Written by 11:36 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Kulit Berjerawat Terbaik

Klairs Midnight Blue Calming Cream

Sebagian orang mengaku ragu untuk menggunakan pelembab wajah untuk kulit berjerawat karena hanya akan menambah jumlah jerawat menjadi lebih banyak, bahkan bisa memperparah kondisinya. Pelembab untuk kulit wajah yang berjerawat memang tak jarang menimbulkan masalah lain seperti berminyak, komedo, dan bahkan jerawat lain. Namun meskipun demikian, penggunaan pelembab tetap perlu agar kulit bisa terhidrasi dengan baik dan terhindar dari kondisi kering.

Apabila saat ini Anda sedang ditimpa masalah kulit berjerawat, maka Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan pelembab. Pasalnya, sudah banyak produk pelembab wajah untuk kulit berjerawat terbaik yang bisa Anda pilih. Beragam merek tersedia di pasaran seperti The Body Shop, Shiseido, Sebamed, Wardah, dan masih banyak lagi. Sebelum melihat daftar produknya, mari ketahui dulu cara memilih pelembab wajah untuk kulit berjerawat di bagian berikut.

Cara Memilih Pelembab yang Bagus untuk Kulit Berjerawat

Cukup banyak poin-poin untuk dipertimbangkan dalam memilih pelembab wajah untuk kulit berjerawat. Namun Anda tenang saja karena kami telah merangkum seluruh tips-nya di bagian ini. Jadi, cermati secara saksama, ya!

Pilihlah yang Formulanya Disesuaikan dengan Jenis Jerawat

Apakah Anda mampu mengidentifikasi jenis jerawat di kulit wajah Anda? Penting memilih pelembab untuk kulit berjerawat berdasarkan tipe jerawat yang Anda alami. Agar memahaminya, berikut kami jelaskan kriteria dari jerawat di usia remaja dan jerawat di usia dewasa.

Jerawat Remaja (Belasan Tahun): Temukan Pelembab Berkandungan Antibakteri dan Peeling Agent

Jerawat Remaja Belasan Tahun Temukan Pelembab dengan Kandungan Antibakteri dan Peeling Agent compressed

Sewaktu remaja, pubertas menjadi salah satu turning point wajah mengalami masalah. Kadar hormon yang meningkat menjadi pemicu besar timbulnya jerawat yang disebut hormonal acne. Anda perlu menerapkan pelembab yang bukan hanya memberikan kelembapan menyeluruh, tetapi juga dibekali performa untuk mengontrol sekresi sebum dengan baik.

Pelembab yang cocok untuk jerawat remaja adalah produk yang memiliki fungsi bakterisida. Komponen yang mampu membasmi akan mencegah kondisi jerawat memburuk. Selain itu, pilih juga pelembab yang mengandung bahan peeling yang berguna dalam membersihka sebum berlebih di kulit wajah.

Jerawat Dewasa (20 – 30 Tahun): Carilah Pelembab yang Diperkaya Vitamin dan Mineral

Jerawat Dewasa 20 – 30 Tahun

Beban pikiran kerap menimpa orang berusia dewasa. Stres yang berkepanjangan termasuk salah satu pemicu jerawat di usia 20 – 30-an. Faktor kebiasaan buruk seperti merokok ikut berkontribusi dalam pembentukan jerawat dewasa. Di samping itu, gaya hidup tidak sehat juga menyebabkan ketahanan kulit menurun sehingga kulit rentan dihinggapi jerawat.

Selain faktor eksternal, usia sendiri secara natural memengaruhi kondisi kulit. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih pelembab untuk kulit berjerawat yang mengantongi formulasi bahan kaya akan agen pelembab. Selain itu, perhatikan juga komposisi nutrisi yang terkandung agar kesehatan kulit terjaga.

Pelembab wajah yang cocok untuk kulit berjerawat sebaiknya diperkaya vitamin dan mineral. Carilah vitamin atau mineral yang tinggi antioksidan serta memberi efek anti-aging bagi kulit. Dengan demikian, bukan hanya acne treatment Anda peroleh, namun juga kulit senantiasa dijaga agar terlihat muda.

