Written by 02:57 Elektronik

10 Rekomendasi Humidifier (Pelembap Udara) Terbaik

Humidifier adalah perangkat untuk menjaga kelembapan udara. Dewasa ini, produsen mengembangkan humidifier berukuran ringkas sehingga praktis dibawa, bahkan bisa digunakan di dalam mobil. Akan tetapi, humidifier memiliki beberapa tipe, fitur, dan ukuran berbeda. Oleh karena itu, produk humidifier terbaik yang Anda perlukan dapat ditemukan di sini!

Kami akan menampilkan sepuluh humidifier dari berbagai merek. Baseus, Babymoov, Boneco, dan Crane USA merilis humidifier berkualitas baik yang produknya bisa Anda temukan di Indonesia. Sebelum mengecek list-nya, simak dulu ulasan kami perihal manfaat menggunakan humidifier beserta cara memilih produk. Yuk!

Manfaat dari Penggunaan Humidifier

Fungsi utama humidifier adalah mempertahankan kelembapan udara di dalam ruangan. Penggunaan AC terus menerus membuat udara kering yang berujung pada kekeringan kulit dan timbul rasa gatal. Dengan adanya humidifier, kelembapan ruangan lebih terkontrol sehingga mencegah kulit rusak, lecet, dan luka karena Anda garuk terus-menerus.

Bagi Anda yang harus beraktivitas di ruangan dingin dalam waktu lama, gunakanlah pelembap bibir agar tidak kering dan pecah-pecah. Bila tidak sempat mengoleskan lip balm, humidifier dapat diaktifkan untuk membantu Anda terhindar dari kulit bibir mengelupas akibat kering dan pecah-pecah.

Humidifier juga banyak digunakan orang dengan gangguan pernapasan seperti asma. Akan tetapi, di balik segala kelebihannya, penggunaan humidifier harus tetap memerhatikan humidifikasinya. Jangan sampai ruangan terlalu lembap yang justru mengembangkan alergen. Pada penderita infeksi pernapasan perlu mengingat hal ini agar tidak memperburuk gejala asma.

Cara Memilih Humidifier (Pelembap Udara)

Tersedia beragam merek humidifier di pasaran yang masing-masing menyimpan kelebihan dan kekurangan. Anda mungkin bingung harus memilih yang mana karena khawatir tidak memilih produk yang tepat. Untuk itu, bacalah poin-poin berikut dengan saksama untuk temukan humidifier terbaik Anda!

Pilih Tipe Humidifier berdasarkan Proses Kerja dan Manfaatnya

Humidifier dibedakan menjadi 2 tipe utama, yaitu warm mist humidifier dan cool mist humidifier. Setiap tipe mengantongi keunggulan beserta nilai minus yang harus Anda pertimbangkan. Lebih lengkap mengenai kedua tipe humidifier tersebut akan kami jelaskan di sini.

Warm Mist Humidifier: Hasilkan Kabut Hangat untuk Kurangi Bakteri, Kuman, dan Redakan Batuk

Mekanisme humidifier tipe ini menggunakan elemen pemanas untuk mendidihkan air agar terhasilkan uap. Uap yang keluar menjadikan ruangan terasa hangat. Karena warm mist humidifier melembapkan ruangan dengan udara hangat, tipe ini bagus untuk mengurangi pertumbuhan bakteri dan kuman yang hinggap di berbagai permukaan benda. Level kelembapan yang mampu dihasilkan juga lebih tinggi.

Warm mist humidifier atau steam vaporizer berguna juga untuk keperluan medis, misalnya menyembuhkan batuk. Belakangan, humidifier dengan warm mist sudah tidak menggunakan kipas internal, sehingga proses kerjanya tidak berisik. Hanya saja, tipe ini membutuhkan lebih banyak energi. Selain itu, warm mist humidifier kurang aman bagi Anda yang memiliki anak atau hewan peliharaan.

Meskipun dapat membantu redakan batuk, FDA (Food and Drug Administration) tidak menyarankan tipe ini dipakai ketika sedang pilek karena akan membuat proses bernapas lebih sulit. Akhir-akhir ini, sudah jarang ditemukan humidifier tipe warm mist karena meskipun murah, para pengguna lebih banyak yang mementingkan sisi keamanannya.

