Written by 09:17 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat

Saat wajah berjerawat, Anda tak boleh sembarangan melakukan treatment. Perlu penyesuaian produk dengan keadaan wajah, termasuk ketika menggunakan masker wajah. Kabar baiknya, brand kenamaan seperti Naruko, Himalaya Herbals, Freeman, dan The Body Shop mengeluarkan masker wajah khusus untuk kulit berjerawat.

Apabila Anda tak ingin absen melakukan skin treatment, sebaiknya Anda pilih produk dengan kandungan bahan utama yang efektif mengatasi jerawat, seperti green tea dan tea tree oil. Kami akan memandu Anda memilih masker wajah untuk kulit berjerawat sekaligus merekomendasikan produk terbaiknya. Selamat membaca!

Faktor Risiko yang Menyebabkan Timbulnya Jerawat

Sebelum mengetahui masker wajah yang cocok untuk wajah berjerawat, ada baiknya Anda mengenali faktor-faktor risiko penyebab jerawat timbul di kulit. Penyebab paling umum dari kemunculan jerawat pada wanita adalah karena faktor hormonal, seperti beberapa hari sebelum menstruasi, trimester awal kehamilan, atau akibat PCOS (polycystic ovarian syndrome).

Masa pubertas juga dapat menjadi masa subur tumbuhnya jerawat. Pada masa pubertas, hormon testosteron meningkat yang menyebabkan kelenjar minyak penghasil sebum bekerja lebih aktif. Akibatnya, pori-pori lebih rentan tersumbat dan akhirnya menimbulkan jerawat. Sebab internal lain seperti stres dan faktor keturunan tak luput menjadi faktor risiko.

Selain faktor internal, hal-hal diluar tubuh seperti penggunaan makeup, obat-obatan tertentu, serta kebiasaan merokok juga meningkatkan risiko Anda menghadapi permasalahan kulit berjerawat. Selain itu, gesekan kulit dengan benda juga dapat menjadi faktor pemicu jerawat. Sebagai contoh, penggunaan pakaian terlalu ketat dapat menyebabkan jerawat di punggung.

Cara Memilih Masker Wajah untuk Kulit Berjerawat

Masker merupakan produk skincare yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kulit tergantung kandungan aktif di dalamnya. Bagi pemilik wajah berjerawat, di bawah ini kami telah merangkum sederet poin pemilihan masker yang dapat membantu meringankan jerawat.

Periksa Bahan Aktif untuk Merawat Kondisi Wajah Berjerawat

Bahan aktif adalah komposisi yang akan langsung bekerja di permukaan kulit. Dalam memilih masker untuk jerawat, Anda harus selektif memilih produk berdasarkan bahan aktif agar kondisi jerawat tidak semakin parah. Kulit berjerawat membutuhkan bahan yang sanggup menenangkan, meredakan radang, serta bersifat antibakteri untuk melawan penyebab utamanya.

Pilih Bahan Alami yang Ampuh Mengatasi Jerawat

Banyak bahan-bahan alami yang tergolong efektif melawan jerawat. Untuk jerawat yang sulit diekstraksi karena ukurannya yang sangat kecil, Anda bisa menggunakan masker putih telur untuk mengusirnya. Selain mudah dicari atau dibuat sendiri, masker putih telur bisa Anda peroleh dengan harga super ekonomis.

Selain putih telur, bahan-bahan yang bersifat soothing seperti tea tree oil dan green tea bermanfaat untuk membuat kulit lebih rileks dan mempercepat proses penyembuhan. Untuk jerawat meradang hebat, Anda bisa menggunakan bahan yang mengandung antiinflamasi seperti aloe vera, madu, dan chamomile.

Bahan yang Bersifat Antibakteri untuk Mencegah Jerawat Baru

Kehadiran bakteri, terutama bakteri P. acnes dapat memicu pertumbuhan jerawat. Gunakan masker wajah dengan kandungan bahan aktif benzoyl peroxide untuk memeranginya. Kandungan tersebut efektif membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, bahan ini memiliki efek samping menyerap hidrasi kulit sehingga meninggalkan rasa kering. Untuk itu, jangan lupa lembapkan wajah Anda kembali setelah menggunakan masker.

