Kosmetik & Kesehatan

10 Masker untuk Kulit Berjerawat [Kolaborasi dengan Dokter Umum]

Saat berjerawat, penggunaan skincare perlu disesuaikan dengan keadaan wajah, termasuk ketika menggunakan masker wajah.  Pastikan Anda menggunakan masker untuk kulit berjerawat. Naruko, Himalaya Herbals, dan The Body Shop adalah beberapa merek yang memproduksi masker untuk jerawat.

Pada artikel ini, PickyBest bersama Dokter Umum, dr. Felicia Puspita Sari akan memandu Anda memilih masker untuk kulit berjerawat. Kami juga merekomendasikan pilihan produk terbaiknya. Selamat membaca!

Berkolaborasi dengan Dokter Umum, dr. Felicia Puspita Sari

dr. Felicia Puspita SariPakar/Spesialis

dr. Felicia Puspita Sari adalah Dokter Umum yang menamatkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. dr. Felicia banyak menangani kasus-kasus di UGD atau poliklinik.

Selama menjalani masa studi, dr. Felicia cukup sering mengikuti beberapa konferensi ilmiah, baik nasional maupun internasional. Selain itu, beliau juga pernah aktif sebagai author di beberapa situs penyedia informasi kesehatan.

Faktor Risiko yang Menyebabkan Timbulnya Jerawat

blank

Secara garis besar, jerawat muncul akibat aktivitas bakteri P. acnes yang didasari pada tersumbatnya pori-pori oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati.

Pada wanita, jerawat dapat pula muncul akibat faktor hormonal, seperti beberapa hari sebelum menstruasi, trimester awal kehamilan, atau akibat PCOS (polycystic ovarian syndrome).

Selain faktor internal, hal-hal di luar tubuh seperti penggunaan makeup, obat-obatan tertentu, serta kebiasaan merokok juga meningkatkan risiko kemunculan jerawat.

Jerawat merupakan kondisi kulit yang cukup umum ditemui dan terjadi apabila pori-pori kulit Anda tersumbat. Pori-pori kulit dapat tersumbat oleh rambut, sebum (minyak), bakteri, maupun sel-sel kulit mati.

Beberapa jenis jerawat yang dapat muncul pada kulit Anda yaitu:

1. Komedo putih (whiteheads)

Whiteheads terbentuk ketika pori kulit Anda tersumbat oleh kelebihan minyak serta sel-sel kulit mati yang menumpuk.

2. Komedo (blackheads)

Blackheads juga terbentuk apabila kelebihan minyak dan sel-sel kulit mati menumpuk di dalam pori-pori. Apabila hal ini terjadi terus menerus dan terakumulasi, pori-pori akan tampak melebar. Ketika penumpukan di dalam pori bereaksi dengan oksigen di udara, warna hitam akan muncul.

3. Jerawat (pimples)

Terkadang, minyak berlebih serta sel kulit mati terperangkap di dalam pori-pori bersama dengan bakteri. Hal ini dapat menyebabkan bakteri berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan timbulnya peradangan dan akhirnya menyebabkan jerawat. Jerawat tanpa nanah disebut sebagai papul, sedangkan jerawat yang mengandung nanah disebut pustul.

4. Nodul dan kista

Nodul merupakan benjolan teraba keras yang menumpuk di bawah permukaan kulit dan terkadang menimbulkan rasa sakit. Sedangkan, kista merupakan jenis jerawat yang paling parah.

Kista tampak sebagai benjolan besar berisi nanah yang terlihat mirip bisul. Kista berisiko besar menyebabkan jaringan parut (bekas jerawat/acne scar).

Banyak faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh sebab itu, seseorang dapat mengalami jerawat pada usia berapa pun. Namun, mengapa jerawat sering timbul pada usia remaja? Hal ini disebabkan oleh pengaruh kondisi hormonal remaja.

