Written by 03:00 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Sabun Muka untuk Kulit Berjerawat Terbaik

Masalah jerawat bisa menimpa siapa saja, termasuk Anda. Saat kondisi kulit wajah sedang berjerawat, maka perawatan yang perlu dilakukan juga harus disesuaikan. Seperti dalam membersihkan wajah, diperlukan penggunaan sabun muka untuk kulit berjerawat dan berkomedo yang khusus. Sabun pembersih muka yang baik dan cocok untuk kondisi kulit berjerawat umumnya harus mengantongi label bebas minyak (oil free) atau non-comedogenic.

Selain mempunyai kriteria-kriteria tersebut, masih ada hal lain untuk diperhatikan tatkala Anda memilih sabun muka untuk kulit berjerawat. Maka dari itu, kami berupaya menyajikan cara memilih sabun muka yang tepat untuk kondisi kulit wajah berjerawat. Setelah memahami poin-poin yang perlu Anda pertimbangkan, barulah Anda lebih siap memilih produk terbaik yang akan kami rekomendasikan. Jadi, ikuti terus artikel ini hingga tuntas!

Karakteristik Jerawat Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Jerawat muncul akibat pori-pori yang tersumbat oleh akumulasi sel-sel kulit mati, kotoran, sisa makeup, dan bisa juga disebabkan oleh produksi minyak berlebih (sebum). Bakteri yang terperangkap juga menjadi pemicu kemunculan jerawat. Berdasarkan tingkat kondisinya, jerawat terbagi menjadi tiga level, yaitu jerawat ringan, jerawat sedang, dan jerawat parah.

Kondisi jerawat ringan merujuk pada tampilan beberapa jerawat kecil atau komedo (blackheads dan whiteheads). Sementara jerawat sedang lebih menunjukkan pada kondisi kemunculan jerawat dalam jumlah yang lebih banyak akibat bakteri, kotoran, dan minyak menumpuk ke dalam pori-pori. Jerawat dalam kategori sedang umumnya berwarna merah atau merah muda, dan apabila meradang terkadang juga disertai oleh nanah (acne papules).

Sementara jerawat dikatakan pada level parah apabila muncul berbagai bentuk jerawat, seperti jerawat kecil dan jerawat papula dalam jumlah banyak yang menutupi sebagian besar wajah. Pada level ini risiko terhadap peradangan semakin besar sehingga membuat penderitanya merasakan tidak nyaman akibat kesakitan. Sebaiknya Anda yang menderita jerawat parah untuk berobat ke dokter agar mendapatkan penanganan terbaik.

Bagaimana Cara Kerja Sabun Muka Kulit Berjerawat?

Penyebab utama dari timbulnya jerawat dikarenakan oleh tumpukan bakteri, kotoran, serta minyak berlebih pada pori-pori kulit wajah. Oleh karena itu, sabun muka yang diformulasikan untuk penderita kulit berjerawat memainkan peran utama dalam menghilangkan bakteri dan mengangkat kotoran serta timbunan minyak/sel kulit mati.

Namun, beberapa pembersih wajah dapat memberi efek terlalu keras sehingga mengiritasi kulit, terutama kulit sensitif. Sebaiknya Anda memilih sabun muka yang dapat mengatasi jerawat, mengurangi peradangan, serta memperbaiki warna kulit secara menyeluruh dengan mekanisme kerja yang tidak keras. Carilah sabun muka yang efektif menghilangkan semua kotoran dan minyak yang tidak diinginkan dari kulit wajah.

Untuk mencapai tujuan tersebut, produsen biasanya mencantumkan berbagai bahan pembersih seperti surfaktan. Bahan-bahan lain seperti alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA) juga dikombinasikan untuk membantu membasmi jerawat dengan membersihkan pori-pori kulit secara mendalam dari kotoran dan sel-sel kulit mati.

