Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 50 Tahun ke Atas

Seiring bertambahnya usia, kulit mengalami sejumlah perubahan. Terutama saat usia mencapai 50 tahun ke atas, perubahan akan terlihat lebih signifikan, seperti munculnya kerutan, garis gerakan wajah, bintik-bintik penuaan, serta kulit kering dan gatal. Untuk itulah, Anda memerlukan serum wajah khusus yang diperuntukkan bagi usia 50 tahun ke atas agar masalah kulit teratasi.

Anda dapat menggunakan serum wajah dari Lancome, L’Oreal, Biokos, atau merek lain yang beredar di pasaran. Namun, sebelum membelinya, Anda perlu mengetahui serum mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda mengetahui cara memilih serum yang cocok serta merekomendasikan beberapa produk yang bisa Anda pilih. Simak terus uraiannya, ya!

Permasalahan Kulit yang Sering Dialami Usia 50 Tahun ke Atas

Berkurangnya fleksibilitas dan elastisitas kulit adalah permasalahan yang dialami oleh usia 50 tahunan. Hal itu menyebabkan kerutan dan garis gerakan wajah jadi lebih jelas terlihat, terutama di sekitar mulut, hidung, mata, dan dahi. Selain itu, akan muncul bercak-bercak cokelat pada kulit yang terpapar sinar matahari, yang disebut dengan bintik-bintik penuaan. Sedangkan kulit kering dan gatal disebabkan oleh hilangnya kelenjar minyak yang membantu menjaga kelembutan kulit.

Bagi Anda yang sudah menginjak usia 50 tahun ke atas, Anda dapat mengurangi permasalahan kulit tersebut dengan cara meningkatkan perawatan kulit Anda dan melengkapinya dengan menggunakan serum wajah. Manfaat serum wajah adalah membantu melembutkan kulit, mengurangi kerutan, dan melindungi kulit dari radikal bebas.

Dengan formulasi perawatan kulit yang lebih ringan dari pelembab, serum wajah akan menyerap lebih cepat ke dalam kulit Anda dan memberikan hasil yang lebih terlihat karena mengandung konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Di samping itu, serum wajah juga terasa ringan di kulit tanpa memberi efek berminyak.

Cara Memilih Serum Wajah untuk Usia 50 Tahun ke Atas

Ada beberapa poin yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih serum wajah agar Anda dapat menemukan produk yang tepat sesuai kebutuhan. Untuk itu, ikuti tips berikut ini, ya!

Sesuaikan Kandungannya dengan Permasalahan Utama Kulit Anda

Sebelum membeli serum, terlebih dahulu Anda harus mengenali apa permasalahan utama kulit Anda. Kemudian, sesuaikan kandungan serum sesuai dengan permasalahan utama kulit Anda, agar perawatan kulit lebih efektif dan tepat sasaran.

Tekstur Kulit Tidak Merata dan Bintik Hitam: Pilih Kandungan yang Dapat Mempercepat Pergantian Sel

blank

Bagi Anda yang memiliki tekstur kulit tidak merata dan bintik hitam, Anda dapat memilih serum yang dapat meningkatkan pergantian sel dengan kandungan bahan pelapis ulang dalam jumlah banyak, seperti retinol, asam alfa-hidroksi, dan antioksidan.

Anda juga dapat menggunakan serum dengan kandungan probiotik yang baik untuk membantu meratakan tekstur kulit. Probiotik mengandung bermacam jenis bakteri baik yang bermanfaat untuk memperbaiki penampilan kulit dan mencegah terjadinya kerusakan kulit seperti jerawat, kulit bergelombang, atau tekstur kulit yang tidak rata.

Kulit Terasa Kendur: Pilih yang Dapat Membantu Meningkatkan Produksi Kolagen

blank

Di sekitar usia 30 tahun, kulit berhenti memproduksi kolagen, sehingga kulit cenderung kendur. Untuk mempertahankan kolagen dan elastin serta merangsang produksi kolagen kulit, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti vitamin C dan antioksidan lainnya, termasuk peptida dan ceramide.