Pilihlah Pelembab dengan Tekstur yang Ringan di Kulit

Pilihlah Pelembab dengan Tekstur yang Ringan di Kulit

Hal yang tak kalah penting diperhatikan adalah memeriksa tekstur dari pelembab Anda. Para pakar kulit menyarankan supaya orang dengan kulit berjerawat memilih moisturizer yang bertekstur lightweight. Pelembab bertekstur ringan dapat ditemui dalam wujud lotion. Oleh karena sifatnya yang ringan, pelembab berbentuk lotion terasa lebih nyaman di kulit yang rentan dan sedang berjerawat.

Hindari pemilihan pelembab yang tampak seperti krim tebal, ointment, atau mengandung petroleum jelly. Sebagai alternatif, Anda dapat pula mencari pelembab kulit berjerawat yang terbuat dari bahan dasar air (water-based), agar mudah meresap tanpa meninggalkan kesan lengket ataupun membuat wajah semakin greasy.

Utamakan Produk yang Teruji Tidak Menimbulkan Komedo (Non-Comedogenic)

Utamakan Produk yang Teruji Tidak Menimbulkan Komedo Non Comedogenic

Apabila Anda kurang paham tentang komposisi yang tertera di tabel ingredients, Anda masih bisa mengecek kecocokan pelembab dengan melihat label yang tercantum. Biasanya, pelembab wajah untuk kulit berjerawat menyertakan keterangan “non-comedogenic”. Atau, Anda bisa mengecek review produk dari pengguna lain untuk mengetahui statusnya ini.

Pelembab bertajuk non-comedogenic mengandung formulasi super ringan yang harapannya tidak menyumbat pori-pori pemicu terbentuknya jerawat dan komedo. Beberapa merek mencatutkan keterangan “non-comedogenic tested” untuk meningkatkan trust dari pengguna, dan Anda bisa mengutamakan produk dengan klaim seperti ini.

Pastikan Bahan Penyusunnya Bebas Kandungan Minyak (Oil-Free)

Pastikan Bahan Penyusunnya Bebas Kandungan Minyak Oil Free

Penting juga pelembab wajah untuk menghilangkan jerawat tanpa kandungan minyak. Produk berbasis oil-free dianggap lebih ramah bagi kulit berminyak dan berjerawat. Jika sebuah pelembab tersusun dari gabungan beberapa jenis minyak kimiawi spesifik, tentu kadar sebum wajah semakin banyak yang berujung pada tampilan kilang minyak.

Mencari pelembab dengan klaim oil-free tidaklah sulit. Namun, penyebab minyak berlebih di wajah yang mempromosikan jerawat juga bisa dikarenakan kondisi kekurangan air di dalam kulit. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda menambahkan kriteria pemilihan terhadap pelembab yang memiliki label hydrated.

Pilihlah Pelembab yang Mengandung Salicylic Acid

Pilihlah Pelembap yang Mengandung Salicylic Acid

Asam salisilat terkenal ampuh dalam melawan permasalahan jerawat akibat pori-pori terbuka dan ditumpuki minyak serta kotoran. Senyawa satu ini sangat direkomendasikan kepada Anda yang sedang berburu pelembab untuk kulit berjerawat. Selain ditemukan pada produk pelembab, ada pula produk cleanser atau krim lain yang dirumuskan komponen satu ini.

Salicylic acid tidak hanya membantu meringankan gejala jerawat pada kulit acne-prone, namun sekaligus mengelupas sel-sel kulit mati agar tidak menumpuk di permukaan kulit. Perhatikan juga bahwa salicylic acid dapat memicu kulit kering. Jadi, apabila Anda sudah menerapkan pelembab yang mengandung salicylic acid untuk mengatasi jerawat, hindari pemakaian produk lain yang juga mengandung salicylic acid.

Periksa Juga Komponen Lain yang Berguna untuk Kulit

Meski diprioritaskan untuk acne problem, rata-rata pelembab untuk kulit berjerawat dibekali bahan-bahan lain untuk mendukung perawatan kulit. Jangan lupa memeriksa treatment ingredients tersebut, bila perlu pilih yang sesuai keinginan Anda.