Berbagai masalah jerawat dapat ditangani dengan sabun muka untuk kulit berjerawat dengan campuran bahan tersebut, namun jika mencuci muka terlalu sering dapat menyebabkan kulit kering. Oleh karenanya, bagi Anda yang memiliki kulit kering atau sensitif dan sedang tertimpa jerawat, opsi terbaik untuk Anda adalah membeli sabun muka yang diperkaya emolien. Emolien akan menjaga kulit tetap lembap, lembut, dan membantu menyeimbangkan efek pengeringan kulit dari bahan pembasmi jerawat pada sabun muka.

Cara Memilih Sabun Muka untuk Kulit Berjerawat

Pemilihan sabun muka untuk mengatasi jerawat tidak boleh asal-asalan. Anda harus memakai produk sesuai jenis jerawat yang Anda miliki. Agar tidak keliru, berikut cara memilih facial wash untuk kulit berjerawat yang dapat Anda jadikan panduan.

Pilihlah Produk dengan Kandungan yang Sesuai Jenis Jerawat Anda

Berdasarkan jenisnya, jerawat dibagi menjadi beberapa jenis, yakni jerawat komedo (blackheads dan whiteheads), pimples, jerawat kistik, dan jerawat hormonal. Pastikan Anda memilih sabun muka berdasarkan jenis jerawat Anda!

Blackheads, Whiteheads, dan Jerawat Hormonal: Gunakan Sabun Muka yang Mengandung Salicylic Acid

Dalam kondisi ringan atau jerawat yang muncul ketika terjadi perubahan hormon di dalam tubuh (hormonal acne), kandungan salicylic acid (SA) dapat dijadikan pilihan utama karena memiliki sifat exfoliating yang lembut. Asam salisilat atau BHA akan menghilangkan sel-sel kulit mati yang terperangkan di dalam pori-pori.

Sabun muka berkandungan asam salisilat dapat mengurangi produksi sebum sehingga kondisi jerawat tidak bertambah parah. Di samping mengangkat segala bentuk kotoran dari permukaan dan pori kulit, sifat anti-inflamasinya juga membantu mengurangi efek kulit memerah akibat peradangan yang disebabkan oleh berkembangnya bakteri jenis Propionibacterium acnes.

Bintik Merah (Pimples): Utamakan Produk dengan Kandungan Benzoyl Peroxide

Jerawat yang secara umum berwarna kemerahan disebut pimples masuk dalam kategori jerawat sedang berdasarkan level keparahannya. Untuk mengatasi jerawat semacam ini, sabun muka yang dibekali kandungan benzoyl peroxide (BP) akan bekerja langsung mengurangi jumlah bakteri Propionibacterium acnes.

Benzoyl peroxide memiliki sifat antibakteri yang memungkinkannya untuk menekan perkembangan bakteri penyebab jerawat tersebut. Menurut studi di tahun 2015, 10% benzoyl peroxide bahkan sudah memberikan hasil signifikan terhadap penyembuhan jerawat ringan hingga sedang sekaligus mengembalikan tampilan kulit yang merata.

Jerawat Batu (Cystic Acne): Tangani secara Khusus dengan Sabun Muka Berkandungan Glycolic Acid

Jerawat kistik (cystic acne) dikenal juga dengan sebutan jerawat batu merupakan jenis jerawat dengan kista merah yang ukurannya cukup besar di bawah kulit. Ukurannya yang besar dikarenakan adanya nanah sehingga membuatnya terlihat seperti bisul. Disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kulit karena jenis jerawat ini lebih berisiko mengalami beragam jenis jerawat parah lain.

Untuk membersihkan wajah yang sedang ditimpa jerawat batu, Anda dapat memilih sabun muka berkandungan glycolic acid. Asam glikolat atau AHA akan membantu mengeksfoliasi kulit mati dan menurunkan sebum berlebih yang berpotensi menyebabkan breakout. Namun, asam glikolat dapat menjadikan kulit Anda lebih sensitif terhadap matahari, sehingga perlu pengaplikasian tabir surya apabila Anda bermaksud menghabiskan banyak waktu di luar rumah.