Anda juga perlu menambahkan niacinamide, yang berfungsi tak hanya mendorong produksi kolagen, tapi juga melindungi sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Secara keseluruhan, niacinamide dapat membantu membangun protein di kulit dan mengunci kelembapannya.

Garis Halus dan Kerutan: Pilih yang Menutrisi dan Mampu Mempertahankan Kelembapan Kulit

blank

Untuk menghilangkan garis halus dan kerutan, Anda dapat memilih serum yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin, mineral, glutathione, asam hialuronat, peptida, dan kafein. Nutrisi dari bahan-bahan tersebut akan meminimalisir garis halus dan menjaga hidrasi kulit.

Utamakan Serum yang Kaya akan Kandungan Pelembap

blank

Kulit cenderung menjadi semakin kering dan kasar seiring bertambahnya usia. Penyebabnya adalah kulit tidak lagi menghasilkan minyak alami atau faktor pelembab alami sebanyak dulu, menurunnya pembaruan sel dan hormon, serta kerusakan-kerusakan akibat sinar matahari.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih serum dengan kandungan yang melembapkan. Di antaranya, glycerin, hyaluronic acid, dan ceramide. Saat ini, tak hanya serum anti-aging, melainkan sebagian besar serum juga diformulasi bahan-bahan pelembap tersebut,

Glycerin

Sebuah penelitian di tahun 2008 menyebutkan bahwa gliserin dapat menghidrasi lapisan luar kulit dan meningkatkan fungsi pelindung kulit. Selain itu, gliserin juga membantu proses penyembuhan luka dan mencegah iritasi kulit.

Hyaluronic acid

Hyaluronic acid atau HA kerap dijadikan bahan pembuatan produk skincare, karena bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembap sekaligus mengatur kelembapan dalam sel kulit sesuai dengan kadar yang dibutuhkan masing-masing orang. Zat antioksidan yang dikandungnya pun dapat melindungi kulit dari zat radikal bebas yang berasal dari polusi udara.

Ceramide

Selain HA, zat yang mampu mengunci kelembapan kulit adalah ceramide. Zat ini akan melindungi lapisan kulit dari kerusakan dan memperkuat lapisan pelindung kulit sehingga tidak mudah kering atau iritasi. Yang paling penting, ceramide berfungsi untuk memperlambat tanda-tanda penuaan kulit, membuat kulit tampak lebih lembut dan awet muda.

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 50 Tahun ke Atas

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi serum wajah terbaik untuk usia 50 tahun ke atas. Kami pun telah menyusutkan pilihan menjadi sepuluh produk, agar Anda tidak terlalu bingung dalam memilih. Silakan pertimbangkan produk mana yang paling cocok untuk Anda sesuai dengan tips yang sudah Anda pelajari.

1. Lancome Advanced Genifique Youth Activating Serum

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Meremajakan kulit dengan genifikasi lanjutan

Kerap mendapat penghargaan kecantikan di seluruh dunia, produk dari Lancome ini memiliki formula yang mampu melindungi kulit dari polusi, UV, cuaca dingin dan kering, sehingga kulit tampak lebih lembap, lembut, bercahaya, dan halus lebih muda.

Lancome Advanced Genifique Youth Activating Serum mengandung Bifidus prebiotic, vitamin Cg, dan hyaluronic acid untuk menghaluskan, melembabkan, meratakan tekstur kulit. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan tanda-tanda penuaan yang muncul di wajah Anda.

Kandungan utama Bifidus prebiotic, vitamin Cg, dan hyaluronic acid
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp1.175.000

2. L’Oreal Revitalift 1,5% Hyaluronic Acid Serum

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Serum antikerut yang membuat kulit Anda tampak lebih muda

Revitalift 1,5% Hyaluronic Acid Serum dikembangkan oleh L’Oreal sebagai serum antikerut dengan penyerapan yang cepat dan hasil akhir yang tidak berminyak.

Diformulasikan dengan 0,5% hyaluronic acid makro dan 1% HA mikro, serum ini bekerja menghaluskan permukaan kulit secara intensif dan mempertahankan kelembapannya, sehingga kulit terasa lebih halus, kenyal, dan cerah, sekaligus berkurangnya kerutan pada wajah.

