Written by 06:54 Komputer & Gadget

10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik

Anda yang berprofesi sebagai desainer grafis, ilustrator, atau seniman digital, mungkin sudah tidak asing dengan pen tablet. Perangkat yang digunakan bersama stylus ini merupakan media input yang dipakai untuk menggambar langsung di komputer dengan praktis.

Beberapa produsen seperti Wacom, Huion, dan XP-Pen mengeluarkan pen tablet unggulannya masing-masing. Bila Anda cukup bingung menentukan salah satu produk, kami akan uraikan cara memilih pen tablet pada artikel ini. Agar makin mudah, kami sediakan pula pen tablet terbaik pilihan PickyBest. Selamat membaca!

Cara Memilih Pen Tablet Terbaik

Di bagian ini, kami akan memperjelas aspek-aspek yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih pen tablet. Mulai dari jenis, ukuran, pressure sensitivity, resolusi, paralaks, dan lapisan pelindung layarnya.

Pilih Jenisnya sesuai Budget dan Preferensi

Pada dasarnya, ada dua jenis pen tablet yang bisa Anda pilih, monitor dan digitizer. Keduanya memiliki perbedaan komponen, yang berpengaruh pada perbedaan pola pemakaiannya.

Monitor Tablet: Dilengkapi Layar Sentuh untuk Menciptakan Sensasi Menggambar seperti di Atas Kertas

Monitor tablet atau sering juga disebut pen display, merupakan jenis pen tablet yang area sensor untuk mendeteksi sentuhan (active area)-nya berupa layar. Sehingga, tidak seperti digitizer tablet di mana pandangan pengguna terarah ke layar komputer saat menggambar, di monitor tablet pengguna bisa melihat pergerakan tangannya di atas active area. Layaknya menggambar di atas kertas.

Pen tablet jenis ini ada pula yang dilengkapi komputer (PC tablet) sehingga bisa digunakan mandiri tanpa tersambung ke desktop atau laptop Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan tugas selain menggambar sebagaimana di tablet atau komputer biasa.

Monitor tablet cocok untuk Anda yang lebih nyaman menggambar sambil melihat pergerakan tangan. Meski begitu, harga pen tablet ini lebih mahal dibanding digitizer tablet. Jadi, siapkan budget lebih jika Anda berencana membeli monitor tablet.

Digitizer Tablet: Pandangan Tidak Terhalang Tangan dan Harga Lebih Terjangkau

Sebagaimana banyak ilustrator yang lebih nyaman menggambar sambil melihat tangan, maka banyak pula yang justru sebaliknya. Jika Anda termasuk yang kurang nyaman menggambar sambil melihat tangan karena cenderung menghalangi pandangan terhadap objek yang digambar, maka pakailah digitizer tablet.

Pen tablet jenis ini hanya bisa digunakan dengan disambungkan ke komputer. Pengguna perlu memposisikan tablet agar lurus dengan layar komputer supaya penggunaannya intuitif. Bagi yang masih pemula, mungkin diperlukan waktu untuk terbiasa menggambar sambil melihat monitor seperti ini.

Karena harganya yang lebih terjangkau, digitizer tablet sangat pas untuk ilustrator pemula yang baru pertama terjun ke digital art. Namun tidak menutup kemungkinan, ilustrator yang sudah veteran juga lebih menyukai pendekatan yang minimalis dari pen tablet ini.

Proporsikan Ukuran Tablet dengan Monitor

Sebelum membeli pen tablet, perhatikan dulu ukuran monitor desktop atau laptop Anda. Jika ukurannya besar, maka Anda perlu memilih pen tablet yang active area-nya juga besar, begitu pun sebaliknya. Langkah ini penting agar objek yang Anda gambar di active area, muncul dalam ukuran yang sama di layar komputer.

