Kosmetik & Kesehatan

10 Shampo Terbaik untuk Rambut Kering [Kolaborasi dengan Dokter Umum]

Rambut kering disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia, kesalahan perawatan rambut, masalah kesehatan, dan sebagainya. Jika rambut Anda kering, Anda perlu perawatan untuk mengembalikan kesegaran dan kelembapan rambut, seperti memakai sampo khusus untuk rambut kering.

Anda dapat menggunakan sampo untuk rambut kering dari Pantene, TRESemme, atau merek lainnya. Namun, Anda juga perlu memilih sampo yang paling sesuai. Berikut ini PickyBest akan memberikan panduan memilih serta rekomendasi sampo terbaik untuk merawat rambut kering.

Berkolaborasi dengan Dokter Umum, dr. Felicia Puspita Sari

dr. Felicia Puspita SariPakar/Spesialis

dr. Felicia Puspita Sari adalah Dokter Umum yang menamatkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. Selama menjalani masa studi, dr. Felicia cukup sering mengikuti beberapa konferensi ilmiah, baik nasional maupun internasional.

Saat ini, dr. Felicia bertugas sebagai dokter umum di RS Cahya Kawaluyan, Bandung Barat. Sebelumnya, dr. Felicia juga pernah menangani banyak kasus di UGD atau poliklinik di salah satu rumah sakit di kota Denpasar, Bali.

Rambut Kering: Apa Penyebab dan Gejalanya?

blank

Rambut kering adalah rambut yang kehilangan kelembapannya akibat kulit kepala tidak dapat memproduksi cukup minyak alami. Rambut kering juga bisa terjadi akibat kerusakan kutikula (lapisan pelindung rambut).

Rambut yang kering akan kehilangan kilauan alami dan tampak kusut serta kusam. Rambut kering dapat terjadi pada pria maupun wanita dari segala usia. Keluhan ini biasanya cenderung meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Secara umum, rambut terdiri dari 3 lapisan. Pada rambut yang sehat, minyak alami yang berada di lapisan terluar rambut membantu melindungi lapisan dalam rambut. Minyak ini juga akan memantulkan cahaya sehingga membuat rambut tampak berkilau.

Pada rambut kering, lapisan luar rambut mengalami kerusakan sehingga menyebabkan rambut tampak kusam, rapuh, kusut, dan tidak sehat.

Selain dipengaruhi oleh usia, rambut kering juga dapat dipengaruhi beberapa faktor lain, seperti kondisi lingkungan, kebiasaan dalam melakukan perawatan rambut, serta kondisi kesehatan fisik.

Beberapa kondisi lingkungan yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering, yaitu:

  • Tinggal di iklim dengan kondisi udara yang kering dan panas
  • Menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari
  • Sering berenang di air laut atau air yang mengandung klorin

Kebiasaan dalam melakukan perawatan rambut yang dapat berperan dalam menyebabkan rambut kering misalnya:

  • Terlalu sering keramas menggunakan sampo, kondisioner, ataupun produk lain untuk rambut
  • Mewarnai atau mengaplikasikan produk kimia kepada rambut
  • Sering mengeringkan rambut menggunakan hair-dryer atau menggunakan catokan serta curling iron

Rambut kering juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi gangguan pada kesehatan seperti:

  • Anoreksia nervosa
  • Hipoparatiroid
  • Hipotiroid
dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Cara Memilih Shampo untuk Rambut Kering

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan dalam memilih sampo untuk rambut kering. Simak, ya!

Pilih Sampo dengan Kandungan yang Melembapkan

blank

Sampo untuk rambut kering yang Anda cari sebaiknya mengandung bahan yang dapat membuat rambut menjadi lebih lembap dan sehat, misalnya:

  • Minyak esensial (argan dan kelapa)
  • Silikon
  • Glycerin
  • Ceramides
  • Keratin

Simaklah penjelasan dr. Felicia mengenai fungsi dan cara kerja bahan-bahan tersebut.

Beberapa bahan yang telah disebutkan, seperti minyak esensial, silikon, gliserin, ceramide, dan keratin dapat membantu melembapkan rambut kering.

