Written by 01:53 Alat Tulis

10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik

Apabila Anda seorang desainer profesional ataupun seseorang yang hobi menggambar, penting untuk memilih sketchbook sesuai kebutuhan. Sketchbook yang tepat akan membuat kegiatan menggambar menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, sketchbook yang sesuai juga dapat menunjang profesi Anda sebagai desainer.

Untuk mempermudah Anda memilih sketchbook, berikut kami uraikan cara memilih produk. Tidak hanya itu, kami juga memberikan rekomendasi sketchbook terbaik versi PickyBest. Ada produk dari Derwent, Kiky, Strathmore, Canson, dan masih banyak lagi. Baca dengan saksama, yuk!

Cara Memilih Sketchbook

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih sketchbook. Apa sajakah itu? Penjelasan berikut akan membantu Anda.

Sesuaikan Jenis Kertas dengan Karakter Gambar Anda

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih sketchbook yaitu memilih jenis kertas yang sesuai dengan karakter gambar Anda. Menggambar dengan cat air, gambar berupa goresan sketsa, menggambar dengan arang, atau menggunakan drawing pen, masing-masing memerlukan jenis kertas yang berbeda.

Watercolour Paper: Nyaman untuk Melukis menggunakan Cat Air

Bagi Anda yang ingin menggambar dengan cat air, pilihlah watercolour paper. Jenis kertas ini bersifat mudah larut dalam air (hidrofilik), sehingga memudahkan proses pewarnaan menggunakan untuk hasil yang smooth. Selain itu, watercolour paper juga dilapisi gelatin yang menjadikan pigmen cat air terlihat lebih hidup dan tetap menempel di kertas.

Kemudian, perhatikan juga kandungan kapas (cotton-content) yang terdapat di dalam kertas. Semakin tinggi kandungan kapasnya, semakin awet kertasnya. Meski harganya mahal serta jarang dijual, kertas dengan 100% kapas bagus digunakan untuk lukisan dengan berlapis warna. Pada kertas berbahan dasar kayu, akan muncul serat-serat kertas apabila Anda menerapkan terlalu banyak lapisan cat air.

Croquis Paper: Cocok untuk Menggambar Sketsa dengan Goresan Tipis

Kertas jenis croquis paper paling cocok digunakan apabila Anda ingin menggambar sketsa dengan goresan tipis seperti sketsa busana, bangunan, tubuh manusia, dan sebagainya. Beberapa kertas jenis ini biasanya memiliki lembaran yang banyak sehingga Anda dapat membuat beragam desain.

Akan tetapi, setiap lembaran sketchbook dengan croquis paper cukup tipis. Dengan demikian, croquis paper tidak cocok dipakai untuk membuat lukisan dengan cat air. Hal ini dikarenakan kandungan air dalam cat akan merusak kertas, bahkan hingga berlubang.

Drawing Paper: Kertas Serbaguna untuk Berbagai Tipe Gambar

Jika Anda seorang pemula yang baru belajar menggambar, cobalah sketchbook dengan kertas jenis drawing paper. Kertas ini merupakan jenis paling umum di pasaran. Harganya pun relatif terjangkau.

Dengan tekstur dan ketebalan yang bervariasi, Anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan tipe gambar yang ingin Anda buat. Jenis kertas ini juga cocok untuk diberikan pada anak untuk mengasah kreativitasnya menggambar.

Charcoal Paper: Lukisan dengan Arang Lebih Mudah Menempel

Disebut juga gensen paper, kertas jenis ini ditujukan untuk Anda yang hendak melukis menggunakan arang. Arang sendiri merupakan media menggambar yang paling mudah dibaurkan. Anda dapat menghasilkan warna gelap yang pekat dengan kontras yang tinggi. Anda juga mudah menggambar bayangan atau memberi efek blur.

Namun, tidak seperti grafit pada pensil, sifat arang yang kering dan berdebu menjadikan partikel-partikelnya cenderung beterbangan. Oleh karenanya, charcoal paper memiliki permukaan yang tidak rata agar arang bisa menempel dengan baik. Level tekstur charcoal paper berbeda-beda, begitu pun ketebalan kertasnya.

