Kosmetik & Kesehatan

10 Masker Terbaik untuk Kulit Berminyak [Kolaborasi dengan Dokter Kulit]

Kondisi kulit rentan berminyak menyebabkan makeup tidak tahan lama, serta berpotensi memicu kemunculan jerawat. Jika Anda mengalami kondisi kulit berminyak, Anda mungkin perlu mempertimbangkan penggunaan masker wajah untuk kulit berminyak.

Pilihan masker khusus wajah berminyak ada banyak, seperti produk keluaran The Body Shop, Innisfree, Himalaya, dan sebagainya. Pada artikel ini, PickyBest akan bahas penyebab kulit berminyak, cara memilih produk, serta rekomendasi masker untuk kulit berminyak. Baca sampai tuntas, ya!

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Sp.DVPakar/Spesialis

dr. Annisa Anjani Ramadhan, Sp.DV adalah dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpengalaman dalam menangani masalah kulit seperti dermatitis anak dan dewasa, akne, aging skin, dan kasus infeksi kulit.

Selain menjadi dokter praktik di RSIA Tambak Jakarta dan beberapa klinik kecantikan lain, dokter lulusan Universitas Indonesia ini juga memiliki ketertarikan di bidang fashion, olahraga, dan musik.

Apa Penyebab Produksi Sebum Berlebih Pada Wajah?

Penyebab Produksi Sebum Berlebih Pada Wajah

Kulit berminyak terjadi akibat kelenjar minyak (sebaceous glands) memproduksi minyak berlebih. Ada beberapa faktor pendorong kelenjar minyak mengeluarkan minyak berlebih, dari mulai genetik, lingkungan, hingga gaya hidup.

Faktor genetik, diet tinggi susu dan produk turunannya, penggunaan skincare yang tidak tepat, serta tindakan mencuci atau membersihkan wajah berlebihan yang menyebabkan permukaan kulit kering dapat menyebabkan wajah berminyak.

Kulit berminyak dapat ditandai dengan tampilan mengilap disertai rasa berminyak di seluruh wajah atau intensitas minyak lebih banyak di area tertentu. Selain itu, biasanya pori-pori membesar bila produksi minyak berlebih berlangsung kronik.

Sering berjerawat atau muncul komedo juga dapat menjadi pertanda Anda memiliki kulit berminyak. Saat memakai makeup seperti bedak, foundation, eyeshadow, dan sebagainya juga cepat luntur sebelum 2 jam akibat produksi minyak berlebih.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Cara Memilih Masker untuk Kulit Berminyak

Berikut kami uraikan bagaimana cara memilih masker untuk kulit berminyak. Bagian ini telah ditinjau oleh dr. Annisa Anjani Ramadhan.

Pilih Masker dengan Bahan Aktif yang Mampu Mengontrol Produksi Minyak

Untuk Kulit Berminyak Masker dalam Bentuk Clay Merupakan Opsi Terbaik

Bahan aktif pada masker yang Anda pilih haruslah memiliki kemampuan dalam menangani penyebab utama kulit berminyak, yakni oil control.

Bahan-bahan pengontrol minyak yang biasa ditemukan pada masker antara lain green tea, niacinamide (vitamin B3), dan L-carnitine (asam amino).

Selain ketiga bahan tersebut, licochalcone A yang merupakan hasil ektraksi licorice root juga diketahui mampu merawat kulit berminyak dan melawan permasalahan jerawat.

Bahan-bahan seperti asam salisilat, AHA, BHA, dan PHA juga dapat membantu mengontrol produksi minyak. Skincare yang mengandung alkohol dapat pula mengurangi minyak. Namun, apabila penggunaannya berlebihan malah dapat mengeringkan kulit dan membuat kulit iritasi.

Asringen alami yang terdapat di bahan-bahan tertentu seperti witch hazel, mentimun, air mawar, dan kamomil juga dikatakan efektif dan aman untuk mengurangi minyak, tentunya setelah diekstraksi dan diproses melalui tahapan steril dan hipoalergenik.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Pertimbangkan Clay Mask yang Terbukti Men-treatment Pori dan Kulit Berminyak

Clay Mask Unggul dalam Mengangkat Kotoran Debu dan Minyak Berlebih

Dari sekian banyak jenis masker, clay mask adalah salah satu yang sering direkomendasikan untuk merawat kulit berminyak. Penggunaan clay mask dapat mengangkat kelebihan minyak yang menumpuk di pori-pori.