Pelembab yang Mengandung Vitamin Memberi Beragam Dampak Positif

Pelembap yang Mengandung Vitamin Memberi Beragam Dampak Positif

Beberapa jenis vitamin telah diteliti untuk mengetahui seberapa efektifnya dalam merawat kulit. Salah satu vitamin yang berguna bagi kulit adalah vitamin C. Vitamin C memberikan efek anti peradangan yang baik dalam merawat kulit meradang akibat jerawat, sekaligus mampu menahan produksi sebum dan mendukung regenerasi kulit.

Adapun vitamin lain semacam vitamin B2 ikut dimasukkan ke dalam pelembab untuk kulit berjerawat. Pasalnya, vitamin B2 termasuk komponen yang aktif menghambat produksi sebum. Bila ingin memaksimalkan manfaat perawata, cobalah mencari produk berkandungan vitamin A untuk mendukung pembentukan epidermis kulit, mempercepat regenerasi, dan sebagainya.

Pelembab dengan Kandungan Anti Inflamasi untuk Menekan Peradangan

Pelembap dengan Kandungan Anti Inflamasi dapat Menekan Peradangan

Bahan anti inflamasi akan membantu perawatan jerawat secara intensif. Sebagaimana kita tahu, pada beberapa kasus jerawat mengalami peradangan yang membuat kulit memerah. Kehadiran jerawat juga tak jarang memicu rasa gatal akibat aktivitas bakteri di dalam pori kulit.

Glycyrrhizinc acid 2K dan glycyrrhetic acid stearyl adalah kandungan yang biasanya dipakai dalam pelembab untuk perawatan jerawat. Kedua bahan ini terbukti ampuh mencegah dan meringankan efek inflamasi di kulit oleh jerawat. Anda perlu mengecek apakah produk yang Anda inginkan mengandung bahan-bahan tersebut sehingga bisa diperkirakan efektivitasnya merawat masalah jerawat.

Pilihlah Pelembab yang Tidak Mengandung Alkohol

Pilihlah Pelembap yang Tidak Mengandung Alkohol

Alkohol umum digunakan ke dalam produk skincare untuk memberi coolin sensation pada kulit. Namun sayangnya, kulit yang berjerawat dapat mengalami breakout apabila dipakaikan produk berkandungan alkohol. Untuk itu, pastikan pelembab wajah berjerawat pilihan Anda tidak mengandung alkohol.

Meskipun beberapa jenis alkohol tergolong ramah bagi kulit, kami tetap menyarankan agar Anda meminimalisir dampak yang mungkin muncul. Pasalnya, sebagian jenis alkohol, contohnya ethanol, sangat berisiko memperburuk masalah jerawat, terutama untuk yang disebabkan oleh kulit kering.

Hindari Juga Pelembab dengan SPF Tinggi (di atas 30)

Hindari Juga Pelembap dengan SPF Tinggi di atas 30

Pelembab yang disatukan dengan formula tabir surya dapat memberikan perlindungan lebih baik terhadap kulit dari efek buruk matahari. Kendati demikian, jika kulit Anda sedang berjerawat dan cenderung berminyak, lebih baik menghindari pelembab ber-SPF di atas 30.

Semakin tinggi level SPF maka konsentrasi yang dikandung oleh sebuah pelembab pun kian berat. Apabila dipaksakan penerapannya ke kulit berjerawat, pelembab tersebut membuat kulit Anda terasa greasy. Solusinya, Anda hanya perlu lebih rajin men-touch up sunscreen andalan untuk mengurangi heavy sense di wajah.

10 Rekomendasi Pelembab Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat

Panjang lebar telah kami jelaskan mengenai cara memilih pelembab untuk kulit berjerawat. Sekarang, mari lanjutkan pembahasan tentang rekomendasi pelembab terbaik yang siap Anda pilih. Kami harap Anda berhasil menemukan produk yang sesuai untuk mengatasi masalah jerawat Anda. Selamat memilih!

