Buku & Alat Tulis

10 Rekomendasi Pulpen Terbaik

Pulpen adalah alat tulis serbaguna yang tidak hanya digunakan untuk mencatat, tetapi juga membuat berbagai karya seni. Memilih pulpen yang baik tentu akan membuat pekerjaan yang sedang Anda lakukan memberi hasil yang memuaskan.

Berbagai produk pulpen ternama seperti Joyko, Faber-Castell, dan Snowman hadir sebagai pilihan. Dari banyaknya pilihan, manakah pulpen yang sesuai kebutuhan Anda? Di sini, kami akan jabarkan poin yang mesti Anda perhatikan saat memilih pulpen sekaligus merekomendasikannya!

Cara Memilih Pulpen

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih pulpen, mulai dari memahami kebutuhan Anda sendiri sampai dengan mengetahui berbagai jenis pulpen.

Ketahui Jenis Pulpen yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Dilihat dari jenis tinta, terdapat dua jenis pulpen, yakni bolpoin dan pulpen tinta gel. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, pahami terlebih dahulu spesifikasi dari kedua produk itu agar Anda tahu mana yang terbaik bagi Anda.

Bolpoin: Menulis Lebih Smooth, Cocok untuk Penggunaan Sehari-hari

Bolpoin adalah jenis pulpen yang paling mudah ditemukan di pasaran. Ia merupakan alat tulis dengan bola kecil pada bagian ujung yang berguna untuk mengontrol tinta. Tinta yang dipakai pada bolpoin biasanya berbahan dasar minyak.

Kelebihan dari bolpoin adalah tintanya cepat mengering dan hasilnya merata. Namun, tinta tersebut bisa menumpuk di bagian ball pena, menyebabkan adanya gumpalan tinta yang membuat tulisan menjadi tidak rapi.

Pulpen Tinta Gel: Menghasilkan Warna yang Lebih Mencolok, Cocok untuk Kebutuhan Kreatif

blank

Pulpen jenis ini memiliki tinta gel yang lebih cair daripada pulpen tinta minyak. Sayangnya, tintanya tidak mudah mengering sehingga jika Anda menulis di atas tipe-x dengan pulpen ini, tintanya mudah luntur. Anda juga harus sedikit sabar menunggu tinta untuk kering sebelum menutup buku atau menimpa kertas dengan benda lain.

Hadir dengan variasi warna yang lebih banyak, pulpen tinta gel lebih sering dipakai untuk proses kreatif seperti membuat kartu ucapan, membuat seni huruf, atau mencatat di buku diary.

Rollerball: Penggunaannya Tak Perlu Ditekan Kuat, Nyaman untuk Menulis Tulisan Panjang

blank

Tinta pada rollerball lebih ringan dan cair daripada gel pen. Menulis dengan rollerball terasa lebih ringan dan menyenangkan. Itulah alasan mengapa banyak anak muda yang menyukai pulpen ini. Warna yang tersedia di pasaran pun variatif.

Sayangnya, karena tinta terlalu cair, ia pun mudah menembus ke bagian belakang kertas. Anda harus berhati-hati pada saat menggunakan pulpen ini. Pastikan Anda tidak menggunakan tekanan yang terlalu keras saat menulis.

Fountain Pen: Pulpen Kualitas Premium yang Cocok untuk Menandatangani Dokumen Penting

blank

Dikenal sebagai pena, fountain pen memiliki bentuk yang eksklusif dan berkelas. Benda ini identik dengan mata pena yang ujungnya tajam. Di bagian dalam pena, terdapat tempat khusus yang digunakan untuk menyimpan tinta. Pengisian ulang tinta dilakukan dengan menggunakan pipet khusus.

Pena cocok dipakai untuk membuat tulisan yang artistik atau untuk tanda tangan kontrak, tanda tangan pada pertemuan resi perusahaan dan kenegaraan, dsb. Biasanya, harganya juga lebih mahal jika dibandingkan dengan pulpen pada umumnya. Apalagi, jika pena tersebut terbuat dari bahan-bahan premium seperti titanium, perak, atau emas.