Cool Mist Humidifier: Hadirkan Sensasi Dingin yang Aman untuk Bayi dan Anak-anak

Buat rumah yang ditinggali anak kecil dan bayi, humidifier tipe cool mist menjadi opsi paling aman dipilih. Cara kerja produk yang tergolong cool mist humidifier adalah dengan mengubah zat cair pada tangki menjadi uap yang kemudian disebarkan ke seluruh ruangan. Proses tersebut dikenal juga sebagai evaporasi, yang pada gilirannya membuat cool mist humidifier dibedakan lagi menjadi evaporative humidifier dan ultrasonic humidifier.

Model evaporative memiliki kipas yang meniup air dari filter penyaring sehingga terciptalah uap. Karena adanya kipas, model ini mengeluarkan suara berisik saat beroperasi. Walau demikian, evaporative humidifier lebih hemat energi dibandingkan warm mist humidifier. Hanya saja, karena model evaporasi tidak menghasilkan uap cukup panas, daya humidifikasi akan terasa lebih lama.

Sementara itu, ultrasonic humidifier menggunakan nebulizer penghasil gelombang elektronik untuk mengubah air menjadi uap. Humidifier tipe ultrasonic juga lebih hemat listrik, serta operasinya yang tenang membuatnya ideal diletakkan di tempat reelaksasi, seperti kamar tidur dan ruang baca. Hanya saja, karena tidak dipersenjatai elemen pemanas, air di dalam tangki tidak bisa steril otomatis. Jadi, air pada tangkinya perlu diganti secara teratur.

Pilih Model berdasarkan Daya Humidifikasi dan Ukuran Ruangan

Sebaiknya Anda ukur terlebih dahulu ukuran ruangan yang ingin dipakaikan humidifier. Dengan mengetahui seberapa luas ruangan, Anda pun semakin mudah menentukan produk yang tepat.

Humidifier sendiri dibedakan menjadi beberapa bentuk berdasarkan tingkat humidifikasi dan daya jangkaunya, yaitu desktop humidifier dan stationary humidifier. Penjelasannya selengkapnya dapat Anda ketahui di bagian ini.

Untuk Ruangan Kecil hingga Medium, Pilihlah Desktop/Tabletop Humidifier

Bila Anda ingin menempatkan humidifier di kamar tidur berukuran kecil hingga medium, humidifier berbentuk desktop atau tabletop pilihannya. Beberapa orang menyebut humidifier ini sebagai desk humidifier karena sering diletakkan di atas meja.

Humidifier tipe dekstop ada yang berukuran ringkas sehingga praktis dipindahtempatkan atau dibawa bepergian. Sekarang juga tidak sulit menemukan produk berbobot ringan dan compact untuk pengoperasian di dalam mobil. Akan tetapi, walau unggul dari segi mobilitas, desktop humidifier mengharuskan Anda mengisi ulang tangki air lebih sering.

Untuk Ruangan yang Luas, Pilihlah Stationary/Console Humidifier

Ruangan seluas 30 meter persegi atau lebih tidak bisa mengandalkan desktop humidifier. Pilihlah humidifier tipe konsol atau stationary yang dibuat khusus untuk kebutuhan melembapkan ruangan yang besar. Tangki pada console humidifier berkisar antara 5 liter ke atas sehingga Anda bisa menikmati hawa lembap tanpa harus me-refill tangki sering-sering.

Oleh karena ukurannya yang besar, console humidifier kurang bersifat mobile. Bobot rata-rata tipe ini berada pada rentang 2 kg – 6 kg. Anda perlu memastikan tersedianya tempat peletakkan yang cukup sebelum memilih humidifier ini. Selain itu, harga jual humidifier model konsol lebih mahal karena selain menawarkan fungsi humidifikasi, biasanya disematkan fitur lain seperti air purifier dan aroma diffuser.

