Written by 05:36 Alat Tulis

10 Rekomendasi Penghapus Terbaik untuk Pensil dan Pulpen

Sakura Foam Eraser W 100 Penghapus Pensil

Penghapus adalah salah satu jenis alat tulis yang penting keberadaannya. Pada tahun 1770, penghapus karet pertama diciptakan dengan kemampuan menghapus tanda arang pensil pada kertas. Dewasa kini, penghapus juga mempunyai ragam jenis, terutama dari segi bahan hingga kemampuannya untuk menghapus pulpen atau bahkan pensil warna (drawing pen) dan krayon (crayon).

Bagi Anda yang terbiasa menulis atau hobi menggambar, menyimpan setidaknya sebuah penghapus terbaik di tempat pensil tergolong suatu kewajiban. Dari sekian banyak pilihan, tahukah Anda seperti apa jenis penghapus yang bagus dan cocok dengan kebutuhan? Sebelum melihat daftar merek penghapus terbaik, sebaiknya Anda tengok terlebih dahulu penjelasan kami mengenai cara memilih penghapus di bawah ini. Happy reading!

Cara Memilih Penghapus yang Bagus

Saat berkunjung ke toko alat tulis atau mencari penghapus secara online, Anda bakal menemui beragam jenis penghapus. Bermacam-macam bahan dasar penyusun penghapus mempunyai kegunaannya masing-masing. Oleh karena itu, penghapus untuk menggambar tentu berbeda dengan penghapus untuk pulpen. Selengkapnya akan kami bahas di section ini!

Pilihlah Penghapus berdasarkan Jenis dan Kegunaannya

Karakteristik umum dari penghapus yang selama ini diketahui adalah kenyal karena terbuat dari karet. Beberapa mungkin tidak asing dengan penghapus bertekstur kasar dan meninggalkan serpihan kecil. Supaya Anda berhasil mendapatkan penghapus yang tepat, sebaiknya pilih produk berdasarkan kegunaannya. Berikut jenis-jenis penghapus berdasarkan bahan dasar pembuatannya.

Penghapus Karet: Lebih Kecil Risiko Terjadinya Kerusakan Kertas

Penghapus Karet

Penghapus karet merupakan jenis penghapus generasi pertama yang bertekstur kenyal. Ditemukan oleh Edward Naime pada tahun 1770, penghapus karet termasuk salah satu jenis penghapus yang paling laris di pasaran. Penghapus karet atau art gum eraser terbuat dari bahan karet yang lebih lembut dibandingkan penghapus rubber.

Kelebihan dari penghapus karet adalah tidak merusak kertas meskipun Anda menghapus tulisan pensil dengan tekanan agresif. Di samping itu, penghapus karet juga nyaman digunakan. Terdapat banyak pilihan warna penghapus jenis ini, seperti merah muda, cokelat, putih, hitam, dan warna transparan pun tersedia. Sementara itu, penghapus karet juga memiliki kelemahan yaitu lebih cepat habis.

Penghapus Pasir: Andalan untuk Menghapus Tinta Pulpen

Penghapus Pasir

Memang, dahulu penghapus hanya mampu menghapus tinta arang atau grafit pada pensil. Namun, perkembangan teknologi dan melalui serangkaian penelitian berhasil ditemukan penghapus yang mampu menghapus tinta pulpen. Terbuat dari material berpartikel lebih kasar dibandingkan penghapus karet, penghapus pasir sangat andal dalam menghilangkan tinta pulpen.

Anda yang terbiasa menulis dengan pulpen perlu menyediakan penghapus pasir setidaknya satu buah di tempat pensil. Penghapus pasir juga banyak dimiliki oleh para seniman. Kemampuan penghapus karet untuk menghapus gambar menjadi poin plus yang disenangi apra ilustrator dan designer.

Penghapus Uli (Kneaded): Tidak Merusak Permukaan Kertas

Penghapus Uli Kneaded

Penghapus uli atau kneaded eraser adalah penghapus yang bersifat fleksibel. Pemakaiannya berbeda dengan penghapus lain, yakni ditempelkan pada permukaan media untuk mengangkat partikel grafit. Sesuai namanya, jenis penghapus yang berarti menguli, mengadon, meremas, dan melenyeh ini mempunyai tekstur lembut dan lembek ketika diremas. Bentuknya pun dapat diubah-ubah sesuai keinginan karena fleksibilitasnya yang tinggi.

Penghapus uli juga dapat diandalkan untuk mengangkat partikel grafit atau tinta arang pensil. Kelebihan lainnya, kneaded eraser juga optimal dan akurat dalam menghapus objek gambar di area tertentu. Penghapus uli tidak akan meninggalkan sisa penghapus, sehingga Anda yang hobi menggambar tetap bisa melanjutkan project tanpa harus membersihkan sisa serpihan penghapus.

