Written by 23:08 Elektronik

10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik

Udara ruangan yang kering sering kali menimbulkan ketidaknyamanan seperti iritasi mata dan bibir pecah-pecah. Selain itu, udara kering juga dapat memperparah kondisi Anda yang terserang flu dan batuk. Agar udara ruangan lebih nyaman, Anda bisa menggunakan pelembap udara atau humidifier.

Saat ini tersedia desk humidifier yang menawarkan ukuran lebih ringkas dari humidifier biasa. Pilihan mereknya pun beragam, seperti Taffware, Konka, Xiaomi, dan lain sebagainya. Artikel ini akan membantu Anda mendapatkan desk humidifier sesuai kebutuhan. Simak sampai habis, ya!

Apa Saja Manfaat Penggunaan Humidifier?

Humidifier menambah kelembapan dengan cara melepaskan butiran-butiran air berukuran mikro. Biasanya, alat ini diletakkan di ruangan ber-AC yang udaranya cenderung lebih kering. Humidifier memiliki manfaat kesehatan, di antaranya dapat menjaga kelembapan kulit, mengurangi risiko iritasi mata, hingga membantu mencegah mimisan dan radang tenggorokan.

Tak hanya melembapkan udara, humidifier juga memiliki fungsi dekoratif. Mini humidifier dapat membuat meja kerja maupun meja belajar Anda tampak lebih menarik. Kedua fungsi ini akan membantu Anda meningkatkan produktivitas kerja. Namun, Anda perlu berhati-hati karena penggunaan humidifier yang kurang tepat justru dapat meningkatkan risiko gangguan sistem pernapasan.

Cara Memilih Desk Humidifier

Sebelum membeli desk humidifier, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari tipe keluaran uap, kapasitas tangki, jenis sumber daya, dan lain sebagainya. Simak penjelasan selengkapnya di bagian ini.

Pilih yang Bertipe Cool Mist agar Lebih Aman Diletakkan di Meja

Secara umum, keluaran uap humidifier terbagi menjadi dua, yaitu cool mist dan hot mist. Untuk desk humidifier, kami menyarankan Anda memilih keluaran uap dingin (cool mist). Humidifier jenis hot mist memerlukan air panas untuk mengisi tangki airnya. Hal ini membuat tipe ini kurang aman untuk anak-anak dan hewan peliharaan.

Dari segi kesehatan, humidifier dengan uap dingin dapat membantu meringankan gejala flu seperti batuk dan hidung tersumbat. Selain itu, uap dinginnya juga lebih nyaman di kulit dibandingkan humidifier uap hangat. Jika ingin lebih fleksibel, Anda bisa memilih humidifier dengan fitur pengaturan besaran uap yang dikeluarkan.

Pilih Kapasitas Tangki Air yang Cukup untuk Pemakaian Anda

Kapasitas tangki air akan memengaruhi lamanya waktu penggunaan humidifier. Semakin banyak volume airnya, waktu penggunaannya juga relatif lebih lama. Penting untuk menyesuaikan kapasitas tangki humidifier dengan rutinitas pemakaian Anda. Ukuran yang tepat membuat Anda tak perlu repot mengisi ulang airnya berulang kali.

Pilihlah desk humidifier dengan kapasitas air maksimal satu liter. Muatan tangki yang terlalu besar membuat bobotnya semakin berat sehingga kurang cocok diletakkan di meja. Tak hanya memengaruhi bobotnya, ukuran humidifier yang besar dapat menyebabkan meja Anda terkesan lebih sempit.

Periksa Apakah Terdapat Fungsi Aromaterapi dan Auto Switch-Off

Saat ini banyak ditemui desk humidifier dengan fungsi 2 in 1 sebagai pelembap udara sekaligus diffuser. Keberadaan fungsi diffuser cocok untuk Anda yang menyukai wewangian aromaterapi. Teteskan essential oil dengan aroma favorit Anda untuk mendapatkan manfaat relaksasinya. Aroma yang keluar akan menimbulkan efek menenangkan untuk melepaskan stres Anda.