Periksa Kandungan Sabun Muka agar Sesuai dengan Jenis Kulit Anda

Tidak semua sabun muka cocok untuk kulit berjerawat karena beberapa kandungan bahan mungkin tidak cocok dengan jenis kulit tertentu. Sebagai contoh, bahan-bahan bersifat oily seperti minyak kelapa, mineral oil, dan petrolatum justru akan menyumbat pori-pori, sehingga harus dihindari oleh Anda yang memiliki kulit berminyak dan kombinasi.

Orang yang berkulit sensitif perlu menghindari sabun muka pemicu iritasi, misalnya yang berkandungan paraben, wewangian, dan alkohol karena juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Lalu, meski kandungan seperti salicylic acid merupakan bahan pembasmi jerawat yang sangat efektif, Anda yang berkulit kering atau sensitif tetap tidak disarankan untuk menggunakannya.

Apabila Anda mengetahui tipe kulit Anda termasuk normal, hampir seluruh sabun muka cocok untuk Anda gunakan. Hanya saja, baik bagi kulit normal ataupun jenis kulit lain, tetap utamakan produk yang sedikit bahan alkohol, bila perlu sebisa mungkin memilih sabun muka untuk kulit berjerawat tanpa alkohol untuk hasil terbaik.

Supaya Terhindar dari Efek Kering dan Flaky, Carilah Sabun Muka dengan Moisturizing Formula

Membersihkan kulit wajah terlalu sering tidak hanya berpotensi memperburuk kondisi jerawat Anda. Sabun muka yang dirancang untuk menghilangkan minyak berlebih dari permukaan kulit dapat berisiko merusak acid mantle, sehingga fungsinya sebagai penghalang alami terhadap bakteri penyebab jerawat pun berkurang.

Beberapa surfaktan pada sabun muka yang tergolong OTC (on the counter) juga dapat menjadikan wajah terlalu kering, sehingga penting memilih sabun muka kulit berjerawt yang diformulasikan dengan bahan pelembap. Emolien seperti lanolin, ceramides, dan sebagainya dapat membantu kulit Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Selain itu, golongan humektan seperti gliserin memungkinkan kulit mempertahankan kelembapan lebih lama karena sifat higroskopik yang menjadikan kulit tetap terhidrasi. Kandungan gliserin banyak dipakai sebagai komponen pelembap pada berbagai macam skincare, sabun muka salah satunya.

Pilihlah Jenis Sabun Muka Berdasarkan Kemudahan Pemakaiannya

Secara umum, ada tiga wujud sabun muka, yakni batangan, cair (facial foam), dan bubuk (powder cleanser). Mari kita bahas satu per satu kelebihan dan kekurangannya di bagian ini!

Sabun Batangan: Unggul dari Sisi Daya Pembersih dan Minim Bahan Aditif

Sabun dalam bentuk batangan banyak digunakan sebagai sabun untuk mandi. Jika Anda mengharapkan hasil pembersihan optimal, sabun muka berwujud batangan dapat dipilih sebagai opsi karena daya pembersihnya yang kuat. Sabun batangan akan memberikan sensasi segar sehabis menuci wajah, serta baik untuk kulit karena miim bahan kimia atau zat aditif lain.

Sabun muka jenis ini lebih cocok bagi kulit berminyak atau kulit kombinasi cenderung berminyak. Sementara Anda yang mempunyai jenis kulit kering sebaiknya menghindari sabun ini karena dapat menyebabkan wajah Anda menjadi semakin kering. Apabila Anda tertarik menggunakan sabun muka dalam wujud soap bar, selalu gunakan pelembap setelah perawatan agar kulit tidak kering.

Facial Foam: Efek Perawatan Tanpa Meninggalkan Kesan Kesat di Kulit

Pemilik kulit kering memerlukan sabun muka yang kaya akan bahan pelembap. Sabun muka berupa facial foam adalah opsi terbaik untuk Anda karena wujudnya yang menyerupai pasta dan kaya akan bahan pelembap tidak meninggalkan kesat kesat berlebihan pada kulit. Orang dengan kulit berminyak juga bisa memilih facial foam.

