Kosmetik & Kesehatan

10 Krim Malam Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Kulit]

Krim malam merupakan produk bertekstur lebih pekat dari krim biasa dengan kandungan bahan aktif yang tinggi. Krim malam terbaik hadir dengan beragam fungsi, dari mulai melembapkan, mencerahkan, hingga meredakan masalah jerawat.

Anda dapat menemukan banyak pilihan krim malam terbaik, seperti merek The Body Shop, Wardah, dan L’oreal Paris. Jika Anda hendak membeli krim malam, PickyBest akan berikan rekomendasi produknya di sini. Selain itu, kami juga paparkan tips memilihnya. Yuk, kita bahas bersama!

Berkolaborasi dengan Dermatovenereologist, dr. Annisa Anjani Ramadhan

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Sp.DVPakar/Spesialis

Artikel ini disusun bersama dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan. Dokter tamatan FK Universitas Indonesia ini menambahkan komentar mengenai proses regenerasi kulit, kandungan bahan tertentu pada krim malam, hingga karakteristik krim malam terbaik berdasarkan usia.

Dokter yang cukup aktif sharing informasi kesehatan kulit di akun Instagram-nya ini juga menambahkan tips dalam penggunaan krim wajah terbaik yang bisa Anda terapkan sehari-hari pada bagian akhir artikel ini.

Mengapa Perlu Menggunakan Krim Malam?

blank

Saat tidur malam hari, kulit wajah dapat kering akibat kekurangan asupan air. Pada saat yang sama, regenerasi sel tubuh terjadi secara optimal saat tubuh beristirahat, termasuk proses peluruhan sel-sel kulit mati yang telah berusia 28 hari.

Penggunaan krim malam terbaik dapat membantu proses regenerasi kulit tersebut. Agar krim malam dapat memaksimalkan proses pergantian sel kulit, Anda dapat memilih krim malam yang bersifat exfoliating.

Saat menjelang usia 30 tahun, kulit sudah perlu perawatan intensif dengan menggunakan krim pagi dan sore. Krim malam juga perlu diaplikasikan rutin untuk membantu laju regenerasi sel yang melambat secara alami.

Meski belum berusia 30 tahun, namun masalah kulit tertentu seperti jerawat, penuaan dini, atau masalah pigmentasi kulit telah muncul, maka penggunaan krim malam sudah diperlukan.

Selain kandungan bahan exfoliating, Anda juga bisa mencari krim malam terbaik yang diperkaya bahan pelembap, pencerah, antiradang, dan sebagainya sesuai kebutuhan kulit.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Cara Memilih Krim Malam (Night Cream) yang Bagus

Pertama-tama, Anda perlu memahami poin apa saja yang mesti diperiksa saat memilih krim malam terbaik. Simak selengkapnya di bagian ini, ya!

Pilihlah Krim Malam dengan Kandungan yang Baik untuk Kulit

Tingginya bahan aktif pada krim malam membuat Anda perlu tahu fungsi utama dari bahan-bahan tersebut. Secara umum, inilah bahan-bahan yang terdapat di dalam krim malam terbaik.

Alpha Hydroxy Acid (AHA): Kandungan yang Umum Digunakan pada Skincare Anti-Aging

blank

AHA atau alpha hydroxy acid adalah asam glikolat dengan struktur kimia yang lebih mudah meresap ke dalam sel kulit. Kemudahannya dalam mengeksfoliasi juga membuatnya cocok digunakan ke segala jenis kulit.

AHA dapat memperbaiki tingkat kolagen, meningkatkan ketebalan kulit, serta menjaga kelembapan kulit. Selain itu, AHA juga umum digunakan pada skincare anti-aging, termasuk krim malam.

Alpha hydroxy acid merupakan golongan zat asam yang strukturnya banyak terdapat di alam dan bahan-bahan alami, seperti asam buah (citric acid), tebu (glycolic acid), dan susu (lactic acid).