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah keberadaan fitur auto switch-off. Fitur ini cukup esensial karena berhubungan dengan keamanan saat humidifier beroperasi. Humidifier akan otomatis mati ketika air dalam tangki mencapai batas minimal. Fungsinya untuk mencegah komponen over-heating yang dapat berisiko menyebabkan kebakaran.

Pilih Sumber Daya yang Nyaman untuk Anda: Tanpa Kabel atau Menggunakan Kabel?

Jenis sumber daya berhubungan dengan fleksibilitas pemakaian humidifier. Humidifier tanpa kabel lebih praktis karena Anda tak perlu terganggu dengan colokan kabel. Namun, Anda harus mengompensasinya dengan waktu pemakaian yang sangat terbatas. Lama waktu pemakaiannya akan mengikuti kapasitas baterai yang tersedia.

Humidifier dengan kabel menawarkan waktu penggunaan yang lebih lama. Anda bisa menggunakannya selama air dalam tangki masih mencukupi. Namun, Anda harus meletakkannya di tempat yang dekat dengan stopkontak atau sumber listrik lainnya. Jika tak ingin repot, Anda bisa memilih humidifier yang menyediakan dua pilihan sumber daya sekaligus.

Pertimbangkan Ketersediaan Fitur Tambahan yang Menunjang Kebutuhan Anda

Tak hanya untuk menambah kelembapan udara, saat ini Anda bisa menjumpai berbagai produk desk humidifier dengan bermacam fitur menarik. Untuk meja di samping tempat tidur, pilih yang dapat berfungsi sebagai lampu baca atau lampu tidur. Jika Anda gemar mendengarkan musik, ada juga humidifier yang menawarkan fitur bluetooth speaker agar musik Anda semakin nyaring.

Apabila Anda meletakkan humidifier jauh dari jangkauan, carilah produk humidifier dengan fitur remote control. Untuk menambah kenyamanan penggunaan, pertimbangkan memilih humidifier yang suara semprotannya tidak berisik. Biasanya produk humidifier akan mencantumkan keterangan seperti whisper quiet, silent, atau no noise.

10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik

Setelah memahami cara memilih desk humidifier, tiba saatnya kami memberikan rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Pastikan memilih fitur yang sesuai kebutuhan dan budget Anda, ya!

1. Konka KZ-HU0001

Sumber: Konka.in

Tak khawatir tumpah dengan fitur shockproof dan antiselip

Meletakkan humidifier di meja kerja sering kali memunculkan kekhawatiran tersendiri. Di tengah pekerjaan yang padat, Anda bisa saja tidak sengaja menyenggol humidifier hingga terbalik dan airnya tumpah. Worry no more! Konka KZ- HU0001 hadir dengan fitur shockproof dan silicon pad antiselip sehingga lebih aman saat terkena senggolan.

Penutupnya sangat rapat, air pun takkan merembes, bahkan ketika posisi terbalik! Selain itu, Anda juga tak perlu khawatir dokumen penting dan alat elektronik Anda basah. Desain bagian atasnya dibuat menyerupai busur yang berfungsi memfilter uap air. Hal ini membuat uap air yang keluar tidak menyebabkan munculnya embun di lingkungan sekitarnya.