Selama masa pubertas, hormon yang disebut sebagai hormon androgen dapat meningkatkan ukuran kelenjar minyak. Peningkatan ukuran akan menyebabkan kelenjar memproduksi lebih banyak minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Cara Memilih Masker Wajah untuk Kulit Berjerawat

Bagi pemilik kulit berjerawat, di bawah ini kami rangkum sederet poin pemilihan masker untuk kulit berjerawat.

Periksa Bahan Aktif untuk Merawat Kondisi Wajah Berjerawat

Kulit berjerawat membutuhkan bahan yang sanggup menenangkan, meredakan radang, serta bersifat antibakteri untuk melawan penyebab utamanya.

Pilih Bahan Alami yang Ampuh Mengatasi Jerawat

blank

Banyak bahan-bahan alami yang tergolong efektif melawan jerawat, dari mulai putih telur, tea tree oil dan green tea yang bersifat soothing, hingga lidah buaya, madu, dan chamomile yang memiliki sifat antiperadangan.

Pengobatan jerawat bergantung kepada tingkat keparahan jerawat itu sendiri. Beberapa kondisi jerawat yang tidak kunjung membaik memerlukan pengobatan khusus.

Namun, untuk jerawat yang cenderung ringan, Anda dapat mencoba beberapa bahan alami di bawah ini untuk dijadikan sebagai bahan face mask:

1. Masker campuran kunyit dan madu

Kunyit memiliki efek anti-inflamasi alami dan dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit. Selain itu, madu juga memiliki efek antioksidan dan antimikrob alami yang dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan mencegah timbulnya jerawat.

2. Masker lidah buaya (aloe vera)

Lidah buaya memiliki sifat menenangkan (calming) secara alami. Selain untuk menenangkan kulit, lidah buaya juga dapat membantu untuk mengatasi jerawat yang sedang meradang dan teriritasi.

3. Masker oatmeal (gandum)

Oat memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Selain itu oat juga merupakan sumber vitamin B kompleks, vitamin E, protein, lemak, dan mineral yang baik untuk kulit.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Bahan yang Bersifat Antibakteri untuk Mencegah Jerawat Baru

blank

Kehadiran bakteri P. acnes dapat memicu pertumbuhan jerawat. Gunakan masker wajah dengan kandungan bahan aktif benzoyl peroxide untuk memeranginya. Kandungan tersebut efektif membunuh bakteri penyebab jerawat.

Namun, benzoyl peroxide memiliki efek samping menyerap hidrasi kulit sehingga meninggalkan rasa kering. Untuk itu, jangan lupa lembapkan wajah Anda kembali setelah menggunakan masker.

Kombinasi dari penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih (sebum) menyediakan tempat yang ideal untuk bakteri bertumbuh, salah satunya adalah Propionibacterium acnes. Semakin tinggi pertumbuhan bakteri, semakin besar potensi pori-pori akan tersumbat dan menyebabkan jerawat yang meradang.

Hal pertama yang perlu diatasi adalah dengan mengurangi penumpukan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih. Dengan hal tersebut, bakteri penyebab jerawat dapat berkurang dengan sendirinya karena tidak memperoleh makanan. Untuk membantu mengurangi bakteri, banyak produk perawatan kulit menambahkan bahan antibakteri ke dalam produknya.

Banyak sekali bahan yang memiliki sifat antibakteri. Sejauh ini, tidak ada jenis antibakteri spesifik yang harus ditambahkan. Oleh sebab itu, Anda dapat memperhatikan komposisi yang terdapat pada kemasan produk untuk mengetahui apakah produk tersebut mengandung antibakteri atau tidak.

Jika kulit Anda cenderung mudah berjerawat, Anda dapat coba menggunakan produk yang mengandung bahan aktif salicylic acid. Bahan aktif ini dapat membantu menenangkan iritasi dan dapat mencegah pembentukan jerawat baru.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Pilih Jenis Masker berdasarkan Penggunaannya

Terdapat beberapa jenis masker yang populer di pasaran, yaitu wash-off mask, peel-off mask, dan sheet mask. Apa saja karakteristik dan perbedaannya? Mari simak bersama di bagian ini!

