Written by 03:19 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Serum Wajah (Face Serum) Terbaik

La Tulipe Essential Whitening Serum

Rangkaian perawatan wajah dengan sabun muka, moisturizer, sunscreen, dan scrub ternyata belum optimal memberikan hasil sempurna. Alasannya, kulit wajah juga perlu nutrisi yang cukup agar bukan hanya terlihat menarik dari luar, tetapi juga sehat dari bagian dalamnya. Salah satu produk yang bisa memberi nutrisi cukup untuk wajah adalah serum wajah.

Serum wajah merupakan produk skincare yang umumnya mempunyai tekstur losion atau gel yang diformulasi dengan bahan-bahan yang ringan di kulit. Kebanyakan serum wajah dibuat dengan kandungan bahan aktif seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat menembus lapisan terdalam kulit dengan cepat. Dengan begitu, maka kulit wajah akan memperoleh nutrisi yang baik berkatnya.

Fungsi Serum untuk Menjaga Penampilan Wajah

Serum wajah mengandung beragam bahan aktif, mulai dari vitamin sampai antioksidan, yang kesemuanya ditujukan untuk menembus lapisan terdalam kulit lebih cepat guna memelihara kondisi wajah akibat paparan matahari, produk makeup, dan efek debu serta kotoran.

Produk berkemasan botol kecil ini memberikan banyak kebaikan bagi kulit, misalnya mencerahkan kulit, memaksimalkan proses regenerasi, mengurangi kerutan, mencegah timbul keriput, menyingkirkan noda hitam dan hiperpigmentasi, atau meratakan rona wajah.

Bedanya Serum dan Pelembap Wajah

Satu perbedaan mencolok dari serum dan pelembap wajah adalah ukuran botolnya, di mana serum mempunyai ukuran jauh lebih kecil dibandingkan pelembap wajah. Pada sebotol serum, terdapat bahan-bahan aktif dengan struktur molekul dan persentase kandungan lebih kaya. Konsentrasi bahan aktif pada sebuah serum lebih tinggi daripada pelembap.

Di luar karakteristik fisik, serum wajah mengandung formulasi pelembap kedap udara, contohnya mineral oil atau petrolatum yang melindungi air dari penguapan. Serum juga lebih sedikit kandungan pelumas dan pengental, seperti kacang atau minyak dari ekstrak biji-bijian. Dari performa kerja, serum diutamakan langsung bekerja pada bagian terdalam kulit sehingga komponen dasarnya pun berupa air, alias menghilangkan unsur minyak yang membuat pori tersumbat dan menyebabkan jerawat.

Cara Memilih Serum Wajah (Face Serum)

Perawatan eksklusif dibantu serum wajah memungkinkan Anda memperoleh banyak manfaat tambahan. Untuk memperoleh kebaikan lebih, Anda yang berminat membeli serum wajah perlu mengenali poin-poin pertimbangan dalam pemilihan produk. Berikut ulasannya!

Pilih Kandungan yang Aman dan Efektif Melembapkan Wajah

Kandungan produk serum berbeda-beda antara satu dengan yang lain, tergantung tujuannya. Untuk merasakan efek dari kandungan serta klaim sebuah serum pun diperlukan waktu paling tidak satu bulan dengan penggunaan rutin. Agar Anda menerima hasil optimal, pastikan serum wajah pilihan Anda mengandung bahan-bahan yang bukan hanya baik, tetapi terbukti aman serta mampu melembapkan wajah.

Whitening Agent: Bertindak Menghambat Produksi Melanin yang Membuat Kulit Kusam

Serum dengan komponen pemutih (whitening) dapat dipilih oleh Anda yang menghadapi masalah kulit kusam akibat hiperpigmentasi.  Bahan seperti nano white mempunyai ukuran molekul kecil sehingga cepat dipenetrasikan oleh kulit. Agen pemutih kulit akan menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit kusam.

Kandungan lain pada serum wajah ini adalah chromabright yang bertugas menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Flek-flek gelap yang turut menggangu juga dibantuhilangkan oleh bahan tersebut. Periksalah kehadiran bahan-bahan pemutih yang aman semisal Anda ingin merasakan kulit wajah cerah dengan bantuan serum.

Vitamin A dan C: Membuat Kulit Kencang tanpa Kerutan dan Tampak Lebih Cerah

Tak terkecuali serum, kandungan vitamin C dan vitamin A biasa dicantumkan dalam proses perumusan formula. Kedua jenis vitmain ini secara mendasar mempunyai fungsi serupa. Saat dikombinasikan, vitamin C akan mencerahkan kulit sekaligus menyamarkan kerutan.