Kent Paper: Tak Mudah Robek untuk Teknik Gambar Menggunakan Drawing Pen

Apabila Anda senang menggambar menggunakan pulpen atau drawing pen, Anda bisa memilih sketchbook dengan kertas berjenis kent paper. Kertas jenis ini cukup tebal dan kuat sehingga tinta drawing pen tidak mudah rembes.

Dengan kertas ini, Anda dapat leluasa menggambar bangun tiga dimensi yang banyak garis tumpang tindihnya. Namun, kent paper masih lumayan sulit ditemukan di pasaran Indonesia.

Pilih Ukuran Kertas sesuai Selera Anda

Setelah mengetahui jenis-jenis kertas, hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan yaitu ukuran kertas. Apakah Anda membutuhkan kertas berukuran kecil, sedang, atau besar, tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kertas Berukuran Kecil untuk Tetap Berkreasi saat Bepergian

Sketchbook kecil seukuran telapak tangan sangat praktis dibawa ke mana-mana. Ukuran kertas mungil dengan bobotnya ringan membuatnya dapat masuk ke saku kecil pada tas. Makanya, sketchbook berukuran kecil disarankan untuk Anda yang sering bepergian. Anda dapat menggambar di mana pun dan kapan pun Anda mendapatkan ide.

Namun, ukuran kertas yang kecil tentu saja menyulitkan jika Anda ingin menggambar sesuatu yang memiliki detail rumit. Apalagi jika Anda terbiasa menggambar objek berdimensi besar, menggunakan sketchbook kecil bisa merusak momen menggambar Anda tatkala harus melakukan penyederhanaan gambar.

Kertas Berukuran Sedang yang Pas untuk Pemula

Apabila Anda adalah seorang pemula yang ingin memulai menggambar, Anda dapat memilih sketchbook dengan kertas sedang, misalnya kertas A5. Kertas dengan ukuran ini masih cukup untuk membuat gambar yang lumayan rumit. Tidak hanya itu, sketchbook ukuran A5 juga tidak begitu memakan tempat di dalam tas.

Kekurangan dari kertas ukuran ini adalah kurang ideal apabila Anda ingin membuat gambar yang lebih detail dan besar. Selain itu, ukurannya yang tanggung juga membuatnya tidak bisa masuk ke saku celana. Maka itu, Anda tetap harus menjinjing tas jika membawa sketchbook ukuran ini.

Kertas Berukuran Besar untuk Kalangan Profesional

Bagi Anda yang senang menggambar detail baik karena hobi maupun profesi, sketchbook yang lebih besar cocok untuk Anda. Pada bidang besar, Anda dapat menggambar lebih bebas dan leluasa.

Kertas berukuran A3 atau A2 biasa dipilih untuk mereka yang hendak membuat gambar detail ukuran besar. Akan tetapi, sketchbook berukuran besar agak menyulitkan untuk dibawa karena memerlukan ruang simpan lebih besar.

Kenali Perbedaan Tekstur Permukaan Kertas Sketchbook

Ada tiga tipe kertas untuk menggambar yakni hot press yang memiliki permukaan halus, cold press yang memiliki permukaan dengan sedikit tekstur, dan rough press yang memiliki permukaan sangat bertekstur.

Apabila Anda hendak menggunakan pensil atau pulpen warna, pilihlah tipe hot press dan cold press. Permukaan kertas yang halus dapat menunjukkan karya dengan garis-garis detail. Namun, kertas jenis ini tidak dapat digunakan untuk menggambar dengan arang karena remahan arang takkan menempel dengan baik di permukaan halus atau sedikit bertekstur.

Pilih tipe rough press dan cold press untuk menggambar menggunakan cat air. Tekstur kertas yang cukup kasar akan membuat cat air lebih bertahan. Hindari menggunakan pensil pada kertas bertekstur kasar (rough press) sebab dapat membuat mata pensil cepat habis.

Pilih Tipe Binding yang Memudahkan Kegiatan Menggambar

Tipe binding pada sketchbook akan sangat memengaruhi kenyamanan saat menggambar. Untuk itu, model binding juga harus masuk dalam pertimbangan Anda ketika memilih sketchbook.

Wire-bound: Dapat Dilipat Sempurna, Memberi Kesan Ruang Gambar Lebih Lega

Sketchbook dengan wire-bound atau disebut juga spiral-bound memiliki semacam cincin atau spiral yang menyatukan kertas-kertasnya. Dengan tipe ini, Anda dapat membolak-balikkan halaman dengan mudah. Sketchbook dengan wire-bound juga memudahkan Anda untuk memegangnya selagi berdiri karena halamannya dapat dilipat ke belakang.

