Written by 23:44 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak ditandai dengan penampakannya yang mengilap, bahkan disertai pori-pori melebar. Kondisi ini disebabkan produksi minyak alami wajah secara berlebih yang terkadang berujung pada munculnya bintik hitam dan jerawat. Untuk menyeimbangkan sebum, Anda bisa menggunakan toner untuk kulit berminyak.

Di pasaran, tersedia beragam merek toner. Mulai dari Klairs, The Body Shop, sampai Nacific mengeluarkan toner dengan kelebihannya masing-masing. Supaya tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih produk beserta merangkum sepuluh produk terbaik versi PickyBest. Ikuti pembahasannya sampai selesai, ya!

Cara Memilih Toner untuk Kulit Berminyak

Pada bagian ini, kami akan menerangkan apa-apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam memilih toner. Misalnya, kecocokan antara kandungan bahan dengan kondisi kulit, jenis toner sesuai peruntukannya, dan kandungan zat aditif di dalamnya.

Sesuaikan Formulasi Bahan dengan Kondisi Kulit Anda

Apakah kulit berminyak Anda cukup reaktif sehingga tergolong sensitif? Atau, Anda justru bermasalah dengan kulit berminyak disertai jerawat? Apa pun kondisinya, selalu pilih toner yang menyesuaikan kondisi kulit Anda, ya.

Untuk Kulit Berminyak dan Sensitif, Pilih yang Mampu Mengangkat Minyak sekaligus Menghidrasi Kulit

Kulit berminyak yang sensitif rawan mengalami iritasi. Oleh karena itu, Anda yang mempunyai kondisi kulit seperti ini perlu memilih toner berkandungan bahan exfoliator dengan konsenterasi rendah. Selain mengandung bahan pengeksfoliasi, pastikan juga memiliki kandungan nutrisi yang menyeimbangkan hidrasi kulit.

Anda bisa memilih produk yang mengombinasikan glycolic acid sebagai exfoliator dan pengangkat minyak berlebih, dengan ekstrak lidah buaya dan kamomil yang menenangkan dan menjaga kelembapan kulit. Selain itu, sebisa mungkin hindari produk berkomposisikan alkohol karena berpotensi memicu iritasi.

Untuk Kulit Berminyak Disertai Berjerawat, Pilih yang Dilengkapi Properti Antiinflamasi

Kalau kulit berminyak Anda disertai kemunculan jerawat, Anda memerlukan toner yang mengurangi sebum sekaligus menenangkan peradangan. Ekstrak teh hijau dan minyak pohon teh adalah komponen yang mampu meredakan inflamasi akibat jerawat. Selain itu, minyak pohon teh juga membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Bila memungkinkan, cari juga toner yang mengandung niacinamide. Dengan bahan ini, kulit Anda akan merasakan dampak memudarnya bekas jerawat secara perlahan. Niacinamide pada toner juga dikenal mampu mengurangi pembengkakan serta mengontrol sebum, membuatnya ideal bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat.

Periksa Jenisnya, Hydrating atau Exfoliating Toner?

Toner dibedakan menjadi beberapa macam. Bagi kulit berminyak, Anda dianjurkan memilih toner dengan fungsi hydrating dan exfoliating. Hanya saja, Anda tetap perlu mengenali kebutuhan dasar kulit berminyak Anda.

Hydrating Toner: Mengontrol Produksi Minyak Berlebih akibat Dehidrasi

Jangan anggap wajah berminyak tidak membutuhkan produk dengan fungsi melembapkan. Justru, wajah berminyak sering kali disebabkan kurangnya kelembapan di lapisan dalam kulit. Hal inilah yang menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak sebum hingga membuat wajah berminyak.

Jagalah kelembapan wajah Anda dengan hydrating toner. Komponen pelembap yang biasa ditemukan pada hydrating toner antara lain hyaluronic acid, air mawar, kamomil, dan lidah buaya. Hydrating toner biasanya memiliki konsistensi ringan, bertekstur cair, dan tidak lengket.

Exfoliating Toner: Meluruhkan Sel Kulit Mati dan Kotoran yang Menyumbat Pori

Sebum berlebih biasanya terjebak di pori-pori wajah bersama sel-sel kulit mati dan kotoran. Untuk menyingkirkan masalah ini, Anda memerlukan exfoliating toner. Sesuai namanya, toner ini berfungsi melakukan eksfoliasi untuk membuang sel kulit mati dan kotoran yang menempel.

Exfoliating toner biasanya memiliki kandungan asam, misalnya glycolic acid atau salicylic acid. Komponen acid ini sangat ampuh untuk membersihkan pori dan permukaan kulit. Meski efektif, sebaiknya gunakan exfoliating toner tidak lebih dari dua kali dalam seminggu. Alasannya, sifat toner yang cenderung keras dapat membuat kulit mengering dan iritasi karena over-exfoliate.