Lama penggunaan6 – 12 jam
Kapasitas air380 mL
Tipe mistCool mist
Fitur7 warna LED, 2 tipe spray (continuous & intermittent), suara tidak berisik (<20 db), terdapat silicon pad dibagian bawah, shockproof & antiselip
Fungsi aromaterapi
Keamanan mati otomatis
Sumber dayaKabel | 2 watt
Ukuran & berat85 x 72 x 160 mm | 280 gr
Kisaran hargaRp169.200

2. Taffware Humidifier Ultrasonic with RGB Lamp

Tampilan lampu RGB redup dan hangat, cocok sebagai lampu tidur

Desk humidifier satu ini memiliki fitur lampu RGB dengan karakteristik cahaya yang redup. Tipe cahaya seperti ini memberikan kesan hangat dan menenangkan sehingga cocok digunakan sebagai lampu tidur. Terdapat tiga pilihan warna yaitu merah, hijau, dan biru. Anda bisa mengatur tampilan warnanya sesuai suasana hati.

Produk ini memiliki tiga mode penggunaan yang bisa Anda pilih sendiri. Anda bisa menggunakannya sebagai lampu tidur saja, humidifier, atau keduanya sekaligus. Meski fungsi humidifier-nya hanya mampu bertahan sampai tiga jam, Anda tetap bisa tidur dengan tenang berkat keberadaan fitur auto switch-off-nya.

Lama penggunaan30 – 180 menit
Kapasitas air125 mL
Tipe mistCool mist
FiturRGB LED light yang bisa berganti warna, 4 pilihan waktu penggunaan
Fungsi aromaterapi
Keamanan mati otomatis
Sumber dayaKabel | 5 V 800 mA
Ukuran & berat72 x 130 mm | Tidak disebutkan
Kisaran hargaRp71.900

3. Marvilo Humidifier – Bulat

Sumber: Shopee.co.id

Desain dark wood-nya membuat meja tampak elegan

Salah satu fungsi desk humidifier adalah untuk mempercantik meja. Jika Anda menyukai desain yang klasik, produk satu ini cocok untuk Anda. Aksen kayu berwarna gelapnya dapat melengkapi penataan meja agar tampak lebih elegan.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menghubungkan humidifier ini dengan komputer, power bank, maupun adaptor. Konsentrasi Anda juga tidak akan terganggu karena alat ini tidak menghasilkan suara berisik. Dapat menyala dengan dengan lima pilihan warna cahaya, Anda tidak akan bosan dengan desk humidifier cantik ini!

Lama penggunaanTidak disebutkan
Kapasitas air300 mL
Tipe mistCool mist
FiturDapat menyala dengan berbagai warna cahaya (5 pilihan), tidak menimbulkan suara yang mengganggu
Fungsi aromaterapi
Keamanan mati otomatis
Sumber dayaKabel | 2 W
Ukuran & berat10 x 10 x 9,5 cm | 165 gr
Kisaran hargaRp69.850

4. Xiaomi Youpin Jisulife Wireless Humidifier

Sumber: Shopee.co.id

Bisa pilih sendiri besaran uapnya berkat fitur dual-spray mode

Desk humidifier ini menyematkan fitur dua lubang mist. Single mist menghasilkan kekuatan semprotan sebesar 35 mL/h, sedangkan dual mist sebesar 70 mL/h. Anda bisa menyesuaikan besaran uap yang keluar dengan kondisi ruangan. Kekuatan semprotan yang besar menghasilkan kelembapan lebih maksimal.

Meski kapasitasnya cukup besar, humidifier ini memiliki desain melebar ke samping yang tampak minimalis. Desain melebar ini turut menghasilkan ruangan yang lebih lega untuk bukaan tangkinya. Hal ini membuat proses pengisian air dan pembersihannya menjadi lebih mudah.

Lama penggunaan± 12 jam
Kapasitas airHingga 1 L
Tipe mistCool mist
Fitur2 mist outlet, whisper quiet, wide top opening, easy to refill & clean
Fungsi aromaterapi
Keamanan mati otomatis
Sumber dayaKabel (3 W) & wireless (3.600 mAh, penggunaan 3 – 4 jam)
Ukuran & berat168 x 114,7 mm | 1,11 lbs
Kisaran hargaRp331.655

5. CIJI Humidifier Air – Planet Kucing

Desain lucu dan unik yang cocok untuk pecinta kucing

Memandangi hewan kesukaan bisa Anda jadikan sebagai mood booster di kala suntuk. Salah satu yang menjadi favorit banyak orang adalah kucing. Bagi pecinta kucing, tak ada salahnya memilih desk humidifier ini.

