Written by 08:29 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Masker Wajah (Face Mask) Terbaik

SK II Facial Treatment Mask

Belum lengkap rasanya jika dalam rangkaian kegiatan merawat kulit wajah tidak disertai dengan penggunaan masker wajah. Dalam 10 Langkah Perawatan Kulit Harian Orang Korea, pemakaian masker wajah buat pria atau wanita dapat memperlengkap fungsi serta menambah manfaat yang baik terhadap kulit.

Bagi Anda yang sedang mencari masker wajah, kami sarankan untuk mengetahui jenis dan kondisi kulit serta kebutuhan perawatan Anda. Di samping itu, kenali juga jenis masker yang beredar di mana masing-masing mengandung formulasi berbeda. Sebelum melihat daftar masker wajah terbaik, kami akan mengulas terlebih dahulu cara memilih masker wajah di dalam artikel ini. Mari ikuti ulasannya!

Berbagai Manfaat Menggunakan Masker Wajah

Berbagai Manfaat Menggunakan Masker Wajah

Tersedia cukup banyak pilihan masker wajah dalam bentuk berbeda-beda. Tentunya, setiap jenis masker dirancang untuk tujuan perawatan berbeda. Secara mendasar, masker wajah bermanfaat dalam menjaga kadar air di kulit wajah. Untuk Anda yang mempunyai tipe kulit kering, masker wajah dalam bentuk lembaran misalnya (sheet mask), difokuskan untuk memberi kelembapan ekstra.

Bukan itu saja, masker wajah juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun akibat paparan polusi, asap rokok, debu, dan sebagainya, sehingga wajah terhindar dari banyak masalah seperti jerawat. Rutin merawat wajah menggunakan masker juga membantu meningkatkan kecerahan kulit wajah, terlebih apabila kandungan di dalamnya bekerja dengan efek whitening, seperti bengkuang atau susu.

Tumpukan kulit mati dan minyak berlebih yang membuat wajah tampak kusam dapat pula ditangani dengan pemakaian masker. Masker yang melakukan eksfoliasi kulit akan menyingkirkan segala kotoran yang tertimbun di pori-pori kulit. Untuk kulit wajah yang kendur dan terlihat banyak kerutan, tak sedikit produsen memfokuskan masker buatannya untuk mengurangi tanda-tanda penuaan (anti-aging).

Cara Memilih Masker Wajah yang Bagus

Dalam memilih masker wajah, pastikan Anda memahami beberapa poin penting, seperti jenis-jenis masker, kecocokannya dengan kulit, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, simaklah tips memilih masker wajah yang tepat berikut ini.

Pilih Masker berdasarkan Jenis dan Bentuknya

Secara umum masker dibedakan menjadi 5 jenis berdasarkan bentuk, bahan dasar, dan mekanisme kerjanya. Ada clay mask, peel-off mask, wash-off mask, sheet mask, dan gel mask. Mari pahami karakteristik dari masing-masing jenis masker ini.

Clay Mask: Unggul dalam Mengangkat Kotoran, Debu, dan Minyak Berlebih

Clay Mask Unggul dalam Mengangkat Kotoran Debu dan Minyak Berlebih

Clay mask mengantongi sifat sebagai drying skin agent. Sesuai namanya, clay mask adalah masker yang terbuat dari bahan dasar clay atau tanah liat. Untuk kulit berminyak yang cenderung berjerawat, pilihlah masker wajah berjenis clay karena ampuh menyerap minyak berlebih di wajah sekaligus mengangkat kotoran dan debu dari dalam pori-pori kulit.

Clay mask bekerja mengencangkan, mengeksfoliasi kulit mati, dan memperkecil pori-pori saat diaplikasikan ke wajah. Berbeda dengan masker wajah bentuk lain, clay mask perlu waktu lebih lama untuk mengering tergantung pada ketebalan masker yang diterapkan.

Hal penting untuk diingat saat memakai clay mask adalah tidak didiamkan hingga over-dry. Selain itu, penggunaan clay mask juga cukup satu kali dalam seminggu. Jika terlalu sering melakukan treatment dengan clay mask, formula pengangkat minyak di dalamnya justru akan membuat kulit wajah kering.

