Written by 09:46 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Pria

Kebanyakan pria cenderung menggunakan produk yang dirancang khusus untuk pria. Tak terkecuali sampo, sekarang bisa dengan mudah ditemukan sampo yang dibuat khusus untuk pria. Anda mungkin cukup akrab dengan brand Head & Shoulders dan Clear. Namun, merek lain seperti First Lab, Oh Man!, hingga Kerastase juga menyediakan sampo untuk pria.

Kesulitan menetapkan manakah sampo terbaik untuk Anda? Pada artikel ini, kami akan membantu Anda temukan produk sampo yang tepat. Setiap produk didesain untuk keperluan berbeda berdasarkan formula yang dimiliki masing-masingnya. Sebelum mengecek list sampo terbaik untuk pria beserta cara memilihnya, berikut penjelasan singkat perihal bedanya sampo khusus pria dan wanita.

Apakah Sampo Khusus Pria berbeda dengan Sampo Wanita?

Pada dasarnya, setiap sampo menyimpan kandungan yang berperan optimal tanpa memedulikan siapa penggunanya. Hal ini disebabkan oleh kondisi umum dari kulit kepala pria dan wanita. Akan tetapi, produsen menggaungkan sebuah sampo yang diklaim “manly” agar para pria tertarik membelinya.

Biasanya, perbedaan sampo untuk pria dan wanita terletak pada warna kemasannya. Untuk sampo pria warna kemasannya tidaklah mencolok, misalnya hitam, abu-abu, atau biru gelap. Selain itu, hal lain yang menjadikan sebuah sampo disukai pria adalah aromanya yang menyegarkan. Sementara sampo wanita umumnya berwarna kemasan pink, ungu, gold, dan beraroma wangi flowery atau fruity.

Dari segi kandungan, baik pada sampo untuk pria maupun wanita umumnya mengandung bahan-bahan seperti glycol distearate, salicylic acid, sodium benzoate, polysilicon-8, coco-glucoside, cocamide MIPA, ethylparaben, dan aminomethyl propanol yang masing-masing mempunyai fungsi berbeda untuk rambut dan kulit kepala.

Rata-rata sampo untuk pria dibekali fungsi utama untuk menyeimbangkan kelembapan di kulit kepala. Kekuatan pembersihnya juga lebih tinggi dibandingkan sampo wanita. Akan tetapi, Anda yang rambutnya tipis dan kering perlu menghindari produk minim detergen, lalu memilih sampo berkandungan pelembap supaya akar dan batang rambut tetap memperoleh kelembapannya.

Cara Memilih Shampo untuk Pria

Apa saja hal-hal penting yang harus Anda perhatikan ketika membeli sampo untuk pria? Bukan sebatas mengecek komposisi yang terkandung, namun tingkat iritasi dan fungsi utamanya perlu diperiksa agar mampu merawat rambut maupun mengatasi permasalahan rambut yang sedang Anda alami. Tengok panduan memilihnya lebih lanjut di sini!

Pilih Fungsi berdasarkan Kondisi Kulit Kepala/Rambut Anda

Karakteristik rambut dan kulit kepala setiap orang boleh jadi berbeda tergantung gaya hidup, aktivitas, dan nutrisi yang diterima. Bagaimana kondisi kulit kepala maupun rambut Anda, apakah berminyak, kering,  berketombe, tipis dan rentan patah, atau malah sensitif? Pilihlah sampo dengan fitur yang seusai dengan keadaan rambut dan kulit kepala Anda.

Untuk Kulit Kepala/Rambut Berminyak, Pilih yang Tinggi Kandungan Acid

Sampo untuk pria yang berfungsi mengatasi rambut berminyak didesain dengan bahan pembersih berkekuatan tinggi. Dengan berkurangnya minyak, maka risiko munculnya ketombe dan masalah terkait lainnya ikut menurun. Untuk Anda yang mengalami kulit kepala berminyak, carilah produk yang mencantumkan keterangan “clarifying shampoo”.

Sampo berlabel “clarifying” memiliki jumlah acid cukup tinggi untuk mengurangi minyak, silikon pada rambut, hingga styling product lain yang berpotensi merusak rambut. Oleh karena tinggi kandungan acid, sampo tipe ini dapat berdampak pada kekeringan, sehingga perlu dihindari oleh Anda yang berkulit kepala normal. Gunakanlah sesuai aturan untuk menghindari efek samping negatif lainnya.

