Komputer & Gadget

10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik

Sebagian orang mungkin lupa bahwa di samping tablet Android dan iPad, ada pula yang namanya tablet Windows. Tak hanya sebatas beda sistem operasi, tablet Windows mengawinkan keleluasaan mobilisasi dengan fungsionalitas setara laptop. Tak heran, tablet ini lebih disukai oleh sebagian kaum pekerja.

Hingga hari ini, Microsoft lewat seri Surface mereka mendominasi pasar tablet Windows. Kendati begitu, ada pula beberapa merek lain seperti HP dan Lenovo yang ikut berkompetisi. Agar tahu harus pilih yang mana, kami akan kupas tips memilihnya di artikel ini, plus rekomendasi sepuluh tablet Windows terbaik yang beredar di pasaran. Kita mulai pembahasannya, ya!

Keistimewaan Tablet Windows dibanding Tablet Android dan iPad

Kalau Anda browsing tablet di situs e-commerce, Anda akan mendapati sebagian besarnya adalah tablet Android. Harus diakui, dari segi popularitas, Android memang yang terdepan untuk perangkat mobile. Tapi, bukan berarti ia menjadi pilihan yang pasti lebih baik.

Masalah terbesar tablet Android adalah aplikasi. Jumlahnya memang banyak karena Play Store-nya sama dengan versi smartphone. Namun, aplikasi yang eksklusif untuk tablet relatif sedikit. Aplikasinya dapat bekerja, tapi tak teroptimasi dengan baik. Hal ini dapat berefek pada layout menu yang terlihat jelek, hingga performa aplikasi yang tak sesuai aslinya.

iPad lebih baik soal ini. Tiap aplikasi yang tersedia di App Store sudah teroptimasi buat iPad. User experience tiap aplikasi pun terjaga sebagaimana mestinya. Masalahnya, beberapa orang yang belum terbiasa pakai produk Apple mungkin perlu adaptasi dulu. Di samping itu, harga iPad dan periferalnya cenderung mahal.

Di sinilah istimewanya tablet Windows, karena memakai sistem operasi Windows—yang telah akrab untuk kebanyakan orang–semua aplikasi PC bisa jalan. Sebutlah program ikonik seperti Microsoft Office, yang meski juga tersedia untuk Android dan iPadOS, memiliki batasan fitur yang berbeda dengan versi asli yang bisa jalan di tablet Windows.

Alhasil, memakai tablet Windows rasanya kurang lebih sama saja seperti laptop. User experience-nya serupa sehingga Anda tak perlu beradaptasi. Begitu pun periferalnya, nyaris semua yang bisa Anda gunakan di laptop atau desktop, dapat pula digunakan di tablet Windows. Ada slot USB untuk flash disk, lubang jack 3.5 mm untuk headphone, dan seterusnya.

Dapat bekerjanya aplikasi Windows membuat tablet Windows pilihan yang lebih baik untuk orang yang semata-mata ingin memakainya untuk kerja atau berbisnis. Sebaliknya, kalau hanya buat entertainment dan mobile gaming, lebih baik pakai tablet Android atau iPad.

Cara Memilih Tablet Windows

Bagi orang yang awam, memilih tablet Windows mungkin cukup sulit. Tak perlu khawatir, di bawah ini telah kami rangkum tipstips yang perlu Anda ketahui dalam menentukan produk terbaik. Mulai dari ukuran layar, dukungan konektivitas, prosesor, dan baterai.

Tentukan Dulu Ukuran Layar yang Pas

blank

Seperti membeli tablet pada umumnya, pastikan dulu ukuran layar yang pas untuk kebutuhan Anda. Bedanya, tak seperti tablet Android, variasi terkecil tablet Windows adalah 10 inci. Ukuran ini tergolong besar, enak dipakai untuk kerja. Saat membuka perangkat pengolah kata (seperti Microsoft Word), teks dapat terlihat jelas tanpa perlu di-zoom.

Efek sampingnya, pengetikan pakai jempol (sebagaimana kita mengetik di smartphone) pada layar sebesar ini mungkin cukup sulit untuk beberapa orang. Itu sebabnya mengapa sangat disarankan untuk membeli keyboard tambahan.