Dibantu vitamin A (retinoid), keduanya semakin optimal membuat serum bekerja mengencangkan kulit. Kulit lebih kencang diperoleh akibat vitamin A yang mendukung produksi kolagen di dalam kulit.

Vitamin E: Menghambat Proses Penuaan Dini serta Mempertahankan Kelembapan Alami Kulit

Vitamin E merupakan antioksidan yang umum ditemukan pada produk-produk perawatan kulit. Pada serum wajah, vitamin E akan bekerja mencegah pembentukan lipofuscin, yaitu sampah metabolisme sel berbentuk lemak teroksidasi yang memicu proses penuaan dini.

Di sisi lain, vitamin E terkenal akan fungsi melembapkannya. Secara rutin menggunakan serum wajah berkandungan vitamin E akan memelihara kelembapan alami kulit. Pada saat yang bersamaan, vitamin E memaksimalkan perlindungan bagi kulit terhadap paparan polutan, misalnya asap rokok.

Kolagen: Komponen Penting yang Ampuh Menjaga Kulit Kencang di Usia 30-an

Kolagen adalah komponen protein yang diperlukan tubuh untuk membentuk struktur kulit, otot, dan pembuluh darah. Pada dasarnya, tubuh memproduksi kolagen, namun pada usia 30 tahun ke atas, tubuh mulai kekurangan kolagen antara 15 – 20 persen. Sedangkan di usia 50 tahun, manusia kehialngan kolagen antara 35 – 40 persen.

Guna menjaga struktur kulit, otot, dan pembuluh darah tetap maksimal, perlu asupan kolagen dari luar. Serum wajah dengan kandungan kolagen jawabannya. Unsur kolagen dalam serum membantu kulit tetap kenyal dan kencang meski sedang memasuki kepala tiga.

Ceramide: Kulit Senantiasa Terhidrasi agar Terasa Kenyal dan Lembap saat Disentuh

Ceramide merupakan rahasia kelembapan kulit turun-temurun. Bahan ini umum disematkan pada produk skincare, salah satunya serum wajah. Ceramide berbentuk lemak yang diproduksi secara alami oleh kulit untuk pemeliharaan kelembapan. Sama halnya dengan kolagen, ceramide pun berkurang kuantitas dan kualitasnya seiring bertambahnya usia.

Carilah serum wajah yang mengantongi ceramide apabila Anda mulai bermasalah dengan kelembapan kulit yang menurun. Cukupi dengan ceramide pada serum, secara berangsur wajah tetap terhidrasi, sehingga terasa lembap, kenyal, dan terasa kencang saat disentuh.

Hyaluronic Acid: Komponen Ajaib yang Mampu Mengunci Kelembapan Kulit dengan Kuat

Zat pelembap lain yang juga lazim digunakan pada serum wajah adalah hyaluronic acid. Zat ini bekerja mengikat air yang tersimpan di dalam jaringan tubuh manusia dengan kuat. Asam hialuronat dalam bahasa Indonesianya, akan meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit pun senantiasa sehat, kenyal, dan halus.

Pilih Serum Wajah sesuai Fungsi yang Anda Inginkan

Setiap orang mengalami kondisi yang berbeda terkait kulit wajahnya. Begitu pula serum, produk ini dirancang dengan fungsi bermacam-macam, sehingga para konsumen lebih mudah memilih secara spesifik berdasarkan kebutuhannya. Bagaimana dengan Anda? Mari temukan serum wajah yang paling tepat!

Anti-Aging: Pastikan Mengandung Bahan-bahan yang Memberikan Efek Kulit Elastis

Serum wajah dengan fungsi anti-aging merupakan salah satu primadona. Produk ini biasa diburu oleh mereka yang mulai khawatir akan timbulnya tanda-tanda penuaan, terutama saat memasuki usia 25 tahun ke atas. Untuk Anda yang menginginkan manfaat anti-aging, serum wajah dengan akndungan kolagen sangat disarankan.

Bukan hanya kolagen, serum wajah yang menawarkan efek anti-aging juga mengandung bahan lain, misalnya proteoglikan, astaxanthin, acetyl hexapeptide-8, atau fullerene. Jagalah wajah tetap elastis dan kencang sejak usia 20-an dengan bantuan serum wajah berkandungan bahan anti-aging.