Peel-off Mask: Efektif Menyingkirkan Sel Kulit Mati di Lapisan Terluar Kulit

Peel off Mask Efektif Menyingkirkan Sel Kulit Mati di Lapisan Terluar Kulit

Beberapa waktu lalu, tren pemakaian peel-off mask sedang merebak di sosial media. Peel-off mask menawarkan fungsi yang umum ditemui pada masker lain, yakni melembapkan wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, dan membersihkan kotoran yang berada di lapisan terluar kulit.

Hanya saja, peel-off mask belum cukup mampu mengangkat semua sel kulit mati, terutama yang berada di dalam pori-pori. Oleh karena itu, ketika Anda memilih masker wajah jenis peel-off, pastikan untuk menggunakan chemical exfoliant apabila ingin membebaskan wajah dari penyumbatan sel kulit mati.

Sebaiknya peel-off mask hanya digunakan untuk pemilik kulit kering, normal, dan berminyak, namun tidak untuk pemilik kulit sensitif. Pada beberapa kasus ditemui efek kulit memerah setelah mengelupas masker karena sensitivitas kulitnya terangsang.

Wash-off Mask: Tidak Perlu Meninggalkan Masker Berlama-lama di Kulit Wajah

Wash off Mask Tidak Perlu Meninggalkan Masker Berlama lama di Kulit Wajah

Sensasi mengelupas masker tidak akan Anda temui pada penggunaan wash-off mask, melainkan pembersihan masker dilakukan dengan cara dibilas air. Masker ini umumnya berbentuk krim yang diaplikasikan secara merata ke seluruh wajah. Belakangan, masker wajah jenis wash-off  dirancang dalam wujud bubuk, sehingga Anda bisa atur konsistensi penggunaan dan kadar airnya.

Menariknya, wash-off mask dianggap aman untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Namun tetap, agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan, telitilah setiap kandungan pada masing-masing produk. Untuk pemilik kulit sensitif, hindari masker wajah peel-off yang mengandung scrub kasar atau exfoliator keras.

Sheet Mask: Mengutamakan Kandungan Serum dan Air untuk Efek Melembapkan Intensif

Sheet Mask Mengutamakan kandungan Serum dan Air untuk Efek Melembapkan Intensif

Sheet mask menjanjikan hasil perawatan berupa kulit ekstra lembap, kenyal, dan beberapa bahkan menawarkan efek kulit bersinar dan bebas jerawat. Salah satu kelebihan masker bentuk lembaran ini adalah praktis dan banyak sekali variannya. Karena itu, Anda bisa memilih sheet mask berdasarkan kebutuhan kulit dan menyesuaikannya dengan komposisi bahan yang digunakan.

Sheet mask umumnya terbuat dari serat alami seperti katun, selulosa, kertas, kapas, atau pulp kelapa. Saat proses pembuatan, lembaran ini diperkaya serum dan air sebagai bahan dasarnya. Setelahnya, masker dibumbui vitamin, mineral, dan protein tertentu sesuai jenis dan manfaat yang diberikan. Untuk hasil optimal, dianjurkan pemakaian di malam hari agar kandungannya tertinggal lebih lama di kulit wajah.

Berbeda dengan masker lain, sheet mask hanya untuk sekali pakai. Setelah penggunaan, serum yang menempel di kulit wajah dibiarkan, sehingga Anda tidak perlu mencuci muka. Kelebihan lainnya, sheet mask cocok digunakan semua jenis kulit dan usia, mulai kulit normal hingga sensitif atau muda hingga tua, bahkan pria ataupun wanita bisa memakainya.

Gel Mask: Memberi Efek Lembap dan Relaksasi, Cocok untuk Kulit Kering

Gel Mask Memberi Efek Lembap dan Relaksasi Cocok untuk Kulit Kering

Dunia per-skincare-an Korea sempat dihebohkan oleh kemunculan produk masker dalam bentuk gel. Salah satu jenis gel mask yang hingga kini masih digandrungi adalah sleeping mask. Bentuk gel pada masker ini berbasiskan air (water-based), sehingga sangat cocok dipilih untuk Anda yang berkulit kering. Jika diaplikasikan malam hari sebelum tidur, gel mask akan merelaksasi dan melembapkan kulit untuk efek lebih segar di pagi hari.