Pada dasarnya, sinkronisasi antara pen tablet dengan komputer bekerja dalam skala tertentu. Alhasil, jika Anda menggunakan tablet kecil di layar yang besar, maka saat Anda menggambar objek berukuran kecil, ukurannya di layar komputer akan jadi berkali-kali lebih besar. Sebaliknya, tablet besar di layar kecil akan membuat objek muncul lebih kecil dari ukuran yang Anda gambar.

Inilah sebabnya Anda perlu memproposionalkan ukuran tablet dengan monitor. Tidak perlu persis sama, yang penting tidak selisih terlalu jauh. Walaupun begitu, sebenarnya bisa saja Anda membiasakan diri untuk bekerja dalam kombinasi ukuran yang mismatch, tetapi, Anda yang masih pemula lebih baik tetap bekerja dalam kombinasi yang proporsional agar lebih nyaman dan produktif.

Perhatikan Pressure Sensitivity-nya

Seperti namanya, pressure sensitivity menunjukkan tingkat sensitivitas yang bisa dideteksi stylus pen terhadap tekanan yang diberikan pengguna ke tablet. Semakin tinggi sensitivitasnya, semakin baik kemampuan stylus dalam mengidentifikasi intensitas tekanan untuk menentukan ketebalan garis.

Masing-masing pengguna memiliki preferensi berbeda terhadap sensitivitas tekanan yang pas sesuai style dan kebutuhan. Jika Anda hanya menggambar sebagai hobi dan tidak terlalu memikirkan detail, sensitivitas di level 4096 atau bahkan di bawah itu sudah lebih dari cukup. Tetapi, jika Anda profesional yang kerjanya mendetail, mungkin lebih baik memilih sensitivitas yang lebih tinggi, yaitu 8192.

Pilih yang Resolusinya Besar agar Hasil Gambar makin Tajam

Aspek yang satu ini barangkali penting untuk jadi perhatian Anda yang banyak mengerjakan proyek penuh detail. Resolusi pen tablet ditunjukkan dalam satuan lines per inch (lpi), yang menunjukkan berapa banyak garis vertikal dan horizontal yang mampu ditampilkan layar pada setiap inci. Meskipun ukuran layarnya sama, tablet yang resolusinya lebih tinggi akan menampilkan gambar yang lebih tajam.

Kebanyakan pen tablet saat ini menggunakan resolusi 5080 lpi. Resolusi ini sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan presisi tingkat tinggi pada berbagai macam proyek yang Anda kerjakan. Beberapa produk masih ada yang memiliki resolusi 2540 lpi yang kalah tajam. Namun, jika Anda hanya menekuni sebagai hobi, resolusi tersebut lebih dari cukup, kok!

Supaya Minim Paralaks, Pilih yang Dilengkapi Laminated Screen

Jika Anda memutuskan untuk memilih monitor tablet, maka Anda harus perhatikan paralaks layar. Paralaks adalah selisih jarak antara mata stylus dengan posisi kursor di layar. Besarannya ini dipengaruhi ketebalan lapisan kaca di layar yang memisahkan mata stylus dengan sensor pendeteksi sentuhan (digitizer).

Semakin tebal jaraknya, maka semakin besar paralaksnya, yang kemudian menyebabkan makin besar pula ketidakakuratan antara stylus dan kursor. Para produsen meminimalisir problem ini dengan mengimplementasikan laminated screen, yakni layar yang lebih tipis karena lapisan kaca dan digitizer dijadikan satu.

Selain memastikan produk yang Anda pilih sudah pakai laminated screen, untuk makin meminimalisir paralaks, Anda juga bisa melakukan kalibrasi manual.

Untuk Menambah Friksi, Pilih yang Punya Lapisan Pelindung Layar Matte

Lapisan pelindung layar matte merupakan salah satu aksesori favorit di kalangan pegiat digital art. Pasalnya, lapisan ini memberikan tekstur yang lebih menggigit, mirip seperti kertas. Alhasil, friksi atau gesekan yang dihasilkan pun lebih nyaman untuk menggambar.

