Written by 10:03 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berjerawat

Acnes UV Tint SPF 35 PA

Penting untuk menjaga selalu kulit berjerawat dari sengatan sinar matahari dengan bantuan sunblock atau sunscreen. Saat ini, produk sunscreen untuk kulit berjerawat tersedia dalam banyak varian. Merek-merek terkemuka seperti Acnes, Klairs, Biore, dan La Roche-Posay menghadirkan tabir surya khusus untuk kulit berjerawat. Manakah yang tepat untuk Anda?

Guna membantu Anda temukan sunscreen terbaik untuk kulit berjerawat, kami akan merekomendasikan produk pilihan yang telah diuji kualitas, kecocokan, dan keamanannya oleh banyak orang. Sebelum mengintip list-nya, lebih baik Anda simak dahulu panduan pemilihan sunscreen yang benar. Mari berburu sunscreen yang paling tepat untuk kulit berjerawat Anda bersama kami!

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Hal-hal apa saja yang penting dicermati saat memilih tabir surya untuk kulit berjerawat? Karena tidak semua produk mencantumkan label “for acne skin” atau semacamnya, kami akan menjelaskan sederet poin vital untuk Anda perhatikan saat proses pemilihan produk. Ayo kita bahas bersama-sama di bagian ini!

Temukan Produk dengan Label Oil-Free dan Non-Comedogenic

Temukan Produk dengan Label Oil Free dan Non Comedogenic

Sunscreen akan bekerja optimal memberikan perlindungan terhadap kulit dari kerusakan apabila dipakai setiap hari. Namun, masalah jerawat menjadi faktor yang penting dipertimbangkan dalam pemilihan produk. Kami sarankan Anda memprioritaskan sunscreen yang tidak terbuat dari bahan dasar minyak (oil-free based). Selain menghindari kesan licin akibat minyak, produk oil-free juga lebih mudah dibersihkan tanpa khawatir berlebihan akan risiko sebum yang menumpuk di pori.

Selain itu, perhatikan pula keterangan lain pada produk Anda. Upayakan sunscreen pilihan Anda mengantongi sifat non-comedogenic, alias tidak mengandung bahan-bahan yang menyumbat pori kulit. Meski tidak menjamin Anda bebas dari masalah pembentukan jerawat atau komedo di kemudian hari, sangat penting untuk menghindari sunblock yang bersifat comedogenic.

Hal yang tak boleh luput dari perhatian Anda lainnya adalah bagaimana produk tersebut dirancang dan peruntukkannya. Maksudnya, apabila Anda membeli tabir surya untuk mengatasi masalah jerawat yang ada di tubuh atau badan, misalnya di area punggung, maka belilah sunscreen khusus untuk mengatasi jerawat di area badan. Jangan gunakan produk tersebut ke wajah Anda lantaran mempunyai formula lebih tebal, berat, dan greasy yang justru berkontribusi menimbulkan breakouts.

Pilihlah Sunscreen dengan Tingkat SPF 30 atau Lebih

Pilihlah Sunscreen dengan Tingkat SPF 30 atau Lebih

SPF adalah salah satu aspek yang bisa Anda jadikan acuan termudah dalam pemilihan sunblock. Semakin tinggi SPF (Sun Protection Factor) berarti kinerja perlindungannya bagi kulit terhadap sinar UVB pun semakin kuat. American Academy of Dermatology merekomendasikan setiap orang menggunakan sunscreen bernilai SPF 30 atau lebih setiap hari yang mana memblokir paparan sekitar 97% sinar UV.

Sebelum berlanjut, perlu ditekankan bahwa sunscreen harus diaplikasikan setiap hari demi memperoleh perlindungan terbaik, bahkan ketika cuaca mendung atau saat hujan. Di samping itu, perlu Anda ketahui pula, bila sebuah produk ber-SPF tinggi, maka tingkat iritatifnya pun cukup besar, sehingga perlu Anda sesuaikan dengan kemampuan kulit menoleransi formulasi bahan dari sebuah sunscreen.