AHA bisa terdapat di produk facial wash, pelembap, serum, essence, dan juga cairan peeling, baik in clinic atau home peeling dengan persentase kadar asam yang lebih tinggi sehingga harus lebih berhati-hati dalam penggunaannya.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Ceramide: Menjaga Penguapan Air agar Kulit tetap Lembap

blank

Ceramide merupakan komponen yang bertindak “menutupi” permukaan kulit untuk mencegah penguapan air (transepidermal water loss) yang sebaiknya Anda temukan pada krim malam terbaik pilihan Anda.

Bahan yang menjadi penyusun struktur barrier kulit ini dapat rusak akibat kontak dengan zat panas (air panas, benda panas, atau percikan api) maupun pemakaian sabun yang tinggi surfaktan.

Pada kondisi tertentu seperti penderita atopi atau eksem, jumlah ceramide di kulit sudah lebih sedikit dibanding kulit normal sehingga harus lebih berhati-hati.

Penggunaan krim malam terbaik yang mengandung ceramide wajib digunakan secara rutin untuk menggantilan peran barrier kulit yang rentan.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Retinol: Efektif dalam Menyamarkan Tanda-tanda Penuaan Kulit

blank

Retinol dapat membantu proses pergantian sel-sel kulit mati serta mendorong pembentukan kolagen baru. Saat terjadi peningkatkan jumlah kolagen, kulit akan bertekstur lebih elastis dan kelembapannya ikut terjaga.

Kandungan retinol akan mengeringkan sel kulit, sehingga mempermudah sel mati terlepas dari permukaan kulit dan menstimulasi lapisan kulit terbawah untuk memproduksi sel kulit baru. Semakin cepat dan banyak sel kulit baru yang tubuh, maka kulit menjadi lebih sehat dan muda.

Retinol dapat digunakan untuk kondisi aging ringan ataupun pigmentasi ringan. Apabila kondisi kulit sudah berat biasanya diperlukan turunan vitamin A bentuk lain selain retinol yang lebih poten seperti retinoid acid/tretinoin.

Pergantian sel kulit diperlukan agar sel yang sudah mati tidak menumpuk di permukaan dan sekitar pori sehingga memicu kekusaman, pigmentasi, dan sumbatan pori yang berujung pada kemunculan komedo dan jerawat.

Selain itu, sel kulit mati sifatnya kering sehingga lebih tampak berkerut dan memiliki fungsi perlindungan yang kurang baik.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Retinol/tretinoin/asam retinoid tidak boleh digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

Hyaluronic Acid (HA): Bekerja Mengikat Air dan Menjaga Konsistensi Cairan Struktur Tubuh

blank

Asam hialuronat adalah zat yang berperan mengikat air dan memelihara konsistensi cairan pada struktur tubuh. Bahan ini dapat ditemukan di struktur kulit, aciran sendi, cairan bola mata, syaraf, dan komponen cairan lain di organ tubuh.

Untuk Anda yang memiliki kulit kering, krim malam terbaik berkandungan asam hialuronat akan membantu melembapkan kulit. Pasalnya, bahan ini memiliki kemampuan mengikat air hingga melebihi batas molekulnya berkali-kali lipat.

Pastikan Cream Malam Cocok dengan Jenis Kulit Anda

blank

Tidak semua kandungan pada krim malam cocok untuk setiap jenis kulit. Oleh sebab itu, prioritaskan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

  • Kulit Kering. Pilihlah krim malam terbaik yang mengutamakan fitur moisturizing, misalnya yang mengandung minyak almond, alpukat, shea butter, dan susu.
  • Kulit Berminyak. Cari yang dapat mencegah kemunculan jerawat (non-comedogenic atau non-acnegenic). Formulanya dapat berupa bebas minyak (oil free) dan pastikan bahan dasarnya berupa air.
  • Kulit Sensitif. Pilih yang formulanya ringan. Hindari produk yang mengandung fragrance untuk meminimalisir risiko kulit gatal atau bentuk alergi lain, serta cari juga yang minim atau tidak mengandung alkohol sama sekali.