Jika 10 inci masih terasa kekecilan, Anda dapat pilih yang 11, 12, atau 13 inci. Di ukuran 13 inci, besarnya nyaris sebanding dengan laptop, sangat leluasa untuk multitasking sambil membuka banyak windows sekaligus. Layar yang lebih besar ini juga menjadi pilihan yang lebih nyaman untuk para seniman digital dan content creator lainnya.

Ketahui Jenis Konektivitas Apa Saja yang Didukung

blank

Periksalah konektivitas apa saja yang didukung oleh tablet Windows sasaran Anda. Semua tablet pasti mendukung koneksi Wi-Fi. Tapi tak semuanya mendukung kartu SIM 4G LTE

Kalau tak ada dukungan jaringan 4G, maka Anda tidak bisa memasang kartu SIM. Dampaknya, Anda harus menghubungkan tablet ke Wi-Fi tiap kali ingin mengakses internet. Untungnya, saat ini jaringan Wi-Fi tak seberapa susah dicari di tempat-tempat umum seperti kafe, bandara, dan lain-lain.

Dukungan koneksi 4G jadi tak mutlak karena Anda tentulah punya ponsel sebagai perangkat komunikasi utama. Kendati begitu, adanya kartu SIM tetap membuat tablet jadi lebih fungsional karena dapat tersambung internet kapan dan di mana saja tanpa putus. Jadi, putuskan apakah Anda memerlukan konektivitas ini atau tidak.

Pilih Prosesor yang Mampu Menunjang Jenis Pemakaian Anda

blank

Windows adalah sistem operasi yang dirancang untuk berjalan pada prosesor berarsitektur x86. Oleh karenanya, mayoritas tablet Windows memakai prosesor Intel. Tidak seperti prosesor tablet Android yang menggunakan arsitektur ARM.

Prosesor Intel yang digunakan adalah yang berbasis consumer ultra-low voltage (CULV), yakni prosesor hemat daya (berkisar dari 5 sampai 15 watt saja) dan rendah panas. Karakteristik ini menjadikannya ideal diimplementasikan pada perangkat portabel seperti tablet agar baterainya awet dan bodi tetap adem meski dipakai intens. Alasan yang sama juga membuat basis ini kerap dipakai untuk laptop.

Saat ini, prosesor Intel yang masuk di kategori ini adalah Celeron dan Core. Celeron adalah pilihan utama pada produk kelas harga menengah ke bawah. Performanya tidak ada yang spesial, tapi lebih dari cukup untuk sekadar menunjang produktivitas ringan.

Intel Core yang digunakan berasal dari keluarga yang sama dengan yang dipakai di komputer desktop, yakni i3, i5, i7, dan i9. Namun, karena basisnya CULV, prioritas performanya tetap ada di penghematan daya dan buangan panas rendah. Alhasil, i7 untuk tablet tak bisa disetarakan dengan i7 untuk desktop.

Untuk membedakan mana prosesor yang pakai CULV, Anda dapat lihat dari penamaannya yang terdapat kode huruf “U” atau “Y”. Seri Y menghasilkan konsumsi daya lebih hemat dan produksi panas lebih sedikit, dengan kompensasi performa yang sedikit di bawah seri U.

Kesimpulannya, jika budget tipis dan pemakaian Anda tidak berat, cukuplah membeli tablet Windows kelas harga menengah ke bawah yang dilengkapi Intel Celeron. Sebaliknya, buat pemakaian berat (misalnya editing video, desain grafis, dan sejenisnya) Anda bakal memerlukan Intel Core yang ada di produk kelas menengah ke atas.

Selain prosesor, performa juga akan ditentukan oleh besar RAM. Di sebuah produk, Anda memperoleh beberapa opsi RAM dan storage. Makin besar RAM-nya maka makin banyak program yang dapat Anda buka sekaligus. Sesuaikanlah berapa besar RAM dan storage yang pas sesuai kebutuhan. Tidak perlu berlebihan, pasalnya RAM lebih besar membuat harga tabletnya lebih mahal pula.

Temukan Titik Tengah antara Performa dan Daya Tahan Baterai

blank

Seperti telah disinggung pada poin sebelumnya, performa lebih tinggi memerlukan daya lebih besar. Jadi jangan heran bila tablet Windows performa tinggi level high-end yang harganya mahal malah memiliki daya tahan baterai lebih pendek. Di sinilah Anda patut mengerti bahwa untuk perangkat portabel seperti tablet, performa bukan segalanya. Apalah artinya performa tinggi kalau baterai cepat habis?