Gel mask akan membantu kulit segar kembali setelah lelah akibat terpaan partikel asing di luar rumah. Umumnya gel mask diformulasikan oleh kandungan-kandungan alami seperti aloe vera, mentimun, green tea, dan sebagainya. Beragam formula lain juga ditambahkan untuk memberi efek lembap dan kulit halus, seperti kolagen, ceramide, dan hyaluronic acid.

Pilih Masker berdasarkan Tipe Kulit dan Masalah yang Dihadapi

Memperhatikan kualitas kulit dengan masker yang digunakan akan memberi efek lebih baik. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mendasari pemilihan dengan kesesuaian terhadap kondisi kulit wajah Anda.

Untuk Kulit Normal, Carilah Masker yang Bekerja Menutrisi Kulit secara Merata

Untuk Kulit Normal Carilah Masker yang Bekerja Menutrisi Kulit Secara Merata

Apabila skin barrier Anda cukup kuat sehingga jarang sekali timbul kondisi kulit kering atau berminyak, pastikan Anda memakai masker wajah dengan formula yang kaya untuk melindungi kulit secara merata. Formula pelembap pada masker wajah berjenis cream bisa menjadi opsi.

Anda dapat juga memilih masker yang kandungannya mampu menutrisi hingga ke dalam lapisan kulit serta memperbaiki sel-sel yang mulai kering. Salah satu bahan pelembap yang bisa Anda andalkan adalah hyaluronic acid. Kemampuan mengikat molekul air pada hyaluronic acid akan memaksimalkan fungsi kulit wajah Anda serta menjaganya tetap kencang dan elastis.

Untuk Kulit Kering, Prioritaskan Masker yang Diformulasi dengan Kandungan Pelembap

Untuk Kulit Kering Prioritaskan Masker yang Diformulasi dengan Kandungan Pelembap

Iklim tropis yang dimiliki Indonesia menyebabkan banyak orang menghadapi masalah kulit kering. Apakah Anda salah satunya? Untuk menanggulangi hal ini, perawatan menggunakan face mask yang kaya kandungan pelembap akan membuat kondisi kulit senantiasa terhidrasi.

Kami menyarankan Anda yang berkulit kering untuk rajin menggunakan sheet mask sebagai daily treatment. Selain itu, masker hidrogel atau oil-based mask yang dibekali kandungan olive oil atau vitamin E juga dapat dipiliha karena menyediakan kelembapan ekstra untuk hasil kulit wajah lebih kenyal.

Untuk Kulit Berminyak, Masker dalam Bentuk Clay Merupakan Opsi Terbaik

Untuk Kulit Berminyak Masker dalam Bentuk Clay Merupakan Opsi Terbaik

Kulit berminyak dapat ditangani dengan baik oleh masker wajah berbahan dasar tanah liat. Clay mask masih menjadi opsi terbaik untuk perawatan kulit wajah berminyak. Kemampuan mengabsorpsi minyak dari tanah liat akan menghindari efek kilang minyak di wajah Anda.

Selain mengontrol produksi sebum, clay mask juga membantu proses deep-cleansing. Hasilnya tentu bukan hanya kulit wajah bebas minyak, tetapi juga bersih dari sel kulit mati, kotoran, dan pori-pori ikut mengecil, sehingga kulit kencang dan halus yang banyak wanita dambakan dapat Anda miliki!

Untuk Kulit Sensitif, Pilihlah Masker berbasiskan Bahan-bahan Alami

Untuk Kulit Sensitif Pilihlah Masker Berbasiskan Bahan bahan Alami

Orang dengan kulit sensitif harus lebih selektif memilih produk skincare atau kosmetik, termasuk masker wajah. Utamakanlah produk yang berkandungan tinggi mineral, di mana efektif menenangkan kulit dan menghindari efek peradangan. Satu contoh masker yang tepat dipilih untuk kulit sensisit Anda adalah produk berbasiskan air semacam gel mask.

