Written by 00:32 Komputer & Gadget

10 Rekomendasi SD Card Terbaik

Secure Digital (SD) card merupakan media penyimpanan yang dipakai pada segala jenis device. Mulai dari smartphone, kamera, hingga konsol gim. Besar kapasitasnya yang bervariasi juga memudahkan pengguna untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Di pasaran, tersedia berbagai pilihan SD card, seperti SanDisk dan Kingston yang populer, serta merek-merek lain. Bila Anda hendak membeli SD card, kami akan jelaskan cara memilihnya pada artikel ini. Supaya makin mudah, kami rekomendasikan juga sepuluh SD card terbaik versi PickyBest. Yuk, simak sama-sama pembahasannya!

Cara Memilih SD Card

Memilih SD card tidak hanya sebatas menentukan kapasitasnya saja. Banyak aspek lain yang juga tak boleh luput dari perhatian. Mulai dari ukuran, tipe dan kapasitasnya, kelas kecepatan, kelas performa, dan ada atau tidaknya fitur write protect tab.

Kenali Dulu Ukurannya, Mana yang Masuk di Device Anda?

Terdapat tiga jenis ukuran kartu SD, yaitu ukuran standar (biasanya disebut SD), miniSD, dan microSD. Adapun perbedaan ketiganya adalah sebagai berikut:

  • SD memiliki ukuran 32 x 24 x 2,1 milimeter (mm) dan berat kurang lebih 2 gram. Biasanya digunakan untuk kamera, laptop, dan seterusnya.
  • miniSD berukuran 21.5 x 20 x 1.4 mm. Merupakan jenis yang sudah jarang dipakai saat ini. Dahulu sering digunakan pada ponsel.
  • microSD mempunyai ukuran 15 x 11 x 1 mm. Digunakan pada smartphone, tablet, konsol gim handheld seperti Nintendo Switch, beberapa kamera, dan berbagai macam perangkat lainnya.

Perbedaan ukuran ini membuat slot kartu SD yang tersedia pada setiap device menjadi beragam. Untuk itu, sebelum membeli kartu SD, periksa dulu slot macam apa yang tersedia di perangkat Anda. Meski begitu, jika salah beli, Anda tetap dapat memakai kartu SD Anda dengan bantuan adapter.

Adapter adalah alat tambahan yang memungkinkan kartu SD yang ukurannya kecil (miniSD dan microSD) untuk masuk ke slot yang lebih besar. Misalnya adapter microSD ke miniSD dan SD, atau adapter miniSD ke SD.

Kenali juga Tipe Kapasitasnya

Berdasarkan sistem yang dibuat SD Association, terdapat empat tipe kapasitas kartu SD, yakni SD, SDHC, SDXC, dan SDUC. Masing-masing memiliki perbedaan sebagai berikut:

  • SD atau kadang juga disebut SDSC (Secure Digital Standard Capacity) memiliki kapasitas 2 gigabytes (GB). Terdapat dalam segala ukuran.
  • SDHC (Secure Digital High Capacity) berkapasitas 2 sampai 32 GB. Terdapat dalam segala ukuran.
  • SDXC (Secure Digital Extended Capacity) merupakan kartu SD yang berkapasitas 32 GB sampai 2 terabytes (TB). Hanya terdapat dalam ukuran SD dan microSD.
  • SDUC (Secure Digital Ultra Capacity) mempunyai kapasitas 2 sampai 128 TB. Hanya terdapat dalam ukuran SD dan microSD.

Kode-kode di atas selalu tertulis di bodi kartu SD sehingga Anda tidak perlu bingung. Lagipula, kode ini sebenarnya tidak perlu dihapal karena kapasitas SD card juga selalu tertulis secara spesifik pada kemasan maupun bodinya.

Meski begitu, beberapa device mungkin tidak mendukung semua tipe kapasitas. Karena itu, tidak ada salahnya Anda pastikan lagi kompabilitas kartu memori pada device Anda.