Selain itu, Anda bisa menggunakan masker dengan kandungan bahan alami seperti neem atau azadirachta indica. Neem tidak hanya efektif untuk menghilangkan jerawat, tetapi juga berfungsi menyamarkan noda bekas jerawat. Sifatnya yang antibakteri dapat diandalkan untuk mengempiskan jerawat membandel sekaligus mencegah munculnya jerawat baru!

Dapatkan Fungsi Perawatan dengan Bahan Bermanfaat Lain

Dalam menggunakan produk skincare, sebaiknya pilih produk yang mengandung perawatan menyeluruh, alias tidak hanya berguna untuk mengatasi satu problem kulit saja. Kaitannya dengan hal tersebut, kami sarankan Anda memilih masker dengan kandungan essence. Selain mengatasi jerawat, essence dapat membuat kulit lebih lembap dan kenyal hingga esok hari.

Kulit berjerawat biasanya juga akrab dengan permasalahan hiperpigmentasi dan warna kulit tidak merata. Hal ini dapat Anda bantu kurangi dengan pemilihan masker wajah yang mengandung glutathione. Glutathione akan mengurangi hiperpigmentasi yang kemudian membuat warna kulit Anda lebih merata.

Kemudian, jerawat tak hanya muncul pada kulit berminyak saja. Orang dengan kulit kering juga rentan terkena jerawat apabila pori-pori tersumbat. Untuk Anda yang ingin mengatasi kulit kering dan berjerawat, Anda bisa mencoba masker dengan kandungan madu yang memberikan kelembapan sekaligus memiliki fungsi antiperadangan.

Sementara bagi Anda yang mengharapkan kulit cerah bersinar, masker yang diperkaya vitamin C atau vitamin B3 (niacinamide) dapat menjadi andalan. Vitamin C bertugas memperbaiki permasalahan kulit seperti kulit berjerawat dan kemerahan serta mencerahkan kulit, sedangkan niacinamide akan bertindak sebagai agen pencerah sekaligus anti-aging.

Pilih Jenis Masker berdasarkan Penggunaannya

Terdapat beberapa jenis masker yang populer di pasaran, yaitu wash-off mask, peel-off mask, dan sheet mask. Apa saja karakteristik dan perbedaannya? Mari simak bersama di bagian ini!

Wash-Off Mask: Bekerja Menyeluruh dalam Membersihkan Kulit Wajah

Anda tentu familier dengan facial wash, bukan? Masker berjenis wash-off memiliki kemiripan dengan facial wash dari segi tekstur. Masker wash-off biasanya berbentuk krim dengan kandungan clay atau charcoal. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda harus menunggu beberapa menit setelah pengaplikasian agar nutrisinya terserap kulit, lalu bilas masker dengan air.

Pastikan Anda melakukan pembilasan sampai sisa masker benar-benar bersih untuk menghindari penyumbatan pori-pori yang membentuk residu. Kelebihan masker wash-off adalah mampu membersihkan wajah secara merata ke area lebih luas pada wajah, serta pada akhir perawatan akan meninggalkan kesan wajah lembut dan terasa halus.

Peel-Off Mask: Efektif Menarik Kotoran dari Pori-pori Wajah

Masker peel-off merupakan masker yang awalnya berbentuk krim. Penggunaan masker ini dilakukan dengan pengaplikasian pada wajah dan dibiarkan beberapa lama sampai mengering. Setelah kering, masker bisa dikelupas yang umumnya akan terlihat komedo, kulit mati, bahkan rambut halus pada wajah yang turut terangkat pada masker.

Peel-off mask memiliki beberapa khasiat yaitu mengencangkan kulit, menarik sel-sel kulit mati dan kotoran dari pori-pori, hingga menghilangkan rambut halus di wajah. Bagi pemilik kulit sensitif, Anda harus ekstra hati-hati saat menggunakan masker jenis ini karena beberapa produk peeloff mask menimbulkan rasa tidak nyaman dan perih saat proses pengelupasan.

