Kosmetik & Kesehatan

10 Sabun Muka Terbaik untuk Jerawat [Kolaborasi dengan Dokter Kulit]

Saat kondisi kulit wajah sedang berjerawat, maka perawatan yang dilakukan juga harus disesuaikan. Dalam membersihkan wajah, diperlukan penggunaan sabun muka khusus untuk kulit berjerawat. Sabun pembersih muka yang baik dan cocok untuk kulit berjerawat umumnya mengantongi label bebas minyak (oil free) atau non-comedogenic.

Selain mempunyai kriteria-kriteria tersebut, masih ada hal lain untuk diperhatikan. Maka dari itu, kami berupaya menyajikan cara memilih sabun muka yang tepat untuk kulit wajah berjerawat. Setelah memahami poin-poin yang perlu Anda pertimbangkan, barulah Anda memilih produk terbaik yang akan kami rekomendasikan. Jadi, ikuti terus artikel ini hingga tuntas!

Berkolaborasi dengan dr. Annisa Anjani Ramadhan, Sp.DV

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Sp.DVPakar/Spesialis

dr. Annisa Anjani Ramadhan adalah seorang dokter spesialis kulit dan kelamin yang tergabung dalam PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) dan IDI (Ikatan Dokter Indonesia). Beliau menamatkan pendidikannya di Universitas Indonesia.

Selain berpraktik di Emerald by RSIA Tambak (@emerald_healthandbeauty) dan Kinara Clinic (@kinaraclinic) beliau juga cukup aktif membagikan konten edukasi kesehatan kulit dan kelamin di akun Instagram (@dokchaspdv) dan Youtube (dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV).

Karakteristik Jerawat Berdasarkan Tingkat Keparahannya

blank

Berdasarkan tingkat kondisinya, jerawat terbagi menjadi tiga level, yaitu jerawat ringan, jerawat sedang, dan jerawat parah.

  • Jerawat ringan merujuk pada tampilan beberapa jerawat kecil atau komedo (blackheads dan whiteheads).
  • Jerawat sedang lebih menunjukkan pada kondisi kemunculan jerawat dalam jumlah lebih banyak akibat bakteri, kotoran, dan minyak menumpuk ke dalam pori-pori. Jerawat dalam kategori sedang umumnya berwarna merah atau merah muda, dan apabila meradang terkadang juga disertai oleh nanah (acne papules).
  • Jerawat parah ditandai dengan kemunculan berbagai bentuk jerawat, seperti jerawat kecil dan jerawat papula dalam jumlah banyak yang menutupi sebagian besar wajah. Pada level ini risiko terhadap peradangan semakin besar sehingga membuat penderitanya merasakan tidak nyaman akibat kesakitan.

Jerawat bermula dari terbentuknya komedo, komponen pembentuk komedo adalah sel kulit mati, kotoran atau sisa make up dan sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak.

Adanya komedo mengundang pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes berlebihan yang menimbulkan peradangan.

Ada tiga derajat dari jerawat:

  1. Jerawat ringan:Β  Komedo <20, pustula <15, kista 0, total lesi <30
  2. Jerawat sedang: Komedo 20-100, pustula 15-50, kista <5, total lesi 30-125
  3. Jerawat berat: Komedo >100, pustul >50, Kista >5, total lesi >125

Jerawat derajat sedang dan berat merupakan indikasi berobat ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan terapi intensif.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dokter Spesialis Dermatovenerologi
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Cara Memilih Sabun Muka untuk Kulit Berjerawat

Pemilihan sabun muka untuk mengatasi jerawat tidak boleh sembarangan. Anda harus memakai produk sesuai jenis jerawat yang Anda alami. Agar tidak keliru, berikut cara memilih facial wash untuk kulit berjerawat yang dapat Anda jadikan panduan.

Pilihlah Produk dengan Kandungan yang Sesuai Jenis Jerawat Anda

Berdasarkan jenisnya, jerawat dibagi menjadi beberapa jenis, yakni jerawat komedo (blackheads dan whiteheads), pimples, jerawat kistik, dan jerawat hormonal. Pastikan Anda memilih sabun muka berdasarkan jenis jerawat Anda!

Blackheads, Whiteheads, dan Jerawat Hormonal: Gunakan Sabun Muka yang Mengandung Polyhydroxy Acid

blank

Bila Anda mengalami jerawat berjenis ringan atau jerawat akibat perubahan hormon di dalam tubuh (hormonal acne), sabun muka dengan kandungan PHA (Polyhydroxy acid) dapat Anda jadikan pilihan utama karena memiliki sifat exfoliating yang lembut.

Exfoliator terbaik untuk kulit berjerawat yang bisa ditemukan di pasaran adalah AHA, BHA, dan PHA. Di antara ketiganya, PHA (Polyhydroxy acid) adalah yang formulanya paling lembut.