Untuk meningkatkan daya pembersihnya, facial foam umumnya menggunakan bahan surfaktan dan bahkan beragam bahan aditif lain sehingga kurang disarankan untuk Anda pemilik kulit sensitif. Walau demikian, Anda yang berkulit sensitif tetap bisa memilih facial foam untuk kulit berjerawat, syaratnya yaitu mencari produk yang tidak mengandung atau sedikit kandungan zat aditif kimianya.

Powder Cleanser: Lebih Leluasa dalam Mengatur Konsentrasi Penggunaannya

Belakangan ini, powder cleanser ramai dibicarakan di kalangan beauty vlogger. Meski produksinya belum semarak micellar water, pembersih wajah dalam bentuk bubuk mulai digandrungi karena berbagai alasan. Anda dapat mengatur konsistensi penggunaan bubuk atau airnya sesuai tujuan, apakah sebagai exfoliator atau daily cleanser? It’s up to you!

Kelebihan dari powder cleanser adalah lebih awet serta mempersulit perkembangan bakteri atau jamur karena berbentuk bubuk. Selain itu, powder cleanser umumnya diformulasikan dari bahan-bahan alami yang dicampurkan dengan bahan-bahan lain sesuai tujuannya, misalnya untuk mengatasi permasalahan jerawat. Sayangnya, masih sangat sulit menemukan sabun muka berbentuk powder di Indonesia. Kami sarankan Anda yang tertarik untuk membeli produk keluaran Kanebo asal Jepang, misalnya Kanebo Suisai Beauty Powder Wash.

10 Rekomendasi Sabun Muka untuk Kulit Berjerawat Terbaik

Di bawah ini kami perlihatkan sepuluh merek sabun muka terbaik untuk kulit berjerawat. Anda pasti menemukan produk yang tepat dan sesuai jika mengikuti tips yang telah kami paparkan di bagian sebelumnya. Selamat memilih!

1

PT. Rohto Laboratories
Acnes Creamy Wash

Mengandung salicylic acid untuk membasmi jerawat dan bekasnya!

Acnes adalah brand perawatan wajah yang terkenal untuk mengatasi beragam masalah seputar jerawat. Acnes Creamy Wash menjadi produk unggulan yang bisa Anda andalkan untuk mengusir jerawat di wajah. Sabun muka untuk kulit berjerawat paling ampuh dari Acnes ini cocok digunakan karena mengandung asam salisilat yang terbukti baik untuk mengatasi jerawat membandel ataupun bekas jerawat sekalipun.

Harga yang murah dengan keunggulan yang “wah” merupakan satu hal yang menjadikan produk ini sebagai favorit banyak orang. Untuk jerawat pada bagian dahi, pipi, atau area mulut bisa dihilangkan dengan cepat oelh Acnes Creamy Wash. Produk satu ini mangeluarkan busa yang cukup melimpah dengan kemampuan membersihkan kotoran serta mengangkat minyak pada wajah yang sempurna.

Kisaran harga Rp21.700
Berat/isi 100gr
2

Himalaya Herbals
Purifying Neem Face Wash

Pilihan ekonomis untuk bebaskan wajah dari intaian jerawat

Tak perlu merogoh kocek hingga ratusan ribu hanya untuk memperoleh sabun muka untuk kulit berjerawat terbaik. Hanya dengan harga mulai 25.000 rupiah, Anda sudah bisa menemukan produk pembersih wajah yang cocok, seperti Himalaya Purifying Neem Face Wash. Bukan cuma masalah jerawat, melainkan kulit yang bruntusan jugabisa ditangani dengan baik. Beruntusan pada wajah bisa hilang secara perlahan dengan pemakaian rutin produk ini.