Sheet Mask: Diperkaya Komponen untuk Menyegarkan dan Melembapkan

Sheet mask termasuk jenis masker yang paling sering digunakan. Bahkan, hampir semua merek skincare merilis seri sheet mask. Sheet mask banyak diminati karena penggunaan yang mudah dengan hasil instan. Sesaat setelah penggunaan sheet mask, Anda akan mendapati wajah terasa segar, lembut, kenyal, lembap, dan tampak lebih cerah.

Kandungan cairan yang tinggi pada masker lembaran ini mampu menghidrasi kulit secara maksimal selama ditempelkan ke wajah. Namun, meski cocok untuk semua jenis kulit, beberapa kandungan sheet mask justru dapat memicu jerawat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda cermati kandungan pada sheet mask agar tidak memperburuk jerawat Anda.

Pastikan Keamanan Produk dengan Mengecek Free System-nya

Kulit berjerawat memerlukan perawatan intensif guna mengatasi permasalahan yang  Anda alami. Untuk mencegah jerawat semakin banyak, pastikan Anda memilih masker wajah yang mengusung minimal ingredients. Pilih juga produk yang teruji hypoallergenic untuk menutup kemungkinan alergi.

Selain itu, Anda perlu menghindari produk berkandungan paraben yang menimbulkan breakout serta mengganggu kinerja hormon. Jauhkan pula skincare yang mengandung mineral oil agar tidak menambah masalah wajah. Pasalnya, mineral oil berisiko menyumbat pori-pori yang kemudian memunculkan jerawat baru.

Supaya lebih aman, Anda disarankan mengecek free system masker wajah pilihan Anda. Pastikan produk yang Anda hendak beli mencantumkan keterangan paraben-free, alcohol-free, fragrance-free, dan sebagainya. Agar lebih aman, masker wajah untuk merawat kulit berjerawat Anda sebaiknya tidak mengandung scrub exfoliator.

10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat

Pada bagian ini, kami telah menyiapkan 10 rekomendasi produk masker wajah yang bisa menjadi pilihan utama Anda dalam merawat kulit Anda yang berjerawat. Periksa bahan aktif, jenis, dan status keamanannya dengan saksama, ya!

1. Naruko Tea Tree Shine Control & Blemish Clear Mask

Kandungan utama tea tree oil untuk basmi jerawat dan minyak berlebih

Sheet mask dengan kandungan utama tea tree extract ini akan merawat kulit berjerawat Anda sekaligus mengontrol sekresi minyak berlebih pada wajah. Tea tree juga dikenal memberikan efek menenangkan yang bagus untuk mengurangi tampilan merah radang pada kulit berjerawat. Diperkaya hyaluronic acid, masker ini mampu mengunci kelembapan serta menjaga elastisitas kulit dan membuatnya terasa lembut.

Selain lolos uji dermatologis, produk Naruko berikut juga mengantongi sertifikasi BPOM dengan nomor NA47180200322. Masker wajah paraben-free, sulfate-free, dan silicone-free ini datang dalam kemasan box berisi 5 lembar sheet mask berwarna hitam. Produk ini dapat digunakan oleh Anda yang memiliki kulit normal cenderung berminyak.

Jenis masker Sheet mask
Bahan aktif Tea tree oil, licorice extract, salicylic acid, tranexamic acid, ekstrak biji kacang, phytoferulin, ekstrak witch hazel, poroctone olamine, hyaluronic acid
Keamanan Bebas paraben, bebas alkohol, bebas sulfat, bebas alergen, bebas silikon, BPOM
Ukuran/isi 26 mL
Kisaran harga Rp32.500

2. Muddy Buddy Yellow Mellow

Masker berbahan organik untuk pudarkan bekas jerawat dan cerahkan kulit

Bagi Anda yang menyukai produk skincare berbahan organik, masker Yellow Mellow keluaran Muddy Buddy berikut dapat menjadi pilihan utama. Masker ini mengandalkan kandungan Curcuma longa atau lebih familier dengan sebutan kunyit. Kandungan alami kunyitnya dikenal ampuh menghilangkan bekas-bekas jerawat pada kulit.