Dengan tekstur layar kebanyakan monitor tablet yang cenderung licin khas kaca, lapisan matte adalah alternatif yang patut Anda coba. Beberapa produk sudah mengimplementasikannya langsung pada monitor tablet mereka.

Meski demikian, jika produk pilihan Anda belum pakai lapisan ini, Anda bisa membelinya secara terpisah sebagai aksesori.

10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik

Setelah memahami aspek-aspek penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih pen tablet, kini saatnya Anda memilih. Di bagian ini, kami punya sepuluh produk terbaik yang kami kumpulkan dari beragam produsen pen tablet ternama.

1. Huion Kamvas 22 Plus

Menghasilkan warna yang dalam dan akurat berkat kombinasi layar IPS laminated screen

Anda yang membutuhkan akurasi warna tinggi untuk mengerjakan proyek penuh detail akan dibuat kagum oleh produk Huion satu ini. Bagaimana tidak, Kamvas 22 Plus dibekali layar in-plane switching (IPS) yang berteknologi quantum dot.

Berkat teknologi quantum dot, warna objek di layar tidak akan bergeser meskipun dipandang dari samping, sehingga memberi Anda keleluasaan dalam bergonta-ganti posisi ketika menggambar.

Karena sudah laminated, paralaksnya layarnya pun kecil atau malah tidak ada. Kacanya juga sudah matte yang antigores untuk menghasilkan friksi serupa kertas. Selain itu, jika ruang kerja Anda dekat jendela, Anda tidak perlu khawatir sinar matahari memantul di layar tablet ini berkat teknologi anti-glare­-nya yang mumpuni.

Dimensi546 x 323 x 19 mm
Ukuran active area476.64 x 268.11 mm
Pressure sensitivity8192 levels
Resolusi5080 lpi
Kisaran hargaRp7.999.000

2. XP-Pen Artist 24 Pro

Sumber: Xp-pen.com

Dibekali layar ekstra besar dan dua buah pen

Anda yang sudah profesional tentu bakal lebih leluasa bekerja di pen display yang layarnya ekstra besar, bukan? XP-Pen Artist 24 Pro, seperti namanya, memiliki layar sebesar 24 inci. Detail dari gambar Anda bakal terlihat jelas tanpa perlu banyak melakukan zoom dan panning.

Dengan jarak antara digitizer dengan permukaan layar yang kecil, paralaks yang dihasilkan juga sangat minim sehingga tidak terlalu mengganggu. Dilengkapi pula dengan lapisan protector matte bawaan yang kesat sekaligus mulus.

Menariknya lagi, XP-Pen juga melengkapi monitor tablet ini dengan dua buah pen. Anda pun tidak perlu membeli pen tambahan untuk cadangan!

Dimensi632 x 370 x 44.8 mm
Ukuran active area526.85 x 296.35 mm
Pressure sensitivity8192 levels
Resolusi5080 lpi
Kisaran hargaRp12.600.000

3. Wacom Intuos

Sumber: Wacom.com

Pen tablet harga terjangkau yang cocok untuk pemula

Ini dia digitizer tablet paling cocok untuk Anda yang baru mau memulai karir di digital art. Dengan harga yang terjangkau, Wacom Intuos menyediakan fitur yang komprehensif namun tetap simpel untuk pemula yang baru belajar.

Jika masih kurang, Wacom juga menyediakan tiga software grafis yang bisa Anda download gratis, di antaranya Corel Painter, Corel Aftershot, dan Clip Studio Paint.

Kalau Anda belum memiliki komputer yang spesifikasinya cukup untuk desain grafis, Anda bisa menggunakan pen tablet ini dengan ponsel Android, lho. Supaya makin praktis lagi, kami sarankan pilih varian yang menggunakan konektivitas bluetooth.

