Written by 00:22 Aksesori & Lainnya

10 Rekomendasi Printer Terbaik

Canon PIXMA MG2570 Printer All in One

Jika berbicara tentang peripheral device, tentu kita sudah tak asing dengan mesin pencetak atau pemindai dokumen bernama printer. Peranti yang terhubung ke komputer ini sudah muncul sejak lama untuk membantu penyajian data berbentuk fisik. Printer yang bagus dirancang dengan berbagai keperluan, baik di rumah, kantor, atau bahkan untuk bisnis semacam digital printing.

Apabila Anda lagi memerlukan periferal komputer ini, kami akan membagikan cara memilih printer kepada Anda. Selanjutnya, kami tak lupa memaparkan sepuluh printer terbaik yang dapat Anda pilih. Di Indonesia, Anda bisa melihat banyak pabrikan yang mencetuskan printer, seperti Epson, HP, Canon, dan sebagainya. Agar tak bingung saat melakukan proses penentuan, Anda bisa menyimak artikel ini.

Cara Memilih Printer

Sejak kemunculannya pada tahun 90-an, printer banyak diburu. Semakin ke sini, teknologi yang dipakai pada printer semakin berkembang. Ada banyak macam printer di pasaran, seperti printer tinta, laser, foto, dan bahkan 3D. Selain itu, printer juga menyediakan fitur-fitur canggih yang akan memudahkan pekerjaan Anda. Jika Anda tertarik membeli sebuah printer, silakan simak poin-poin yang harus diketahui saat memilih printer di bawah ini.

Kenali Jenis Printer yang Banyak Beredar di Pasaran

Alat cetak dokumen atau printer terus berkembang guna memenuhi kebutuhan para pengguna. Semenjak printer laser dihadirkan ke pasar, beberapa tahun kemudian muncul seri printer yang memakai sistem inkjet. Tahukah Anda perbedaan antara jenis-jenis printer itu? Jika belum, kami akan membahasnya pada bagian ini. Silakan Anda simak, ya!

Inkjet Printer: Harga Ekonomis dan Mampu Mencetak dengan Kualitas Lebih Baik

Inkjet Printer Harga Ekonomis dan Mampu Mencetak dengan Kualitas Lebih Baik

Inkjet printer juga dikenal dengan printer tinta. Jenis ini adalah yang paling banyak digunakan, baik di Indonesia ataupun negara-negara lain. Printer tinta sendiri terbagi lagi menjadi beberapa macam penggunaan, seperti untuk mencetak dokumen, foto, memindai, dan ada yang berjenis all-in-one yang dapat melakukan kegiatan cetak dan pindai sekaligus.

Apabila kebutuhan Anda terhadap printer hanya untuk dokumen, baik hitam putih ataupun warna, Anda bisa membeli inkjet printer. Printer ini akan menunjang pekerjaan Anda dalam menyajikan data fisik dari dokumen Microsoft Word, Microsoft Excel, halaman web, surat elektronik (email), atau dokumen yang tersimpan di dalam flashdisk Anda. Printer jenis ini lebih murah dari segi harga dibandingkan printer laser.

Printer terbaik yang mulai populer pada tahun 2000-an di Indonesia ini bekerja dengan memanfaatkan tinta yang tertampung di dalam dua buah cartridge (kertus pencetak). Masing-masing cartridge berisi tinta cair yang berwarna hitam atau warna (RGB/CMYK). Mekanisme cetak dari inkjet printer adalah dengan menggerakkan kepala printer menggunakan semacam motor penggerak, lalu tinta disemprotkan ke atas kertas yang ditarik memakai roller.