Selain kunyit, terkandung pula calendula sebagai penjaga kelembapan kulit, serta oryza sativa untuk melembutkan dan mencerahkan. Masker berbentuk bubuk ini hadir dalam kemasan plastik untuk penggunaan beberapa kali. Tidak meninggalkan rasa kering dan kulit tertarik, produk ini nyaman tanpa membuat wajah meradang. Hanya saja, aroma organik masker ini mungkin kurang cocok untuk sebagian orang.

Jenis masker Wash-off mask
Bahan aktif Curcuma longa, calendula officianalis, cartamus tinctorius, althea officinalis, oryza sativa, pachyrizus erosus, aloe barbadensis miller
Keamanan Terbuat dari bahan-bahan alami
Ukuran/isi 45 g
Kisaran harga Rp55.000

3. Himalaya Herbals Purifying Neem Mask

Perpaduan kebaikan tanaman neem dan kunyit untuk tuntaskan masalah jerawat

Kombinasi neem dan kunyit hadir dalam Himalaya Herbals Purifying Neem mask untuk menjawab permasalahan jerawat Anda. Tanaman neem dikenal sebagai zat antimikrob dan antiinflamasi, sedangkan kunyit populer akan khasiatnya sebagai pemudar bekas jerawat. Maskernya yang berbentuk peel-off juga memudahkan penggunaan.

Dua bahan utama pada produk ini mengirimkan fungsi pengurang kulit berminyak dan pencegah timbulnya jerawat. Produk ini juga memberikan efek menyejukkan saat menyentuh permukaan kulit dengan wangi khas jamu-jamuan tradisional. Setelah dikelupas, Anda akan merasakan kulit lebih bersih, cerah, serta kemerahan pada jerawat berkurang.

Jenis masker Peel-off mask
Bahan aktif Neem, turmeric, fuller’s earth
Keamanan Bebas alkohol, bebas silikon, bebas alergen, fungal acne (malassezia) safe, BPOM
Ukuran/isi 100 mL
Kisaran harga Rp99.900

4. Freeman Deep Clearing Manuka Honey + Tea Tree Oil Clay Mask + Cleanser

Fungsi masker sekaligus cleanser dalam satu produk!

Masker besutan Freeman satu ini cocok untuk Anda yang menyukai hal-hal praktis. Anda hanya memerlukan satu produk untuk mendapatkan dua fungsi, sebagai masker sekaligus face wash! Kandungan manuka honey di dalamnya memberikan nutrisi pada kulit, menjadikan kulit lembap dan terasa lembut.

Tea tree oil yang terkenal sebagai agen antibakteri serta membersihkan pori-pori tergabung pula dalam produk ini. Tea tree oil mampu menyerap minyak pada wajah tanpa overdrying. Hasilnya? Kulit tak sekadar lembap, tetapi juga cerah, bersih, dan bebas jerawat.

Jenis masker Wash-off
Bahan aktif Tea tree oil, manuka honey
Keamanan Cruelty-free, bebas paraben, bebas alergen, bebas alkohol, bebas sulfat, fungal acne (malassezia) safe, BPOM
Ukuran/isi 175 mL
Kisaran harga Rp96.800

5. GlamGlow Supermud Clearing Treatment

Diperkaya 3 formula canggih untuk tuntaskan permasalahan kulit

Jika Anda memiliki budget lebih, masker unggulan GlamGlow layak menjadi pilihan. Formula utama Super Six Acid Blend menggabungkan 6 jenis acid untuk hasil lebih visible. Selain itu, terdapat kandungan Activated-X Charcoal yang bertugas melakukan deep cleansing ke dalam pori-pori. Lengkap dengan teknologi New TEAOXI berkandungan eucalyptus leaf, produk ini berperan pula sebagai antioksidan.