Clay mask biasanya diunggulkan karena kemampuannya mengangkat kotoran hingga ke pori. Mengingat pada kulit berminyak seringkali terjadi sumbatan kotoran dan sel kulit mati serta minyak di pori, diharapkan clay mask dapat lebih efektif mengangkat kotoran tersebut dari pori kulit berminyak.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Hindari Masker dengan Bahan-bahan yang Menyumbat Pori

Untuk Kulit Sensitif Rentan Berjerawat Utamakan Produk Non Comedogenic yang Mampu Mengecilkan Pori

Satu hal sebaiknya tidak luput dari perhatian Anda saat memilih masker adalah memeriksa komposisi produk. Cek bagian ingredients untuk mengidentifikasi bahan yang perlu dihindari, seperti cocoa butter, coconut oil, petroleum jelly, dan silicone.

Keempat bahan tersebut dapat menyumbat pori, sehingga perlu Anda hindari. Selain itu, produk berbasis alkohol juga perlu diwaspadai karena cenderung mengiritasi kulit, terlebih bila pemakaiannya berlebihan.

Pada keempat bahan tersebut terdapat karakteristik yang menjadikannya perlu dihindari pada produk yang memiliki fokus merawat kulit berminyak.

  • Cocoa butter: Mengandung trigliserida yang merupakan komponen utama sebum.
  • Coconut oil: Hampir 100% terdiri dari lemak jenuh. Coconut oil juga komponen yang banyak terdapat di sebum yang bersifat lebih kental/padat, sehingga diduga berisiko membentuk komedo/sumbatan pori lebih cepat.
  • Petroleum jelly dan silicone: Bersifat oklusif (menutup permukaan kulit), sehingga sebum yang diproduksi tidak keluar dengan mudah dari pori dan menyumbat pori.
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Pastikan Sudah Mengantongi Sifat Nonkomedogenik

Temukan Produk dengan Label Oil Free dan Non Comedogenic

Wajib bagi Anda memilih masker yang sudah dibekali keterangan non-comedogenic. Alasannya, masker non-comedogenic tidak mengandung bahan yang akan menyumbat pori-pori.

Label ini juga perlu Anda perhatikan bukan hanya ketika membeli produk masker wajah, melainkan produk skincare atau makeup lain.

Skincare dengan komposisi nonkomedogenik biasanya rendah rendah kandungan minyak, water-based, dan bentuk produknya lebih encer, watery, atau menyerupai gel.

dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, Dermatovenereologist
dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak

Pada bagian ini kami akan membagikan rekomendasi masker wajah untuk kulit berminyak. Sebagian besar produk dalam daftar berikut juga bisa dipakai oleh Anda yang punya wajah rentan berjerawat.

Sepuluh produk berikut sepenuhnya dipilih oleh PickyBest, bukan dr. Annisa Anjani Ramadhan.

1. The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Kombinasi charcoal, teh hijau, dan minyak daun teh untuk serap minyak dan haluskan kulit

Masker untuk kulit berminyak ini mengombinasikan arang bambu, teh hijau, dan minyak daun teh untuk mengurangi minyak berlebih dan menjadikan kulit lebih halus.

Pada bagian tutup masker untuk kulit berminyak ini terdapat plastic lid yang selain menjaga kehigienisan isi, juga membuat isinya tidak mudah merembes keluar.

Saat diaplikasikan, potongan-potongan daun tehnya dapat dijadikan scrub saat membilas. Satu lagi yang unik, masker ini menawarkan aroma segar yang tahan lama meskipun kemasan sudah dibuka berkali-kali.

Jenis Charcoal mask
Ukuran 75ml
Kisaran harga Rp315.000

2. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x

Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Menjadikan pori-pori mengecil yang bersih dari minyak, kotoran, dan debu

Terbuat dari jeju volcanic cluster sphere yang diklaim mampu menyerap minyak dua kali lebih banyak, masker ini menawarkan hasil perawatan pori-pori yang mengecil sehingga kulit lebih bersih dari kotoran dan debu halus.

