Written by 19:15 Fashion

10 Merek Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria

Bostanten Mens Leather Belt

Ikat pinggang kulit produksi dalam maupun luar negeri sangatlah beragam. Anda perlu cermat dalam memilih supaya penampilan tetap prima. Beberapa merek ikat pinggang kulit seperti Josh & Joe, Aigner, Bostanten, dan lainnya merancang produk dengan material, ukuran, panjang tali gesper, jenis buckle, dan warna berbeda. Apakah Anda bingung memilih mana yang terbaik dan bagus untuk Anda?

Tenang saja, melalui artikel ini kami akan mengupas cara memilih ikat pinggang kulit agar Anda menemukan produk yang tepat. Tidak ketinggalan, kami juga merekomendasikan sepuluh ikat pinggang kulit terbaik sebagai referensi. Anda dapat memakainya untuk kerja, bertemu rekan bisnis, kuliah, hingga aktivitas harian di luar rumah. Beberapa bahkan bisa dijadikan gift. Selamat membaca!

Cara Memilih Ikat Pinggang Kulit yang Bagus

Sabuk atau tali ikat pinggang beserta buckle-nya mungkin akan tertutupi kemeja atau jas yang Anda kenakan. Namun, Anda tetap tidak boleh sembarangan memilih, terutama dalam urusan pemilihan jenis material, ukuran sabuk, dan lain sebagainya. Guna menunjang penampilan dan gaya Anda, mari pilih ikat pinggang kulit yang bagus sesuai kebutuhan.

Tentukan Terlebih Dahulu Berdasarkan Gaya dan Aktivitas yang Hendak Dijalani

Banyak pria beranggapan bahwa ikat pinggang digunakan hanya sebagai penahan celana supaya tidak melorot. Padahal, sama halnya dengan dasi maupun sepatu, penggunaan ikat pinggang juga terdapat “aturan” sendiri. Anda perlu menyesuaikan warna, tekstur, hingga bentuk gesper untuk setiap jenis acara dan dress code.

Gaya Formal: Hindari Ikat Pinggang Bermotif Ramai dan Berwarna Kontras

Gaya Formal Hindari Ikat Pinggang Bermotif Ramai dan Berwarna Kontras

Saat menghadiri acara formal atau untuk kerja misalnya, Anda perlu menghindari ikat pinggang yang berbentuk aneh atau bermotif ramai. Ikat pinggang untuk mendukung busana formal umumnya dipadukan dengan setelan jas, kemeja, dan celana bahan atau celana chino. Pada dress code semacam ini, dianjurkan untuk mengenakan ikat pinggang selebar 2,5 – 3,5 cm.

Selain itu, utamakan ikat pinggang yang terbuat dari bahan kulit berkualitas, contohnya kulit buaya atau kulit sapi. Anda juga tidak bisa bebas memakai sembarang warna. Gunakanlah ikat pinggang berwarna netral seperti hitam, cokelat, atau tan. Bisa juga Anda menyerasikan warna dan tekstur ikat pinggang dengan sepatu yang Anda gunakan.

Lalu, ikat pinggang kulit dengan buckle logam berbentuk sederhana juga dianjurkan. Pilihlah gesper (buckle) berbentuk sederhana dengan tone perak atau sedikit keemasan. Desain buckle akan fit dengan kebanyakan aksesori seperti jam tangan. Apabila Anda kurang suka ikat pinggang yang terlihat standar, masih bisa ditoleransi ikat pinggang kulit bretekstur sederhana agar penampilan lebih maksimal.

Gaya Kasual: Sesuaikan dengan Tema atau Dress Code yang Anda Pakai

Gaya Kasual Sesuaikan dengan Tema atau Dress Code yang Anda Pakai

Di luar aktivitas formal, Anda bisa sedikit “melanggar aturan” yang berlaku tadi. Ikat pinggang kulit untuk bergaya kasual umumnya lebih variatif dari berbagai sisi. Berkat banyaknya pilihan, Anda pun dapat menunjukkan gaya sesuai kepribadian Anda.

Untuk casual outfit, ikat pinggang dengan lebar tali 3 cm coock-cocok saja. Bahan kulit yang tipis dengan sentuhan kesan vintage, bermotif anyaman tali, atau sabuk dengan buckle yang besar juga dapat dijadikan opsi. Walau Anda bebas bergaya, sebaiknya tetap ikuti tema atau dress code yang Anda kenakan.