Meletakkannya di meja bisa jadi akan menambah suplai semangat Anda! Tak melupakan fungsi utamanya, produk ini menjanjikan semprotan uap yang halus dan efisien. Selain itu, nyala lampunya bisa digunakan sebagai lampu malam, lho!

Lama penggunaanHingga 10 jam
Kapasitas air220 mL
Tipe mistCool mist
FiturHumidifier sekaligus lampu malam (LED)
Fungsi aromaterapi
Keamanan mati otomatis
Sumber dayaKabel | 1,75 W
Ukuran & berat110 x 110 x 113.6 mm | 230 gr
Kisaran hargaRp120.000

6. Baseus Elephant Humidifier

Sumber: Baseus.com

Fitur 30° spray dip angle untuk arah semprotan lebih tepat sasaran

Anda mungkin kurang menyukai desain humidifier yang mengarahkan semprotannya ke atas. Baseus Elephant Humidifier mengeluarkan inovasi kemiringan semprotan 30° yang bisa Anda arahkan langsung ke area yang diinginkan.

Dilengkapi fitur no leakage, tangki airnya tidak akan bocor meskipun alat ini jatuh dengan posisi terbalik. Anda juga bisa menggunakannya sebagai lampu malam karena produk ini dilengkapi lampu LED berwarna putih.

Lama penggunaanHingga 10 jam
Kapasitas air600 mL
Tipe mistCool mist
Fitur2 level adjustment of spray, nano-sized atomization piece, are more quiet, night light mode, 30° spray dip angle, anti-dry-burning design, no leakage when putting upside down
Fungsi aromaterapi
Keamanan mati otomatis
Sumber dayaKabel | 2,5 W
Ukuran & berat220 gr
Kisaran hargaRp159.000

7. Bathaholic Aroma Diffuser Humidifier Spa Mist 8

Desk humidifier premium dengan berbagai fitur mewah

Humidifier Spa Mist 8 dari Bathaholic ini menyediakan fitur mewah seperti layar sentuh, pengaturan keredupan cahaya, dan tiga pilihan mode semprotan. Tak hanya berfungsi sebagai humidifier, Anda bisa menggunakannya sebagai penanda waktu dan alarm.

Desainnya sleek dengan LED backlight semakin memperjelas kesan mewahnya. Menariknya lagi, banyaknya fitur yang dimiliki tidak membuat desk humidifier ini sulit dioperasikan. Anda tak perlu khawatir kesulitan karena tampilan menunya cukup sederhana sehingga mudah dipahami.

Lama penggunaan8 – 10 jam
Kapasitas air320 mL
Tipe mistCool mist
Fitur3 mist mode; memiliki perlindungan panas, pengatur waktu; touch-screen display; 9 light mode & pengaturan keredupan lampu; 4 fungsi: Pengaturan alarm, timing shut down function, sleep mode, timing setting
Fungsi aromaterapi
Keamanan mati otomatis
Sumber dayaKabel | 25 W
Ukuran & berat20  x 20  x 23 cm | Tidak disebutkan
Kisaran hargaRp975.000

8. Han River YQ-008 Air Humidifier

Sumber: Blibli.com

Keindahan bulan purnama di meja Anda

Han River YQ-008 mengusung desain yang sedikit berbeda dari desk humidifier lain. Berbentuk bulat sempurna dengan tatakan kayu unik, Anda bisa menikmati keindahan bulan purnama di meja Anda! Tak hanya sekadar berbentuk bulat, permukaannya juga dibuat bertekstur agar semakin mirip bulan asli.

