Written by 00:04 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Sabun Muka Penghilang Komedo Terbaik

Himalaya Gentle Exfoliating Daily Face Wash

Kotoran, minyak, dan sisa makeup yang tidak dibersihkan menyebabkan komedo muncul. Penting melakukan perawatan dengan sabun muka penghilang komedo supaya wajah bersih dan terasa halus. Anda sedang mencari sabun wajah untuk menghilangkan komedo, namun belum mengerti mana sajakah produk terbaik yang bagus dipilih?Relax!

Lewat artikel ini, kami akan temani Anda menemukan sabun muka penghilang komedo terbaik. Sebelum menengok merek produk keluaran Sebamed, Cetaphil, atau The Face Shop, terlebih dahulu kita pahami penyebab komedo muncul dan poin-poin pertimbangan yang perlu ditinjau saat memilih sabun pembersih untuk mengatasi komedo. Let’s get started!

Apa yang Menyebabkan Kemunculan Komedo?

Komedo adalah salah satu bentuk jerawat paling ringan. Apabila Anda bertanya-tanya mengapa komedo muncul ke area wajah, terutama di sekitar hidung, di bagian ini kami akan membahasnya! Mulai dari faktor paling umum seperti hormon, paparan sinar matahari, hingga mungkin yang tidak Anda duga: stres dan genetik, semua dijelaskan lengkap pada section ini.

Terjadinya Perubahan Hormon di Dalam Tubuh

Faktor utama yang berkontribusi besar terhadap kemunculan komedo adalah adanya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Fluktuasi hormon membuat produksi sebum oleh kelenjar minyak meningkat, yang mana menghasilkan pori-pori terbuka sebagai jalan keluar minyak ke permukaan kulit. Terjadinya perubahan hormon dapat difaktori oleh beberapa hal, seperti pubertas, menstruasi, dan kehamilan.

Pubertas: Penyebab Umum yang Memicu Hormonal Acne

Pubertas Penyebab Umum yang Memicu Hormonal Acne

Jenjang usia remaja sangat besar mengalami perubahan hormon, dan inilah pen-trigger dari munculnya jerawat hormon (hormonal acne). Sewaktu pria dan wanita memasuki usia pubertasnya, tubuh mulai memperbanyak kadar hormon androgen. Nah, hormon androgenlah yang kemudian menciptakan ragam masalah, semisal jerawat dan komedo (blackheads).

Apabila kebersihan wajah tidak dibantu dengan rutin menerapkan sabun muka untuk menghilangkan komedo, peningkatan level androgen semakin memperburuk kondisi akibat aktivitas bakteri yang intens, di mana memungkinkan kondisi seperti timbul jerawat batu, jerawat papula, atau bahkan jerawat bernanah.

Mensturasi: Mendorong Produksi Sebum Berlebih Akibat Meningkatnya Progesteron

Mensturasi Mendorong Produksi Sebum Berlebih Akibat Meningkatnya Progesteron

Komedo lazim terjadi pada rata-rata wanita selama atau sebelum fase menstruasi. Kondisinya pun bisa lebih parah ketika sedang berada dalam masa menstruasi karena tubuh mengalami perubahan hormon di masa ini. Berkaitan dengan hal tersebut, kadar estrogen saat menstruasi menurun, sedangkan progesteron meningkat.

Peningkatan hormon progesteron di dalam tubuh mendorong kelenjar minyak lebih banyak menghasilkan sebum. Sebagai kompensasinya, komedo dan jerawat bermunculan. Masalah kulit yang berhubungan dengan menstruasi ini umumnya dimulai sekitar 2 – 7 hari sebelum menstruasi, dan berakhir ketika tingkat progesteron berada di level normal.

Kehamilan: Meningkatkan Aktivitas Kelenjar yang Berisiko Memunculkan Komedo dan Jerawat

Kehamilan Meningkatkan Aktivitas Kelenjar yang Berisiko Memunculkan Komedo dan Jerawat

Tidak sedikit wanita hamil menyadari bahwa kemunculan komedo dan jerawat semakin buruk pada fase pregnancy. Lagi-lagi hal tersebut didorong oleh perubahan hormon tubuh. Beberapa mungkin mengambil tindakan preventif dengan konsumsi obat seperti isotretinoin. Sebaiknya Anda tidak sembarangan memakai obat tanpa panduan dokter.

