Written by 17:40 DIY & Tools

10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Merekatkan Logam

Lem perekat logam pada umumnya tahan terhadap suhu panas, guncangan, dan semakin solid ketika mengeras. Lem logam menjadi pilihan terbaik ketika Anda bermaksud merekatkan benda logam dengan logam, atau benda logam dengan benda nonlogam. Di samping kuat, lem ini dapat merekatkan logam dengan ketahanan rekat yang lama.

Anda yang saat ini berencana membeli lem untuk merekatkan logam, sebaiknya simak terlebih dulu ulasan kami mengenai cara memilih lem logam. Pada akhir artikel, kami merangkum sepuluh produk terbaik keluaran UHU, Dextone, Aica-Aibon, dan Super Poxy. Ayo temukan lem logam yang tepat untuk menunjang keperluan Anda!

Lem Logam: Solusi Merekatkan Material Logam dengan Kuat

Pada umumnya, pelekatan benda logam dilakukan dengan mengandalkan komponen pengencang seperti baut dan sekrup. Namun, belakangan ini lem khusus logam semakin populer digunakan karena menawarkan lebih banyak kelebihan dari segi efisiensi dan estetika.

Daya rekat yang dihasilkan alat pengencang hanya bersifat sementara. Hal ini dikarenakan ketegangan besi yang melemah seiring waktu. Selain itu, proses drilling dan pemasangan baut dapat meninggalkan bekas lubang pada material logam yang mengurangi estetika ketika dilepas. Selain itu, ada pula risiko logam berkarat yang berdampak pada penurunan kekuatan rekat serta memicu gangguan kesehatan.

Lem untuk logam mampu melekatkan logam secara sementara maupun permanen, dapat pula digunakan bersamaan dengan alat pengencang agar kekuatan lekatnya semakin mantap. Lem logam takkan meninggalkan bekas lubang, memnbuat aspek estetika benda tetap terjaga. Bila Anda malas melakukan penghitungan rumit untuk menentukan lokasi drilling, lem logam akan memudahkan Anda melekatkan benda hanya dengan beberapa olesan.

Lem akan merekatkan material logam dengan pendistribusian merata ke permukaan logam, hasilnya pun lebih kuat. Hal ini jelas berbeda dengan pengencang yang tumpuannya terpusat pada bagian yang dipasangi sekrup saja. Selain itu, beberapa lem logam dibekali kemampuan tahan panas dan tahan bahan kimia. Bahan ini sering digunakan pada industri otomotif, transportasi publik, dan industri umum.

Cara Memilih Lem untuk Merekatkan Logam

Saat ini, Anda mudah dan bebas memilih lem logam di pasaran. Namun. ada baiknya untuk memahami kebutuhan Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli. Di bawah ini kami paparkan beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih lem logam.

Pilih Lem yang Tahan Guncangan, Panas, dan Solid

Penggabungan bahan metal memerlukan daya rekat tinggi. Untuk itu, disarankan agar Anda menggunakan lem khusus agar hasilnya kuat dan awet. Lem dengan kemampuan tahan guncangan (shock-resistant), tahan panas, antiair, serta sifat lem semakin solid dan keras saat mengering membuat kualitas hasil pengeleman lebih terjamin.

Penggunaan lem instan bisa saja digunakan pada bahan logam, tetapi lem ini kurang mampu menahan panas dan guncangan sehingga rawan terlepas. Hal ini tentu berbahaya bila material yang direkatkan digunakan untuk keperluan penting seperti komponen pada alat transportasi, alat kerja, dan semacamnya.

Pilih Lem berdasarkan Material yang Ingin Direkatkan

Anda perlu memerhatikan jenis material yang hendak dipasangkan pada logam. Jika Anda ingin menempelkan logam dengan logam, pilihlah lem khusus logam yang akan memberikan kinerja terbaik. Lem khusus logam juga berdaya rekat tinggi serta akan berubah sangat keras saat mengering, membuat hasil pelekatan begitu solid.

Lem yang sifatnya multifungsi dapat dipilih bila Anda menghendaki perekatan bahan logam dengan nonlogam. Periksa bahan utama pada lem multifungsi. Hindari produk yang mengandung polipropilena dan polietilena. Kedua bahan ini akan sulit menempel pada logam.