Untuk Kulit Kepala/Rambut Kering, Pilih yang Mampu Melembapkan

Rambut yang kering disebabkan oleh kurangnya minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak (sebaceous glands). Apabila hal ini yang menimpa ini, kami sarankan untuk memilih sampo yang diperkaya bahan pelembap beserta mampu menghidrasi rambut lebih lama. Pilihlah sampo berlabel “moisturizing” untuk mengatasi kulit kepala serta rambut kering Anda.

Jika tidak menemukan “moisturizing shampoo” atau keterangan “shampoo for dry hair/scalp”, Anda bisa mengenali karakteristik sampo apakah cocok untuk rambut kering Anda dengan memperhatikan ingredients-nya. Jojoba oil, argan oil, dan ekstrak bunga kamelia merupakan bahan alami yang umum digunakan sebagai unsur pelembap pada sampo.

Untuk Masalah Ketombe, Pilih yang Optimal Membersihkan Kulit Kepala

Apakah kulit kepala Anda terasa gatal akibat ketombe? Kondisi ini perlu ditangani sedini mungkin untuk menghindari kerusakan lebih parah. Sampo untuk pria untuk menghilangkan ketombe umumnya mencantumkan keterangan “anti-dandruff”, “anti-flake”, atau “dandruff shampoos”. Ketika memilih, perhatikanlah formulasi kandungan dan pastikan sampo tersebut mampu meredakan rasa gatal, meruntuhkan ketombe, sekaligus memperbaiki kulit kepala.

Sampo untuk rambut berketombe kerap mengandalkan zinc pyrithione untuk membasmi jamur penyebab ketombe (malassezia). Selain itu, salicylic acid juga bagus untuk meluruhkan serpihan-serpihan kulit kepala. Karena sampo tipe ini berpotensi menyebabkan kekeringan, sebaiknya Anda baca keterangan lebih lanjut perihal kemampuan melembapkannya.

Untuk Rambut Tipis, Pilih Sampo yang Tidak Menyebabkan Lepek

Bagi Anda yang berambut tipis, sampo yang dipilih sebaiknya mengandung nutrisi penting untuk rambut dari akar serta mampu menstimulasi kulit kepala agar mendorong pertumbuhan rambut baru sekaligus menguatkannya. Sampo dengan fitur “volumizing” adalah opsi terbaik untuk dipilih karena memang didesain khusus menebalkan rambut tipis Anda.

Volumizing shampoo akan membuat rambut lebih bervolume. Yang mesti diingat, pastikan sampo tersebut tidak memberikan efek rambut lepek. Selain menerapkan fungsi peningkat volume, sampo untuk rambut tipis sebaiknya mengantongi bahan khusus untuk mencegah kerontokan rambut, misalnya zinc yang diperoleh dari jintan hitam, atau zat serupa lain untuk melindungi helai rambut dari kerontokan.

Untuk Kulit Kepala Sensitif, Hindari Sampo berkandungan Sulfat

SLES atau sodium laureth sulfate adalah bahan pembersih kuat yang akan banyak Anda temukan pada produk sampo. Kontribusi asam sulfat untuk menimbulkan efek rambut kering cukuplah besar. Oleh sebab itu, bagi Anda yang kulit kepalanya sensitif dan kering, gunakanlah sampo tanpa kandungan sulfat.

Selain SLES, asam sulfat lain yang perlu dihindari antara lain polyoxyethylene alkyl ether sulfate, potassium lauryl sulfate, sodium lauryl sulfate, dan sebagainya. Senyawa-senyawa tersebut lebih cocok untuk rambut berminyak. Jika mengenai kulit kepala sensitif, sulfat berpotensi mengiritasi. Jika kesulitan menemukan sampo bebas sulfat, cobalah membeli sampo salon yang sebagian besar dirumuskan tanpa campuran sulfat.

Pertimbangkan untuk Memilih Sampo tanpa Silikon

Tersedia sampo tanpa silikon maupun dengan silikon di pasaran. Sampo dengan kandungan silikon tidak selalu buruk sebagaimana yang informasinya beredar luas di internet. Sejatinya, sampo berkandungan silikon akan berguna untuk membuat rambut tebal dan susah diatur lebih halus serta tidak berantakan.

Sebaliknya, rambut tipis perlu menjauhi sampo dengan kandungan silikon karena akan menyumbat pori-pori kulit kepala. Efek dari pori-pori yang tersumbat selain kulit kepala terasa gatal, pertumbuhan rambut ikut terhambat. Sampo nonsilikon tergolong ramah untuk segala jenis rambut, namun harga jual yang lebih mahal mengharuskan Anda keluarkan budget lebih besar untuk membelinya.