Upayakan Memilih Produk yang Melindungi Kulit dari Sinar UVA dan UVB

Upayakan Memilih Produk yang Melindungi Kulit dari Sinar UVA dan UVB

Sinar ultraviolet digolongkan menjadi dua macam yakni sinar UVA dan sinar UVB. Sinar UVA adalah jenis sinar yang apabila mengekspos kulit terlalu lama dan tanpa proteksi, maka bukan hanya terjadi kerusakan (skin damage) melainkan mempromosikan tanda-tanda penuaan kulit. Paparan berlebih sinar UVA juga berisiko memicu kanker kulit (skin cancer).

Lalu, sinar UVB merupakan jenis sinar matahari yang bertanggung jawab atas banyak kerusakan kulit, seperti membuat kulit terbakar (sunburn) dan terlihat kecokelatan atau menggelap. Kabar baiknya, rata-rata sunscreen yang beredar mempunyai kemampuan baik dalam menangkal radiasi sinar UVB.

Untuk memastikan kulit terproteksi dari sinar UVA dan UVB, kami menyarankan Anda membeli sunscreen dengan daya proteksi maksimum. Carilah produk yang dilabeli “broad spectrum”, sehingga sanggup ‘bertempur’ melawan eksposan sinar UVA dan UVB.

Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Utamakan Sunscreen Bertekstur Lightweight

Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Utamakan Sunscreen Bertekstur Lightweight

Apakah masalah jerawat Anda muncul akibat produksi sebum tidak terkontrol? Jika demikian adanya, boleh jadi Anda termasuk orang dengan tipe kulit berminyak. Untuk hasil terbaik, cobalah membeli sunscreen yang bertekstur sangat ringan, misalnya berbentuk lotion atau fluids. Bila masih terasa membebani kulit, opsi lainnya adalah sunscreen bertekstur gel yang lebih mudah dan cepat meresap sepenuhnya ke lapisan kulit tanpa kesan lengket atau licin.

Menariknya, sunscreen gel tidak hanya ideal diaplikasikan ke kulit wajah  saja, tetapi bisa pula Anda oleskan ke kulit kepala. Karena teksturnya yang ringan, tabir surya dalam bentuk gel memungkinkan pula diterapkan ke area tubuh lain yang memiliki rambut, misalnya untuk kaki dan dada ketika Anda bermaksud untuk berpelesir ke kawasan pantai.

Belakangan, sunscreen sediaan spray mulai diproduksi dengan tekstur very lightweight, walaupun masih cukup sulit ditemukan di Indonesia. Anda bisa mengandalkan sunscreen spray apabila mengharapkan kepraktisan atau tidak ingin mengoleskannya dengan tangan. Namun, pastikan Anda menyemprotkan sunscreen secara merata ke area wajah tanpa ada spot penting yang terlewat.

Hindari Produk dengan Bahan Aktif yang Mengiritasi Kulit

Hindari Produk dengan Bahan Aktif yang Mengiritasi Kulit

Selama berjerawat, apakah Anda mendapati iritasi akibat sensitivitas kulit terangsang dikarenakan penggunaan produk treatment khusus jerawat? Jika iya, sebaiknya Anda menjauhi sunscreen yang mengandung komposisi iritatif, contohnya oxybenzone dan PABA (para-aminobenzoic acid). Kedua bahan tersebut seringkali menimbulkan iritasi kulit.

Kami juga menyarankan Anda mengambil produk tabir surya berbahan alami atau organik bebas bahan aditif yang tidak diperlukan kulit seperti mineral oil, pengawet, surfaktan, paraben, dan komponen sejenis lainnya. Natural atau organic sunscreen biasanya mengandalkan titanium dioxide atau zinc oxide sebagai bahan aktif utamanya yang diketahui lebih minim menimbulkan risiko iritasi kulit.