Sementara itu, asam salisilat yang termasuk BHA berfungsi sebagai anti peradangan pada persentase 1-2%. Di atas persentase tersebut, asam salisilat bisa menjadi eksfoliator, namun juga berpotensi iritatif.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dokter Spesialis Dermatovenerologi
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Bintik Merah (Pimples): Utamakan Produk dengan Kandungan Benzoyl Peroxide

blank

Berdasarkan level keparahannya, jerawat yang secara umum berwarna kemerahan disebut pimples masuk dalam kategori jerawat sedang. Untuk mengatasi jerawat semacam ini, sabun muka yang dibekali kandungan benzoyl peroxide (BP) akan bekerja langsung mengurangi jumlah bakteri Propionibacterium acnes.

Benzoyl peroxide memiliki sifat antibakteri yang memungkinkannya untuk menekan perkembangan bakteri penyebab jerawat. Menurut studi di tahun 2015, 10% benzoyl peroxide bahkan sudah memberikan hasil signifikan terhadap penyembuhan jerawat ringan hingga sedang, sekaligus mengembalikan tampilan kulit yang merata.

Kandungan benzoyl peroxide merupakan antibakteri nonantibiotik yang dapat digunakan untuk menekan pertumbuhan bakteri P. acnes dan meredakan peradangan.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dokter Spesialis Dermatovenerologi
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Jerawat Batu (Cystic Acne): Tangani secara Khusus dengan Sabun Muka Berkandungan Glycolic Acid

blank

Jerawat kistik (cystic acne) dikenal juga dengan sebutan jerawat batu merupakan jenis jerawat dengan kista merah di bawah kulit. Ukurannya yang besar terlihat seperti bisul disebabkan adanya nanah di dalamnya. Jenis jerawat ini lebih berisiko menimbulkan beragam jenis jerawat parah lainnya. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter kulit.

Untuk membersihkan wajah yang menderita jerawat batu, Anda dapat memilih sabun muka berkandungan glycolic acid. Asam glikolat atau AHA akan membantu mengeksfoliasi kulit mati dan menurunkan sebum berlebih yang berpotensi menyebabkan breakout.

Jerawat batu/kista merupakan bentuk jerawat yang peradangannya terjadi lebih dalam sehingga butuh perawatan lebih invasif yang dapat dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Jerawat kista yang tidak ditangani dengan baik berpotensi lebih besar menimbulkan peradangan kronis dan skar/bopeng bekas jerawat.

Asam glikolat adalah salah satu anggota dari kelompok AHA. Efek samping penggunaan asam glikolat adalah kulit kemerahan dan sensitif terhadap sinar matahari sehingga akan lebih mudah merah bila terkena sinar matahari. Untuk melindungi kulit yang sedang perawatan dengan asam glikolat, hindari sinar matahari langsung di area wajah dan leher, serta gunakan sunscreen minimal SPF 30 30 menit sebelum terpajan matahari dan reaplikasi setiap 2 jam.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dokter Spesialis Dermatovenerologi
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Periksa Kandungan Sabun Muka agar Sesuai dengan Jenis Kulit Anda

blank

Tidak semua sabun muka cocok untuk kulit berjerawat, karena beberapa kandungan bahannya mungkin tidak cocok dengan jenis kulit tertentu. Sebagai contoh, bahan-bahan bersifat oily seperti minyak kelapa, mineral oil, dan petrolatum justru akan menyumbat pori-pori, sehingga harus dihindari oleh Anda yang memiliki kulit berminyak dan kombinasi.

Orang yang berkulit sensitif perlu menghindari sabun muka pemicu iritasi, misalnya wewangian dan alkohol karena juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Meski kandungan seperti salicylic acid merupakan bahan pembasmi jerawat yang sangat efektif, Anda yang berkulit kering atau sensitif tetap tidak disarankan untuk menggunakannya.

Apabila Anda mengetahui tipe kulit Anda termasuk normal, hampir seluruh sabun muka cocok untuk Anda gunakan. Hanya saja, baik bagi kulit normal ataupun jenis kulit lain, tetap utamakan produk yang sedikit bahan alkohol. Bila perlu, sebisa mungkin pilih sabun muka untuk kulit berjerawat tanpa alkohol untuk hasil terbaik.

Pemilik kulit berminyak sebaiknya menghindari produk yang mengandung lebih banyak kandungan oil, terutama yang termasuk dalam golongan asam oleat seperti coconut oil sebab bisa merusak skin barrier sehingga kulit mudah iritasi. Produk yang mengandung asam linoleat lebih dibolehkan karena bersifat menjaga skin barrier.

Pemilik kulit sensitif sebaiknya berhati-hati dengan skincare yang mengandung wewangian, alkohol, dan asam salisilat karena dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit.

Asam salisilat misalnya, walaupun memiliki efek anti peradangan, pada jumlah tertentu, asam salisilat juga dapat mengiritasi kulit, terutama untuk kulit sensitif. Sementara kandungan alkohol pada skincare dapat merusak lemak alami kulit dan membuat kulit kering sehingga mudah iritasi.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dokter Spesialis Dermatovenerologi
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Supaya Terhindar dari Efek Kering dan Flaky, Carilah Sabun Muka dengan Moisturizing Formula

blank

Sabun muka dirancang untuk menghilangkan minyak berlebih dari permukaan kulit. Namun jika digunakan secara berlebihan, sabun muka dapat berpotensi memperburuk kondisi jerawat Anda. Hal itu juga dapat merusak dan mengurangi fungsi acid mantle sebagai pelindung alami pada permukaan kulit yang terbuat dari minyak dan keringat.