Sayangnya, jika Anda memilih tipe wire-bound, Anda tidak dapat menggambar melebihi spiralnya. Kertas juga tidak bisa disobek dengan rapi sehingga bisa merusak hasil karya jika ingin dipajang. Selain itu, bagian kertas di dekat spiral tidak dapat kontak langsung dengan permukaan scanner. Jadi, apabila Anda ingin memindai gambar Anda, kemungkinan gambar di bagian dekat spiral akan buram atau gelap.

Sewn-bound: Relatif Lebih Awet berkat Jahitannya yang Kuat

Selanjutnya yaitu tipe sewn-bound atau disebut juga perfect-bound. Sesuai namanya, sketchbook dengan tipe binding ini menggunakan jahitan untuk menyatukan kertas-kertasnya. Kertas-kertas itu digabungkan, dilipat, kemudian dijahit di bagian lipatan untuk membentuk sketchbook.

Sketchbook tipe sewn-bound ada yang bisa dibuka lebar halamannya secara rata, ada pula yang tidak. Pilihlah yang bisa dibuka lebar agar menggambar lebih leluasa tanpa terganggu kertas-kertas di halaman sebelumnya yang bisa saja menutup. Sketchbook yang dapat dibuka lebar juga memungkinkan Anda untuk menggambar di kedua sisi halaman yang sama-sama terbuka.

Glue-bound: Cocok untuk Karya yang Ingin Dipajang

Untuk Anda yang mencari sketchbook dengan tujuan untuk memajang hasil gambar Anda, sketchbook dengan tipe glue-bound dapat menjadi pilihan. Kertas-kertas di dalam sketchbook ini bisa disobek dengan rapi sehingga tidak merusak hasil karya Anda.

Akan tetapi, Anda tidak bisa sering-sering melipat sketchbook ini karena akan membuat lembaran-lembarannya berjatuhan. Dengan demikian, sketchbook ini tidak dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menyimpan karya dalam waktu lama untuk dilihat-lihat kembali.

Mana yang Lebih Nyaman, Orientasi Landscape atau Portrait?

Selain yang disebutkan di atas, orientasi kertas juga tak kalah penting diperhatikan. Orientasi sketchbook baik landscape (horizontal) maupun portrait (vertikal) masing-masing memiliki posisi binding yang berbeda. Anda bisa saja memutar-mutar sketchbook-nya, tetapi binding-nya tetap berada di tempat yang sama.

Sketchbook dengan orientasi landscape memanjang ke samping sedangkan untuk orientasi portrait memanjang ke bawah. Pilihlah yang paling sesuai dengan kenyamanan Anda, yakni sketchbook dengan letak binding yang tidak mengganggu Anda saat menggambar.

10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik

Sesudah memahami poin-poin yang harus diperhatikan dalam memilih sketchbook, kini kami sajikan khusus untuk Anda sepuluh rekomendasi sketchbook terbaik versi kami. Selamat memilih!

1. Kiky Sketch Book A5

Sumber: Kiky.com

Kertas tebal yang tahan kerusakan meski dihapus berulang kali

Berukuran sedang dan memiliki harga terjangkau, sketchbook keluaran Kiky ini cocok bagi Anda yang masih pemula. Tipe sewn-bound menjadikan lembaran-lembaran kertas sketchbook menyatu lebih kuat sehingga dapat Anda gunakan apabila ingin menyimpan gambar dalam waktu lama.

Oleh karena kertasnya diutamakan untuk fungsi drawing, kertas Kiky Sketch Book A5 tidak ideal digoreskan spidol maupun cat air berbahan dasar alkohol. Walau begitu, kertas sketchbook ini tergolong tebal. Jadinya, Anda tak perlu khawatir kertas rusak akibat dihapus berkali-kali.

Jenis kertasDrawing paper
Ukuran kertasA5 (210 x 148 mm)
Tekstur kertas
Tipe bindingSewn-bound
Orientasi kertasLandscape
Jumlah kertas50 lembar
Kisaran hargaRp17.500

2. Lyra Sketch Book A4

Sumber: Shopee.co.id

Jumlah lembaran yang banyak tidak menjadikan bobotnya berat!