Prioritaskan Produk yang Dilengkapi Agen UV Reflector

Prioritaskan Produk yang Dilengkapi Agen UV Reflector

Bila Anda tidak diterpa kondisi kulit sensitif, menggunakan sunscreen dengan UV absorber akan melindungi permukaan dan lapisan kulit dari risiko terbakar oleh sinar matahari (sunburn). Akan tetapi, buat kulit yang tidak sanggup menerima formulasi bahan sunscreen dengan UV absorber rentan terhadap iritasi sebaiknya beralih ke produk dengan agen UV reflector.

Cara kerja UV reflector sama-sama untuk mencegah terjadinya sunburn, namun efek perlindungannya tidak sekuat UV absorber. Walau demikian, sunscreen dengan UV reflector mempunyai tingkat iritatif yang rendah sehingga lebih cocok diaplikasikan untuk kulit berjerawat Anda yang notabene sensitif. Guna menjamin keamanan tambahan, disarankan pula bagi Anda memilih sunscreen berjenis non-chemical.

Pertimbangkan Sunscreen Berdasarkan Kemudahannya Dibersihkan

Pertimbangkan Sunscreen Berdasarkan Kemudahannya Dibersihkan

Aspek terakhir yang tak boleh luput dari perhatian adalah bagaimana kemudahan produk tersebut dibersihkan. Tidak dipungkiri bahwasanya sunscreen memberikan efek perlindungan optimal terhadap kulit. Hanya saja, bila terlalu lama menempel di kulit, apalagi dengan kondisi wajah yang berjerawat, maka produk tersebut akan berdampak negatif terhadap kulit.

Berdasarkan alasan tersebut, penting buat Anda mengetahui seberapa mudah sebuah sunscreen dibersihkan. Pilihlah yang dapat bersih hanya dengan satu kali proses cleansing. Yang tidak kalah penting lainnya adalah memastikan sunscreen tersebut bisa bersih tanpa harus menggosok kulit terlalu kuat ataupun menggunakan cleanser.

Selain itu, kami sarankan agar Anda tidak memilih sunscreen dengan formula waterproof yang tujuannya bisa bertahan lama tanpa harus melakukan pengaplikasian ulang. Lebih baik untuk mengaplikasikan ulang sunscreen non-waterproof karena Anda tidak harus mengorbankan kulit wajah saat proses pembersihan yang boleh jadi berpengaruh buruk pada wajah Anda.

10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berjerawat

Di bagian ini, kami telah mencantumkan sepuluh produk sunscreen terbaik yang layak Anda pilih untuk memproteksi kulit berjerawat Anda. Pilihlah tabir surya dengan karakteristik paling cocok untuk masalah jerawat maupun kondisi kulit Anda. Well, berikut ini best of the best lists-nya!

1. Acnes UV Tint SPF 35 PA+++

Acnes UV Tint SPF 35 PA

Mengombinasikan tocopheryl acetate dan magnesium ascorbyl phosphate untuk basmi bakteri jerawat

Acnes UV Tint SPF 35 PA+++ bisa digunakan sebagai tabir surya yang memberi penjagaan kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Uniknya, Anda bisa mengaplikasikannya sebagai base makeup karena sanggup menyerap minyak untuk membuat makeup lebih tahan lama.

Bersama kandungan vitamin B6, C, dan E, sunblock untuk kulit berjerawat ini sekaligus mengirimkan nutrisi pada kulit wajah. Untuk Anda yang banyak menghabiskan hari di ruangan terbuka (outdoor), produk ini dibekali kadar SPF 35 yang mampu memaksimalkan perlindungan. Jerawat pun tidak bertambah parah dan justru teratasi berkat magnesium ascorbyl phosphate dan tocopheryl acetate-nya.