Dimensi200 x 160 x 8.8 mm
Ukuran active area152.0 x 95.0 mm
Pressure sensitivity4096 levels
Resolusi2540 lpi
Kisaran hargaRp1.690.000

4. Parblo A640 V2

Sumber: Parblo.com

Ukurannya minimalis, cocok untuk pemula maupun profesional

Apabila Anda bekerja di laptop atau desktop yang ukuran monitornya sekitar 13 sampai 15 inci, maka Anda lebih cocok menggunakan pen tablet yang ukurannya kecil. Parblo A640 V2 bisa jadi opsi. Dengan active area 6 x 4 inci, gambar Anda akan terepresentasikan dengan baik di layar PC.

Meski ukurannya kecil, produk asal Tiongkok ini memiliki pressure sensitivity yang cukup tinggi, yaitu 8192. Hal ini membuat A640 V2 cocok digunakan oleh pemula untuk belajar mengatur intensitas ketebalan garis, maupun oleh profesional untuk menghasilkan penggarisan yang lebih natural.

Dimensi180 x 137 x 4 mm
Ukuran active area152.0 x 101.6 mm
Pressure sensitivity8192 levels
Resolusi5080 lpi
Kisaran hargaRp600.000

5. Wacom One

Sumber: Wacom.com

Display pen entry level yang bisa diandalkan

Untuk Anda yang penasaran rasanya menggambar di atas pen display, namun belum ingin mengeluarkan biaya terlalu banyak, kami rekomendasikan Anda Wacom One. Pen display ini memiliki layar laminated ukuran 13 inci yang dilapisi tekstur matte, menimbulkan friksi yang nyaman di tiap goresan.

Agar lebih ergonomis dan pas dengan postur Anda, Wacom One memiliki kaki yang dapat ditegakkan hingga 19 derajat. Di samping itu, produk ini juga kompatibel dengan beragam sistem operasi, mulai dari Windows, Mac, hingga beberapa tipe Android.

Dimensi225 x 357 x 14.6 mm
Ukuran active area294 x 166 mm
Pressure sensitivity4096 levels
Resolusi2540 lpi
Kisaran hargaRp5.690.000

6. Microsoft Surface Pro 7

Tablet PC untuk segala keperluan, termasuk menggambar!

Produk satu ini bukanlah drawing tablet, melainkan tablet PC, yang memungkinkan Anda menggambar hingga mengerjakan tugas-tugas lainnya seperti mengetik, browsing, dan banyak lagi. Untuk mengakomodasi semua tugas tersebut, diimplementasikan sistem operasi Windows 10 yang pengoperasiannya familier untuk kebanyakan orang.

Meski begitu, agar bisa digunakan menggambar, Anda perlu membeli Surface Pen yang dijual terpisah dan software grafis untuk diinstal. Jadi, jika Anda berniat membeli Surface Pro 7, jangan lupa untuk menyiapkan dana tambahan, ya!

Dimensi292 x 201 x 8.5 mm
Ukuran active area312.42 mm (diagonal)
Pressure sensitivity4096 levels
ResolusiTidak disebutkan
Kisaran hargaRp13.500.000

7. Veikk A15

Sumber: Shopee.co.id

Digitizer tablet murah meriah yang teroptimasi untuk pengguna kidal

Kalau budget Anda tipis, namun menginginkan digitizer tablet berukuran sedang, Anda bisa coba Veikk A15. Di harganya yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan tablet dengan active area seluas 10 x 6 inci.

Uniknya lagi, produk ini dilengkapi left hand mode untuk mengoptimalkan penggunaan bagi Anda yang bertangan kidal. Meski harganya murah, sensitivitas tekanan dari produk Veikk ini cukup tinggi, yaitu 8192. Jadi, Anda tidak perlu skeptis dengan performanya untuk dipakai menggambar, ya!

Dimensi358 x 200 x 9 mm
Ukuran active area254 x 152.4 mm
Pressure sensitivity8192 levels
Resolusi5080 lpi
Kisaran hargaRp715.000

8. Huion H430P

Sumber: Huion.com

Ramah untuk kantong pelajar dan mahasiswa berkat harga yang terjangkau

Di varian H430P ini, Huion memasang harga ekstra miring, yang ramah untuk kantong pelajar dan mahasiswa. Dengan ukurannya yang kecil dan tipis, pen tablet ini lebih cocok digunakan di laptop atau smartphone Android. Alasan yang sama juga membuatnya nyaman Anda bawa kemana-mana karena tidak makan banyak tempat di dalam tas.