Wash-Off Mask: Bekerja Menyeluruh dalam Membersihkan Kulit Wajah

blank

Masker untuk kulit berjerawat tipe wash-off biasanya berbentuk krim dengan kandungan clay atau charcoal. Saat menggunakan masker ini, pastikan Anda melakukan pembilasan sampai sisa masker benar-benar bersih untuk menghindari penyumbatan pori-pori yang membentuk residu.

Kelebihan masker wash-off adalah mampu membersihkan wajah secara merata ke area lebih luas, serta pada akhir perawatan akan meninggalkan kesan wajah lembut dan terasa halus.

Wash-off mask memiliki keunggulan yaitu dapat menyerap kelebihan minyak serta mengangkat kotoran dari kulit. Selain itu, masker jenis ini juga memiliki manfaat untuk membantu eksfoliasi kulit. Penggunaan masker ini dengan tepat dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan komedo.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Peel-Off Mask: Efektif Menarik Kotoran dari Pori-pori Wajah

blank

Masker peel-off merupakan masker yang awalnya berbentuk krim. Penggunaan masker ini dilakukan dengan pengaplikasian pada wajah dan dibiarkan beberapa lama sampai mengering. Setelah kering, masker bisa dikelupas yang umumnya akan terlihat komedo, kulit mati, bahkan rambut halus pada wajah yang turut terangkat pada masker.

Peel-off mask memiliki beberapa khasiat yaitu mengencangkan kulit, menarik sel-sel kulit mati dan kotoran dari pori-pori, hingga menghilangkan rambut halus di wajah.

Bagi pemilik kulit sensitif, Anda harus ekstra hati-hati saat menggunakan masker jenis ini karena beberapa produk peeloff mask menimbulkan rasa tidak nyaman dan perih saat proses pengelupasan.

Peel-off mask merupakan masker yang digunakan dengan cara dioleskan ke kulit, dibiarkan selama beberapa waktu hingga mengering, kemudian dikupas dengan lembut. Peel-off mask dapat melakukan pembersihan kulit secara intens karena dapat membantu mengelupaskan atau melepas sel-sel kulit mati.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Sheet Mask: Diperkaya Komponen untuk Menyegarkan dan Melembapkan

blank

Sheet mask termasuk jenis masker yang paling sering digunakan. Sheet mask banyak diminati karena penggunaannya mudah dengan hasil instan. Sesaat setelah penggunaan sheet mask, Anda akan mendapati wajah terasa segar, lembut, kenyal, lembap, dan tampak lebih cerah.

Kandungan cairan yang tinggi pada masker lembaran ini mampu menghidrasi kulit secara maksimal selama ditempelkan ke wajah. Karena beberapa sheet mask ada yang bisa memicu jerawat, pastikan Anda pilih yang dibuat khusus untuk kulit berjerawat, ya.

Sheet mask merupakan salah satu jenis masker yang banyak disukai oleh karena penggunaannya yang mudah. Sheet mask umumnya memiliki manfaat untuk melembapkan dan memiliki kandungan antioksidan.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Pastikan Keamanan Produk dengan Mengecek Free System-nya

blank

Untuk mencegah jerawat semakin banyak, Anda bisa mengutamakan masker yang mengusung minimal ingredients. Pilih juga produk yang teruji hypoallergenic untuk menutup kemungkinan alergi.

Selain itu, Anda perlu menghindari produk berkandungan paraben yang menimbulkan breakout serta mengganggu kinerja hormon. Hindari pula yang mengandung mineral oil agar tidak menyumbat pori-pori yang kemudian memunculkan jerawat baru.

Supaya lebih aman, Anda disarankan mengecek free system masker wajah pilihan Anda. Pastikan produk yang Anda hendak beli mencantumkan keterangan paraben-free, alcohol-free, fragrance-free, dan sebagainya. Agar lebih aman, masker wajah untuk merawat kulit berjerawat Anda sebaiknya tidak mengandung scrub exfoliator.