Terbiasa Memakai Wax? Pilihlah Sampo berdaya Pembersih Tinggi

Gaya rambut pria akan tertata sesuai kemauan dengan bantuan wax atau pomade. Sayangnya, wax dan produk penata rambut lainnya dapat menyebabkan pori-pori tersumbat apabila tidak dibersihkan secara optimal. Itulah mengapa banyak pria melaporkan rambutnya menjadi mudah lepek dan terasa gatal akibat keseringan menggunakan wax.

Untuk Anda yang terbiasa mengaplikasikan wax, kami sarankan untuk membeli sampo yang di dalamnya terdapat zat pembersih kotoran termasuk bekas wax yang masih menempel di rambut. Sampo untuk pria dengan kandungan olefin sulfonate atau SLES tergolong efektif untuk meluruhkan sisa-sisa wax.

Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua orang cocok dengan produk berdaya pembersih tinggi. Jika Anda sedang mengalami kerusakan rambut cukup parah, atau kulit kepala Anda tergolong sensitif, alternatif yang bisa Anda pilih adalah sampo berkandungan alami seperti minyak kelapa agar tidak terjadi iritasi.

Cobalah Scalp Shampoo yang Bagus untuk Merawat Kulit Kepala

Scalp shampoo dirancang untuk mengondisikan kulit kepala melalui pembersihan dan penutrisian. Jika sampo biasa hanya untuk membersihkan, scalp shampoo diperkaya bermacam bahan-bahan yang selain level iritatifnya rendah, juga mampu menyehatkan kulit kepala yang notabene sebagai tempat tumbuhnya rambut.

Apabila saat ini Anda bermasalah dengan rambut rontok sekaligus tipis, scalp shampoo merupakan pilihan yang sangat layak dicoba. Kombinasi bahan-bahan khusus di dalamnya akan memperkuat kulit kepala Anda sehingga rambut yang tumbuh kemudian tidak gampang patah.

10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Pria

Sudah paham kriteria sampo yang hendak Anda gunakan berdasarkan tips memilih sampo sebelumnya? Jika sudah, berikutnya kami menampilkan pilihan sampo terbaik untuk pria dari berbagai merek terkenal. Gunakan sampo secara teratur untuk menjaga kulit kepala bersih dan ciptakan lingkungan rambut sehat!

1. Alpecin Double Effect Caffeine Shampoo

Cukup 2 menit, kandungannya terserap sempurna!

Berbeda dari sampo lain, Alpecin mencantumkan komponen unik berupa kafein ke dalamnya. Kafein memainkan tugas khusus menstimulasi pertumbuhan rambut. Jadi, produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin mengontrol kerontokan rambut.

Sesuai namanya, Alpecin Double Effect Caffeine Shampoo menawarkan dua efek sekaligus dua cara kerja. Yang pertama untuk membersihkan kadar keratin tidak sehat sekaligus ketombe dari kulit kepala. Kedua, sampo ini akan menutrisi rambut untuk mengaktivasi proses penumbuhan rambut.

Kondisi rambut/kulit kepalaKerontokan, berketombe
Tanpa kandungan silikon
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp155.000

2. Head & Shoulders Anti-Dandruff Shampoo Men – Sensasi Dingin

Usir ketombe, hadirkan sensasi dingin lebih lama

Anda mencari sampo untuk pria dengan efek akhir mendinginkan kulit kepala? Nampaknya tepat sekali menjajal produk besutan Head & Shoulders satu ini. Dibuat khusus bagi para cowok aktif, Anti-Dandruff Shampoo Men Sensasi Dingin menjadikan kulit kepala bersih dari minyak, ketombe, dan bebas rasa gatal. Selaras dengan nama produk, Anda akan menikmati sensasi dingin sehabis keramas.

Perbaikan ketombe hadir berkat formula ZPT (zinc pyrithione) yang telah diuji klinis berulang kali. Di samping memberikan sensasi kulit kepala dingin, sampo anti-dandruff untuk pria ini akan melindungi heali rambut serta melembapkannya sejak pemakaian pertama.

Kondisi rambut/kulit kepalaGatal, berketombe
Tanpa kandungan silikon
Ukuran165 mL
Kisaran hargaRp26.500

3. HG Men’s Grooming Hair Care Shampoo

Perawatan menyeluruh untuk rambut dan kulit kepala

Bila rambut Anda mudah rontok, boleh jadi hal tersebut dikarenakan hormon DHT yang menyerang folikel dan akar rambut. Hasilnya, helai rambut pun mudah rapuh dan rontok. Gunakanlah sampo berbotol hitam ini untuk mengatasi rambut rontok Anda. Tersusun atas komposisi bahan alami, kandungannya aman mengenai kulit kepala sensitif.