Pastikan Tingkat Kelembapan Tak Membuat Ruangan Terlalu Lembap

Satu poin penting untuk dipertimbangkan ketika membeli humidifier adalah memeriksa kekuatan melembapkannya. Pastikan Anda bisa mengatur level humidifikasi dari sebuah alat agar ruangan tidak terlalu lembap dibuatnya. Pilihlah produk yang memungkinkan Anda mengatur suhu kelembapan sesuai kebutuhan.

Hal ini perlu Anda ingat karena ruangan yang sangat lembap tidak nyaman ditempati dan bisa menyebabkan tumbuhnya jamur di dinding. Untuk mengetahui kekuatan humidifikasinya, bacalah spesifikasi produk dengan saksama, seperti berapa banyak uap yang dihasilkan oleh humidifier per jamnya.

Periksa Kelebihan Produk selain Fungsi Humidifikasi

Memerhatikan spesifikasi sudah, selanjutnya Anda perlu mengecek ketersediaan fungsi tambahan dari sebuah humidifier. Dewasa ini, humidifier tidak hanya berperan sebagai pelembap udara, melainkan terdapat pula fitur menarik lain seperti aromatherapy, pengaturan arah uap, hingga automatic shut-off untuk mencegah kerusakan.

Selain itu, fitur timer termasuk salah satu yang mungkin Anda butuhkan. Jadi ketika Anda mengaktifkan humidifier untuk ditinggal tidur, fitur timer-nya akan mematikan alat otomatis dalam rentang waktu tertentu. Tentu saja, sebuah produk yang dibekali banyak fitur tambahan mengharuskan Anda mengeluarkan kocek lebih besar. Maka itu, pilihlah humidifier yang fungsi tambahannya sesuai kebutuhan Anda saja.

Pilih yang Penggunaan dan Perawatannya Mudah

Kemudahan menggunakan alat menjadi poin lain yang tak tidak boleh Anda lupakan. Pertama-tama, pastikan display layar menampilkan level humiditas dengan jelas. Lalu cek posisi tombol-tombol pengoperasian, entah tombol fisik konvensional atau tombol sentuh (touch screen), dan pastikan Anda bisa cepat beradaptasi ketika menggunakannya.

Di samping kemudahan penggunaannya, aspek perawatan juga mesti Anda perhatikan. Apa pun jenis humidifier-nya, Anda perlu memastikan agar air dari dalam tangki bisa diganti dengan mudah. Disarankan memilih humidifier dengan saluran pipa besar sehingga Anda takkan kesulitan ketika mencucinya.

10 Rekomendasi Humidifier (Pelembap Udara) Terbaik

Setelah memahami cara memilih humidifier, diharap Anda telah mengetahui spesifikasi produk yang diperlukan seperti apa. Nah, berikut kami referensikan humidifier berkualitas terbaik yang mudah Anda pesan di marketplace. Pilihlah produk berdasarkan kebutuhan ruangan Anda!

1. Crane USA Personal Humidifier & Aroma Diffuser

Ampuh membasmi kuman dan jamur sampai 99,96%

Selain melembapkan, alat besutan Crane USA ini menjadikan ruangan Anda harum berkat sematan fitur diffuser aroma. Apalagi jika Anda memasang air conditioner, sensasi dingin berpadu wangi aromatik essential oil membuat tubuh semakin rileks. Dengan desain modern dan minimalis, serta dukungan dimensi yang mini, humidifier ini praktis Anda pindah-pindahkan.

FDA (Food and Drug Administration) telah menguji kualitas produk ini. Anda yang menginginkan humidifier tak hanya berkualitas baik, namun terjamin aman, produk ini telah tersertifikasi BPA free juga. Kerennya lagi, alat ini diklaim mampu mengurangi bakteri dan jamur yang tumbuh di permukaan benda hingga 99,96%.

Tipe Cool mist (ultrasonic)
Model Desktop/tabletop humidifier
Kapasitas tangki 757 mL
Daya humidifikasi untuk ruangan ± 14 m2
Kelebihan 360° mist nozzle, auto shut-off, color chaning light, aroma diffuser
Durasi penggunaan Hingga 8 jam
Konsumsi daya listrik 45 W
Berat Tidak ada keterangan
Dimensi 17 cm x 17 cm x 10,4 cm
Kisaran harga Rp790.000 p

2. Deerma DEM-SJS600 Ultrasonic Humidifier

Melakukan pengisian ulang tidak pernah semudah ini!