Pilih Lem Silikon untuk Merekatkan Logam x Material Nonlogam

Perekatan benda logam dan nonlogam dapat memunculkan permasalahan tersendiri. Bahan logam berciri mudah memuai ketika terkena panas. Merekatkan bahan logam dengan nonlogam akan menimbulkan kecepatan pemuaian yang berbeda antara kedua benda tersebut. Perbedaan koefisien termal ekspansi ini dapat menyebabkan permukaan benda terkelupas, membengkok, dan bahkan retak/pecah.

Untuk mencegahnya, gunakanlah lem yang memiliki elastisitas tinggi agar dapat menyesuaikan pemuaian kedua benda, namun tetap memiliki daya rekat kuat. Karakteristik ini dapat Anda temukan pada lem berbahan silikon. Selain dua kelebihan tersebut, lem silikon memiliki ketahanan terhadap berbagai kondisi cuaca. Saat diaplikasikan, lem ini berwarna bening sehingga tidak merusak warna material logam Anda.

Butuh Lem yang Terbukti Tahan Panas? Pilih Lem Epoxy!

Lem epoxy merupakan bahan perekat serbaguna yang bisa digunakan pada berbagai objek berbahan logam, kaca, dan keramik. Satu hal spesial dari lem ini adalah ketahanannya terhadap panas dan zat kimia. Lem epoksi resin dapat menahan suhu 70 °C – 80 °C. Beberapa merek bahkan menyediakan lem yang mampu melawan suhu 100 °C. Namun, Anda tidak disarankan menggunakannya di tempat yang langsung terpapar panas.

Selain tahan panas, lem jenis ini terdiri dari berbagai macam jenis. Terdapat lem epoksi resin berwarna bening dan solid, cepat mengering dan lama mengering, serta cara pengeringan pada kondisi suhu ruangan maupun menggunakan sinar UV. Lem bening biasanya digunakan untuk memperbaiki objek ringan seperti gelas pecah, sementara lem solid dipakai pada objek yang lebih keras.

Cek Kekuatan Lem terhadap Guncangan (Shock-Resistant)

Lem yang diformulasi khusus untuk keperluan melekatkan logam biasanya dibekali kemampuan shock-resistant atau tahan terhadap guncangan. Akan tetapi, beberapa orang lebih memilih menggunakan lem instan sebab selain lebih mudah digunakan, lem instan juga cepat mengering.

Di balik kemudahannya, rata-rata lem instan kurang baik menahan guncangan serta lebih mudah mengelupas. Bila Anda tetap ingin menggunakan lem ini, pilih produk dengan klaim shock-resistant agar daya lekat yang dihasilkan bertahan lebih lama. Bila perlu, pilih juga lem yang bertahan kuat meski kondisi cuaca sedang ekstrem.

Pertimbangkan juga Warna Lem, Transparan atau Solid?

Lem transparan menawarkan fungsi estetika karena warna bening tidak akan mengubah penampilan benda yang dilem. Selain itu, lem ini memiliki elastisitas yang baik untuk merekatkan dua jenis material berbeda maupun sama. Daya tahan lem transparan juga bisa dikatakan baik.

Pelekatan untuk bahan logam dan nonlogam seperti kayu, kertas, dan plastik sebaiknya menggunakan lem dengan warna solid. Meskipun dapat menyebabkan perubahan warna, lem jenis ini juga mudah untuk digunakan. Cukup oleskan dan diamkan beberapa saat hingga mengering.

10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Merekatkan Logam

Jika sudah memahami karakteristik lem logam yang Anda butuhkan, berikutnya Anda siap memilih produk lem logam yang hendak dibeli. Pada bagian ini, telah kami catutkan sepuluh lem logam terbaik yang memudahkan Anda menentukan pilihan. Silakan ditengok!

1. Dextone Clear Silicone Sealant

Lem silikon dengan fleksibilitas tinggi yang ramah lingkungan

Lem silikon terkenal dengan bahannya yang memiliki fleksibilitas tinggi. Karakteristik tersebut dapat Anda temukan pada produk Dextone satu ini. Lem ini mampu mengisi celah rekatan dengan baik tanpa membuat material kaku. Cocok untuk melekatkan dua bahan yang berbeda! Di sisi lain, lem ini juga lebih tahan air.

Selain logam, Anda dapat menggunakannya untuk berbagai material seperti aquarium, keramik, porselain, dan plastik. Dextone melengkapi produknya dengan fungsi leak-proof alias antibocor. Formulasi low volatile menjadikan lem ini lebih ramah lingkungan dikarenakan pelepasan gas kimia ke udara yang lebih sedikit.