Printer Laser: Cetak Lebih Cepat dengan Biaya Operasional yang Rendah

Printer Laser Kecepatan Tinggi dengan Biaya Operasional yang Rendah

Printer laser adalah pendahulu dari jenis inkjet printer. Seperti namanya, printer ini memakai teknologi cahaya berintensitas tinggi (laser) untuk mencetak dokumen. Menyoal performa, printer laser memiliki kecepatan cetak lebih tinggi dibandingkan printer tinta. Sebelumnya printer laser hanya memiliki kemampuan mencetak dokumen hitam putih. Namun sekarang, printer ini juga ada yang dibekali fitur cetak warna dengan harga yang lebih mahal.

Printer ini bekerja dengan memanfaatkan toner yang mana dinilai lebih efisien penggunaannya dibandingkan printer tinta. Meski disebutkan mengenai kemampuan mencetak dokumen dengan kecepatan tinggi, printer laser juga memiliki kekurangan dari segi kualitas hasil cetakan. Biasanya warna teks pada dokumen kurang mendetail, beda halnya jika mencetak dengan inkjet printer.

Selain itu, laser printer juga lebih berisik saat beroperasi. Apabila dipakai untuk mencetak banyak dokumen, kertas yang digunakan akan sedikit panas meski ini hanya mengganggu sebagian orang. Ukuran dari printer laser lebih besar sehingga akan sulit jika ditempatkan pada ruang berkapasitas kecil. Harga cartridge atau tempat menyimpan toner dari printer laser juga lebih mahal.

Photo Printer: Cetak Hasil Foto Lebih Berkualitas dan Beresolusi Tinggi

Photo Printer Cetak Hasil Foto Berkualitas Tinggi dari Memori Ponsel Anda

Printer foto dirancang khusus untuk memberikan hasil cetak dokumen foto dengan kualitas lebih baik. Bagi Anda yang mempunyai usaha fotocopy, printer ini akan melengkapi kebutuhan para konsumen setia Anda. Untuk mencetak foto, printer ini biasanya lebih praktis karena adanya fitur PictBridge yang mana memungkinkan Anda mengirim file melalui koneksi USB.

Beberapa model juga menyediakan kartu CompactFlash atau SD Card yang bisa Anda ambil langsung dari smartphone. Sebagian lain –biasanya dibandrol lebih mahal, ada juga yang menyediakan fitur pengeditan langsung dari printer, seperti memotong, menghilangkan pantulan cahaya di mata, dan sebagainya. Selain hadir dalam ukuran besar, photo printer juga ada yang dibuat ringkas dan portabel sehingga dapat dibawa kemana-mana.

Jika Ingin Lebih Praktis, Pilihlah Printer Multifungsi (All-in-One)

Jika Ingin Lebih Praktis Pilihlah Printer Multifungsi All in One

Sekarang ini sudah banyak produsen yang menciptakan printer multifungsi, baik berjenis inkjet ataupun laser. Pada printer ini, Anda bisa melakukan kegiatan mencetak dan memindai dokumen atau foto hanya dengan satu alat. Bahkan, tak jarang juga all-in-one printer yang menyediakan fitur pengiriman fax.

Printer all-in-one mampu memberikan kualitas yang sangat baik. Dalam urusan kecepatan untuk copy ataupun scan, printer terbaik ini begitu andal. Anda juga diberikan akses fitur yang beragam, mulai dari mencetak dokumen dalam jumlah besar dengan kecepatan tinggi atau mencetak foto yang menyajikan detail fantastis.

Printer ini umumnya dilengkapi metode konektivitas Wi-Fi sehingga banyak perangkat yang dapat terhubung tanpa harus mencolokkan kabel USB ke badan printer. Fitur lain yang tak kalah menarik dari printer all-in-one adalah auto duplexing otomatis, yaitu pencetakan dua sisi yang mana ini bisa menghemat kertas dan menjaga lingkungan.

Bagi Anda yang ingin merasakan kemudahan dalam aktivitas copy, print, dan scan, kami sangat menyarankan Anda membeli printer multifungsi. Meski dari segi harga lebih mahal, tentu keputusan ini juga yang akan memangkas biaya operasional Anda apabila ingin scan atau copy ke tempat lain.