Sesuaikan Kelas Kecepatannya dengan Jenis Device Anda

Kelas kecepatan menunjukkan kecepatan kartu SD dalam menulis data. SD Association membaginya ke dalam tiga tipe kelas kecepatan, yaitu Speed Class yang ditandai dengan huruf “C”, UHS (Ultra-High Speed) Class yang ditandai dengan huruf “U”, dan Video Speed Class yang ditandai dengan huruf “V”.

  • Speed Class mengukur kecepatan penulisan minimum kartu SD. Terbagi ke dalam empat tingkat, C2 dengan kecepatan minimum 2 megabytes (MB) per detik, C4 di 4 MB per detik, C6 di 6 MB per detik, dan C10 di 10 MB per detik.
  • UHS Class mengukur kecepatan penulisan minimum dari kartu SD yang berkemampuan ultra-high speed. Terbagi ke dalam dua tingkat, yakni U1 dengan kecepatan 10 MB per detik, dan U3 dengan kecepatan 30 MB per detik.
  • Video Speed Class adalah standar kecepatan penulisan minimun yang dioptimasi untuk perekaman video pada resolusi tinggi, seperti 4K dan 8K. Terbagi ke dalam lima tingkatan. Dimulai dari V6 di kecepatan 6 MB per detik, V10 di 10 MB per detik, V30 di 30 MB per detik, V60 di 60 MB per detik, dan yang tercepat V90 di 90 MB per detik.

Anda perlu menyesuaikan kelas kecepatan kartu SD dengan preferensi device Anda. Selain itu, karena kecepatan baca akan selalu lebih tinggi dari kecepatan tulis, Anda perlu teliti dalam mempelajari tiap produk agar tidak tertukar memahami keduanya dan berakhir membeli kartu SD yang lambat saat menulis file baru.

Untuk microSD, Periksa juga Kelas Performanya

Khusus untuk microSD, selain kelas kecepatan, terdapat juga kelas performa, yakni pengukuran performa microSD dalam menjalankan aplikasi dengan mengukur kecepatan baca-tulisnya, baik secara acak maupun sekuens. Kelas performa Diukur dalam IOPS (input/output operations per second). Semakin tinggi IOPS-nya, semakin kencang pengoperasian aplikasi.

SD Association membagi kelas performa ke dalam dua tingkat, yakni A1 dan A2. A1 memiliki kecepatan baca acak 1500 IOPS dan tulis acak 500 IOPS. Sedangkan A2 baca acaknya sebesar 4.000 IOPS dan tulisnya 2.000 IOPS. A2 merupakan kelas performa tercepat untuk saat ini.

Karena berkaitan dengan pengoperasian aplikasi, kelas performa hanya penting  diperhatikan jika Anda membeli microSD untuk device yang menjalankan aplikasi, seperti smartphone dan tablet. Sedangkan untuk device yang tidak menjalankan aplikasi seperti kamera, kelas performa dapat Anda abaikan.

Untuk Pengguna SD Card Ukuran Standar, Perhatikan Ada atau Tidaknya Fitur Write Protection

Kartu SD ukuran standar banyak yang dibekali fitur write protection. Ketika diaktifkan, fitur ini berfungsi mengubah kartu SD menjadi read-only, tidak bisa dipakai untuk menulis file baru, maupun menghapus file yang sudah ada. Fitur ini sangat berguna untuk melindungi data agar tidak terhapus ketika kartu SD berpindah device.

Pada SD card yang memiliki fitur ini, terdapat slider berwarna putih di sisi kiri bodi yang bisa didorong ke atas atau ke bawah. Fitur write protection akan aktif ketika slider didorong ke bawah. Jadi, untuk Anda yang baru beli kartu SD dan tidak bisa membuat file baru, Anda bisa cek apakah fitur ini sedang dalam posisi aktif atau tidak.

Pertimbangkan juga High Endurance SD Card, Media Penyimpanan Terbaik untuk Kamera Pengawas!

Bila Anda bertanya-tanya kartu SD apa yang baik untuk kamera pengawas seperti CCTV, nanny cam, dashcam, dan sejenisnya, maka jawaban yang paling tepat adalah high endurance SD card.