[Komentar Tambahan dari Pakar]

Krim malam sebaiknya bersifat terapeutik spesifik terhadap masalah kulit penggunanya. Misalnya, penderita acne sebaiknya menggunakan krim malam dengan kandungan retinoid, antibiotik spesifik bila perlu (biasanya pada acne sedang/berat), dan antiradang agar dapat menekan faktor faktor pemyebab acne.

Kulit yang memiliki masalah pigmen dan aging biasanya selain retinoid, juga memerlukan antipigmentasi dan vitamin C sebagai penekan produksi pigmen serta antioksidan. Kulit aging biasanya juga memerlukan kandungan pelembap ekstra seperti asam hialuronat.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

10 Rekomendasi Krim Malam Terbaik

Selanjutnya, kami telah rangkum sepuluh krim malam terbaik dari berbagai merek. Pilihlah yang paling cocok untuk Anda, ya!

Produk rekomendasi berikut sepenuhnya dipilih oleh PickyBest, bukan dr. Annisa Anjani Ramadhan.

1. The Body Shop Vitamin E Nourishing Night Cream

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Diperkaya vitamin E untuk mengembalikan kelembapan kulit

Krim malam terbaik satu ini menawarkan manfaat dari antioksidan sekaligus mengembalikan kelembaban kulit saat beristirahat di malam hari. Anda bisa menggunakan produk ini setelah memakai sabun cuci muka dan toner.

Melalui produk ini, The Body Shop menyertakan sejumlah kandungan seperti minyak gandum serta nutrisi penting lain yang memberi kebaikan terhadap kulit wajah. Dengan tambahan Vitamin E, krim ini juga bekerja baik dalam merawat kulit wajah yang kering.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Efek melembapkannya dapat langsung terlihat ketika bangun tidur.
  • Membuat kulit wajah lebih kenyal, glowing, dan fresh.
  • Pemakaian jangka panjang dapat mengatasi beruntusan dan mata panda.
  • Tersedia dalam size kecil dan besar.
  • Produknya tidak cepat habis. Satu jar dapat digunakan untuk sekitar 1 – 4 bulan.
  • Memiliki wangi yang calming seperti aromatherapy.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Pemilik kulit sensitif perlu hati-hati dalam mengaplikasikannya, karena pada beberapa pengguna dapat memicu timbulnya jerawat.
  • Dapat menyebabkan kulit berminyak bagi yang kurang cocok.
  • Teksturnya heavy dan thick.

2. L’Oreal Paris White Perfect Clinical Overnight Treatment

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Kulit lebih kenyal dan cerah dalam waktu pemakaian singkat!

Krim malam terbaik dari L’oreal Paris ini diformulasikan dengan whitening agent untuk mencerahkan warna kulit wajah. Tampilan yang mengganggu penampilan, seperti bintik atau noda hitam bisa dengan mudah disamarkan oleh produk ini.

Kandungan serum yang juga terkandung di dalam krim malam ini akan bekerja dengan baik dalam mengurangi dark spot. Krim malam terbaik ini cocok dipakai untuk kulit wajah kering, normal, kombinasi, hingga kulit dengan tanda penuaan.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Penggunaan rutin dalam waktu lama dapat membuat wajah lebih cerah.
  • Efek kenyal dan glowing-nya dapat langsung terlihat pada saat bangun pagi.
  • Pemakaiannya hemat karena satu jar dapat dipakai sekitar 3 – 6 bulan.
  • Flek hitam dan kulit kusam dapat diatasi selama 3 minggu pemakaian.
  • Pemakaian yang konsisten dapat menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Teksturnya agak heavy.
  • Penggunaan terlalu banyak dapat memicu jerawat bagi yang kurang cocok.

3. Wardah White Secret Night Cream

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Gabungan formula untuk mencerahkan, melembapkan, dan menutrisi kulit wajah

Wardah White Secret Night Cream adalah krim malam terbaik berlabel halal yang dibanderol dengan harga relatif murah. Meski terjangkau, produk ini telah dibekali tiga kandungan utama untuk membantu meningkatkan kecerahan kulit wajah.