Bagi Anda yang sedang mencari sketchbook dengan orientasi portrait berukuran sedang, cobalah Lyra Sketch Book A4. Dengan total 30 lembar kertas, sketchbook ini tergolong ringan untuk dibawa-bawa.

Meski bertipe wire-bound, Anda tidak perlu menyobek kertasnya karena binding-nya berupa ring vario zip yang memudahkan Anda mencabut dan mengisi ulang kertasnya. Bila habis, Lyra menyediakan kertas refill juga, lho!

Jenis kertasDrawing paper
Ukuran kertasA4 (210 x 297 mm)
Tekstur kertas
Tipe bindingWire-bound
Orientasi kertasPortrait
Jumlah kertas30 lembar
Kisaran hargaRp47.300

3. Derwent A4 Wirebound Hardback Sketchbook

Memiliki kover tebal dilengkapi saku untuk menaruh barang-barang kecil

Sketchbook dari Darwent ini memiliki cincin binding yang besar sehingga memuat lebih banyak kertas. Dengan karet yang disediakan untuk mengikat kovernya, Anda tidak perlu khawatir kertas-kertas di dalamnya berantakan.

Menariknya, sketchbook ini dilengkapi saku di bagian kover belakang untuk menaruh benda-benda kecil, misalnya pensil atau uang. Meski cukup mahal, nampaknya sepadan dengan kelebihan yang ditawarkan.

Jenis kertasDrawing paper 165 gsm
Ukuran kertasA4 (210 x 297 mm)
Tekstur kertas
Tipe bindingWire-bound
Orientasi kertasPortrait
Jumlah kertas86 lembar
Kisaran hargaRp169.000

4. Potentate Sketchbook A5 Hard Cover

Sumber: Wan-pin.com

Tipe binding jahit yang kedua sisinya bisa dibuka lebar

Apabila Anda mencari sketchbook dengan binding jahitan yang lebih tebal, Potentate Sketchbook A5 Hard Cover cocok untuk Anda. Berisi ratusan lembar kertas berwarna putih gading, Anda dapat menyimpan lebih banyak sketsa dalam sketchbook ini.

Tekstur kertasnya yang halus menjadikan sketchbook ini cocok untuk menggambar menggunakan pensil maupun pulpen. Selain ukuran A5, tersedia tiga pilihan dimensi kertas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan menggambar Anda.

Jenis kertasDrawing paper
Ukuran kertasA5 (210 x 148 mm)
Tekstur kertas
Tipe bindingSewn-bound
Orientasi kertasPortrait
Jumlah kertas110 lembar
Kisaran hargaRp52.000

5. Strathmore 400 Series Toned Sketch Wire Bound (8.5″)

Ramah lingkungan karena menggunakan kertas daur ulang

Sedang mencari sketchbook untuk menggambar dengan arang? Anda mungkin ingin mempertimbangkan Strathmore 400 Series Toned Sketch Wire Bound. Kertasnya bertekstur kasar dan dapat digunakan untuk menggambar dengan arang, kapur, maupun grafit.

Kertas yang digunakan juga merupakan 100% kertas daur ulang sehingga tidak akan menimbulkan rasa bersalah bagi Anda pecinta lingkungan. Tipe binding kawat spiral dan ukurannya yang kecil menjadikannya praktis untuk Anda tenteng ke mana-mana. Tersedia dalam dua warna, yakni tan dan gray, Anda dapat pilih sesuai selera.

Jenis kertasToned tan (croquis) sketch paper
Ukuran kertasA5 (140 x 216 mm)
Tekstur kertas
Tipe bindingWire-bound
Orientasi kertasPortrait
Jumlah kertas50 lembar
Kisaran hargaRp199.000

6. Mont Marte Black Paper Sketch Pad A5

Menggambar dengan arang putih tanpa memangkas banyak biaya

Dibanderol dengan harga tidak sampai ratusan ribu rupiah, Mont Marte Black Paper Sketch Pad A5 ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang sedang mencari sketchbook untuk menggambar dengan arang, tetapi berbujet tipis.

Akan tetapi, kertasnya yang berwarna hitam hanya dapat digunakan untuk menggambar dengan arang berwarna putih (white charcoal). Sketchbook ini juga dapat digunakan untuk menggambar dengan kapur dan grafit putih, lho!