Beberapa surfaktan pada sabun muka yang tergolong OTC (on the counter) juga dapat menjadikan wajah terlalu kering. Maka dari itu, penting memilih sabun muka kulit berjerawat yang diformulasikan dengan bahan pelembap. Pilihlah sabun yang mengandung emolien seperti lanolin, ceramides, dan sebagainya, yang dapat membantu kulit Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Selain itu, golongan humektan seperti gliserin juga memungkinkan kulit mempertahankan kelembapan lebih lama karena sifat higroskopik yang menjadikan kulit tetap terhidrasi. Kandungan gliserin banyak dipakai sebagai komponen pelembap pada berbagai macam skincare, sabun muka adalah salah satunya.

Sifat sabun yang banyak mengandung surfaktan biasanya memiliki pH tinggi yang tidak sesuai dengan pH kulit (pH 4,7-5), sehingga dapat merusak komponen skin barrier yaitu acid mantle.

Meski kandungan pelembab di dalam sabun cuci muka dapat mengurangi efek kulit kering, sebaiknya tetap gunakan pelembab setelah mencuci muka dengan sabun untuk hidrasi yang optimal.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dokter Spesialis Dermatovenerologi
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Pilihlah Jenis Sabun Muka Berdasarkan Kemudahan Pemakaiannya

Secara umum, ada tiga wujud sabun muka, yakni batangan, cair (facial foam), dan bubuk (powder cleanser). Mari kita bahas satu per satu kelebihan dan kekurangannya di bagian ini!

Sabun Batangan: Unggul dari Sisi Daya Pembersih dan Minim Bahan Aditif

blank

Sabun dalam bentuk batangan banyak digunakan sebagai sabun untuk mandi. Jika Anda mengharapkan hasil pembersihan optimal, sabun muka berwujud batangan dapat dipilih sebagai opsi karena daya pembersihnya yang kuat. Sabun batangan akan memberikan sensasi segar pada wajah setelah dicuci, serta baik untuk kulit karena minim bahan kimia atau zat aditif lain.

Sabun muka jenis ini lebih cocok bagi kulit berminyak atau kulit kombinasi cenderung berminyak. Sementara Anda yang mempunyai jenis kulit kering sebaiknya menghindari sabun ini karena dapat menyebabkan wajah Anda menjadi semakin kering. Apabila Anda tertarik menggunakan sabun muka dalam wujud soap bar, selalu gunakan pelembap setelah perawatan agar kulit tidak kering.

Saat ini, tersedia juga sabun batang dengan kandungan pelembap yang cukup untuk menghindarkan kulit dari kekeringan setelah mencuci muka. Walau demikian, setelah mencuci muka sebaiknya gunakan pelembap yang sesuai tipe kulit dan memiliki khasiat sesuai dengan permasalahan kulit.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dokter Spesialis Dermatovenerologi
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Facial Foam: Efek Perawatan Tanpa Meninggalkan Kesan Kesat di Kulit

blank

Sabun muka berupa facial foam adalah opsi terbaik untuk pemilik kulit sensitif, karena wujudnya yang menyerupai pasta, kaya akan bahan pelembap, dan tidak meninggalkan kesan kesat berlebihan pada kulit.

Facial foam merupakan bentuk sabun yang ringan dan cenderung rendah potensi iritasi karena mengandung air dan biasanya ditambahkan pelembab, cocok untuk kulit sensitif.

Facial cream bentuk sabun lebih banyak mengandung pelembab, cocok untuk kulit kering. Sedangkan facial gel bentuk sabun adalah yang paling banyak mengandung air, baik untuk pemilik kulit berminyak karena formulanya yang cenderung ringan.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dokter Spesialis Dermatovenerologi
dr. Annisa Anjani Ramadhan

Powder Cleanser: Lebih Leluasa dalam Mengatur Konsentrasi Penggunaannya

blank

Belakangan ini, powder cleanser ramai dibicarakan di kalangan beauty vlogger. Meski produksinya belum semarak micellar water, pembersih wajah dalam bentuk bubuk mulai digandrungi karena berbagai alasan. Anda dapat mengatur konsistensi penggunaan bubuk atau airnya sesuai tujuan, apakah sebagai exfoliator atau daily cleanser? It’s up to you!

Kelebihan dari powder cleanser adalah produk lebih awet serta mempersulit perkembangan bakteri atau jamur karena berbentuk bubuk. Selain itu, powder cleanser umumnya diformulasikan dari bahan-bahan alami yang dicampurkan dengan bahan-bahan lain sesuai tujuannya, misalnya untuk mengatasi permasalahan jerawat.