Kapasitas tampung air alat ini mencapai 5 liter, cocok untuk Anda yang perlu memastikan ruangan tetap lembap hingga belasan jam. Tak hanya berukuran besar, tetapi tangkinya juga didesain Deerma dengan tiga lapis proteksi untuk mencegah air terkontaminasi berbagai macam partikel dari luar, termasuk bakteri.

Anda takkan repot ketika melakukan refill air sebab produk dengan smart LED light berikut memungkinkan pengisian ulang dengan 3 cara. Jika Anda ingin mengembalikan mood dengan aromaterapi, tersedia aromatherapy box untuk Anda isikan minyak esensial kesukaan.

Tipe Cool mist (ultrasonic)
Model Stationary/console humidifier
Kapasitas tangki 5 L
Daya humidifikasi untuk ruangan ± 20 – 25 m2
Kelebihan Three-way adding water, UV light purify, micron fine mist, heavy fog, triple protection water tank, smart LED light, aromatherapy
Durasi penggunaan Hingga 12 jam
Konsumsi daya listrik 25 W
Berat ± 2,6 kg
Dimensi 22,40 cm x 20,80 cm x 33 cm
Kisaran harga Rp799.000 p

3. Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier

Beroperasi secara hening, tidur Anda takkan terganggu!

Udara kering akibat AC yang terus aktif membuat kulit bersisik dan gatal akibat menurunnya kadar air. Untuk memelihara kondisi kulit meski Anda terpapara udara dingin dalam waktu lama, produk dari Dr. Brown’s ini patut dicoba. Berjenis ultrasonic humidifier, alat berikut menjauhkan Anda dari potensi kulit kering yang berujung gatal dan iritasi.

Saat menggunakannya, Anda tidak perlu mengatur arah nozzle karena humidifier satu ini bisa menyalurkan kabut dingin ke segala arah. Pengoperasiannya begitu mudah berkat 1 control button, bahkan oleh pengguna yang awam dengan perangkat modern sekalipun. Selain itu, jaminan keamanan diberikan melalui fitur auto shut-off untuk mencegah korlseting listrik.

Tipe Cool mist (ultrasonic)
Model Desktop/tabletop humidifier
Kapasitas tangki 3,8 L
Daya humidifikasi untuk ruangan Tidak ada keterangan
Kelebihan Adjustable control, auto shut-off, directional mist nozzle, aromatherapy
Durasi penggunaan Hingga 30 jam
Konsumsi daya listrik 22 W
Berat ± 1,7 kg
Dimensi 17,8 cm x 20,8 cm x 35 cm
Kisaran harga Rp990.000 p

4. Taffware Humi H24 Electric Humidifier

Silent operation-nya memastikan tidur Anda takkan terganggu bunyi mesin

Belakangan, humidifier dengan lampu LED mulai bermunculan. Taffware termasuk salah satu yang memproduksinya. Humi H24 Electric Humidifier mempunyai 7 mode warna lampu LED yang membuat ruangan lebih menarik. Ketika tidak dihidupkan, warna putihnya akan menjadi item dekorasi yang menambah kesan minimalis.

Meskipun harga jual produk ini sangat terjangkau, Taffware tetap memperkaya produk ini dengan fitur lain selain lampu LED. Ada remote control yang mempermudah pengoperasian dari jauh, serta aroma diffuser yang mengeluarkan uap untuk melembapkan sekaligus mengharumkan ruangan.