Pilih Pulpen dengan Mekanisme Penggunaan yang Paling Nyaman untuk Anda

blank

Pada dasarnya, ada tiga jenis mekanisme penggunaan pulpen berdasarkan modelnya, yakni buka tutup, retractable, dan putar.

Pulpen Buka Tutup

Model pulpen ini paling banyak dijual di berbagai warung dan toko buku. Harganya pun sangat terjangkau. Sayangnya, pulpen ini tidak cocok untuk Anda yang ceroboh dan pelupa. Tutup pulpen rentan hilang sehingga pulpen tak terlindungi lagi, mudah menyisakan noda di berbagai tempat.

Pulpen Retractable

Mata pulpen jenis ini dapat dimasukkan dan dikeluarkan dengan menekan klip. Pulpen ini dilengkapi dengan pegas pada bagian dalam. Dibandingkan model buka tutup, pulpen retractable lebih praktis.

Namun, jika pegasnya hilang, pulpen ini tidak akan dapat dipakai. Selain itu, sulit untuk mengganti isi pulpen karena dapat merusak struktur di dalamnya. Apalagi, jika pulpen retractable yang Anda beli terdiri atas beberapa warna sekaligus, tentu akan sangat sulit untuk mengisinya dengan tabung-tabung tinta yang baru.

Pulpen Putar

Konsep pulpen ini hampir sama dengan pulpen retractable. Hanya saja, untuk memasukkan dan mengeluarkan mata pulpen, Anda perlu memutar bagian dari pulpen tersebut.

Pulpen jenis ini cukup praktis. Namun, bobotnya cukup berat jika dibandingkan pulpen lain karena materialnya dari metal.

Bila Perlu, Anda Bisa Memilih Pulpen yang Dilengkapi Fungsi Lain

blank

Masih ada banyak pilihan pulpen yang lebih menarik di pasaran, misalnya pulpen dengan flashdisk, pulpen dengan stylus, atau pulpen dengan laser pointer.

Pulpen dengan flashdisk dapat sekaligus digunakan untuk menyimpan data. Sementara itu, pulpen stylus bisa dipakai untuk mengoperasikan ponsel, tablet, atau untuk menggambar di layar. Pulpen laser pointer sendiri bisa membantu Anda pada saat melakukan presentasi.

Pulpen dengan tambahan fungsi lain ini akan sangat cocok untuk melengkapi kebutuhan para pekerja kantoran yang sibuk atau mahasiswa dengan kuliah yang padat.

10 Rekomendasi Pulpen Terbaik

Sudah tahu tipe pulpen seperti apa yang Anda inginkan? Jika Anda masih ragu atau bingung membeli pulpen tertentu, cobalah memilih berdasarkan rekomendasi pulpen dari kami berikut ini.

1. Standard® Pen AE7 Alfa Tip

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pulpen nyaman dengan harga terjangkau

  • Tinta berkualitas baik yang tidak cepat kering.
  • Nyaman digenggam.
  • Harga ramah kantong.
  • Cocok untuk aktivitas tulis menulis yang intens.
  • Terkadang tinta suka menggumpal.
  • Risiko kehilangan tutup.

Dengan tip point 0,05, Standard® Pen AE7 Alfa Tip adalah pilihan terbaik untuk keperluan sekolah, kuliah, dan pekerjaan. Pulpen ini nyaman untuk digunakan, tintanya mudah kering, dan harganya juga terjangkau.

Setiap kemasan berisi 12 buah pulpen. Anda dapat memilih warna hitam, merah, dan biru. Walaupun fiturnya standar dan bentuknya tidak istimewa, tetapi pulpen ini enak untuk digenggam serta kualitas tintanya baik. Pulpen ini sangat cocok dibeli dengan sistem grosir.

Jenis Bolpoin
Mekanisme Buka-tutup
Ketebalan 0,5 mm
Fungsi lain Tidak ada
Isi 1 boks isi 12 pcs
Kisaran harga Rp22.800
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Joyko® GP-265 Q Gel

blank

Sumber: Joyko.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Retractable pen dengan kemasan menarik

  • Warna tinta jelas dan cerah.
  • Harga terjangkau.
  • Tidak licin saat digenggam berkat tambahan karet.
  • Tidak ada risiko kehilangan tutup.
  • Bisa disangkutkan ke saku.
  • Banyak pilihan warna.
  • Risiko fungsi retractable rusak.