Himalaya Purifying Neem Face Wash dapat menjadi penolong bagi wajah yang berjerawat. Wangi herbal yang dimiliki oleh facial wash ini memberi efek menenangkan dan rileks. Tidak mengandung busa yang banyak, sehingga memastikan hasil yang maksimal tanpa menyisakan efek kulit seperti tertarik ataupun mengalami iritasi. Jika Anda menginginkan sebuah produk pembersih yang sudah terbukti efektif untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat, Anda bsia mengandalkan produk ini.

Kisaran harga Rp40.000
Berat/isi 100ml
3

Garnier
Pure Active Acne & Oil Clearing Foam

Berbentuk foam yang efektif menekan produksi sebum

Garnier memang kerap berkonsentrasi untuk mengeluarkan produk-produk yang bisa dipakai oleh banyak orang dengan berbagai kondisi kulit. Untuk Anda yang sedang “bermusuhan” dengan jerawat, Anda bisa berdamai dengannya menggunakan produk ini. Garnier Pure Active Acne & Oil Clearing Foam adalah sabun muka pembersih dengan bentuk foam yang bagus untuk mengatasi jerawat dan produksi minyak berlebih pada wajah.

Bagi Anda yang sedang dihadapkan dengan masalah kulit kusam dan bruntusan juga bisa mengandalkan facial foam cleanser dari Garnier ini. Satu hal yang menjadi kekurangan dari produk ini adalah sensasi kulit yang sedikit tertarik setelah pemakaian masih ada. Tapi di balik kekurangan tersebut, Garnier Pure Active Acne & Oil Clearing Foam ini sudah dibuktikan banyak orang mampu mengempeskan dan membersihkan jerawat dan bintik bruntusan pada wajah.

Kisaran harga Rp21.000
Berat/isi 100ml
4

Kao
Biore Baking Soda Acne Scrub

Krim berpadu scrub untuk mengoptimalkan pembersihan menyeluruh

Biore adalah brand skincare yang tentu sudah tak asing di telinga Anda. Dalam rangkaian produk perawatannya, Biore mengeluarkan banyak seri yang dikhususkan untuk masing-masing masalah. Seperti gangguan jerawat membandel, Biore mempunyai Biore Baking Soda Acne Scrub. Sesuai dengan namanya, facial cleanser ini dibuat dengan formula krim yang dikombinasikan dengan scrub sebagai pembersih agen-agen penyebab jerawat yang mengendap di dalam pori-pori wajah.

Biore Baking Soda Acne Scrub mengantongi spesifikasi ideal sebagai sabun muka untuk kulit berjerawat terbaik. Kandungan salicylic acid berpadu baking soda alami menjadikan produk ini cocok untuk mengurangi jerawat dan meminimalisir breakout yang kerap dialami pada kulit kombinasi. Hanya dalam waktu 1 minggu pemakaian, Anda sudah bisa melihat hasil berupa wajah yang terbebas dari jerawat.

Kisaran harga Rp168.000
Berat/isi 127gr
5

Citra
Green Tea AntiAcne Facial Foam

Kebaikan teh hijau asli Jepang dalam membasmi bakteri jerawat

Jika Anda membutuhkan produk sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus dan murah, Anda bisa mencoba Citra Green Tea Anti Acne Facial Foam ini. Dikemas dalam bentuk tube warna putih dominan dengan tambahan aksen dedaunan hijau menjadikan produk ini cukup menarik dan mempesona saat dilihat. Bicara mengenai performanya, produk ini mengandung bahan dasar alami yang berfungsi baik untuk mengatasi gangguan jerawat.

Bahan dasar tersebut adalah the hijau dari Jepang langsung yang bertindak sebagai agen aktif untuk menghilangkan bakteri jerawat. Bukan hanya menghilangkan jerawat, tetapi juga memastikan wajah terbebas dari bekas jerawat yang menghitam sekaligus memberi efek mencerahkan. Aroma yang harum dari produk ini disertai dengan efek kulit yang lembut dan tidak kering setelah pemakaian menjadikannya wajib untuk Anda coba.