Sampo untuk pria dari HG satu ini bebas kandungan silikon sehingga kompetibel untuk rambut yang tipis. Di dalamnya tersimpan tambahan unsur lain untuk mengoptimalkan tumbuhnya rambut baru. Dengan demikian, area rambut rontok akan segera terganti oleh rambut baru yang lebih sehat.

Kondisi rambut/kulit kepalaKerontokan, tipis, berketombe, gatal, mengalami inflamasi
Tanpa kandungan silikon
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp102.700

4. Clear Men Cool Sport Menthol Shampoo

Aktif berolahraga membuat rambut berminyak dan berketombe? Ini solusinya!

Hemat pengeluaran Anda dengan memilih sampo persembahan Clear ini. Produknya mudah dibeli di minimarket dan supermarket, atau Anda bisa menikmati kepraktisan dengan memesannya secara online. Clear Men Cool Sport Menthol Shampoo dikhususkan untuk para pria dengan kulit kepala berminyak dan gatal.

Lapisan minyak bercampur kotoran di kulit kepala tak hanya menciptakan lingkungan tak sehat bagi rambut, tetapi turut menyebabkan kemunculan ketombe. Tiga aksi utama melawan ketombe menjadi keunggulan produk ini. Selain itu, ekstrak peppermint meninggalkan efek dingin menyegarkan setiap habis mencuci rambut.

Kondisi rambut/kulit kepalaBerminyak, gatal, berketombe
Tanpa kandungan silikon
Ukuran320 mL
Kisaran hargaRp49.500

5. Oh Man! Classic Shampoo

Cocok untuk Anda yang hobi memakai pomade

Oh Man! adalah brand yang mengutamakan produk berkomposisikan 100% ekstrak alami. Untuk sampo seri klasik ini, Oh Man! mencantumkan brassica oil extract, ginseng extract, almond oil, dan olive oil. Walau lebih banyak menggunakan bahan alami, sampo ini tetap unggul perihal membersihkan.

Alasannya, sampo ini dibekali fungsi untuk membersihkan sisa pomade tanpa merusak rambut. Wangi maskulin beraksen woody-nya menjadikan orang lain nyaman berlama-lama di dekat Anda. Apalagi, salah satu bahannya membantu perkuat rambut dari akarnya. “Say goodbye” pada rambut rontok!

Kondisi rambut/kulit kepalaMudah rontok, berminyak akibat pomade oil-based
Tanpa kandungan silikon
Ukuran320 mL
Kisaran hargaRp65.000

6. Romano Force Anti Dandruff Shampoo

Sensasi segar dan wangi uniknya terbukti tahan lama

Tidak ingin tertinggal dengan merek lain, Romano merilis sampo khusus pria dengan fungsi utama memberantas jamur penyebab kemunculan ketombe. Formula ZPT aktif menjadi komponen utama yang memerangi aktivitas jamur. Sensasi kulit kepala dingin juga hadir melalui icy menthol-nya, pas bagi Anda yang ingin membangkitkan mood sebelum berangkat maupun selepas kerja.

Selain menawarkan sensasi dingin, sampo ini mengombinasikan wewangian citrus dan woody yang menurut Romano setara dengan ¼ aroma dari parfum maskulin. Apabila Anda tertarik menjajal sampo dengan wangi unik, bersensasi dingin, dan ampuh menghilangkan ketombe, tentu Romano Force Anti Dandruff Shampoo layak masuk dalam jajaran top list!

Kondisi rambut/kulit kepalaBerketombe
Tanpa kandungan silikonTidak diketahui
Ukuran170 mL
Kisaran hargaRp24.500

7. Maro 3D Volume Up Shampoo EX

Hair volume booster hingga 1,5 kali lebih banyak

Belum menemukan sampo yang mampu mengubah penampilan rambut tipis Anda? Ini dia produk yang Anda butuhkan! Didesain berformula all-in-one, Maro 3D Volume Up Shampoo Ex menjamin peningkatan volume 1,5x lebih banyak dari ketebalan rambut sekarang.

Proteksi terhadap folikel rambut menjadi fokus aksi sampo ini. Berkat fitur tersebut, rambut tipis Anda perlahan bertambah tebal dan penuh. Penutrisian dari akar ikut membantu menguatkannya agar tidak mudah patah apalagi rontok. Menariknya lagi, Maro mendeskripsikan produknya efektif meningkatkan kesehatan kulit kepala sehingga menjadi lingkungan nyamin bagi helai rambut untuk tumbuh.