Pulpen retractable ini dikemas dengan bentuk dan warna yang eye-catchy, sehingga sangat menyenangkan untuk dipandang. Ia mengusung bullet tip 0,5 mm dan tinta gel yang tidak hanya cocok untuk dipakai saat membuat tugas, tetapi juga untuk membuat berbagai kesenian.

Pulpen Joyko® GP-265 Q Gel tersedia dalam warna merah, hitam, dan juga biru. Warna-warna yang dihasilkan begitu cerah, jelas, dan menarik. Harganya yang terjangkau membuatnya menjadi pulpen favorit anak sekolahan.

Jenis Pulpen tinta gel
Mekanisme Retractable
Ketebalan 0,5 mm
Fungsi lain Tidak ada
Isi 1 pc
Kisaran harga Rp2.200
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Deli Rollerball Pen S657

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Blibli

Pulpen yang cocok untuk kesenian lettering

  • Tinta tipis, cocok untuk penghobi lettering.
  • Tampilan bodi yang mewah.
  • Harganya murah.
  • Tersedia dalam beberapa pilihan warna.
  • Masih menggunakan sistem buka tutup.

Deli Rollerball Pen S657 memiliki ujung runcing yang membuat pulpen ini sangat cocok untuk membuat kesenian lettering. Ketebalan tinta pena gel ini adalah 0,5 mm dan tinta tersedia dalam warna biru, hitam, dan merah.

Sayangnya, mekanisme buka tutup ini akan sangat menyulitkan apabila tutupnya hilang. Bukan hanya tinta pulpen ini akan merembes ke mana-mana dan mengotori permukaan baju atau tas, tetapi tanpa tutup, tintanya juga akan cepat kering dan habis.

Jenis Rollerball
Mekanisme Buka-tutup
Ketebalan 0,5 mm
Fungsi lain Tidak ada
Isi 1 pc
Kisaran harga Rp4.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Bukalapak Cek harga & diskon di Blibli

4. Faber-Castell Neo Slim Fountain Pen – Black Matt Chrome

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

Dilengkapi dengan stylus untuk kebutuhan modern

  • Tambahan fungsi stylus.
  • Bodi berbahan awet yang tampak elegan.
  • Bisa diisi ulang (refill).
  • Harga cenderung mahal.

Pena ini memang memiliki harga yang lebih mahal daripada pena lain di kelasnya. Namun, harga itu sangat layak karena pena ini dapat juga berfungsi sebagai stylus! Ia menjawab kebutuhan masyarakat zaman sekarang yang tidak hanya bekerja di atas kertas, tetapi juga di atas gawai seperti ponsel atau tablet.

Body pena ini terbuat dari stainless steel dan matt finishing yang membuatnya menjadi terlihat eksklusif. Ditambah lagi, Faber-Castell juga menyediakan isi ulang tinta yang memiliki kapasitas besar sehingga cukup hemat.

Jenis Fountain pen
Mekanisme Buka-tutup
Ketebalan Medium
Fungsi lain Stylus untuk ponsel/tablet
Isi 1 pcs
Kisaran harga Rp540.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

5. Deli Pena Meja E6793

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kuat merekat ke berbagai permukaan

  • Kolaborasi komponen penyusun dari Jerman dan Swiss.
  • Ekspresi senyum lucu, cocok ditaruh di meja resepsionis.
  • Tidak mudah hilang karena dilengkapi tali per pengikat.
  • Kurang praktis karena terpasang di meja.

Jika Anda mencari pena untuk dilekatkan pada meja, Deli memberikan alternatif yang menarik melalui seri Deli Pena Meja E6793. Tinta pena meja ini diimpor dari Jerman dan tip-nya dibuat di Swiss.

Perekat dari pena meja berkonsep smiley ini sangat kuat menempel di berbagai permukaan sehingga sangat direkomendasikan untuk penggunaan di kantor, bank, atau instansi lainnya.