Bisa untuk merekatkan Logam, kaca, kerangka jendela, aquarium, keramik, porselen, plastik
Ketahanan pada suhu -45 °C – 150 °C
Waktu perekatan 5 – 20 menit
Komposisi Tidak dicantumkan
Keunggulan Kuat menahan tekanan air, fleksibel
Warna lem Transparan
Ukuran 70 g
Kisaran harga Rp14.000

2. UHU Epoxy Quick Set

Super kuat dengan komponen pengeras dan pengikat

Bila Anda memerlukan lem untuk memperbaiki logam ringan seperti piala atau gelang, Anda bisa mengandalkan lem UHU Epoxy Quick Set ini. Dalam kemasannya, Anda menerima 2 tube dengan fungsi berbeda. Tube A sebagai komponen pengeras, dan tube B sebagai pengikat. Keduanya digunakan bersama untuk menghasilkan daya rekat yang kuat.

Setelah mengering, lem akan berwarna jernih tanpa mengganggu tampilan benda yang direkatkan. Menariknya lagi, lem ini dapat menyerap warna, Anda pun dimungkinkan mengecat permukaan lem setelah lem mengeras. Tak hanya untuk logam, lem ini bersifat universal. Anda bisa memakainya untuk mengelem batu, porselen, beton, kayu, dan plastik.

Bisa untuk merekatkan Logam, marmer, batu, beton, porselen, kayu, kaca, duroplastik, plastik yang diperkuat serat kaca, PVC kaku, styrofoam
Ketahanan pada suhu -40 °C – 100 °C
Waktu perekatan 5 – 20 menit
Komposisi Epoxy resin (binder), polymer (hardener)
Keunggulan Tahan air, tahan reaksi bahan kimia, super kuat
Warna lem Transparan
Ukuran 11,4 g dan 11,7 g
Kisaran harga Rp72.500

3. Dextone Steel-Filled Heavy Duty Epoxy Adhesives

Mampu menahan tekanan serta suhu tinggi

Lem dua komponen ini terdiri dari epoxy resin berwarna hitam dan epoxy hardener berwarna putih. Produk ini cocok sebagai perekat dua material logam keras seperti baja, tembaga, kuningan, perak, maupun material lainnya. Bahan epoxy terkenal akan ketahanannya terhadap panas, namun lem ini dapat menahan panas lebih tinggi hingga 120 °C, lebih dari tingkat didih air!

Selain ketahanan terhadap panas, lem logam dari Dextone ini bersifat waterproof. Dengan demikian, kemampuan rekatnya tetap stabil meski terkena air. Akan tetapi, butuh waktu cukup lama untuk menunggu lem kering. Perekatan awal membutuhkan waktu 2 jam, lalu untuk mencapai pelekatan sempurna membutuhkan waktu 6 jam.

Bisa untuk merekatkan Logam, kaca, keramik, aluminium, kayu, baja
Ketahanan pada suhu 120 °C
Waktu perekatan 2 jam (awal), 6 jam (akhir)
Komposisi Epoxy resin, epoxy hardener
Keunggulan Tahan air
Warna lem Hitam (resin), putih (hardener)
Ukuran 24 gram per tube
Kisaran harga Rp14.500

4. Deyi Adhesive D-G60 No More Nails

Merekat kuat seperti paku, tanpa lubang dan palu!

Deyi Adhesive D-G60 mengusung konsep ‘No more nails! bukan tanpa alasan. Setelah diaplikasikan, lemnya mampu membuat kedua material merekat sangat kuat seperti terkunci menggunakan paku. Tak hanya itu, lem ini juga mengantongi fitur waterproof serta weatherproof, memastikannya tahan di segala macam kondisi.

Bahan-bahan yang menyusun lem ini dijamin tidak beracun, tidak berbau, dan ramah lingkungan sebab bebas toluena. Anda dapat mengaplikasikan lem Deyi berikut pada banyak jenis benda, termasuk logam, kayu, papan triplex, bahkan plastik dan karet. Oleh karena bahan yang super kuat, tentu Anda dapat menghemat penggunaan!