Periksa Fitur yang Terdapat pada Setiap Printer

Tujuan utama Anda membeli sebuah printer tentunya untuk mempercepat pekerjaan sehari-hari, bukan? Maka dari itu, mempertimbangkan fitur yang tersedia dalam setiap printer juga penting. Dari sekian banyak fitur yang umumnya disematkan, setidaknya tiga fitur berikut yang harus dimiliki oleh printer Anda.

Duplexing untuk Print dan Scan pada Kedua Sisi Kertas

Duplexing untuk Print dan Scan pada Kedua Sisi Kertas

Fitur ini sedang booming di berbagai kalangan pengguna. Duplexing adalah kemampuan alat untuk melakukan pencetakan ataupun scanning dari kedua sisi dokumen. Terutama saat melakukan scanning, Anda tak perlu repot-repot membolak-balik kertas secara manual berkat adanya fitur ini. Sangat membantu, bukan?

Kemudian semisal Anda ingin mencetak dokumen untuk bacaan sehari-hari, Anda bisa lebih menghemat kertas berkal fitur duplex printing. Anda tak perlu menyediakan kertas terlalu banyak sehingga anggaran yang Anda keluarkan juga semakin hemat. Dengan demikian, Anda bisa mengefisiensikan pemakaian kertas sekalgus membantu memelihara lingkungan.

Konektivitas USB, Wireless Fidelity (Wi-Fi), atau Keduanya?

Konektivitas USB Wireless Fidelity Wi Fi atau Keduanya

Selama ini metode konektivitas pada sebuah printer hanya berkutat pada pemakaian USB. Kekurangan dari koneksi ini tak lain Anda diharuskan berada dekat dengan printer. Kabel USB yang tak seberapa panjang terkadang menjadi kekurangan tersendiri bagi sebagian orang.

Berangkat dari kebutuhan pengguna yang semakin besar, hadirlah printer yang bisa terhubung dengan device lain melalui network atau wireless. Printer yang dibekali fitur koneksi Wi-Fi ini sangat cocok dipakai pada ruangan seperti lab sekolah atau komputer karena bisa terhubung dengan banyak perangkat smartphone, tablet, digital camera, atau komputer sekaligus.

Fasilitas Built-In Memory, PictBridge, dan Cloud-Base Support

Fasilitas Built In Memory PictBridge dan Cloud Base Support

Jika Anda ingin menyajikan bentuk fisik dari foto atau dokumen dari mobile device, seperti smartphone, tablet, atau bahkan kamera digital, maka pertimbangkan memilih printer yang memiliki fasilitas built-in memory slot, PictBridge, bluetooth (sudah jarang), atau cloud-base support. Dengan fasilitas ini, Anda bisa lebih mudah dalam mengeksekusi file (dokumen/foto) tanpa harus mentransfernya dulu ke komputer atau laptop.

Semisal ingin mencetak foto langsung dari kamera atau smart device, Anda cukup melepas kartu memori dan dipindahkan ke dalam slot yang terseida pada printer. Kemudian teknologi PictBridge juga memungkinkan Anda menyambungkan kamera ke printer memakai kabel USB. Sedangkan fasilitas cloud-base support akan memudahkan Anda mengirim hasil scan atau copy ke dalam penyimpanan berbasis awan seperti Dropbox, Google Cloud Print, dan OneDrive.

10 Rekomendasi Printer Terbaik

Apakah Anda sudah memahami poin-poin penting yang harus ditinjau saat melakukan proses pencarian sebuah printer bagus? Jika Anda telah mengambil garis besar dari bagian sebelumnya, sekarang kami akan memberikan rekomendasi printer terbaik dengan spesifikasi, merek, dan harga yang berbeda-beda. Selamat memilih!

1. Epson L310 Printer Inkjet Multifungsi

Epson L310 Printer Inkjet Multifungsi

Kisaran harga: Rp1.730.000

Print dan scan lebih banyak dokumen atau foto hanya dengan satu alat!