Jenis Pulpen tinta gel
Mekanisme Stand pen buka-tutup
Ketebalan 0,5 mm
Fungsi lain Dapat ditempelkan di meja
Isi 1 pc
Kisaran harga Rp51.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Snowman Ballpoint Pen V5

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dengan tinta semi gel yang berkualitas tinggi

  • Desain elegan, cocok untuk kawula dan eksekutif muda.
  • Nyaman digenggam tanpa khawatir licin.
  • Tinta tidak mudah luntur.
  • Tidak ada risiko kehilangan tutup.
  • Ukurannya cukup panjang, mungkin hanya muat di case yang besar.

Snowman Ballpoint Pen V5 memiliki penampilan yang kokoh. Dengan panjang 15 cm, pena ini sangat mudah dibawah ke mana-mana dan nyaman dipakai untuk menulis. Setiap kemasan berisi 12 pena berwarna hitam dengan tinta minyak yang mudah kering sehingga tidak berceceran ke mana-mana.

Jenis Bolpoin semi gel
Mekanisme Retractable
Ketebalan 0,7 mm
Fungsi lain Tidak ada
Isi 12 pcs
Kisaran harga Rp49.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Joyko® Pointer LP-100

blank

Sumber: Joyko.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Lengkap dengan stick pointer dan extra battery

  • Multifungsi, sebagai pulpen, dilengkapi juga dengan pointer/laser dan LED light.
  • Pada area genggaman dilapisi karet.
  • Model yang keren, cocok untuk pekerja kantoran.
  • Termasuk murah dengan ragam fungsi yang ditawarkan.
  • Mungkin terasa agak berat bagi sebagian orang.

Apakah Anda sering melakukan rapat? Salah satu produk unggulan dari Joyko ini akan sangat membantu pekerjaan Anda karena dilengkapi stick pointer sepanjang 45,2 cm dan wave length 650 nm ± 10. Jarak laser di malam hari adalah 80 meter. Sementara itu, jaraknya untuk malam hari mencapai 1500 M.

Dalam setiap kemasannya, produk laser pointer 4 in 1 ini dilengkapi dengan tiga baterai ekstra, sehingga Anda tak perlu repot membeli baterai baru saat dayanya habis. Pembelian pulpen ini dilengkapi dengan kemasan dan harganya tergolong murah untuk pulpen yang memiliki lebih dari satu fungsi.

Jenis Bolpoin
Mekanisme Buka-tutup
Ketebalan Tidak disebutkan
Fungsi lain Laser pointer, LED light, stick pointer
Isi 1 pc
Kisaran harga Rp27.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Lamy Tipo 339

blank

Sumber: Lamy.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Memberikan hasil tulisan yang mewah dengan tinta turmaline

  • Warna tinta unik, memberi hasil seperti fountain pen.
  • Praktis digunakan.
  • Desain sleek, cocok untuk pengguna berjiwa modern.
  • Harganya terbilang mahal bagi sejumlah orang.

Lamy Tipo 339 adalah pulpen made in German bertipe retractable yang memberikan warna tinta turmaline (hijau kebiruan). Mengoperasikan pulpen yang satu ini begitu mudah karena Anda hanya perlu memencet gagangnya untuk memasukkan dan mengeluarkan tip pulpen.

Hasil tulisan dari pulpen ini cantik seperti tulisan dari fountain pen. Namun, karena konsepnya adalah retractable pen, ia lebih praktis dan mudah digunakan seperti pulpen biasa.

Jenis Rollerball
Mekanisme Retractable
Ketebalan Tidak disebutkan
Fungsi lain Tidak ada
Isi 1 pc
Kisaran harga Rp180.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Faber-Castell Mini Vernate – Black Barrel

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Harganya terjangkau, sudah termasuk fitur stylus lembut!

  • Bisa untuk penggunaan konvensional di kertas maupun modern di gawai (stylus).
  • Ujung stylus didesain tidak merusak perangkat.
  • Tinta bisa di-refill.
  • Murah untuk fitur dan bahan yang berkualitas.
  • Bodinya tampak monoton.

Pulpen refillable ini juga dilengkapi dengan stylus sehingga dapat digunakan untuk mengoperasikan berbagai jenis gawai. Karet stylus-nya sangat lembut sehingga nyaman untuk dioperasikan dan juga tidak akan merusak permukaan gawai.