Minyak esensial (argan dan kelapa)

Minyak argan sering digunakan karena memiliki fungsi sebagai pelembap untuk kulit dan rambut. Minyak argan mengandung asam lemak terutama oleic acid dan linoleic acid yang dapat melumasi batang rambut dan membantu menjaga kelembapan.

Selain itu minyak argan juga mengandung vitamin E yang memberikan lapisan pada rambut dan kulit kepala sehingga membantu mencegah rambut menjadi kering dan membantu mengurangi rambut kusut serta membuat rambut tampak berkilau.

Sementara minyak kelapa, selain untuk melindungi rambut dari kerusakan dan memperkuat akar rambut, juga dapat membantu agar rambut tumbuh menjadi lebih panjang dan melindungi rambut dari kerusakan akibat lingkungan seperti angin, sinar matahari, dan asap.

Silikon

Minyak yang sering digunakan dalam produk perawatan rambut terdiri dari 2 jenis, yaitu minyak alami dan minyak sintetis. Salah satu contoh minyak sintetis yang paling sering digunakan adalah silikon seperti dimethicone, dimethiconol, amodimethicone, dan cyclomethicone.

Setelah menggunakan shampo yang mengandung silikon, lapisan sebum pada rambut akan digantikan oleh silikon sehingga rambut tampak lebih berkilau, lembut, serta tidak mudah kusut.

Glycerin

Glycerin dapat diperoleh dari minyak tumbuhan (seperti minyak kelapa) maupun produk hewani. Glycerin bersifat humektan, yaitu bekerja dengan menarik kelembapan dari udara dan menjaga agar rambut tetap terhidrasi dan sehat.

Ceramide

Ceramide merupakan sejenis lipid atau lemak yang dianggap sebagai komponen alami kutikula rambut Anda. Kutikula memiliki fungsi sebagai lapisan pertahanan rambut, membuat rambut Anda tampak bersinar dan sehat.

Ceramide juga dikenal dapat mencegah kerusakan eksternal sekaligus memperkuat helaian rambut. Jika Anda memiliki rambut yang sangat kering dan rusak, ceramide dapat membantu rambut Anda agar kembali tampak sehat.

Keratin

Keratin bekerja dengan menghaluskan sel-sel rambut yang tumpang tindih untuk membentuk helaian rambut. Sel-sel rambut yang halus akan membuat rambut mudah diatur dan tidak mudah kusut.

Pada rambut kering, hal ini akan membantu membuat tampilan rambut menjadi lebih berkilau dan sehat. Keratin juga dapat mengurangi tampilan ujung rambut yang bercabang dengan mengikat mereka untuk sementara waktu.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Untuk Rambut Sangat Kering, Sebaiknya Pilih Sampo dengan Surfaktan yang Lembut

blank

Sampo pada umumnya mengandung surfaktan, yaitu bahan pembersih atau detergen yang berguna untuk membersihkan kotoran dari kulit kepala dan rambut. Namun kadang surfaktan juga menyebabkan iritasi kulit, gatal, dan kulit kemerahan, terutama pada pemilik rambut kering dan kulit kepala sensitif.

Rambut yang sangat kering disebabkan oleh rambut yang tidak dapat mempertahankan kelembapan yang cukup. Bila Anda mengalami kondisi rambut yang sangat kering, Anda perlu memilih mild shampoo (sampo ringan), yaitu sampo untuk rambut kering yang dapat melembapkan, dengan kandungan surfaktan yang lembut dan lebih sedikit daripada sampo biasa.

Mild shampo memiliki kelebihan:

  • Memberikan pembersihan ringan dan perbaikan rambut
  • Membersihkan kulit kepala tanpa menghilangkan minyak alami pada rambut
  • Tidak mengiritasi kulit kepala
  • Tidak menyebabkan kerontokan rambut
  • Memperbaiki rambut rusak atau kering

Beberapa jenis surfaktan dalam mild shampoo yang diperlukan oleh rambut kering antara lain cocamidopropyl betaine, long-chain amino esters, ammonioesters.

Sedangkan bahan-bahan yang perlu dihindari oleh pemilik rambut sangat kering adalah surfaktan yang lebih kuat atau sulfat, di antaranya ammonium lauryl sulfate, ammonium laureth sulfate, sodium lauryl sulfate.

