Written by 22:38 Hobi

10 Merk Cat Air yang Bagus dan Aman untuk Pemula

IKEA MALA Kotak Cat Air Warna Campuran

Cat air atau watercolor adalah peralatan yang digunakan untuk melukis dan menggambar pada berbagai media. Setiap orang mempunyai kesukaan tersendiri tergantung level kemahirannya. Apabila Anda seorang pemula, pastikan untuk memakai produk yang mempermudah Anda. Bagi para profesional yang terbiasa melukis, tentu mereka lebih senang melukis dengan berbagai teknik.

Sebaiknya cat air manakah yang Anda gunakan? Anda dapat mengetahui hal tersebut dengan memahami karakteristik dari setiap produk. Cat air dibagi menjadi beberapa macam, Anda bisa melihat selengkapnya di artikel ini. Kami juga akan berikan rekomendasi cat air terbaik yang bisa Anda pakai untuk melukis dan menggambar pada kanvas, kertas, papan, dan media lukis lain.

Cara Memilih Cat Air yang Bagus

Ada bermacam jenis cat air di pasaran, Anda harus mengetahui terlebih dahulu ciri khas dari setiap jenisnya. Selain itu, tempat melukis dan ukuran lukisan yang ingin Anda buat pada media lukis juga menjadi penentu cat air seperti apa yang cocok digunakan. Sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu poin-poin tersebut, berikut ini penjelasannya!

Ketahui Bermacam Jenis Cat Air yang Beredar

Cat air dibedakan ke dalam beberapa jenis, seperti tube yang sudah berbentuk semi cair dan bentuk lain yang padat, semisal watercolor pan dan watercolor cake. Di samping itu, cat air berbentuk liquid juga bisa digunakan oleh para pemula karena lebih praktis penggunaannya.

Mari kita kenali lebih lanjut mengenai masing-masing jenis cat air yang telah kami sebutkan sebelumnya di bagian ini. Apa saja?

Tube Watercolor

Tube Watercolor

Cat yang dikemas dalam bentuk tekstur cairan pekat dalam tube ini sangat populer digunakan. Biasanya anak-anak yang memakai cat air berbentuk tube. Untuk melarutkannya hanya diperlukan air dengan takaran yang pas. Terdapat banyak pilihan warna yang terkategori menjadi warna primer dan warna sekunder.

Jenis cat ini mudah dijumpai di minimarket sepert Indomaret dan Alfamart. Harga jual cat air tube sangat murah sehingga cocok dipakai oleh pemula yang ingin belajar melukis ataupun menggambar. Biasanya untuk jenis cat ini dijual dengan menyediakan banyak pilihan warna sehingga Anda tidak perlu palet khusus untuk mencampurkan warna.

Watercolor Pan atau Pan Color

Watercolor Pan atau Pan Color

Watercolor pan adalah cat air berbentuk padat yang umum dipakai oleh para profesional. Jenis cat ini mampu hasilkan warna pucat dan indah meskipun telah mengaplikasikan banyak layer pada kanvas. Pewarnaan yang lebih bagus menjadi kelebihan dari cat ini, begitu juga Anda bisa menyesuaikan jumlah air yang digunakan untuk melarutkannya.

Cat air jenis ini memungkinkan Anda melukis dengan warna tebal atau tipis sesuai keinginan. Jika Anda ingin mendalami dunia lukis, bolehlah pertama-tama belajar dengan cat air tipe tube, lalu beralihlah ke pan color agar hasil pewarnaan lukisan Anda lebih indah.

Watercolor Cake atau Cake Color

Watercolor Cake atau Cake Color

Disebut juga cake color, merupakan cat air dalam bentuk bubuk dengan tekstur padat. Anda perlu melarutkan warnanya dengan kuas basah sebelum digunakan. Harga jual yang murah dan kemudahan penggunaannya merupakan kelebihan tipe ini.

Watercolor cake terdiri dua jenis warna, yaitu transparan dan opaque. Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan dengan warna tipis atau tebal (bold) menggunakan dua macam warna cat air ini. Satu lagi, cat air jenis ini juga mudah dibawa ke mana pun dan bisa dibeli secara terpisah, Anda dapat memilih warna sesuai keinginan.

Liquid Watercolor

Liquid Watercolor

Untuk mewarnai kanvas dan kertas gambar, cat air berjenis liquid dapat langsung diaplikasikan tanpa harus diencerkan dengan air. Perbedaan lain dari cat ini dibandingkan cat air berbentuk tube dan padat adalah tempat menyimpannya yang umum di dalam botol atau jar.