Bodi pena terbuat dari metal, membuatnya terlihat kokoh dan tidak nampak murahan. Tersedia dalam lima pilihan warna, Vernate Stylus Pen 3 in 1 ini cocok untuk Anda dengan kesibukan padat dan membutuhkan berbagai peranti yang mampu multitasking.

Jenis Tidak disebutkan
Mekanisme Twist
Ketebalan 0,7 mm
Fungsi lain Stylus untuk ponsel/tablet
Isi 1 pc
Kisaran harga Rp34.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

10. Kenko® BP-418

blank

Sumber: Kenko.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pulpen 4-in-1 yang cocok untuk berbagai keperluan

  • Satu pulpen dengan 4 warna tinta.
  • Banyak digunakan guru maupun pelajar.
  • Karet grip yang nyaman digenggam.
  • Harga terjangkau, cocok untuk pengguna yang ingin berhemat.
  • Kemungkinan tip rusak akibat sering berganti warna tinta lebih besar.

Suka membuat catatan atau kesenian dari pulpen? Anda akan sangat menyukai produk ini. Kenko® BP-418 terdiri dari beberapa warna yang bisa dipakai secara bergantian, sehingga Anda tidak perlu membeli banyak pulpen untuk mendapatkan berbagai macam warna.

Bolpoin retractable ini juga hadir dengan bentuk yang nyaman untuk digenggam. Harganya yang murah juga menjadi mungkin untuk dijangkau seluruh kalangan.

Jenis Bolpoin
Mekanisme Retractable
Ketebalan 0,5 mm
Fungsi lain Tersedia 4 warna dalam 1 pulpen
Isi 1 pc
Kisaran harga Rp5.800
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Pulpen

Produk Standard® Pen AE7 Alfatip Joyko® GP-265 Q Gel Deli Rollerball Pen S657 Faber-Castell Neo Slim Fountain Pen – Black   Matt Chrome Deli Pena Meja E6793 Snowman Ballpoint Pen V5 Joyko® Pointer LP-100 Lamy Tipo 339 Faber-Castell Mini Vernate – Black Barrel Kenko® BP-418
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis Bolpoin Pulpen tinta gel Rollerball Fountain pen Pulpen tinta gel Bolpoin semi gel Bolpoin Rollerball Tidak disebutkan Bolpoin
Mekanisme Buka-tutup Retractable Buka-tutup Buka-tutup Stand pen buka-tutup Retractable Buka-tutup Retractable Twist Retractable
Ketebalan 0,5 mm 0,5 mm 0,5 mm Medium 0,5 mm 0,7 mm Tidak disebutkan Tidak disebutkan 0,7 mm 0,5 mm
Fungsi lain Tidak ada Tidak ada Tidak ada Stylus untuk ponsel/tablet Dapat ditempelkan di meja Tidak ada Laser pointer, LED light, stick pointer Tidak ada Stylus untuk ponsel/tablet Tersedia 4 warna dalam 1 pulpen
Isi 1 boks isi 12 pcs 1 pc 1 pc 1 pcs 1 pc 12 pcs 1 pc 1 pc 1 pc 1 pc
Kisaran harga Rp22,800 Rp2,200 Rp4,000 Rp540,000 Rp51,000 Rp49,000 Rp27,000 Rp180,000 Rp34,500 Rp5,800
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Pulpen-pulpen hadir dengan berbagai varian, fitur, dan juga harga. Untuk keperluan harian seperti menulis catatan sekolah, kuliah, dan pekerjaan, pulpen standar dengan harga yang terjangkau sudah cukup memenuhi kebutuhan Anda.

Jika Anda menginginkan pulpen yang bisa mengikuti perkembangan zaman dan lebih banyak bekerja menggunakan gawai, Anda bisa membeli pulpen dengan fungsi tambahan seperti laser atau stylus. Pilihlah pulpen yang menurut Anda terbaik dari rekomendasi kami. Selamat berburu pulpen!

Referensi

How to Choose a Pen. Which Pen is Right for Me?
https://www.penchalet.com/blog/how-to-choose-a-pen/ diakses pada 23 April 2021

You may also like

Comments are closed.