Anda juga perlu menghindari sampo untuk rambut kering dengan kandungan formaldehyde, paraben, hexachlorophene, dan phthalates karena semua bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

Orang dengan rambut kering dan kulit kepala sensitif sebaiknya menghindari penggunaan surfaktan agresif. Pilihlah sampo dengan surfaktan yang lebih lembut dan ringan agar rambut dapat bersih secara optimal dengan meminimalkan kemungkinan terjadinya iritasi pada kulit kepala.

Jenis surfaktan yang lebih lembut misalnya decyl glucoside, cocamidopropyl betaine, dan sodium lauriminopropionate. Jenis surfaktan ini sering digunakan untuk sampo bayi maupun sampo untuk rambut kering dan rusak.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

Hindari Memilih Sampo dengan Kandungan Alkohol Murni

blank

Bahan lain pada sampo rambut kering yang harus dihindari adalah alkohol murni, karena akan membuat rambut Anda bertambah kering. Contoh alkohol murni adalah propanol, ethanol, isopropyl, dan propyl alcohol.

Di sisi lain, Anda dapat menggunakan sampo untuk rambut kering dengan kandungan fatty alcohol karena mengandung komposisi yang berbeda dan mampu mengunci kelembapan rambut. Salah satunya adalah cetyl alcohols, lauryl alcohol, cetearyl alcohol, dan stearyl alcohol.

Secara umum, alkohol dibagi menjadi dua jenis, yaitu alkohol rantai pendek dan alkohol rantai panjang.

Alkohol rantai pendek

Alkohol rantai pendek dianggap sebagai alkohol ‘buruk’ karena mereka memiliki sifat mudah mengering dan menguap sehingga dapat membuat rambut menjadi kering. Penggunaan alkohol jenis ini dapat menyebabkan kutikula rambut menjadi kasar, membuat rambut rapuh, kusut, dan tampak tidak sehat.

Beberapa jenis alkohol rantai pendek yang umum ditemukan adalah etanol, SD alcohol, denatured alcohol, propanol, propyl alcohol, dan isopropyl alcohol. Produk yang mengandung alkohol jenis ini sebaiknya dihindari.

Alkohol rantai panjang

Berbeda dengan alkohol rantai pendek yang memiliki efek buruk pada rambut, jenis alkohol lemak rantai panjang (long chain fatty alcohols) dapat membantu menutrisi rambut. Tipe alkohol ini cenderung berasal dari tumbuhan dan minyak yang berfungsi untuk menambah sentuhan halus dan tekstur krim dan lotion.

Alkohol lemak rantai panjang sering ditambahkan sebagai bahan pengental dan pengemulsi pada sampo. Selain itu, alkohol lemak ini juga bermanfaat untuk menghidrasi dan menutrisi rambut. Contoh alkohol lemak yang dapat Anda temukan dalam kandungan sampo adalah lauryl alcohol, cetyl alcohol, behenyl alcohol, dan cetearyl alcohol.

dr. Felicia Puspita Sari, Dokter Umum
dr. Felicia Puspita Sari

10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Rambut Kering

Setelah mengetahui apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sampo untuk rambut kering, saatnya Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami telah mengumpulkan sejumlah merek sampo untuk rambut kering yang bisa Anda gunakan. Selamat memilih!

Daftar produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Felicia.

1. Pantene Gold Series Smooth & Sleek Shampoo

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Rambut lembut gampang diatur di setiap aktivitas dan segala cuaca

Rambut Anda pendek tapi susah diatur dan bentuknya keluar-keluar seperti bebek? Atasi masalah Anda dengan Pantene Gold Series Smooth & Sleek Shampoo yang mengandung vitamin B, pro-vitamin, dan antioksidan penuh nutrisi untuk rambut Anda.

Selain nutrisi, sampo untuk rambut kering ini juga diperkaya dengan formula Vitaflex, yang akan rambut Anda menjadi lembut dan halus, serta lebih mudah diatur sepanjang hari di setiap aktivitas Anda. Ucapkan selamat tinggal rambut bebek!

