ketebalan yang tidak terlalu besar, sehingga mudah dibawa kemana-mana dan tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang luas.

Selain itu, kompor portable berdesain compact juga memiliki kestabilan yang baik. Hanya saja, kompor portable yang ukurannya dirancang compact kerap kali mengorbankan fitur-fitur lain semisal tidak terdapatnya pelindung angin, penggunaan bahan bakar, dan kekuatan nyala api. Maka darinya, ketika Anda mencari kompor portable yang kecil dan tipis, pastikan kompor tersebut tetap menawarkan fitur seusai kebutuhan Anda.

Periksa juga Spesifikasi Material yang Digunakan untuk Merancang Kompor

Periksa Juga Spesifikasi Material yang Digunakan untuk Merancang Kompor

Poin penting lainnya untuk diperhatikan adalah pemilihan material yang membentu sebuah produk kompor portable. Selain terbuat dari aluminium dan besi, ada juga kompor portable yang terbuat dari stainless steel sehingga lebih awet dan tahan lama.

Di samping material utama, Anda juga dapat membeli kompor yang bagian atasnya dilapisi fluorine. Lapisan ini akan memberi kemudahan dalam merawat kompor, seperti ketika ada noda yang jatuh ke badan kompor, Anda dapat mengelapnya dengan mudah untuk menjaga kebersihan kompor.

Selain itu, cek juga apakah komponen kompor dapat dilepas pasang. Apabila setiap komponennya mudah dilepas dan dipasang, proses perawatan kompor secara keseluruhan pun semakin mudah karena Anda bisa menjangkau area-area yang sulit dicapai pada kompor.

Jangan Lupa Mengecek Daya Minimum yang Dimiliki

Jangan Lupa Mengecek Daya Minimum yang Dihasilkan

Di pasaran, daya kompor umumnya berada di angka 3000 kkal/jam. Sebenarnya, untuk keperluan masak-memasak sehari-hari, sudah cukup dengan kompor berdaya 2500 kkal/jam. Anda dapat mengecek spesifikasi produk untuk mengetahui daya minimal dari kompor portable yang dikehendaki.

Namun, perlu untuk diingat bahwa kita tidak bisa membandingkan kekuatan nyala api secara langsung pada masing-masing kompor. Misalnya saja, kompor gas portable yang ekonomis lebih mementingkan penghematan bahan bakar, sehingga kekuatan panasnya diminimalisir guna mencapai tujuan awalnya tadi.

Sementara kompor bersistem panel biasanya dapat mengontrol daya panas agar stabil. Oleh karena itu, melihat daya minimal pada kompor pilihan Anda belumlah cukup. Anda tetap perlu memeriksa spesifikasi lain secara keseluruhan agar kualitas kompor yang Anda beli benar-benar mumpuni atau sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dibekali Fitur Ekstra untuk Menunjang Keselamatan Pengguna

Dibekali Fitur Ekstra untuk Menunjang Keselamatan Pengguna

Di samping memperhatikan kemudahan perawatan, kekuatan nyala api, dan desain kompor, hal penting berikutnya untuk Anda periksa ialah sistem keamanan yang dimiliki kompor. Walau kerap dianggap lebih aman dibandingkan kompor tanam dan kompor ukuran standar, akan lebih memuaskan jika Anda menggunakan kompor portable yang dilengkapi fitur keamanan.

Kemampuan mematikan api otomatis adalah salah satu fitur yang perlu Anda selidiki pada setiap produk. Fitur ini akan mematikan nyala api saat kaleng gas terlalu panas. Lalu, belakangan ini ada pula jenis kompor yang dibekali fitur keselamatan untuk mencegah kebocoran gas. Poin-poin keselamatan ini harus Anda utamakan untuk mengurangi segala bahaya yang mungkin timbul.

10 Rekomendasi Kompor Portable Terbaik untuk Kemah (Camping) dan Anak Kos

Kesepuluh kompor portable terbaik telah menanti Anda! Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah untuk memasak di dalam rumah atau luar ruangan, seperti di taman, tanah lapang, atau ketika melakukan pendakian? Pastikan juga kompor pilihan Anda nyaman dan aman digunakan!

1. Progas Portable Gas Stove 2 in 1

Progas Portable Gas Stove 2 in 1

Kisaran harga: Rp180.000

Dapat mengatur besar kecilnya api melalui kenop yang mudah diputar

Perangkat utama memasak berlabel SNI dari Progas satu ini umum digunakan oleh pendaki gunung. Karena bersifat multifungsi, Anda juga bisa memakai kompor portable Progas di rumah menggunakan gas LPG. Pada satu paket pembelian, Anda akan memperoleh LPG connector  untuk menghubungkan ke gas tabung ukuran 3 –  12 kg.

Sementara pemakaian di luar ruangan, terutama saat beraktivitas outdoor, Progas Portable Gas Stove 2 in 1 tetap bisa menyala dengan gas butana kaleng karena pada sisi kompor telah disediakan cartridge khusus untuknya. Selain cocok untuk dibawa travelling karena dilengkapi tas koper, kompor portable ini juga cocok untuk Anda yang tinggal di apartemen atau Anda yang berstatus anak kos.