Apabila Anda masih ragu, gunakanlah ikat pinggang kulit dengan warna yang netral atau sedikit redup. Gesper warna silver berukuran sedang juga mudah masuk/dipadukan dengan berbagai outfit, seperti kemeja katun, celana chino gelap, dan sepatu atau sandal dengan warna selaras. Ikat pinggang semacam ini cocok dipakai untuk nongkrong bersama teman atau ketika berlibur.

Periksa Ukuran Sabuk agar Pas dengan Lingkar Pinggang Setelah Memakai Celana

Periksa Ukuran Sabuk agar Pas dengan Lingkar Pinggang Setelah Memakai Celana

Di samping memperhatikan model untuk mendukung gaya, Anda perlu mengecek ukuran sabuknya. Karena ikat pinggang akan mengikat lingkar pinggang sekaligus celana yang Anda gunakan, maka pilihlah ikat pinggang dengan ukuran satu nomor lebar besar dari ukuran celana.

Sebagai contoh, apabila Anda mengenakan celana ukuran 35, pilih tali/sabuk ikat pinggang berukuran 36 atau 37. Panjang sabuk juga harus diperhatikan supaya tidak terlalu kepanjangan dan Anda harus melilitkannya lagi hingga ke lubang sabuk celana bagian belakang.

Periksa Juga Bentuk dan Warna Buckle (Gesper atau Kepala Ikat Pinggang)

Periksa Juga Bentuk dan Warna Buckle Gesper atau Kepala Ikat Pinggang

Buckle disebut juga gesper, yaitu kepala ikat pinggang yang memiliki dua desain utama, yaitu buckle model frame dan box frame style. Untuk kegiatan formal, lebih dianjurkan mengenakan ikat pinggang dengan buckle model frame atau yang terdapat lidah untuk dikaitkan ke lubang sabuk. Di samping itu, pilihlah buckle yang berukuran tipis apabila Anda menggunakannya untuk gaya formal.

Di pihak lain, box frame style adalah buckle model pengembangan dari buckle klasik. Buckle seperti ini lebih cocok untuk penampilan kasual. Ada juga jenis buckle lain yang ideal untuk bergaya kasual, yaitu O-Ring dan D-Ring dengan desain seperti huruf “O” dan “D”. Kedua model buckle ini dinilai lebih casual  dan cocok dipadukan dengan sabuk berbahan tekstil atau kulit braided.

Masih berhubungan dengan buckle, pemilihan warna merupakan aspek yang juga perlu Anda perhatikan. Seperti kami jelaskan sebelumnya, buckle berwarna selaras dengan bahan metal lain, seperti jam tangan atau buckle sepatu, akan membuat penampilan Anda lebih elegan dan rapi. Jadi, kalau buckle sepatu atau jam tangan Anda berwarna silver, pakailah ikat pinggang dengan buckle berwarna silver juga.

Utamakan Ikat Pinggang Berbahan Kulit Asli Supaya Lebih Awet

Utamakan Ikat Pinggang Berbahan Kulit Asli Supaya Lebih Awet

Bahan kulit yang digunakan untuk membuat ikat pinggang dibedakan lagi menjadi dua jenis, yaitu kulit asli dari hewan (genuine leather) dan kulit sintetis yang menyerupai kulit hewan asli (synthetic leather). Kulit sapi, kulit kuda, dan kulit buaya menjadi bahan asli yang sering digunakan untuk membuat ikat pinggang.

Apabila Anda mengutamakan ikat pinggang kulit yang awet, pilihlah yang terbuat dari material kulit asli. Dari segi harga tentu lebih mahal ikat pinggang dari kulit asli, sehingga Anda perlu sesuaikan kembali dengan budget. Baik kulit sintetis ataupun kulit asli, keduanya akan membentuk patina yang keren seiring berjalannya waktu.

Warna Ikat Pinggang akan Memengaruhi Penampilan di Berbagai Acara

Warna Ikat Pinggang akan Memengaruhi Penampilan di Berbagai Acara

Jika Anda ingin mengenakan ikat pinggang tanpa dipadukan bersama jas, tentu ikat pinggang Anda akan terlihat jelas, Oleh sebab itu, upayakan memilih memilih ikat pinggang dengan warna yang sesuai kebutuhan acara. Untuk busana formal ataupun kasual, warna cokelat tua termasuk netral sehingga cocok di berbagai acara.