Kisaran harga Rp20.000
Berat/isi 100gr
6

Martha Tilaar
Sariayu Acne Facial Foam

Jerawat berkurang, pikiran pun tenang!

Lebih murah dari sabun muka untuk kulit berjerawat terbaik lainnya, tapi tidak menjadikan Sariayu Acne Facial Foam terkesan inferior di mata jajaran produk dengan fungsi serupa lainnya. Sariayu Acne Facial Foam menjadi salah satu andalan banyak orang yang ingin terbebas dari gangguan jerawat. Dilengkapi dengan minyak kananga dan pegagan dengan peran kerja masing-masing.

Pegagan bertugas sebagai agen untuk mengurangi jerawat dan cananga oil sebagai aromaterapi yang memberikan efek tenang setelah penggunaan. Kemasan yang cukup praktis dibawa ini memudahkan Anda untuk menggunakannya di luar rumah. Tekstur dari Sariayu Acne Facial Foam sendiri cukup cair dengan warna putih susu yang mempunyai aroma wangi menyegarkan saat dikeluarkan. Meskipun murah, Anda tak perlu khawatir akan mengalami efek kulit kering dan ketarik setelahnya, karena produk ini tidak memberikan efek sisa semacam itu.

Kisaran harga Rp15.510
Berat/isi 75gr
7

Sebapharma
Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

Solusi utama untuk memberantas bakteri pemicu jerawat

Bekerja dengan memastikan agar agen bakteri yang menyebabkan jerawat terus bermunculan berhenti menjadi fokus utama dari produk ini. Sebamed memang cukup konsen untuk urusan performa, seperti pada Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam. Dirancang khusus sebagai sabun muka untuk kulit berjerawat terbaik yang bisa diandalkan setiap orang, termasuk Anda. Bukan hanya baik untuk mengusir jerawat, tetapi juga dapat menjaga kelembaban kulit.

Jerawat dan komedo yang mengganggu bisa ditangani dengan baik oleh produk ini. Bagi Anda yang punya kondisi kulit sensitif juga bisa menggunakan facial foam dari Sebamed ini. Di dalamnya terkandung montaline C40 yang bekerja sebagai agen pembasmi bakteri penyebab jerawat. Bukan hanya itu, produk ini juga mengandung panthenol untuk memperbaiki kulit yang rusak sekaligus meregenerasi sel kulit yang mati.

Kisaran harga Rp165.000
Berat/isi 150ml
8

Mineral Botanica
Acne Care Facial Wash

Tidak meninggalkan efek kulit tertarik setelah perawatan

Kemasan yang tampak berbeda dari produk dengan harga pasaran yang tak jauh berbeda menjadi salah satu keunggulan fisik dari produk ini. Bicara mengenai performa, tentu Mineral Botani Acne Care Facial Wash juga tak bisa dianggap remeh. Diformulasikan dengan bahan-bahan khusus, menjadikan produk ini sangat baik untuk kulit berminyak dan kulit yang acne prone atau rentan terhadap jerawat.

Tidak memberikan efek kulit kering dan tertarik adalah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh sabun muka untuk kulit berjerawat pria dan wanita ini. Kotoran seperti debu atau polusi udara yang menyelinap masuk ke dalam pori-pori wajah juga bisa disapu bersih oleh produk ini. Selain efektif untuk membersihkan dan membasmi jerawat, produk ini juga wangi sehingga Anda akan merasa nyaman saat menggunakannya.

Kisaran harga Rp23.000
Berat/isi 100ml
9

PT. Elshe Skin Nusantara
ElsheSkin Acne Cleansing Wash

Produk lokal yang ampuh dijadikan sabun pembersih anti jerawat

Sudah banyak tanggapan positif terhadap produk ini, Anda bisa temukan dengan mudah di Internet. ElsheSkin Acne Cleansing Wash sendiri adalah sabun muka untuk kulit berjerawat batu lokal yang bisa Anda peroleh dengan gampang di pasaran. Sama seperti beberapa produk dengan peran serupa, ElsheSkin Acne Cleansing Wash ini juga menyimpan kandungan asam salisilat yang terkenal sebagai bahan anti jerawat dengan peran kerja membersihkan kulit dari kotoran, minyak berlebih, dan sisa-sisa makeup.