Konsentrasi SPFSPF 35/PA+++
KeunggulanParaben-free, sulfate-free, allergen-free, cruelty-free, fungal acne (malassezia) safe, alcohol-free
TeksturCair dan tidak lengket
Kisaran hargaRp40.500
Berat30gr
Ayo beli sekarang, ada harga spesial & promo menarik!

2. Hedtutu Nigella Sunscreen

Hedtutu Nigella Sunscreen

Selain melindungi, produk ini juga membantu menenangkan jerawat meradang

Sedang berjibaku dengan masalah jerawat namun tak ingin mengalami breakout akibat kulit yang notabene sensitif? Jika demikian yang Anda hadapi, sunscreen persembahan Hedtutu ini solusinya. Didesain dengan formulasi khusus untuk kulit sensitif dan acne-prone, kulit sensitif Anda takkan teriritasi, masalah jerawat pun tertangani.

Mengandung nigella sativa seed oil atau ekstrak habbatussauda, bahan tersebut memungkinkan tabir surya ini meredakan kemerahan kulit akibat jerawat, mengendalikan kelebihan minyak di wajah, menenangkan dan mengeringkan jerawat. Dipastikan oil-free dan tidak menyebabkan komedo, tentu semakin nyaman Anda pakai setiap hari.

Konsentrasi SPFSPF 30
KeunggulanOil-free, non-comedogenic
TeksturSangat ringan dan tidak menambah kilap
Kisaran hargaRp75.000
Berat10gr
Ayo beli sekarang, ada harga spesial & promo menarik!

3. Klairs Soft Airy UV Essence SPF 50 PA++++

Klairs Soft Airy UV Essence SPF 50 PA

Tangkal pengaruh buruk sinar UVA dan UVB tanpa efek greasy dan white cast

Klairs merilis produk sun protection yang cocok untuk Anda gunakan saat berlibur ke pantai. Konsentrasi SPF-nya yang mencapai 50 membuat produk ini sangat optimal menahan pengaruh buruk sinar matahari yang menyerang kulit. Menariknya, sunscreen ini tidak cuma kompatibel untuk kulit berjerawat, tetapi bahan-bahannya dipastikan non-irritant sehingga aman dioleskan ke kulit sensitif.

Terbuat dari water-based formula, tidak ada kesan lengket maupun berat pada wajah pasca pemakaian. Anda pun tidak butuh waktu lama menunggu sunscreen ini terserap kulit, tidak ada lagi kata menunda untuk menjalani hari! Keunggulan lain dari Klairs Soft Airy UV Essence SPF 50 PA++++ yakni bersifat broad-spectrum, tidak menyebabkan greasiness ataupun white cast!

Konsentrasi SPFSPF 50/PA++++
KeunggulanWater-based, lightweight texture, paraben-free, alcohol-free, sulfate-free, allergen-free, cruelty-free, silicone-free
TeksturGel dan tidak lengket
Kisaran hargaRp325.000
Isi80ml
Ayo beli sekarang, ada harga spesial & promo menarik!

4. Etude House Sunprise Mild Airy Finish SPF 50+/PA+++

Etude House Sunprise Mild Airy Finish SP 50 PA

Sunscreen yang dapat diaplikasikan ke seluruh tubuh

Etude House Sunprise Mild Airy Finish SPF 50+/PA+++ menyuguhkan performa UV protection sepanjang hari dengan bahan dasar mineral mild. Dengan mengutamakan bahan-bahan alami seperti dwarf ground sedge extract, portulaca oleracea extract, aloe vera extract, dan komponen organik lain, produk ini sangat aman untuk kulit berjerawat Anda yang cenderung sensitif.

Biarpun berkadar tabir surya tinggi, sunscreen ini anti-greasy, tidak lengket, dan yang paling menarik adalah tidak menyebabkan kulit terlihat gelap maupun kusam. Pengaplikasian produk ini sangat mudah meski bertekstur creamy mild. Satu lagi, Etude House menyematkan hyaluronic acid yang membuat kulit Anda terhidrasi selama formulanya bekerja di lapisan kulit.