Kandungan utama 1,5% hyaluronic acid (macro hyaluronic acid & micro hyaluronic acid)
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal ingredients
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp189.800

3. Avoskin Miraculous Refining Serum

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Rangkaian perawatan kulit wajah yang ajaib

Dari rangkaian Miraculous Refining Series, Avoskin mengeluarkan produk terbarunya yaitu Miraculous Refining Serum. Diperkaya dengan AHA, BHA, niacinamide, ceramide, dan bahan pendukung lainnya, serum ini efektif mengelupas sel kulit mati dan membantu regenerasi sel kulit.

Sempurnakan perawatan wajah Anda dengan rangkaian produk ini untuk mengatasi masalah kulit wajah yang kasar, kusam, dan berjerawat dengan menjadikan kulit lebih merata, cerah, dan halus, sekaligus kenyal dan glowing seperti muda kembali. Ajaib!

Kandungan utama 10% AHA, 3% BHA, 2% niacinamide, ceramide
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp239.000

4. Estee Lauder Advanced Night Repair

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Garis dan kerutan berkurang dalam tiga minggu!

Serum kreasi Estee Lauder ini memiliki formula yang revolusioner untuk memulihkan masalah kulit yang kompleks. Hanya dengan satu tetes di malam hari, Estee Lauder Advanced Night Repair akan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat terpapar polusi lingkungan dan menghidrasi kulit saat Anda istirahat.

Dengan penetrasi yang cepat dan lebih dalam, hasilnya akan terlihat dalam tiga minggu. Kulit Anda pun akan tampak lebih halus, bercahaya, dan lebih kencang, karena garis dan kerutan di wajah mulai berkurang.

Kandungan utama Alkyl Guanine Transferase (AGT), antioksidan, dan hyaluronic acid
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe
Ukuran 50 mL
Kisaran harga Rp1.299.000

5. Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Melawan 10 tanda penuaan dengan 10 bahan aktif

Mengandung lebih dari 10 bahan aktif, salah satu di antaranya ekstrak sel induk dari buah apel, Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum membantu mengatasi dan melawan 10 tanda penuaan. Ekstrak tumbuh-tumbuhan yang memperkaya formulasi serum ini juga membantu proses eksfoliasi kulit dan merangsang regenerasi sel-sel kulit.

Serum yang memiliki formula ringan pada kulit ini diciptakan untuk membantu memudarkan bintik-bintik gelap di kulit, mengurangi garis-garis halus dan kerutan di wajah, melindungi kulit dari radikal bebas, meningkatkan kelembapan dan kekenyalan kulit.

Kandungan utama Ekstrak stem cell apel, 5 botanical extract
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol
Ukuran 17 mL
Kisaran harga Rp81.000

6. Trueve Galactomyces & Peptide Anti-Aging Serum

blank

Sumber: Trueve.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Rahasia kulit tampak 10 tahun lebih muda

Dengan kandungan galactomyces dan peptide sebagai komposisi utama, produk ini adalah solusi untuk mencegah penuaan dini. Kemampuannya menstimulasi kolagen dan meregenerasi sel kulit membuatnya mampu menyamarkan kerutan dan garis halus, menjaga kekenyalan kulit, sekaligus mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Anda tidak perlu khawatir karena produk ini asli buatan Indonesia, sudah terstandarisasi serta terdaftar di Badan POM Indonesia. Gunakan serum ini secara rutin dua kali dalam sehari untuk hasil yang menakjubkan, Anda akan tampak 10 tahun lebih muda!

Kandungan utama Galactomyces, Cystoseira tamariscifolia, copper peptide, matryxil 3000
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal ingredients
Ukuran 30 mL
Kisaran harga 207.000

7. Sulwhasoo Concentrated Ginseng Renewing Serum

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Menangkal radikal bebas dan mempertahankan elastisitas kulit

Brand asal Korea ini merilis serum dengan kandungan ginseng yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan radikal bebas dan rangsangan eksternal.

Ditambah dengan teknologi triple micro-targeting, Sulwhasoo Concentrated Ginseng Renewing Serum bekerja efektif untuk menutrisi kulit agar tetap elastis dan kencang, merawat dan menjaga struktur ketahanan kulit, serta memperkuat lapisan pertahanan kulit.