Penggunaan obat semacam isotretinoin dapat menyebabkan birth defects pada 25-35% bayi yang lahir dari perempuan pengonsumsi precautions drug seperti itu di 3 bulan atau trimester pertama kehamilan. Selain isotretinoin, jangan pula mengonsumsi obat jerawat berupa tazarotene dan spironolactone yang telah dibuktikan tidak aman dikonsumsi saat kehamilan.

Sementara menggunakan sabun penghilang komedo termasuk aman untuk ibu hamil, bergantung komposisinya. Supaya lebih jelas, kami sangat menyarankan agar Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter kulit atau dokter kandungan untuk memperoleh saran terbaik. Biasanya dokter tidak menyarankan penggunaan obat jerawat selama kehamilan, namun pelarangan ini belum tentu berlaku pada penggunaan skincare.

Konsumsi Pil KB yang Tinggi Kandungan Progestin

Konsumsi Pil KB yang Tinggi Kandungan Progestin

Apakah ada hubungan antara konsumsi pil KB (Keluarga Berencana) atau birth control pills dengan pembentukan komedo? Jawabannya: ada. Namun, tidak semua wanita menerima efek breakouts ini, karena sebagian lain memperoleh pil KB yang dapat menurunkan level androgen, sehingga berdampak pada pengurangan jumlah sebum.

Sementara pil KB yang mengandung kadar progestin tinggi akan memperbanyak jumlah komedo. Sebaiknya Anda mencari pil KB dengan kandungan penghasil cukup estrogen. Food and Drug Administration (FDA) sendiri menyebutkan beberapa jenis obat kontrasepsi justru efektif menghilangkan komedo.

Jadi, apabila Anda menghadapi masalah komedo selama konsumsi pil KB, temuilah dokter untuk mengetahui apakah Anda memerlukan pergantian resep obat atau tidak.

Faktor Genetik Juga Berperan dalam Menimbukan Komedo

Faktor Genetik Juga Berperan dalam Menimbukan Komedo

Tahukah Anda bahwa genetik ternyata berperan dalam memunculkan komedo? Anda yang mempunyai kulit acne-prone atau rentan berkomedo boleh jadi disebabkan oleh gen yang diturunkan oleh orang tua Anda.

Bukan hanya itu, imunitas tubuh dapat pula menentukan seberapa buruk komedo yang Anda alami. Apabila tubuh Anda sangat sensitif terhadap bakteri, Anda mungkin lebih sering didatangi oleh masalah satu ini.

Stres Berkontribusi dalam Menyebabkan Wajah Breakouts

Stres Berkontribusi dalam Menyebabkan Wajah Breakouts

Para ahli kulit dan peneliti menemukan adanya keterkaitan antara tingkat stres tinggi terhadap acne breakouts dalam beberapa studi. Namun, stres tidak dianggap sebagai penyebab langsung (direct cause), melainkan cikal bakal yang memperparah kondisi breakouts.

Walaupun sabun muka penghilang komedo dapat membantu membersihkan komedo, tetap dianjurkan agar Anda menerapkan stress management atau lakukan meditasi untuk mengurangi stres.

Paparan Sinar Matahari dapat Memicu Pembentukan Komedo

Paparan Sinar Matahari dapat Memicu Pembentukan Solar Comedo

Kulit wajah yang terekspos sinar matahari berisiko mengalami komedo. Penggelapan pori dapat terjadi akibat produksi pigmen melanin secara berlebih. Untuk menggulangi hal ini, pertama-tama Anda perlu memberikan pelindung wajah sebelum beraktivitas.

Pemakaian sunscreen dapat menjaga kulit halus wajah Anda dari paparan langsung sinar matahari. Pada usia lanjut, sengatan matahari berisiko membentuk solar comedo. Membiasakan diri memakai sunscreen berguna pula mencegah berbagai gangguan kulit lain, termasuk kanker kulit.