Gel mask umumnya berformula ringan serta memberi efek soothing dan cooling yang dibutuhkan kulit sensitif. Akan lebih baik bila masker wajah untuk kulit sensitif terbuat dari campuran bahan-bahan alami seperti lidah buaya atau teh hijau yang kaya antioksidan, sehingga reaksi kulit sensitif pun dapat dicegah.

Untuk Kulit Kusam, Bantu Cerahkan Warna Kulit dengan Exfoliating Mask

Untuk Kulit Kusam Bantu Cerahkan Warna Kulit dengan Exfoliating Mask

Flek hitam yang muncul akibat mekanisme pembentukan melanin dalam menangkal efek buruk sinar matahari menyebabkan kulit tampak kusam. Tidak hanya itu, kulit gelap juga dapat disebabkan oleh sel kulit mati yang tidak terbersihkan dengan sempurna. Mungkin Anda yang berkulit kusam selama ini kurang tepat memilih masker?

Agar kulit wajah Anda terlihat cerah kembali, gunakanlah masker wajah dengan exfoliator formula seperti scrub. Masker yang mampu mengeksfoliasi kulit secara mendalam akan maksimal membersihkan wajah. Sebaiknya pilih juga masker yang menyimpan alpha hydroxy acid (AHA) dan ekstrak buah-buahan tinggi enzim yang mendorong peningkatan warna kulit cerah alami.

Untuk Kulit Berjerawat, Utamakan Produk yang Mencatutkan Label Non-Comedogenic

Untuk Kulit Berjerawat Utamakan Produk yang Mencatutkan Label Non Comedogenic

Kriteria utama pada masker wajah untuk kulit berjerawat adalah mengandung bahan yang tidak akan menyumbat pori-pori. Agar lebih mudah, produk masker berkarakteristik demikian biasanya berlabel “non-comedogenic” atau “non-acnegenic”, yang artinya bahan-bahan di dalamnya tidak memperparah atau menyebabkan kemunculan komedo dan jerawat.

Kemudian, hadirnya jerawat juga dapat dipicu oleh bakteri Propionibacterium acnes. Maka dari itu, salah satu penanganan terbaik untuk mengatasi jerawat memakai masker adalah memilih produk yang bersifat anti-bakterial, seperti jeruk nipis dengan kandungan citric acid untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Untuk Anti Penuaan, Carilah Masker dengan Formulasi Pendukung Regenerasi Kulit

Untuk Anti Penuaan Carilah Masker dengan Formulasi Pendukung Regenerasi Kulit

Di samping faktor usia, munculnya tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, dan sebagainya dapat dipicu oleh kebiasaan memakai kosmetik yang membuat kulit wajah lelah. Carilah masker yang dapat membantu metabolisme kulit di malam hari sehingga pergantian dan regenerasi sel kulit berjalan lancar.

Formula utama pada sleeping mask dapat diandalkan untuk melawan aging-effects. Bahan sepeti ekstrak spirulina dan collagen mampu menekan efek penuaan di kulit wajah. Kedua kandungan tersebut juga dapat membantu memperbaiki jaringan kulit sekaligus mendukung pembentukan sel baru yang baik dalam melindungi dan meningkatkan daya tahan kulit.

Untuk Pria, Beberapa Kandungan Perlu Diperiksa Keberadaannya

Untuk Pria Periksalah Kandungan Penting pada Masker agar Memberi Hasil Optimal

Pria juga perlu melakukan perawatan secara rutin agar kulit wajah tetap bersih dan sehat. Setiap pria mempunyai tipe, masalah, dan ketahanan kulit berbeda sehingga kebutuhannya pun beragam. Secara umum, masker wajah untuk pria dibekali kandungan-kandungan berikut:

  • Arang Aktif. Disebut juga active charcoal, bahan berwujud bubuk ini berdaya serap tinggi sehingga mampu membersihkan racun, zat kimia, serta kotoran dari pori-pori wajah secara menyeluruh. Untuk pria memiliki masalah jerawat, komedo, dan kulit berminyak perlu mencari masker wajah berkandungan arang aktif.
  • Hyaluronic Acid. Bahan satu ini dapat membantu kulit pria yang kering dan sensitif tetap lembap dan sehat. Senyawa hyaluronic acid akan mengunci air di dalam jaringan kulit. Senyawa ini terbilang aman karena jarang menimbulkan efek samping seperti alergi ataupun iritasi.
  • Salicylic Acid dan Benzoyl Peroxide. Komponen asam salisilat dan benzoil peroksida dapat membantu mengatasi jerawat, Kedua senyawa ini bekerja dengan cara berbeda, namun sama-sama tidak menyumbat pori wajah sehingga cocok digunakan untuk pria sebagai masker wajah berjerawat.
  • Vitamin C. Vitamin yang larut dalam air ini berguna untuk merangsang produksi kolagen, mencegah kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet, dan menangkal radikal bebas. Masker wajah berkandungan vitamin C akan mendorong pengelupasan lapisan kulit mati yang menyebabkan wajah kusam, sehingga cocok untuk pria aktif yang ingin membuat kulit wajahnya lebih segar, sehat, dan cerah.

10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik

Selanjutnya kami akan memaparkan sepuluh merek masker wajah terbaik yang dapat dengan mudah Anda beli secara online. Dalam menentukan, pastikan Anda mengingat kembali poin-poin penting dalam cara memilih yang telah kami jelaskan sebelumnya. Selamat memilih!

1. Paula’s Choice Skin Recovery Hydrating Treatment Mask

Paulas Choice Skin Recovery Hydrating Treatment Mask

Kisaran harga: Rp408.000

Ideal digunakan sebagai sleeping mask menjelang tidur

Masker wajah yang bagus dan aman dengan kemampuan melembabkan lewat proses hidrasi yang sempurna dihadirkan oleh Paula’s Choice. Skincare yang sudah direkomendasikan oleh banyak beauty influencer ini dapat digunakan oleh Anda yang punya jenis kulit kering sampai sangat kering. Masker wajah agar kulit putih dari Paula’s Choice ini bisa digunakan untuk perawatan di malam hari. Jadi bisa dipakai menjelang tidur.

Produk perawatan wajah ini terbuat dari kandungan yang kaya seperti kombinasi dari tanaman dan vitamin yang bersifat sebagai antioksidan. Alhasil, wajah yang kehausan akibat penggunaan riasan sehari-hari bisa kembali segar dan terhidrasi setelah menggunakan Paula’s Choice Skin Recovery Hydrating Treatment Mask. Tak hanya itu saja, formula yang cukup ringan membuat produk ini juga kompatibel untuk kulit sensitif, rentan berjerawat (acne prone), dan bahkan eksim.

2. Innisfree My Real Squeeze Sheet Masks

Innisfree My Real Squeeze Sheet Masks

Kisaran harga: Rp11.000

Menawarkan 18 varian dengan fungsi berbeda-beda

Sheet mask persembahan Innisfree menjadi salah satu masker wajah Korea terbaik yang difavoritkan banyak orang, terutama kaum perempuan di Indonesia. Seri My Real Squeeze Mask dari Innisfree ini adalah seri terbaru dari sebelumnya Innisfree It’s Real Squeeze Mask yang juga tak kalah bagus juga dengan versi terbarunya. Dijual hanya dengan harga belasan ribu rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan segudang manfaat yang ditawarkan olehnya.

Weekly skincare ciptaan Innisfree ini dibuat dengan kandungan bahan-bahan alami yang diperoleh langsung dari Pulau Jeju. Lembaran kertas pada masker wajah untuk remaja ini terbuat dari 100% selulosa yang tipis namun tidak mudah robek sehingga sangat nyaman saat menempel di wajah. Serat selulosa pada produk ini juga diperkaya dengan essence yang secara menyeluruh akan langsung menyentuh ke permukaan kulit.

Innisfree My Real Squeeze Sheet Mask tersedia dalam 18 varian yang masing-masing mempunyai kandungan utama yang berbeda, namun tetap berasal dari sayur-sayuran atau buah-buahan. Ada cucumber, kiwi, tea tree, acai berry, coconut, pomegranate, ginseng, fig, tomato, broccoli, shea butter, oatmeal, manuka honey, green tea, bamboo, rose, dan strawberry. Masing-masing varian mempunyai manfaat yang berbeda-beda, jadi Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan perawatan.