Selain itu, ada juga kandungan lain seperti vitamin E, pro-vitamin B5, serta hyaluronic acid untuk membantu melembapkan, menutrisi, sekaligus memutihkan wajah.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Penggunaan rutin efektif mengatasi jerawat, bekas jerawat, dan kulit kusam.
  • Dapat mengecilkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan menutrisi kulit.
  • Setelah bangun tidur, efek cerah dan lembapnya dapat langsung dirasakan.
  • Teksturnya ringan, soft, dan mudah meresap pada kulit.
  • Harganya cukup affordable.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Setelah di-apply, pada beberapa pengguna terdapat feel hangat bahkan panas.
  • Terdapat fragrance sehingga kurang cocok untuk pemilik kulit sensitif.

4. Hada Labo Perfect 3D Gel

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Menghadirkan 3 fungsi dalam satu produk

Sejalan dengan namanya, Perfect 3D Gel adalah krim malam terbaik yang hadir dengan tiga fungsi sekaligus. Pertama, produk ini bekerja melembabkan, serta dua lainnya adalah menawarkan manfaat berupa whitening dan anti-aging.

Tekstur gel unik krim ini diperkaya beberapa bahan aktif, seperti 4 tipe asam hialuronat berpadu arbutin, vitamin B3, dan ekstrak yuzu. Bila Anda mencari produk affordable yang kaya bahan aktif dan multifungsi, tak ada salahnya mencoba krim malam ini.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Apabila di-apply setiap malam, esoknya wajah akan lebih lembap dan glowing.
  • Tidak terdapat fragrance dan alcohol sehingga aman untuk semua jenis kulit.
  • Setelah digunakan, formulanya mudah meresap di kulit.
  • Tidak ada aroma yang menganggu.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak disertai spatula.
  • Dapat menimbulkan efek sticky dan berat di wajah.

5. PIXY White Aqua Gel Cream Night Cream

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Memberikan kesegaran bagi kulit di pagi hari

Krim malam terbaik besutan Pixy ini bukan hanya bekerja memberikan efek kulit lembap pada saat Anda tertidur, tetapi juga menawarkan sensasi menyegarkan pada kulit wajah. Setelah penggunaan di malam hari, Anda bisa mengaca pada pagi harinya.

Selain membantu kadar air kulit tetap terjaga, krim malam ini juga diperkaya dengan kandungan natural whitening complex. Berkat kandungan tersebut, produk ini akan meningkatkan kecerahan wajah Anda.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kehigienisannya terjamin. Di penutupnya terdapat penghalang sehingga isinya tidak mudah tumpah.
  • Wanginya relaxing dan sangat segar.
  • Memberikan efek nyaman saat digunakan, mudah meresap, dan ada sensasi cool-nya.
  • Meskipun harganya cukup terjangkau, namun kemasannya terlihat mewah dan eksklusif.
  • Formulanya water-based sehingga ringan di kulit, tidak lengket, dan tidak berminyak.
  • Pemakaian teratur dapat menghaluskan wajah dan menyamarkan pori-pori.
  • Tersedia dalam dua jenis ukuran, sehingga dapat dipilih berdasarkan kebutuhan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Masih terdapat fragrance, paraben, dan alcohol sehingga pemilik kulit sensitif perlu hati-hati dalam menggunakannya.
  • Saat cream diaplikasikan, ada sensasi panas sesaat dari menthol-nya.

6. Olay Total Effects 7 in 1 Night Cream

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Krim malam dengan sifat anti-aging yang ajaib!

Olay mengeluarkan krim malam untuk pengguna usia 25 tahun ke atas yang ingin menghilangkan bekas jerawat di wajahnya. Tak hanya itu, krim malam terbaik ini juga diklaim mampu menyamarkan tampilan kerutan ataupun tanda penuaan lain pada kulit wajah.