Tipe Cool mist (ultrasonic)
Model Desktop/tabletop humidifier
Kapasitas tangki 300 mL
Daya humidifikasi untuk ruangan Tidak ada keterangan
Kelebihan 7 LED color, remote control, silent operation, sleep mode, aromatherapy
Durasi penggunaan 10 detik, 2 jam, 4 jam
Konsumsi daya listrik 12 W
Berat ± 0,7 kg
Dimensi 13,3 cm x 13,3 cm x 10 cm
Kisaran harga Rp160.000 p

5. Boneco Steam Humidifier S450

Steam humidifier inovatif dengan teknologi penghasil uap jernih

Bagi Anda yang mencari humidifier dengan hasil uap hangat, steam vaporizer persembahan Boneco ini salah satu yang layak dipertimbangkan. Tangki penampungan didesain flat shape untuk mempermudah Anda mengisi air ke dalamnya. Kemudian, adanya handle juga membuat tangki semakin mudah dikeluarkan.

Jika menggunakan produk ini, humiditas ruangan dapat Anda atur hingga 3 level cukup dengan memilih mode operasi pada touch panel-nya. Fungsi pengaturan waktu membuat Anda bisa menyetel kapan alat hidup atau mati secara otomatis. Selain itu, anti-mineral pad pada alat ini mengurangi penumpukan plak sehingga tangki semakin mudah dibersihkan.

Tipe Warm mist (steam vaporizer)
Model Stationary/console humidifier
Kapasitas tangki 13,2 L
Daya humidifikasi untuk ruangan ± 80 m2
Kelebihan Clear mist technology, on/off timer, no white dust, timer, automatic display dimmer, aromatherapy, empty and cleaning indicator, anti-mineral pad. touch panel
Durasi penggunaan Hingga 24 jam
Konsumsi daya listrik 160 – 480 W
Berat ± 4,5 kg
Dimensi 35,56 cm x 24,13 cm x 33,5 cm
Kisaran harga Rp5.650.000 p

6. Baseus Slim Waist Humidifier

Lengkap dengan port USB untuk disambungkan ke lampu LED ini atau kipas portable

Dihadirkan secara khusus untuk Anda yang sehari-hari harus beraktivitas di ruangan ber-AC. Alat bersifat portable ini dapat diletakkan di meja kamar tidur maupun meja kerja Anda. Desain ramping dengan sentuhan gaya minimalism membuat keberadaannya enjoy dinikmati setiap pasang mata.

Selain fungsi humidifikasi, Baseus Slim Waist Humidifier memiliki mode pencahayaan yang bisa menghangatkan suasana ruangan Anda, terlebih ketika gelap. Tidur pun semakin lelap berkat mesin ultrasoniknya yang bekerja kurang dari 25 dB. Tersedianya USB port memungkinkan Anda menggunakan alat ini bersamaan dengan lampu atau kipas kecil yang bisa dihubungkan dengan kabel USB.

Tipe Cool mist (ultrasonic)
Model Desktop/tabletop humidifier
Kapasitas tangki 380 mL
Daya humidifikasi untuk ruangan Tidak ada keterangan
Kelebihan USB charging, color atmosphere lamp, two spray pattern, intelligent anti-dry, auto shut-off, nano nebulisation
Durasi penggunaan 6 jam (spray berkelanjutan), 12 jam (spray berselang)
Konsumsi daya listrik Pakai baterai
Berat ± 0,3 kg
Dimensi 8,8 cm x 8,8 cm x 15,5 cm
Kisaran harga Rp369.000 p

7. Babymoov Hygro+ Humidifier

Buat bayi Anda memperoleh waktu tidur berkualitas!

Setelah 9 bulan berada di kandungan, kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif terhadap udara di dalam ruangan. Selain itu, udara yang tidak cocok menyebabkan bayi mengalami infeksi pernapasan, alergi, dan bahkan asma. Agar terhindar dari kondisi-kondisi tersebut, Babymoov menghadirkan humidifier khusus bayi yang memastikan udara di kamar bayi berada pada kelembapan ynag ideal.

Teknologi silent ultrasonic dikhususkan supaya setiap bayi bisa tidur nyenyak tanpa merasa terganggu oleh suara alat. Di saat jumlah air tidak mencukupi, Babymoov Hygro+ Humidifier akan mati secara otomatis. Selain mengutamakan kenyamanan, Anda sebagai orang tua juga mudah mengatur level humiditas ruangan berkat smart touchscreen-nya.