Memutihkan Kulit (Whitening): Periksa Komponen yang Mampu Menangkal Pembentukan Flek Hitam

Bila ingin terhindar dari wajah kusam akibat sengatan sinar UV, gunakanlah serum wajah berkomposisikan bahan-bahan pencerah. Serum wajah yang berguna memutihkan kulit tidak hanya mengandung pelembap, melainkan tersedia pula whitening agent semisal turunan vitamin C.

Magnesium ascorbyl phosphate dan sodium ascorbyl phosphate adalah beberapa contoh turunan vitamin C. Sementara bahan lain semacam asam traneksamat, asam askorbat atau vitamin C, dan dipotassium glycyrrhizinate sangat baik untuk mencegah pembentukan flek hitam.

Melembapkan Kulit: Kandungan seperti Gliserin dan Squalene perlu Diperiksa Keberadaannya

Berharap kulit selalu lembap tanpa harus menggunakan essence atau face lotion? Anda bisa mengandalkan serum wajah yang diperkaya unsur-unsur pelembap. Serum wajah ini sangat bagus untuk pemilik kulit kering karena optimal dalam membuat kulit terasa moist.

Tengoklah tabel kandungan produk, apabila tercantum glycerin, ambillah serum tersebut. Beberapa produk menggunakan trehalosa, squalene, atau BG yang memainkan peran serupa untuk menambahkan kelembapan pada kulit kering.

10 Rekomendasi Serum Wajah (Face Serum) Terbaik

Sebaiknya mulai sekarang Anda tidak mengabaikan penggunaan serum wajah. Beragam manfaat seperti menutrisi, melembabkan, dan mencegah penuaan dapat Anda dapatkan dari perawatan menggunakan serum wajah. Maka dari itu, pada kesempatan ini kami akan membagikan daftar serum wajah terbaik yang bisa dipakai oleh berbagai jenis kulit.

1. ElsheSkin Vitamin C Serum

ElsheSkin Vitamin C Serum

Bantu cerahkan wajah dengan whitening agent-nya

Serum wajah dengan kandungan aktif Vitamin C yang dihadirkan ElsheSkin ini diklaim aman untuk kulit. Produk yang mengandung whitening agent dan moistruizer ini akan menjadikan wajah tetap lembab dan terlihat lebih cerah secara merata. Bagi Anda yang sedang menghadapi bintik hitam akibat bekas jerawat yang sulit dihilangkan, Anda bisa menggunakan serum wajah ini.

ElsheSkin Vitamin C Serum dapat dipakai untuk kulit berminyak dan berjerawat. Alasannya, dalam produk ini terkandung bahan aktif untuk mengendalikan produksi minyak berlebih penyebab timbulnya jerawat. Produk ini dijamin aman karena sudah teruji secara klinis oleh BPOM untuk semua jenis kulit. Untuk hasil yang sempurna, Anda disarankan untuk menggunakan serum wajah ini sehabis mencuci muka.

Kandungan utamaTurunan vitamin C (magnesium ascorbyl phosphate dan sodium ascorbyl phosphate), gliserin, ethyl ascorbic acid, tocopheryl acetate
FungsiMemutihkan kulit (whitening)
TeksturKental, sedikit lengket
AromaTidak menyengat
Untuk kondisi kulitSemua jenis kulit
Ukuran20 ml
Kisaran hargaRp230.000

2. The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

The Ordinary Niacinamide Zinc

Efektif melindungi wajah dari risiko timbulnya jerawat

Selain mempunyai review positif dari banyak skincare enthusiast di seluruh Indonesia, serum wajah dari The Ordinary ini juga tengah hype diperbincangkan karena menawarkan klaim yang sangat menggoda. The Ordinary menawarkan kemampuan merawat wajah yang berminyak sekaligus menghilangkan bekas jerawat serta melindungi wajah dari risiko berjerawat (acne prone).

Kemampuan serta klaim yang diberikan oleh The Ordinary melalui serum wajah ini terjadi karena mengombinasikan kandungan niacinamide dan zinc. Kedua bahan utama dari The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% tersebut menjadi kunci yang menjadikan serum wajah ini sangat cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Bahkan, vitamin B3 (niacinamide) dalam produk ini juga aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif.

