Written by 06:40 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Toner Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif

COSRX Centella Water Alcohol Free Toner

Adakah ketakutan untuk memakai face toner pada kulit wajah sensitif Anda? Dengan memilih produk yang tepat, toner justru akan memberikan kelembapan baik tanpa menimbulkan iritasi. Sederet produsen menyediakan pilihan toner wajah untuk kulit sensitif, sebut saja COSRX, Avoskin, Pixi, Etude House, dan masih banyak lagi.

Sebelum membeli toner, Anda perlu memperhatikan sejumlah elemen penting. Dalam rangka memudahkan, kami akan membantu Anda menemukan toner wajah yang bagus untuk kulit sensitif. Mulai dari cara memilih hingga rekomendasi produk terbaik dapat Anda simak di dalam artikel ini. Sudah siap? Ayo kita mulai pembahasannya!

Kegunaan Face Toner untuk Kulit Sensitif

Kegunaan Face Toner untuk Kulit Sensitif

Toner merupakan cairan yang bekerja dengan baik dalam memberikan kelembapan kulit. Biasanya, toner dipakai sehabis mencuci muka untuk mengembalikan hidrasi cairan serta membantu mempersiapkan kulit untuk menerima skin care lanjutan, misalnya cream atau lotion dengan efek-efek tertentu.

Pada kulit sensitif, toner mengandung formula yang sangat berguna. Misalnya saja properti humektan, sebuah komponen pelembap untuk mendorong dan mempertahankan kelembapan kulit. Kulit kering dan sensitif akan terbantu oleh agen pelembap, terutama dalam menangkal kekeringan dan gatal yang erat kkaitannya dengan kulit sensitif.

Beberapa produk toner juga dilengkapi antioksidan dan bahan anti-inflamasi untuk mengurangi kemerahan dan iritasi. Meski demikian, tetap saja ditemukan toner yang bekerja mengelupas kulit. Toner yang dirancang sebagai exfoliator  biasanya mengandung AHA atau BHA. Anda sebaiknya menghindari toner dengan konsentrasi acid tinggi karena dapat memicu terjadinya iritasi.

Cara Memilih Toner yang Bagus untuk Kulit Sensitif

Banyak hal untuk diperhatikan dalam memilih toner untuk kulit sensitif. Kami telah merangkum untuk memudahkan Anda dalam proses penentuan produk. Mari dibaca dengan saksama tips-nya!

Sesuaikan Komponen Produk dengan Tipe Kulit Sensitif Anda

Sewaktu memilih toner untuk kulit sensitif, Anda perlu memeriksa terlebih dahulu bagaimana tipe kulit sensitif Anda. Secara umum, kulit sensitif dibedakan menjadi kulit sensitif berminyak, kering, rentan berjerawat, atau kulit sensitif dikarenakan ketidakseimbangan hormon.

Setiap produk skin care mengandung formula unik yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Oleh karena itu, jangan sampai Anda asal-asalan dalam memilih. Yuk, penuhi kebutuhan kulit sensitif Anda dengan memilih produk toner yang sesuai. Check it out!

Untuk Kulit Sensitif Berminyak, Pilihlah Toner dengan Kandungan Penyingkir Minyak

Untuk Kulit Sensitif Berminyak Pilihlah Toner dengan Kandungan Penyingkir Minyak

Kulit sensitif yang disertai minyak dapat disebabkan oleh lingkungan dalam kulit yang kering. Untuk menyeimbangkan kondisi tersebut, sebum pun diproduksi secara berlebih sehingga naik ke permukaan kulit terluar yang tentunya berisiko menimbulkan masalah baru. Untuk Anda yang mengalami kondisi satu ini, carilah face toner yang dibekali kandungan oil absorber.

Karena lapisan kulit Anda cenderung tebal akibat tumpukan minyak, toner yang mengandung salicylic acid dan witch hazel merupakan formula ideal untuk dicari. Kedua komponen ini akan menindak minyak secara lembut tanpa menyebabkan kulit teriritasi. Jangan lupa mencari toner berpartikel halus agar tidak menyumbat pori, serta temukan toner yang mengandung pelembap seperti ceramide untuk meninggalkan kelembapan sempurna pada kulit Anda.

Untuk Kulit Sensitif Kering, Toner dengan Tambahan Pelembap Solusinya!

