Written by 01:17 Alat Tulis

10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik

Menggambar merupakan salah satu aktivitas yang cukup menyenangkan. Untuk menyempurnakan hasilnya, Anda bisa menambahkan elemen warna pada gambar Anda. Penggunaan pensil warna banyak diminati karena menghasilkan finishing yang relatif lebih lembut sehingga tidak merusak kertas gambar.

Terdapat banyak merek pensil warna di pasaran. Faber-Castell, Greebel, Staedtler, dan Joyko mengeluarkan pensil warna unggulannya masing-masing. Pada artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih pensil warna sesuai kebutuhan. Kami juga merekomendasikan produk terbaik versi PickyBest agar Anda semakin mudah menentukan pilihan. Simak sampai habis, ya!

Cara Memilih Pensil Warna

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih pensil warna antara lain jenisnya, bentuk kemasan, serta variasi warnanya. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pilih Jenis Pensil Warna sesuai Kemampuan Anda

Terdapat tiga jenis pensil warna yang bisa Anda pilih yaitu pensil warna wax-based, oil-based­, dan water-based. Manakah yang sesuai dengan karakter gambar Anda? Untuk mengetahuinya, perhatikan beberapa poin di bawah ini.

Pensil Warna berbasis Wax (Wax-Based): Coverage Lebih Luas dengan Pewarnaan Intens

Pensil warna wax-based merupakan bahan yang paling lunak di antara dua bahan lainnya. Karena teksturnya lunak, pensil warna wax-based lebih mudah ditekan sehingga menghasilkan warna intens dengan tingkat coverage yang lebih luas. Teksturnya ini juga membuatnya lebih ramah untuk permukaan kertas.

Namun, pensil berbasis wax lebih mudah patah jika tidak digunakan dengan hati-hati. Penggunaannya juga cukup boros karena ujung pensil terkikis lebih banyak dalam sekali sapuan. Anda juga tidak disarankan untuk melakukan layering banyak warna dengan pensil jenis ini karena justru akan mengurangi intensitas warnanya.

Pensil Warna berbasis Minyak (Oil-Based): Pigmentasi Warna yang Bertahan Lebih Lama

Pensil warna oil-based memiliki tingkat kekerasan satu tingkat di atas wax-based. Jenis pensil warna ini cukup awet dan ketahanannya pun tergolong baik. Meskipun pigmentasi warna yang dihasilkan tidak sebaik pensil warna wax-based, pensil warna jenis ini andal digunakan untuk mewarnai area-area rumit.

Pensil warna oil-based merupakan jenis yang kurang populer di pasaran. Hal ini dikarenakan harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan pensil warna jenis lain. Namun, dengan pensil warna oil-based, Anda tak perlu khawatir terjadi wax-bloom pada hasil pewarnaan Anda. Hanya saja, Anda perlu berhati-hati saat mengaplikasikan warnanya karena bahan oil-based cukup mudah tergores.

Pensil Warna berbasis Air (Water-Based): Bisa Digunakan dalam Keadaan Basah dan Kering

Pensil warna water-based menawarkan fleksibilitas karena dapat digunakan dalam keadaan kering maupun basah. Penggunaan dalam keadaan basah akan menambah kekuatan warnanya. Jika Anda ingin mendapatkan hasil pewarnaan seperti cat air, Anda bisa menambahkan beberapa tetes air ke bidang warna Anda. Penggunaan pensil warna water-based membuat Anda bisa bebas mengontrol tekstur.

Pensil warna jenis ini terbuat dari bahan yang keras sehingga cocok untuk Anda yang lebih suka mewarnai tipis. Jenis ini juga cocok untuk membuat warna gradasi. Namun, pastikan Anda memilih kertas yang tepat jika hendak menggunakannya dalam keadaan basah. Kertas yang terlalu tipis rentan sobek atau permukaannya akan bergelombang sehingga mengurangi estetika gambar Anda.

Pilih Kemasan yang Mudah Dibawa

Pensil warna akan lebih dapat diandalkan jika kemasannya mudah dibawa-bawa. Utamakan memilih kemasan yang handy dan dapat dibawa untuk berbagai keperluan. Dari segi material, kemasan pensil warna biasanya menggunakan bahan kaleng (tin case), karton tebal, atau plastik.

Dari segi bentuk, kemasan pensil warna umumnya berbentuk persegi panjang atau tabung. Bentuk kemasan juga biasanya dipengaruhi oleh jumlah pensil di dalamnya. Kemasan berbentuk tabung lebih mudah dibawa serta menghemat tempat ketika disimpan.

Untuk anak-anak, kami menyarankan Anda memilih kemasan pensil warna dari kaleng. Material kaleng mampu melindungi pensil lebih baik agar tidak berantakan dan mudah patah. Selain itu, dari segi kekuatan materialnya, bahan kaleng lebih durable daripada bahan karton atau plastik.

