Written by 01:03 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Hydrating Toner Terbaik

Proses hidrasi diperlukan untuk menjaga keseimbangan kadar air pada kulit wajah. Kadar air yang cukup akan membantu wajah terhindar dari dehidrasi akibat kekeringan. Anda bisa menggunakan hydrating toner untuk membantu proses hidrasi pada kulit wajah Anda.

Produk hydrating toner dihadirkan oleh berbagai brand seperti Hada Labo, Hatomugi, dan lainnya. Bila Anda bermaksud membeli hydrating toner, kami akan paparkan cara memilihnya di sini. Selain itu, kami sertakan pula produk rekomendasi dengan harga variatif. Mari, simak ulasannya bersama!

Manfaat Hydrating Toner untuk Kulit Wajah

Kulit wajah akan menerima produk skincare seperti serum, pelembab, dan oil lebih optimal dalam kondisi terhidrasi. Penggunaan hydrating toner dapat membantu mengembalikan kondisi alami kulit yang mengalami dehidrasi. Selain itu, hydrating toner juga akan mempersiapkan pori-pori untuk menerima rangkaian skin care selanjutnya.

Penggunaan hydrating toner sekaligus mampu menyeimbangkan kadar pH kulit dan memperbaiki lapisan acid mantle setelah proses cleansing. Wajah pun menjadi lebih lembab dan tahan terhadap bakteri serta iritan. Dengan rutin memakai hydrating toner, kulit wajah Anda bebas kering dan semakin terjaga kondisinya.

Cara Memilih Hydrating Toner

Produk hydrating toner memiliki komposisi dan kemasan yang beragam. Anda perlu menyesuaikan bahan tambahan dan bahan aditif sebuah produk dengan kondisi kuit. Selain itu, perhatikan pula ukuran produk dan jenis tutup kemasan produk. Supaya lebih jelas, simaklah poin-poin pemilihan ini.

Pilih Kandungan Hydrating Toner yang Cocok Merawat Kondisi Kulit Anda

Beberapa jenis kulit seperti kulit berminyak, berjerawat, dan sensitif akan memerlukan bahan tambahan khusus. Pilihlah produk yang kandungannya sesuai dengan masalah kulit Anda.

Kulit Berminyak: Pilih yang Teksturnya Ringan dan Dapat Mengontrol Minyak Berlebih

Bila Anda memiliki kulit cenderung berminyak, Anda dapat memilih hydrating toner yang mengandung komposisi seperti witch hazel dan green tea. Kedua bahan ini akan membantu mengurangi minyak berlebih penyebab jerawat, sehingga wajah menjadi lebih sehat dan bebas jerawat.

Selain itu, niacinamide juga direkomendasikan sebagai bahan untuk mengatasi masalah sebum pada wajah. Bahan ini dapat memperkuat lapisan pelindung kulit sehingga pori-pori kuit menjadi normal. Niacinamide juga bisa mencegah terjadinya pigmentasi dengan merangsang produksi kolagen secara alami.

Namun, Anda yang mempunyai wajah berminyak sebaiknya waspada terhadap hydrating toner beralkohol murni. Alkohol murni memang dapat menyerap minyak berlebih secara instan. Namun, dalam jangka panjang, bahan ini justru akan meningkatkan produksi minyak pada wajah.

Kulit Kering: Pilih yang Kemampuan Hidrasinya Mumpuni

Bagi kulit Anda yang kering, hydrating toner dengan kandungan hyaluronic acid (HA) “multi-weight” akan memberikan hidrasi maksimal ke berbagai lapisan kulit. HA dengan bobot rendah dan sedang akan meresap ke dalam lapisan kulit dan menjadikannya terasa lebih kenyal. Sementara itu, HA yang lebih berat akan membantu melembabkan kulit bagian luar.

Anda juga bisa mencari produk berkomposisikan aloe vera. Aloe vera akan mengatasi kulit kering Anda serta membuat wajah lebih lembab dan tenang. Selain aloe vera, Anda juga bisa memilih hydrating toner berkandungan vitamin E. Dengan vitamin E, kelembaban alami kulit akan kembali serta membuat wajah tampak lebih segar.

Kulit Sensitif: Hindari Bahan Kimia yang Berpotensi Memicu Iritasi

Anda yang mempunyai wajah sensitif sebaiknya hindari hydrating toner berkandungan fragrance untuk meminimalkan kemerahan dan iritasi. Produk ber-fragrance dengan persentase tinggi dapat Anda kenali dengan wangi pekat. Sebagai solusi yang lebih aman, Anda disarankan memilih produk tanpa aroma.