GlamGlow Supermud Clearing Treatment menjanjikan hasil kulit yang bersih, pori-pori mengecil, sel kulit mati terangkat, kulit berjerawat semakin terawat, serta efek kulit cerah Anda rasakan dalam waktu singkat. Produk ini bebas dari bahan-bahan berisiko seperti paraben dan mineral oil, membuatnya sekaligus aman untuk pengguna dengan kulit sensitif.

Jenis masker Wash-off mask
Bahan aktif Acnecidic-6, pore-matrix, eucalyptus leaf, licorice root, peppermint plant, chamomile, marigold, aloe vera, ivy, cucumber
Keamanan Bebas paraben, bebas formaldehydes, bebas phthalates, bebas mineral oil, bebas retinyl palmitate, bebas triclosan, BPOM
Ukuran/isi 50 g
Kisaran harga Rp1.075.000

6. Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask

Kandungan arang aktif dan mint untuk detoksifikasi dan menyegarkan kulit

Charcoal dikenal akan manfaatnya sebagai deep cleanser dengan menyerap kotoran, minyak, debu, dan partikel mikro lainnya yang merugikan kulit. Luxcrime menghadirkan masker jerawat dengan kandungan utama active charcoal untuk menghasilkan kulit bersih hingga ke pori dengan tambahan sensasi dingin dan soothing dari daun mint.

Masker ini diklaim mampu mengatasi beragam masalah kulit, seperti breakout, whitehead/blackhead, serta meringkas pori. Selain itu, masker ini juga memberikan manfaat lain seperti mencerahkan dan melembapkan wajah melalui kandungan vitamin E dan chamomile extract.

Jenis masker Wash-off mask
Bahan aktif Activated charcoal powder, chamomilla recutita (matriacaria) flower extract, peppermint (menthol) essential oil, tea tree oil, shea butter, olive oil
Keamanan Tidak diuji pada hewan, bebas paraben, bebas SLS, BPOM
Ukuran/isi 50 g
Kisaran harga Rp119.000

7. The Crushlicious Green Tea Organic Face Mask

Manfaat masker green tea organik untuk usir jerawat

Tanaman green tea begitu andal merawat kulit berminyak dan rentan berjerawat. The Crushlicious membawa kebaikan nyata green tea alami melalui produk masker organiknya satu ini. Dengan aroma khas daun teh, masker ini sanggup meninggalkan efek calming bagi kulit maupun ketika Anda tengah menggunakannya.

Bahan-bahannya yang 100% natural membuat masker ini semakin aman digunakan. Teksturnya sangat mudah di-blend yang sekaligus efektif untuk mengempiskan jerawat. Klaimnya, masker ini mampu mengatasi jerawat serta beeruntusan, menghilangkan bekas merah jerawat, kontrol minyak, mencerahkan wajah, serta memudarkan mata panda.

Jenis masker Wash-off mask
Bahan aktif Bubuk daun teh, tepung havermut, tepung beras
Keamanan 100% natural, cruelty-free, BPOM
Ukuran/isi 60 g
Kisaran harga Rp45.000

8. The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

Dengan bamboo charcoal dari Himalaya untuk kulit bersih dan sehat

The Body Shop merilis produk clay mask yang telah diinjeksi Himalayan bamboo charcoal, green tea leaf, dan organic tea tree oil. Produk ini diklaim mampu bersihkan kulit secara menyeluruh serta memperbaiki tampilan pori-pori untuk kulit tampak sehat dan glowing. Bahan-bahannya 100% vegan, tidak mengandung parafin, paraben, silikon, maupun mineral oil.

Ketika diaplikasikan, masker wajah yang teruji dermatologically ini akan memberikan efek tingling pada kulit wajah sebagai pertanda masker sedang bekerja. Masker ini akan menyerap kelebihan sebum dan tumpukan kotoran, juga kemudian mengirimkan nutrisi yang membuat kulit lebih bersih, halus, dan sehat.