6 Alasan Membeli Produk:

  • Rambut lebih lembut, ringan, dan mudah diatur setelah keramas.
  • Busa banyak dan nyaman dibaurkan, namun tetap mudah dibilas.
  • Membantu mengatasi frizzy hair pada rambut tebal dan bergelombang.
  • Melembapkan rambut kering dan kasar.
  • Merawat rambut bleaching agar lebih lembut dan tidak mudah lepek.
  • Aromanya enak.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa pengguna merasakan rambut lebih berminyak.
Kandungan pelembap Dimethiconol, Glycerin, Panthenol (Vitamin B5), Histidine, Niacinamide (Vitamin B3), Propylene Glycol
Bebas sulfat ✗ (SLES, SLS)
Bebas alkohol
Isi 450 mL
Kisaran harga Rp52.500

2. TRESemme Keratin Smooth Shampoo

blank

Sumber: Tresemme.com

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Mengandalkan keratin untuk sehatkan struktur rambut

Keratin Smooth Shampoo merupakan salah satu produk perawatan rambut untuk mengatasi rambut kering yang sulit diatur dari TRESemme. Berbahan utama keratin yang sangat baik untuk rambut, sampo ini akan membantu meningkatkan produksi protein rambut yang hilang pada kutikula rambut.

Memiliki formulasi yang lembut, sampo untuk rambut kering ini aman bila digunakan setiap hari. Selain memberi nutrisi pada rambut kering agar lebih sehat, sampo ini juga mengandung lower sulfate yang cocok dan aman untuk rambut yang diwarnai.

5 Alasan Membeli Produk:

  • Merawat rambut mengembang agar lebih mudah diatur.
  • Rambut terasa lebih halus, lembut, dan tidak mudah lepek.
  • Membantu menguatkan rambut, terutama untuk rambut yang sering di-styling.
  • Rambut diwarnai tampak sehat dan warnanya tidak cepat luntur.
  • Membantu merawat rambut kusut menjadi lebih tebal dan bervolume.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa pengguna merasa ketombe bertambah.
Kandungan pelembap Glycerin, Dimethiconol, PEG-45M, Hydrolyzed Keratin
Bebas sulfat ✗ (SLES)
Bebas alkohol
Isi 670 mL
Kisaran harga Rp66.700

3. Palmolive Naturals Intensive Moisture Shampoo & Conditioner

blank

Sumber: Palmolive.ph

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Rambut lembut dan wangi sepanjang hari

Memiliki formula khusus ekstrak coco cream dan protein susu, sampo produksi Palmolive Naturals ini akan meningkatkan hidrasi esensial pada rambut. Wangi fruity floral-nya yang lembut untuk mengharumkan rambut Anda.

Dengan kombinasi formula tersebut, sampo untuk rambut kering ini akan memberikan kelembutan sekaligus keharuman yang tahan lama pada rambut, selama Anda beraktivitas sepanjang hari.

5 Alasan Membeli Produk:

  • Memiliki aroma kelapa natural yang segar dan tahan lama.
  • Rambut lebih lembap, lembut, dan tidak cepat lepek.
  • Membantu frizzy hair agar lebih mudah diatur.
  • Kelembutannya cukup tahan lama, dapat bertahan 2 – 3 hari.
  • Harganya terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Menyebabkan gatal dan rambut rontok pada beberapa pengguna.
Kandungan pelembap Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Dimethiconol, Glycerin, Sorbitol, Pg
Bebas sulfat ✗ (ALS, ALES)
Bebas alkohol
Isi 180 mL
Kisaran harga Rp19.000

4. Head & Shoulders Suprême Moisture Shampoo

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Mengandung bahan pelembap 10x lebih tinggi

Suprême Moisture Shampoo dari Head & Shoulders merupakan sampo antiketombe dengan kandungan argan crème dan bahan pelembap 10x lebih tinggi.

Perpaduan bahan pada sampo untuk rambut kering ini menghasilkan formula yang dapat mengunci kelembapan rambut dan memperbaiki rambut kusam, sehingga rambut tampak lebih lembut dan berkilau.