Humidifier ini memiliki tiga mode lampu, yakni cahaya sangat terang, cahaya terang, dan cahaya redup. Menariknya lagi, Anda bisa menggunakannya dengan atau tanpa kabel, lho!

Lama penggunaan± 30 jam
Kapasitas air880 mL
Tipe mistCool mist
FiturLampu 3 warna, sebagai humidifier sekaligus lampu malam
Fungsi aromaterapi
Keamanan mati otomatis
Sumber dayaKabel (14 W) & wireless (lama penggunaan ±2 jam)
Ukuran & beratDiameter bola 13 cm | Tidak disebutkan
Kisaran hargaRp139.000

9. Minigood Diffuser Humidifier with Bluetooth Speaker

Sumber: Shopee.co.id

Dilengkapi remote control dan bluetooth speaker. Multifungsi!

Jika Anda mencari desk humidifier dengan paket lengkap, produk ini dapat Anda pertimbangkan. Dua fitur tambahan yang sangat berguna adalah keberadaan remote control dan bluetooth speaker. Anda dapat mengatur opsi humidifier Anda sesuai keinginan dari jarak cukup jauh. Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan musik dengan bluetooth speaker.

Tak hanya itu, desain berbentuk kuncup bunga dengan aksen kayu juga menjadi nilai tambah produk ini. Desk humidifier ini hadir dalam pilihan warna coklat dan putih, Anda bisa menyesuaikan warnanya dengan ambience ruangan Anda.

Lama penggunaanHingga 6 jam
Kapasitas air400 mL
Tipe mistCool mist
FiturLED 7 warna, remote control, bluetooth speaker, pengaturan lama penggunaan
Fungsi aromaterapi
Keamanan mati otomatisTidak disebutkan
Sumber daya14 W
Ukuran & berat240 x 168 x 168 mm | Tidak disebutkan
Kisaran hargaRp240.000

10. Perfin PHMA06 Humidifier Diffuser

Sumber: Blibli.com

Memberikan kelembapan ekstra dengan water mist melimpah

Produk ini cocok untuk Anda yang mencari desk humidifier dengan water mist melimpah. Uap yang dihasilkan tebal dan kencang sehingga dapat memberikan kelembapan ekstra. Perfin PHMA06 terbuat dari material plastik ABS anti korosi, salah satu material terbaik untuk produk humidifier.

Desk humidifier ini dilengkapi remote control yang memungkinkan pengaturan jarak jauh. Dari segi keamanan, Perfin PHMA06 memiliki alarm detektor yang akan berbunyi jika Anda mengaktifkan humidifier dalam kondisi tangki kosong.

Lama penggunaan10 – 12 jam
Kapasitas500 mL
Tipe mistCool mist
Fitur7 LED light, remote control, durasi aroma bisa diatur
Fungsi aromaterapi
Keamanan mati otomatis
Sumber dayaKabel | 13 W
Ukuran & berat168 x 121 mm | Tidak disebutkan
Kisaran hargaRp139.900