Kombinasi vitamin, antioksidan, dan protein gandumnya akan membuat kulit lembap, segar, kencang, dan tampak lebih muda setiap pagi. Krim malam ini sudah teruji secara dermatologis baik untuk kulit wajah, serta formula ringannya takkan menyebabkan pori-pori tersumbat.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Setelah di-apply, muka terlihat cerah dan sehat setiap bangun tidur. Pori-pori juga mengecil.
  • Setelah dipakai satu jar, dapat memberikan efek brightening secara optimal.
  • Noda hitam, komedo, dan garis halus hilang setelah dipakai sekitar 6 bulan.
  • Tidak menyebabkan kulit kering dan berminyak.
  • Memiliki tekstur yang lembut dan gampang meresap.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Ketika dipakai terlalu banyak dapat menimbulkan rasa kurang nyaman.
  • Pengguna yang kurang cocok berisiko menyebabkan beruntusan.

7. Klairs Midnight Blue Calming Cream

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Mencari krim malam yang non-comedogenic? Ini pilihannya!

Punya kebiasaan memencet jerawat sehingga menyebabkan iritasi ataupun redness? Anda perlu mengatasi efek iritasi tersebut dengan krim malam terbaik yang telah banyak dibuktikan efektif menjaga kulit wajah yang sedang iritasi ini.

Krim malam non-comedogenic ini juga baik digunakan untuk melindungi kulit yang sensitif terhadap stres. Sudah dibekali ekstrak chamomile, kulit Anda akan merasakan efek calming. Jika terdapat luka, kandungan centella asiatica-nya akan membantu meredakan luka tersebut.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Setelah pemakaian, kulit jadi lebih moist.
  • Jika diaplikasikan pada kulit sensitif dapat memberi efek calming.
  • Dapat mengatasi redness dan jerawat.
  • Setelah dioleskan, cream-nya langsung melt sehingga mudah diratakan ke seluruh wajah.
  • Mudah meresap di wajah dan tidak membuat kulit berminyak.
  • Dapat memperbaiki skin barrier, sehingga tekstur kulit menjadi lebih baik dan sehat.
  • Dapat berperan sebagai spot treatment dengan mengaplikasikannya agak tebal pada jerawat.
  • Bisa digunakan untuk membantu proses penyembuhan kulit yang mengalami breakout.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Memiliki teksur yang heavy sehingga kurang nyaman digunakan bagi beberapa pengguna.

8. Everwhite Be Bright Night Cream

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Menjadikan kulit tetap muda dan senantiasa ternutrisi

Di dalam krim malam terbaik ini, Anda bisa merasakan kombinasi kandungan kolagen, gluta, kefir, dan arbutin untuk menutrisi kulit wajah. Selain itu, gabungan formula ini juga akan memberikan kelembapan sekaligus meremajakan kulit wajah.

Untuk Anda yang mempunyai warna kulit kusam, Everwhite Be Bright Night Cream juga dapat membantu meningkatkan warna cerah kulit. Tak hanya itu, krim malam ini juga memastikan dirinya mampu memberikan kulit yang lebih halus dan kenyal.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Teksturnya lembut, mirip seperti pudding, mudah meresap seketika setelah di-apply.
  • Esok pagi efek cerah, lembap, dan segar dapat dirasakan setelah satu kali pemakaian.
  • Membuat makeup mudah menempel dan tahan lama sehingga tidak perlu sering touch up.
  • Menjadikan tekstur kulit lebih halus dan lembut.
  • Selain melembapkan, juga dapat menyamarkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit.
  • Aman untuk acne prone karena tidak membuat kulit kering.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Pada beberapa pengguna yang kurang cocok dapat memicu timbulnya jerawat dan produksi minyak berlebih
  • Berisiko menimbulkan breakout.

9. Pyunkang Yul Moisture Cream

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Meresap sempurna tanpa menyisakan kesan lengket

Buat Anda yang punya tipe kulit sangat sensitif, krim malam terbaik asal Korea ini mengandung pelembap yang gentle saat meresap ke dalam kulit. Menariknya lagi, produk ini tidak meninggalkan kesan greasy ataupun lengket setelah penggunaan.

Selain teruji hypoallergenic dan bebas dari kandungan fragrance, Pyunkang Yul Moisture Cream juga memastikan kulit memperoleh efek hidrasi yang maksimal untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit. Tertarik mencobanya?