Cermati Bahan Aditif yang Berisiko Negatif terhadap Kulit

Zat aditif tertentu dapat membawa dampak negatif bagi kulit. Astringents misalnya, sekilas terkesan bagus untuk merawat kulit berminyak dan rentan berjerawat. Padahal, kandungan alkohol dalam zat ini berisiko membuat kulit terlalu kering. Sifat alkohol yang keras juga dapat menyebabkan iritasi dan kemunculan dry patch.

Di samping itu, ada juga bahan-bahan yang patut Anda hindari karena dapat membuat kulit makin berminyak, misalnya coconut dan mineral oil. Kedua unsur ini lebih cocok untuk orang yang kulitnya kering karena berfungsi menghidrasi dan meningkatkan minyak alami wajah.

10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak

Kami telah membahas beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih toner untuk kulit berminyak. Selanjutnya, kami akan memperlihatkan sepuluh produk yang patut Anda pertimbangkan. Selamat menentukan!

1. Klairs Supple Preparation Unscented Facial Toner

Hadir untuk Anda yang sensitif terhadap minyak esensial atau wewangian

Produk asal Korea Selatan ini dapat digunakan oleh segala jenis kulit. Memiliki kandungan lipidure yang bersifat hidrofilik, produk ini cepat terserap serta menghidrasi kulit untuk waktu lama. Selain lipidure, terdapat pula komponen beta glucan yang bersifat antioksidan dan mampu menenangkan kulit sensitif.

Khusus varian ini, Klairs mendesain toner-nya tanpa tambahan aroma. Selain itu, produk ini juga dipastikan bebas minyak esensial. Buat Anda yang berkulit sensitif atau tidak suka dengan wewangian tajam, mungkin toner berbahan dasar tumbuhan alami ini cocok untuk Anda.

Formulasi bahanCentella asiatica extract, sodium hyaluronate, beta-glucan, panthenol, butylene glycol
Jenis tonerHydrating
Bebas bahan aditifParaben, sulfat, alkohol, silikon, pewangi
Ukuran180 mL
Kisaran hargaRp285.200

2. Naruko Tea Tree Shine Control & Blemish Clear Toner

Sumber: Naruko.my

Memberi sensasi dingin dengan kandungan minyak pohon teh

Exfoliating toner produksi Naruko satu ini tidak hanya efektif untuk mengangkat minyak berlebih dan sisa kulit mati, tetapi juga membantu hidrasi kulit agar tidak kering. Produk ini mengutamakan bahan-bahan yang bekerja menyeimbangkan minyak wajah, seperti salycylic acid, minyak pohon teh, dan zinc PCA.

Bila Anda tertarik dengan toner ini, bersiaplah untuk dimanjakan sensasi cairannya yang dingin. Tak cuma itu, perpaduan minyak pohon teh dan alkohol minimnya menghasilkan aroma menenangkan. Selain itu, toner ini juga tidak mengandung pengawet, paraben, serta teruji secara dermatologis, lho!

Formulasi bahanSalicylic acid, serenoa serrulata fruit extract, lentil seed extract, phytoferulin, gluconolactone, zinc PCA, tranexamic acid, witch hazel extract, glycosyl trehalose, allantoin, tea tree oil
Jenis tonerExfoliating
Bebas bahan aditifParaben, sulfat, silikon
Ukuran150 mL
Kisaran hargaRp210.000

3. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Mattifying Toner

Bisa untuk pengontrol minyak, pereda jerawat, bahkan pembersih makeup!

Ekstrak minyak pohon teh yang efektif untuk mengontrol minyak dapat Anda nikmati dari produk ini. Dengan pemakaian teratur, wajah Anda akan terlihat lebih bersih dan bebas kilap. Keberadaan agitez avant utilization pada toner ini turut membantu Anda yang menghadapi masalah jerawat.

Saat mengaplikasikan produk ini, akan terasa sensasi menggelitik di wajah. Walau demikian, Anda tidak perlu khawatir karena sensasi ini menandakan minyak pohon tehnya sedang bekerja. Selain itu, toner ini juga cocok Anda untuk Anda gunakan sebagai makeup cleanser.

Formulasi bahanTea tree oil (community fair trade), glycerin, allantoin, witch hazel extract
Jenis tonerExfoliating
Bebas bahan aditifParaben, sulfat, silikon
Ukuran250 mL
Kisaran hargaRp143.000

4. Nacific Real Floral Toner Calendula

Sumber: En.nacific.com

Cairannya bercampur dengan kelopak bunga Calendula. Unik!