10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat

Pada bagian ini, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk masker untuk kulit berjerawat terbaik. Periksa bahan aktif, jenis, dan status keamanannya dengan saksama, ya!

Daftar produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Felicia.

1. Naruko Tea Tree Shine Control & Blemish Clear Mask

blank

Kandungan utama tea tree oil untuk basmi jerawat dan minyak berlebih

Masker untuk kulit berjerawat dengan kandungan tea tree extract ini akan merawat kulit berjerawat, mengontrol sekresi sebum berlebih, serta memberikan efek tenang pada kulit yang meradang akibat jerawat.

Diperkaya hyaluronic acid, masker ini mampu mengunci kelembapan serta menjaga elastisitas kulit dan membuatnya terasa lembut. Selain lolos uji dermatologis, produk Naruko berikut juga telah mengantongi sertifikasi BPOM.

Jenis masker Sheet mask
Bahan aktif Tea tree oil, licorice extract, salicylic acid, tranexamic acid, ekstrak biji kacang, phytoferulin, ekstrak witch hazel, poroctone olamine, hyaluronic acid
Keamanan Bebas paraben, bebas alkohol, bebas sulfat, bebas alergen, bebas silikon, BPOM
Ukuran/isi 26 mL
Kisaran harga Rp32.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

2. Muddy Buddy Yellow Mellow

blank

Masker berbahan organik untuk pudarkan bekas jerawat dan cerahkan kulit

Masker ini mengandalkan kandungan Curcuma longa atau lebih familier dengan sebutan kunyit. Kandungan alami kunyitnya dikenal ampuh menghilangkan bekas-bekas jerawat pada kulit.

Selain kunyit, terkandung pula calendula sebagai penjaga kelembapan kulit, serta oryza sativa untuk melembutkan dan mencerahkan. Saat digunakan, masker untuk kulit berjerawat ini tidak meninggalkan rasa kering dan kulit tertarik.

Jenis masker Wash-off mask
Bahan aktif Curcuma longa, calendula officianalis, cartamus tinctorius, althea officinalis, oryza sativa, pachyrizus erosus, aloe barbadensis miller
Keamanan Terbuat dari bahan-bahan alami
Ukuran/isi 45 g
Kisaran harga Rp55.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

3. Himalaya Herbals Purifying Neem Mask

blank

Perpaduan kebaikan tanaman neem dan kunyit untuk tuntaskan masalah jerawat

Tanaman neem yang dikenal sebagai zat antimikrob dan antiinflamasi, serta kunyit yang populer akan khasiatnya sebagai pemudar bekas jerawat bisa Anda temukan pada masker ini.

Berbentuk peel-off, masker untuk kulit berjerawat ini bakal mengangkat komedo dan kulit mati secara optimal. Produk ini juga memberikan efek menyejukkan saat menyentuh permukaan kulit dengan wangi khas jamu-jamuan tradisional.

Jenis masker Peel-off mask
Bahan aktif Neem, turmeric, fuller’s earth
Keamanan Bebas alkohol, bebas silikon, bebas alergen, fungal acne (malassezia) safe, BPOM
Ukuran/isi 100 mL
Kisaran harga Rp99.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

4. Freeman Deep Clearing Manuka Honey + Tea Tree Oil Clay Mask + Cleanser

blank

Fungsi masker sekaligus cleanser dalam satu produk!

Dengan produk ini, Anda akan mendapatkan dua fungsi, sebagai masker sekaligus face wash! Kandungan manuka honey di dalamnya memberikan nutrisi pada kulit, menjadikan kulit lembap dan terasa lembut.

Tea tree oil sebagai antibakteri, pengontrol minyak, dan pembersih pori-pori terkandung dalam masker untuk kulit berjerawat ini. Hasilnya? Kulit tak sekadar lembap, tetapi juga cerah, bersih, dan bebas jerawat.