Bagi para pemula, lebih mudah menggunakan cat air berbentuk liquid karena bisa langsung diaplikasikan ke media lukis Selain itu, cat air liquid juga mempunyai varian warna yang lebih mencolok dan pilihan warnanya cukup banyak. Kelebihan lain dari jenis liquid adalah bersifat washable alias bisa dicuci dan dilunturkan. Bahkan, liquid watercolor juga dapat digunakan sebagai pewarna pakaian, proyek DIY, dan pewarna makanan.

Pilihlah Berdasarkan Lokasi Melukis dan Ukuran Lukisan

Pilihlah Berdasarkan Lokasi Melukis dan Ukuran Lukisan

Setelah memahami perbedaan karakter dari masing-masing jenis cat air, langkah berikutnya agar Anda bisa ciptakan hasil lukisan yang optimal adalah mempertimbangkan ukuran lukisan dan tempat Anda melukis gambar. Jika Anda ingin melukis pada media lukis berbidang luas di dalam ruangan, Anda bisa menggunaakn cat air jenis tube.

Cat air dalam kemasan tube juga aman digunakan oleh anak-anak, tersedia dalam berbagai warna, dan Anda tiadk harus mencampurkan warna sendiri. Anda cukup menyediakan palet untuk mengencerkan cat dan kuas sebagai alat gambarnya. Hal-hal semacam ini ini akan membuat Anda lebih nyaman untuk melukis di rumah.

Namun, jika Anda ingin melukis pemandangan atau semacamnya yang berlokasi di luar ruangan, pastikan Anda membeli cat air berjenis watercolor pan. Karena bersifat portable, cat air dalam bentuk padat ini bisa Anda bawa tanpa khawatir tumpah. Di samping itu, Anda juga perlu menyiapkan wadah untuk menyimpan air termasuk kuas dalam batang tubuhya. Lebih repot menang, tapi Anda bisa wujudkan lukisan yang tidak mudah luntur dengan tipe cat air ini untuk penggunaan outdoor.

Buat Anak-anak, Pilihkan Cat Air Berjenis Watercolor Cake

Buat Anak anak Pilihkan Cat Air Berjenis Watercolor Cake

Apakah Anda ingin melatih kreativitas anak sejak kecil? Anda harus memastikan cat air yang dipakai sang buah hati aman dan bebas racun. Jenis watercolor cake adalah pilihan yang paling ideal digunakan selain sifatnya yang portable. Di sisi lain, harganya yang terjangkau memungkinkan Anda membeli lebih banyak produk ketika telah habis persediaan sebelumnya.

Watercolor cake lebih direkomendasikan karena anak Anda bisa belajar melukis di sanggar atau bersama teman di luar ruangan untuk mengambil objek lukisan di sekitar. Beragam pilihan warna yang indah dan harga yang ramah di kantong merupakan keuntungan dari cat air satu ini.

10 Rekomendasi Cat Air Terbaik untuk Melukis dan Menggambar

Bagaimana, apakah Anda telah mendapatkan gambaran produk seperti apa yang cocok dimiliki dan digunakan? Selanjutnya kami akan perlihatkan sepuluh merek cat air yang bagus dari berbagai produsen, seperti Pentel dan Titi yang terkenal murah dan ideal untuk anak, hingga brand Winsor & Newton ataupun Koi yang biasa dipakai pelukis profesional.

1. Pentel 12 Arts Water Colours

Pentel 12 Arts Water Colours

Kisaran harga: Rp60.500

Bisa diaplikasikan pada kaca tanpa menyebabkan efek becek

Cat air berkemasan tube dari Pentel ini dapat Anda belikan sebagai hadiah untuk si kecil. Produk ini dapat membantu proyek tugas prakarya yang ditugaskan oleh sekolah. Dalam satu setnya, Pentel menyediakan 12 pilihan warna yang cerah dan halus serta cepat kering.

Kualitas cat air ini sangat baik dan mudah digunakan oleh pemula. Setiap tabung atau tube-nya dapat dipencet hingga tetes terakhir, sehingga tidak ada cat yang tersisa di dalamnya. Disebutkan bahwa cat air ini juga tidak mudah memudar dan sifat kering yang imilikinya menghasilkan gambar lukisan yang merata dan tanpa retakan.