Konsentrasi SPFSPF 50+/PA+++
KeunggulanParaben-free, sulfate-free, cruelty-free, allergen-free, matte-finish
TeksturCreamy dan tidak lengket
Kisaran hargaRp95.000
Isi55ml
Ayo beli sekarang, ada harga spesial & promo menarik!

5. Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50

Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50

Cegah efek buruk radiasi UVA dan UVB sekaligus lawan jerawat dan cerahkan kulit

Ingin menjajal produk lokal yang berhasil menggaet perhatian banyak orang? Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50 pilihannya! Meski dibesut oleh klinik kecantikan, kualitas sunscreen ini boleh diadu dengan brand independen. Dirumuskan dalam kemasan bottle pump, tabir surya satu ini lebih terjamin higienitasnya. Votre Peau juga merancang ukuran kemasan agar handy dan travel friendly.

Produk ini tergolong sunblock broad-spectrum sebab mengantongi agen zinc oxide yang mampu melawan sinar UVA dan UVB. Buat pemilik kulit acne prone ataupun sensitif, sunscreen dari Votre Peau berikut dipastikan aman lantaran oil-free dan non-comedogenic. Anda tidak perlu takut mengalami kulit terbakar karena tabir surya ini juga diklaim prevent sunburn, lho!

Konsentrasi SPFSPF 50
KeunggulanMinimal ingredients, paraben-free, silicone-free, alcohol-free, allergen-free, sulfate-free, well-adhered to skin
TeksturCukup padat namun tidak lengket
Kisaran hargaRp238.500
Isi30ml
Ayo beli sekarang, ada harga spesial & promo menarik!

6. Erha21 Perfect Shield Helios SPF 50 PA++

Erha21 Perfect Shield Helios SPF 50 PA

Berikan perlindungan kulit secara optimal saat cuaca tak menentu

Tinggal di negara tropis mengharuskan kita lebih peka terhadap kesehatan kulit. Apalagi saat berjerawat, pertumbuhan bakteri semakin meningkat saat terkena paparan matahari yang memicu sebum. Hentikan kondisi tersebut dengan rutin memakai sunscreen keluaran Erha21 ini. Berkonsentrasi SPF 50 dan PA++, produk ini tetap nyaman saat menempel di permukaan kulit.

Erha21 Perfect Shield Helios SPF 50 PA++ memiliki tekstur krim sangat ringan, tidak butuh waktu lama untuk membaur dengan baik ke seluruh area yang ter-cover. Selain berkemasan 60gr, Erha21 juga merilis ukuran 30gr yang travel-friendly. Keduanya sama-sama berkemasan tube ramping, membuatnya mudah disimpan ke dalam tas ataupun makeup pouch.

Konsentrasi SPFSPF 50/PA++
KeunggulanSulfate-free, alcohol-free, allergen-free, anti-aging, mempercepat penyembuhan luka
TeksturSangat ringan
Kisaran hargaRp104.500
Berat60gr
Ayo beli sekarang, ada harga spesial & promo menarik!

7. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50 PA

Beri penjagaan kuat terhadap sinar UVA dan UVB

Satu hal yang kerap dikeluhkan banyak orang adalah kejamnya sinar matahari yang menusuk kulit saat cuaca sedang terik. Bila Anda bermaksud memproteksi kulit yang sedang berjerawat dengan sunscreen bernilai SPF tinggi, produk jebolan Biore ini wajib dipertimbangkan. Menggunakan teknologi UV block dalam watery capsule, setiap jenis sinar UV akan tertangkal dengan baik oleh produk ini.