Untuk Kulit Sensitif Kering Toner dengan Tambahan Pelembap Solusinya

Salah satu tipe kulit sensitif yang paling menyulitkan adalah disertai kondisi kering. Jika kondisi ini tidak mendorong kelenjar minyak memproduksi sebum penyeimbang kelembapan, tentu kulit sensitif Anda akan rentan mengalami pengelupasan, kemerahan, dan terasa perih ketika memakai produk skin care yang tidak tepat. Bagi pemilik tipe kulit sensitif yang kering, sebaiknya Anda mencari toner yang dibekali kandungan pelembap.

Bahan-bahan seperti ceramide, glycerin, dan hyaluronic acid sangat efektif memelihara kelembapan kulit kering Anda. Pilihlah toner bebas alkohol untuk menjaga kondisi wajah tetap stabil. Bahan anti-inflamasi seperti vitamin C dan green tea juga dapat dipilih karena mampu meninggalkan sensasi menenangkan untuk kulit sensitif Anda yang kering.

Untuk Kulit Sensitif Rentan Berjerawat, Utamakan Produk Non-Comedogenic yang Mampu Mengecilkan Pori

Untuk Kulit Sensitif Rentan Berjerawat Utamakan Produk Non Comedogenic yang Mampu Mengecilkan Pori

Karena kulit berjerawat hampir selalu berkaitan dengan masalah kulit berminyak, tentu toner wajah yang paling tepat adalah produk berkandungan bahan yang selain bekerja mengontrol minyak, juga tidak menyebabkan terjadinya penyumbatan pori-pori. Anda yang memiliki kulit sensitif acne-prone perlu menemukan toner dengan komposisi salicylic acid.

Bahan tersebut juga mampu mengecilkan pori-pori terbuka dengan cara menyingkirkan minyak. Namun, salicylic acid memungkinkan terjadinya kulit kering pasca perawatan sehingga Anda perlu memeriksa reaksinya terhadap kulit sensitif Anda untuk memutuskan melanjutkan pemakaian produk atau tidak. Sebagai tip tambahan, pilihlah toner yang memiliki nilai pH seimbang dengan kulit.

Untuk Kulit Sensitif akibat Ketidakseimbangan Hormon, Carilah Toner Berkandungan Sederhana

Untuk Kulit Sensitif Akibat Ketidakseimbangan Hormon Carilah Toner Berkandungan Sederhana

Tidak sedikit wanita mengeluh kulitnya lebih sensitif saat memasuki masa menstruasi. Masalah seperti jerawat juga kerap muncul akibat ketidakseimbangan hormon. Untuk memelihara kulit sensitif akibat terjadinya fluktuasi hormon, Anda kami sarankan mencari toner yang formulanya lebih sederhana agar bisa menetralkan kondisi kulit tanpa menimbulkan masalah baru.

Toner yang formulanya sedikit dapat Anda pilih, namun tetap teliti apa saja kandungannya, ya! Misalnya, toner wajah yang mengandung retinol mungkin membantu Anda memperoleh efek anti-aging, akan tetapi bahan tersebut sangat berisiko mengiritasi kulit. Kami sarnakan Anda membeli toner berukuran kecil terlebih dahulu untuk melihat efeknya terhadap kulit dalam penggunaan singkat.

Hindari Kandungan yang Mendorong Terjadinya Iritasi Kulit

Hindari Kandungan yang Mendorong Terjadinya Iritasi Kulit

Produk toner dirumuskan bersama berbagai formula untuk memberi perawatan yang sesuai terhadap kulit masing-masing orang. Misalnya, untuk memberikan efek dingin, tak jarang produsen mengandalkan alkohol. Lebih baik menjauhi toner berkandungan alkohol apabila Anda mengalami kulit sensitif, entah itu berjenis ethanol, methanol, denatured alcohol, ataupun isopropyl alcohol.

Selain alcohol-free, toner untuk kulit sensitif sebaiknya tidak juga mengandung bahan-bahan iritatif semacam pewarna dan pewangi sintetis. Lalu, para dermatolog menyarankan agar orang dengan tipe kulit sensitif untuk tidak memilih produk berkandungan sodium lauryl sulfate (SLS) dan mineral oil yang bisa menstimulasi kulit sensitif. Produk dengan partikel lembut, non-comedogenic, dan ber-pH rendah adalah pilihan terbaik!