Kandungan utama Ginsenomics™
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal ingredients
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp1.428.000

8. Votre Peau Vitamin C Serum

blank

Sumber: Blibli.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Samarkan kerutan dan kantung mata dengan bahan organik dan vitamin C

Merupakan hasil kreasi dari seorang dokter ahli kecantikan, Votre Peau Vitamin C Serum menggunakan bahan organik dan vitamin C sebagai formula unggulannya. Vitamin C-nya berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari polusi, matahari, AC, dan sebagainya.

Formulasi serum ini juga mampu menjaga kulit tetap kenyal dan lentur dengan merangsang pembentukan dan peningkatan produksi kolagen kulit. Selain dapat menyamarkan kerutan, serum ini juga memberikan efek kulit cerah, mengecilkan pori, mencegah jerawat, menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata.

Kandungan utama Ethyl Ascorbic Acid, Salicylic Acid
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas silikon, fungal acne safe, minimal ingredients
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp238.500

9. Somethinc Level 1% Retinol

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Perawatan kulit wajah dan leher yang next level

Bagi Anda yang berkulit sensitif, serum yang satu ini aman untuk Anda gunakan. Dengan pH yang seimbang, Somethinc Level 1% Retinol akan membuat kulit Anda bebas dari iritasi dan menjaga kadar air di lapisan kulit.

Retinol yang terkandung di dalamnya bekerja efektif menargetkan area kulit yang bermasalah dan memperbaikinya hingga mencapai hasil maksimal. Kandungan UV absorber-nya akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan memperlambat proses oksidasi.

Kandungan utama 1% retinol, ceramide 3, hyaluronic acid
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe, minimal ingredients
Ukuran 20 mL
Kisaran harga Rp155.000

10. Biokos Botu-like Wrinkle Filling Serum

blank

Sumber: Biokos.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dengan konsentrasi tinggi untuk mengurangi kerutan dan garis ekspresi

Biokos Botu-like Wrinkle Filling Serum merupakan salah satu produk Martha Tilaar, sebuah produsen kosmetik yang sudah dikenal lama di Indonesia. Dengan konsentrat yang tinggi, serum ini mampu membuat kulit menjadi lebih kencang dan elastis.

Cara kerja serum ini adalah merelaksasi otot wajah hingga mengurangi kedalaman kerutan dan garis ekspresi di dahi, sudut mata, kening, garis senyum, dan sudut bibir. Kulit Anda akan terlihat lebih halus, awet muda, dan tetap terjaga kelembapannya.

Kandungan utama Hibiscus Esculentur (Okra Seed) Extract, Wild Yam Root Extract, Glycine Soja Sterol, Hydroviton, Brown Seaweed Extract, Chamomile Extract
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, minimal ingredients
Ukuran 30 mL
Kisaran harga Rp210.400

Tabel Perbandingan Serum Wajah untuk Usia 50 Tahun ke Atas

Produk Lancome Advanced Genifique Youth Activating Serum L’Oreal Revitalift 1,5% Hyaluronic Acid Serum Avoskin Miraculous Refining Serum Estee Lauder Advance Night Repair Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum Trueve Galactomyces & Peptide Anti-Aging Serum Sulwhasoo Concentrated Ginseng Renewing Serum Votre Peau Vitamin C Serum Somethinc Level 1% Retinol Biokos Botu-like Wrinkle Filling Serum
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Kandungan utama Bifidus prebiotic, vitamin Cg, dan hyaluronic acid 1,5% hyaluronic acid (macro hyaluronic acid & micro hyaluronic acid) 10% AHA, 3% BHA, 2% niacinamide, ceramide Alkyl Guanine Transferase (AGT), antioksidan, dan hyaluronic acid Ekstrak stem cell apel, 5 botanical extract Galactomyces, Cystoseira tamariscifolia, copper peptide, matryxil 3000 Ginsenomics™ Ethyl Ascorbic Acid, Salicylic Acid 1% retinol, ceramide 3, hyaluronic acid Hibiscus Esculentur (Okra Seed) Extract, Wild Yam Root Extract, Glycine Soja Sterol, Hydroviton, Brown Seaweed Extract, Chamomile Extract
Preferensi bahan aditif Bebas paraben, bebas sulfat Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal ingredients Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal ingredients Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal ingredients Bebas paraben, bebas sulfat, bebas silikon, fungal acne safe, minimal ingredients Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe, minimal ingredients Bebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, minimal ingredients
Ukuran 50 mL 30 mL 30 mL 50 mL 17 mL 30 mL 30 mL 30 mL 20 mL 30 mL
Kisaran harga Rp1.175.000 Rp189.800 Rp239.000 Rp1.299.000 Rp81.000 207.000 Rp1.428.000 Rp238.500 Rp155.000 Rp210.400
Periksa ketersediaan