Bisa untuk merekatkan Logam, kayu, papan triplex, papan fiber berkepadatan menengah, batu, semen, besi, keramik, plastik, karet
Ketahanan pada suhu -60 °C – 100 °C
Waktu perekatan 2 – 5 menit (awal), 48 jam (kering)
Komposisi Dimethyl carbonate
Keunggulan Fleksibel/elastis, tidak menyusut, dapat dicat (paintable), mengisi celah, ramah lingkungan, tidak berbau, tidak beracun, bebas toluene, tahan air
Warna lem Transparan
Ukuran 50 g
Kisaran harga Rp12.000

5. Aica-Aibon 601 Lem Perekat Serba Guna

Perekat multifungsi untuk beragam tujuan penggunaan

Lem Aica-Aibon dikenal luas sebagai merek lem serbaguna. Terbuat dari komposisi bahan sintetis serta pelarut organik menjadikannya ideal teraplikasi pada berbagai material seperti logam, beton, kayu, hingga karpet dan tambal ban. Lem ini memiliki aroma cukup menyengat dengan warna kuning keemasan.

Konsistensi Aica-Aibon 601 sendiri tergolong semi-cair. Berkat karakteristik tekstur tersebut, lem ini mudah Anda aplikasikan pada segala objek yang ingin dilekatkan. Tak hanya itu, lem dengan berbagai pilihan volume ini juga menjanjikan ketahanan yang sangat baik terhadap kelembapan, panas, dan air.

Bisa untuk merekatkan Aica HPL/melamin, logam, beton, kayu, plywood, karpet, kulit asli/imitasi, plastik, tambal ban, packing mesin
Ketahanan pada suhu 20 °C
Waktu perekatan 7 – 35 menit
Komposisi Tidak dicantumkan
Keunggulan Tahan panas, tahan air, tahan kelembapan, tanpa toulena
Warna lem Kuning pucat
Ukuran 70 g
Kisaran harga Rp10.800

6. Loctite Glass Glue

Menjaga barang-barang fungsional Anda tetap usable

Barang berharga seperti kamera, perhiasan, atau mainan figur termasuk rawan patah. Bila Anda mengalami hal tersebut, Anda memerlukan lem dengan daya rekat tinggi, awet, serta berwarna transparan agar tidak merusak estetika. Loctite Glass Blue merupakan lem crystal clear yang tidak meninggalkan noda pada barang Anda. Jika digunakan untuk merekatkan gelas, lem ini juga aman untuk dicuci!

Meski berukuran kecil, lem ini dibekali komposisi canggih serta fungsi waterproo. Kerennya lagi, produk ini menjamin barang berharga Anda tetap lekat pada suhu ekstrem. Selain bening, lemnya takkan meninggalkan efek kerut seperti bekas dilem. Satu lagi yang menarik, produk ini hanya butuh waktu rekat 10 detik saja, lho!

Bisa untuk merekatkan Kaca, logam,
Ketahanan pada suhu Tidak dicantumkan
Waktu perekatan 10 detik
Komposisi Tidak dicantumkan
Keunggulan Tahan air, tahan pada suhu beku, tahan dari beberapa bahan kimia, tahan pada kelembapan tinggi, hasil tidak mengerut, dishwasher safe
Warna lem Transparan
Ukuran 2 g
Kisaran harga Rp64.900

7. OCI N-193 Multipurpose Silicone Sealant – Neutral

Cocok untuk kebutuhan konstruksi dan otomotif karena tidak memicu korosi logam

Lem silikon jenis netral memiliki karakteristik tanpa bau dan tidak menyebabkan logam berkarat. Lem serbaguna OCI N-192 ini tergolong tangguh dalam hal merekatkan semua logam maupun material dengan kondisi permukaan cukup sulit, semisal permukaan benda yang dicat atau dilapisi serbuk.

Jaminan water-resistant dan high-temperature resistant memungkinkan Anda gunakan lem ini untuk keperluan indoor maupun outdoor. Buat keperluan konstruksi dan otomotif, OCI N-193 juga wajib ada dalam tool box Anda. Lem ini disertai dengan aplikator berbentuk kerucut tajam untuk memudahkan penggunaan.

Bisa untuk merekatkan Semua permukaan logam (aluminium dan baja), beton, batu bata, eternit, permukaan yang sebagian besar dicat, permukaan yang dilapisi serbuk
Ketahanan pada suhu Tidak dicantumkan
Waktu perekatan Tidak dicantumkan
Komposisi Hydrotreated middle petroleum distillates
Keunggulan Tidak korosif terhadap logam, tahan air, tahan panas
Warna lem Transparan
Isi 300 mL
Kisaran harga Rp33.000

8. Avian 2 Komponen Lem Epoxy

Perekat yang tahan terhadap air laut dan udara mengandung garam

Fitur waterproof pada produk merupakan hal yang cukup lumrah. Namun, kemampuannya dapat mengendur ketika dihadapkan pada kondisi air laut yang sangat basa. Pada produk satu ini, Avian merumuskan lem yang tahan terhadap air laut maupun udara yang mengandung garam seperti di pesisir pantai.