Cermati Seluruh Komponen dalam Produk yang Mengklaim “Aman untuk Kulit Sensitif”

Cermati Seluruh Komponen dalam Produk yang Mengklaim “Aman untuk Kulit Sensitif”

Saat menuju drugstore atau membelinya secara online, tidak sedikit Anda menemukan toner yang mengklaim aman untuk kulit sensitif. Label seperti “terbuat dari bahan-bahan alami” atau  “mengandung komponen organik” seakan menjadi hint yang mendorong Anda untuk membeli produk tersebut.

Sebaiknya Anda tetap waspada dengan selalu memeriksa komposisi apa saja yang terkandung di dalam sebuah toner. Kita ambil contoh, sebuah produk boleh saja mencatutkan label “organik”, tetapi di dalamnya terkandung bahan berbasiskan minyak yang dapat mengakibatkan iritasi apabila terakulumasi dengan zat lain di kulit sensitif Anda.

Hal termudah yang bisa Anda lakukan adalah membaca review pengguna lain melalui forum atau blog secara online. Jika Anda membeli langsung di drugstore atau toko semacamnya, bila memungkinkan, uji cobakan produk ke lengan bagian dalam untuk mengetahui adanya reaksi iritasi atau tidak. Pastikan produk tersebut aman untuk kulit sensitif Anda, ya!

10 Rekomendasi Toner Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif

Sekarang, kita bisa melihat langsung sepuluh merek toner wajah terbaik yang dapat dipilih sebagai treatment product untuk kulit sensitif. Temukanlah produk toner yang sesuai dengan tipe kulit sensitif Anda!

1. Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Toning Toner

Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Toning Toner

Toner wajah bebas paraben dan alkohol, aman untuk kulit sensitif!

Punya masalah dengan kulit kusam, namun ragu menggunakan exfoliating toner karena besar kemungkinan menyebabkan iritasi? Berita baiknya, toner wajah persembahan Skin1004 satu ini bersifat exfolating yang sanggup mengatasi noda hitam dan bekas jerawat tanpa harus membuat kulit sensitif Anda bereaksi.

Polyhydroxy acid (PHA) yang terkandung lebih mild dalam mengelupas sel mati yang gelap. Didukung peran hyaluronic acid, kelembapan yang diberikan menjadikannya salah satu toner terbaik untuk kulit sensitif. Satu lagi, Skin1004 mengantongi centella asiatica dan niacinamide sebagai penyembuh luka, peningkat kolagen, pereda inflamasi, dan pencerah kulit.

Tipe kulit Sensitif berjerawat dengan bintik hitam
Kandungan Polyhydroxy Acid, Hyaluronic Acid, Niacinamide
Berat/isi 210 ml
Kisaran harga Rp360.000

2. Pixi Glow Tonic

Pixi Glow Tonic

Terdiri dari bahan-bahan alami yang menjadikan kulit lebih glowing, sehat, dan lembut

Anda dapat mengetahui seberapa banyak sisa toner untuk kulit sensitif ini karena kemasannya berupa plastik transparan. Pixi hadir dalam 3 varian ukuran, mulai dari sample size 15 ml, travel size 100 ml, sampai full size 250 ml. Apabila Anda membutuhkan toner kulit sensitif yang tidak lengket dan tanpa kandungan alkohol, produk berikut pilihannya.

Pixi Glow Tonic tersusun dari bahan baku tumbuh-tumbuhan. Mempunyai tekstur light-watery yang tidak lengket, daya resapnya terbilang cepat dan mudah. Aroma akar ginseng dan air mawar menyegarkan menambah kenyamanan sewaktu pengaplikasian. Cukup dioles sedikit saja, toner satu ini siap mengirimkan glycolic acid 5%-nya untuk membersihkan kulit mati, serta komponen alami lain yang berfungsi memutihkan wajah.