Tabir surya dengan harga terjangkau ini mempunyai formula tidak lengket berkat tekstur yang ringan seperti air. Di samping mengoptimalkan perlindungan, sunblock ini juga mampu melembapkan dan membuat kulit terasa lembut setelah pengaplikasian berkat adanya kombinasi hyaluronic acid, royal jelly, serta beberapa ekstrak citrus yang tercatut di dalamnya.

Konsentrasi SPFSPF 50+/PA++++
KeunggulanSulfate-free, allergen-free, cruelty-free, matte-finish, menghidrasi kulit
TeksturRingan seperti air
Kisaran hargaRp93.000
Berat50gr
Ayo beli sekarang, ada harga spesial & promo menarik!

8. La Roche-Posay Effaclar Duo+ SPF 30

La Roche Posay Effaclar Duo SPF 30

Dengan broad spectrum UV protection yang sekaligus mengurangi noda imperfeksi di permukaan wajah

La Roche-Posay menawarkan beberapa pilihan sunscreen untuk kulit berjerawat. Kami sarankan Anda mencoba Effaclar Duo+ SPF 30 yang dibekali broad spectrum protection untuk menghadapi sinar UVA dan UVB. Sunblock ini tidak hanya menjanjikan perbaikan jerawat, tetapi perubahan warna kulit lebih cerah dalam waktu 4 minggu melalui hydrating effect-nya.

Tidak hanya diperuntukkan bagi kulit dewasa yang mengalami jerawat, kemerahan, atau berminyak, produk tabir surya berwujud gel moisturizer ini juga cocok digunakan oleh kulit remaja. Belum berhenti di situ, La Roche-Posay Effaclar Duo+ SPF 30 ikut membantu menyamarkan bintik-bintik gelap maupun tanda-tanda imperfeksi lain guna menciptakan tampilan kulit cerah berseri.

Konsentrasi SPFSPF 30
KeunggulanParaben-free, alcohol-free, sulfate-free, allergen-free, anti-aging, mengurangi bintik hitam, broad-spectrum UV protection
TeksturTidak terlalu cair ataupun kental (medium) dan mudah dibaurkan
Kisaran hargaRp335.000
Isi40ml
Ayo beli sekarang, ada harga spesial & promo menarik!

9. Biore UV Perfect Face Milk SPF 50+ PA++++

Biore UV Perfect Face Milk SPF 50 PA

Atasi ketidakpercayaan diri Anda akibat minyak berlebih dan jerawat dengan produk ini!

Biore merumuskan sunscreen yang diklaim mampu melindungi kulit hingga belasan jam dari sinar UVA dan UVB. Tingkat SPF produk ini sangat tinggi, sangat pas dipilih oleh Anda yang lebih banyak menghabiskan aktivitas di luar ruangan. Sunblock ini mempunyai tekstur ultra light yang memudahkan proses pembauran ke seluruh permukaan kulit wajah.

Karena alasan daya serap yang tergolong cepat, sunblock ini bisa juga Anda manfaatkan sebagai makeup base tanpa membuat kulit terasa lengket. Tidak percaya diri lantaran wajah berminyak Anda disertai minyak berlebih yang membuat wajah mengilap? Sunscreen rumusan Biore ini mengandung sebum-absorbing powder untuk memberikan matte-look finish dan shine-free!

Konsentrasi SPFSPF 50+/PA++++
KeunggulanParaben-free, sulfate-free, allergen-free, cruelty-free, fungal acne (malassezia) safe,
TeksturSedikit kental namun tetap ringan
Kisaran hargaRp135.000
Isi30ml
Ayo beli sekarang, ada harga spesial & promo menarik!

10. EltaMD UV Clear Broad-Spectrum SPF 46

EltaMD UV Clear Broad Spectrum SPF 46

Bantu lindungi dan tenangkan acne-prone skin

Jerawat di muka suka meradang karena terkena sengatan matahari? Bersama EltaMD UV Clear Broad-Spectrum SPF 44, masalah yang mengganggu Anda tersebut akan sirna! Sunscreen dengan tekstur very lightweight dan silky smooth ini mengantongi kemampuan khusus untuk menenangkan jerawat sekaligus memproteksi kulit sensitif dan acne prone Anda.