Ingin Membeli Produk Satuan atau Satu Set?

Pensil warna saat ini ada yang dijual satuan maupun set. Jadi, Anda bisa memilih produk sesuai dengan kebutuhan Anda.

Produk Satuan: Koleksi Sendiri Warna-warna yang Sering Anda Gunakan

Pensil warna satuan biasanya lebih disukai seniman yang gemar menggambar sketsa. Gambar sketsa umumnya hanya membutuhkan warna-warna dasar sehingga variasi warna yang dibutuhkan juga sedikit. Membeli pensil warna satuan juga membuat Anda bisa mengoleksi pensil warna dari berbagai merek sesuai dengan kualitas yang Anda inginkan.

Meskipun dijual satuan, pensil warna semacam ini memiliki range warna yang luas. Namun jangan salah, harga pensil warna satuan biasanya malah lebih mahal dibanding harga satu set pensil warna. Untuk menghemat, Anda bisa membeli warna yang paling sering Anda gunakan.

Produk Set: Menyediakan Warna Lengkap dan Kadang Dilengkapi Produk Pendukung Lain

Set pensil warna diperuntukkan bagi Anda yang ingin mendapatkan berbagai macam pilihan warna dalam satu produk. Anda bisa menemukan pensil warna berjumlah 12, 24, 36, 48, atau lebih. Sebaiknya Anda memilih jumlah isinya sesuai kebutuhan agar tidak mubazir. Beberapa set pensil warna dilengkapi dengan peralatan lain, seperti penghapus, rautan, dan alat tambahan lainnya.

Untuk anak-anak, set berisi 12 pensil warna sudah cukup untuknya. Lain halnya dengan orang dewasa atau seniman profesional yang memerlukan set warna lebih lengkap. Jika Anda gemar menggambar outdoor, ada baiknya memilih set pensil warna yang ringan dan tidak makan banyak ruang.

Bila Memungkinkan, Mintalah Produk Tester untuk Mengetahui Kualitasnya

Secara umum, pensil warna memiliki dua jenis, yaitu pensil warna lembut dan keras. Pensil warna lembut menghasilkan warna lebih pekat daripada pensil warna keras. Namun, jika Anda menyukai karakteristik warna yang lebih sheer, pensil warna keras lebih cocok untuk Anda.

Jika Anda membeli pensil warna secara offline, Anda bisa memastikan tekstur, pigmentasi, dan kualitas pensil warna yang hendak dibeli dengan mencoba tester-nya. Dengan mengeceknya secara langsung, Anda bisa lebih yakin dengan produk yang Anda beli. Untuk pembelian secara online, carilah referensi dari website resminya. Anda juga bisa mencermati penilaian produk dari pengguna di marketplace.

10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik

Pada bagian ini, kami telah merangkum sepuluh produk pensil warna untuk memudahkan Anda menentukan pilihan. Jangan lupa mempertimbangkan beberapa poin pemilihan yang telah dibahas sebelumnya, ya!

1. Deli Water Color Pencil 6523

Sumber: Shopee.co.id

Pensil warna washable, tak perlu khawatir noda warna sulit dicuci

Adakalanya ketika sedang asyik mewarnai gambar, pakaian tak sengaja terkena noda pensil warna. Jika Anda malas mengucek lebih ekstra, pensil warna satu ini bisa menjadi pilihan. Produk ini dilengkapi fitur washable yang membuat noda warna lebih mudah dibersihkan. Fitur ini juga yang membuatnya cocok digunakan anak-anak.

Dari segi pigmentasi, Deli Water Color Pencil 6523 menghasilkan kualitas warna yang rich dan tegas. Anda juga bisa mendapatkan hasil goresan seperti cat air berkat teknologi hybrid-nya. Tak hanya itu, bagian pengemasan terbuat dari kaleng yang kukuh agar pensil warna di dalamnya dapat terlindungi lebih maksimal.

Jenis Berbasis air (water-based)
Material kemasan Kaleng
Tipe produk Set pensil warna
Jumlah isi 48 pcs
Kisaran harga Rp139.000

2. Greebel 24 Classic Colour Pencils

Sumber: Shopee.co.id

Mewarnai di berbagai bidang tak jadi masalah

Jika Anda gemar mewarnai di media lain selain kertas, pensil warna ini bisa menjadi pilihan. Media seperti kanvas, stik es krim, atau kayu tak menjadi masalah dengan pensil warna ini. Bentuk pensil heksagon dengan ketebalan lead 2,8 mm membuatnya tak mudah patah.