2. TITI 12 Water Colors

TITI 12 Water Colors

Kisaran harga: Rp29.300

Aman dan tidak beracun, cocok untuk anak kecil usia TK ataupun SD

Kami rekomendasikan TITI 12 Water Colours kepada Anda yang ingin membeli cat air yang murah, mudah digunakan, dan mudah dicari. Anda bisa temukan produk ini di Indomaret dan Alfamart atau jasa fotocopy terdekat. Dijual dalam satu set, berisikan 12 tube yang masihg-masing berukuran 6 ml.

Cat air terbaik ini dipastikan aman untuk anak-anak karena tidak mengandung racun. Menurut keterangan TITI, produk buatannya ini sudah boleh digunakan oleh anak usia 3 tahun ke atas. Masing-masing tube bisa mengeluarkan isi cat dengan mudah ke palet. Ketika dibaurkan, catnya lebih cepat kering dan warna yang terlukis lebih cerah dan halus.

3. Winsor & Newton Cotman Water Colours 12

Winsor Newton Cotman Water Colours 12

Kisaran harga: Rp272.000

Cat air pilihan para profesional

Winsor & Newton adalah brand alat lukis yang mengeluarkan cat air untuk kebutuhan para profesional. Pada satu set terdiri dari 12 warna yang sangat indah setelah diaplikasikan, sebuah kuas berukuran kecil, dan sebuah tutup berkompartemen sebagai palet untuk mencampurkan warna cat di dalamnya.

Cat air pocket berbentuk half pan ini didesain dalam bentuk compact, sehingga mudah dibawa bepergian. Walau pada satu paketnya terdiri dari banyak pilihan warna indah, WInsor & Newton Cotman Water Colours tidak terdapat warna hitam, sehingga Anda yang membutuhkan warna hitam perlu membelinya secara terpisah.

4. IKEA MALA, Kotak Cat Air, Warna Campuran

IKEA MALA Kotak Cat Air Warna Campuran

Kisaran harga: Rp129.000

Persembahan spesial untuk kembangkan kreativitas anak

IKEA MALA merupakan cat air yang dihadirkan untuk kebutuhan anak-anak penghobi aktivitas lukis. Seri ini menawarkan 16 pilihan warna dalam pan. Tenang saja, tidak seperti produk sebelumnya, IKEA sudah menyiapkan warna dasar hitam dan putih, termasuk beberapa warna sekunder sebagai pelengkap ketika dibutuhkan.

IKEA memastikan seluruh komponen material yang digunakan aman bagi anak. Produk dengan dimensi pan sebesar 24 x 14 cm ini cukup ringkas sehingga mudah untuk disimpan di dalam tas sebelum digunakan. Kuasnya berbahan plastik polipropilena, sedangkan bulu sikatnya terbuat dari plastik poliamida dan kayu birch solid sebagai handle yang digenggam begitu nyaman dipakai melukis anak Anda.

5. Marie’s Water Colour 12 Colours 9ml

Maries Water Colour 12 Colours 9ml

Kisaran harga: Rp22.000

Cat air import dengan harga terjangkau

Sama dengan beberapa merek cat air yang direkomendasikan dalam poin-poin sebelumnya, Marie’s Water Colour 12 Colours ini juga termasuk produk import. Anda bisa membeli cat air yang satu ini di toko online favorit Anda dengan variasi harga yang tidak jauh berbeda.

Marie’s Water Colour seri ini ditawarkan dalam 12 pilihan warna. Anda perlu menyiapkan palette terpisah karena dalam satu setnya tidak disediakan tambahan palet, melainkan tube cat air yang setiap warna berisikan 5 ml, seperti lamp black, hookers green, prussian blue, violet, yellow ochre, lemon yellow, burnt umber, burnt sienna, crimson lake, sap green, chinese white, dan vermillion.

6. Joyko WC-1000 18 Colours

Joyko WC 1000 18 Colours

Kisaran harga: Rp136.000

Mampu ciptakan efek nyata pada lukisan

Di Indonesia, Joyko terkenal akan ATK (alat tulis kantor) dengan kualitas yang baik. Selain memproduksi pulpen, pensil, ataupun penghapus, Joyko juga merilis cat air portable yang terdiri dari 18 pilihan warna. Tersedia brush yang dapat menyimpan air untuk diteteskan dan digunakan langsung pada media lukis.

Ujung brush-nya dibuat sangat lembut, sehingga begitu nyaman ketika digoreskan. Bila disimpulkan, menggunakan cat air ini sama saja dengan menggambar menggunakan pensil warna. Bedanya, Anda dapat lebih leluasa mengatur ketebalan dan efek warna, sekaligus mengombinasikan beberapa warna lebih mudah.