Tersusun dari 2 komponen epoksi membuat kekuatan daya rekat lem ini tak perlu Anda ragukan lagi. Kelebihan lainnya terletak pada warna transparannya serta pengaplikasiannya yang mudah. Jika Anda tengah mencari lem logam untuk aktivitas di laut atau pantai, Avian 2 Komponen Lem Epoxy dapat menjadi pilihan tepat!

Bisa untuk merekatkan Kayu, besi, kaca, plastik
Ketahanan pada suhu Tidak dicantumkan
Waktu perekatan 30 menit (kering), 24 jam (keras)
Komposisi Tidak dicantumkan
Keunggulan Tahan terhadap air laut, tahan terhadap udara yang mengandung garam seperti di daerah pesisir
Warna lem Transparan
Ukuran Resin 340 g, hardener 340 g
Kisaran harga Rp45.000

9. Super Poxy Epoxy Resin 5 Minutes

Lem epoxy dengan waktu perekatan hanya 5 menit!

Produk ini menjadi jawaban bagi Anda yang sedang mencari lem berbahan epoxy dengan waktu pelekatan sangat singkat. Tak seperti kebanyakan lem epoxy yang perlu waktu set hingga berjam-jam, produk Super Poxy ini menawarkan waktu perekatan cukup 5 menit saja!

Waktu rekat yang cepat tidak serta-merta membuat produk ini payah menjalankan fungsinya. Sebaliknya, lem ini justru sanggup bertahan di suhu ekstrem serta mampu menahan tekanan tinggi. Anda bisa mengaplikasikannya pada besi, gelas, dan kayu. Produk ini kurang direkomendasikan untuk material berkandungan polietilena.

Bisa untuk merekatkan Besi, gelas, kayu
Ketahanan pada suhu -51 °C – 121 °C
Waktu perekatan 5 menit
Komposisi Epoxy resin
Keunggulan Tahan air, tahan terhadap tekanan dan suhu/temperatur tinggi
Warna lem Transparan
Ukuran 45 g per tube
Kisaran harga Rp8.500

10. Polychemie Lem Presto PU (Polyurethane)

Ideal untuk perekatan logam ke nonlogam

Berkat open time yang cukup lama, Polychemia Lem Presto PU ideal untuk menyambung material logam dan nonlogam seperti kayu. Formula cepat kering serta mengembang setelah diaplikasikan, serta kemampuannya mengisi celah lebih baik menjadikan lem ini sebagai favorit banyak orang.

Klaim water-resistant dikukuhkan dengan sertifikasi DIN EN 2014 – D4 yang menguji daya rekat lem pada suhu air sangat ekstrem. Belum berhenti sampai situ, lem yang sanggup menahan suhu mencapai 100 °C ini juga tidak mengandung formalin. Selain terjamin aman, Anda dapat memanfaatkan lem ini untuk keperluan interior maupun eksterior.

Bisa untuk merekatkan Kayu, HPL, veneer, kertas, keramik, besi
Ketahanan pada suhu 10 °C – 100 °C
Waktu perekatan Tidak dicantumkan
Komposisi Tidak dicantumkan
Keunggulan Tanpa formalin, tahan air
Warna lem Cokelat terang
Ukuran 650 g
Kisaran harga Rp63.000

Kesimpulan

Bila ingin melekatkan produk logam yang retak atau terbelah, Anda dapat mengandalkan lem logam. Sejumlah poin vital ketika memilih lem logam telah kami bahas pada bagian sebelumnya. Di bagian tengah artikel, kami pun merekomenadsikan lem logam dengan kualitas bagus yang dapat Anda jadikan referensi memilih.

Bacalah instruksi pada kemasan agar lem bekerja secara optimal. Perhatikan pula kecocokan formula lem apakah secara kuat mampu menyambung material logam dan logam, atau dapat pula untuk mengelem benda logam dan nonlogam. Seusai membaca artikel ini, kami harap Anda terbantu menemukan lem logam terbaik!

(Visited 258 times, 8 visits today)