1. Dr. Jart+ Cicapair ™ Tiger Grass Color Correcting Treatment SPF 30

Dr Jart Cicapair Tiger Grass Color Correcting Treatment SPF 30

Kisaran harga: Rp350.000

Mengandung tanaman herbal untuk mengatasi jerawat dan warna kulit tak merata

Kandungan cica cream menjadi andalan dari pelembab wajah berjerawat dari Dr. Jart+ ini. Bagi Anda yang belum tahu, cica cream adalah nama lain untuk produk skincare dengan kandungan cantella asiatica yang mempunyai sifat melembabkan, memperlambat proses penuaan, dan mempercepat proses pemulihan luka. Kandungan yang berasal dari tanaman herbal ini bisa ditemukan dalam Dr. Jart+ Cicapair™ Tiger Grass Color Correcting Treatment SPF 30.

Produk dalam kemasan jar ini bukan cuma mempunyai kemampuan untuk melembabkan, tetapi juga bisa mengoreksi warna kulit agar tampak lebih merata. Krim dengan warna dasar hijau pucat dari pelembab wajah untuk kulit berjerawat ini dapat menyesuaikan warna kulit setelah diaplikasikan. Kandungan yang berperan untuk mengatasi masalah warna kulit dan jerawat dalam produk ini antara lain resurrection plants, yarrow, houttuniya cordata, potassium, sodium, calcium, dan magnesium.

2. Klairs Midnight Blue Calming Cream

Klairs Midnight Blue Calming Cream

Kisaran harga: Rp75.000

Memberikan efek pendinginan pada kulit berjerawat yang meradang

Kondisi kulit yang berjerawat disertai kemerahan akibat sensitifitas yang tinggi memang sangat mengganggu. Jika Anda sedang atau kerap mengalaminya, kami sarankan Anda untuk mulai menggunakan pelembab kulit berjerawat dan sensitif dari Klairs. Komposisi ekstrak chamomile yang banyak dalam produk ini dapat memberi efek menenangkan bagi kulit yang rusak serta mendukung proses regenerasi kulit yang rusak tadi.

Seperti dengan namanya, Klairs Midnight Blue Calming Cream mempunyai warna krim biru terang yang ringan saat dibalurkan pada wajah. Setelah di aplikasikan, kandungan lain seperti centella asiatica akan bekerja memperbaiki kulit yang mengalami luka. Produk ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang punya tipe kulit sensitif, berjerawat, dan tak jarang mengalami masalah kulit kemerahan.

3. Mizon Snail Recovery

Mizon Snail Recovery

Kisaran harga: Rp120.000

Mempromosikan kulit elastis dan kenyal all day long!

Pelembab muka berjerawat dalam tekstur gel yang ringan dimiliki oleh Mizon Snail Recovery. Formula yang ringan tersebut memungkinkan kandungan dari produk ini menyerap ke dalam kulit untuk memberikan efek melembabkan dengan lebih cepat. Setelah menyelinap ke dalam jaringan kulit, kandungan-kandungan seperti snail slime extract dengan konsentrasi 74% akan bekerja sama memberikan efek kulit yang elastis dan kenyal sepanjang hari.

Produk moisturizer dari Mizon ini mempunyai konsistensi yang tinggi untuk mengunci efek lembab dan menenangkan yang lama. Untuk kondisi kulit yang berjerawat, kandungan snail slime extract-nya akan mempromosikan produksi kolagen yang dapat mengecilkan jerawat secara signifikan yang dalam waktu bersamaan juga mencegah jerawat lain muncul. Disarankan untuk menggunakan produk ini setelah membersihkan wajah dengan pembersih dan toner.

4. The Body Shop Tea Tree Oil Blemish Fade Night Lotion

The Body Shop Tea Tree Oil Blemish Fade Night Lotion

Kisaran harga: Rp145.000

Mengontrol minyak pemicu timbulnya jerawat

Sedang mencari pelembab wajah untuk kulit berjerawat dan berminyak sekaligus? Anda bisa temukan performa tersebut dalam produk The Body Shop Tea Tree Oil Blemish Fade Night Lotion. Produk yang satu ini dipersembahkan khusus untuk membantu mengatasi tampilan kulit yang berjerawat sekaligus mengontrol minyak. Dalam waktu yang bersamaan, produk ini juga akan memberikan efek melembabkan yang baik.