Jenis masker Wash-off
Bahan aktif Tea tree oil, manuka honey
Keamanan Cruelty-free, bebas paraben, bebas alergen, bebas alkohol, bebas sulfat, fungal acne (malassezia) safe, BPOM
Ukuran/isi 175 mL
Kisaran harga Rp96.800
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

5. GlamGlow Supermud Clearing Treatment

blank

Diperkaya 3 formula canggih untuk tuntaskan permasalahan kulit

Formula utama Super Six Acid Blend pada masker untuk kulit berjerawat ini menggabungkan 6 jenis acid untuk hasil lebih visible. Selain itu, terdapat kandungan Activated-X Charcoal yang bertugas melakukan deep cleansing ke dalam pori-pori.

GlamGlow Supermud Clearing Treatment menjanjikan hasil kulit yang bersih, pori-pori mengecil, sel kulit mati terangkat, kulit berjerawat semakin terawat, serta efek kulit cerah Anda rasakan dalam waktu singkat.

Jenis masker Wash-off mask
Bahan aktif Acnecidic-6, pore-matrix, eucalyptus leaf, licorice root, peppermint plant, chamomile, marigold, aloe vera, ivy, cucumber
Keamanan Bebas paraben, bebas formaldehydes, bebas phthalates, bebas mineral oil, bebas retinyl palmitate, bebas triclosan, BPOM
Ukuran/isi 50 g
Kisaran harga Rp1.075.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

6. Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask

blank

Kandungan arang aktif dan mint untuk detoksifikasi dan menyegarkan kulit

Luxcrime menghadirkan masker untuk kulit berjerawat dengan kandungan utama active charcoal untuk menghasilkan kulit bersih hingga ke pori dengan tambahan sensasi dingin dan soothing dari daun mint.

Masker ini diklaim mampu mengatasi beragam masalah kulit, seperti breakout, whitehead/blackhead, serta meringkas pori. Selain itu, masker ini juga memberikan manfaat lain seperti mencerahkan dan melembapkan wajah berkat vitamin E dan chamomile extract-nya.

Jenis masker Wash-off mask
Bahan aktif Activated charcoal powder, chamomilla recutita (matriacaria) flower extract, peppermint (menthol) essential oil, tea tree oil, shea butter, olive oil
Keamanan Tidak diuji pada hewan, bebas paraben, bebas SLS, BPOM
Ukuran/isi 50 g
Kisaran harga Rp119.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

7. The Crushlicious Green Tea Organic Face Mask

blank

Manfaat masker green tea organik untuk usir jerawat

The Crushlicious membawa kebaikan nyata green tea alami melalui produk masker organiknya satu ini. Dengan aroma khas daun teh, masker ini sanggup meninggalkan efek calming bagi kulit maupun ketika Anda tengah menggunakannya.

Bahan-bahannya yang 100% natural membuat masker untuk kulit berjerawat ini semakin aman digunakan. Teksturnya sangat mudah di-blend yang sekaligus efektif untuk mengempiskan jerawat.

Jenis masker Wash-off mask
Bahan aktif Bubuk daun teh, tepung havermut, tepung beras
Keamanan 100% natural, cruelty-free, BPOM
Ukuran/isi 60 g
Kisaran harga Rp45.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

8. The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

blank

Dengan bamboo charcoal dari Himalaya untuk kulit bersih dan sehat

The Body Shop merilis masker untuk kulit berjerawat berbahan dasar arang, green tea, dan tea tree oil untuk bersihkan kulit secara menyeluruh serta memperbaiki tampilan pori-pori untuk kulit tampak sehat dan glowing.

Selain menyerap kelebihan sebum dan tumpukan kotoran, The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask juga mengirimkan nutrisi yang membuat kulit lebih bersih, halus, dan sehat.

Jenis masker Wash-off mask
Bahan aktif Bamboo charcoal, green tea leaves, organic tea tree oil
Keamanan 100% vegan, dermatologically tested, bebas paraben, bebas sulfat, bebas silikon
Ukuran/isi 75 mL
Kisaran harga Rp369.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

9. Mediheal Teatree Care Solution Essential Mask EX

blank

Perawatan intensif untuk kulit breakout dengan tea tree oil essence

Kandungan essence pada masker ini berisikan tea tree oil yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, tea tree oil juga komponen baik dalam menutrisi kulit dan membantu masalah jerawat.