7. Derwent Inktense Paint Pan Travel Set 12 Colours

Derwent Inktense Paint Pan Travel Set 12 Colours

Kisaran harga: Rp300.000

Melukis saat bepergian bukan lagi masalah dengan cat air untuk travelling ini!

Inktense Paint Pan ini terdiri dari 12 warna dalam satu setnya. Tidak seperti cat air biasa, Derwent mendesain alat gambar ini dengan formula unik yang dapat menghasilkan warna vivid dan tidak akan luntur ketika sudah kering. Formula waterproof yang dimiliki cat air ini akan mempertegas kesan real pada setiap lukisan.

Bukan cuma ideal diaplikasikan pada media kertas, watercolor pan ini juga mudah untuk melukis pada kain karena bersifat lightfast. Sengaja dirancang portable, Anda tidak perlu takut isinya tumpah karena tingkat kepadatannya telah diatur agar lebih solid sebelum dilelehkan. Tutupnya telah dilengkapi kompartemen yang bisa dimanfaatkan sebagai palet pencampur warna.

8. Giotto Water Colour Cake Set 24 Colours

Giotto Water Colour Cake Set 24 Colours

Kisaran harga: Rp57.000

Kaya akan warna yang easy-to-mix

Giotto menghadirkan cat air dalam 24 warna yang berjenis opaque untuk membaurkan warna bold dan beberapa warna lain mampu ciptakan pewarnaan transparan. Satu kuas berujung pipih di dalamnya akan mempermudah Anda mengisi warna pada bidang-bidang yang sempit.

Setiap deret warnanya terdiri dari 6 warna yang masing-masing blok warna memiliki ukuran diameter 30 mm. Setiap warna sangat mudah untuk dibaurkan dengan warna lain, sangat pas jika Anda suka memadukan beberapa warna untuk berbagai objek gambar.

9. Simbalion Watercolor Cakes 36

Simbalion Watercolor Cakes 36

Kisaran harga: Rp95.000

Pilihan ideal untuk pemula hingga profesional

Jika melihat ketersediaan 36 warna pada satu setnya, watercolor cake dari Simbalion ini tergolong sangat terjangkau dari segi harga. Untuk pilihan warnanya sendiri bisa dibagi ke dalam dua jenis, yaitu warna cerah dan warna transparan. Jika memakai produk ini, Anda bisa gunakan kuas tradisional maupun water brush.

Penutup kemasan dari cat air ini tidak hanya sebatas melindungi warna-warna pada setiap bloknya agar tidak tercampur satu sama lain, tetapi ketika dibuka, tutupnya bisa digunakan untuk mixing tray. Dengan harga tak sampai 100 ribu, Anda telah memperoleh satu set watercolor cake berisikan puluhan warna dan 1 kuas tradisional yang siap digunakan. Yakin tidak tertarik?

10. Sakura Koi Water Colors

Sakura Koi Water Colors

Kisaran harga: Rp415.000

Rekreasi sambil melukis indahnya pemandangan, kenapa tidak?

Sakura Koi menawarkan banyak set watercolor, salah satunya cat air berbentuk pan dengan tutup kotak berkompartemen ini. Jika Anda ingin melukis pemandangan di alam bebas, Sakura Koi Water Colors adalah produk yang Anda butuhkan. Selain menyiapkan kotak berkompartemen dan 30 varian warna, telah tersedia juga water brush sehingga Anda tidak butuh palet berisi air lagi.

Mixing tray yang terdiri dari 5 kompartemen ini memudahkan Anda untuk melakukan pencampuran warna. Ke-30 warna pada cat air disusun secara rapi yang menjadikan kemasan produk berbentuk persegi mungil. Apalagi, bobot yang ringan dari produk membuat Anda tidak repot ketika membawanya.

Kesimpulan

Sesampainya di bagian ini, bolehkah kami menanyakan cat air terbaik manakah yang menjadi pilihan Anda? Apabila Anda ingin melukis di luar ruangan, pastikan untuk membeli cat air berbentuk padat dengan desain portable, seperti watercolor cake atau pan color, sehingga tidak menyulitkan ketika dibawa. Namun, jika Anda merasa lebih nyaman melukis di rumah, pilihlah cat air dalam kemasan tube.

(Visited 63 times, 6 visits today)