6 Alasan Membeli Produk:

  • Membantu mengatasi ketombe dan kulit kepala gatal.
  • Rambut terasa lebih halus dan mudah diatur.
  • Dapat melembutkan dan melembapkan rambut secara signifikan.
  • Aromanya enak dan tahan lama
  • Kelembutannya dapat bertahan hingga dua hari.
  • Membantu mengurangi rambut rontok.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa pengguna merasa rambut menjadi lebih mudah lepek.
Kandungan pelembap Stearyl Alcohol, Dimethicone, Cetyl Alcohol, Argania Spinosa Kernel Oil
Bebas sulfat ✗ (SLES, SLS)
Bebas alkohol
Isi 330 mL
Kisaran harga Rp54.300

5. Herbal Essences Argan Oil of Morocco Shampoo

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Memperbaiki rambut rusak dengan kekuatan bahan alami

Rambut kering dan rusak dapat diperbaiki dengan bahan-bahan alami. Herbal Essences Argan Oil of Morocco Shampoo dibuat dengan bahan-bahan alami yang telah disertifikasi, dipercaya dapat melembutkan dan memperbaiki rambut dari akar hingga ke ujung rambut.

Memiliki perpaduan bahan alami 90%, sampe ini bebas paraben dan bebas pewarna yang aman untuk segala jenis kulit. Sampo untuk rambut kering ini juga mengandung pH-balanced dan color-safe yang aman untuk dipakai pada rambut berwarna.

6 Alasan Membeli Produk:

  • Merawat rambut kering dan kusut menjadi lebih sehat dan mudah disisir.
  • Rambut terasa lebih ringan, lembut, dan bercahaya.
  • Membantu mengurangi kerontokan.
  • Melembapkan dan membuat rambut lebih mudah diatur.
  • Aromanya mewah dan tahan lama.
  • Membantu memperbaiki kerusakan rambut setelah bleaching.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa pengguna merasa rambut menjadi lebih mudah lepek.
Kandungan pelembap Glycol Distearate, Dimethicone, Argania Spinosa Kernel Oil, Histidine, Aloe Barbadensis Leaf Juice
Kandungan surfaktan ✗ (SLS, SLES)
Bebas alkohol
Isi 400 mL
Kisaran harga Rp86.300

6. Aromatica Rosemary Scalp Scaling Shampoo

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Formula vegan di dalam wadah plastik ramah lingkungan

Mendukung kampanye untuk melindungi bumi, Aromatica Rosemary Scalp Scaling Shampoo yang dikemas dalam wadah plastik 100% dapat didaur ulang. Formulasinya menggunakan bahan-bahan vegan yang bebas surfaktan sulfat, silikon, dan unsur hewan agar dapat membersihkan rambut Anda dengan aman.

Dengan kandungan minyak BHA (salicylic acid), sampo untuk rambut kering ini membersihkan kulit kepala secara efektif karena dapat melarutkan sel kulit mati yang membandel dan menyumbat pori-pori pada kulit kepala. Bahan herbalnya memberikan nutrisi dan kesegaran pada rambut Anda, termasuk rambut yang diwarnai.

6 Alasan Membeli Produk:

  • Kulit kepala terasa lebih bersih dan segar tanpa rasa kering.
  • Rambut mengembang menjadi lebih mudah diatur.
  • Rambut lebih lembut setelah keramas.
  • Membantu mengurangi ketombe dan rambut rontok.
  • Memiliki aroma herbal yang menyegarkan.
  • Rambut diwarnai menjadi lebih lembap, bervolume, dan tidak kusam.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Busanya sedikit, kurang cocok untuk penyuka sampo dengan busa melimpah.
  • Harganya relatif mahal.
Kandungan pelembap Propanediol, Erythritol, Panthenol (Vitamin B5), Caprylyl Glycol, Butylene Glycol, Niacinamide (Vitamin B3), Glycerin, Moringa Oleifera Seed Oil (Moringa Seed Extract)
Bebas sulfat
Bebas alkohol
Isi 400 mL
Kisaran harga Rp349.900

7. Kerastase Nutritive Bain Satin 1

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Meningkatkan produksi minyak alami pada akar hingga ujung rambut

Kerastase merancang rangkaian shampo untuk rambut kering dan gatal yang ditujukan untuk tiga tingkat kekeringan, yakni slightly, moderately, dan severly dry hair. Bain Satin 1 diperuntukkan bagi Anda yang memiliki rambut normal hingga sedikit kering.