Powder cleanser adalah bentuk pembersih yang baru-baru ini muncul, diciptakan untuk memungkinkan pengguna menjadikan pembersih ini sebagai scrub atau facial wash dengan menambahkan sejumlah air sebelum menggunakannya.

Bila ingin menggunakan sebagai scrub cukup campurkan sejumlah kecil air. Sebaliknya, bila ingin digunakan sebagai facial wash, air yang dicampurkan lebih banyak.

Kelebihan powder cleanser adalah diklaim tanpa penggunaan pengawet, sebab biasanya yang menyebabkan produk skincare menjadi media yang dapat ditumbuhi jamur dan bakteri adalah kandungan air di dalamnya. Produk berbentuk powder tidak mengandung air sehingga lebih awet walau tanpa pengawet.

Namun, karena memiliki efek eksfoliasi melalui kandungan butir scrub, penggunaan produk ini sebagai scrub tidak boleh dilakukan setiap hari, melainkan seminggu sekali. Sedangkan bila ingin digunakan sebagai facial wash sehari-hari, Anda perlu menambahkan air lebih banyak.

Hati-hati menggunakan powder cleanser/pembersih dengan kandungan butir scrub, terutama untuk pemilik kulit sensitif atau yang sedang meradang sebab dapat memperparah peradangan bila scrubbing dilakukan terlalu mekanis/sering.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Dokter Spesialis Dermatovenerologi
dr. Annisa Anjani Ramadhan

10 Rekomendasi Sabun Muka untuk Kulit Berjerawat Terbaik

Di bawah ini kami perlihatkan sepuluh merek sabun muka terbaik untuk kulit berjerawat. Seluruh produk rekomendasi berikut adalah pilihan kami, bukan pilihan dr. Annisa Anjani Ramadhan. Selamat memilih!

1. Emina Ms Pimple Acne Solution Face Wash

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Cegah datangnya jerawat dengan kombinasi acne-duo care saat traveling

Emina Ms Pimple Acne Solution Face Wash adalah sabun muka dengan kemasan praktis yang mengandung witch hazel extract dan zinc gluconate.

Kombinasi acne-duo care tersebut efektif mengontrol produksi sebum dan mengurangi minyak pada kulit, menjadikan kulit lebih bersih dan segar serta terhindar dari jerawat, meski Anda sedang bermain di bawah sinar matahari

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Membantu meredakan jerawat meradang.
  • Tekstur gel ringan, mudah dibaurkan dan tidak menghasilkan terlalu banyak busa.
  • Setelah dibilas, kulit terasa lembap dan lembut tanpa rasa tertarik.
  • Wanginya mild menyegarkan.
  • Kadar pH rendah sehingga tidak merusak lapisan pelindung kulit.
  • Harga terjangkau dan mudah ditemukan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan kemunculan komedo.
Fokus produk Kulit berminyak, kulit kemerahan, jerawat
Manfaat Untuk angkat kotoran dan mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit, mengurangi sebum dan minyak berlebih, serta mengurangi kemerahan pada kulit
Bahan utama Salicylic acid, rosebay willowherb extract, witch hazel extract, dan zinc gluconate
Tipe kulit Kulit berminyak dan berjerawat
Formula pelembab Propylene glycol
Bebas paraben βœ“
Bebas pewangi πŸ—΄
Bebas alkohol βœ“
Tekstur Gel cair
Kemasan dan ukuran Tube 50 ml
Kisaran harga Rp18.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

blank

Sumber: Cosrx.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Ampuh mengempiskan jerawat dan mengurangi beruntusan

Diformulasikan dengan bahan-bahan botani seperti tea tree leaf oil, salicylic acid, dan willow bark water, sabun wajah ini ampuh membersihkan wajah dari kotoran dan sebum berlebih. Sabun ini juga dapat mengempiskan jerawat serta mengurangi beruntusan pada kulit dengan efektif.

Memiliki tekstur busa yang lembut dan tidak mengandung scrub, produk ini mampu mengangkat kulit mati, merawat kulit wajah agar bebas dari komedo, tetap kencang, dan tidak kering.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Membantu merawat jerawat meradang agar lebih cepat kering hanya dalam beberapa hari.
  • Membantu mengurangi frekuensi kemunculan jerawat.
  • Dapat mencerahkan dan mengurangi tampilan tekstur kulit kasar.
  • Kulit terasa segar dan bersih menyeluruh berkat daya bersihnya yang mumpuni.
  • Tidak menimbulkan efek kulit wajah tertarik.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Ada hint aroma sulfur yang mungkin kurang disukai sebagian orang.
  • Menyebabkan wajah terasa sedikit kering setelah dibilas.
Fokus produk Kulit kusam dan berjerawat
Manfaat Untuk mengurangi komedo, menenangkan dan mengempiskan jerawat, serta mengurangi minyak berlebih
Bahan utama Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, salicylic acid, dan salix alba (willow) bark water
Tipe kulit Kulit berminyak, berjerawat, kombinasi, dan sensitif
Formula pelembab Glycerin, butylene glycol, dan oenothera biennis (evening primrose) flower extract
Bebas paraben βœ“
Bebas pewangi πŸ—΄
Bebas alkohol βœ“
Tekstur Cream foam
Kemasan dan ukuran Tube 150 ml
Kisaran harga Rp140.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Cleansing Bar

blank

Sumber: Somebymi.us

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kulit halus dan segar berkat kandungan alami ekstrak tea tree

Diperkaya dengan ekstrak tea tree, AHA, BHA, dan PHA, sabun muka batangan ini mampu menenangkan kulit yang teriritasi, mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran, serta menjaga kulit tampak halus dan segar.