Tips Mengaplikasikan Serum untuk Mendapatkan Hasil Maksimal

blank

Apapun serum yang Anda pilih, manfaatnya akan lebih terasa maksimal bisa digunakan dengan cara yang benar. Sebelum menggunakan serum, sebaiknya bersihkan wajah Anda terlebih dahulu dengan sabun dan air hangat, disusul dengan penggunaan toner.

Setelah menggunakan toner, beri jeda waktu 1-2 menit, kemudian segera teteskan serum ke wajah Anda agar serum dapat menyerap ke kulit dengan sempurna. Gunakan serum secukupnya, dan aplikasikan ke kulit wajah dengan cara ditepuk dan dipijat. Kemudian lanjutkan dengan produk skin care lainnya.

Perlu diingat, jika aplikator serum berbentuk pipet, hindari ujung pipet berkontak langsung dengan kulit. Dengan begitu, pipet akan terjaga kebersihannya.

Yuk, cek rekomendasi serum berdasarkan usia dari PickyBest lainnya!

Serum mengandung berbagai bahan aktif yang disesuaikan dengan keperluan pengguna. Anda yang membutuhkan serum untuk usia 50-an, dapat memilih produk yang kaya pelembap, serta didesain khsuus untuk menghambat penuaan.

Selain untuk usia 50-an, tak sedikit produsen mengeluarkan serum untuk keperluan kulit rentang usia tertentu. Anda yang penasaran dengan pilihan serumnya bisa menengok rekomendasinya pada artikel berikut.

Kesimpulan

Bertambahnya usia memang tak bisa dihindari, begitu pun dengan kondisi kulit yang berkerut karena elastisitasnya berkurang. Namun, efek-efek penuaan yang tampak di kulit dapat dikurangi atau disamarkan dengan adanya serum wajah dan rangkaian skincare lainnya. Dengan cara penggunaan yang benar, hasilnya pun akan terlihat maksimal.

Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda menemukan serum wajah yang cocok untuk Anda. Dan, semoga serum yang Anda pilih dapat membuat Anda lebih terlihat lebih muda sesuai dengan yang Anda inginkan. Selamat melakukan perawatan kulit!

Referensi

Skin Conditions As You Age
https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/elderly-skin-conditions diakses pada 10 April 2021

What Are the Benefits of Using a Face Serum?
https://www.healthline.com/health/benefits-of-face-serum diakses pada 10 April 2021

What Anti-Ageing Serum is Right for Me?
https://www.adorebeauty.com.au/skin-care/serums-treatments/guide/choosing-antiageing-serums diakses pada 10 April 2021

7 Ways to Improve Skin Texture That You’ve Never Heard Before?
https://thedermreview.com/skin-texture/ diakses pada 10 April 2021

Everything You Should Know About Niacinamide
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide diakses pada 10 April 2021

Dry Skin Solutions for Aging Skin
https://www.webmd.com/beauty/features/age-dry-skin diakses pada 10 April 2021

Is Glycerin Good for Your Face and Skin?
https://www.healthline.com/health/glycerin-for-face diakses pada 10 April 2021

Should You Add Hyaluronic Acid to Your Skincare Routine?
https://www.verywellhealth.com/hyaluronic-acid-for-skincare-4582343 diakses pada 10 April 2021

Everything You Should Know About Using Ceramides
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/ceramide diakses pada 10 April 2021

Why Should You Be Adding Ceramides To Your Skin Care?
https://skinkraft.com/blogs/articles/ceramides diakses pada 10 April 2021

You may also like

Comments are closed.