Walau harganya di bawah Rp500.000, performa pen tablet ini cukup baik, terutama berkat dukungan resolusi 5080 lpi yang menghasilkan gambar detail dan jelas. Pen bawaan yang disediakan pun sudah mengadopsi teknologi electromagnetic resonance (EMR) yang memungkinkannya bekerja tanpa baterai.

Dimensi186.6 x 139.2 x 6.3 mm
Ukuran active area121.9 x 76.2mm
Pressure sensitivity4096 levels
Resolusi5080 lpi
Kisaran hargaRp375.000

9. Artisul D16

Sumber: Artisul.com

Salah satu yang termurah di kelasnya!

Artisul D16 bisa menjadi opsi untuk Anda yang mencari monitor tablet dengan harga paling kompetitif di ukuran 16 inci. Seperti merek lain di kelasnya, pen tablet ini dibekali pressure sensitivity 8192 levels dan resolusi 5080 lpi.

Artisul D16 sudah dilengkapi stand dalam paket penjualannya. Stand ini terbuat dari bahan alumunium sehingga sangat kokoh dalam menopang tekanan yang Anda berikan ke tablet.

Dimensi424.2 x 262 x 16.5 mm
Ukuran active area344.16 x 193.59 mm
Pressure sensitivity8192 levels
Resolusi5080 lpi
Kisaran hargaRp7.499.000

10. Wacom Cintiq 16

Sumber: Wacom.com

Investasi ideal untuk aspiring illustrator!

Jika Anda pengguna digitizer tablet yang ingin coba upgrade ke monitor, Wacom Cintiq 16 bisa menjadi investasi yang pas. Terlebih lagi, Cintiq 16 mengimplementasikan layar sentuh sehingga Anda dapat berinteraksi dengan program menggunakan tangan Anda. Workflow pun menjadi lebih intuitif dan lincah.

Karena merupakan produk Wacom yang cenderung menjadi preferensi utama para profesional, Anda tentu tidak perlu ragu dengan kapabilitas dan kualitasnya. Di samping itu, banderolan harga Cintiq 16 masih cukup terjangkau, apalagi jika dibandingkan dengan varian Cintiq Pro di ukuran sama yang harganya bisa dua kali lipat.

Dimensi422 x 285 x 25 mm
Ukuran active area344 x 194 mm
Pressure sensitivity8192 levels
Resolusi5080 lpi
Kisaran hargaRp9.167.000

Tabel Perbandingan Pen Tablet

ProdukHuion Kamvas 22 PlusXP-Pen Artist 24 ProWacom IntuosParblo A640 V2Wacom OneMicrosoft Surface Pro 7Veikk A15Huion H430PArtisul D16Wacom Cintiq 16
Dimensi546 x 323 x 19 mm632 x 370 x 44.8 mm200 x 160 x 8.8 mm180 x 137 x 4 mm225 x 357 x 14.6 mm292 x 201 x 8.5 mm358 x 200 x 9 mm186.6 x 139.2 x 6.3 mm424.2 x 262 x 16.5 mm422 x 285 x 25 mm
Ukuran active area476.64 x 268.11 mm526.85 x 296.35 mm152.0 x 95.0 mm152.0 x 101.6 mm294 x 166 mm312.42 mm (diagonal)254 x 152.4 mm121.9 x 76.2mm344.16 x 193.59 mm344 x 194 mm
Pressure sensitivity8192 levels8192 levels4096 levels8192 levels4096 levels4096 levels8192 levels4096 levels8192 levels8192 levels
Resolusi5080 lpi5080 lpi2540 lpi5080 lpi2540 lpiTidak disebutkan5080 lpi5080 lpi5080 lpi5080 lpi
Kisaran hargaRp7.999.000Rp12.600.000Rp1.690.000Rp600.000Rp5.690.000Rp13.500.000Rp715.000Rp375.000Rp7.499.000Rp9.167.000
Periksa ketersediaan