Tidak hanya itu, Some by Mi Miracle Cleansing Bar juga mengandung bahan tambahan alami lainnya, seperti minyak zaitun organik dan minyak argan sebagai pelembap.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memiliki aroma khas tea tree yang menenangkan.
  • Setelah dibilas, kulit terasa lebih bersih dan segar tanpa rasa tertarik.
  • Membantu menenangkan kulit berjerawat dan berangsur-angsur memudarkan bekasnya.
  • Membantu menghaluskan tekstur kulit setelah kurang lebih seminggu pemakaian.
  • Tampilan pori-pori tampak lebih ringkas.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Pemakaian kurang awet karena sabun mudah meleleh saat terkena air.
  • Kulit terasa sedikit kering setelah dibilas.
Fokus produk Kulit kemerahan, kulit kusam, dan berjerawat
Manfaat Menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, menjaga kulit tetap lembab, mencerahkan wajah
Bahan utama Tea tree extract, AHA/BHA/PHA
Tipe kulit Semua jenis kulit
Formula pelembab Glycerin, minyak zaitun dan minyak argan
Bebas paraben βœ“
Bebas pewangi πŸ—΄
Bebas alkohol βœ“
Tekstur Solid bar
Kemasan dan ukuran Box 95 gr
Kisaran harga Rp99.999
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Bioderma Sebium Gel Moussant

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Formula kompleks alaminya bekerja mulai dari membersihkan wajah hingga meningkatkan kadar toleransi kulit

Sebium Gel Moussant adalah sabun wajah untuk membersihkan, mengontrol kadar minyak, dan mengangkat kotoran pada kulit. Diresepkan oleh dokter spesialis kulit, sabun wajah ini memiliki formula kompleks alami yang juga dapat meningkatkan kadar toleransi kulit.

Sabun ini memiliki tekstur gel lembut yang mampu memurnikan kulit tanpa membuat kulit menjadi kering, membersihkan lapisan epidermis, serta mengurangi jumlah noda pada wajah.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Menjaga kelembapan kulit sekaligus membantu mengontrol produksi sebum.
  • Merawat kulit wajah kusam menjadi tampak lebih sehat bercahaya.
  • Membantu merawat jerawat agar lebih cepat kering.
  • Kemampuan membersihkan mumpuni tanpa membuat wajah kering.
  • Membantu mengurangi beruntusan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Aromanya cukup kuat, mungkin kurang cocok untuk yang sensitif dengan wewangian.
Fokus produk Kulit kusam dan berjerawat
Manfaat Untuk membersihkan kulit, mengangkat kotoran dan mengontrol kadar minyak pada kulit
Bahan utama Zinc sulfate, copper sulphate, dan fluidactiv sebo-correcting complex
Tipe kulit Kulit berminyak, kulit berjerawat, kulit kombinasi
Formula pelembab Propylene glycol
Bebas paraben βœ“
Bebas pewangi πŸ—΄
Bebas alkohol βœ“
Tekstur Gel cair
Kemasan dan ukuran Tube 100 ml, pump bottle 200 ml
Kisaran harga Rp187.000 – Rp297.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Azarine Acne Gentle Cleansing Foam

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Membuat Anda tampil lebih percaya diri dengan kulit wajah lembut seperti bayi

Bila Anda merasa tidak percaya diri karena wajah berjerawat, berminyak, atau berpori-pori besar, jangan ragu untuk memilih Azarine Acne Gentle Cleansing Foam untuk membersihkan wajah Anda.

Sabun ini akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Dengan bahan-bahan alami, seperti pursiane, madu, ekstrak lemon, dan asam salisilat, sabun ini juga mengangkat minyak berlebih pada wajah dan mengecilkan pori.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memiliki aroma lemon yang segar.
  • Mengurangi jerawat dan membuatnya lebih jarang muncul setelah penggunaan kurang lebih satu bulan.
  • Membantu menenangkan jerawat meradang.
  • Daya bersihnya mumpuni tanpa menyebabkan kulit kering dan kesat.
  • Tampilan pori-pori lebih tersamarkan.
  • Harga termasuk affordable untuk kualitas yang ditawarkan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Perlu dibilas berkali-kali karena efek licinnya.
Fokus produk Kulit berminyak, kulit wajah berpori-pori, kulit kusam, dan berjerawat
Manfaat Untuk membersihkan jerawat dan mengontrol sebum
Bahan utama Disodium laureth sulfosuccinate, lemon, salicylic acid, turkish rhubarb, dan witch hazel
Tipe kulit Kulit berminyak dan berjerawat
Formula pelembab Glycerin dan madu
Bebas paraben βœ“
Bebas pewangi πŸ—΄
Bebas alkohol πŸ—΄
Tekstur Gel cair
Kemasan dan ukuran Tube 60 ml
Kisaran harga Rp35.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. ElsheSkin Acne Cleansing Wash