Tipe Cool mist (ultrasonic)
Model Desktop/tabletop humidifier
Kapasitas tangki 2,5 L
Daya humidifikasi untuk ruangan ± 20 m2
Kelebihan 360° mist nozzle, essential oil diffuser, backlit touchscreen, auto shut-off, 7 built-in-multi-coloured night light
Durasi penggunaan Hingga 22 jam
Konsumsi daya listrik Tidak ada keterangan
Berat ± 1,12 kg
Dimensi 26.8 x 24.2 x 35 cm
Kisaran harga Rp2.079.000

8. Crane Adorable Humidifier – Curtis the Cow

Produk dengan antimicrobial yang tersertifikasi FDA

Di samping memerhatikan asupan makan dan pola hidupnya, Anda dapat lebih memastikan kesehatan anak dengan meletakkan humidifier di kamarnya. Humidifier berbentuk sapi imut ini pasti disukai anak-anak. Selain berbentuk unik, Crane juga melengkapinya dengan antimicrobial untuk membunuh bakteri dengan efektivitas mencapai 99,96%,

Karena sudah diakui oleh FDA, Crane Adorable Humidifier – Curtis the Cow cukup digemari penduduk di Amerika Serikat. Selain berbentuk sapi, Anda bisa membiarkan anak memilih bentuk lain berdasarkan hewan kesukaannya, semisal kumbang, domba, bebek, kodok, hingga karakter lucu Hello Kitty.

Tipe Cool mist (ultrasonic)
Model Desktop/tabletop humidifier
Kapasitas tangki 3,8 L
Daya humidifikasi untuk ruangan ± 46 m2
Kelebihan 360° LID, clean control, no filter, auto shut-off, FDA registered, BPA free
Durasi penggunaan Hingga 24 jam
Konsumsi daya listrik 45 W
Berat ± 2,4 kg
Dimensi 22,8 cm x 32,3 cm x 22,8 cm
Kisaran harga Rp900.000

9. Smart Frog Waterlily Humidifier

Isi ulang baterainya bisa juga dilakukan dari power bank, komputer, dan laptop

Paparan suhu rendah akibat AC di dalam mobil sering dikeluhkan banyak orang. Itulah mengapa, Smart Frog berhasil mengambil hati masyarakat setelah memproduksi humidifier untuk mobil ini. Jika Anda salah satu orang yang cukup sering bepergian menggunakan mobil, tak ada salahnya membeli alat ini agar kabin mobil tetap nyaman Anda tempati.

Ukurannya yang super mini membuat alat tidak memakan banyak space saat disimpan ke dalam tas. Cukup sekali tekan, one button control-nya langsung mengaktifkan teknologi ultrasonik untuk sebarkan uap 40 mL per jam. Memang mini, namun teknologi penghemat energinya hanya mengambil daya 2 W/h. Tertarik mencobanya?

Tipe Cool mist
Model Desktop/tabletop humidifier
Kapasitas tangki 250 mL
Daya humidifikasi untuk ruangan ± 6 m2
Kelebihan Ultra-fine mist, auto shut-off, USB powered, ring indicator light
penggunaan Hingga 8 jam
Konsumsi daya listrik 2 W
Berat ± 0,2 kg
Dimensi 7,4 cm x 7,4 cm x 17,1 cm
Kisaran harga Rp140.000

10. Deerma F628 Air Humidifier + Aroma Oil Space

Satu produk dengan tiga fitur utama: humidifikasi, purifikasi, dan difusi aroma

Pelembap udara berpenampilan futuristik keluaran Deerma ini mencantumkan keterangan temperatur ruangan dalam satuan Celsius melalui LED screen berdiameter besar. Selain membuat pembacaan suhu semakin mudah, indikator jumlah air yang transparan juga memberitahu Anda kapan seharusnya me-refill tangki.

Pada sisi kanan dan kiri LED screen-nya tertera panel sentuh untuk menjalankan fungsi humidifikasi atau timer. Selain itu, Deerma menyematkan mini box untuk meneteskan essential aroma oil bagi Anda yang menginginkan ruangan lembap sekaligus berefek aromaterapi. Berkapasitas tampung hingga 5 liter, humidifier berdaya melembapkan 300 mL per jam ini sanggup beroperasi up to 12 jam.