Kesalahan dalam Mengonsumsi Makanan Sewaktu Diet

Kesalahan dalam Mengonsumsi Makanan Sewaktu Diet

Pada dasarnya, diet sendiri tidak menyebabkan komedo. Malahan, sebuah studi kecil-kecilan menemukan hasil bahwa orang yang menerapkan low-glycemic diet menunjang efektivitas pengurangan komedo dan jerawat.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 2.000 orang di empat negara tersebut menjadi bukti bahwa diet rendah glikemik dapat menjadi solusi untuk Anda yang ingin menghilangkan komedo. Tetapi sayangnya, beberapa jenis asupan, contohnya susu skim sapi juga menunjukkan keterkaitan terhadap pembentukan komedo.

Maka dari itu, para ahli dermatologi menyarankan kita untuk selalu memeriksa apakah makanan dan minuman dapat memperburuk kondisi atau tidak? Jika diketahui men-trigger breakouts, apa yang akan tubuh alami semisal tidak mendapatkan asupan tersebut selama satu hari, minggu, atau bulan?

Cara Memilih Sabun Muka untuk Menghilangkan Komedo

Bagaimana sebaiknya memilih sabun wajah untuk menghilangkan komedo? Terdapat sejumlah poin yang perlu Anda perhatikan, selengkapnya akan kami ulas di bagian ini!

Periksa Komposisi yang Bekerja Langsung Mengatasi Komedo

Seperti yang telah dijelaskan, kemunculan komedo bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor. Namun demikian, cikal bakal masalahnya menjuru pada satu titik, yakni sekresi sebum berlebih akibat perubahan hormon tubuh.

Untuk itu, pastikan Anda memilih sabun muka yang mengandung bahan aktif untuk mencegah faktor tersebut, beserta mengatasi masalah yang ditimbulkan olehnya. Ada apa saja, ya?

Salicylic Acid: Pilihan Utama yang Efektif Menghilangkan Komedo

Salicylic Acid Pilihan Utama yang Efektif Menghilangkan Komedo

Produk perawatan kulit yang diperkaya salicylic acid sangatlah efektif mengatasi komedo. Anda dapat mencari sabun muka penghilang komedo berkandungan asam salisilat untuk proses pembersihan maksimal. Senyawa kelompok beta hydroxy acid (BHA) ini bertindak sebagai exfoliator sel kulit mati.

Sebagaimana diketahui, pengeluaran sebum berlebih dapat membuka pori yang memicu penumpukan debu, kotoran, sisa riasan, serta minyak dan berujung pada kehadiran komedo. Dengan sabun pembersih yang dilengkapi salicylic acid, segala partikel yang terperangkap tadi akan terangkat sehingga komedo pun bersih seketika.

Glycolic Acid: Bekerja Membersihkan Kotoran dan Sel Mati di Permukaan Kulit

Glycolic Acid Bekerja Membersihkan Kotoran dan Sel Mati di Permukaan Kulit

Berbeda dengan salicylic acid yang bekerja lebih mendalam, golongan alpha hydroxy acid (AHA) ini berperan membersihkan sel-sel mati, kotoran, dan minyak di lapisan terluar kulit. Glycolic acid banyak dijumpai pada produk berjenis chemical exfoliant.

Berkat dukungannya ‘membuka jalan’ bagi partikel-partikel yang berada di dalam pori, glycolic acid pun dapat menjadi komponen penting dalam sabun muka untuk menghilangkan komedo. Selain itu, sifat kerjanya yang ringan juga ideal diterapkan ke kulit sensitif.

Azelaic Acid: Natural Exfoliator untuk Mengontrol Produksi Sel Kulit

Azelaic Acid Natural Exfoliator untuk Mengontrol Produksi Sel Kulit

Azelaic acid merupakan alternatif bagi komponen AHA (glycolic acid) dan BHA (salicylic acid). Kendati tidak sepopuler kedua acid tersebut, azelaic acid telah sering dipakai untuk mengurangi kemerahan pada kulit . Bahan ini menawarkan fungsi anti-bacterial dan anti-inflammation yang dianggap sebagai exfoliator untuk mengurangi komedo sekaligus memudarkan bekas jerawat.