Memiliki kombinasi nutrisi dan ekstrak iris rhizome, sampo untuk rambut kering ini akan meningkatkan produksi minyak alami yang melembutkan rambut dari akar hingga ujungnya. Rambut Anda akan lebih lembut, berkilau, dan mudah terurai.

4 Alasan Membeli Produk:

  • Mengurangi frizzy hair dan membuatnya lebih halus.
  • Memperbaiki rambut kering dalam pemakaian kurang lebih tiga bulan.
  • Membantu merawat rambut yang rusak karena bahan kimia dan styling.
  • Rambut lebih halus, lembut, dan mudah diatur.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya relatif mahal.
Kandungan pelembap Dimethicone, PPG-5-Ceteth-20, Isostearyl Neopentanoate, Glyceryl Linoleate, Glyceryl Oleate, Glycerin
Kandungan surfaktan ✗ (SLES)
Bebas alkohol
Isi 250 mL
Kisaran harga Rp390.000

8. Nature Republic Argan Essential Deep Care Shampoo

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Membersihkan kulit kepala dengan penuh kelembutan

Memadukan minyak argan dan ekstrak herbal, Nature Republic Argan Essential Deep Care Shampoo ini membersihkan kulit kepala dan rambut secara lembut. Selain itu, sampo ini juga merawat kelembapan kulit kepala hingga ujung rambut.

Dengan aroma herbalnya yang menenangkan dan dapat bertahan lama, sampo untuk rambut kering ini membuat rambut Anda menjadi lebih lembut dan berkilau, serta lebih sehat dan bervolume.

4 Alasan Membeli Produk:

  • Memiliki aroma herbal yang menenangkan dan tahan lama.
  • Setelah keramas, rambut terasa lebih halus, lembut, dan tidak mudah lepek.
  • Rambut lebih lembap, bervolume, dan mudah diatur setelah penggunaan selama kurang lebih dua minggu.
  • Membantu mengatasi frizzy hair.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa pengguna kurang merasakan perubahan pada masalah rambutnya.
Kandungan pelembap PPG-3 Myristyl Ether, Oenothera Biennis (Evening Primrose) Oil, Rosa Rubiginosa Seed Oil, Propylene Glycol, Pca, Betaine, Sodium Lactate
Bebas sulfat
Bebas alkohol
Isi 1 L
Kisaran harga Rp640.000

9. Erhair Restore Ceramide & Keratin Shampoo

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Memperbaiki rambut rusak akibat sering hair styling

Rambut patah-patah dan bercabang karena sering terkena panas alat styling? Atasi dengan Erhair Restore Ceramide & Keratin Shampoo, merupakan sampo perawatan khusus untuk rambut kering dan bercabang, terutama bila sering menggunakan alat hair styling.

Dengan bahan utama ceramide complex, keratin, dan coconut oil, sampo untuk rambut kering ini diklaim dapat mengembalikan kelembapan rambut dan menutrisi barang rambut hingga kelembapannya tetap terjaga. Bisa digunakan untuk sehari-hari, rambut akan jadi lebih lembut dan tidak mudah patah.

5 Alasan Membeli Produk:

  • Membantu mengurangi permasalahan rambut kering setelah tujuh kali penggunaan.
  • Setelah keramas, rambut terasa lebih lembut, ringan, dan mudah diatur.
  • Membantu melembutkan rambut setelah bleaching.
  • Memiliki aroma floral lembut yang tahan lama.
  • Membantu mempromosikan kelembapan rambut setelah pemakaian kurang lebih dua minggu.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sangat minim busa, mungkin kurang cocok untuk sebagian orang.
Kandungan pelembap Dimethicone, Glycol Stearate, Amodimethicone, Cocos Nucifera Oil, Cholesterol, Glycerin, Betaine, Hydrolized Keratin, Ceramides
Bebas sulfat ✗ (ALS)
Bebas alkohol
Isi 250 mL
Kisaran harga Rp125.125

10. L’Oreal Professionnel Hair Spa Deep Nourishing Shampoo

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Nutrisi mendalam untuk rambut lebih lembut dan berkilau

Mengandung ekstrak water lily, sampo dari L’Oreal ini akan memberi nutrisi dan melembutkan rambut kering. Hair Spa Deep Nourishing Shampoo menggunakan air murni yang sudah dipurifikasi agar Anda mendapatkan rambut yang lebih sehat. Rambut Anda juga akan menjadi lebih lembap, lembut, dan berkilau.