Sebelum Memakai Pen Tablet, Jangan Lupa Menginstal Driver-nya ke Komputer Anda Terlebih Dulu

Agar pen tablet yang sudah Anda beli bisa berfungsi sempurna dan semua fiturnya bekerja dengan baik, Anda perlu menginstal driver-nya dulu. Driver adalah software yang menjadi perantara komunikasi antara sistem operasi komputer dengan hardware yang terpasang, dalam hal ini berarti pen tablet Anda.

Jika Anda langsung menggunakan tablet tanpa menginstal driver, tablet Anda tidak akan bekerja dengan benar. Dalam banyak kasus, tablet justru dianggap oleh komputer sebagai mouse. Di sinilah pentingnya peran driver dalam mentransmisikan maksud masing-masing device.

Beberapa produk menyisipkan driver pada CD/DVD yang termasuk dalam paket penjualan. Sedangkan untuk produk yang tidak menyertakannya secara langsung, driver-nya bisa Anda unduh secara manual melalui situs resmi mereka. Jika Anda kesulitan, layanan costumer service masing-masing brand pasti selalu siap membimbing Anda dalam keseluruhan prosesnya.

Yuk, cek rekomendasi produk stylus pen dari PickyBest lainnya!

Anda yang hendak mendalami dunia ilustrasi dan desain grafis memerlukan perangkat yang nyaman digunakan untuk bekerja. Selain pen tablet, Anda juga dapat memilih stylus pen sesuai kebutuhan.

Berbagai pabrikan memproduksi stylus pen dengan jenis, bentuk nib, dan bermacam fitur tambahan. Apabila Anda memerlukan stylus pen untuk mengoptimalkan hasil kerja, pilih dan temukanlah produk terbaik Anda dalam artikel berikut. Silakan dilirik!

Kesimpulan

Pen tablet adalah perangkat yang esensial dalam membuat seni digital. Meski begitu, kalau tidak pintar memilih, bisa-bisa malah dapat produk yang kurang cocok dengan karakteristik Anda. Karena itu, Anda perlu memerhatikan aspek-aspek penting seperti jenis, ukuran, sensitivitas tekanan, resolusi, paralaks, dan lapisan pelindung layarnya saat memilih produk.

Jika Anda pemula, kami sarankan pilih digitizer tablet yang harganya pas di kantong. Setelah terbiasa dengan sensasi menggambar di pen tablet dan memiliki budget lebih, Anda bisa berinvestasi pada monitor tablet untuk mengembangkan karir digital art Anda. Mudah-mudahan Anda menemukan pen tablet yang paling cocok dengan style Anda, ya!

Referensi

Top 11 Drawing Tablets of 2020!
https://www.clipstudio.net/how-to-draw/archives/158824 diakses pada 18 Desember 2020

Drawing Tablet Buyer’s Guide: What To Know Before Getting An Art Tablet
https://conceptartempire.com/tablet-buying-guide/ diakses pada 18 Desember 2020

What is parallax? And is it really bad in a pen display like Cintiq or Kamvas?
https://sweetmonia.com/Sweet-Drawing-Blog/what-is-parallax-and-is-it-really-bad-in-a-pen-display-like-cintiq-or-kamvas/ diakses pada 18 Desember 2020

Working with digital pens and other digital drawing tools.
https://www.parkablogs.com/content/should-you-get-matte-screen-protector-your-tablet diakses pada 18 Desember 2020

Should you get a matte screen protector for your tablet?
https://www.parkablogs.com/content/should-you-get-matte-screen-protector-your-tablet diakses pada 18 Desember 2020

(Visited 82 times, 1 visits today)