Penghapus Plastik (Vinyl): Mampu Menghapus Gambar pada Kertas hingga Bersih

Penghapus Vinyl

Vinyl adalah sejenis bahan plastik atau tepatnya serat sintetis yang tahan api serta tidak mudah terbakar. Mekanisme kerja penghapus vinyl sama seperti penghapus karet, yaitu digerus. Tekanan saat menghapus perlu Anda atur meskipun penghapus jenis ini tidak mudah merusak kertas dan nyaman digunakan.

Harga jual penghapus vinyl lebih mahal dibandingkan penghapus jenis lain. Meski pertama kali dan paling banyak hadir dengan warna putih, akhir-akhir ini penghapus vinyl sudah memiliki warna yang lebih beraneka ragam. Satu lagi yang perlu diingat, penghapus vinyl memang bertekstur lembut sehingga nyaman dipakai, namun jenis penghapus ini lebih mudah terlihat kotor jika disentuh.

Pilihlah Penghapus yang Mudah Digunakan dan Disimpan

Pilihlah Penghapus yang Mudah Digunakan dan Disimpan

Supaya kertas tidak lecek, rusak, atau bahkan sobek, pastikan Anda membeli penghapus dengan performa yang unggul. Daya hapus dari setiap produk tentu berbeda, karena itu utamakan penghapus yang dapat menghapus secara efisien tanpa harus memberi tekanan berlebihan. Anda juga lebih terbantu karena penghapus yang bagus sudah pasti membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

Hal lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah soal ukuran. Inovasi produk penghapus telah berlangsung lama, sehingga kita bisa dengan mudah menemukan penghapus dalam berbagai pilihan jenis, warna, hingga bentuk. Jika Anda lebih mengutamakan kualitas dan kenyamanan, kami sarankan agar tidak berfokus pada desainnya, tetapi periksa juga ukuran penghapus agar muat ketika dimasukkan dan disimpan di kotak pensil Anda.

Utamakan Penghapus yang Tidak Mudah Patah dan Sedikit Menghasilkan Serpihan

Utamakan Penghapus yang Tidak Mudah Patah dan Sedikit Menghasilkan Serpihan

Penghapus yang terlalu panjang lebih berisiko mudah patah. Meski demikian, beberapa brand menggunakan material bermutu tinggi untuk menjaga kekuatan penghapus agar tidak mudah patah atau terbelah dua. Sebagai alternatif, carilah penghapus berbahan keras namun lentur dan tidak mudah dipatahkan. Cek dengan teliti, ya!

Kemudian, pastikan agar penghapus yang Anda pilih bukan hanya berperforma baik, namun juga tidak meninggalkan banyak serpihak kecil pada permukaan kertas. Sebenarnya wajar apabila penghapus mengeluarkan serpihan. Namun, beberapa produk justru mengeluarkan serpihan kotor yang bisa berdampak pada kertas Anda. Oleh karena itu, prioritaskan penghapus yang minim serpihan, agar Anda nyaman memakainya dan juga membuat umur penghapus tahan lama.

10 Rekomendasi Penghapus Terbaik untuk Ujian dan Menggambar

Setelah mengetahui cara memilih penghapus yang bagus dengan melihat jenis, bahan dasar, serta aspek-aspek lain, kini saatnya menentukan manakah penghapus terbaik yang paling cocok untuk Anda. Kami sudah rangkum kesepuluh merek penghapus dalam list di bawah ini. Selamat memilih!

1. Staedtler Rasoplast 526-B20 Penghapus Pensil

Staedtler Rasoplast 526 B20 Penghapus Pensil

Kisaran harga: Rp20.000

Penghapus minim crumbling serta bebas lateks dan phthalate. Aman untuk anak-anak!

Staedtler memproduksi penghapus pensil dengan kualitas terbaik. Dihadirkan dengan mengombinasikan kenyamanan dan performa, penghapus ini wajib ada di kotak pensil Anda. Gunakan penghapus ini untuk membersihkan goresan pensil hingga bersih tanpa merusak kertas.

Selain membantu bersihkan tinta arang pensil secara optimal, Staedtler Rasoplast 526-B20 juga tidak menghasilkan crumbling atau serpihan berlebihan. Pelindung berbahan plastik yang kuat dan mudah disobek menjadikan pemakaian semakin praktis. Apalagi, penghapus pensil dari Jerman ini bebas phthalate dan lateks, keamanan menjadi aspek lebih yang ditawarkan!

2. Joyko EB-30 Penghapus Pensil

Joyko EB 30 Penghapus Pensil

Kisaran harga: Rp1.400

Murah dan tahan lama hingga bertahun-tahun!