Dibanding kartu SD biasa, performa high endurance SD card lebih tangguh. Selain itu, kartu SD ini mampu merekam video hingga 5.000 sampai 10.000 jam dalam kualitas high definition (HD).

Kartu SD high endurance dapat beroperasi dengan lancar meski berada dalam lingkungan keras. Selain kedap air, ia juga tahan panas dan guncangan serta sinar x-ray. Apa pun kondisinya, selama kamera masih bekerja, kartu SD tidak akan berhenti beroperasi. Anda tidak akan kehilangan potongan rekaman yang berharga.

10 Rekomendasi SD Card Terbaik

Setelah memahami cara memilih, sekarang kami ajak Anda untuk berkenalan dengan sepuluh produk rekomendasi terbaik dari kami. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda!

1. SanDisk Ultra microSD

Performa jempolan untuk smartphone

Anda tidak perlu ragu dengan performa SanDisk Ultra microSD di smartphone. Kelas kecepatannya yang tinggi, dikombinasikan kelas performa A1, membuat pengoperasian aplikasi dan penulisan data sama-sama kencang.

Kapasitas yang direkomendasikan adalah 32 GB. Untuk smartphone, kapasitas ini terhitung standar. Anda bisa menyimpan banyak foto, beberapa gim besar, dan segudang aplikasi. Jika masih kurang, tersedia juga kapasitas yang lebih besar hingga 1 TB.

TipeSDHC
Kapasitas32 GB
Kelas kecepatanC10, U1
Kelas performaA1
UkuranmicroSD
Kisaran hargaRp75.500

2. Kingston Canvas Go! SD Plus

Sumber: Kingston.com

Teroptimasi untuk perekaman video 4K

Anda yang berprofesi sebagai videografer mungkin bakal menyukai kartu SD buatan Kingston satu ini. Dengan kelas kecepatan video V30, proses perekaman video Anda bakal lancar tanpa masalah, bahkan untuk resolusi 4K sekalipun.

Dari sisi fotografinya, dengan kecepatan tulis yang diklaim mencapai 70 MB per detik, kartu SD ini juga pas digunakan untuk kamera yang memiliki kemampuan pemotretan beruntun yang lumayan tinggi.

TipeSDXC
Kapasitas128 GB
Kelas kecepatanC10, U3, V30
Kelas performaTidak ada
UkuranSD
Kisaran hargaRp499.500

3. Transcend microSDXC 330S

Gaming mobile jadi lancar!

Transcend 330S merupakan microSD yang dirancang untuk memfasilitasi permainan gim pada perangkat mobile maupun konsol handheld seperti Nintendo Switch. Hal ini terlihat dari kelas performa A2-nya yang begitu pesat.

Saking cakapnya performa microSD ini untuk bermain gim, Trascend 330S diberikan penghargaan rekomendasi dari Gaming Society Poland. Selain lancar buat main gim, microSD ini juga cakap buat merekam video 4K berkat kelas kecepatannya yang mencapai V30.

TipeSDXC
Kapasitas128 GB
Kelas kecepatanC10, U3, V30
Kelas performaA2
UkuranmicroSD
Kisaran hargaRp353.000

4. ADATA Premier microSDXC UHS-I Class10

microSD andal dari merek terpercaya yang harganya terjangkau

Anda yang telah akrab dengan periferal komputer tentu sudah mengetahui bahwa ADATA adalah produsen storage yang dapat dipercaya. Hal yang sama juga berlaku untuk rilisan kartu SD mereka satu ini.

Dengan performa yang memenuhi standar A1, pengoperasian aplikasi bakal berjalan mulus dan minim loading. Sebagai tipe SDXC 128 GB di kecepatan U1 dan V10, harganya juga terhitung lebih terjangkau dari merek yang lain.

TipeSDXC
Kapasitas128 GB
Kelas kecepatanC10, U1, V10
Kelas performaA1
UkuranmicroSD
Kisaran hargaRp214.000

5. SanDisk MAX ENDURANCE microSD

Mampu merekam video sampai 120.000 jam!