Apabila Anda ingin terlihat formal, pilihlah warna ikat pinggang yang lebih gelap seperti hitam. Sebagai tips tambahan, supaya outfit Anda tampak serasi, carilah warna ikat pinggang kulit yang sama dengan warna bahan kulit lain di tubuh Anda. Misal Anda mengenakan pantofel berwarna hitam, tentu lebih pas jika sabuk ikat pinggang juga berwarna hitam.

Pilih Ikat Pinggang Selebar 3 hingga 4 cm dan Panjang Sabuknya Bisa Diatur Sendiri

Pilih Ikat Pinggang Selebar 3 hingga 4 cm dan Panjang Sabuknya Bisa Diatur Sendiri

Ikat pinggang kulit secara umum menawarkan pilihan lebar antara 3 – 3,5 cm. Untuk busana formal, Anda lebih dianjurkan menggunakan ikat pinggang dengan lebar sekitar 3 cm. Untuk menambah kesan fashionable, Anda dapat memilih ikat pinggang dengan lebar di bawah 3 cm.

Sedangkan untuk kegiatan kasual lebih cocok dengan ikat pinggang selebar 3,5 cm ke atas. Jika Anda belum terlalu yakin, pilihlah sabuk yang lebarnya tidak di bawah 3 cm dan tidak di atas 3,5 cm.

Periksa Kerapian Jahitannya, Utamakan Ikat Pinggang yang Jahitannya Halus

Periksa Kerapian Jahitannya Utamakan Ikat Pinggang yang Jahitannya Halus

Bagi pria dewasa, hindari ikat pinggang yang desainnya embossed atau memiliki pola berbentuk rajutan. Terlebih untuk urusan bisnis, pakailah ikat pinggang berdesain simpel, serta berpermukaan mulus dan polos tanpa dekorasi. Lalu, penting juga memperhatikan detail jahitan pada sabuk.

Jika diperhatikan secara saksama, di bagian tepi sabuk terdapat jahitan dengan pola yang variatif. Pola jahitan besar dengan benang yang warnanya kontras dengan sabuk cocok untuk penampilan casual, begitu juga ikat pinggang yang tanpa jahitan termasuk ideal untuk pemakaian casual. Sementara untuk tujuan bisnis, pilihlah jahitan yang rapi, halus, dan tidak terlalu mencolok.

10 Rekomendasi Ikat Pinggang Kulit Terbaik untuk Pria

Apakah Anda telah memahami bagaimana hal yang benar dilakukan dalam pemilihan ikat pinggang kulit? Jika sudah, berikut kami sajikan sepuluh pilihan ikat pinggang kulit terbaik dari berbagai merek. Mari pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan penampilan Anda sehari-hari!

1. Cowather CY002 Men Belt Genuine Leather

Cowather CY002 Mens Belt Genuine Leather

Kisaran harga: Rp124.700

Terbuat dari 100% kulit sapi asli yang awet

Cowather CY002 adalah ikat pinggang berbahan kulit asli yang diproduksi di China. Menggunakan kulit sapi dengan ketebalan ideal, ikat pinggang ini bukan hanya tampak elegan saat melingkar di pinggang Anda, tetapi juga tahan lama meski dipakai setiap hari.

Buckle berbahan alloy dengan pin pada ikat pinggang ini memungkinkan Anda mengatur panjang dan pendek sabuk sesuai ukuran lingkar badan. Apalagi panjang belt-nya hingga 130 cm atau setara dengan ukuran celana 43, Anda yang bertubuh gemuk juga bisa memakai ikat pinggang kulit asli ini.

2. Bostanten Men’s Leather Belt

Bostanten Mens Leather Belt

Kisaran harga: Rp101.000

Ikat pinggang selebar 3,5 cm untuk menambah kesan profesional saat kerja

Bostanten Men’s Leather Belt dirancang dari material berkualitas, terutama buckle-nya yang tersusun dari electroplating metal sehingga tangguh dan tampak elegan. Sabuknya terbuat dari genuine Italian cowhide leather dengan jahitan tepi yang rapi dan tidak mencolok.