Jenis kertasCroquis/charcoal/pastel paper 140 gsm
Ukuran kertasA5 (148 x 210 mm)
Tekstur kertas
Tipe bindingGlue-bound
Orientasi kertasPortrait
Jumlah kertas25 lembar
Kisaran hargaRp30.000

7. Bartega x Papermark (A5 Watercolor Sketchbook)

Sumber: Papermark.id

Dijilid sempurna untuk berkreasi dengan leluasa!

Memiliki kertas bertekstur sedang (cold-press) dan cukup tebal, Anda dapat memilih sketchbook keluaran Bartega x Papermark ini untuk melukis atau menggambar. Desain kover yang artistik menjadikan penampilan sketchbook ini terlihat menarik.

Meski kertasnya dominan vertikal, Anda dapat meratakan sketchbook ini saat sedang berkarya berkat penjilidannya yang sempurna. Soal keleluasaan pakai, produk ini termasuk juara!

Jenis kertasWatercolour (cold-pressed) paper 300 gsm
Ukuran kertasA5 (148 x 210 mm)
Tekstur kertas
Tipe bindingTidak disebutkan
Orientasi kertasPortrait
Jumlah kertas22 lembar
Kisaran hargaRp175.000

8. Arto Watercolour Painting Paper A3

Sumber: Shopee.co.id

Spesifikasi kertas yang didesain khusus untuk keperluan melukis!

Kertasnya tebal, bertekstur, dan berlapiskan gelatin dua tahap membuatnya cocok untuk melukis dengan cat air atau teknik basah lainnya. Dimensi kertas yang besar menambah kepuasan Anda saat menuangkan karya!

Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah membolak-balik halaman karena sketchbook ini bertipe wire-bound. Tunggu apa lagi, mari beli Arto Watercolour Painting Paper A3 untuk kebutuhan melukis Anda!

Jenis kertasWatercolour paper 300 gsm
Ukuran kertasA3 (297 x 420 mm)
Tekstur kertas
Tipe bindingWire-bound
Orientasi kertasLandscape
Jumlah kertas12 lembar
Kisaran hargaRp120.000

9. Canson® 1557®

Terbukti durable meski terkena penghapusan berulang!

Kertas Canson® 1557® memiliki warna putih cerah. Berkat karakteristik tersebut, warna pada gambar Anda pun akan tampak lebih menonjol. Dengan permukaan yang tahan terhadap penghapusan berulang, sketchbook ini juga direkomendasikan untuk pemula.

Selain itu, sketchbook ini ramah terhadap bermacam alat gambar maupun lukis. Anda tak hanya bisa menggambar dengan pensil, melainkan dengan pastel, arang, spidol, pulpen, hingga cat air juga.

Jenis kertasDrawing paper 180 gsm
Ukuran kertasA4 (210 x 297 mm)
Tekstur kertas
Tipe bindingWire-bound
Orientasi kertasPortrait
Jumlah kertas30 lembar
Kisaran hargaRp57.000

10. Amadeo Watercolor Sketchbook

Sumber: Shopee.co.id

Bisa dibentangkan, cocok untuk membuat sketsa panorama!

Karena ukurannya yang mungil dan praktis, Amadeo Watercolor Sketchbook cocok untuk Anda bawa saat travelling. Kovernya juga tebal sehingga tidak mudah rusak meski sering dibawa-bawa.

Kelebihan yang ditawarkan sketchbook adalah kemudahan meratakan dua sisi kertas menjadi satu halaman lebar. Dengan kata lain, Anda dapat menggambar lintas halaman selama memakai sketchbook ini!

Jenis kertasWatercolour paper
Ukuran kertas18 x 13 cm
Tekstur kertas
Tipe bindingSewn-bound
Orientasi kertasLandscape
Jumlah kertas48 lembar
Kisaran hargaRp165.000

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan mulai dari cara memilih sketchbook hingga rekomendasi produk terbaik versi kami. Sudahkah Anda menentukan pilihan berdasarkan produk-produk rekomendasi kami?

Untuk menciptakan hasil karya terbaik, silakan pilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Kami harap artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda dalam menemukan sketchbook yang Anda butuhkan. Semoga berhasil!

(Visited 135 times, 2 visits today)