Kandungan tea tree oil-nya didukung pine needle dan portulaca oleracea extract sebagai pengontrol sekresi sebum dan penenang kulit iritasi. Masker untuk kulit berjerawat ini ampuh mengurangi peradangan pada kulit yang breakout, lho!

Jenis masker Sheet mask
Bahan aktif Tea tree leaf oil, willow bark extract, centella asiatica extract, pine needle, portulaca oleracea
Keamanan Bebas sulfat, bebas silikon, bebas alergen
Ukuran/isi 24 mL
Kisaran harga Rp29.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

10. Roro Mendut Masker Brotowali untuk Kulit Berjerawat

blank

Ekstrak tanaman herbal lokal untuk mengusir jerawat sekaligus bekasnya

Masker untuk kulit berjerawat dari Roro Mendut ini mengandung ekstrak tanaman brotowali yang disempurnakan dengan campuran sambiloto, teh hijau, rumput laut, dan beras ketan untuk menyudahi permasalahan jerawat Anda.

Tak hanya penggunaan pada wajah, Anda bisa menggunakan produk ini di bagian tubuh mana pun yang dihinggapi jerawat. Roro Mendut mengklaim masker ini mampu membereskan jerawat 3x lebih optimal. Ada juga fitur antibakterial, peringkas pori, pengendali minyak, dan pengencang kulit.

Jenis masker Wash-off mask
Bahan aktif Brotowali, teh hijau, beras ketan, sambiloto, rumput laut
Keamanan BPOM, berbahan organik, tidak diuji pada binatang
Ukuran/isi 40 g
Kisaran harga Rp30.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

Informasi Pendukung, Tip, dan Saran dari dr. Felicia Puspita Sari

blank

Panduan untuk membantu meredakan jerawat

Di bawah ini terdapat beberapa anjuran dari American Academy of Dermatology (AAD) yang dapat Anda ikuti untuk membantu untuk meredakan jerawat:

  1. Mencuci wajah dua kali sehari dan setelah berkeringat. Keringat, terutama setelah Anda menggunakan topi atau helm dapat memperburuk kondisi jerawat. Jadi, Anda sebaiknya mencuci wajah sesegera mungkin setelah melakukan aktivitas yang berkeringat.
  2. Gunakan ujung jari Anda untuk mengoleskan sabun cuci muka. Pilihlah sabun yang lembut dan non-abrasif. Hindari penggunaan lap wajah, spons mesh, atau apa pun yang dapat mengiritasi kulit.
  3. Pilihlah produk pembersih wajah yang lembut serta tidak mengandung alkohol. Kulit yang terlalu kering dapat memperparah kondisi jerawat.
  4. Hindari menggosok kulit wajah dengan kasar.
  5. Bilas wajah menggunakan air hangat. Hindari penggunaan air yang terlalu panas.
  6. Keramas dengan teratur. Terutama apabila Anda memiliki rambut yang berminyak.
  7. Biarkan jerawat sembuh dengan sendirinya. Hindari memencet jerawat. Memencet jerawat dapat berpotensi menimbulkan jerawat yang lebih parah dan dapat berbekas.
  8. Hindari menyentuh wajah Anda terlalu sering.
  9. Hindari paparan sinar matahari dan gunakan sunscreen.
  10. Konsultasikan kepada dokter apabila jerawat tidak kunjung membaik.

Efektivitas bahan alami dalam menyembuhkan jerawat

Hasil yang diperoleh dari penggunaan masker bahan alami untuk mengatasi jerawat dapat berbeda-beda tergantung dari tingkat keparahan jerawat Anda dan bagaimana kulit Anda merespons terhadap bahan alami tersebut. Oleh karena itu, setiap orang dapat memperoleh hasil yang berbeda-beda.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kulit Anda sudah benar-benar bersih dan pori-pori Anda telah siap untuk menggunakan masker. Untuk membantu merilekskan kulit, Anda dapat menguapi wajah Anda dengan menggunakan handuk hangat untuk membantu melonggarkan pori-pori.