Anda sedang mencari microSD untuk kamera CCTV di rumah atau kantor? SanDisk MAX Endurance berikut ini pantas Anda coba. Dengan kemampuannya melakukan perekaman full HD hingga 120.000 jam (lebih dari 13 tahun) tanpa putus, tidak akan ada sepotong momen pun yang hilang.

Selain untuk CCTV, microSD ini juga ideal dipakai bersama jenis kamera pengawas yang lain, misalnya nanny cam dan kamera dasbor (dashcam). Berkat daya tahannya yang lebih tinggi terhadap kondisi ekstrim, microSD ini juga pas untuk GoPro dan drone.

TipeSDXC
Kapasitas256 GB
Kelas kecepatanU3, V30
Kelas performaTidak ada
UkuranmicroSD
Kisaran hargaRp780.000

6. SanDisk Nintendo Switch

Dibekali lisensi resmi dari Nintendo Switch

microSD dari SanDisk satu ini dapat dikatakan sebagai microSD terbaik untuk Nintendo Switch. Bagaimana tidak, kartu memori ini memiliki lisensi resmi dari Nintendo. Rancangannya yang khusus membuat kinerjanya tinggi dan konsisten untuk menunjang keseluruhan sesi gaming dengan lancar.

Desain bodi microSD ini terlihat ciamik dengan tema dari gim-gim ikonik Nintendo. Anda bisa pilih desain kesukaan sesuai kapasitasnya. Terdapat tema The Legend of Zelda untuk kapasitas 64 GB, Captain Toad untuk varian 128 GB, Super Star dari Mario Bros pada 256 GB, dan Animal Crossing pada 512 GB.

TipeSDXC
Kapasitas256 GB
Kelas kecepatanTidak disebutkan
Kelas performaTidak disebutkan
UkuranmicroSD
Kisaran hargaRp860.000

7. V-Gen SD Card Hyper Series

Sumber: V-gen.co.id

Dilengkapi garansi terbatas seumur hidup!

Siapa yang tidak tahu V-Gen? Kartu memori bikinan brand ini memang sangat terkenal. Varian hyper series-nya satu ini sangat layak untuk Anda coba. Selain kencang, produk ini juga sudah dilengkapi fitur write protection.

Kapasitas rekomendasi kami berukuran 64 GB. Di kapasitas ini, Anda bisa menyimpan cukup banyak foto dan video. Varian hyper series ini juga sudah mendukung perekaman video 4K. Selain itu, Anda juga mendapatkan garansi terbatas seumur hidup!

TipeSDHC
Kapasitas64 GB
Kelas kecepatanC10, U3
Kelas performaTidak ada
UkuranSD
Kisaran hargaRp145.000

8. Lexar Professional 1667x SDXC UHS-II Card

Sumber: Lexar.com

Kartu SD yang dirancang untuk pekerjaan profesional

Inilah kartu SD yang dirancang untuk pemakaian di tingkat profesional. Dari segi videografi, Lexar 1667x tidak hanya ideal untuk merekam video 4K, melainkan juga 3D. Anda juga dapat memakainya untuk kamera video standar sinema, lho.

Kami memilihkan yang kapasitasnya 256 GB agar Anda tidak perlu banyak berganti kartu SD selama proses shooting. Selain itu, seandainya kartu ini rusak, Anda tidak perlu panik karena terdapat jaminan terbatas seumur hidup.

TipeSDXC
Kapasitas256 GB
Kelas kecepatanC10, U3, V60
Kelas performaTidak ada
UkuranSD
Kisaran hargaRp1.350.000

9. Lexar Professional 1066x microSDXC UHS-I Cards SILVER Series

Sumber: Lexar.com

Performa apik di segala sisi

Spesifikasi dari Lexar 1066x begitu apik di segala sisi, baik dalam hal kecepatan dengan kemampuan tulis 120 MB per detik dan baca 160 MB per detik. Untuk eksekusi aplikasi pun mulus berkat performa kelas A2.

Bila kamera smartphone Anda bisa merekam video 4K, maka harapkan hasil rekaman yang mulus berkat performa cemerlang produk ini. Bisa dibilang, Lexar 1066x adalah salah satu microSD terbaik yang bisa Anda dapatkan di pasaran!