Epson menghadirkan printer inkjet yang diklaim mempunyai kecepatan super cepat dalam mencetak dokumen apapun dari komputer dan smart device Anda. Perangkat satu ini ditanamkan teknologi Micro Piezo PrintHead yang membuatnya mampu mencetak hingga kecepatan 9,2 ipm untuk dokumen hitam putih.

Setiap hasil cetakan dijamin memiliki kualitas yang sempurna oleh Epson L310. Menariknya lagi, printer ini mampu mencetak hingga 4.000 lembar untuk warna hitam dan 6.500 lembar untuk warna. Keistimewaan tersebut hanya bisa diperoleh apabila menggunakan tinta asli dari Epson untuk printer terbaik ini.

2. Canon Pixma MG2570 Printer All-in-One

Canon PIXMA MG2570 Printer All in One

Kisaran harga: Rp675.000

Pilihan yang ekonomis untuk Anda yang budget-nya terbatas

Jika Anda seorang freelancer yang memiliki home office, kami menyarankan Anda membeli printer all-in-one dari Canon ini. Pada seri Pixma, Canon menciptakan peripheral device yang dapat melakukan aktivitas print, copy, dan scan hanya dengan satu alat. Dengan harga yang tergolong ekonomis, Anda tentu tak akan merasa dibebani oleh beban pengeluaran yang terlalu besar.

Teknologi Canon Hybrid System yang disematkan mampu menghasilkan kualitas cetak yang terlihat lebih jelas dan tegas. Printer yang cocok untuk mahasiswa ini mempunyai berat sekitar 3,5 kg dengan dimensi 426 x 306 x 145 mm. Canong juga melengkapi produk ini dengan fitur Quite Mode sehingga dapat meminimalisir suara yang dikeluarkan saat beroperasi. Bagi Anda yang memerlukan printer tidak berisik, milikilah printer ini.

3. HP DeskJet 1010

HP DeskJet 1010

Kisaran harga: Rp415.000

Walau murah, printer ini memiliki performa terbaik untuk harga sekelasnya!

Bagi Anda yang masih berstatus mahasiswa, printer HP DeskJet 1010 ini sangat ideal untuk dipilih. Anda tak perlu mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk bisa memilikinya. Printer yang bagus untuk mahasiswa ini didukung dengan teknologi Color Inkjet dan Thermal Inkjet yang dapat mencetak dengan kualtias tinggi. Alat ini dapat mencetak kertas hingga ukuran maksimal A4 dan resolusi yang dihasilkan mencapai 600 x 600 dpi.

Printer terbaik HP ini mampu menyajikan hasil cetakan dalam waktu singkat. Dengan kecepatan cetak mencapai 20 ppm untuk hitam putih dan 16 ppm untuk dokumen warna, Anda tak akan bosan menunggu semua dokumen selesai dicetak. Produk ini dapat dipakai untuk kegiatan printing mencapai 1.000 halaman setiap bulan. HP tidak menyarankan aktivitas lebih besar dari itu guna menjaga produk dapat dipakai dalam jangka panjang.

4. HP LaserJet Pro M15A

HP LaserJet Pro M15A

Kisaran harga: Rp1.245.000

Mampu menghemat listrik Anda berkat fitur Automatic On dan Off-nya

HP meluncurkan printer laser terbaik yang dirancang untuk pengguna rumahan, home office, usaha kecil menengah (UKM), dan bahkan kantoran. LasetJet Pro M15A memiliki ukuran yang 30% lebih kecil di kelasnya sehingga Anda dapat meletakkannya di atas meja kerja atau workstation. Printer ini mampu mencetak dokumen hingga 19 halaman hanya dalam satu menit.