Karena berasal dari biji-bijian gandum, asam azelaic dianggap sebagai natural exfoliator untuk mengontrol produksi dead skin cells agar tidak menumpuk dan menyumbat pori-pori. Azelaic acid juga mampu membasmi bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat, namun cara kerjanya lebih lembut dibandingkan pembersih berkandungan benzoyl peroxide.

Benzoyl Peroxide: Bertujuan untuk Mengatasi Hampir Semua Jenis Jerawat

Benzoyl Peroxide Bertujuan untuk Mengatasi Hampir Semua Jenis Jerawat

Kebanyakan produk yang mengandung benzoyl peroxide diperuntukkan bagi jerawat jenis inflammatory, bukan jenis comedonal. Tetapi sebenarnya, benzoil peroksida adalah kandungan yang efektif men-treatment segala jenis jerawat, termasuk blackheads dan whiteheads.

Pemakaian sabun muka dengan kandungan benzoyl peroxide membantu pembasmian bakteri di dalam pori lebih efektif, sehingga komedo tidak bertambah parah. Namun perlu diingat, benzoyl peroxide memicu kondisi kulit sangat kering, sehingga Anda yang berkulit kering perlu waspada. Jangan lupa mengoleskan pelembap sehabis mencuci muka.

Retinol: Mendukung Pergantian Sel untuk Menghindari Penyumbatan Pori

Retinoid Mendukung Pergantian Sel untuk Menghindari Penyumbatan Pori

Retinol merupakan salah satu komponen yang tergabung dalam retinoid. Dalam produk skincare, bahan ini digandeng untuk tujuan pengangkatan sel kulit mati. Sebagai hasilnya, arus pergantian kulit pun semakin lancar yang mana membuat komedo tidak mudah muncul.

Di sisi lain, retinol berguna menambah pasokan kolagen untuk mengencangkan kulit sehingga tampilan pori-pori terbuka ikut tersamarkan. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda mencari sabun muka penghilang komedo yang mengandung bahan retinol dalam komposisinya.

Niacinamide: Bahan Skincare yang Mampu Mengontrol Sebum dan Mengecilkan Pori-pori

Niacinamide Bahan Skincare yang Mampu Mengontrol Sebum dan Mengecilkan Pori pori

Kelenjar minyak yang memproduksi sebum dapat dikontrol dengan pemanfaatan sabun muka berkomposisikan niacinamide. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, niacinamide membantu penurunan jumlah sebum, sehingga penyumbatan pori-pori pun berkurang.

Dalam kondisi sedikit sebum, efek oksidasi tidak menjadikan kulit gelap akibat kemunculan komedo. Melalui perawatan rutin, sabun muka atau skincare lain yang diformulasi niacinamide akan mendukung pengecilan pori dan terkontrolnya sebum juga menjauhkan Anda dari kondisi wajah berminyak.

Clay: Formula Unggul dalam Mengatasi Komedo dan Pores Treatment

Clay Formula Unggul dalam Mengatasi Komedo dan Pores Treatment

Sudah tidak asing dengan nama “clay mask”? Selain dijadikan formula utama dalam masker untuk kulit wajah berminyak, clay juga mulai diracik sebagai bahan campuran produk pembersih muka untuk menghilangkan komedo.

Cara kerjanya pun sama, clay akan menyerap minyak sekaligus membersihkan pori-pori kulit dari sel mati dan bentuk partikel lain. Menariknya lagi, kandungan clay tidak meninggalkan kesan kering, justru membuat kulit terasa kencang dan kenyal sehabis perawatan.

Pilihlah Sabun Muka dengan Kandungan Moisturizing Agents

Pilihlah Sabun Muka dengan Kandungan Moisturizing Agents

Terbukanya pori-pori dapat menjadi sinyal bahwa kulit kehilangan kelembapannya. Ada dua kemungkinan, yakni kulit kendur akibat penuaan atau kulit kering yang cenderung memainkan peran utama dalam pembesaran pori wajah.