Jenis masker Wash-off mask
Bahan aktif Bamboo charcoal, green tea leaves, organic tea tree oil
Keamanan 100% vegan, dermatologically tested, bebas paraben, bebas sulfat, bebas silikon
Ukuran/isi 75 mL
Kisaran harga Rp369.000

9. Mediheal Teatree Care Solution Essential Mask EX

Perawatan intensif untuk kulit breakout dengan tea tree oil essence

Sheet mask Mediheal ini mempunyai bentuk lebih mini dibandingkan sheet mask pada umumnya. Kandungan essence pada masker ini berisikan tea tree oil yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, tea tree oil juga komponen baik dalam menutrisi kulit dan membantu masalah jerawat.

Kandungan tea tree oil-nya didukung pine needle dan portulaca oleracea extract sebagai pengontrol sekresi sebum dan penenang kulit iritasi. Masker ini baik digunakan untuk kulit wajah yang sedang breakout untuk mengurangi peradangan. Selain itu, masker ini juga akan menghilangkan blackheads dan kotoran tersumbat pada pori-pori.

Jenis masker Sheet mask
Bahan aktif Tea tree leaf oil, willow bark extract, centella asiatica extract, pine needle, portulaca oleracea
Keamanan Bebas sulfat, bebas silikon, bebas alergen
Ukuran/isi 24 mL
Kisaran harga Rp29.000

10. Roro Mendut Masker Brotowali untuk Kulit Berjerawat

Ekstrak tanaman herbal lokal untuk mengusir jerawat sekaligus bekasnya

Roro Mendut merupakan brand dalam negeri yang mengambil kebaikan herbal alam Indonesia untuk perawatan kulit. Pada produknya kali ini, Roro Mendut mengekstraksi tanaman brotowali yang disempurnakan dengan campuran sambiloto, teh hijau, rumput laut, dan beras ketan untuk menyudahi permasalahan jerawat Anda.

Tak hanya penggunaan pada wajah, Anda bisa menggunakan produk ini di bagian tubuh mana pun yang dihinggapi jerawat. Roro Mendut mengklaim masker ini mampu membereskan jerawat 3x lebih optimal. Ada juga fitur antibakterial, peringkas pori, pengendali minyak, dan pengencan kulit.

Jenis masker Wash-off mask
Bahan aktif Brotowali, teh hijau, beras ketan, sambiloto, rumput laut
Keamanan BPOM, berbahan organik, tidak diuji pada binatang
Ukuran/isi 40 g
Kisaran harga Rp30.000

Lihat juga rekomendasi produk untuk kulit berjerawat lainnya di sini!

Sebaiknya Anda selalu mengaplikasikan produk berdasarkan tipe kulit wajah. Saat timbul permasalahan seperti jerawat pun, produk yang Anda gunakan untuk perawatan kulit harus sesuai kebutuhan.

Tak sebatas masker, Anda juga perlu menggunakan produk lain yang cocok dengan kulit berjerawat Anda. Pada artikel-artikel berikut ini, Anda akan menemukan pelembap, serum, face wash, krim, dan sunscreen untuk kulit berjerawat.

10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
10 Rekomendasi Facial Wash Terbaik untuk Kulit Berjerawat
10 Rekomendasi Krim Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat
10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berjerawat

Kesimpulan

Jerawat dapat muncul dikarenakan perubahan hormon, stres, dan terlalu sering mencuci muka. Wajah kotor yang jarang dibersihkan pun dapat menyebabkan tumpukkan kotoran dan bakteri yang berujung pada timbulnya jerawat. Anda bisa menghilangkan jerawat dengan masker wajah terbaik yang telah kami rekomendasikan di atas.

Aplikasikanlah masker jerawat secara rutin dalam keadaan wajah bersih. Hindari memencet jerawat yang justru merusak jaringan kulit dan menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. Dari kesepuluh masker untuk kulit berjerawat yang telah Anda tengok, manakah yang Anda hendak beli? Semoga Anda berhasil menemukan produk terbaik, tepat, dan efektif membantu atasi masalah jerawat Anda!

(Visited 722 times, 6 visits today)