Bagi Anda yang memerlukan printer laser cepat, pilihlah HP Laser Jet Pro M15A. Dengan alat cetak satu ini, Anda juga tak akan dibuat kesal dengan tagihan listrik yang besar karena HP menyematkan teknologi Auto On/Auto Off yang akan menghemat energi. Tray dari printer ini dapat menampung hingga 150 lembar kertas, Anda bisa mencetak banyak dokumen tanpa harus mengisi ulang tray lebih sering.

5. Canon imageClass LBP6030w Printer Laser

Canon imageClass LBP6030w Printer Laser

Kisaran harga: Rp1.479.000

Dibekali MobileCanon untuk mengirim file langsung dari device Android dan iOs Anda!

Didesain dengan ukuran yang ringkas dan efisien, printer Canon LBP6030w tak akan memakan banyak ruang pada meja kerja Anda. Printer yang awet dengan kemampuan cetak berkecepatan tinggi ini hanya mengonsumsi energi sebesar 0,48kWh/minggu. Apabila Anda memerlukan printer yang hemat listrik, ramah lingkungan, dan bisa meminimalisir tagihan listrik, Anda perlu mempertimbangkan printer ini.

Canon imageClass LBP6030w dapat mencetak kertas A4 hingga 18ppm. Fitur Automatic Sleep yang diterapkan pun akan membuat printer mati secara otomatis saat tak digunakan. Canon mengatakan kalau printer terbaik keluarannya ini disarankan hanya untuk mencetak 200 – 800 halaman setiap bulannya. Adanya teknologi pencetakan MobileCanon, Anda bisa mencetak gambar atau dokumen langsung dari perangkat iOs dan Android.

6. Brother DCP-T300 Printer Multifungsi

Brother DCP T300 Printer Multifungsi

Kisaran harga: Rp1.734.000

Peroleh hasil gambar yang lebih detail hanya dari printer ini!

Printer Brother ini tak hanya mampu melakukan aktivitas print, melainkan scan dan copy juga. Berteknologi inkjet, printer all-in-one terbaik satu ini dapat mencetak dokumen pada kertas ukuran A4, A5, A6, Exe, LTR, dan LGL. Anda bisa melakukan photo printing dengna alat ini untuk ukuran 4 x 6 (102 x 152 mm), Photo-2L (127 x 178 mm), dan Index Card (127 x 203 mm).

Printer yang bagus ini ideal digunakan di rumah, home office, instansi seperti sekolah, kampus,  dan sebagainya. Brother DCP-T300 dapat mencetak sebanyak 11 lembar per menit untuk dokumen hitam putih dan 6 lembar per menit untuk dokumen warna. Jika ingin mencetak gambar, resolusi yang dihasilkan mencapai 6000dpi. Selain itu, printer ini juga memiliki tray yang dapat menanggung kertas hingga 100 lembar.

7. HP Ink Tank 319 Printer

HP Ink Tank 319 Printer

Kisaran harga: Rp1.649.000

Kapasitas tangki tinta yang besar untuk mencetak ribuan hanya dengan satu kali pengisian

HP Ink Tank 319 adalah printer inkjet terbaik yang kompatibel untuk semua versi sistem operasi Windows dan MacOS.  Anda bisa mencetak lebih banyak dokumen secara cepat menggunakan printer ini. Tak hanya itu, printer ini juga memiliki cartridge penyimpanan tinta yang dapat digunakan untuk mencetak ribuan halaman tanpa harus mengganti tinta berulang-berulang.

Kecepatan cetak pada printer paling awet ini mencapai 8 ppm untuk B/W dan 5 ppm untuk dokumen warna. Alat ini dapat dihubungkan langsung dengan kabel USB, Anda tak perlu memindahkan file ke komputer atau laptop terdahulu jika ingin melakukan print. Printer yang bisa fotocopy dan scan dari HP ini memungkinkan hasil cetak halaman hingga 8.000 dokumen berwarna dan 6.000 halaman untuk hitam putih hanya dalam sekali isi ulang tinta.