Joyko EB-30 diklaim mampu bertahan hingga bertahun-tahun. Apabila Anda membutuhkan penghapus yang awet dan murah, jangan lewatkan produk ini. Joyko mendesain penghapus ini dengan bentuk persegi panjang menyerupai balok dan dibungkus kertas karton tebal yang mudah disobek untuk menyesuaikan ketika penghapus sudah pendek.

Terdapat dua varian warna penghapus pensil Joyko EB-30, yakni hitam dengan black cover dan putih dengan blue cover. Anda aktif menulis dan tidak ingin membuat kertas rusak ketika terjadi kesalahan? Penghapus pensil berbahan karet yang lentur merek Joyko ini akan membersihkan kesalahan hingga tuntas dan rapi!

3. Deli Eraser 3041 Penghapus Pensil

Deli Eraser 3041 Penghapus Pensil

Kisaran harga: Rp2.500

Bebas serpihan dan mampu membersihkan hingga tuntas

Saat melaksanakan ujian, setiap pelajar umumnya memakai pensil berjenis 2B karena mampu menggoreskan warna kereng. Tetapi, saat terjadi kesalahan, menghapus pensil 2B tentu cukup merepotkan. Kabar baiknya, penghapus pensil dari Deli satu ini mampu membersihkan kesalahan pensil 2B sampai bersih dan total.

Terbuat dari material Eco-PVC, penghapus pensil berwarna putih ini menawarkan kinerja yang baik. Menariknya lagi, Deli E-3041 bukan sebatas menghapus hingga bersih, tetapi juga bebas serpihak! Belum lagi dimensi penghapus bertekstur lembut yang hanya 4 cm x 2 cm x 2 cm ini kecil dan tidak memakan banyak tempat di pencil case, siapa yang tidak tertarik?

4. Pilot EE-101 Penghapus Pensil

Pilot EE 101 Penghapus Pensil

Kisaran harga: Rp3.880

Terbuat dari komponen ramah lingkungan yang aman bagi anak-anak

Brand Pilot telah lama dikenal sebagai produsen alat tulis di beberapa negara, termasuk Indonesia. Salah satu penghapus pensil dari Pilot ini dapat menjadi alternatif untuk Anda. Aktivitas menghapus semakin nyaman berkat desainnya yang ergonomic.

Di samping aspek kenyamanan, Pilot EE-101 juga mampu menghapus dengan bersih tanpa meninggalkan butiran-butiran kotor yang menambah pekerjaan. Permukaan bersih dari serpihak, OHP film, dan sebagainya untuk menjaga kertas tetap jernih. Terbuat dari material premium yang ramah lingkungan, penghapus ini cocok dan aman untuk anak-anak.

5. Pelikan BR 80 Penghapus Pensil dan Pulpen

Pelikan BR 80 Penghapus Pensil dan Pulpen

Kisaran harga: Rp57.800

Pilihlah penghapus ini apabila Anda aktif memakai pensil dan pulpen

Penghapus dari Pelikan satu ini bisa menjadi pilihan utama untuk Anda yang malas menyiapkan dua jenis penghapus untuk membersihkan arang pensil atau menghapus tinta pulpen. Benar sekali, Pelikan BR 80 adalah penghapus yang dirancang agar mampu menghilangkan drawing ink, ball pen, lead pencils, dan typescript.

Penghapus rubber persembahan Pelikan ini tersusunndari dua sisi. Sisi satu atau sektiar 2/3-nya berfungsi sebagai penghapus pensil dan sisi lainnya yang berukuran 1/3 dari total ukuran penghapus berguna sebagai penghapus tinta bolpoin, ink, drawing ink, dan typescript. Serbaguna!

6. Boxy EP-60 BX Penghapus Pensil

Boxy EP 60 BX Penghapus Pensil

Kisaran harga: Rp9.750

Suka menulis, menggambar, dan membuat sketsa? Selalu sediakan penghapus ini di pencil case Anda!

Boxy EP-60 BX adalah salah satu merek penghapus yang cukup laris di Indonesia. Mendapatkannya pun tidak sulit, selain di toko perlengkapan alat tulis dan toko buku, Anda juga bisa membeli penghapus pensil Boxy di tukang fotocopy dengan harga terjangkau.

Desainnya sama seperti beberapa merek penghapus, yaitu memanjang seperti balok dengan cover plastik kuat. Berdimensi 1,2 cm x 1,2 cm x 5,7 cm, penghapus berwarna hitam ini berkinerja lebih baik dalam membersihkan tinta graphite, charcoal, dan pastel dibandingkan penghapus berwarna putih. Walau bentuknya panjang, penghapus ini tersusun dari bahan yang kuat dan tidak mudah patah!