Kemudian, hindari pula produk yang mengandung chemical sunscreens. Bahan ini memiliki lebih banyak bahan aktif yang berpotensi menyebabkan iritasi tinggi pada kulit sensitif. Di sisi lain, produk dengan essential oil seperti tea tree, mint, citrus, dan lavender oil juga dapat memicu peradangan dan alergi.

Sebaiknya, pilihlah hydrating toner dengan komposisi yang dapat mengurangi potensi iritasi. Kandungan bahan-bahan seperti centella asiatica, panthenol, dan allantoin dapat membantu meredakaan iritasi kulit. Dengan begitu, kulit pun lebih rileks.

Pilih Bentuk dan Ukuran Produk yang Menunjang Kenyamanan Anda

Produk hydrating toner tersedia dalam beragam bentuk dan ukuran kemasan. Untuk penggunaan yang lebih mudah dan higienis, pilihlah kemasan berbentuk spray (semprot). Jika Anda ingin penggunaan yang lebih hemat, pilihlah produk yang menggunakan tutup flip top maupun screw top (tutup ulir).

Selain memilih berdasarkan bentuk kemasan, Anda juga perlu menyesuaikan ukurannya. Untuk harian, Anda dapat memilih produk berukuran sedang hingga besar. Namun, bila hendak bepergian, toner berukuran mini (travel size) tentu lebih ringkas dan praktis.

Sesuaikan Kandungan Bahan Aditifnya dengan Preferensi Anda

Bahan aditif yang terkandung dalam produk hydrating toner dapat berpengaruh terhadap jenis kulit tertentu. Jika kulit Anda cenderung sensitif dan alergi, sebaiknya perhatikan kandungan bahan-bahan seperti paraben, alkohol, silikon, dan parfum.

Kabar baiknya, saat ini banyak hydrating toner tanpa bahan-bahan aditif di atas. Sekalipun ada, mungkin kadarnya telah dibuat seminimal mungkin. Untuk memastikan keamanan produk, selain mengecek sertifikasi BPOM dan lembaga terkait, Anda bisa membaca ulasan pengguna lain di berbagai platform.

10 Rekomendasi Hydrating Toner Terbaik

Pada bagian ini, kami telah mengumpulkan hydrating toner dari berbagai merek. Untuk mendapatkan produk yang Anda inginkan, Anda bisa membandingkan komposisi, harga, maupun jenis dan ukuran kemasannya. Selamat memilih!

1. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion

Sumber: Rohto.co.id

Memberikan kelembaban optimal berkat tiga jenis hyaluronic acid-nya

Toner asal Jepang ini memiliki tekstur ringan dan lembut, sehingga cocok digunakan untuk kulit normal, kering, hingga mengelupas. Cairan toner ini tidak mengandung fragrance, mineral oil, dan etanol, membuatnya minim risiko alergi.

Kandungan tiga jenis hyaluronic acid-nya akan memaksimalkan proses hidrasi kulit. Wajah Anda pun menjadi lebih lembab, lembut, dan elastis berkatnya. Toner ini mudah ditemukan di drugstore hingga supermarket karena cukup terkenal di Indonesia.

Kandungan utama3 tipe hyaluronic acid
Klaim kecocokanKulit kering dan normal
Preferensi bahan aditifBebas sulfat, bebas silikon, fungal acne safe, minimal ingredients, cruelty free
KemasanBotol flip top
Ukuran100 mL
Kisaran hargaRp35.500

2. Hatomugi Skin Conditioner

Sumber: Imju.id

Wajah menjadi lebih sejuk dan segar dengan tambahan ekstrak jali-jali

Kombinasi bahan-bahan dalam toner ini mampu menormalkan siklus pergantian sel kulit serta memperbaiki sel kulityang rusak akibat paparan sinar matahari. Ekstrak jali-jali yang terkandung di dalamnya bisa membuat kulit Anda lebih sejuk, segar, dan lembab.

Lebih dari itu, toner ini juga dapat mengatasi masalah jerawat, breakout, dan  penuaan kulit. Anda yang mencari produk dengan fungsi refreshing, aging, hingga anti-acne dapat mengandalkan Hatomugi Skin Conditioner!