5 Alasan Membeli Produk:

  • Rambut terasa lebih halus, sehat, dan bercahaya setelah keramas.
  • Wangi bunga lili yang lembut dan tahan lama.
  • Merawat rambut kering dan kusut menjadi lebih lembut dan mudah diatur.
  • Membantu mengurangi kulit kepala gatal dan rambut rontok.
  • Membantu mengontrol minyak agar rambut tidak mudah lepek.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Minim busa dan cukup sulit dibilas.
Kandungan pelembap Glycerin, Propanediol, Glycol Distearate, Dimethicone, PPG-5-Ceteth-20, Amodimethicone
Bebas sulfat ✗ (SLS)
Bebas alkohol
Isi 250 mL
Kisaran harga Rp81.800

Tabel Perbandingan Sampo untuk Rambut Kering

Produk Pantene Gold Series Smooth & Sleek Shampoo TRESemme Keratin Smooth Shampoo Palmolive Naturals Intensive Moisture Shampoo & Conditioner Head & Shoulders Suprême Moisture Shampoo Herbal Essences Argan Oil of Morocco Shampoo Aromatica Rosemary Scalp Scaling Shampoo Kerastase Nutritive Bain Satin 1 Nature Republic Argan Essential Deep Care Shampoo Erhair Restore Ceramide & Keratin Shampoo L’Oreal Professionnel Hair Spa Deep Nourishing Shampoo
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Kandungan pelembap Dimethiconol, Glycerin, Panthenol (Vitamin B5), Histidine, Niacinamide (Vitamin B3), Propylene Glycol Glycerin, Dimethiconol, PEG-45M, Hydrolyzed Keratin Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Dimethiconol, Glycerin, Sorbitol, Pg Stearyl Alcohol, Dimethicone, Cetyl Alcohol, Argania Spinosa Kernel Oil Glycol Distearate, Dimethicone, Argania Spinosa Kernel Oil, Histidine, Aloe Barbadensis Leaf Juice Propanediol (Plant-Derived Moisturizer), Erythritol (Glucose-Derived Moisturizer), Panthenol (Vitamin B5), Caprylyl Glycol, Butylene Glycol, Lavandula Hybrida Oil Dimethicone, PPG-5-Ceteth-20, Isostearyl Neopentanoate, Glyceryl Linoleate, Glyceryl Oleate, Glycerin PPG-3 Myristyl Ether, Oenothera Biennis (Evening Primrose) Oil, Rosa Rubiginosa Seed Oil, Propylene Glycol, Pca, Betaine, Sodium Lactate Dimethicone, Glycol Stearate, Amodimethicone, Cocos Nucifera Oil, Cholesterol, Glycerin, Betaine, Hydrolized Keratin, Ceramides Glycerin, Propanediol, Glycol Distearate, Dimethicone, PPG-5-Ceteth-20, Amodimethicone
Bebas sulfat ✗ (SLES, SLS) ✗ (SLES) ✗ (ALS, ALES) ✗ (SLES, SLS) ✗ (SLS, SLES) ✗ (SLES) ✗ (ALS) ✗ (SLS)
Bebas alkohol
Isi 450 mL 670 mL 180 mL 330 mL 400 mL 400 mL 250 mL 1 L 250 mL 250 mL
Kisaran harga Rp52.500 Rp66.700 Rp19.000 Rp54.300 Rp86.300 Rp349.900 Rp390.000 Rp640.000 Rp125.125 Rp81.800
Periksa ketersediaan Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli Cek di ShopeeCek di Lazada Cek di Blibli

Tip dan Saran dari dr. Felicia Puspita Sari

blank

Perawatan rumahan yang bisa dilakukan untuk rambut kering

Jika rambut Anda terasa kering saat disentuh, rapuh, dan sulit untuk ditata, mungkin Anda memiliki masalah rambut kering. Paparan sinar matahari, heat styling, kelembapan udara, merokok, serta banyak lagi faktor berkontribusi dalam menyebabkan rambut kering dan rusak.