Untuk hasil warna natural, Anda bisa mengarsir bidang gambar dengan lembut. Jika ingin hasil warna lebih jelas dan pekat, berikan tekanan lebih bertenaga sedikit ketika mengaplikasikannya. Sebaiknya hindari meraut pensil warna ini sampai terlalu runcing agar lebih nyaman ketika digunakan.

Jenis Berbasis minyak (oil-based)
Material kemasan Kaleng
Tipe produk Set pensil warna
Jumlah isi 24 pcs
Kisaran harga Rp156.000

3. Faber-Castell 24 Classic Colour Pencils

Lebih mudah menjangkau detail gambar terkecil

Mayoritas pemerhati detail menginginkan sapuan warna yang merata dan rapi. Berkat proses bonding yang kuat, ujung pensil Faber-Castell Classic Colour tak mudah patah, serta lebih mudah diraut. Keuntungannya, Anda bisa meraut ujung pensil hingga runcing untuk menjangkau detail gambar lebih sempurna.

Menghasilkan warna permanen yang vivid, sapuan warna yang dihasilkan bertekstur licin dan tidak merusak kertas. Pensil warna ini cocok untuk Anda yang menyukai hasil pewarnaan yang natural namun tetap mempertahankan kualitas pigmentasi. Tak hanya itu, 24 pilihan warnanya membuat Anda lebih mudah menciptakan gradasi warna.

Jenis Berbasis minyak (oil-based)
Material kemasan Kertas karton
Tipe produk Set pensil warna
Jumlah isi 24 pcs
Kisaran harga Rp50.000

4. Staedtler Luna 137 Aquarell 48 Watercolour Pencils

Tampil beda dengan desain pensil bermotif garis spiral

Staedtler Watercolor Pencils hadir dengan desain yang cukup stand out. Berbeda dengan pensil warna yang umumnya berwarna polos, produk satu ini mengusung motif garis spiral pada bagian batang pensilnya. Motif yang berbeda dapat berguna untuk mencegah pensil warna tercampur atau tertukar dengan pensil warna lainnya.

Dibekali dengan formula fade resistant, Anda tak perlu khawatir warna akan memudar setelah diaplikasikan. Hasil warnanya pun memiliki tingkat coverage yang baik, cocok untuk melakukan blocking. Dari segi keamanan, produk ini telah menerapkan uji toksisitas EN 71, membuatnya juga aman untuk anak usia tiga tahun ke atas.

Jenis Berbasis air (water-based)
Material kemasan Kertas karton
Tipe produk Set pensil warna
Jumlah isi 48 pcs
Kisaran harga Rp95.000

5. Maped Color’Peps My First Jumbo x12 2+

Sumber: Enasco.com

Lebih mudah digenggam, cocok untuk anak-anak dan pemula

Belum menemukan pensil warna yang nyaman di genggaman? Anda mungkin akan menyukai produk ini. Diameter inti berukuran lima milimeter dengan bodi segitiga menghasilkan grip mantap dan terasa alami ketika digunakan. Pensil warna ini adalah pilihan yang tepat untuk anak-anak dan pemula yang masih belajar teknik mewarnai.

Produk ini juga cocok untuk Anda yang terbiasa menggambar dengan tekanan kuat. Penekanan yang terlalu kuat seringkali menyebabkan ujung pensil mudah patah. Dengan diameter pensil yang lebih besar, risiko ujung pensil patah berkurang. Tak hanya itu, pensil ini juga menghasilkan tekstur warna halus, sehingga ideal untuk membuat gambar sketsa.

Jenis Berbasis minyak (oil-based)
Material kemasan Kertas karton
Tipe produk Set pensil warna
Jumlah isi 12 pcs
Kisaran harga Rp62.900

6. Faber-Castell Polychromos Artists Color Pencil

Berkualitas tinggi, cocok untuk seniman profesional

Jika seni menggambar dan mewarnai adalah passion Anda, pertimbangkan untuk berinvestasi pada pensil warna berkualitas tinggi. Meski harganya lebih mahal, pensil warna premium akan memberikan hasil pewarnaan terbaik dengan daya tahan lebih lama. Salah satu produk rekomendasinya adalah Faber-Castell Polychromos Artist.

Pensil warna ini dilengkapi dengan keterangan derajat lightfastness untuk memudahkan seniman menilai keawetan karyanya. Lightfastness merupakan tingkat ketahanan pigmen sampai warnanya memudar. Besaran derajat lightfastness berbeda-beda tergantung pigmen warna pensilnya.

Jenis Berbasis minyak (oil-based)
Material kemasan Tidak ada
Tipe produk Satuan
Jumlah isi 1 pcs (tersedia 115 pilihan warna)
Kisaran harga Rp29.900

7. Joyko Color Pencil CP-12PB

Sumber: Joyko.co.id

Walau murah, ujung dan batang pensil tidak gampang patah!