2. Niko Kompor Portable NK-268

Niko Kompor Portable NK 268

Kisaran harga: Rp169.000

Dilengkapi knob pembuka dan pengunci aliran gas. Ekstra aman!

Apabila Anda kurang menyukai kompor berwarna cerah seperti produk rekomendasi sebelumnya, Niko NK-268 dapat dijadikan opsi alternatif. Warna hitam pada kompor portable ini tersusun atas material aluminium aloi yang tahan lama.

Menawarkan kemudahan mengatur besar kecilnya nyala api, kompor gas portable ini juga menyediakan kenop khusus untuk mengunci dan membuka saluran gas. Bagi Anda yang mencari kompor portable yang aman, Niko NK-268 pilihannya. Menariknya, kompor yang dapat dipindah-pindahkan dengan mudah ini mampu beroperasi dengan gas butane kaleng ataupun gas tabung LPG 3 kg.

3. Nikita Portable Gas Stove

Nikita Portable Gas Stove

Kisaran harga: Rp157.500

Kompor portable 1 tungku yang dilengkapi pelindung anti angin!

Milikilah produk ini bilamana Anda membutuhkan kompor gas portable yang ringan. Hanya berdimensi 33 cm x 28,5 cm x 8,8 cm, Nikita Portable Gas Stove tidak memakan banyak tempat ketika disimpan ataupun dibawa bepergian. Saat travelling, Anda bisa menjaga kompor tetap aman dengan menyimpannya ke dalam tas koper yang telah disediakan.

Sama seperti produk-produk sebelumnya, Nikita Portable Gas Stove juga dapat menggunakan tabung gas LPG atau gas butana kaleng sebagai bahan bakarnya. Konektor ke mulut tabung LPG berupa nipple kuningan juga sudah disiapkan, sehingga Anda tidak perlu membelinya secara terpisah. Dengan warna hitam, kompor portable ini tidak terkesan mencolok di mata.

4. Cosmos Kompor Portable CG121P

Cosmos Kompor Portable CG121P

Kisaran harga: Rp250.000

Dielngkapi sistem pemantik responsif untuk hasilkan api biru yang stabil

Cosmos merilis cukup banyak seri kompor portable, salah satunya seri CG121P. Pada varian ini, Cosmos mengusung teknologi dari Jepang yang dilengkapi alat pengatur pemutus aliran gas secara otomatis. Proses memasak juga semakin cepat berkat dukungan sistem pembakaran tepat guna mengandalkan panas tinggi dan rendah CO konsentrat.

Kompor ini berdimensi 24,6 cm x 20 cm x 8,9 cm dan beratnya hanya 1,3 kg, tergolong mini dan ringan yang memudahkan ketika dijinjing dalam tas. Kompor portable yang kompak dari Cosmos ini dilengkapi holder wajan yang menjamin stabilitas wajan terjaga hingga makanan matang.

5. Modena Kompor Induksi Portable PI 1315

Modena Kompor Induksi Portable PI 1315

Kisaran harga: Rp1.060.000

Dilengkapi cooling system yang terintegrasi untuk menjaga kompor tetap dingin selama penggunaan

Modena PI 1315 adalah kompor induksi portable berdesain futuristik yang dilengkapi fitur auto shut off dan timer. Anda yang ingin menjaga tampilan dapur tetap cantik, tentu tidak boleh melewatkan produk ini. Kompor portable seberat 4,8 kg ini mempunyai permukaan bawah yang anti selip, sehingga tingkat stabilitasnya sangat baik.

Kompor portable listrik Modena ini berukuran 31 cm x 27 cm x 6,5 cm, sehingga tergolong tipis dan praktis dibawa. Terdapat 8 program memasak otomatis dan 8 level daya yang dapat diatur dengan touch control panel-nya. Permukaan atas kompor dilapisi ceramic glass sehingga perawatan kompor pun semakin mudah.

6. Hi-Cook Kompor Portable KC-109

Hi Cook Kompor Portable KC 109

Kisaran harga: Rp278.500

Aman, nyaman, dan menyenangkan ketika digunakan

Unik! Kata tersebut pantas jika dicatutkan pada kompor portable keluaran Hi-Cook ini. Dengan sentuhan desain floral yang unique, keberadaan kompor akan menghiasi ruangan dapur Anda. Memasak segala macam makanan terasa lebih menyenangkan berkat tampilannya yang menarik, ditambah lagi dudukan panci bergerigi untuk membuat wadah masak lebih stabil.

Hi-Cook KC-109 juga dapat diandalkan di ruangna terbuka, terutama saat Anda berkegiatan outdoor. Komponen penahan angin akan melindungi api tetap nyala pada lokasi yang cukup berangin. Hi-Cook juga menyematkan teknologi pengaman berupa pemutus aliran gas yang otomatis aktif saat terdeteksi tekanan tinggi pada tabung.