Anda yang terbiasa menggunakan riasan wajah setiap hari sangat perlu melakukan pembersihan wajah dengan produk ini. Pasalnya, sisa riasan yang tidak dibersihkan hingga ke dalam pori-pori akan membuat kulit kesulitan bernapas dan menyebabkan masalah jerawat yang semakin parah. Produk ini juga mengandung bahan dasar yang tergolong aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Kisaran harga Rp51.000
Berat/isi 100ml
10

Royalty Cosmetic
Royalty Cleansing Soap

Praktis digunakan karena berbentuk sabun batangan

Pada urutan terakhir, kami rekomendasikan Anda Royalty Cleansing Soap. Untuk Anda pemilik kulit berjerawat dan sensitif bisa memakai produk ini. Cukup berbeda dengan produk-produk lain dimana Royalty Cleansing Soap merupakan sabun pembersih wajah dalam bentuk batangan. Produk ini diklaim mampu menghilangkan jerawat secara bertahap serta menjadikan wajah Anda lebih halus dan mulus.

Produk ini menyimpan kandungan yang alami sehingga aman digunakan untuk Anda yang berkulit sensitif tanpa menyisakan efek samping seperti kulit kering atau iritasi. Bagi pria dan wanita juga bisa menggunakan produk ini. Diperkaya dengan ekstrak lidah buaya, minyak kelapa, dan ekstrak daun sirih menjadikan produk ini menjadi satu paket lengkap untuk melembabkan kulit dan menyembuhkan jerawat.

Kisaran harga Rp150.000
Berat/isi 80gr

Cara Menggunakan Face Wash untuk Kulit Berjerawat

Kami harap Anda sudah berhasil menemukan produk pembersih muka yang cocok berdasarkan jenis kulit dan jenis jerawat Anda. Untuk proses pembersihannya, disarankan tidak lebih dari dua kali dalam sehari untuk mencegah kerusakan skin barrier. Waktu terbaik adalah pagi setelah bangun tidur dan malam menjelang tidur.

Sebelum menerapkan krim, gel, atau cairan sabun muka pada kulit wajah, pastikan tangan Anda sudah bersih sehingga tidak terjadi perpindahan kotoran dan bakteri dari tangan ke wajah. Agar lebih optimal, bersihkan juga pori-pori wajah terlebih dahulu dengan air suam kuku bersuhu sekitar 30 derajat untuk membuka pori-pori.

Saat pengaplikasian sabun muka, prioritaskan pada area yang berjerawat sehingga bakteri bisa mati dan jerawat lebih cepat kering. Jangan menekan atau menggosok berlebihan untuk menghindari jerawat pecah dan kulit teriritasi. Cukup lakukan pemijatan ringan agar terjadi peluruhan sel kulit mati dan kotoran secara gentle.

Seusai pemijatan, bersihkan wajah dengan air hangat kembali secara perlahan, lalu tutup dengan pembasuhan menggunakan air dingin agar pori-pori kembali tertutup. Keringkan muka Anda dengan handuk yang kering dan bersih. Karena sehabis mencuci muka wajah menjadi kesat, sebaiknya Anda gunakan pelembap seperti lotion atau serum yang sesuai sehabis mencuci muka di pagi dan malam hari.

Kesimpulan

Dengan pilihan sabun muka untuk kulit berjerawat terbaik tersebut, Anda tak perlu lagi khawatir mengalami gangguan jerawat di kemudian hari. Semisal nanti wajah Anda tak lagi “ditemani” oleh jerawat, kegiatan membersihkan muka secara rutin tetap perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah serupa datang lagi di kemudian hari. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

(Visited 358.173 times, 609 visits today)