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengatasi masalah kulit berminyak dengan bahan minimalis

Kulit berminyak cenderung mengalami beberapa masalah kulit mulai dari jerawat, komedo, hingga iritasi. Atasi masalah tersebut dengan sabun wajah yang mengandung salicylic acid dan bahan anti acne dari ElsheSkin ini.

Selain berkandungan minimalis, tekstur gel lembutnya akan mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan sisa make up dari wajah Anda sampai tuntas. Hasilnya, kulit menjadi lebih bersih, segar, dan terawat!

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Membantu menenangkan jerawat akibat purging.
  • Efektif mengeringkan jerawat yang muncul cukup banyak.
  • Beruntusan berkurang dalam dua minggu pemakaian.
  • Memiliki kemampuan mengontrol minyak.
  • Membantu mengurangi komedo di sekitar hidung.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Aroma kimianya mungkin kurang cocok bagi sebagian orang.
  • Ada efek kesat dan tertarik setelah dibilas.
Fokus produk Kulit berminyak, kulit berjerawat aktif, dan acne prone
Manfaat Untuk membersihkan kulit wajah yang berjerawat dari kotoran, sisa make up, dan minyak berlebih
Bahan utama Sulfur dan salicylic acid
Tipe kulit Kulit berminyak dan berjerawat
Formula pelembab Tidak ada
Bebas paraben βœ“
Bebas pewangi βœ“
Bebas alkohol βœ“
Tekstur Gel cair
Kemasan dan ukuran Botol 100 ml
Kisaran harga Rp58.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Acnes Derma Care Gentle Cleanser

blank

Sumber: Rohto.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memiliki pH seimbang untuk kulit sensitif dan berjerawat

Pembersih wajah yang satu ini diperuntukkan bagi kulit sensitif dan berjerawat. Acnes Derma Care Gentle Cleanser memiliki pH seimbang untuk kedua jenis kulit tersebut, dengan tekstur yang ringan dan lembut sehingga aman digunakan setiap hari.

Produk ini mengandung vitamin C yang dapat menutrisi kulit, serta acne care yang membantu meredakan dan menghilangkan jerawat. Bahan-bahannya telah teruji secara dermatologis, tanpa tambahan pewarna ataupun pewangi.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Membantu menghilangkan jerawat kecil di dahi dan pipi.
  • Tidak menimbulkan efek licin seperti gentle cleansing gel pada umumnya.
  • Daya bersihnya cukup bagus meskipun formulanya soap-free.
  • Jerawat hormonal lebih cepat sembuh.
  • Memberikan efek kulit lebih lembut dan kenyal setelah dibilas.
  • Nyaman untuk membersihkan kulit wajah sensitif dan acne-prone.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kulit sensitif yang alergi vitamin C sebaiknya berhati-hati menggunakan produk ini.
Fokus produk Kulit wajah berpori-pori, berjerawat dan sensitif
Manfaat Untuk membersihkan, merawat, dan menutrisi kulit berjerawat serta kulit sensitif
Bahan utama Aloe barbadensis leaf water, salicylic acid, hydrolized royal jelly protein, vitamin C (3-0-ethyl ascorbic acid)
Tipe kulit Semua jenis kulit
Formula pelembab Aloe barbadensis leaf water, hydrolized royal jelly protein, glyserine, caprylyl glycol, dan popylene glycol
Bebas paraben βœ“
Bebas pewangi βœ“
Bebas alkohol βœ“
Tekstur Gel cair
Kemasan dan ukuran Pump bottle 120 ml
Kisaran harga Rp55.100
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. N’pure Face Foam Centella Asiatica

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memberikan ketenangan aroma daun pegagan alami utuh di dalam botolnya

Sabun muka ini mempunyai kemasan yang cukup menarik seperti botol parfum. Di dalam botolnya terdapat daun pegagan utuh yang memberikan aroma menenangkan saat digunakan. Formulanya mengandung bahan-bahan alami seperti green tea, campuran fruit extract dan vitamin B3.