Kandungan utamaCoix lacryma-jobi (job’s tear) seed extract, dipotassium glycyrrhizate (licorice root extract)
Klaim kecocokanSemua jenis kulit
Preferensi bahan aditifBebas sulfat, bebas silikon, fungal acne safe, minimal ingredients
KemasanBotol screw top
Ukuran500 mL
Kisaran hargaRp101.500

3. COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner

Sumber: Cosrx.com

Dapat pula menyembuhkan peradangan kulit melalui formula air daun centella asiatica-nya

Selain menghidrasi kulit, toner ini juga mampu meredakan iritasi. Bagi Anda yang berkulit sensitif atau sedang mengalami iritasi kulit, formula air daun centella asiatica-nya ampuh untuk menyembuhkan dan menenangkan kulit yang sedang meradang.

Tekstur toner yang ringan mudah terserap oleh kulit. Tak hanya itu, toner ini juga bakal membuat kulit Anda terlihat lebih bersinar, halus, dan sehat. Berkat kandungannya yang terbebas dari banyak zat aditif, toner ini ideal diaplikasikan ke semua kulit.

Kandungan utamaCentella asiatica leaf water, panthenol, allantoin, sodium hyaluronate
Klaim kecocokanSemua jenis kulit
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe, minimal ingredients
KemasanBotol semprot
Ukuran150 mL
Kisaran hargaRp140.000

4. Pyunkang Yul Essence Toner

Ekstrak akar susu vetch-nya mampu hasilkan kulit yang kenyal

Produk ini memiliki tekstur padat dan kental namun tetap mudah terserap ke dalam kulit.  Dengan sekali pemakaian, Anda bisa merasakan sensasi gummy pada wajah karena proses hidrasi yang intens.

Kandungan 91,3% ekstrak akar susu vetch dari toner ini akan memberikan energi dan mengisi kulit Anda sehingga tampak lebih kenyal. Formula bahan-bahan lainnya yang lembut tidak menimbulkan alergi, bahkan untuk kulit yang sensitif!

Kandungan utamaAstragalus membranaceus root extract
Klaim kecocokanSemua jenis kulit
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, fungal acne safe, minimal ingredients
KemasanBotol flip top
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp130.000

5. Klairs Supple Preparation Facial Toner

Kombinasi bahan alaminya bantu memperpanjang hidrasi kulit lebih dari 20%

Hydrating toner asal Korea ini memiliki desain kemasan yang elegan. Tekstur produknya berbentuk cairan dengan wangi lavender yang menenangkan. Pada bagian penutup terdapat stopper yang akan mengontrol isi produk agar tidak meluber, sehingga lebih awet saat digunakan.

Tambahan bahan hyaluronic acid dan beta-glucan-nya akan memperpanjang hidrasi lebih dari 20%. Toner berkandungan utama phyto-oligo ini siap membantu meningkatkan kelembaban kulit secara menyeluruh. Alhasil, wajah Anda pun menjadi calm, lembab, dan bersinar.

Kandungan utamaGlycyrrhiza glabra (licorice) root extract, sodium ascorbyl phosphate, panthenol, Centella asiatica extract, sodium hyaluronate, sodium ascorbyl phosphate, tocopheryl acetate (vitamin e)
Klaim kecocokanSemua jenis kulit
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe, cruelty free
KemasanBotol screw top
Ukuran180 mL
Kisaran hargaRp226.000

6. Simple Kind to Skin Soothing Facial Toner

Melembabkan sekaligus menutrisi kulit dengan kemasan ramah lingkungan

Simple Kind to Skin Soothing Facial Toner diklaim ramah lingkungan karena kemasan botolnya terbuat dari hasil daur ulang. Pro-vitamin B5 yang terkandung pada produk ini akan menutrisi kulit Anda untuk menjaganya tetap sehat dari dalam.

Selain pro-vitamin B5, terdapat pula chamomile, witch hazel, dan allantoin yang ramah untuk segala tipe kulit. Bahkan, toner ini juga efektif mengurangi minyak berlebih tanpa mengurangi kelembaban alami wajah. Bila Anda membutuhkan hydrating toner untuk kulit berjerawat, coba pertimbangkan produk ini.

