Written by 00:34 Kesehatan & Kecantikan

10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak yang Terbukti Aman

Kodomo Kids Toothpaste Regular

Pasta gigi anak dapat diberikan ketika usianya telah mencapai 18 bulan lebih atau sekitar 2 tahun. Sedangkan untuk 18 bulan ke bawah, anak yang berstatus bayi batita dapat dijaga kebersihan gusinya menggunakan lap yang lembut dan bersih. Sewaktu empat gigi utama tumbuh, yaitu dua gigi bawah dan gigi atas muncul, ini menjadi pertanda saatnya Anda mengajak anak menyikat gigi.

Agar kesehatan gigi anak senantiasa terjaga, bukan hanya melakukan penyikatan saja yang penting. Anda perlu memberikan pasta gigi yang tepat agar menunjang kesehatan gigi lebih baik dan maksimal. Dalam memilih pasta gigi anak, lebih baik pilih yang rendah kandungan fluoride (zat yang bekerja meremineralisasi enamel serta mencegah dan membersihkan plak gigi).

10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak

Ketika umur anak sudah memasuki usia 2 tahun lebih, Anda bisa memandu buah hati agar semakin terampil dalam menyikat gigi mandiri. Dalam hal ini, Anda lah yang pertama kali harus mengatur odol pasta gigi yang digunakan. Ada bermacam pilihan pasta gigi untuk anak terbaik di pasaran.

Selain Kodomo yang begitu terkenal, merek-merek pasta gigi anak premium seperti Jack N’ Jill, Hawley & Dazel, dan Buds juga hadir dan dapat Anda temui di pasaran. Kami telah merangkum pasta gigi terbaik untuk anak dalam daftar berikut ini. Mari pilih yang paling cocok dan disukai oleh anak Anda. Jaga kesehatan gigi anak sejak usia dini, yuk!

1. Kodomo Kids Toothpaste Regular

Kodomo Kids Toothpaste Regular

Kisaran harga: Rp6.500

Teman baik untuk anak Indonesia

Lion Wings merilis pasta gigi bermerek Kodomo untuk anak-anak Indonesia. Dengan membawa jingle produk sebagai “teman baik bagi anak” yang begitu populer, tak heran pasta gigi untuk ini begitu digandrungi orang tua untuk diberikan kepada buah hatinya. Rekam jejak Kodomo Kids Toothpaste Regular sudah begitu lama sehingga reputasi dan kualitas yang dimiliki tak perlu diragukan lagi.

Kodomo Kids Toothpaste Regular terdiri dari empat pilihan rasa, yaitu stroberi, jeruk, anggur, dan campuran buah-buahan fruity mix. Setiap varian rasa buah dari pasta gigi untuk anak ini diperkaya kandungan xylitol untuk mencegah terjadinya karies gigi tanpa mengikis permukaan enamel. Harganya pun terjangkau, tidak akan jadi perhatian khusus buat kantong Anda meski dipakai setiap hari!

2. JACK N’ JILL Natural Toothpaste

JACK N JILL Natural Toothpaste

Kisaran harga: Rp62.000

Tanpa kandungan SLS (sodium lauryl sulfate) sehingga tidak berbusa

Jack N’ Jill Natural Toothpaste tidak mengandung alergen sehingga tidak akan menyebabkan alergi baik pada gusi, lidah, rongga mulut, atau gigi. Pasta gigi untuk anak ini juga sangat aman jika tertelan. Mengandung xylitol untuk menangkal pengeroposan gigi, anak Anda akan tumbuh memiliki gigi yang bersih, rapi, dan tampak putih.

Produk keluaran Jack N’ Jill juga semakin aman meski dipakai oleh anak berusia di bawah 2 tahun karena non fluoride! Jadi, apabila Anda mencari pasta gigi untuk bayi batita dan balita yang tidak mengandung fluoride, pasta gigi ini pilihannya. Dengan demikian, risiko terjadinya enamel fluorosis atau spot lubang pada gigi dapat dihindari.

3. Enzim Pasta Gigi Anak

Enzim Pasta Gigi Anak

Kisaran harga: Rp11.200

Bahan-bahan berkualitas food grade yang ramah bagi lingkungan mulut

Anak suka konsumsi makanan dan minuman manis. Jika tidak dirawat dengan benar, gigi dapat keropos dan berlubang akibat sisa makanan dan bakteri yang tumbuh. Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat berikan anak pasta gigi Enzim ini. Enzim Pasta Gigi Anak akan menghentikan aktivitas bakteri sehingga gigi susu anak tidak rusak akibat karies (infeksi struktur gigi).