Beberapa hal dibawah ini dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu mengatasi masalah rambut dan kulit kepala kering, yaitu:

  • Memangkas rambut yang tidak sehat agar tidak mempengaruhi rambut yang sehat
  • Konsumsi multivitamin yang mengandung vitamin dan mineral untuk kesehatan rambut seperti vitamin A, vitamin C, biotin, serta besi
  • Protein laut seperti dari ikan dapat membantu menjaga rambut Anda agar tidak menipis dan membuat rambut terlihat lebih berkilau
  • Hindari mencuci /keramas setiap hari
  • Hindari penggunaan pengering rambut yang panas (heat drying) seperti hair dryer
  • Disarankan untuk mencuci rambut menggunakan air dengan suhu ruang dan menghindari air yang terlalu panas
  • Gunakan essential oils seperti minyak argan atau minyak kelapa

Yuk, cek rekomendasi perawatan rambut kering dari PickyBest lainnya!

Rambut kering perlu perawatan khusus agar kelembapannya tetap terjaga dan rambut lebih sehat berkilau. Selain sampo, Anda juga perlu menggunakan rangkaian perawatan rambut lain, seperti kondisioner, vitamin, dan masker rambut.

Dapatkan informasi seputar perawatan rambut kering lainnya, lengkap dengan panduan memilih dan rekomendasi produk terbaik di artikel PickyBest berikut ini.

Kesimpulan

Sampo untuk rambut kering dapat digunakan untuk merawat rambut kering, mengembalikan kelembapannya, serta membuat rambut tampak lebih sehat, mudah diatur, dan lebih berkilau. Sebaiknya Anda juga menggunakan kondisioner setelah keramas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, hindari mencuci rambut setiap hari untuk menjaga kelembapan rambut. Bila perlu, lakukan pemotongan ujung rambut secara rutin di salon tiga bulan sekali atau di rumah dengan menggunakan gunting yang tajam. Dengan menerapkan perawatan tambahan, sampo untuk rambut kering yang Anda gunakan akan bekerja semakin optimal. Selamat merawat rambut Anda!

Referensi

Shampoo Ingredients for Different Hair Needs: What to Look For
https://www.healthline.com/health/shampoo-ingredients-for-different-hair-needs#what-to-avoid diakses pada 19 Desember 2021

Does Argan Oil Help Protect Against Hair Loss?
https://www.healthline.com/health/argan-oil-for-hair-growth#benefits diakses pada 19 Desember 2021

10 Evidence-Based Health Benefits of Coconut Oil
https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-coconut-oil#7.-May-protect-your-hair- diakses pada 19 Desember 2021

Is Silicone Good For Your Hair?
https://www.self.com/story/is-silicone-good-for-your-hair diakses pada 19 Desember 2021

How to Use Glycerin for Hair
https://www.healthline.com/health/glycerin-for-hair#best-for diakses pada 19 Desember 2021

Everything You Should Know About Using Ceramides
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/ceramide#results diakses pada 19 Desember 2021

What Is Keratin?
https://www.healthline.com/health/keratin#benefits-and-results diakses pada 19 Desember 2021

Shampoo Ingredients for Different Hair Needs: What to Look For
https://www.healthline.com/health/shampoo-ingredients-for-different-hair-needs#common-ingredients diakses pada 19 Desember 2021

Dry Hair: Symptoms, Causes, and Treatments
https://www.webmd.com/beauty/dry-hair-causes diakses pada 19 Desember 2021

How Mild Shampoo Can Help the Health of Your Hair
https://www.healthline.com/health/mild-shampoo#benefits diakses pada 19 Desember 2021

What to Know About Shampoo Ingredients
https://www.webmd.com/beauty/what-to-know-about-shampoo-ingredients#1 diakses pada 19 Desember 2021

You may also like

Comments are closed.