Tabel Perbandingan Desk Humidifier

ProdukKonka KZ-HU0001Taffware Humidifier Ultrasonic with RGB LampMarvilo Humidifier – BulatXiaomi Youpin Jisulife Wireless HumidifierCIJI Humidifier Air – Planet KucingBaseus Elephant HumidifierBathaholic Aroma Diffuser Humidifier Spa Mist   8Han River YQ-008 Air HumidifierMinigood Diffuser Humidifier with Bluetooth   SpeakerPerfin PHMA06 Humidifier Diffuser
Lama penggunaan6 – 12 jam30 – 180 menitTidak disebutkan± 12 jamHingga 10 jamHingga 10 jam8 – 10 jam± 30 jamHingga 6 jam10 – 12 jam
Kapasitas air380 mL125 mL300 mLHingga 1 L220 mL600 mL320 mL880 mL400 mL500 mL
Tipe mistCool mistCool mistCool mistCool mistCool mistCool mistCool mistCool mistCool mistCool mist
Fitur7 warna LED, 2 tipe spray (continuous & intermittent), suara tidak   berisik (<20 db), terdapat silicon pad dibagian bawah, shockproof &   antiselipRGB LED light yang bisa berganti warna, 4 pilihan waktu penggunaanDapat menyala dengan berbagai warna cahaya (5 pilihan), tidak menimbulkan   suara yang mengganggu2 mist outlet, whisper quiet, wide top opening, easy to refill &   cleanHumidifier sekaligus lampu malam (LED)2 level adjustment of spray, nano-sized atomization piece, are more   quiet, night light mode, 30° spray dip angle, anti-dry-burning design, no   leakage when putting upside down3 mist mode; memiliki perlindungan panas, pengatur waktu; touch-screen   display; 9 light mode & pengaturan keredupan lampu; 4 fungsi: Pengaturan   alarm, timing shut down function, sleep mode, timing settingLampu 3 warna, sebagai humidifier sekaligus lampu malamLED 7 warna, remote control, bluetooth speaker, pengaturan lama   penggunaan7 LED light, remote control, durasi aroma bisa diatur
Fungsi aromaterapi
Keamanan mati otomatisTidak disebutkan
Sumber dayaKabel | 2 wattKabel | 5 V 800 mAKabel | 2 WKabel (3 W) & wireless (3.600 mAh, penggunaan 3 – 4 jam)Kabel | 1,75 WKabel | 2,5 WKabel | 25 WKabel (14 W) & wireless (lama penggunaan ±2 jam)14 WKabel | 13 W
Ukuran & berat85 x 72 x 160 mm | 280 gr72 x 130 mm | Tidak disebutkan10 x 10 x 9,5 cm | 165 gr168 x 114,7 mm | 1,11 lbs110 x 110 x 113.6 mm | 230 gr220 gr20 x 20 x 23 cm | Tidak disebutkanDiameter bola 13 cm | Tidak disebutkan240 x 168 x 168 mm | Tidak disebutkan168 x 121 mm | Tidak disebutkan
Kisaran hargaRp169.200Rp71.900Rp69.850Rp331.655Rp120.000Rp159.000Rp975.000Rp139.000Rp240.000Rp139.900
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi humidifer dan diffuser dari PickyBest lainnya!

Desk humidifier adalah versi mini dari console dan stationary humidifier. Selain humidifier, ada lagi perangkat untuk membuat udara ruangan menjadi nyaman ditempati berupa diffuser.

Kedua perangkat ini dapat Anda pilih sesuai tujuan penggunaan. Bila tertarik memiliki humidifier ukuran besar ataupun diffuser, bacalah tips memilih beserta rekomendasi produknya pada artikel-artikel berikut.

Kesimpulan

Memilih desk humidifier sesuai kebutuhan dapat memberikan efek positif pada kesehatan dan produktivitas kerja Anda. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan antara lain tipe mist, lama penggunaan, kapasitas tangki, dan jenis sumber dayanya.

Hal yang juga tak kalah penting adalah memperhatikan ketersediaan fitur keamanannya. Setelah memahami hal tersebut, Anda bisa melirik hal lain seperti fungsi aromaterapi dan bentuk desainnya. Kami harap artikel ini memberikan manfaat serta dapat mengakhiri pencarian desk humidifier Anda!

Referensi

Humidifiers and Health
https://www.healthline.com/health/humidifiers-and-health diakses pada 12 Februari 2021

Ketahui Manfaat Humidifier untuk Kesehatan
https://www.alodokter.com/ketahui-manfaat-humidifier-untuk-kesehatan diakses pada 12 Februari 2021

Warm-mist versus cool-mist humidifier: Which is better for a cold?
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold/expert-answers/cool-mist-humidifiers/faq-20058199 diakses pada 12 Februari 2021

(Visited 102 times, 1 visits today)