Apa pun penyebabnya, sangat disarankan memilih sabun muka yang dibekali agen pelembap. Glycerin, royal jelly, squalene, ceramide, hyaluronic acid, green tea water, dan aloe vera extract merupakan contoh bahan pelembap yang harus Anda cari dalam sabun pencuci wajah yang diklaim ampuh membersihkan komedo.

Hindari Produk yang Diformulasi bersama Komponen Zat Aditif

Hindari Produk yang Diformulasi Bersama Komponen Zat Aditif

Aspek keamanan juga perlu Anda perhatikan saat berburu facial wash maupun produk skincare lain. Pastikan bahwa produk pilihan Anda sangat sedikit mengandung bahan-bahan tambahan semacam pengawet, pewangi, atau zat aditif lain.

Kulit yang dihinggapi komedo cenderung lebih rentan terhadap masalah lain akibat keberadaan kotoran dan kinerja bakteri pada kulit wajah. Untuk mencegah semakin parahnya kondisi, utamakanlah sabun muka penghilang komedo yang terbebas dari bahan-bahan kimia tambahan, seperti paraben, sodium lauryl sulfate, dan fragrance.

Lebih Baik Memilih Sabun Wajah tanpa Surfaktan

Lebih Baik Memilih Sabun Wajah Tanpa Surfaktan

Busa pada sabun wajah diperlukan untuk membersihkan dan menarik seluruh minyak, kotoran, ataupun sisa makeup  dari lapisan dalam kulit wajah untuk menangkal pembentukan komedo. Bahan pembentuk busa ini dikenal sebagai surfaktan (surface active agent), dan paling sering dijumpai pada facial foam, sabun mandi, dan sampo.

Salah satu contoh surfaktan yang umum digunakan adalah SLS (sodium lauryl sulfate) dan SLES (sodium lauryl ether sulfate). Baik atau tidaknya surfaktan dapat dilihat dari efek yang ditimbulkan. Jika Anda tergabung dalam orang dengan kondisi kulit kering dan sensitif, sebaiknya memilih sabun muka penghilang komedo tanpa surfaktan.

10 Rekomendasi Sabun Muka Penghilang Komedo Terbaik

Next, silakan dicek mana saja merek sabun muka penghilang komedo yang sesuai untuk Anda. Cermatilah setiap komponen dari produk agar mampu membersihkan komedo sekaligus mencegahnya muncul kembali!

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Kisaran harga: Rp189.000

Bekerja lembut tanpa meninggalkan iritasi kulit

Cetaphil Gentle Skin Cleanser adalah pembersih wajah bebas sabun produksi brand asal Kanada. Sesuai namanya, sabun ini bertindak membersihkan secara gentle sehingga aman dipakai semua jenis kulit. Uniknya, pemakaiannya bukan sebatas untuk kulit wajah, namun juga ideal ke seluruh tubuh!

Cetaphil Gentle Skin Cleanser berbekal formula pH-balanced yang tidak menyebabkan iritasi kulit. Dapat digunakan dengan atau tanpa air, jelas bernilai praktis, bukan? Untuk kemampuan menghilangkan komedonya, sudah banyak perempuan yang membuktikannya!

2. Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

Kisaran harga: Rp200.000

Diperkaya bahan pembasmi bakteri jerawat dan komedo

Bahan aktif montaline C40 yang terkandung dalam Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam akan memerangi bakteri untuk menekan pembentukan jerawat dan komedo. Sabun muka dengan tingkat pH 5,5 berikut ampuh mengatasi semua bentuk jerawat, termasuk jerawat meradang.

Sebamed memperkaya komposisi ingredients dengan menambahkan panthenol yang tinggi akan pro-vitamin B5. Berkat kandungan tersebut, kulit yang mendapatkan treatment  dari cleansing foam ini terasa lebih tenang. Di samping itu, panthenol ikut memperbaiki kerusakan kulit dengan membentuk partikel baru dalam proses regenerasi.