Kami sarankan untuk menemukan titik tengah antara kebutuhan performa dan daya tahan baterai yang pas buat Anda. Performa tak perlu kelewat tinggi, yang penting cukup dengan kebutuhan. Kalau kebetulan perlu mengerjakan tugas yang sangat berat, beralihlah ke laptop atau desktop. Tidak perlu memaksa tablet untuk kerja berat hingga baterainya terkuras cepat.

Lantas bagaimana kalau pekerjaan rutin Anda memang berat, misalnya video editing, bikin animasi 3D, atau cryptomining? Jika demikian, perangkat yang tepat buat Anda bukanlah tablet Windows, melainkan laptop atau komputer desktop.

Siapkan Dana Ekstra untuk Membeli Dua Aksesori Esensial Ini

Digunakan tanpa aksesori pun sebenarnya tablet Windows sudah dapat bekerja baik. Tapi, fungsionalitas sepenuhnya baru bisa Anda peroleh saat menambahkan dua aksesori berikut ini. Maka itu, jika memungkinkan ada baiknya siapkan dana lebih untuk membeli keduanya.

Keyboard

blank

Kami telah menyinggung bahwa ukuran terkecil tablet Windows yang sebesar 10 inci membuatnya mungkin agak kebesaran untuk dipakai mengetik lewat on-screen keyboard. Belum lagi yang ukurannya lebih besar dari itu. Inilah sebabnya mengapa Anda memerlukan keyboard tambahan agar dapat mengetik dengan leluasa dan cepat.

Keyboard untuk tablet umumnya dijadikan satu dengan cover. Fungsinya menjadi ganda karena ada lapisan pelindung layarnya juga. Pada beberapa produk, ada pula yang ditambahi touchpad untuk makin memudahkan navigasi.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat membeli laptop convertible alias 2 in 1 yang merupakan laptop dan tablet sekaligus. Saat dipakai kerja, Anda dapat menggunakannya sebagaimana laptop biasa. Sedangkan ketika ingin digunakan sebagai tablet, keyboard-nya dapat dilipat ke belakang.

Stylus

blank

Stylus pada tablet Windows menjadi esensial untuk orang yang berprofesi sebagai seniman digital, maupun orang yang banyak membuat catatan.

Stylus ada dua jenis: aktif dan kapasitif. Supaya tahu harus beli yang mana, Anda mesti mengetahui sensor layar tablet Windows yang Anda beli. Apakah layarnya kapasitif atau ada sensor digitizer-nya.

Jika layarnya kapasitif, maka belilah stylus yang kapasitif juga. Stylus seperti ini hanya bekerja sebagai pengganti jari. Namun, ujungnya yang lebih kecil akan memberikan akurasi lebih ketika membuat sketsa dan menulis.

Sementara itu, pada layar yang ada digitizer-nya, belilah stylus aktif yang bekerja sebagai pulpen pintar ekstra presisi untuk menggambar. Program pada stylus aktif berintegrasi dengan tablet untuk menghadirkan fitur-fitur ekstra yang boleh jadi penting untuk para seniman, misalnya palm rejection agar layar tidak mendeteksi sentuhan tangan saat Anda sedang menggambar pakai stylus.

Beberapa Produk Mungkin juga Mendukung Android

blank

Di pasaran, ada tablet yang mendukung sistem operasi Android dan Windows sekaligus. Istilahnya dual OS (operating system). Kalau Anda karena alasan tertentu perlu bergonta-ganti OS, tablet seperti ini mungkin dapat menjadi alternatif.

Masalahnya, nyaris tak ada merek ternama yang memproduksi tablet dual OS. Paling mendekati, disediakan opsi untuk memilih sistem operasi Android atau Windows, namun tak bisa keduanya sekaligus.

Hanya merek-merek kurang terkenal yang memproduksinya. Jadi, jika ingin membeli tablet seperti ini Anda mesti ekstra teliti dalam mempelajari produk. Jangan hanya terpaku pada klaim produsen, perhatikan juga review yang bertebaran di internet.

10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik

Mudah-mudahan pembahasan kami di atas bisa Anda mengerti, ya? Kalau sudah, sekarang kita masuk ke bagian ini, di mana kami merekomendasikan sepuluh tablet Windows terbaik dari beragam merek dan kelas harga.