Saat digunakan, masker untuk kulit berminyak ini akan memberikan efek dingin yang menyegarkan. Kemampuannya begitu efektif dalam mencerahkan, melembutkan tekstur, serta meningkatkan elastisitas atau kekenyalan kulit.

Jenis Clay mask
Ukuran 100ml
Kisaran harga Rp285.000

3. Himalaya Clarifying Mud Mask

Himalaya Purifying Mud Mask

Masker beraroma rempah-rempah yang nikmat

Masker dari Himalaya ini memiliki lubang pada tube yang berukuran kecil sehingga jumlah masker yang ingin dipakai dapat dikontrol. Berjenis mud mask dengan tekstur yang sedikit cair, masker ini mudah diratakan ke wajah.

Masker untuk kulit berminyak ini tersusun dari bahan-bahan alami yang menjadikannya aman juga untuk kulit sensitif. Di dalamnya terkandung juga mineral yang mampu menyerap minyak berlebih dan mengangkat kotoran pada pori-pori.

Jenis Mud mask
Ukuran 150ml
Kisaran harga Rp81.600

4. Innisfree Tea Tree It’s Real Squeeze Mask

Innisfree Tea Tree Its Real Squeeze Mask

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Jadikan kulit wajah lembap dan dingin tanpa efek berminyak

Ekstrak pohon teh pada masker ini optimal dalam mengontrol produksi minyak wajah. Berbentuk sachet, masker ini praktis untuk digunakan maupun dibawa bepergian. Selain untuk kulit berminyak, masker ini juga cocok untuk jenis kulit lain, termasuk kulit sensitif.

Bila dipakai malam hari pada area berjerawat, di pagi harinya jerawat akan kering seketika. Berkat essence-nya yang melimpah, masker ini memberi efek melembapkan lengkap dengan sensasi dingin seperti menyegarkan.

Jenis Tea tree mask
Ukuran 1 sachet
Kisaran harga Rp12.000

5. Utama Spice Clay Face & Body Mask

Utama Spice Clay Face Body Mask

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Mengandung 100% vulcanic clay untuk serap minyak dan bersihkan kotoran secara maksimal

Produk ini terbuat dari 100% tanah liat dari gunung berapi. Anda bisa menggunakan masker ini untuk membersihkan wajah ataupun area tubuh lain.

Masker ini berbentuk bubuk yang perlu dicampurkan dengan air sebelum digunakan. Sama seperti produk sebelumnya, masker untuk kulit berminyak ini juga ideal untuk tipe kulit lain.

Jenis Clay mask
Ukuran 150gr
Kisaran harga Rp107.000

6. L’oreal Paris Pure Clay Mask Anti Pores

Loreal Paris Pure Clay Mask Anti Pores

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Masker wajah yang ampuh menutupi pori-pori terbuka akumulasi minyak

L’oreal Paris Pure Clay Mask Anti-Pores tersusun dari bahan berkualitas berupa moroccan lava clay yang dikombinasikan dengan ekstrak rosemary.

Berkat kandungannya, masker untuk kulit berminyak ini mampu menyerap kotoran, mengontrol sebum, dan mengeluarkan kelebihan minyak yang menyumbat pori-pori.

Jenis Clay mask
Ukuran 50gr
Kisaran harga Rp170.000

7. Acnes Tea Tree Oil Clay Mask

Acnes Tea Tree Oil Clay Mask

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Pilihan nomor 1 untuk Anda yang butuh masker kulit berminyak dengan harga terjangkau

Produk ini dirancang khusus untuk kulit berminyak. Bahan utama pada masker ini adalah tanah liat bermutu tinggi yang ampuh menyerap kelebihan minyak dan membersihkan pori-pori.

Selain itu, Acnes melengkapi masker untuk kulit berminyak ini dengan tea tree oil untuk memberikan perawatan kulit halus dan lembut. Selain sebagai masker wajah, Anda bisa memanfaatkan masker ini sebagai exfoliator.