Seperti namanya, losion dari pelembab buat kulit berjerawat ini akan bekerja dengan baik saat tidur. Jadi penggunaannya memang untuk malam hari. Tekstur losion yang ringan dari produk ini mudah diserap oleh kulit sehingga tidak membebani kulit saat beristirahat malam. Produk ini cocok digunakan untuk Anda yang sudah lama menghadapi kondisi kulit berjerawat atau rentan terhadap jerawat (acne prone).

5. Shiseido Ibuki Refining Moisturizer

Shiseido Ibuki Refining Moisturizer

Kisaran harga: Rp600.000

Memperbaiki segudang masalah yang menimpa wajah

Seri pelembab Ibuki dari Shiseido memang menjadi andalan banyak orang, terutama wanita untuk membasmi masalah jerawat di wajah. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda bisa mendapatkan produk ini secara online atau beli langsung di drugstore terdekat dengan kisaran harga 600 ribu. Dari segi harga yang terbilang mahal, apa yang bisa dilakukan oleh pelembab untuk kulit berjerawat yang aman ini?

Shiseido Ibuki Refining Moisturizer diklaim bukan hanya bekerja melembabkan, tetapi fokus utama lainnya dari produk ini yaitu memperbaiki banyak masalah pada wajah. Pori-pori yang besar, kulit kasar dan berjerawat bisa dibantu atasi oleh produk ini. Tekstur krim yang dimiliki produk ini ringan dan tidak lengket saat digunakan. Anda bisa menggunakannya setelah melakukan pembersihan wajah untuk hasil maksimal.

6. Sebamed Clear Face Care Gel

Sebamed Clear Face Care Gel

Kisaran harga: Rp185.000

Formulasi pH yang diseimbangkan dengan pH kulit

Meskipun berbentuk gel, pelembab wajah dari Sebamed ini termasuk efektif untuk membantu menjaga kelembaban pada kulit yang berjerawat sekaligus meringankan masalah tersebut. Selain jerawat, Sebamed Clear Face Care Gel juga diklaim mampu melindungi wajah dari kehadiran komedo dan noda dengan nilai pH 5,5. Performa menyembuhkan tersebut dihasilkan kandungan panthenol yang tertera dalam produk ini.

Selain panthenol, ada juga kandungan utama lain bernama asam hyaluronic yang berperan untuk menghidrasi kulit tanpa menyumbat pori-pori. Adanya aloe barbadensis leaf extract yang ikut serta dalam pelembab untuk kulit berjerawat dan berkomedo juga turut meningkatkan efek kelembaban kulit dalam jangka waktu lama. Pemakaian rutin dengan teknik yang benar dapat membantu menghambat pertumbuhan sekaligus menghilangkan jerawat di wajah Anda.

7. Neutrogena Oil-Free Acne Correct & Cover Pink Grapefruit Moisturizer

Neutrogena Oil Free Acne Correct Cover Pink Grapefruit Moisturizer

Kisaran harga: Rp250.000

Bersifat oil-free dan dipastikan non-comedogenic

Warna kemerahan disertai jerawat memang ibarat satu paket masalah yang sulit dipisahkan. Jika Anda kerap mengalami masalah tersebut, Anda bisa mengandalkan Neutrogena Oil-Free Acne Correct & Cover Pink Grapefruit Moisturizer untuk mengatasinya. Pelembab dari Neutrogana ini sangat cocok siapapun yang punya kondisi kulit wajah rentan berjerawat.  Produk ini ideal digunakan karena bebas minyak sehingga tidak akan memberi efek kilap berlebih di wajah.

Selain bebas minyak, produk ini juga sudah mengantongi label non-comedogenic sehingga Anda tak perlu khawatir timbul komedo setelah pemakaian akibat formulanya yang menyumbat pori-pori kulit. Pelembab yang aman untuk kulit berjerawat Neutrogena ini tersedia dalam dua pilihan warna, yakni fair to light dan medium to tan yang bisa disesuaikan dengan warna kulit Anda.