1. Lenovo ThinkPad X1 Tablet (Generasi ke-3)

blank

Sumber: Lenovo.com

Dibekali keyboard khas ThinkPad yang disukai banyak orang

Lenovo ThinkPad X1 adalah tablet yang dirancang khusus untuk pebisnis bermobilitas tinggi. Beda dengan convertible biasa, layarnya tak hanya bisa dilipat, tapi juga dilepas dari keyboard. Tak terasa berat dan tebal di tangan ketika Anda gunakan sebagai tablet.

Performa ThinkPad ini pun tinggi berkat dapur pacu yang didukung oleh Core i7-8650U yang merupakan salah satu prosesor mobile terunggul saat ini. Hebatnya lagi, komunikasi Anda takkan pernah putus karena Anda dapat menggunakan kartu SIM 4G LTE di tablet ini.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Meski layarnya besar, gambar terlihat tajam karena resolusinya 3K.
  • Ada port Thunderbolt 3 yang memungkinkan transfer data ke external drive jadi lebih cepat. Lebih lengkap soal keistimewaan interface ini, silakan cari pembahasannya di internet.
  • Memakai keyboard khas ThinkPad yang lengkap dengan TrackPoint sebagai pengganti mouse.
  • Kickstand kokoh yang mendukung banyak variasi angle.
  • Ada microSD card reader.
  • Lumayan baik untuk digital art jika digunakan bersama stylus Lenovo Active Pen.
  • Bobot enteng, termasuk saat keyboard-nya terpasang.
  • Mendukung konektivitas 4G.
  • Build ekstra kokoh yang memenuhi standar militer MIL-STD 810G.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Suara speaker agak pelan.
  • Bezel tebal yang tak simetris. Terlihat agak canggung ketika dipakai dalam posisi vertikal (portrait).
  • Daya tahan baterai relatif pendek. Walau akhirnya memang kembali ke pemakaian.
Prosesor Intel Core i7-8650U
RAM/storage 16 GB/1 TB
Konektivitas 4G LTE dan Wi-Fi
Daya tahan baterai 9,5 jam
Ukuran layar 12 inci
Kisaran harga Rp19.000.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

2. Microsoft Surface Pro 7

Dilengkapi prosesor setara laptop high-end

Microsoft Surface Pro 7 adalah tablet Windows yang dirancang untuk memberi performa tinggi. Tablet ini memakai prosesor Core i7-1065G7 yang saking bertenaganya, juga banyak digunakan oleh laptop kelas high-end.

Kelengkapan multimedia produk ini juga komplit. Ada kamera depan dan belakang resolusi HD, mikrofon setara studio, serta speaker stereo dengan Dolby Audio. Teleconference pun dapat berjalan lancar di mana pun Anda berada.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Prosesor bekerja apik dalam membabat multitasking program berat tanpa lag.
  • Layar lapang, tajam, dan responsif. Dapat mendeteksi sepuluh titik sentuhan sekaligus. Bisa diandalkan untuk menggeluti digital art.
  • Ada port USB-C.
  • Build quality baik. Terasa kokoh tapi tidak berat.
  • Suara speaker kencang dan jelas, bahkan ketika menyetel musik. Begitu pun mikrofonnya.
  • Kickstand yang terasa mantap di segala angle.
  • Mendukung konektivitas 4G LTE. Wi-Fi-nya pun sudah mendukung Wi-Fi 6.
  • Pengecasan cepat.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bezel tergolong tebal, membuat tampilannya terasa outdated sebagai sebuah tablet.
  • Belum ada port Thunderbolt 3.
  • Daya tahan baterai biasa saja.
  • Keyboard dijual terpisah.
Prosesor Intel Core i7-1065G7
RAM/storage 16 GB/256 GB
Konektivitas 4G LTE dan Wi-Fi
Daya tahan baterai 10,5 jam
Ukuran layar 12,3 inci
Kisaran harga Rp18.000.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

3. Microsoft Surface Go 2

Tablet Windows kelas menengah, lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari

Di kelas menengah, Microsoft memasang Surface Go 2 sebagai produk unggulan. Kinerjanya cukup baik menunjang pemakaian sehari-hari, seperti mengetik dokumen, menyiapkan presentasi meeting, ataupun pembelajaran online anak sekolah.