3. Roro Mendut Herbal Facial Wash Liquid

Roro Mendut Herbal Facial Wash Liquid

Kisaran harga: Rp75.000

Pembersihan optimal dengan efek mencerahkan

Siapa dari Anda yang memprioritaskan produk berformulakan bahan-bahan alami? Jika Anda salah satunya, kami sarankan agar Anda mencoba sabun muka penghilang komedo keluaran Roro Mendut ini. Rentetan bahan tradisional dimilikinya, mulai dari kulit jeruk, biji kopi, enzim pepaya, bengkuang, hingga akar manis (licorice).

Facial wash tinggi nutrisi kepunyaan dari Roro Mendut aman digunakan semua jenis kulit. Selain optimal membersihkan kulit dari tumpukan minyak, debu, dan sel kulit mati yang menempel, sabun wajah ini juga dilengkapi L-Glutathione untuk meningkatkan warna cerah kulit!

4. The Bath Box Scary Face

The Bath Box Scary Face

Kisaran harga: Rp99.000

Mengandung butiran gula yang mengeksfoliasi kulit secara lembut

Kerja sama antara rhassoul clay dan charcoal pada sabun muka ini menjadikannya sanggup membebaskan kulit dari partikel minyak dan kotoran yang menutup pori. Menawarkan aroma wangi herbal khas geranium dan rosewood essential oil, mood Anda akan terjaga selama proses pencucian wajah menggunakan sabun muka ini.

Melalui komponen aktif untuk mengobati permasalahan komedo tanpa menyebabkan kulit kering, The Bath Box Scary Face semakin layak dipilih untuk Anda yang mendambakan kulit bersih tanpa komedo. Selain itu, face cleanser bertekstur sedikit padat ini dibekali butiran gula lembut untuk memaksimalkan proses exfolating.

5. Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam

Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam

Kisaran harga: Rp150.000

Menggunakan volcanic scoria bernilai pH seimbang dengan kulit manusia

Innisfree menyematkan tanah vulkanis dari gunung berapi di pulau Jeju sebagai active agents dalam cleansing foam ini. Buat Anda yang memerlukan sabun pencuci muka untuk komedo, produk ini akan bekerja menyerap sebum dan kotoran yang menjadi promotor masalah komedo di wajah Anda.

Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam menghasilkan kulit yang tidak hanya bersih, melainkan juga kenyal tanpa iritasi. Diperkaya glycerin, bahan tersebut akan mengembalikan kelembapan kulit Anda supaya tidak kering. Penggunaan secara rutin menciptakan kulit bersih, lembut, dan tidak terganggu oleh tampilan pori-pori terbuka.

6. Himalaya Gentle Exfoliating Daily Face Wash

Himalaya Gentle Exfoliating Daily Face Wash

Kisaran harga: Rp20.000

Ayo dapatkan kulit segar, teremajakan, dan bebas komedo dengan face wash ini!

Himalaya Herbals mempersembahkan pembersih wajah tanpa kandungan sabun untuk Anda yang ingin menahan terbentuknya komedo lebih sering. Kebaikan tersebut hadir berkat bahan alami aprikot yang mampu mengangkat sel kulit mati, serta mendukung penciptaan kulit baru lebih sehat dan bebas komedo.

Bukan cuma itu, manfaat lain pun ditawarkan melalui efek kerja neem dan lemon sebagai pembersih dan pengontrol minyak berlebih di wajah. Sementara aloe vera extract yang tercantum akan menenangkan kulit Anda setiap habis mencuci wajah.

7. Wardah Perfect Bright Creamy Foam + Brightening Oil Control

Wardah Perfect Bright Creamy Foam Brightening Oil Control

Kisaran harga: Rp26.500

Membantu mencerahkan wajah kusam akibat minyak yang melapisi kulit terluar

Satu produk dengan dua fungsi dapat Anda jumpai dalam produk lokal ini. Wardah tidak hanya memformulasikan produk berikut sebagai pencuci muka, namun juga pencerah untuk kulit yang terlihat kusam akibat lapisan minyak di permukaan kulit.