Berbeda dari kebanyakan toner, Nacific mengisi botol toner produksinya dengan calendula water, bukan air biasa. Tak hanya itu, Anda juga akan melihat potongan kelopak bunga Calendula yang bercampur dengan cairan toner-nya. Calendula water pada produk ini mengantarkan fungsi melembapkan dan merevitalisasi kulit.

Alih-alih sebatas untuk kulit berminyak, Nacific mendesain toner dengan real petals ini agar tetap efektif menyuplai energi dan kelembapan untuk berbagai tipe kulit. Bila kondisi wajah berminyak Anda bermula karena dehidrasi pada lapisan dalam kulit, cobalah produk ini!

Formulasi bahanCalendula officinalis flower extract (1,020ppm), centella asiatica extract, herb 7-complex, sodium hyaluronate
Jenis tonerHydrating
Bebas bahan aditifParaben, sulfat, silikon
Ukuran180 mL
Kisaran hargaRp145.000

5. Benton Deep Green Tea Toner

Menurunkan produksi sebum dan merevitalisasi kulit

Teh hijau telah terbukti secara klinis memiliki khasiat untuk merawat kulit berminyak. Alasannya, teh hijau kaya akan zat polyphenol yang ketika bereaksi dengan kulit, akan mengurangi produksi sebum. Selain itu, komponen lain dari teh hijau juga memiliki fungsi merevitalisasi kulit.

Anda yang berkulit sensitif juga tidak perlu takut iritasi. Sebab, Benton Deep Green Tea Toner dibekali kandungan asam yang ringan. Efeknya, sebum berlebih di kulit akan berkurang tanpa membuat kulit menjadi kering. Selain itu, produk ini telah diuji secara dermatologis, sehingga keamanannya tidak perlu Anda ragukan!

Formulasi bahanCentella asiatica extract, houttuynia cordata extract, camellia sinensis leaf extract, glycerin, sodium hyaluronate
Jenis tonerHydrating
Bebas bahan aditifParaben, sulfat, alkohol, silikon, pewangi buatan, pewarna buatan
Ukuran150 mL
Kisaran hargaRp105.000

6. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Toner

Sumber: Sensatia.com

Formulasi khusus yang efektif mengurangi jerawat akibat minyak berlebih

Jika khasiat minyak pohon teh masih kurang untuk Anda, toner produksi Sensatia Botanicals ini mengombinasikan minyak pohon teh dengan ekstrak lemon dan gotu kola. Ekstrak lemonnya bertindak sebagai antioksidan untuk meredakan jerawat pada wajah berjerawat.

Sementara itu, produksi kolagen dalam kulit ikut meningkat berkat khasiat gotu kola-nya. Karena dirancang khusus untuk Anda yang kulitnya berminyak, Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Toner akan mengendalikan produksi sebum tanpa membuat kulit kering. Toner ini juga bebas kandungan alkohol sehingga takkan menyebabkan iritasi untuk Anda yang kulitnya sensitif.

Formulasi bahanAloe barbadensis leaf extract, papaya fruit extract, pachyrhizus erosus root extract, tea tree leaf oil, lemon peel oil, lemon fruit extract, centella asiatica extract
Jenis tonerHydrating
Bebas bahan aditifParaben, phthalate, palm oil, sulfat, silikon
Ukuran120 mL
Kisaran hargaRp160.000

7. The Body Shop Seaweed Oil Balancing Toner

Menyeimbangkan produksi minyak dengan manfaat ekstrak alga dan mentimun

The Body Shop menghadirkan toner dengan fungsi utama menyeimbangkan kadar minyak di wajah. Mengandung ekstrak alga merah yang kaya vitamin C, produk ini tak sekadar mencerahkan, namun lengkap dengan irish moss yang melembapkan kulit.

Belum usai, toner ini juga membawa kebaikan ekstrak mentimun yang akan memaksimalkan fungsi pengurang sebum sekaligus menciutkan pori-pori melebar. Kaya akan komposisi alami, toner ini memberi sensasi kesegaran yang nyata. Absennya alkohol membuat toner ini leluasa dipakai oleh Anda yang berkulit sensitif.

Formulasi bahanTocopherol, glycerin, menthol, cucumber extract
Jenis tonerExfoliating
Bebas bahan aditifSulfat, alkohol, silikon
Ukuran250 mL
Kisaran hargaRp149.000

8. Thayers Witch Hazel Aloe Vera Rose Petal

Sumber: Thayers.com

Perawatan kulit yang utuh dari segala lini

Thayers menggabungkan manfaat alami dari tiga bahan yang dikenal manjur untuk kulit berminyak, yaitu witch hazel, lidah buaya, dan kelopak mawar. Witch hazel berkhasiat mengecilkan pori-pori dan mengontrol sebum, lidah buaya memiliki fungsi hidrasi yang tinggi, sedangkan kelopak bunga mawar memiliki kandungan vitamin C yang mencerahkan kulit.