Ukuran layarnya yang tergolong kecil sebagai tablet Windows menjadikan produk ini lebih nyaman untuk mobilisasi. Sudah begitu, bodinya pun tipis, tak terasa canggung mesti ditenteng tanpa tas.

9 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bisa sign-in menggunakan pengenalan wajah Windows Hello.
  • Buil quality jempolan yang tipis nan ringan.
  • Kickstand kokoh.
  • Meski bukan yang terbaik, keyboard-nya lumayan nyaman.
  • Konektivitas lengkap, ada Wi-Fi 6 dan 4G.
  • Suara speaker terdengar kencang.
  • Kamera beresolusi HD.
  • Ada port USB-C.
  • Performa CPU lumayan untuk multitasking ringan.

4 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Paket penjualan belum termasuk keyboard cover.
  • Daya tahan baterai mestinya bisa lebih baik.
  • Tidak ada port USB-A.
  • Kerap muncul lag ketika berpindah aplikasi saat multitasking.
Prosesor Intel Core m3-8100Y
RAM/storage 8 GB/128 TB
Konektivitas 4G LTE dan Wi-Fi
Daya tahan baterai 10 jam
Ukuran layar 10,5 inci
Kisaran harga Rp8.000.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

4. Microsoft Surface Pro X

Memberi prioritas lebih pada portabilitas

Inilah Microsoft Surface terbaik hari ini. Alternatif untuk Anda yang masih belum puas dengan apa yang ditawarkan Surface Pro 7. Layarnya lebih besar, bodi lebih tipis, bobot lebih enteng, dan daya tahan baterainya pun lebih panjang.

Seluruh keunggulan tersebut membuat produk ini nyaris tak punya saingan di aspek portabilitas. Walau memang, performa dapur pacu tablet ini sedikit di bawah Surface Pro 7.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Merupakan varian Microsoft Surface Pro paling tipis dan enteng.
  • Penampilan terasa modern berkat bezel tipis yang rata pada tiap sisi.
  • Layar responsif, pas untuk dipakai menggambar oleh seniman digital.
  • Mendukung koneksi 4G.
  • Ada dua port USB-C.
  • Ada tempat khusus menaruh stylus pada keyboard cover.
  • Baterai awet dipakai seharian penuh.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Prosesor Microsoft SQ2 yang berarsitektur ARM belum memberi kinerja maksimal. Masih kalah dengan prosesor Intel di kelas ini.
  • Pengimplementasian Windows 10 ARM menimbulkan masalah kompabilitas pada beberapa software.
  • Harganya mungkin cukup mahal untuk beberapa orang.
Prosesor Microsoft SQ2
RAM/storage 16 GB/512 GB
Konektivitas 4G LTE dan Wi-Fi
Daya tahan baterai 15 jam
Ukuran layar 13 inci
Kisaran harga Rp27.000.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

5. Chuwi UBook X

Cocok menjadi tablet pendamping PC utama di kantor

Chuwi Ubook X bakal menarik buat para pekerja kantoran yang memerlukan tablet sebagai pendamping PC. Tablet ini dibekali prosesor Celeron N4100 empat core yang cukup bertenaga untuk meneruskan pekerjaan yang belum terselesaikan di kantor.

Layar IPS-nya pun terlihat jernih, tajam, dan kaya warna. Anda dapat memanjakan mata saat tablet ini Anda pakai untuk bersantai nonton film, bahkan yang resolusinya 4K sekalipun!

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kicstand unik berbentuk “U” yang kokoh dan dapat disesuaikan hingga 145 derajat.
  • Ports lengkap. Ada 2 slot USB-A, 1 USB-C, micro-HDMI, dan 3.5 mm headphone jack.
  • Meskipun bukan yang terbaik di kelasnya, performa yang dihasilkan cukup oke untuk menunjang multitasking ringan tanpa lag.
  • Ukuran layar lebih besar dibanding produk lain di kelas harganya.
  • Cukup responsif dipakai bersama stylus untuk menulis catatan maupun menggambar sederhana.
  • Kamera menghasilkan kualitas video yang lumayan baik untuk Zoom meeting.
  • Harga sangat kompetitif.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Daya tahan baterai pendek.
  • Suara speaker terdengar pelan meski sudah di volume maksimum.
  • Touchpad terasa kekecilan untuk beberapa orang.
Prosesor Intel Celeron N4100
RAM/storage 8 GB/256 GB
Konektivitas Wi-Fi
Daya tahan baterai 5 jam
Ukuran layar 12 inci
Kisaran harga Rp7.000.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

6. Chuwi Hi10 X

Mobile workstation yang terjangkau kantong pelajar

Chuwi Hi10 X adalah produk penunjang produktivitas yang lebih ringan. Produk ini andal menjalankan program pengolah kata, browsing internet, desain grafis 2D, dan barangkali video editing ringan.