Kandungan utamaPro-Vitamin B5, chamomile, witch hazel, allantoin
Klaim kecocokanSemua jenis kulit
Preferensi bahan aditifBebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe, minimal ingredients
KemasanBotol flip top
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp195.800

7. Mamonde Rose Water Toner

Sumber: Mamonde.com

Menenangkan wajah berkat 90.97% kandungan air mawar Bulgaria

Sesuai namanya, Mamonde Rose Water Toner terbuat dari 90.97% air mawar Bulgaria yang diekstrak dengan tekanan super tinggi dan suhu rendah. Selain membantu melembabkan, aroma khas mawarnya juga akan membuat kulit Anda menjadi lebih tenang dan segar.

Tidak hanya itu, bahan-bahan alami yang terkandung membuat toner ini lebih aman untuk semua jenis kulit. Selain ukuran 250 mL sebagaimana tertera pada tabel, Anda dapat memilih varian ukuran 500 mL bila merasa click dengan produk ini.

Kandungan utama90.97% air mawar dari perkebunan mawar Bulgaria
Klaim kecocokanSemua jenis kulit
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal ingredients, cruelty free
KemasanBotol flip top
Ukuran250 mL
Kisaran hargaRp190.000

8. Kiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner

Sumber: Kiehls.co.id

Formulanya ampuh atasi minyak berlebih tanpa membuat kulit menjadi kering

Bahan-bahan yang terkandung dalam toner dapat diandalkan oleh Anda yang menginginkan wajah bebas beruntusan dan kemerahan. Pada kulit berminyak, komponen calendula-nya akan mengatasi produksi minyak berlebih sekaligus membuat wajah terasa lebih calm.

Pemakaian toner dari Kiehl’s ini secara teratur akan membantu wajah Anda tampak lebih cerah secara bertahap. Anda juga tidak perlu khawatir jika memiliki wajah kering, sebab kandungan allantoin dan akar great burdock-nya siap membantu meningkatkan kelembaban tanpa membuat wajah berminyak.

Kandungan utamaAllantoin, calendula, great burdock
Klaim kecocokanKulit normal cenderung berminyak
Preferensi bahan aditifBebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe, minimal ingredients
KemasanBotol flip top
Ukuran125 mL
Kisaran hargaRp295.000

9. The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner

Sebagai antioksidan yang sekaligus merawat wajah kering dan kasar

Selain memiliki daya serap yang baik, produk ini juga memiliki tekstur lembut, menjadikannya terasa lebih ringan saat diaplikasikan ke wajah. Vitamin E dalam toner ini berperan sebagai antioksidan yang memberikan perlindungan kulit jangka panjang dari bahaya elemen lingkungan yang dapat merusak kulit.

Komponen wheat germ yang terkandung akan melembabkan dan membantu merawat kulit wajah Anda yang kering. Apabila Anda memiliki tekstur kulit kasar, keberadaan gliserin-nya mampu melembutkan dan memaksimalkan kadar air dalam kulit. Kulit pun akan menjadi lebih lembab, halus, dan sehat!

Kandungan utamaVitamin E dan wheat germ oil
Klaim kecocokanKulit normal cenderung kering
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, cruelty free
KemasanBotol flip top
Ukuran250 mL
Kisaran hargaRp179.000

10. N’pure Face Toner Marigold Series

Mengandung komponen khusus dengan fungsi anti-aging

Toner ini terbuat dari ekstrak kelopak bunga Marigold yang ampuh melawan radikal bebas. Selain bersifat antiinflamsi, produk ini juga akan memelihara keremajaan kulit untuk hasilkan kulit yang lebih cerah, lembab, dan halus.

Kandungan trans lutein-nya akan mencegah sekaligus mengatasi tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Lebih dari itu, ekstrak algae yang terkandung juga mampu memulihkan respirasi sel kulit dan meningkatkan konsumsi oksigen. Hasilnya, kulit Anda akan tampak lebih sehat dan berenergi.

Kandungan utamaEkstrak kelopak bunga marigold, algae extract (Laminaria digitata), gold, aloe vera, collagen, vitamin B3/niacinamide
Klaim kecocokanSemua jenis kulit
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
KemasanBotol screw top
Ukuran120 mL
Kisaran hargaRp175.000