TipeSDXC
Kapasitas256 GB
Kelas kecepatanU3, V30
Kelas performaA2
UkuranmicroSD
Kisaran hargaRp660.000

10. SONY 128GB SF-G Tough Series

Sumber: Sony.co.id

Diklaim paling tangguh dan cepat di dunia!

SD card ini diklaim oleh Sony sebagai yang paling tangguh di dunia, lebih tangguh hingga 18 kali dibanding kartu SD biasa. Selain itu, produk ini juga dirancang tahan debu dan air hingga kedalaman 5 meter hingga perendaman selama 72 jam!

Selain yang tertangguh, Sony juga mengklaimnya sebagai yang tercepat. Memang tak main-main, kemampuan menulisnya sampai di angka 299 MB per detik! Kecepatan tulis setinggi ini membuatnya sangat ideal dipasangkan dengan kamera yang mempunyai kecepatan pemotretan beruntun yang tinggi.

TipeSDXC
Kapasitas128 GB
Kelas kecepatanU3, V90
Kelas performaA2
UkuranSD
Kisaran hargaRp3.799.000

Tabel Perbandingan SD Card

ProdukSanDisk Ultra microSDKingston Canvas Go! SD PlusTranscend microSDXC 330SADATA Premier microSDXC UHS-I Class10SanDisk MAX ENDURANCE microSDSanDisk Nintendo SwitchV-Gen SD Card Hyper SeriesLexar Professional 1667x SDXC UHS-II CardLexar Professional 1066x microSDXC UHS-I Cards SILVER SeriesSONY 128GB SF-G Tough Series
TipeSDHCSDXCSDXCSDXCSDXCSDXCSDHCSDXCSDXCSDXC
Kapasitas32 GB128 GB128 GB128 GB256 GB256 GB64 GB256 GB256 GB128 GB
Kelas kecepatanC10, U1C10, U3, V30C10, U3, V30C10, U1, V10U3, V30Tidak disebutkanC10, U3C10, U3, V60U3, V30U3, V90
Kelas performaA1Tidak adaA2A1Tidak adaTidak disebutkanTidak adaTidak adaA2A2
UkuranmicroSDSDmicroSDmicroSDmicroSDmicroSDSDSDmicroSDSD
Kisaran hargaRp75.500Rp499.500Rp353.000Rp214.000Rp780.000Rp860.000Rp145.000Rp1.350.000Rp660.000Rp3.799.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Adakah produk rekomendasi kami yang menarik minat Anda? Memilih kartu SD memang harus teliti, dari mulai memperhatikan ukuran, tipe dan kapasitasnya, kelas kecepatan, kelas performa, hingga ada tidaknya fitur write protect tab.

Apabila Anda masih pemula, pertama pilihlah kartu SD yang ukurannya masuk di device Anda dan memiliki kapasitas yang cukup. Semoga Anda menemukan kartu SD terbaik untuk segala kebutuhan Anda!

Referensi

How to Buy an SD Card: Speed Classes, Sizes, and Capacities Explained
https://www.howtogeek.com/189897/how-to-buy-an-sd-card-speed-classes-sizes-and-capacities-explained/ diakses pada XXX

Perbedaan Memory Card Micro SD, SDHC, Dan SDXC
https://www.plazakamera.com/perbedaan-memory-card-micro-sd-sdhc-dan-sdxc/ diakses pada XXX

A guide to speed classes for SD and microSD Cards
https://www.kingston.com/en/solutions/personal-storage/memory-card-speed-classes diakses pada XXX

A1 vs A2 SanDisk MicroSD Card: What’s The Difference?
https://www.mymemory.co.uk/blog/a1-vs-a2-sandisk-microsd-card-whats-the-difference/ diakses pada XXX

How to Choose an SD Card for Best Performance and Compatibility
https://www.groovypost.com/howto/howto/understand-sd-card-lingo-and-compatibility diakses pada XXX

What Is a High Endurance SD Card?
https://www.delkin.com/blog/what-is-a-high-endurance-sd-card/ diakses pada XXX

(Visited 45 times, 1 visits today)