Dengan keistimewaan bahan-bahan alami tersebut, produk ini dapat memberikan hidrasi dan kelembapan pada kulit, sekaligus mencerahkan dan mengontrol minyak berlebih, membuat wajah tampak cerah tanpa noda bekas jerawat. Selain itu, daun pegagannya juga dapat menyembuhkan peradangan.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Praktis. Tidak perlu membusakan karena produk keluar sudah berbentuk busa.
  • Setelah dibilas kulit terasa lebih halus dan fresh tanpa sisa residu.
  • Membantu mengurangi jerawat dan beruntusan setelah pemakaian rutin.
  • Meskipun bentuknya push foam, penggunaannya cukup awet. Dapat digunakan 3 – 4 bulan.
  • Membantu mempromosikan tekstur kulit setelah satu bulan penggunaan.
  • Sikatnya dapat digunakan untuk deep cleansing.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya cukup mahal untuk hasil yang ditawarkan.
Fokus produk Kulit kusam, berjerawat, dan sensitif
Manfaat Untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran dan minyak berlebih, serta merawat kulit yang berjerawat dan sensitif
Bahan utama Real centella leaves, green tea, mix fruit extract, vitamin B3/niacinamide
Tipe kulit Semua jenis kulit
Formula pelembab butylene glycol, green tea
Bebas paraben βœ“
Bebas pewangi πŸ—΄
Bebas alkohol βœ“
Tekstur Gel foam
Kemasan dan ukuran Pump bottle 100 ml
Kisaran harga Rp90.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Kiehl’s Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash

blank

Sumber: Kiehls.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Merevitalisasi kulit dan mempertahankan kelembapan esensialnya

Menggunakan Calendula atau bunga marigold sebagai bahan andalannya, produk Kiehl’s ini berguna untuk menghilangkan kotoran serta merevitalisasi kulit wajah. Berbentuk gel krim, sabun wajah ini akan tetap mempertahankan kelembapan esensial kulit dengan aroma yang merelaksasi.

Dapat membersihkan kulit secara mendalam, produk ini tidak membuat kulit terlalu kering atau mengelupas, tetapi justru membuat kulit terlihat segar. Anda dapat membeli produk ini dalam kemasan besar sehingga tidak perlu sering membelinya, atau pilih kemasan kecil agar mudah dibawa saat bepergian.

Fokus produk Kulit berminyak dan sensitif
Manfaat Membantu membersihkan kulit dari kotoran dan minyak sehingga kulit lebih bersih, halus dan lembut
Bahan utama Calendula dan glycerin
Tipe kulit Semua jenis kulit
Formula pelembab Glycerin
Bebas paraben βœ“
Bebas pewangi πŸ—΄
Bebas alkohol βœ“
Tekstur Gel kental
Kemasan dan ukuran Pump bottle 75 ml dan 230 ml
Kisaran harga Rp164.900 – Rp368.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

10. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser

blank

Sumber: Sensatia.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kaya nutrisi dengan bahan dasar alami

Lidah buaya dalam produk ini menawarkan manfaat untuk memberikan kelembapan pada kulit. Selain lidah buaya, sabun ini juga mengandung ekstrak tea tree, tanaman gotu kola, dan kulit lemon.

Memiliki formula herbal yang kaya nutrisi, sabun wajah ini mampu mencegah timbulnya jerawat dengan mengurangi sebum di kulit. Sabun ini juga ideal dipakai sehari-hari oleh Anda yang memiliki kulit rentan berjerawat.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Salah satu produk face wash yang tidak pedih di mata.
  • Membersihkan kulit dengan sangat gentle karena terbuat dari bahan-bahan alami.
  • Membantu menenangkan kulit berjerawat dan kemerahan.
  • Memiliki aroma tea tree yang menenangkan.
  • Jerawat lebih jarang muncul setelah tiga minggu penggunaan.
  • Kulit terasa bersih dan lembap setelah dibilas.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sulit mengontrol seberapa banyak produk yang keluar karena kemasan botolnya.
Fokus produk Kulit berminyak dan acne prone
Manfaat Untuk menenangkan kulit berjerawat, serta mengangkat kotoran dan minyak pada wajah
Bahan utama Sari lidah buaya, ekstrak tea tree, gotu kola dan kulit lemon
Tipe kulit Kulit berminyak dan berjerawat
Formula pelembab Tocopherol (vitamin E)
Bebas paraben βœ“
Bebas pewangi πŸ—΄
Bebas alkohol βœ“
Tekstur Gel kental
Kemasan dan ukuran Botol 220 ml
Kisaran harga Rp130.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Sabun Muka untuk Kulit Berjerawat