7. Faber Castell 7294 Penghapus Pensil Dust Free

Faber Castell 7294 Penghapus Pensil Dust Free

Kisaran harga: Rp2.579

Bahan karet lembut yang tidak merusak kertas

Tersedia dua pilihan warna, yakni putih dan hitam, Faber Castell 7294 bebas Anda pilih berdasarkan kesukaan. Yang paling penting bukanlah warnanya, tetapi kualitas yang ditawarkan oleh penghapus pensil ini. Bagaimana tidak, selain menjamin hasil penghapusan yang optimal, Faber Castell juga memastikan produk ini tidak meninggalkan debu atau residu pada kertas.

Efek shady yang biasa muncul akibat pemakaian penghapus yang buruk takkan Anda alami apabila mengandalkan penghapus ini. Di samping itu, Faber Castell 7294 juga dipasarkan dengan harga murah. Tersusun dari komponen karet yang lembut, penghapus yang berukuran kecil ini tidak akan merusak kertas Anda. Cocok juga untuk Anda yang hobi menggambar!

8. Sakura Foam Eraser W 100 Penghapus Pensil

Sakura Foam Eraser W 100 Penghapus Pensil

Kisaran harga: Rp10.000

Cukup menekan dengan ringan, foam lembutnya akan menghapus tanpa menyisakan noda

Penghapus terbaik dari Sakura ini kami sarankan untuk Anda yang mengharapkan hasil penghapusan tanpa meninggalkan noda pensil ataupun serpihan. Sakura Foam Eraser W 100 adalah penghapus berbahan foam lembut yang elastis dan bekerja secara efisien di segala tinta grafit pada permukaan kertas.

Sakura Foam menjamin produk besutannya ini mampu mempertahankan warna putih kertas. Anda tidak perlu risau soal bekas pensil yang masih tersisa di permukaan kertas Anda. Apalagi, penghapus asal Jepang ini hanya berdimensi 1,1 cm x 5,9 cm x 2,4 cm, mungil, mudah digunakan, dan tidak mengambil space banyak saat disimpan!

9. LYRA Kneadable Eraser

LYRA Kneadable Eraser

Kisaran harga: Rp15.000

Dilengkapi kotak mungil untuk menjaga kualitas penghapus saat tidak digunakan

Jika Anda mencari penghapus untuk keperluan seni, semisal memberi butiran air atau mengangkat bagian tertentu pada proyek seni Anda, penghapus uli dari LYRA ini patut diandalkan. Siapa pun yang ingin membersihkan partikel grafit, charcoal, chalk (kapur), dan pastel juga bisa mempercayai LYRA Kneadable Eraser.

Penghapus import LYRA diklaim mampu menghapus tanpa meninggalkan sisa serpihan. Di samping itu, penghapus yang dikemas dalam kotak kecil transparan ini juga lebih tahan lama dibandingkan jenis penghapus lain. Anda dapat menyimpan penghapus ini di pencil box tanpa takut menempel ke alat tulis lain. Hanya berukuran 3 cm x 3 cm x 1 cm, penghapus berstandar Jerman ini tidak memakan banyak tempat ketika disimpan.

10. Tombow Mono Zero Eraser 2,3 Circle

Tombow Mono Zero Eraser 23 Circle

Kisaran harga: Rp47.500

Penghapus andalan para arsitek, kartunis, dan desainer!

Tombow Mono Zero Eraser 2,3 Circle merupakan penghapus berbentuk pensil yang unik. Cara kerja penghapus ini tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyapukan ujung penghapus berdiameter 2,3 mm ke area yang diinginkan. Dengan kata lain, penghapus yang sempat memenangkan World Thinnest Eraser – Award Winning design ini dapat menghapus dengan sangat akurat dan bersih.

Penghapus cetusan Tombow sangat cocok untuk Anda yang berprofesi sebagai desainer, arsitek, kartunis, dan lain sebagainya. Bentuknya yang menyerupai pensil menjadikan penghapus ini sangat praktis dan mudah dibawa. Dalam satu paket pembelian, Anda akan memperoleh penghapus sepanjang 12 cm dan diameter selebar 8 mm lengkap dengan 1 buah isi penghapus yang sudah terpasang.

Kesimpulan

Dari sekian banyak macam jenis alat tulis, penghapus adalah salah satu benda yang tidak boleh absen. Bagi pelajar sekolah, mahasiswa perguruan tinggi, hingga pekerja kantoran tentu memerlukan penghapus dalam kesehariannya. Walau manfaat utama dari penghapus adalah untuk menghilangkan goresan tinta pensil dan pulpen, di tangan seniman penghapus juga mempunyai fungsi lain.

Para seniman profesional memanfaatkan penghapus untuk penerapan teknik khusus, misalnya memberi efek smudge dengan menggores penghapus secara lembut. Penghapus jenis kneaded juga tak jarang dimanfaatkan sebagai pemberi efek butiran air dan ditempelkan langsung ke bagian yang sudah diwarnai. Jadi, manakah penghapus terbaik menurut Anda?

(Visited 4.971 times, 26 visits today)