Pada paket penjualannya, telah terdapat docking keyboard, stylus, dan Windows 10 Home. Tinggal Anda instal saja program-program andalan untuk menunjang kebutuhan kerja Anda. Menariknya lagi, harga produk ini cukup terjangkau untuk kantong mahasiswa dan pelajar!

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Selisih harga signifikan dengan produk termurah merek ternama.
  • Seluruh bodi terbuat dari metal. Kokoh dan terlihat elegan.
  • Ports lengkap: 2 port USB-C, 1 USB-A, micro-HDMI, dan microSD.
  • Backlight pada layar relatif minim.
  • Storage sudah pakai SSD.
  • Lancar memutar video 4K tanpa mengalami penurunan FPS.

4 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bobot tergolong berat untuk ukurannya.
  • Performa touchpad inkonsisten.
  • Layar terasa agak redup. Terutama saat dipakai di luar ruangan.
  • Speaker pelan dengan bass buruk.
Prosesor Intel Celeron N4100
RAM/storage 6 GB/128 GB
Konektivitas Wi-Fi
Daya tahan baterai 5,5 jam
Ukuran layar 10,1 inci
Kisaran harga Rp4.699.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Tokopedia

7. HP Spectre x360 Convertible 14-ea0030TU

blank

Sumber: Store.hp.com

Telah dibekali prosesor Intel Core generasi ke-11

Dari segi performa dapur pacu, inilah produk terbaik pada daftar rekomendasi kami kali ini. Terlihat dari prosesornya yang telah menggunakan Intel Core generasi ke-11 (Tiger Lake), yakni i7-1165G7. Performa yang dihasilkan amat kencang dan bertenaga. Tak hanya menunjang produktivitas harian, gaming level menengah pun lancar jaya!

Menariknya, sisi portabilitas laptop/tablet convertible ini tak dikorbankan atas nama performa. Seluruh bodi terbuat dari metal kokoh yang takkan bergeming meski mendapat tekanan. Daya tahan baterainya pun awet dalam pemakaian biasa. Ketika perlu dicas pun hanya menghabiskan waktu 2 sampai 2,5 jam saja untuk mengisinya dari posisi habis sampai penuh.

10 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Performa setara laptop high-end.
  • Tampilan menawan. Permukaan bodi bertekstur matte yang terlihat classy dan tak menyisakan noda sidik jari.
  • Engsel kuat yang membuat layar tetap mantap meskipun digoyang-goyang.
  • Layar OLED yang cerah, tajam, dan warna yang kaya nan hidup. Tampilannya pun lebih lapang berkat implementasi aspect ratio 3:2 dan bezel ekstra tipis.
  • Meski sedang bekerja intens, permukaan keyboard dan palm rest hanya terasa hangat. Tetap nyaman saat bekerja.
  • Terdapat port Thunderbolt 4.
  • Keyboardnya dilengkapi backlit tombol agar pengetikan di tempat gelap jadi nyaman.
  • Touchpad lapang dan terasa mulus di permukaan jari.
  • Suara yang dihasilkan speaker terdengar cukup kencang. Tiap track di sebuah lagu dapat terdengar jelas. Preset audio pun dapat diatur ke dalam mode-mode berbeda, mulai dari musik, film, dan seterusnya.
  • Sudah mendukung Wi-Fi 6.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak ada dukungan 4G LTE.
  • Tak ada port HDMI.
  • Harganya mungkin terlalu mahal buat beberapa orang.
Prosesor Intel Core i7-1165G7
RAM/storage 16 GB/512
Konektivitas Wi-Fi
Daya tahan baterai 12 jam
Ukuran layar 13,5 inci
Kisaran harga Rp26.000.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. HP ENVY x360 13-ay0006au

blank

Sumber: Store.hp.com

Pilihan premium dengan performa di atas rata-rata

Tidak perlu kecewa jika budget Anda tak cukup buat membawa pulang Spectre x360 di atas. HP telah menyediakan produk alternatif yang tak kalah premium. Envy x360 adalah laptop/tablet convertible yang dipersenjatai prosesor andal AMD Ryzen 7-4700U. Performa yang dihasilkan berada di atas rata-rata produk di kelas harga ini.