Produk Emina Ms Pimple Acne Solution Face Wash COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Cleansing Bar Bioderma Sebium Gel Moussant Whitelab Acne Soap ElsheSkin Acne Cleansing Wash Acnes Derma Care Gentle Cleanser N’pure Face Foam Centella Asiatica Kiehl’s Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Fokus produk Kulit berminyak, kulit kemerahan, jerawat Kulit kusam dan berjerawat Kulit kemerahan, kulit kusam, dan berjerawat Kulit kusam dan berjerawat Kulit berminyak, acne prone Kulit berminyak, kulit berjerawat aktif, dan acne prone Kulit wajah berpori-pori, berjerawat dan sensitif Kulit kusam, berjerawat, dan sensitif Kulit berminyak dan sensitif Kulit berminyak dan acne prone
Manfaat Untuk angkat kotoran dan mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit, mengurangi sebum dan minyak berlebih, serta mengurangi kemerahan pada kulit Untuk mengurangi komedo, menenangkan dan mengempiskan jerawat, serta mengurangi minyak berlebih Menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, menjaga kulit tetap lembab, mencerahkan wajah Untuk membersihkan kulit, mengangkat kotoran dan mengontrol kadar minyak pada kulit Untuk membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak berlebih, meredakan jerawat dan kemerahan, serta mencerahkan kulit Untuk membersihkan kulit wajah yang berjerawat dari kotoran, sisa make up, dan minyak berlebih Untuk membersihkan, merawat, dan menutrisi kulit berjerawat serta kulit sensitif Untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran dan minyak berlebih, serta merawat kulit yang berjerawat dan sensitif Membantu membersihkan kulit dari kotoran dan minyak sehingga kulit lebih bersih, halus dan lembut Untuk menenangkan kulit berjerawat, serta mengangkat kotoran dan minyak pada wajah
Bahan utama Salicylic acid, rosebay willowherb extract, witch hazel extract, dan zinc gluconate Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, salicylic acid, dan salix alba (willow) bark water Tea tree extract, AHA/BHA/PHA Zinc sulfate, copper sulphate, dan fluidactiv sebo-correcting complex BHA (salicylic acid), niacinamide, dan tea tree oil Sulfur dan salicylic acid Aloe barbadensis leaf water, salicylic acid, hydrolized royal jelly protein, vitamin C (3-0-ethyl ascorbic acid) Real centella leaves, green tea, mix fruit extract, vitamin B3/niacinamide Calendula dan glycerin Sari lidah buaya, ekstrak tea tree, gotu kola dan kulit lemon
Tipe kulit Kulit berminyak dan berjerawat Kulit berminyak, berjerawat, kombinasi, dan sensitif Semua jenis kulit Kulit berminyak, kulit berjerawat, kulit kombinasi Kulit berminyak, kulit berjerawat, kulit kombinasi Kulit berminyak dan berjerawat Semua jenis kulit Semua jenis kulit Semua jenis kulit Kulit berminyak dan berjerawat
Formula pelembab Propylene glycol Glycerin, butylene glycol, dan oenothera biennis (evening primrose) flower extract Glycerin, minyak zaitun dan minyak argan Propylene glycol Propylene glycol, tocopheryl acetate (vitamin E) Tidak ada Aloe barbadensis leaf water, hydrolized royal jelly protein, glyserine, caprylyl glycol, dan popylene glycol butylene glycol, green tea Glycerin Tocopherol (vitamin E)
Bebas paraben βœ“ βœ“ βœ“ βœ“ βœ“ βœ“ βœ“ βœ“ βœ“ βœ“
Bebas pewangi βœ• βœ• βœ• βœ• βœ• βœ“ βœ“ βœ• βœ• βœ•
Bebas alkohol βœ“ βœ“ βœ“ βœ“ βœ“ βœ“ βœ“ βœ“ βœ“ βœ“
Tekstur Gel cair Cream foam Solid bar Gel cair Solid bar Gel cair Gel cair Gel foam Gel kental Gel kental
Kemasan dan ukuran Tube 50 ml Tube 150 ml Box 95 gr Tube 100 ml, pump bottle 200 ml Box 80 gr Botol 100 ml Pump bottle 120 ml Pump bottle 100 ml Pump bottle 75 ml dan 230 ml Botol 220 ml
Kisaran harga Rp18.500 Rp140.000 Rp99.999 Rp187.000 – Rp297.000 Rp27.000 Rp58.500 Rp55.100 Rp90.000 Rp164.900 – Rp368.000 Rp130.000
Periksa ketersediaan

Tips dari dr. Annisa Anjani Ramadhan untuk Perawatan Kulit Berjerawat

blank

Guna meringankan permasalahan jerawat, lakukan sejumlah perawatan berikut:

  • Bersihkan kulit dengan air dan sabun yang lembut dua kali sehari, pagi dan sore atau malam sebelum tidur.
  • Gunakan pelembap berkandungan AHA di pagi dan sore hari.
  • Hanya gunakan sunscreen bila terpajan matahari dalam waktu lama. Namun, sebaiknya hindari pajanan matahari terlalu lama. Di sisi lain, sunscreen juga berpotensi menyebabkan komedo dan jerawat.
  • Gunakan pelembap yang mengandung retinol, tretinoid, atau adapalene di malam hari untuk mengeringkan jerawat. Pada ibu hamil dan menyusui hanya boleh menggunakan pelembap yang mengandung azelaic acid.
  • Gunakan obat tutul jerawat yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, dan niacinamide.
  • Sabar dan konsisten menggunakan rangkaian skin care, selalu evaluasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin minimal satu kali setiap bulan.

Kesimpulan

Dengan pilihan sabun muka untuk kulit berjerawat terbaik di atas, Anda tak perlu lagi khawatir akan mengalami gangguan jerawat. Semisal nanti wajah Anda tak lagi β€œditemani” oleh jerawat, kegiatan membersihkan muka secara rutin tetap perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah serupa datang lagi di kemudian hari. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

You may also like

Comments are closed.