3. SK-II Facial Treatment Mask

SK II Facial Treatment Mask

Kisaran harga: Rp909.000

Sheet mask yang menutup area wajah secara sempurna

Untuk Anda yang punya budget lebih dan ingin merasakan keajaiban dari sebuah masker wajah terbaik, kami sarankan Anda membeli SK-II Facial Treatment Mask. Produk ini mempunyai banyak sekali keunggulan yang hampir tidak bisa ditemukan dari produk face mask lainnya. Pertama, SK-II Facial Treatment Mask yang dirancang dalam bentuk sheet mask yang tidak tipis sehingga akan terasa efek covering ke seluruh permukaan wajah.

Masker wajah untuk mencerahkan dari SK-II ini dapat Anda jadikan andalan ketika harus ngumpul dengan orang banyak seperti acara keluarga atau pesta. Anda bisa menggunakannya pada malam hari agar essence-nya bisa menyerap dengan baik ke dalam kulit. Pada keesokan harinya, Anda akan melihat keajaiban seperti yang dijanjikan oleh SK-II melalui Facial Treatment Mask ini. Kulit wajah menjadi halus, kenyal, lembab, dan glowing seketika!

4. The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

Kisaran harga: Rp275.000

Masker dengan scrub lembut yang optimal menyingkirkan sel-sel kulit mati

Punya bintik-bintik hitam di wajah memang mengganggu, apalagi kalau sulit dihilangkan. Tapi dengan The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask, masalah tersebut tidak lagi menjadi momok yang menakutkan. Apakah Anda sedang mengalami masalah serupa? Serahkan saja permasalahan tersebut dengan menggunakan masker wajah terbaik dari The Body Shop ini. Masker wajah ini mempunyai butiran scrub yang halus sehingga saat dibersihkan seperti sedang menggunakan sabun pembersih wajah.

Produk masker untuk wajah dari The Body Shop ini bisa Anda gunakan satu minggu sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati ataupun sisa-sisa kotoran yang sudah menyumbat pori-pori. Masalah-masalah seperti jerawat juga bisa dihilangkan keberadaannya dengan masker agar wajah mulus ini. Tak hanya itu, jika wajah Anda juga rentan terhadap minyak, The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask bisa banget dijadikan andalan!

5. Garnier Light Complete Whitening Peel Off Mask

Garnier Light Complete Whitening Peel Off Mask

Kisaran harga: Rp15.000

Dilengkapi vitamin C untuk menjadikan kulit cerah, lembut, dan halus

Selama lebih dari 100 tahun, Garnier sudah menciptakan beragam produk kosmetik dan skincare yang menjadi kebutuhan banyak orang. Dalam lini produk skincare-nya sendiri, Garnier mengeluarkan sebuah masker wajah paling ampuh yang menjadi kesukaan jutaan orang Indonesia. Garnier Light Complete Whitening Peel Off Mask adalah masker wajah dengan aroma yang wangi dan menyegarkan.

Produk ini juga disebut-sebut mampu menjadikan kulit wajah menjadi super lembut, halus, dan tampak lebih cerah. Keberadaan Vitamin C yang bertugas sebagai antioksidan dari produk ini juga yang sekaligus mampu menghasilkan efek-efek positif tersebut. Untuk Anda yang rentan terhadap produksi komedo, peel off mask persembahan dari Garnier ini juga sangat efektif untuk mengangkat komedo secara menyeluruh, lho!

6. Etude House I Need You Mask

Etude House I Need You Mask

Kisaran harga: Rp15.000

Solusi terbaik untuk mengatasi kulit wajah yang sangat kering

Tidak perlu menggelontorkan uang mencapai ratusan ribu, Anda sudah bisa mendapatkan sebuah masker wajah yang diklaim sebagai salah satu masker wajah terbaik di Indonesia. Produk tersebut adalah Etude House I Need You Mask yang mana menjadi salah satu skincare andalan ketika wajah sedang berada dalam kondisi kering parah. Setelah menggunakan masker wajah dari Etude House ini, Anda yang punya kulit kering akan melihat hasil berupa wajah lebih kenyal dan segar.