8. OXY Acne Control Moisturizer

OXY Acne Control Moisturizer

Kisaran harga: Rp85.000

Pelembab bebas kandungan minyak dengan harga murah

Dengan harga pasaran tak mencapai 100 ribu, OXY Acne Control Moiturizer banyak dilirik para wanita di Indonesia. Di dalamnya terdapat kandungan alami seperti ekstrak chamomile, apel, dan lidah buaya yang bekerja sama memberikan efek melembabkan dengan sangat baik. Bahkan, kandungan tersebut juga efektif untuk mengusir jerawat sekaligus menjaga kulit agar tetap lembut.

Produk ini sudah mengantongi label oil-free yang menjadi standar utama yang harus dipenuhi dari sebuah pelembab yang cocok untuk kulit wajah berjerawat batu. Kandungan SPF15/PA+ juga tersimpan di dalam OXY Acne Control Moisturizer sehingga Anda tetap bisa beraktivitas lebih lama di luar ruangan. Dikemas dalam bentuk botol dengan tutup yang tidak mudah terbuka menjadikan produk ini ideal dan praktis untuk dibawa kemana-mana.

9. Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel SPF 30

Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel SPF 30

Kisaran harga: Rp29.000

Pelembab lokal untuk menangani jerawat dengan kandungan SPF

Wardah telah banyak meluncurkan produk perawatan kulit yang murah untuk para perempuan Indonesia. Dalam jajaran produk pelembab, Wardah mempunyai sebuah moisturizer yang bisa dipakai Anda dengan kondisi kulit berjerawat. Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel SPF 30 merupakan pelembab dalam bentuk gel yang dibuat khusus untuk wajah yang jerawatan. Tekstur gel yang dimiliki produk ini ringan sehingga mudah meresap ke dalam kulit.

Formula yang ringan juga membuat gel pelembab kulit berjerawat lokal ini tidak lengket setelah diaplikasikan dan bahkan menimbulkan efek sejuk serta dingin menenangkan. Produk ini diperkaya UV Protection SPF 30 untuk membantu menjaga kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Pemakaian yang rutin akan membuat wajah Anda bukan hanya terjaga kelembabannya, tetapi juga menjadikannya sehat, bebas jerawat, dan tidak tampak mengkilap.

10. Erha 21 Acne Care Lab Gentle Acne Moisturizer

Erha 21 Acne Care Lab Gentle Acne Moisturizer

Kisaran harga: Rp130.000

Ideal untuk acne-prone skin dan sensitive skin

Anda bisa menggunakan produk ini disela-sela jam istirahat semisal memerlukan perlindungan kulit lembab yang lebih lama. Pasalnya, Erha 21 mengemas produk ini dalam bentuk tube dengan tutup pengunci yang kuat. Erha 21 Acne Care Lab Gentle Acne Moisturizer dibuat khusus untuk Anda yang punya masalah dengan kulit jerawat dan cenderung berjerawat. Erha 21 juga menyatakan produk ini cocok dipakai mereka dengan kondisi kulit kering, sensitif, mudah memerah, dan atopi.

Dalam mengurus jerawat, Erha 21 menyertakan kandungan bernama granactive acne dan asam salisilat sebagai anti bakteri yang dapat mencegah timbulnya jerawat baru. Kemampuan melembabkan dalam produk ini dihasilkan kandungan bernama ceramide complex, PHA, dan betain. Sedangkan kandungan lain bernama zinc gluconate dan niacinamide berperan utuk mengontrol minyak wajah sehingga Anda tak perlu khawatir memperoleh efek oily setelah pemakaian.

Baca juga rekomendasi pelembab wajah terbaik lainnya di sini!

Pelembab wajah tidak cuma didesain untuk membantu melawan jerawat. Sebagian lain diformulasikan bersama komponen untuk melembabkan kulit kering, untuk kulit berminyak, atau bahkan khusus untuk kulit wajah pria. Selengkapnya bisa Anda lihat daftar rekomendasi produk masing-masing dalam links berikut!

Kesimpulan

Apabila Anda bermaksud membeli pelembab wajah untuk kulit berjerawat dalam bentuk krim, pastikan formula yang dimiliki oleh produk tersebut ringan sehingga tidak menyumbat pori-pori dan memicu terbentuknya komedo. Juga kami sarankan untuk memilih pelembab berbahan dasar air apabila kondisi wajah berjerawat Anda disertai dengan minyak.

(Visited 47.664 times, 30 visits today)