Wardah Perfect Bright Creamy Foam + Brightening Oil Control menjanjikan tampilan akhir matte. Mengandung mineral clay sebagai oil absorber, kulit kesat pun Anda rasakan akibat minyak berlebih berhasil disingkirkan. Dan pastinya, risiko komedo terbentuk ikut berkurang!

8. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Scrub Foam

The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Scrub Foam

Kisaran harga: Rp147.000

Sanggup mengangkat partikel penyebab komedo yang bersembunyi di dalam pori-pori

Salah satu merek asal Korea Selatan meluncurkan sabun muka yang efektif menghilangkan komedo. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Scrub Foam memiliki scrub halus untuk memaksimalkan cleansing effect. Bersama komponen lumpur vulkanis yang dibawa langsung dari pulau Jeju, produk ini memberikan efek pembersihan secara mendalam.

Produk besutan The Face Shop beriktu dapat diandalkan untuk Anda yang ingin meluruhkan komedo membandel. Minyak berlebih di kulit wajah juga ikut terkontrol berkat efek oil absorb-nya. Selain itu, kehadiran ekstrak sasa, akebia, dan fusiforme bakal menjaga kulit tetap bersih dan terlindung dari pengaruh lingkungan.

9. OXY Ultimate Cleanser 8 Multi Action

OXY Ultimate Cleanser 8 Multi Action

Kisaran harga: Rp85.000

Kaya akan formula pengusir komedo dan pemberi efek melembapkan

OXY Ultimate Cleanser 8 Multi Action tidak hanya menghadirkan fungsi sebagai sabun muka anti komedo, namun juga perawatan kulit secara menyeluruh. Pertama-tama, formula cleansing agents akan bekerja membersihkan kulit secara maksimal, termasuk membuang komedo yang mengotori wajah.

Pada proses pembersihan, kandungan isopropyl methylphenol dan bahan lain bekerja sama melawan jerawat serta komedo dengan lembut. Untuk mencegah kulit kering, OXY sudah menyiapkan ekstrak sage, rumput laut, dan minyak zaitun yang melembapkan kulit, serta dukungan dipotassium glycyrrhizinate sebagai penenang kulit.

10. COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

Kisaran harga: Rp140.000

Tidak mengandung paraben dan sodium lauryl sulfate (SLS)

Cleanser beraroma tea tree kebanggan COSRX satu ini bisa Anda jadikan solusi praktis untuk menangani komedo. Sabun muka yang termasuk sebagai exfolating cleanser ini berdaya kerja gentle, sehingga aman digunakan rutin setiap hari di kulit berminyak ataupun kombinasi dengan gangguan komedo dan jerawat.

Apabila Anda ingin mencegah timbulnya blackheads dan whiteheads, bisa sekali mengandalkan COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser! Walau berkomposisikan salicylic acid yang dikenal akan efek deep cleansing-nya, produk ini takkan membuat kulit terasa kencang, kering, ataupun kesat.

Baca juga rekomendasi masker untuk menghilangkan komedo di sini!

Di samping melakukan pembersihan wajah dengan sabun penghilang komedo, Anda dapat melakukan treatment tambahan untuk mengurangi frekuensi pembentukan komedo menggunakan masker wajah khusus komedo.

Bila berminat, tengoklah sepuluh pilihan masker untuk komedo yang daftarnya telah kami rangkum dalam tulisan berikut. Tidak sulit menentukannya karena kami sudah menyiapkan tips memilihnya juga. Selamat membaca!

10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Komedo

Kesimpulan

Setelah membaca seluruh ulasannya, apakah Anda telah memahami mengapa komedo dapat muncul? Masalah kulit satu ini memang sulit dielakkan, sehingga penting menyiapkan sabun muka penghilang komedo dirumah. Setiap produk menyuguhkan efek kerja yang berbeda-beda.

Kami harap Anda memperoleh sabun muka yang ampuh menghilangkan komedo. Pastikan agar memilih produk dengan menyesuaikan efek kerja terhadap alasan terbentuknya komedo di wajah Anda. Semoga komedo Anda bisa berkurang dengan teratur memakai produk terbaik rekomendasi kami di atas, ya!

(Visited 3.076 times, 53 visits today)