Tipe Cool mist (ultrasonic)
Model Desktop/tabletop humidifier
Kapasitas tangki 5 L
Daya humidifikasi untuk ruangan ± 21 – 30 m2
Kelebihan Touch-sensitive, LED screen, temperature, auto shut-off, transparent water level, aroma diffuser, air purifier
Durasi penggunaan Hingga 12 jam
Konsumsi daya listrik 25 W
Berat ± 2,5 kg
Dimensi 20 cm x 20 cm x 35 cm
Kisaran harga Rp471.200

Bersihkan Tangki Humidifier dengan White Vinegar (Cuka Putih)

Uap yang dihasilkan humidifier harus selalu bersih. Untuk itu, sangat penting menjaga kebersihan tangki secara berkala agar uap yang dikeluarkan tidak mengandung kuman dan bakteri. Setidaknya bersihkan tangki seminggu sekali apabila penggunaan humidifier tergolong jarang. Namun, bagi Anda yang harus menghirup udara lembap untuk memperbaiki gangguan pernapasan sehingga menyebabkan frekuensi pemakaian lebih tinggi, bersihkanlah tangki air dan filter lebih sering.

Sebelum membersihkan tangki, perlu diketahui bahwa di dalam tangki biasa terbentuk noda plak berwarna putih. Plak tersebut adalah mineral kalsium dari air leding yang terdeposit. Untuk membersihkan tumpukan kalsium tersebut, pakai air saja belum cukup. Zat ampuh yag bisa Anda gunakan adalah cuka putih.

Berikut panduan membersihkan tangkir air humidifier:

  1. Lepas kabel dari stopkontak, lalu bongkar semua part alat.
  2. Tuangkan cuka putih secukupnya, lalu campurkan sedikit air. Oleskan campuran cuka dan air ini ke dinding tangki hingga seluruh bagian tangki terkena larutan cuka.
  3. Diamkan tangki berisi cuka selama 15 – 20 menit, kemudian buang larutan cuka.
  4. Gosok alas dan dinding tangki dengan sikat kecil. Bersihkan seluruh permukaan hingga plak kalsium yang terkumpul hilang.
  5. Lakukan juga pembersihan tutup tangki dengan kain bersih atau spons yang telah dicelukan ke cairan cuka.
  6. Bilas seluruh bagian yang telah dibersihkan dengan air, keringkan, lalu pasang kembali.

Catatan tambahan:

Jangan mencuci filter dengan cuka karena dapat merusak bahan sekaligus menghilangkan lapisan antimikrobanya. Sebaiknya mengganti filter dengan yang baru untuk meminimalisir filter mengeluarkan uap yang tidak steril.

Lihat juga rekomendasi air purifier, air cooler, dan aroma diffuser di sini!

Selain humidifier, terdapat juga pilihan produk untuk menjernihkan udara dan mendinginkan ruangan yang boleh jadi sesuai kebutuhan Anda saat ini.

Kemudian, aroma diffuser yang menjadi fitur tambahan dari banyak humidifier sebenarnya bisa Anda miliki dengan harga lebih terjangkau. Apakah Anda tertarik membeli salah satunya? Cek list-nya di sini, ya!

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik
10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik
10 Rekomendasi Aroma Diffuser Terbaik

Kesimpulan

Apakah Anda berhasil menemukan humidifier terbaik dari list rekomendasi di atas? Selain menentukan produk berdasarkan kekuayan humidifikasi, ukuran, dan mekanisme penghasil uapnya, Anda juga perlu memilih humidifier dengan tambahan fitur berguna, terutama timer dan auto shut-off.

Selalu perhatikan kebersihan tangki supaya uap yang dikeluarkan tidak bercampur mikroorganisme berbahaya. Gunakanlah cuka apel sebagaimana panduan membersihkan alat yang tercantum di atas, atau Anda bisa menggunakan asam sitrat lalu dibiarkan semalaman sebelum dibersihkan keesokan harinya. Semoga artikel kami kali ini bermanfaat!

(Visited 1.978 times, 19 visits today)