Kandungan utamaVitamin B3 (niacinamide), zinc
FungsiMenghilangkan bekas jerawat, mengontrol minyak, mencegah kulit berjerawat
TeksturSedikit thick, cepat meresap
AromaKhas tanpa fragrance
Untuk kondisi kulitBerminyak, berjerawat, dan sensitif
Ukuran30 ml
Kisaran hargaRp140.000

3. Natural Pacific Fresh Herb Origin Serum

Natural Pacific Fresh Herb Origin Serum

Pemakaian singkat karena formulanya yang cepat meresap

Natural Pacific Fresh Herb Origin Serum hadir untuk menjawab kebutuhan setiap wanita Asia. Serum wajah dari Korea ini tidak pandang jenis kulit karena mulai dari kulit normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif bisa menggunakannya. Serum ini dikemas dalam botol kaca yang disertai pipet untuk mempermudah Anda ketika mengambil isi serum di dalamnya. Karena kemasannya dari kaca, maka Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya agar tidak jatuh dan pecah.

Tekstur dari serum wajah ini watery yang cenderung oily dimana dihasilkan dari kombinasi antara oil dan essence. Dengan tekstur dan formula yang ringan, serum wajah ini akan dengan cepat menyerap ke dalam jaringan kulit terdalam. Dibuat dengan aroma citrus herbal yang nyaman dan tenang sehingga tidak mengganggu untuk digunakan. Untuk kemampuannya sendiri, Natural Pacific Fresh Herb Origin Serum dapat menjadikan wajah lebih cerah dan bersih serta mampu menyembuhkan jerawat juga.

Kandungan utamaGlycerincamellia sinensis leaf extractcitrus lemon fruit extractadenosinecitric acid, vitamin E (tocopheryl acetate)
FungsiMengecilkan pori-pori, anti-aging, mengontrol minyak
TeksturWatery cenderung oily
AromaCitrus, tidak menyengat
Untuk kondisi kulitKering, berminyak, dan rentan berjerawat (acne prone)
Ukuran50 ml
Kisaran hargaRp195.000

4. Mineral Botanica Face Brightening Serum

Mineral Botanica Face Brightening Serum

Spray-nya menyebarkan cairan serum secara merata

Berbeda dari serum wajah pada umumnya, Mineral Botanica menawarkan produk yang dikemas dalam botol seperti parfum. Jadi, untuk kemasannya tidak disertai dengan pipet, melainkan dengan tutup yang penggunaannya disemprot. Tinggal ditekan, cairan serum yang bening akan keluar dan siap digunakan.

Serum wajah dari Mineral Botanica ini bisa dipakai pada pagi dan malam hari sebelum dilanjut dengan day atau night cream. Formulasi utama pada Mineral Botanica Face Brightening Serum adalah ekstrak adansonia, vitamin C, dan kolagen. Untuk kandungan kolagennya sendiri menjadi satu yang cukup penting karena bisa membuat wajah lebih cerah dan bersih.

Kandungan utamaArbutin, aloe vera extractadansonia extract, vitamin C, kolagen
FungsiMemutihkan kulit (whitening), anti-aging
TeksturCair cenderung gel, cepat meresap
AromaWangi
Untuk kondisi kulitTidak ada keterangan
Ukuran15 ml
Kisaran hargaRp100.000

5. La Tulipe Essential Whitening Serum

La Tulipe Essential Whitening Serum

Ayo tingkatkan kecerahan kulit Anda dengan serum ini!

Punya kulit wajah yang putih cerah bagaikan wanita Korea memang menjadi keinginan sebagian orang, apakah Anda termasuk? Jika benar, kami menyarankan Anda untuk mulai menggunakan La Tulipe Essential Whitening Serum. Serupa dengan namanya, serum wajah ini sengaja dibuat dengan fungsi utama meningkatkan warna cerah kulit wajah. Kandungan yang digunakan untuk mendukung kemampuan tersebut adalah Korean Golden Bell Extract yang juga memberikan efek bening pada kulit.

Kemasan dari serum wajah merek La Tulipe ini dirancang untuk penggunaan spray. Yang terpenting lagi, produk ini memiliki performa untuk membuat wajah glowing secara instan tanpa menimbulkan breakout. Serum wajah ini bisa digunakan sebagai preparing sebelum menggunakan makeup. Jadi ketika sudah mengenakan riasan hasilnya akan lebih menempel dan tahan lama.