Jika Anda sedang menghemat budget, pensil warna satu ini dapat menjadi pilihan! Dibanderol dengan harga di bawah lima belas ribu, Anda sudah memperoleh satu set berisi 12 pensil warna dengan kualitas yang tergolong baik. Produk ini dapat dipilih oleh anak-anak yang baru belajar mewarnai.

Saat diaplikasikan, pensil warna ini menghasilkan karakter warna halus. Jika 12 warna yang tersedia dirasa kurang lengkap, karakter warna yang dimiliki pensil ini cocok untuk pencampuran warna. Isi pensil berukuran tiga milimeternya cukup tebal sehingga lebih tahan terhadap tekanan.

Jenis Berbasis minyak (oil-based)
Material kemasan Kertas karton
Tipe produk Set pensil warna
Jumlah isi 12 pcs
Kisaran harga Rp13.500

8. Deli EC00225 Colored Pencil Smooth Rich Tin Box 24C

Terbuat dari kayu bass yang lunak dan mudah diraut

Salah satu faktor yang menjadikan pensil warna nyaman digunakan adalah kemudahannya diraut. Terbuat dari kayu bass berkualitas, pensil warna Deli EC00225 memiliki tekstur lebih lunak dan mudah ditajamkan. Sifat material kayu lunak produk in ilebih resisten terhadap tekanan kuat, proses pewarnaan pun lebih optimal.

Agar semakin nyaman, pegangan pensil warna ini didesain berbentuk segitiga. Bentuk ini membuat genggaman tangan terasa lebih natural saat menggambar atau mewarnai. Bahan baku cat yang digunakan juga bebas dari racun sehingga Anda tak perlu risau memakainya bersama anak-anak.

Jenis Berbasis minyak (oil-based)
Material kemasan Kaleng
Tipe produk Set pensil warna
Jumlah isi 24 pcs
Kisaran harga Rp59.900

9. Faber-Castell 36 Aquarellstifte Watercolour Pencils

Kemasan berbentuk tabung yang mudah dibawa

Pensil warna pada umumnya menggunakan kemasan berbentuk persegi panjang berbahan karton atau kaleng. Kemasan seperti ini tak jarang membutuhkan ruang cukup besar di tas Anda, terlebih jika isi pensil warna mencapai puluhan buah. Jika Anda menginginkan pensil warna yang lebih handy, produk berkemasan tabung kecil ini patut dipertimbangkan.

Faber-Castell merancang pensil warna ini berjenis watercolour. Dengan kata lain, Anda bisa mengombinasikan penggunaan bersama kuas. Karakteristik warnanya cerah dan bold, cocok untuk Anda yang menginginkan hasil warna yang vibrant. Menariknya lagi, sisa rautan pensil warna ini dapat digunakan kembali sebagai pewarna!

Jenis Berbasis air (water-based)
Material kemasan Kaleng
Tipe produk Set pensil warna
Jumlah isi 36 pcs
Kisaran harga Rp120.000

10. Derwent Coloursoft Pencils 36 Tin

Spesialis untuk melakukan teknik pewarnaan gradasi

Untuk menciptakan warna gradasi yang lebih hidup, Anda memerlukan pensil warna yang vibrant dan mulus saat diaplikasikan. Formulasi pigmen warna Derwent Coloursoft Pencil menghasilkan warna yang jelas dan mudah dicampurkan. Anda bisa dengan mudah mendapatkan warna gradasi sempurna dengan perpindahan warna yang natural.

Inti pensil memiliki durability yang kuat sehingga Anda bisa mengatur ketajaman ujung pensil sesuai kebutuhan. Untuk kebutuhan profesional, Anda bisa melengkapi koleksinya dengan produk Derwent Blender dan Burnisher atau Derwent Battery Operated Eraser.

Jenis Berbasis lilin (wax-based)
Material kemasan Kaleng
Tipe produk Set pensil warna
Jumlah isi 36 pcs
Kisaran harga Rp653.000

Kesimpulan

Memilih pensil warna yang sesuai kebutuhan tak kalah penting dari skill menggambar dan mewarnai. Dengan pensil warna yang tepat, kegiatan mewarnai akan lebih nyaman dan hasil warnanya pun semakin memuaskan. Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan bahan dasar pensil warna. Selanjutnya, pilihlah pensil warna yang mudah disimpan dan dibawa.

Anda juga dapat menentukan pensil warna satuan atau dalam bentuk set. Bila memungkinkan, ceklah produk secara langsung dengan meminta tester-nya. Kami harap informasi yang pada artikel ini dapat mempermudah Anda dalam menentukan pensil warna terbaik. Selamat mewarnai!

(Visited 85 times, 3 visits today)