Buat Anda yang dituntut berpenampilan rapi saat bekerja, ikat pinggang keluaran Bostanten ini layak dipilih. Tampilan profesional pada daily outfit bakal mengantarkan Anda pada lebih banyak peluang. Apalagi, ikat pinggang ini bersifat adjustable, sehingga Anda dapat mengubah panjang belt supaya pas dan nyaman di badan.

3. Bruno Cavalli 07 Men’s Synthetic Leather Belt – Coffee

Bruno Cavalli 07 Mens Synthetic Leather Belt Coffee

Kisaran harga: Rp185.000

Ideal untuk bergaya formal maupun casual

Apabila Anda bermaksud membeli ikat pinggang kulit untuk kebutuhan meeting di luar kantor, kami rekomendasikan produk dengan panjang sabuk 115 cm dari Bruno Cavalli ini untuk menunjang outfit Anda. Kulit sintetis berkualitas top dipilih sebagai bahan dasar perancang ikat pinggang ini.

Selain warna coffee, Bruno Cavalli 07 juga ditawarkan dalam warna black. Bukan cuma untuk tujuan bisnis, Anda yang masih berkuliah juga bisa mengenakan ikat pinggang selebar 3,5 cm ini agar terlihat fashionable. Dengan gesper berjenis box frame style, produk ini praktis dari segi penggunaan.

4. Curewe Kerein Formal Leather Belt

Curewe Kerein Formal Leather Belt

Kisaran harga: Rp89.900

Tali pinggang selebar 4 cm dengan pilihan warna elegan

Buat Anda yang berbujet kecil, kami harap ikat pinggang yang murah ini akan sesuai dengan selera Anda. Dirancang dari bahan utama kulit premium, Curewe Kerein Formal Leather Belt termasuk tangguh dari segi daya tahan. Buat eksekutif muda yang ingin terkesan modis di kantor, tali pinggang ini solusinya!

Pemakaian ikat pinggang ini tergolong praktis berkat buckle model putar dengan rel auto lock. Anda tidak perlu lagi mencari-cari lubang setiap kali ingin mengepaskan sabuknya di pinggang. Di samping itu, tutup gesper yang berwarna elegan menambah kesan ekslusif pada penampilan formal Anda.

5. Josh & Joe Men’s Leather Belt C1 – Black

Josh Joe Mens Leather Belt C1 Black

Kisaran harga: Rp224.600

Logo hewan jaguar yang ikonik pada buckle-nya

Josh & Joe menyebutkan produknya ini cocok untuk para pria masa kini yang tidak ingin repot setiap kali mengenakan ikat pinggang. Untuk mewujudkannya, dibentuklah ikat pinggang dengan buckle yang dapat mengunci otomatis, sehingga dapat Anda atur hanya dengan menarik tali pinggangnya sampai nyaman dan tidak sesak di perut.

Josh & Joe Men’s Leather Belt C1 juga bisa dijadikan hadiah karena dikemas dalam box khusus. Menariknya, lebar gesper ikat pinggang dari kulit asli ini adalah 4 cm, sehingga memungkinkan apabila Anda ingin mengganti tali sabuknya dengan tali sabuk lain yang lebarnya 3,5 cm.

6. Louis Andreano Leather Casual Belt 538

Louis Andreano Leather Casual Belt 538

Kisaran harga: Rp499.000

Tekstur alami pada belt yang memberi kesan klasik

Louis Andreano menyajikan ikat pinggang kulit untuk pria masa kini yang bergaya klasik. Produk ini memiliki motif goretan yang terbentuk secara alami. Soal kualitas, ikat pinggang ini dapat bertahan hingga bertahun-tahun untuk pemakiaan normal berkat bahannya berupa kulit sapi asli.

Kesan klasik yang tertera merupakan efek dari penggunaan buckle pin berbentuk rectangular. Buckle pada ikat pinggang Louis Andreano ini terbuat dari chrome steel di mana memberi sentuhan modern berpadu klasik dengan belt-nya. Tersedia dua macam warna, yaitu hitam (120 cm) dan cokelat (110, 115, dan 125 cm), Anda bisa pilih untuk mendukung casual outfit sehari-hari.