Kandungan utamaKorean golden bell extract
FungsiMemutihkan kulit (whitening)
TeksturCair seperti gel bening
AromaTidak ada keterangan
Untuk kondisi kulitKusam akibat flek hitam
Ukuran20 ml
Kisaran hargaRp98.500

6. Lancome Advanced Genifique Youth Activating Concentrate

Lancome Advanced Genifique Youth Activating Concentrate

Ubah seketika wajah kusam jadi cerah mempesona

Tidak ada salahnya mengeluarkan kocek cukup besar untuk memiliki kulit wajah cerah layaknya artis-artis layar kaca. Dengan harga mencapai jutaan rupiah, serum wajah keluaran Lancome ini menawarkan banyak sekali kelebihan. Bagi Anda yang punya wajah kusam, sangat dianjurkan menggunakan produk ini. Kandungan whitening agent dari serum ini akan menjadikan wajah Anda terlihat lebih cerah hanya dalam beberapa kali pemakaian.

Tak hanya itu, warna kulit yang tidak merata juga bisa diatasi dengan baik oleh serum wajah ini. Kemudian untuk pori-pori yang besar dan tampak mengganggu, Lancome Advanced Genifique Youth Activating Concentrate akan langsung mengecilkan pori-pori tersebut secara signifikan. Lancome mengklaim kalau serum wajah ciptaannya ini mampu memberikan hasil berupa kulit halus, cerah, bebas jerawat dan kemerahan hanya dalam 7 hari.

Kandungan utamaGlycerinsodium hyaluronateascorbyl glucosideadenosine
FungsiAnti-aging, mencerahkan kulit (brightening)
TeksturCair, cepat meresap
AromaSuper lembut, tidak menyengat
Untuk kondisi kulitKering, kusam dan berpori besar
Ukuran8 ml
Kisaran hargaRp195.000

7. Juara Clove Flower & Turmeric Anti-Aging Serum

Juara Clove Flower Turmeric Anti Aging Serum

Juara mencegah timbulnya age spot karena berbagai faktor!

Apabila sebagian serum wajah memberikan kesan lengket yang mengganggu setelah digunakan, produk dari Juara ini tidak sama sekali! Sama seperti namanya, produk ini dibuat untuk mendukung keperluan kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis halus, dan sebagainya. Jadi untuk Anda yang terlalu sering mendapatkan paparan sinar matahari, perlu untuk menjaga wajah agar terhindar dari penuaan sebelum waktunya dengan menggunakan produk ini.

Serum wajah dari Juara dibuat bebas minyak (oil free) dan tanpa menggunakan pewangi (fragrance) sehingga akan lebih nyaman ketika digunakan. Saat diaplikasikan ke wajah, tekstur ringan dari serum ini akan merasap dengan cepat ke kulit. Wajah yang cerah, bebas garis-garis halus, dan lembut bisa Anda peroleh hanya dengan menggunakan produk ini secara rutin. Bahkan, kulit wajah yang kenyal dan elastis juga mampu diberikan oleh serum wajah anti aging ini.

Kandungan utamaEkstrak kunyit, ekstrak cengkeh, ganggang laut, hyaluronic acid, ekstrak buah goji berrypea extract
FungsiMencerahkan (brightening), melembutkan, dan mengencangkan kulit (anti-aging)
TeksturGel tidak thick, cepat meresap
AromaCengkeh dan kunyit
Untuk kondisi kulitKulit kusam, kemerahan, kendur, dan kasar
Ukuran28 ml
Kisaran hargaRp1.050.000

8. L’Oreal Revitalift Anti-Ageing Serum

L’Oreal Revitalift Anti Ageing Serum

Bebaskan wajah dari jerawat, komedo, dan bintik-bintik

Jika Anda terbiasa menggunakan makeup yang tahan lama hingga seharian, disarankan untuk merawat wajah pada malam harinya. Anda bisa menggunakan serum wajah dari L’oreal Paris satu ini. Dibuat dengan kemampuan utama untuk mengembalikan kesegaran kulit wajah yang tertimpa oleh makeup, L’oreal Revitalift Anti-Ageing Serum menjamin wajah bebas masalah jerawat, komedo, atau bruntusan.

Serum wajah yang dapat mengatasi tanda-tanda penuaan ini dapat Anda gunakan saat menjelang tidur. Ketika pagi harinya, wajah Anda mungkin akan terlihat berminyak. Namun, ketika dibersihkan, Anda akan merasakan kulit yang segar, lembab, dan cerah berseri. Selain itu, pori-pori dan bintik hitam yang mengganggu juga bisa terusir apabila menggunakan serum agar ini secara rutin.