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak ada efek tacky setelah digunakan. Sebaliknya, memberi efek lembap yang cukup dan glowing.
  • Fungal acne safe dan fragrance free.
  • Isinya cukup banyak.
  • Bertekstur gel yang mudah di-blend dan dapat di-combine dengan bahan aktif apa pun.
  • Besok paginya, kulit terasa moist dan kenyal.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Dapat menyebabkan breakout bagi pengguna yang kurang cocok.
  • Kemasannya tidak travel-friendly.
  • Teksturnya thick dan lengket.

10. Sukin Moisture Restoring Night Cream

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Komponen unggul untuk melindungi wajah dari berbagai masalah

Kandungan minyak borage, rose hip, dan evening primrose menjadi kunci utama produk sanggup menjaga kelembapan dan elastisitas kulit wajah. Dengan formulasi yang sempurna, krim malam terbaik ini juga akan melindungi wajah terhadap munculnya berbagai masalah kulit.

Sukin Moisture Restoring Night Cream juga aman untuk ibu hamil dan menyusui. Pemakaian rutin memastikan wajah Anda berada dalam kondisi terbaiknya, terlebih bagi Anda yang mengalami masalah kulit kering.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Jika diaplikasikan secara rutin, flek-flek di wajah dapat berkurang.
  • Isi produknya cukup banyak, tidak cepat habis.
  • Memberi efek kenyal dan lembap secara instan.
  • Terbuat dari bahan-bahan natural, vegan, dan cruelty free.
  • Efek mencerahkannya sangat terlihat sehingga wajah tampak lebih fresh.
  • Efek melembapkannya sangat optimal.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Teksturnya berupa cream yang susah di-blend sehingga harus benar-benar diusap pada wajah.
  • Kurang cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak.
  • Kemasannya kurang kokoh. Jika jatuh, kemasannya mudah rusak sehingga isinya harus dipindahkan ke wadah yang lain.

Tip dan Saran dari dr. Annisa Anjani Ramadhan

blank

Krim malam digunakan setelah mencuci muka, boleh didahului dengan penggunaan cairan essence atau serum.

  • Krim malam yang merupakan pelembap saja (bukan retinol/tretinoid) digunakan secukupnya hingga merata di seluruh permukaan kulit wajah dan leher.
  • Krim malam yang mengandung retinol/tretinoid hanya digunakan di area wajah, boleh diusapkan tipis hingga ke area bawah mata, digunakan dengan jumlah bertahap sesuai saran dokter. Biasanya, dokter menyesuaikan jumlah penggunaan krim malam dengan tingkat sensitivitas kulit, usia pasien, dan seberapa lama penggunaan krim malam sebelumnya.

Banyaknya krim malam yang dioles per malam berkisar antara 0,5 gram (kira-kira sebesar satu ruas jari telunjuk) hingga 1,5 gram (tiga ruas jari telunjuk) per penggunaan. Krim malam digunakan satu kali sehari saja saat malam hari.

Hindari pengolesan krim malam terlalu tebal atau digosok-gosok di area lipatan seperti hidung, garis senyum, dan dekat bibir. Krim malam sebaiknya digunakan rutin setiap hari, namun bila ada reaksi iritasi (efek samping yang wajar terjadi pada sediaan tretinoid) dapat digunakan secara selang-seling setiap dua hari sekali.

Selama menggunakan krim malam, sebaiknya sekurangnya setiap bulan kontrol ke dokter kulit untuk dievaluasi progresnya, karena kandungan dan dosis krim malam dapat diubah-ubah sesuai kondisi dan kebutuhan kulit.

Kesimpulan

Ketika hendak menentukan krim malam terbaik, pastikan memilih produk yang teksturnya nyaman di kulit. Selain itu, pilih juga yang tidak mengandung pewangi dan bersifat hypoallergenic, ya!

Dengan rutin memakai krim malam, kulit Anda akan “menikmati” proses regenerasi untuk memperbaiki berbagai kekurangan, baik di luar maupun di dalam. Selamat melakukan perawatan dengan night cream!

You may also like

Comments are closed.