Dukungan broad spectrum menjadikan sunblock tanpa residu ini sanggup menangkal reaksi negatif UVA rays dan UVB rays. Selain aman dikenakan oleh mereka yang berkulit jerawat, sensitif, ataupun berminyak, produk ini ideal pula untuk orang dengan kulit kering, kusam, dan tampak lelah karena mengandung niacinamide, hyaluronic acid, dan lactic acid untuk mempromosikan tampilan healthy-looking skin.

Konsentrasi SPFSPF 46
KeunggulanParaben-free, alcohol-free, fragrance-free, allergen-free, sulfate-free, sensitivity-free, fungal acne (malassezia) safe, minimal ingredients, non-comedogenic
TeksturLembut dan sangat ringan
Kisaran hargaRp625.000
Berat48gr
Ayo beli sekarang, ada harga spesial & promo menarik!

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Sunscreen

Hal hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Sunscreen

Sesuai namanya, sunscreen merupakan produk yang diperuntukkan melindungi kulit dari terpaan sinar matahari. Apabila Anda melakukan treatment tambahan untuk menyembuhkan masalah jerawat, gunakanlah produk tersebut pada step awal, tunggu 20 menit atau sampai menyerap sepenuhnya lalu aplikasikanlah sunblock setelahnya.

Kemudian, di mana Anda akan menghabiskan hari untuk beraktivitas juga menentukan sunscreen seperti apa yang seharusnya Anda gunakan. Sebagai contoh, jika Anda lebih lama bekerja di dalam ruangan, menggunakan sunscreen ber-SPF 20 atau 30 saja sudah cukup. Sementara buat Anda yang kesehariannya lebih sering terpapar matahari di ruangan terbuka, gunakanlah sunscreen dengan nilai SPF lebih tinggi, misalnya SPF 35 atau lebih.

Karena jerawat yang berkembang dipicu oleh aktivitas bakteri, penting untuk selalu mewaspadai sinar matahari yang mengenai kulit wajah sehingga membuat kinerja bakteri semakin aktif. Nah, matahari senantiasa memancarkan sinarnya sepanjang tahun, bahkan sewaktu cuaca dingin atau musim penghujan. Untuk itu, tetap proteksi kulit Anda dengan sunblock atau sunscreen, termasuk saat memasuki musim penghujan atau cuaca dingin.

Lihat juga rekomendasi produk terbaik untuk kulit berjerawat lainnya di sini!

Selain menerapkan sunscreen dengan fungsi khusus merawat kulit berjerawat, produk skin care atau kosmetik lain yang Anda gunakan juga harus disesuaikan dengan keadaan kulit wajah. Berikut kami rekomendasikan produk-produk untuk menjaga kulit berjerawat Anda agar tidak diperparah oleh masalah lain. Selamat membaca!

Kesimpulan

Untuk mencegah jerawat semakin parah, Anda tidak boleh memilih sunscreen sembarangan. Pastikan hanya membeli tabir surya yang dirancang khusus untuk mengontrol dan memperbaiki keadaan jerawat di wajah. Oil-free dan non-comedogenic formula merupakan aspek paling penting untuk selalu Anda ingat dalam menentukan sunscreen buat kulit berjerawat.

Bila tidak keberatan, akan lebih menenangkan menggunakan sunscreen berbahan organik yang biasanya dipakai oleh bayi. Produk yang bebas bahan iritatif atau zat aditif tidak hanya aman untuk kulit wajah berjerawat Anda, namun juga secara menyeluruh minim risiko mengiritasi kulit. Rutinlah dalam menerapkan sunscreen sebelum menjalani hari agar kulit berjerawat Anda tetap terlindungi, ya!

(Visited 145 times, 4 visits today)