Jenis Clay mask
Ukuran 50gr
Kisaran harga Rp33.400

8. Lush Mask of Magnaminty

Lush Mask of Magnaminty

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Mengandung butiran scrub dari kacang azuki untuk maksimalkan pembersihan

Lush Mask of Magnaminty adalah masker untuk kulit berminayk yang memiliki wangi mint segar. Masker ini sangat baik untuk kulit berminyak berkat kemampuannya mengangkat minyak, sel kulit mati, dan kotoran pada pori.

Untuk Anda yang mengalami masalah jerawat, masker ini akan menenangkan jerawat atau iritasi pada area wajah. Namun, karena terdapat scrub, penggunaan masker ini sebaiknya tidak terlalu sering untuk menghindari kulit kering maupun iritasi.

Jenis Clay mask
Ukuran 125gr
Kisaran harga Rp250.000

9. Freeman Oil Absorbing Mint & Lemon Clay Mask

Freeman Oil Absorbing Mint Lemon Clay Mask

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Bersihkan wajah berminyak tanpa ditumbuhi jerawat

Freeman mengeluarkan masker untuk kulit berminyak dan berjerawat yang tersusun dari kombinasi lemon, mint, dan tanah liat untuk fungsi anti peradangan, oil-control, dan pembersih pori.

Pada kulit berminyak, masker ini fokus bekerja mengontrol sebum. Sementara pada kulit berjerawat, masker ini akan menenangkan kulit. Bahkan, jerawat cepat kempes dan kering setelah memakai masker ini!

Jenis Clay mask
Ukuran 175ml
Kisaran harga Rp99.500

10. Avene Cleanance Mask

Avene Cleanance Mask

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Tidak menimbulkan alergi, kemerahan, dan komedo

Masker lumpur ini bisa dijadikan scrub untuk menyerap kelebihan minyak secara mendalam. Dibekali dengan Avene thermal spring water dan zinc gluconate, masker ini juga efektif dalam meredakan kulit iritasi dan kemerahan.

Masker untuk kulit berminyak ini tidak menyebabkan alergi ataupun menimbulkan komedo. Selain itu, masker ini juga mengantongi fungsi exfoliating yang sanggup menghaluskan wajah kasar akibat beruntusan.

Jenis Mud mask
Ukuran 50ml
Kisaran harga Rp326.000

Tip dan Saran dari dr. Annisa Anjani Ramadhan

blank

Bagaimana cara merawat kulit berminyak?

  • Jalani diet rendah susu dan produk turunannya.
  • Bersihkan wajah dengan sabun wajah yang lembut 2x sehari setelah aktivitas dan sebelum tidur.
  • Bila menggunakan riasan, lakukan double cleansing dengan membersihkan dahulu menggunakan pembersih berbahan dasar oil/cream, lalu akhiri dengan mencuci wajah menggunakan face wash.
  • Gunakan toner rendah/tanpa alkohol secara tipis setiap setelah cuci muka 2x sehari.
  • Gunakan skincare yang dapat mengurangi minyak dan menghindari sumbatan pori seperti AHA dan BHA secara rutin.

Apa yang perlu diperhatikan?

  • Hindari mencuci wajah terlalu sering.
  • Hindari sabun cuci wajah yang terlalu banyak mengandung busa/membuat kulit tersasa kering.
  • Hindari menggosok kulit terlalu kuat/kasar.
  • Hindari penggunaan skincare yang terlalu berminyak atau yang bentuk dasarnya minyak/lemak.
  • Bila timbul komedo, segera tanggulangi ke tenaga ahli agar tidak berkembang jadi jerawat.

Yuk, cek rekomendasi produk untuk kulit berminyak dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Penggunaan masker untuk kulit berminyak adalah bentuk upaya yang bisa Anda terapkan dalam mengontrol produksi sebum berlebih. Pastikan memilih produk yang sesuai, dari mulai bahan aktif pengontrol minyak, tipe masker, sampai produk nonkomedogenik.

Agar kulit berminyak tidak menimbulkan masalah lain, terapkan perawatan yang tepat seperti tips yang telah dibagikan dr. Annisa di atas. Kombinasi gaya hidup dan pemakaian skincare yang tepat dapat membantu Anda merawat kulit berminyak secara optimal.

You may also like

Comments are closed.