Uniknya lagi, meski bukan perangkat gaming, Envy x360 menunjukkan kinerja gaming yang bagus. Hal ini berkat integrated graphic AMD Radeon yang sebanding dengan milik Intel pada level di atasnya. Superioritas ini kemudian diterjemahkan pada aktivitas yang lain. Mau video editing, desain grafis, programming, semuanya bisa!

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Penampilannya keren.
  • Performa luar biasa yang mengungguli produk-produk lain di kelasnya.
  • Layar 400 nits yang terlihat cerah meski dipakai di luar ruangan, selama tidak di terkena terpaan langsung refleksi sinar matahari.
  • Bezel tipis.
  • Memakai material bodi yang sama dengan Spectre x360 sehingga sama kokoh. Bobotnya pun ringan. Kenyamanan tak berkurang saat dibawa ke sana kemari sebagai tablet.
  • Daya tahan baterai terhitung lama.
  • Terdapat backlit keyboard.
  • Sudah ada pembaca sidik jari.

4 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Response time monitor relatif lambat. Mungkin kurang cocok untuk dipakai main gim kompetitif.
  • Tidak ada port Thunderbolt 3 dan HDMI.
  • Touchpad mungkin terasa agak kecil untuk beberapa orang.
  • Speaker lumayan bagus tapi lemah pada frekuensi bass.
Prosesor AMD Ryzen 7-4700U
RAM/storage 16 GB/512 GB
Konektivitas Wi-Fi
Daya tahan baterai 12 jam
Ukuran layar 13,3 inci
Kisaran harga Rp17.999.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Axioo MyBook Go

blank

Sumber: Axiooworld.com 

Pas menjadi tablet pendamping buah hati tersayang

Axioo MyBook Go adalah tablet Windows yang tepat untuk diberikan ke buah hati. Fungsionalitasnya banyak, bisa untuk menunjang pembelajaran online, memudahkannya mengerjakan tugas sekolah, serta menambah  dengan menonton video edukasi di YouTube. Bobotnya enteng, tipis, dan harganya tak sampai lima juta. Sama sekali tak bikin kantong kering!

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kamera depan dan belakang lumayan bagus.
  • Membuka aplikasi ringan tanpa lag.
  • Bobot tak sampai 1 kilogram.
  • Keyboard tidak kebesaran buat tangan anak-anak. Dapat dilepas saat tak dipakai.
  • Sudah dilengkapi port HDMI dan pembaca kartu SD.
  • Harga kompetitif.

3 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya pantas untuk tugas yang ringan saja.
  • Ukuran keyboard mungkin agak kekecilan untuk orang dewasa.
  • Tak ada koneksi 4G.
Prosesor Intel Celeron N3350
RAM/storage 4 GB/64 GB
Konektivitas Wi-Fi
Daya tahan baterai Tidak disebutkan
Ukuran layar 10,1 inci
Kisaran harga Rp3.450.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

10. Alldocube KNote 5 Pro

Alternatif lain di jajaran tablet Windows murah meriah

Alldocube KNote 5 Pro menjadi alternatif lainnya untuk Anda yang mencari tablet Windows murah meriah. Tampilan layar tajam dan detail berkat kombinasi resolusi 1080p dan panel IPS. Kinerjanya pun sesuai harga, tapi lebih dari cukup untuk menunjang kebutuhan pekerja sehari-hari, kok. Misalnya, mengetik di Microsoft Office, browsing internet sambil membuka beberapa tab sekaligus, hingga teleconference.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Baterai tergolong awet di kelas harganya.
  • Sudah ada port USB-C dan HDMI.
  • Harga sangat kompetitif.
  • Build quality jauh dari kesan murahan.
  • Tipis dan ringan.
  • Kualitas kamera lumayan baik.
  • Mendukung fast charging.