Apabila Anda memiliki jerawat yang membandel atau sedang dalam kondisi yang parah, Anda sebaiknya melakukan konsultasi kepada dokter agar Anda mendapatkan pilihan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit Anda.

Anjuran penggunaan masker berdasarkan jenis dan kebutuhan kulit

1. Kulit kering dan sensitif

Pada orang yang memiliki kulit kering dan sensitif, Anda dianjurkan untuk menggunakan sheet mask atau wash-off mask yang dapat dibilas dengan perlahan dan lembut.

Hindari penggunaan peel-off mask. Pada orang yang memiliki kulit kering dan sensitif, proses ini dapat menyebabkan pengelupasan dan iritasi kulit yang lebih besar dibanding manfaat penggunaan maskernya.

2. Kulit berminyak

Apabila Anda memiliki kulit yang berminyak, Anda dapat memilih menggunakan wash-off mask (clay mask) maupun peel-off mask untuk membantu mengatasi masalah produksi minyak berlebih dan membantu mengurangi penumpukan sel-sel kulit mati, sehingga mengurangi potensi terjadinya jerawat.

Waktu terbaik untuk menggunakan masker

Penggunaan masker pada umumnya disesuaikan dengan kandungan yang ada di dalam masker. Masker wajah yang memiliki efek melembapkan dapat Anda gunakan ketika pagi hari untuk memberikan hidrasi yang baik bagi kulit sepanjang hari.

Namun, apabila Anda menggunakan masker dengan tujuan untuk membersihkan serta mengeksfoliasi kulit, Anda dapat mencoba untuk menggunakan masker tersebut di malam hari.

Hal yang harus dilakukan sebelum dan sesudah menggunakan masker

Sebelum menggunakan masker:

  • Pastikan wajah telah bersih dari make-up.
  • Cucilah wajah terlebih dahulu.
  • Setelah mencuci wajah, Anda dapat menggunakan toner.

Setelah menggunakan masker:

  • Apabila Anda menggunakan masker wash-off atau peel-off, pastikan untuk membilas wajah atau melepas masker dengan baik agar tidak ada sisa masker yang tertinggal.
  • Apabila Anda menggunakan sheet mask, Anda dapat memijat essence yang tersisa dengan lembut agar lebih menyerap pada wajah.

Penggunaan masker untuk jerawat apabila jerawat sudah sembuh

Orang dengan kulit berminyak lebih rentan untuk mengalami jerawat. Oleh sebab itu, apabila jerawat telah membaik, Anda sebaiknya tetap menggunakan masker wajah yang bertujuan untuk mengontrol produksi minyak berlebih.

Jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi satu hingga dua kali seminggu untuk membantu membuang sel-sel kulit mati agar tidak menumpuk dan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

Jangan melakukan eksfoliasi apabila Anda sedang mengalami jerawat yang meradang (tampak kemerahan dan nyeri). Jangan melakukan eksfoliasi lebih dari anjuran yang terdapat pada kemasan produk. Eksfoliasi berlebihan tidak akan memberikan manfaat dan malah dapat memperparah kondisi kulit.

Yuk, cek juga rekomendasi produk untuk kulit berjerawat dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Jerawat dapat muncul dikarenakan tumpukkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak pada pori-pori yang berujung pada peradangan oleh bakteri P. acnes. Penggunaan masker untuk kulit berjerawat secara rutin dapat mengatasi masalah ini.

Dari kesepuluh masker untuk kulit berjerawat yang telah Anda tengok, manakah yang Anda hendak beli? Semoga Anda berhasil menemukan produk terbaik, tepat, dan efektif membantu atasi masalah jerawat Anda!

You may also like

Comments are closed.