Tabel Perbandingan Hydrating Toner

ProdukHada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing   LotionHatomugi Skin ConditionerCOSRX Centella Water Alcohol-Free TonerPyunkang Yul Essence TonerKlairs Supple Preparation Facial TonerSimple Soothing Facial TonerMamonde Rose Water TonerKiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol-Free   TonerThe Body Shop Vitamin E Hydrating TonerN’pure Face Toner Marigold Series
Kandungan utama3 tipe hyaluronic acidCoix lacryma-jobi (job’s tear) seed extract, dipotassium glycyrrhizate   (licorice root extract)Centella asiatica leaf water, panthenol, allantoin, sodium hyaluronateAstragalus membranaceus root extractGlycyrrhiza glabra (licorice) root extract, sodium ascorbyl phosphate,   panthenol, Centella asiatica extract, sodium hyaluronate, sodium ascorbyl   phosphate, tocopheryl acetate (vitamin e)Pro-Vitamin B5, chamomile, witch hazel, allantoin90.97% air mawar dari perkebunan mawar BulgariaAllantoin, calendula, great burdockVitamin E dan wheat germ oilEkstrak kelopak bunga marigold, algae extract (Laminaria digitata), gold,   aloe vera, collagen, vitamin B3/niacinamide
Klaim kecocokanKulit kering dan normalSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit normal cenderung berminyakKulit normal cenderung keringSemua jenis kulit
Preferensi bahan aditifBebas sulfat, bebas silikon, fungal acne safe, minimal ingredients,   cruelty freeBebas sulfat, bebas silikon, fungal acne safe, minimal ingredientsBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne   safe, minimal ingredientsBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, fungal acne safe, minimal   ingredientsBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne   safe, cruelty freeBebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe, minimal   ingredientsBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal   ingredients, cruelty freeBebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe, minimal   ingredientsBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, cruelty freeBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
KemasanBotol flip topBotol screw topBotol semprotBotol flip topBotol screw topBotol flip topBotol flip topBotol flip topBotol flip topBotol screw top
Ukuran100 mL500 mL150 mL200 mL180 mL200 mL250 mL125 mL250 mL120 mL
Kisaran hargaRp35.500Rp101.500Rp140.000Rp130.000Rp226.000Rp195.800Rp190.000Rp295.000Rp179.000Rp175.000
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi produk toner dari PickyBest lainnya!

Di samping formulasi untuk menghidrasi kulit, toner juga dirancang dengan fungsi exfoliating. Bahkan, Anda bisa memilih sesuai kondisi kulit, semisal kulit berminyak dan sensitif.

Berikut artikel kami lainnya yang bisa Anda cek apabila tertarik memilih toner dengan fungsi eksfoliasi. Pilihlah sesuai jenis kulit Anda agar toner bekerja makin optimal.

Kesimpulan

Guna memaksimalkan efektivitas produk skincare harian, Anda wajib menggunakan hydrating toner dengan rutin dan tepat. Saat ini, beberapa produk hydrating toner telah diformulasikan khusus untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit.

Perhatikan bahan yang digunakan, terlebih bila Anda memiliki kulit sensitif, berjerawat, atau cenderung berminyak. Anda bisa pilih salah satu produk sesuai kebutuhan kulit berdasarkan rekomendasi kami di atas. Semoga Anda dapat menemukan hydrating toner terbaik yang bekerja optimal!

Referensi

What Is Toner, Anyway? Our Guide to the Benefits of Toner in Your Skin-Care Routine
https://www.allure.com/story/what-is-toner diakses pada 13 Desember 2021

3 Fungsi Hydrating Toner
https://editorial.femaledaily.com/blog/2016/11/09/3-fungsi-hydrating-toner/ diakses pada 13 Desember 2021

The Best Ingredients to Control Oily Skin
https://www.everydayhealth.com/beauty-pictures/the-best-ingredients-to-control-oily-skin.aspx diakses pada 13 Desember 2021

Derms Say the ‘Big Four’ Are All You Need to Deal With Dry Skin
https://www.wellandgood.com/dry-skin-treatment/ diakses pada 13 Desember 2021

6 Skincare Ingredients to Avoid If You Have Sensitive Skin
https://theeverygirl.com/skincare-ingredients-to-avoid-if-you-have-sensitive-skin/ diakses pada 13 Desember 2021

Alcohol in Skin Care: Is It Ever Okay?
https://www.everydayhealth.com/smart-skin/alcohol-in-skin-care-is-it-ever-okay/ diakses pada 13 Desember 2021

Pemilik Kulit Berjerawat, Hindari 5 Kandungan Ini Dalam Produk Skin Care Milikmu!
https://www.beautynesia.id/berita-skincare/pemilik-kulit-berjerawat-hindari-5-kandungan-ini-dalam-produk-skin-care-milikmu/b-129916 diakses pada 13 Desember 2021

(Visited 272 times, 4 visits today)