Tipe kulit Sensitif berminyak
Kandungan Glycolic Acid, Witch Hazel, Panax Ginseng Root Extract, Aloe Vera Extract
Berat/isi 100 ml
Kisaran harga Rp235.000

3. LUSH Eau Roma Toner Water

LUSH Eau Roma Toner Water

Toner cruelty-free yang mengandung safe synthetics

Bersama rose water yang dibawa, toner ini menawarkan efek soothing dan calming secara bersamaan. Rose water bekerja sempurna mendinginkan iritasi dan meredakan kemerahan. Diperlengkap lavender water, bahan alami tersebut mendukung pengeluaran minyak berlebih untuk memberikan tekstur kulit yang lembut dan terkontrol kelembapannya.

LUSH Eau Roma Toner Water mempunyai tekstur yang sangat lembut dan mudah diaplikasikan. Mood Anda ikut terjaga berkat aroma floral lembut yang terpancarkan. Pakailah toner wajah ini untuk kulit sensitif Anda setiap malam setelah mencuci muka. Rasakan sensasi kulit terhidrasi dan terjaga kelembapannya di pagi hari!

Tipe kulit Sensitif berminyak
Kandungan Rose Water, Lavender Water
Berat/isi 100 g
Kisaran harga Rp260.000

4. Avène Gentle Toning Lotion

Avène Gentle Toning Lotion

Toner dan mist dengan kemampuan memproteksi kulit dari kekeringan dan iritasi

Avene Gentle Toning Lotion berperan baik dalam menyembuhkan iritasi kulit. Lebih menariknya lagi, toner ini mampu mencegah kekeringan kulit akibat faktor eksternal. Diformulasi khusus untuk kulit yang sangat sensitif, seluruh komponennya terbukti aman karena berasal dari bahan-bahan natural seperti thermal spring water sebagai penghidrasi kulit.

Avene telah mengujicobakan produk ini melalui tes dermatologis dengan hasil berupa perbaikan kondisi pada kulit rentan iritasi. Bukan cuma itu, produk ini juga hypoallergenic dan tidak mengandung paraben, sehingga efektivitasnya pun bisa dirasakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit dewasa!

Tipe kulit Sangat sensitif, berminyak, kering, dan acne-prone
Kandungan Avene Thermal Spring Water, Antioxidant
Berat/isi 200 ml
Kisaran harga Rp405.000

5. Avoskin Miraculous Refining Toner

Avoskin Miraculous Refining Toner

Fungsi optimal dalam mengusir minyak dan mencerahkan wajah

Apakah Anda mengeluh akan wajah sensitif dan berminyak yang lama-kelamaan tampak kusam akibat tumpukan minyak di permukaan kulit? Jika iya, toner dari Avoskin berikut ini sangat kami rekomendasikan. Terdiri dari 3 bahan chemical peeling, yakni AHA, BHA, dan PHA, seluruhnya bersinergi menyingkirkan kulit mati dan akulumasi minyak yang membuat wajah tampak kusam.

Walau tersusun dari tiga macam acid, toner tanpa paraben, parfum, pewangi, dan mineral oil ini dilengkapi bahan pelembap berupa witch hazel, aloe vera, dan raspberry. Hal menarik lainnya juga dimiliki produk ini, yakni keberadaan niacinamide untuk meratakan warna kulit sekaligus mencerahkan wajah. Seluruh formulasi Avoskin Miraculous Refining Toner juga aman untuk acne prone, lho!

Tipe kulit Sensitif berminyak dan berjerawat
Kandungan Alpha Hydroxy Acid, Beta Hydroxy Acid, Poly Hydroxy Acid, Niacinamide, Tea Tree, Witch Hazel, Aloe Vera, Raspberry
Berat/isi 100 ml
Kisaran harga Rp170.000

6. Corine de Farme Gentle Rose Water

Corine de Farme Gentle Rose Water

Membuat kulit terasa tenang dan terhidrasi tanpa efek lengket

Produk besutan brand asal Perancis, Corine de Farme, yang satu ini adalah hydrating toner yang akan memanjakan kulit sensitif Anda. Membawa kebaikan rose water, kandungan tersebut bekerja lembut dalam me-refreshing kulit sensitif dan memancarkan aroma menenangkan setiap kali digunakan.

Tidak hanya tersusun dari 97% bahan-bahan alami, Corine de Farme Gentle Rose Water juga dipastikan paraben-free dan colourant-free. Anda bisa memanfaatkan produk ini sebagai toner sekaligus mist untuk menyegarkan wajah. Walau tidak travel-friendly, Anda tetap diuntungkan oleh ukurannya yang besar, belum lagi soal tekstur cepat meresap dan tidak lengket. Paket lengkap!