Nutrisi Thayers Witch Hazel Aloe Vera Rose Petal sangat lengkap untuk mengatasi segala jenis masalah untuk kulit Anda. Jika segala kelebihan tersebut masih belum membuat Anda yakin, produk ini juga bebas dari alkohol, pengawet, phthalate, bahkan gluten. Sudah lolos uji dermatologis, produk ini menawab segala kebutuhan kulit Anda!

Formulasi bahanWitch hazel extract, glycerin, aloe barbadensis leaf juice, rose water
Jenis tonerHydrating
Bebas bahan aditifParaben, alkohol, phthalate, gluten, silikon, sulfat
Ukuran355 mL
Kisaran hargaRp230.000

9. The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

Manfaat asam untuk mengurangi sebum berlebih dan jerawat

Exfoliating toner ini mengandalkan glycolic acid sebagai kandungan utamanya. Zat acid tersebut sangat efektif meredakan jerawat dengan meluruhkan sisa sel kulit mati dan minyak berlebih. Meski mengandung asam, produk ini termasuk ringan di kulit berkat ekstrak Tasmanian pepperbery yang meminimalisir risiko iritasi dari penggunaan asam.

Namun, Anda yang sedari awal memiliki kulit super sensitif sebaiknya tidak memakai produk ini. Ketika menggunakan The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution, sebaiknya didukung penggunaan tabir surya. Pasalnya, kandungan AHA dalam produk ini membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Produk ini sebaiknya hanya dipakai satu kali dalam sehari guna mengecilkan kemungkinan terjadinya iritasi.

Formulasi bahanGlycolic acid, panax ginseng root extract, tasmannia lanceolata fruit/leaf extract, glycerin, centaurea cyanus flower water
Jenis tonerExfoliating
Bebas bahan aditifParaben, sulfat, alkohol, silikon
Ukuran240 mL
Kisaran hargaRp210.000

10. Isntree Green Tea Fresh Toner

Sumber: Shopee.co.id

Formula antisebum yang terjamin bebas zat aditif pemicu iritasi

Berkat kandungan ekstrak teh hijau sebesar 80%, toner ini sangat andal mengurangi sebum berlebih. Jika kulit berminyak Anda sering ditumbuh jerawat, Isntree Green Tea Fresh Toner juga mengandung ekstrak centella asiatica dan allantoin yang menyingkirkan sisa kulit mati sekaligus merangsang regenerasi sel kulit baru.

Untuk fungsi hidrasi, toner ini dibekali beta glucan, pelembap golongan humectant yang menjaga kelembapan kulit dengan menarik molekul-molekul air dari udara dan mengikatnya di permukaan wajah. Guna menjamin keamanannya terhadap kulit, Isntree membebaskan produknya dari mineral oil, paraben, surfaktan, dan alkohol.

Formulasi bahanCamellia sinensis leaf extract, centella asiatica extract, salix alba bark extract, vaccinium angustifolium fruit extract, allantoin, dipotassium glycyrrhizate, beta-glucan
Jenis tonerHydrating
Bebas bahan aditifParaben, sulfat, alkohol, silikon, minyak esensial, pewangi buatan
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp211.000

Lihat juga rekomendasi produk terbaik untuk kulit berminyak lainnya di sini!

Di samping toner, Anda perlu memastikan seluruh skincare yang Anda pakai tidak menimbulkan efek samping pada kulit berminyak Anda. Maka dari itu, kami anjurkan Anda memilih produk skincare lain sesuai kondisi kulit.

Melalui artikel-artikel berikut, Anda dapat menemukan produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk kulit berminyak. Silakan pilih salah satu jenis atau lebih produk yang saat ini belum Anda miliki!

10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak
10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak

Kesimpulan

Toner merupakan salah satu jenis skincare yang esensial. Untuk menemukan toner yang cocok dengan kebutuhan kulit berminyak memang diperlukan kesabaran. Beberapa hal perlu Anda pertimbangkan, seperti kesesuaian formulasi bahan dengan kondisi kulit, jenis toner itu sendiri, dan kandungan zat aditif di dalamnya.

Jika Anda belum berpengalaman, lebih baik pilih produk yang ringan dan terbuat dari ekstrak bahan-bahan alami tanpa alkohol. Bila memungkinkan, sebelum membeli, lakukan patch test mandiri untuk mengecek kecocokan produk dengan kulit Anda. Semoga Anda berhasil temukan toner untuk kulit berminyak Anda, ya!

(Visited 559 times, 1 visits today)