Kandungan utamaGlycerinpropylene glycoltitanium dioxide, vitamin E (tocopheryl acetate), hydrolyzed hyaluronic acid
FungsiAnti-aging,
TeksturCair, mudah diserap kulit
AromaLembut
Untuk kondisi kulitKering, kendur, dan kusam
Ukuran30 ml
Kisaran hargaRp360.000

9. Kiehl’s Midnight Recovery Concentrate

Kiehls Midnight Recovery Concentrate

Cairannya mudah meresap sehingga bebas dari kesan berminyak

Sekarang, punya kulit terlihat bersih, segar, dan mempesona bisa dicapai setiap orang. Sudah banyak skincare yang mampu mewujudkan keinginan tersebut, seperti serum wajah besutan Kiehl’s ini. Dikemas dalam bentuk botol berwarna biru yang khas, Kiehl’s Midnight Recovery Concentrate siap digunakan untuk memberikan hasil kulit yang kenyal, elastis, halus, dan pastinya bersih berseri.

Diformulasi dengan bahan-bahan khusus menjadikan tekstur cairan serum wajah ini memiliki daya resap yang baik ke kulit. Sehingga, untuk Anda yang punya tipe kulit berminyak tidak perlu khawatir wajah akan terlihat seperti kilang minyak. Selain itu, efek meresap yang cepat dari serum ini juga memungkinkan Anda untuk menggunakan krim malam setelahnya. Produk ini juga punya aroma yang wangi dan tidak menyengat sehingga terasa rileks sewaktu digunakan.

Kandungan utamaEvening primrose oilatsiri lavender oilsqualene
FungsiAnti-aging, mencerahkan kulit (brightening)
TeksturCenderung oily, mudah meresap
AromaWangi lavendel, tidak menyengat
Untuk kondisi kulitSemua jenis kulit
Ukuran30 ml
Kisaran hargaRp850.000

10. Olay Regenerist Micro-Sculpting Serum

Olay Regenerist Micro Sculpting Serum

Butiran mikronya mendukung penyerapan secara optimal

Olay merumuskan serum wajah dengan fungsi mengendalikan kelembaban serta mengencangkan kulit wajah yang mengendur. Konsentrasi bahan aktif berupa AminoPeptidae Complex yang tinggi dalam produk ini menjadikannya mampu bekerja dengan baik untuk menghidrasi kulit wajah Anda. Melalui produk ini juga Olay mengklaim setiap pengguna akan melihat perubahan berupa wajah yang bebas kerutan atau tanda-tanda penuaan lain hanya dalam 2 minggu pemakaian.

Produk ini tidak mengandung parfum, sehingga cocok untuk beberapa orang dengan kulit sensitif. Kemudian, kandungan yang ringan di kulit juga mendukung proses penyerapan lebih baik tanpa menimbulkan kesan berminyak setelahnya. Formula lain yang tak boleh dilewatkan adalah Hydra Firming Complex yang membuatnya mampu mempertahankan tampilan muda di kulit wajah Anda.

Kandungan utamaVitamin B3 (niacinamide), citric acid, vitamin E (tocopheryl acetate), panthenolsodium hyaluronatetitanium dioxidecamellia sinensis leaf extractallantoin
FungsiMenyamarkan gairs halus dan kerutan (anti-aging)
TeksturRingan
AromaTidak ada keterangan
Untuk kondisi kulitKering, berminyak, berjerawat, rentan berjerawat (acne prone)
Ukuran50 ml
Kisaran hargaRp265.000

Lihat juga rekomendasi serum wajah terbaik dengan fungsi lainnya di sini!

Serum wajah merupakan produk skincare dengan tawaran fungsi yang beragam. Kami menyarankan Anda memilih serum dengan fungsi yang paling sesuai. Berikut ini kami sertakan beberapa macam serum wajah dengan kandungan dan fungsi utama yang berbeda-beda. Selamat memilih!

10 Rekomendasi Serum Vitamin C Terbaik
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Memutihkan Kulit
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Mengecilkan Pori-pori
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 20-an
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an

Kesimpulan

Ketika ingin memilih, Anda disarankan untuk membeli serum wajah terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit. Jika Anda mau punya kulit yang cerah, carilah serum yang mempunyai konsentrasi whitening agent lebih banyak. Kemudian apabila Anda ingin terbebas dari masalah kulit seperti noda hitam maka serum wajah dengan kandungan vitamin E yang banyak bisa wajib menjadi pilihan.

(Visited 7.377 times, 22 visits today)