Enzim merancang produk ini dengan zat-zat baik seperti glucose oxidase (GO), amiloglucosidase (AMG), dan lactoperoxidase (LPO) yang dapat mengembalikan kualitas air liur untuk mengontrol kesembangan bakteri. Tidak mengandung deterjen, pasta gigi untuk anak berbahan food grade yang ramah bagi lingkungan mulut ini aman jika tertelan. Terdapat 4 pilihan rasa yang dapat dipilih anak, mulai dari strawberry, orange, bubble gum, dan tutti fruity.

4. Pigeon Toothpaste for Children

Pigeon Toothpaste for Children

Kisaran harga: Rp8.710

Mengganti fluoride dengan DCPD (dicalcium phospate dihydrogen) untuk memberi perlindungan bagi gigi anak

Sudah melalui uji kontrol jangka panjang, Pigeon Toothpaste for Children termasuk dalam pasta gigi untuk anak yang aman jika tertelan. Hal ini dimungkinkan sebab absennya kandungan fluoride di dalam pasta gigi untuk anak ini. Dengan kata lain, untuk bayi pun bisa juga memakai pasta gigi ini.

Pigeon merilis pasta gigi ini untuk bisa digunakan oleh anak sejak usia 1 – 3 tahun. Setali tiga uang dengan produsen lain, pasta gigi ini juga dihadirkan dengan rasa buah-buahan yang digemari banyak anak, beberapa di antaranya adalah stroberi dan jeruk.

5. Buds Children’s Toothpaste

Buds Childrens Toothpaste

Kisaran harga: Rp139.000

Pilihan rasa blackcurrant, green apple, dan strawberry yang alami dan tidak terlalu manis

Jika Anda mencari pasta gigi yang dapat digunakan oleh anak usia 1 – 3 tahun, kami rekomendasikan Buds Oralcare Children’s Toothpaste untuk Anda. Formula organic aloevera, leaf juice, dan natural silica yang terkandung bekerja secara lembut dalam membersihkan gigi bayi Anda yang strukturnya belum sekuat orang dewasa.

Buds tidak menambahkan pengawet ke dalam komposisi bahannya, membuat pasta gigi tergolong aman. Selain itu, xylitol alami yang tercantum juga ikut memberikan perlindungan maksimal pada gigi anak yang baru terbentuk. Pasta gigi ini aman meski tertelan karena membawa label bebas fluoride.

6. Orajel Training Toothpaste Fluoride-Free

Orajel Sesame Street Training Toothpaste Fluoride Free

Kisaran harga: Rp82.000

Pasta gigi berkarakter lucu tanpa tambahan gula dan pewarna sintetis

Kemasan pasta gigi ini tentulah disukai anak karena membawa karakter-karakter kartun yang populer di televisi, seperti My Little Pony (rasa pinkie fruity), Paw Patrol (rasa fruity fun), dan Sesame Street (rasa berry fun). Walau harga jualnya sedikit mahal, Anda tidak akan dikecewakan oleh pasta gigi dari Orajel ini.

Pasalnya, Orajel Training Toothpaste tidak mengandung fluoride, menjadikan gigi anak terbebas dari enamel fluorosis. Di samping itu, pasta gigi ini juga aman tertelan karena tidak mengandung pewarna sintetis, gluten-free, dairy-free, dan paraben-free. Anda dapat latih anak menyikat gigi dengan pasta gigi ini mulai usia 3 bulan hingga 4 tahun.

7. Darlie Bunny Kids Toothpaste

Darlie Bunny Kids Toothpaste

Kisaran harga: Rp14.000

Tanpa penambahan gula, Anda pun semakin tenang!

Darlie Bunny Kids menyediakan empat varian rasa yang dapat dipilih anak Anda berdasarkan kesukaannya. Mulai dari rasa apel (kemasan hijau), stroberi (kemasan pink), jeruk (kemasan orange), dan kola (kemasan biru laut), setiap kardus kemasannya dicatutkan gambar karakter kelinci menggemaskan. Dapat dipastikan, anak Anda akan senantiasa senang setiap kali diajak menyikat gigi.

Selain memulai pendekatannya dengan mendesain kemsan berkarakter Bunny yang lucu, pasta gigi untuk anak persembahan Hawley & Hazel ini memiliki wujud odol berupa gel yang diperkya kalsium dan fluoride. Kedua kandungan tersebut akan mencegah timbulnya rongga pada gigi. Produk ini juga membersihkan secara lembut dengan tingkat busa rendah sehingga mengurangi iritasi pada gigi anak.

8. Little Tree Fruity Fresh Toothpaste

Little Tree Fruity Fresh Toothpaste

Kisaran harga: Rp89.000

Bisa diberikan pada anak mulai usia 12 bulan ke atas

Little Tree Fruity Fresh Toothpaste ini mempunyai ukuran 70 gram dengan kemasan tube yang berdesain fun, mulai dari karakter hewan lucu hingga pembalutan warna-warna terang yang friendly. Termasuk pasta gigi untuk anak berkelas premium, produk ini minim busa dan bebas pengawet, bahan kimia, dan pemanis buatan.