8. HP DeskJet Ink Advantage 2677 All-in-One Printer

HP DeskJet Ink Advantage 2677 All in One Printer

Kisaran harga: Rp1.050.000

Printer multifungsi terbaik pada rentang harga 1 jutaan!

Printer terbaik di bawah 2 juta dari HP ini dibekali kemampuan print, copy, dan scan sekaligus. Meski berkisar pada harga 1 jutaan, printer dari HP akan memudahkan Anda berkat 2 pilihan koneksi untuk mencetak, yakni menggunakan kabel USB atau menggunakan teknologi wireless/nirkabel. Printer cartridge yang bagus ini bisa digunakan pada OS Windows ataupun MacOS.

Untuk mencetak dokumen dari smartphone, HP menyediakan aplikasi mobile bernama HP Smart App yang juga bisa diakses dari tablet. Aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat Android dan iOS. Dengan printer yang bagus dan murah ini, Anda bisa melakukan document printing dengan mode draf hinga 20 ppm. Untuk cetak warna mencapai resolusi 4.800 x 1.200 dpi. HP menyediakan tray yang dapat dimasukkan 50 – 100 lembar kertas untuk satu kali proses print.

9. Epson L3110 Ink Tank All In One Printer

Epson L3110 Ink Tank All In One Printer

Kisaran harga: Rp2.055.000

Berdesain ringkas, alat pencetak ini tak bakal mengisi banyak ruang di meja Anda!

Tinta printer untuk cetak foto dan dokumen ini ditenagai mesin yang mampu mencetak hingga 4.500 dengan tinta hitam. Dengan kemampuan mencetak sebesar itu, pekerjaan Anda akan semakin produktif. Sistem inkjet pada Epson L3110 dilengkapi fitur spill-free yang mana akan mencegah tinta berantakan saat proses pengisian atau penggantian (refilling). Dirancang dengan ringkas, printer terbaik ini dapat Anda taruh dimanapun tanpa memerlukan banyak ruang.

Kecepatan cetak dari produk ini mencapai 5,0 ipm untuk warna dan 10 ipm untuk B/W. Resolusi pencetakan mencapai 5760 akan memberikan tampilan dokumen yang terlihat lebih detail dan tegas. Bagian penampung kertas (paper tray) dari printer Epson ini bukan hanya mampu diisi hingga 100 kertas A4, tetapi juga bisa dimasukkan kertas premium glossy hingga 20 lembar.

10. Fuji Xerox DocuPrint CP225 W

Fuji Xerox DocuPrint CP225 W

Kisaran harga: Rp2.750.000

Cukup menghubungkan printer dengan Wi-Fi, Anda bisa langsung mencetak apapun!

Printer terakhir yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah Fuji Xerox DocuPrint CP225 W. Ini adalah printer laser yang menggunakan teknologi S-LED. Fuji Xerox mengombinasikan teknologi tersebut dengan EA-ECO toner untuk hasil cetak warna yang kaya dan memukau. Teknologi S-LED yang diterapkan Fuji Xerox sendiri terbukti lebih sedikit dalam konsumsi energi.

Produk ini dapat dihubungkan via USB 2.0, Wi-Fi, dan ethernet. Dengan beragam pilihan konektivitas, Anda bisa mencetak dokumen apapun dari smarptone atau tablet dimana saja Anda berada hanya dengan mengaktifkan Wi-Fi. Printer yang bisa print dari hp ini juga mampu menghasilkan resolusi cetak sebesar 1200 x 2400 dpi untuk memaksimalkan kualitas cetakan.

Kesimpulan

Itulah printer terbaik yang dapat Anda beli sesuai dengan kebutuhan harian Anda. Apakah Anda sudah menentukan mana yang paling cocok? Pastikan produk tersebut kompatibel untuk sistem operasi pada komputer atau laptop Anda, ya! Selain itu, pilih juga printer yang memberikan kemudahan seperti bisa dihubungkan melalui Wi-Fi atau dapat mencetak file dari kartu memori.

 

(Visited 18 times, 1 visits today)