7. Happy Home Kompor Gas Portable 2 in 1

Happy Home Kompor Gas Portable 2 in 1

Kisaran harga: Rp190.000

Kompor yang menjamin keamanan, kesehatan, dan kualitas tangguh

Happy Home memproduksi kompor portable berdimensi 33 x 28,5 x 8,8 cm. Meskipun muat, Anda tidak perlu menyimpannya ke dalam tas carrier, sebab Happy Home telah melengkapi kompor ini dengan tas koper berbahan plastik yang cukup kukuh.

Kompor portable yang body-nya tersusun dari bahan besi berkualitas ini dapat dioperasikan menggunakan tabung gas LPG 3 kg – 12 kg maupun gas kaleng butana 235 gram. Menyangkut soal keamanan, kompor gas portable dari Happy Home ini telah memenuhi sertifikasi persyaratan standar produk Eropa, sehingga kualitas, keamanan, dan kesehatannya terjamin.

8. Maspion Gas Stove EX-802

Maspion Gas Stove EX 802

Kisaran harga: Rp268.000

Hobi memasak dan travelling? Yuk, jadikan kompor ini teman di perjalanan!

Kegiatan masak memasak sesering apa pun akan terasa menyenangkan berkat fitur hemat energi pada Maspion EX-802. Jika Anda tinggal di apartemen atau indekos, dan ingin menjaga tampilan ruangan tetap menarik, desain kompor Maspion ini begitu modern.

Untuk memasak air, menggoreng telur, merebus mie, hingga membuat sup ayam bisa dilakukan dengan baik oleh kompor satu ini. Maspion merancang kompor portable ini dari material stainless steel, menjadikannya cantik dan tentunya awet untuk pemakaian jangka panjang.

9. Winn Gas W-1B Kompor Gas Portable 2 in 1

Winn Gas W 1B Kompor Gas Portable 2 in 1

Kisaran harga: Rp226.000

Rasa aman menjadi jaminan setiap kali menggunakannya!

Berdesain standar, kompor gas portable ini cocok untuk Anda yang menyukai kesederhanaan. Tungku kompor Winn Gas W-1B terbuat dari material kuningan yang menjadikannya tahan lama serta awet. Sementara pelat besi kompor ini anti karat sebab telah dilapisi enamel.

Kompor Winn Gas W-1B dibekali sistem pemantik piezo electric serta fitur keselamatan pemadam otomatis. Baik gas kaleng dan tabung 3  – 12 kg, Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan. Apalagi, kompor portable yang murah ini dilengkapi kenop pengatur besar api, Anda bisa menghemat pemakaian gas!

10. Miyako CC-100 Kompor Gas Travel Portable

Miyako CC 100 Kompor Gas Travel Portable

Kisaran harga: Rp212.000

Kompor dengan pemantik otomatis yang cocok untuk kegiatan piknik

Brand Miyako tidak hanya merilis produk elektronik rumah tangga, tetapi juga peralatan dapur seperti kompor portable. Untuk Anda yang membutuhkan kompor dengan nyala api biru, Miyako CC-100 patut dimasukan ke dalam wishlist. Seluruh permukaannya dilapisi material khusus yang anti karat.

Dirancang khusus untuk mobilitas tinggi, kompor dengan gas butana ataupu LPG berikut berdesain minimalis dan berbobot ringan, sehingga memudahkan setiap kali ingin dipindahkan. Oleh karena bentuknya yang compact, tentu kompor ini sangat pas dipilih sebagai kompor piknik Anda!

Baca juga rekomendasi kompor gas dan kompor listrik terbaik lainnya di sini!

Kebutuhan orang terhadap kompor tentu berbeda-beda. Jika Anda menganggap pemakaian kompor portable terkesan tanggung, kami sarankan Anda membeli kompor gas atau kompor listrik dengan ukuran standar. Ada kompor yang dirancang 1 tungku, 2 tungku, dan bahkan 3 tungku untuk dipilih.

Sederet list kompor gas dan kompor listrik terbaik dapat Anda lihat pada halaman-halaman berikut ini. Silakan Anda kunjungi artikel rekomendasi produk berikut berdasarkan jenis kompor yang Anda inginkan. Selamat membaca dan memilih!

10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik di Indonesia Tahun Ini!
10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik Tipe Induksi dan Elektrik

Kesimpulan

Kompor portable menjadi produk inovatif yang menciptakan trend baru di kalangan masyarakat. Dengan kompor portable, kini memasak bisa dilakukan di mana saja tanpa direpotkan oleh proses pemindahan kompor yang berat. Dari kesepuluh daftar kompor portable terbaik di atas, manakah yang paling Anda minati?

Periksalah spesifikasi masing-masing kompor yang hendak Anda beli. Utamakan produk yang dilengkapi fitur keselamatan, seperti mampu mematikan kompor secara otomatis, mencegah terjadinya kebocoran gas, dan bahkan fitur timer untuk membuat proses memasak semakin mudah. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan kompor portable Anda agar awet jangka panjang, ya!

(Visited 8.630 times, 42 visits today)