Tambahan xylitol berkadar rendah yang dikombinasikan dengan ekstrak blueberry leaf dan vitamin C serta E, membuat pasta gigi tidak hanya aman bagi anak, tetapi juga memberikan perlindungan lebih. Belum lagi dukungan kalsium yang diberikan, menjadikan Little Tree Fruity Fresh Toothpaste semakin bagus diberikan pada buah hati Anda.

9. B&B Kids Toothpaste

BB Kids Toothpaste

Kisaran harga: Rp7.900

Formula kalsium, fluoride, dan xylitol yang optimal menjaga kekuatan gigi dari kerusakan enamel dan pengeroposan

Kalsium diperlukan gigi untuk memelihara kepadatan strukturnya. Pada pasta gigi untuk anak pun, keberadaan kandungan kalsium sangatlah vital guna menunjang kekuatan gigi anak. B&B Kids Toothpaste termasuk salah satu produk yang diperkaya oleh kalsium dan juga fluoride. Pasta gigi ini aman bagi anak tanpa memberikan sensasi rasa pedas layaknya pasta gigi untuk orang dewasa.

Memiliki fomula yang efektif dalam menghilangkan bakteri, gigi anak Anda akan selalu terjaga kesehatannya. B&B Kids Toothpaste diciptakan dengan dua varian rasa, yaitu ekstrak madu dan stroberi menyegarkan tanpa tambahan gula. Untuk kemasannya juga bermacam, mulai dari karakter Looney Tunes, Barbie, hingga Powerpuff Girls yang pasti disukai oleh putri Anda.

10. Cussons Kids Toothpaste

Cussons Kids Toothpaste

Kisaran harga: Rp5.000

Menawarkan 3 fungsi perlindungan bagi gigi serta menjaga napas tetap segar

Apakah anak laki-laki dan perempuan Anda gemar menonton film animasi kartun? Cusson Kids membuat kemasan kotak dan tube dari pasta gigi untuk anak ciptaannya dengan karakter favorit dari banyak film kartun anak. Pasta gigi untuk anak ini memberikan 3 fungsi perlindungan, yaitu memperkuat gigi, memelihara kesehatan gigi, dan membuat napas lebih segar.

Cusson Kids Toothpaste diformulasikan bersama para ahli sehingga terpilihlah kandungan fluoride, kalsium, dan xylitol dengan kadar yang aman dan tidak akan merusak gigi anak. Mulai varian Strawberry Smoothie, Fresh Apple, Fruity Berries, dan Sparkling Orange, semuanya tidak diberi tambahan gula sehingga rasa manisnya pun terjamin alami.

Baca juga rekomendasi pasta gigi untuk memutihkan gigi dan mencegah gigi berlubang lainnya!

Kebanyakan pasta gigi untuk anak diformulasikan bersama bahan yang rendah akan agen abrasif karena tujuannya untuk melindungi gigi dari pembentukan karies oleh sisa makanan dan bakteri. Sementara pada orang dewasa, umumnya diperlukan pasta gigi dengan kandungan abrasif seperti kalsium karbonat serta whitening agent semacam perlite.

Apabila Anda juga memerlukan pasta gigi untuk memutihkan ataupun mencegah terjadinya gigi berlubang, pastikan kandungan-kandungan tersebut tertera dalam pasta gigi Anda. Belum menemukan produk yang sesuai? Jangan risau karena kami telah menyiapkan rekomendasinya untuk Anda. Yuk, baca langsung daftar produk pasta gigi untuk memutihkan gigi dan mencegah gigi berlubang dalam artikel-artikel berikut ini.

Kesimpulan

Setelah mendapatkan pasta gigi untuk anak yang menurut Anda paling tepat, langkah berikutnya adalah memastikan anak Anda menyikat gigi dengan benar. Berdasarkan hasil temuan Pusat Pengendalian Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, bahwa hampir 40% anak berumur 3 sampai 6 tahun menggunakan pasta gigi terlalu banyak.

Agar anak Anda terhindar dari risiko gigi tanggal dan mengalami perubahan warna gigi, pastikan untuk memberikan pasta gigi dalam jumlah yang tepat untuk anak. Bagi anak berusia 2 – 3 tahun, berikanlah odol seukuran biji beras pada sikat gigi. Sedangkan untuk anak yang berumur 3 – 6 tahun dapat diberikan seukuran kacang polong pasta giginya.

Karena anak terkenal akan kebiasaannya cepat bosan, Anda bisa akali dengan memilih pasta gigi anak dengan rasa buah-buahan, seperti jeruk, stroberi, dan semacamnya. Namun, tetap utamakan pasta gigi yang mengandung bahan-bahan pembersih baik dengan konsentrasi rendah sehingga tidak merusak enamel gigi anak yang masih lemah.

(Visited 58 times, 1 visits today)