Apabila profesi Anda mengharuskan Anda berinteraksi dengan banyak orang, maka Etude House I Need You Mask ini bisa Anda jadikan sebagai masker malam. Pasalnya, saat dibersihkan keesokan paginya, wajah Anda akan “siap digunakan” untuk urusan pekerjaan yang memerlukan penampilan sempurna. Namun dikarenakan produk ini mengandung alkohol, tidak disarankan bagi Anda, terutama yang mempunyai kulit sensitif, untuk pemakaian yang lebih sering.

7. Laneige Water Sleeping Mask

Laneige Water Sleeping Mask

Kisaran harga: Rp400.000

Kaya akan cairan untuk memberi kelembapan dan kesegaran ekstra

Jam tidur malam akan terasa lebih berharga setelah menerapkan masker wajah terbaik Laneige Water Sleeping Mask. Dibuat dengan efek khusus yang bernama sleep-tox, masker wajah ini akan memberikan kulit penampilan yang lebih segar dan cerah keesokan harinya. Seperrti namanya, produk ini dibuat dalam bentuk cairan yang kaya akan kandungan untuk memberikan kelembaban dan kesegaran terhadap kulit.

Water Sleeping Mask dari Laneige diklaim mampu bekerja selama 8 jam yang mana sesuai dengan waktu tidur malam yang dianjurkan. Saat digunakan pada malam hari, bukan hanya teknologi sleep-tox yang bekerja, tetapi agen aktif seperti Hydro Ion Mineral Water, ekstrak aprikot Hunza, dan ekstrak akar mawar juga akan menutrisi kulit untuk mendapatkan efek hydrating yang optimal selama Anda tidur.

8. The Face Shop Real Nature Mask

The Face Shop Real Nature Mask

Kisaran harga: Rp14.000

Dijamin tidak mudah sobek!

The Face Shop mengeluarkan masker dalam bentuk lembaran yang mempunyai aroma lembut, sehingga bikin nyaman ketika digunakan. Bahkan, aroma wangi dari masker wajah terbaik The Face Shop ini mampu bertahan hingga pagi hari jika digunakan sebagai masker malam. Lembaran masker dengan ketebalan yang sempurna menjadikannya tidak mudah robek ataupun terasa penuh di wajah.

Melalui produk ini, The Face Shop menjamin siapapun yang menggunakan tidak akan mendapatkan efek buruk setelah pemakaian. Jadi untuk Anda yang rentan terhadap jerawat, komedo, atau bruntusan di wajah, The Face Shop Real Nature Mask ini sangat bisa Anda jadikan andalan untuk digunakan seminggu 2 – 3 kali. Tak hanya itu, konsentrasi essence yang banyak juga dapat memberikan efek lembab bagi kulit yang kering dengan sangat baik.

9. Gold Bio-Collagen Facial Mask

Gold Bio Collagen Facial Mask

Kisaran harga: Rp28.000

Didukung vitamin C yang mempercepat proses menyerapan kolagen

Kolagen mempunyai banyak kegunaan bagi kulit, seperti memperlambat munculnya keriput, mencerahkan, meminimalisir bekas luka, mengencangkan, dan melembabkan kulit. Kesemua manfaat tersebut bisa Anda rasakan pada penggunaan masker wajah Gold bubuk Bio-Collagen Facial Mask. Produk ini sendiri adalah masker buat wajah glowing yang berbentuk tabur sehingga Anda perlu meraciknya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Diperkaya dengan Vitamin C, menjadikan kandungan 100% kolagen pada masker ini mampu menyerap dengan lebih cepat ke dalam kulit. Selain itu, masker wajah untuk memutihkan ini juga dilengkapi dengan asam hialuronat yang dapat memperbaiki konsistensi kulit hingga ke intrasel. Masalah-masalah seperti kantong mata atau lingkar hitam di bawah mata bisa dihilangkan dengan mudah oleh Gold Bio-Collagen Facial Mask. Kemudian, kandungan lain seperti arbutin juga akan menjadikan kulit lebih putih dan bersinar.