Tipe kulit Sensitif kering
Kandungan Glycerin, Rosa Damascena Flower Extracts, Citric Acid
Berat/isi 200 ml
Kisaran harga Rp130.000

7. Simple Kind to Skin Soothing Facial Toner

Simple Kind to Skin Soothing Facial Toner

Hydrating toner yang tidak menimbulkan reaksi negatif pada kulit sensitif

Kami rekomendasikan Anda Simple Kind to Skin Soothing Facial Toner apabila memerlukan toner yang murah untuk kulit sensitif. Dengan klaim “Skin Sensitive Experts”, produk ini dirumsukan bersama bahan-bahan super aman. Anda tidak akan menemukan alkohol, pewangi buatan, pewarna buatan, paraben, bahan turunan hewani, dan bahan kimia lain yang berpotensi mengiritasi pada toner ini.

Klaim tersebut dibuktikan melalui pengujian secara dermatologis untuk memastikan tingkat keamanannya, terutama ketika dipakai ke kulit sangat sensitif. Selain itu, toner yang juga hypoallergenic ini diperkaya pula bahan-bahan alami untuk merawat, menyegarkan, dan meredakan kulit rentan sensitif. Tenang saja, toner ini juga tidak berbau dan meninggalkan residu lengket, kok!

Tipe kulit Semua kulit sensitif
Kandungan Vitamin B5, Witch Hazel, Allantoin, Chamomile, Glycerin, Niacinamide, Panthenol
Berat/isi 200 ml
Kisaran harga Rp90.000

8. COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner

COSRX Centella Water Alcohol Free Toner

Menyimpan komposisi sederhana untuk meminimalisir terjadinya iritasi

Face toner dari COSRX ini didesain dengan tingkat pH yang mendekati pH normal kulit wajah, menjadikannya ideal untuk segala jenis kulit termasuk kulit sensitif. Produk ini mengandalkan centella asiatica leaf water sebagai bahan yang terbukti ampuh menyembuhkan iritasi kulit dan menenangkan inflamasi.

Secara bersamaan, soothing and hydrating toner ini meninggalkan penampilan kulit glowing dan smooth melalui efek kerja hydrating komponen mineral water yang didapat langsung dari pulau Jeju di Korea. Toner ini kompatibel untuk segala jenis kulit sensitif ataupun non-sensitif karena komposisinya dirancang agar seminim mungkin.

Tipe kulit Semua kulit sensitif
Kandungan Centella Asiatica Leaf Water, Salix Alba (Willow) Bark Water,

Pyrus Malus (Apple) Fruit Water

Berat/isi 150 ml
Kisaran harga Rp165.000

9. Secret Key Milk Brightening Toner

Secret Key Milk Brightening Toner

Bertekstur cair yang mampu menyerap cepat ke lapisan kulit

Secret Key menyebutkan toner keluarannya ini aman dipakai segala jenis kulit sensitif karena membopong 5 Free System, yakni bebas paraben, mineral oil, benzophenone, phenoxyethanol, dan animal-based oils. Meski hanya tercantum keterangan “Brightening”, sebenarnya toner ini juga memberikan efek hydrating sangat baik.

Untuk Anda yang ingin melembapkan seluruh wajah tidak perlu mengoleskan toner ini banyak-banyak ke kulit. Selain itu, Secret Key Milk Brightening Toner juga menyuguhkan kebaikan mineral, vitamin, protein alami, dan AHA alami untuk membantu meningkatkan imunitas kulit. Efek cerah dengan kulit yang lembap dan sehat akan Anda dapati ketika memakai produk ini!

Tipe kulit Semua kulit sensitif
Kandungan Milk Protein Extract, Green Tea Extract, Soybean Extract, dll
Berat/isi 285 ml
Kisaran harga Rp120.000

10. Etude House Soon Jung pH 5.5 Relief Toner

Etude House Soon Jung pH 55 Relief Toner

Membantu perbaiki kulit sensitif yang rusak dan breakout

Toner merek Korea satu ini diciptakan dengan nilai pH yang sama dengan pH kulit normal. Anda dapat mengandalkan Etude House Soon Jung pH 5.5 Relief Toner sebagai solusi untuk meredakan bermacam permasalahan umum dari reaksi kulit sensitif, seperti iritasi, kemerahan, kekeringan, dan sebagainya.