4 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Performa bukan yang terbaik.
  • Jack headphone dan charger yang sama-sama 3,5 milimeter membuatnya mudah tertukar.
  • Tidak ada port USB-A. Kalau mau colok flashdisk harus pakai USB-C adapter.
  • Speaker pelan.
Prosesor Intel Celeron N4000
RAM/storage 6 GB/128 GB
Konektivitas Wi-Fi
Daya tahan baterai 10 jam
Ukuran layar 11,6 inci
Kisaran harga Rp4.200.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

Tabel Perbandingan Tablet Windows

Produk Lenovo ThinkPad X1 Tablet (Generasi ke-3) Microsoft Surface Pro 7 Microsoft Surface Go 2 Microsoft Surface Pro X Chuwi UBook X Chuwi Hi10 X HP Spectre x360 Convertible 14-ea0030TU HP ENVY x360 13-ay0006au Axioo MyBook Go Alldocube KNote 5 Pro
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Prosesor Intel Core i7-8650U Intel Core i7-1065G7 Intel Core m3-8100Y Microsoft SQ2 Intel Celeron N4100 Intel Celeron N4100 Intel Core i7-1165G7 AMD Ryzen 7-4700U Intel Celeron N3350 Intel Celeron N4000
RAM/storage 16 GB/1 TB 16 GB/256 GB 8 GB/128 TB 16 GB/512 GB 8 GB/256 GB 6 GB/128 GB 16 GB/512 16 GB/512 GB 4 GB/64 GB 6 GB/128 GB
Konektivitas 4G LTE dan Wi-Fi 4G LTE dan Wi-Fi 4G LTE dan Wi-Fi 4G LTE dan Wi-Fi Wi-Fi Wi-Fi Wi-Fi Wi-Fi Wi-Fi Wi-Fi
Daya tahan baterai 9,5 jam 10,5 jam 10 jam 15 jam 5 jam 5,5 jam 12 jam 12 jam Tidak disebutkan 10 jam
Ukuran layar 12 inci 12,3 inci 10,5 inci 13 inci 12 inci 10,1 inci 13,5 inci 13,3 inci 10,1 inci 11,6 inci
Kisaran harga Rp19.000.000 Rp18.000.000 Rp8.000.000 Rp27.000.000 Rp7.000.000 Rp4.699.000 Rp26.000.000 Rp17.999.000 Rp3.450.000 Rp4.200.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia

Kesimpulan

Produk-produk terbaik di atas adalah bukti bahwa tablet Windows sama bagusnya seperti tablet Android, kalau malah tak lebih bagus. Yang penting, pastikan memilih produknya dengan benar, yakni dengan mempertimbangkan ukuran layar, dukungan konektivitas, prosesor, dan baterai.

Tablet Windows terbaik adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan yang performanya paling kencang. Bukan pula yang harganya paling mahal. Sebab itu, telitilah dalam mempelajari serta membandingkan spesifikasi dan fungsionalitas tiap produk yang Anda minati. Semoga Anda dapat segera menemukan yang cocok, ya!

Referensi

Android vs Windows Tablet – What’s the Difference?
https://spacehop.com/android-vs-windows-tablet/ diakses pada 6 Mei 2021

Don’t bother with Android tablets
https://www.cnet.com/news/dont-bother-with-android-tablets/ diakses pada 6 Mei 2021

Guide to Choosing a Tablet Based on Size and Weight
https://www.lifewire.com/guide-to-tablet-size-and-weight-832331 diakses pada 6 Mei 2021

Guide to Tablet Networking Features
https://www.lifewire.com/guide-to-tablet-networking-features-832328 diakses pada 6 Mei 2021

Evaluating Tablet PCs Based on Processors
https://www.lifewire.com/guide-to-tablet-processors-832330 diakses pada 6 Mei 2021

Laptop Processor Comparison: Which CPU Is Right For You?
https://www.laptopmag.com/articles/cpu-comparison diakses pada 6 Mei 2021

Intel Processor Letter Meanings
https://www.gamingscan.com/intel-processor-letter-meanings/ diakses pada 6 Mei 2021

Intel Y-Series vs. U-Series Ultrabook CPUs: What’s the difference?
https://www.windowscentral.com/intel-y-series-vs-u-series-cpus diakses pada 6 Mei 2021

The Best Windows Tablets for 2021
https://sea.pcmag.com/tablets/7634/the-best-windows-tablets-for-2020 diakses pada 6 Mei 2021

You may also like

Comments are closed.