10. Tony Moly I’m Real Sheet Mask

Tony Moly I’m Real Sheet Mask

Kisaran harga: Rp30.000

Terdapat 20 varian berbahan alami yang aman untuk segala jenis kulit

Tony Moly, sebagai brand asal Korea Selatan, tentu mempunyai banyak sekali penggemar di Indonesia. Dalam jajaran produk perawatan muka, yakni masker wajah, Tony Moly mengeluarkan seri sheet mask yang praktis digunakan. Masker wajah lembaran dari Tony Moly dibuat dengan kombinasi serum, essence, dan moisturizing cream yang bekerja sama memberikan manfaat baik bagi kulit.

Disamping keunggulan yang dimilikinya, produk ini dikemas dalam bentuk yang lucu, unik, dan penuh warna sehingga lebih eye-catching. Untuk ukuran ketebalan dari maskernya sendiri terbilang tipis dan rentan sobek, jadi Anda perlu berhati-hati saat membuka dan menempelkannya. Tony Moly I’m Real Mask mempunyai 20 varian yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari lemon, tea tree, aloe vera, pomegranate, hingga coconut, semuanya ada!

Hal-hal yang perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Masker Wajah

Hal hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Masker Wajah

Walau menghadirkan banyak sekali manfaat, sejatinya masker wajah difungsikan untuk menambah kadar air yang hilang akibat aktivitas harian serta menyerap minyak berlebih. Sementara efek positif lain seperti mengangkat kotoran, sisa makeup, dan bahkan mengecilkan pori-pori merupakan fungsi tambahan yang berhak diterima setiap orang.

Saat memakai masker wajah, pastikan agar tidak memberikan masker menempel lama-lama di kulit wajah. Bacalah aturan pakai dari setiap jenis masker pilihan Anda, tujuannya supaya manfaat yang ditawarkan Anda terima dan tidak justru menghilangkan kelembapan alami wajah.

Selain itu, ingat juga bahwa tidak semua jenis masker cocok dipakai setiap hari. Terdapat beberapa pengecualian, semisal sleeping mask atau sheet mask yang boleh dijadikan daily treatment karena kandungannya yang ringan dan memang hanya mengutamakan fungsi hydrating atau penutrisi kulit.

Lihat juga rekomendasi face mask terbaik di sini!

Ada banyak ragam masker wajah berdasarkan bentuk, manfaat utama, dan formulanya. Apabila Anda kesulitan mengaplikasikan makeup karena wajah rentan berminyak, pakailah masker khusus kulit berminyak atau bisa langsung menggunakan clay mask.

Komedo adalah masalah yang mengganggu kepercayaan diri Anda? Tenang, sekarang tersedia masker wajah untuk membersihkan komedo secara lembut. Beberapa masker wajah lain bisa diterapkan sebelum tidur untuk membantu regenerasi. Selengkapnya mengenai masker wajah berdasarkan manfaat dan bentuknya bisa Anda cek di sini.

10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik
10 Rekomendasi Masker untuk Kulit Wajah Berminyak Terbaik
10 Rekomendasi Masker untuk Menghilangkan Komedo
10 Rekomendasi Sleeping Mask/Night Mask Terbaik
10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik
10 Rekomendasi Masker Freeman Terbaik

Kesimpulan

Meskipun masker wajah terbaik memberikan banyak manfaat terhadap kulit, banyak dokter yang menyarankan penggunaannya tidak lebih dari 3 kali sehari, tergantung jenis masker dan mekanisme kerjanya. Jika ingin digunakan setiap hari, pastikan kulit wajah Anda tidak sensitif dan rentan terhadap masalah.

Selain itu, pemakaian setiap hari juga perlu memperhatikan fungsi dari setiap masker. Pastikan masker wajah yang digunakan setiap hari mempunyai peranan yang berbeda-beda agar wajah Anda tidak didatangi oleh masalah seperti kulit kering, mengelupas, dan sebagainya. Tinjaulah terlebih dahulu setiap kandungan pada produk supaya cocok dengan kulit Anda. Semoga berhasil!

(Visited 96.838 times, 399 visits today)