7. Beverly Hills Polo Club Casual Leather MABCNH804C – Brown

Beverly Hills Polo Club Casual Leather MABCNH804C Brown

Kisaran harga: Rp176.400

Tampilan classic untuk memukau banyak pasang mata

Satu lagi ikat pinggang bergaya classic datangnya dari Beverly Hills. Menariknya, produk ini dipatok dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang produk-produk lain. Buat Anda yang budget-nya pas-pasan, jangan pikir panjang lagi untuk membeli ikat pinggang dengan buckle pin ini.

Beverly Hills Polo Club Casual Leather MABCNH804C menjadi pilihan ideal untuk Anda yang ingin tampil percaya diri dengan casual outfit harian. Tali sabuk yang memadukan leather dan cotton menyematkan kesan trendy dan stylish. Beverly Hills menyediakan 2 pilihan panjang, yakni 115 cm (ukuran S-M) dan 120 cm (ukuran L-XL).

8. Aigner 013 Leather Belt – Black

Aigner 013 Leather Belt Black

Kisaran harga: Rp145.000

Dilengkapi box yang cocok dijadikan kado untuk kekasih/teman kantor!

Walaupun memilih genuine leather sebagai material utamanya, ikat pinggang keluaran Aigner ini tetap dibandrol dengan harga terjangkau. Didominasi warna hitam, pancarkan kesan profesional melalui outfit Anda selama berada di lingkungan kerja!

Kepala gesper kukuh mengunci sabuk di tubuh Anda. Tidak usah takut selip berkat rel yang dirancang cukup tebal, sementara total ketebalan tali sabuknya 0,4 cm. Untuk lebarnya sendiri, ikat pinggang Aigner 013 dirancang dengan lebar 3,5 cm. Aigner menyediakan 3 pilihan ukuran dengan maksimal yang setara ukuran celana 43.

9. San Vitale MB04 Men’s Belt – Buckle Gold

San Vitale MB04 Mens Belt Buckle Gold

Kisaran harga: Rp250.000

Dengan buckle gold yang fashionable

San Vitale MB04 memiliki berat 320 gram, tergolong ringan dan tidak membuat Anda lelah meski menggunakannya seharian penuh. Buckle-nyayang berwarna gold menambah kesan unik yang fit untuk berbagai acara, baik formal, casual, ataupun business.

Kepala sabuk berdimensi 4 cm x 7,8 cm sudah menggunakan sistem pengunci automatic. Seluruh belt terdiri dari komponen genuine leather, sehingga dijamin tahan lama! Belt-nya sendiri memiliki panjang maksimal 115 cm, Anda tidak perlu melilitkan ikat pinggang hingga dua kali.

10. Bison Denim N71298

Bison Denim N71298

Kisaran harga: Rp325.000

Jahitan rapi berbalut, motif solid, dan warna black coffee, buat penampilan Anda semakin elegan!

Kesan elegan menjadi nilai lebih dari produk ini. Bison Denim mengandalkan material genuine leather dalam merancang ikat pinggang seri N71298 pada koleksinya. Buat Anda yang mendambakan tampil keren dalam berbagai balutan busana, lengkapi outfit Anda dengan Bison Denim N71298.

Warna cokelat tua dari kulit sapi asli bukan hanya mendominasi belt-nya, tetapi permukaan gespernya juga. Selain ideal dikenakan bersama busana formal, Bison Denim N71298 juga cocok untuk menghadiri acara bernuansa romantic dan casual seperti dinner date maupun business event.

Kesimpulan

Banyak sekali bukan pilihan ikat pinggang kulit terbaik dan yang bagus dari segi desain? Untuk keperluan formal maupun casual, pastikan memakai ikat pinggang yang tepat. Agar lebih merasa nyaman, kami juga menyarankan Anda membeli ikat pinggang yang sabuknya adjustable.

Ikat pinggang kulit bertipe adjustable memungkinkan gaya Anda terlihat semakin stylish. Anda tidak perlu memasang pin ke lubang paling belakang yang membuat ikat pinggang terlihat kurang fashionable. Selain menjadikan outfit terlihat oke, tentu akan lebih nyaman karena Anda bisa mengatur sendiri kekencangan sabuknya.

(Visited 397 times, 20 visits today)