Kondisi rambut/kulit kepalaTipis (fine hair)
Tanpa kandungan silikon
Ukuran480 mL
Kisaran hargaRp191.000

8. MUK Head Muk Dandruff Control Shampoo

Rambut Anda yang diwarnai sedang berketombe? Coba pakai ini!

Rambut berketombe Anda bukan hanya terasa gatal, tetapi juga perih akibat kulit kepala yang iritasi akibat keseringan digaruk? Jangan asal memilih sampo, sebaiknya Anda percayakan solusinya terhadap MUK Head Muk Dandruff Control Shampoo.  Formulanya tak cuma aman untuk kulit kepala sensitif dan iritasi, tetapi Anda yang mewarnai rambut juga akan senang dengan klaim colour-safe-nya.

Untuk menenangkan kulit kepala iritasi, MUK menggabungkan bahan botani ekstrak sophora root dan cnidium monnieri yang telah dimanfaatkan ke dalam pengobatan tradisional Cina selama ribuan tahun. Meskipun fungsi utamanya untuk memberantas ketombe, sampo ini bisa juga dipakai untuk seluruh tipe rambut. Pancaran aroma lembut buah apel siap memanjakan Anda seusai keramas!

Kondisi rambut/kulit kepalaBerketombe, gatal, teriritasi
Tanpa kandungan silikonTidak diketahui
Ukuran300 mL
Kisaran hargaRp270.000

9. Kerastase Densifique Bain Densité Homme

Bantu kembalikan kepadatan rambut secara singkat

Jika Anda salah satu pria yang menderita rambut tipis, produk keluaran Kerastase ini membawa kabar menggembirakan. Kinerja biotin dan texturizing polymers saling dukung memadatkan serat-serat rambut. Setelah keramas, perubahan signifikan dari rambut yang tadinya tipis menjadi tebal secara instan Anda rasakan!

Selain mampu menambah volume rambut dengan cepat, daily shampoo ini juga memastikan kulit kepala Anda terasa ringan dan tentunya sehat. Tak mau kalah pamor dengan produk lain, Kerastase Densifique Bain Densite Homme juga meninggalkan sensasi segar menyenangkan.

Kondisi rambut/kulit kepalaTipis
Tanpa kandungan silikon
Ukuran250 mL
Kisaran hargaRp325.000

10. Bad Lab Fearless Soothing Anti-Dandruff Shampoo

Ketombe? Siapa takut!

Bad Lab Fearless Soothing Anti-Dandruff Shampoo mendukung kulit kepala mengusir ketombe yang merusak penampilan. Untuk melancarkan misi tersebut, dipatenkanlah Purifying FluidiPureTM 8G yang bertugas mengatasi permasalahan ketombe langsung dari pusatnya.

Komponen yang dipatenkan pada sampo untuk pria ini akan membersihkan rambut dari berbagai bentuk kotoran yang dibawa oleh udara bebas, lalu menenangkan iritasi kulit kepala kering atau berminyak sekaligus menghancurkan sel-sel mati di kulit kepala.

Kondisi rambut/kulit kepalaBerketombe, iritasi pada kulit kepala kering dan berminyak
Tanpa kandungan silikon
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp75.000

Lihat juga rekomendasi sampo untuk berbagai permasalahan rambut lainnya!

Permasalahan rambut yang cukup beragam menyebabkan produsen menyediakan sampo khusus berdasarkan kondisi rambut. Berikut kami sediakan sampo terbaik dengan fungsi yang berbeda-beda. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda bila tidak menemukan produk yang cocok di artikel ini. Selamat memilih!

10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Menghilangkan Ketombe
10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Rambut Berminyak
10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Rambut Kering
10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Rambut Rontok

Kesimpulan

Meski lebih tepat dikatakan sebagai upaya marketing, rasanya tidak rugi bila Anda menggunakan sampo untuk pria. Kondisi kulit kepala dan rambut yang berbeda-beda mengharuskan Anda selektif memilih produk. Maka itu, periksalah komposisi dan manfaat utama di antara masing-masing produk.

Kami rekomendasikan Anda memilih sampo yang memberikan efek menyegarkan karena terbukti baik menjaga mood sehabis keramas. Berdasarkan sepuluh sampo untuk pria terbaik di atas, apakah Anda telah memutuskan untuk membeli yang mana? Jangan sampai salah pilih, ya!

(Visited 971 times, 17 visits today)