Etude House memastikan toner ini tidak hanya hypoallergenic, tetapi juga terbebas dari 10 toxic ingredients yang memicu kerusakan kulit. Yang juga mungkin Anda akan sukai dari produk ini adalah teksturnya yang begitu cair sehingga tidak butuh waktu lama menunggunya menyerap ke dalam kulit. Satu lagi, produk ini tidak memiliki wewangian, cocok untuk Anda yang kurang suka produk beraroma mengganggu.

Tipe kulit Sensitif yang rusak akibat faktor eksternal
Kandungan Panthenol, Madecassoside, Glycerin, Camellia Sinensis Leaf Extract
Berat/isi 180 ml
Kisaran harga Rp138.000

Cara Menggunakan Toner untuk Kulit Sensitif

Cara Menggunakan Toner untuk Kulit Sensitif

Penggunaan toner untuk kulit sensitif tidak jauh berbeda dengan pengaplikasian untuk tipe kulit lain. Waktu terbaik antara lain sehabis membersihkan muka dari sisa makeup atau menjelang tidur bila menginginkan penyerapan dengan efek kerja lebih baik.

Untuk meminimalisir terjadinya iritasi kulit, selalu berhati-hati dengan penggunaan toner saat pertama kali. Mulailah dengan mengoleskan sedikit toner ke area wajah, lalu batasi pemakaiannya setiap malam kedua atau ketiga. Sebaiknya hentikan penggunaan produk yang sama apabila Anda mendapati efek samping seperti berikut:

  • Ruam kulit
  • Sensasi terbakar setiap habis penggunaan
  • Kulit terasa gatal
  • Timbul bintik-bintik merah
  • Bentuk breakouts lain yang belum pernah Anda alami sebelumnya

Apabila terjadi salah satu atau beberapa masalah tersebut, gantilah toner Anda dengan produk yang formulanya lebih gentle. Anda bisa meminta bantuan ahli untuk menemukan toner terbaik untuk kulit sensitif Anda.

Perawatan Alami untuk Kulit Sensitif dengan Toner Handmade

Lakukan Perawatan Alami untuk Kulit Sensitif

Memilih toner yang cocok untuk kulit sensitif memang menjadi PR tersendiri bagi setiap orang. Selama belum menemukan produk yang sesuai dan aman, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat toner kulit sensitif sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dapat menenangkan kulit sensitif dan mencegah pertumbuhan bakteri dapat Anda manfaatkan.

Berikut ini resep toner yang dapat dengan mudah Anda ikuti untuk diterapkan pada kulit sensitif Anda. Bahan-bahannya antara lain:

  • 2 tetes tea tree oil
  • 2 sendok teh rose water
  • 1 sendok makan aloe vera gel

Setelah memiliki bahan-bahan tersebut, campurkan semuanya ke dalam sebuah wadah kecil, lalu aduk dan simpan ke dalam stoples atau jar berukuran kecil. Gunakan setiap kali Anda memerlukannya, lalu buanglah toner handmade ini setelah 1 minggu sejak hari pertama pembuatan.

Kesimpulan

Toner dapat memberikan manfaat luar biasa untuk kulit sensitif Anda. Di samping mencegah terjadinya iritasi, toner untuk kulit sensitif juga membantu pemeliharaan kulit Anda agar senantiasa sehat dan lembap. Sebagaimana dalam pembahasan, toner yang diperuntukkan bagi kulit sensitif mengandung formula berbeda tergantung tipe kulit sensitif masing-masing orang. Pilihlah toner yang paling pas dengan kulit sensitif Anda.

Jangan lupa mengecek ingredients lain yang berguna seperti anti-inflammatory, properti antimicrobial, dan hydrating agent. Beberapa bahan tambahan seperti glycerin, hyaluronic acid, dan witch hazel juga dapat dipilih untuk melembapkan kulit sensitif Anda. Apa pun pilihannya, pastikan toner yang Anda gunakan bebas alkohol dan bahan sintetis, ya!

(Visited 68.579 times, 98 visits today)