Written by 01:02 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Suplemen Vitamin Terbaik untuk Anak

Permasalahan anak susah makan sering kali menjadi hal yang membuat orang tua stres. Jam makan yang tidak teratur serta anak yang terlalu pemilih dapat menjadi faktor penyebabnya. Jika dibiarkan, anak berisiko mengalami kekurangan nutrisi penunjang tumbuh kembangnya. Sebagai orang tua, Anda bisa mengambil langkah untuk memberinya nutrisi tambahan dalam bentuk suplemen.

Berbagai merek suplemen hadir menawarkan manfaat terbaiknya, di antaranya Fitkom, Cerebrofort, dan Nature’s Plus. Jika Anda bingung mencari suplemen untuk buah hati, artikel ini akan menemani pencarian Anda. Selain memuat cara memilih suplemen sesuai kebutuhan anak, tersedia pula rekomendasi produk terbaik versi PickyBest untuk Anda. Yuk, baca sampai habis!

Seberapa Penting Konsumsi Suplemen Vitamin untuk Anak?

Pada dasarnya, pemberian suplemen hanya wajib diberikan pada anak yang kurang mendapatkan nutrisi dari asupan makanan sehari-hari. Makanan yang sekadar mengenyangkan saja tak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak. Menu makanan yang baik harus mencakup kandungan karbohidrat, vitamin, dan mineral dalam porsi seimbang.

Suplemen juga dapat diberikan pada anak yang sedang sakit atau dalam masa penyembuhan. Berbagai nilai gizi yang terkandung dalam suplemen dapat membantu mempercepat proses pemulihan agar tubuh segera fit. Pada kondisi khusus, suplemen vitamin mungkin menjadi kebutuhan pokok untuk anak yang mengalami alergi terhadap makanan tertentu.

Namun, perlu diingat, suplemen hanya bertindak sebagai pelengkap gizi, bukan untuk menggantikan peran makanan pokok. Selain itu, penting untuk mematuhi dosis yang ditentukan pada kemasan suplemen. Jika masih ragu apakah anak membutuhkan tambahan suplemen, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak kepercayaan Anda.

Cara Memilih Suplemen Vitamin untuk Anak

Sebelum menuju rekomendasi produk, kami akan memberikan beberapa cara memilih suplemen vitamin yang sesuai kebutuhan anak. Simak pemaparannya berikut ini!

Kenali Jenis Vitamin yang Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Berbagai jenis vitamin memberikan manfaat berbeda untuk kesehatan tubuh. Sebaiknya Anda memilih suplemen anak yang mengantongi bermacam-macam vitamin agar nutrisinya lebih lengkap.

Vitamin A: Memelihara Kesehatan Mata, Kuku, dan Rambut

Anda mungkin telah mengenal manfaat vitamin A yang baik untuk memelihara kesehatan mata. Lebih dari itu, vitamin A juga berfungsi membantu pertumbuhan tulang dan merangsang pembentukan kuku dan rambut. Vitamin yang berhubungan dengan retinoid ini juga baik untuk merawat kesehatan kulit anak, lho!

Vitamin B Kompleks: Merangsang Pertumbuhan Sel Darah

Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Vitamin ini memiliki peran yang cukup banyak, antara lain merangsang pertumbuhan sel darah dan mencegah penyakit beri-beri. Vitamin B kompleks juga sering dihubungkan dengan peningkatan kecerdasan otak.

Vitamin C: Memperkuat Sistem Imun agar Tubuh Tak Mudah Sakit

Vitamin C berfungsi meningkatkan produksi sel imun tubuh. termasuk darah putih dan fagosit. Selain itu, vitamin C juga berperan merangsang pembentukan kolagen untuk pembentukan jaringan seperti kulit dan otot. Tak hanya itu, vitamin ini juga membantu memaksimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Vitamin D: Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Masa anak-anak merupakan periode vital untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Oleh sebab itu, vitamin D sebaiknya tidak absen dari kandungan suplemen vitamin anak Anda.

Vitamin D bertugas membantu tubuh menyerap kalsium lebih baik dengan cara mengontrol jumlah kalsium dalam aliran darah. Kalsium sendiri merupakan mineral yang mengatur kepadatan tulang dan gigi.

Vitamin E: Menangkal Radikal Bebas dan Memperkuat Imunitas

Vitamin E bermanfaat menangkal radikal bebas agar imunitas tubuh senantiasa terjaga. Vitamin ini juga mendukung perbaikan sel-sel tubuh yang rusak dan memelihara stabilitas hormon. Di samping itu, vitamin E juga mendukung kelancaran proses metabolisme pada tubuh anak.

Pilih yang Mengandung Mineral Tambahan untuk Melengkapi Nutrisinya

Di samping vitamin, ada baiknya Anda mencari suplemen anak yang diperkaya mineral. Bila ingin melengkapi nutrisi yang diterima anak, Anda juga bisa memilih suplemen berkandungan asam lemak esensial. Apa saja mineral dan asam lemak yang penting pada suplemen anak?

Zat Besi: Melancarkan Distribusi Oksigen dalam Darah

Zat besi merupakan mineral yang diperlukan tubuh untuk memproduksi hemoglobin. Hemoglobin berfungsi mengangkut oksigen dalam sel darah sekaligus sebagai penentu warna merah darah. Kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko anemia yang dapat menghambat aktivitas anak.

Kalsium: Memelihara Kesehatan Tulang, Saraf, dan Fungsi Otot

Mineral ini digunakan tubuh untuk memperkuat pembentukan tulang dan gigi. Kalsium juga berfungsi untuk mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang) dan memelihara kesehatan otot dan saraf. Lebih dari itu, kalsium berperan melancarkan proses metabolisme sel.

Kalium: Mengontrol Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Kalium merupakan sejenis elektrolit yang membantu tubuh mengatur komposisi cairannya. Bersama dengan natrium, kalium berperan menjaga tekanan darah berada dalam batas normal. Karena berhubungan dengan tekanan darah, kalium juga dapat membantu menjaga ritme jantung.

Magnesium: Bantu Menjaga Kadar Gula dalam Darah

Magnesium dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah untuk mencegah diabetes. Selain itu, mineral ini dapat memperkuat fungsi otot dan saraf. Magnesium juga berfungsi mengontrol tekanan darah untuk melancarkan kinerja jantung.

Asam Lemak Esensial: Mempromosikan Kecerdasan Otak dan Fungsi Penglihatan

Omega 3 dan omega 6 disebut juga essential fatty acid (EFA) atau asam lemak esensial. Banyak terdapat dalam ikan dan kacang-kacangan, asam lemak ini diketahui memberikan efek positif pada kecerdasan otak. Selain itu, asam lemak esensial juga memberikan nutrisi pada indera penglihatan anak.

Sesuaikan Konsumsi Suplemen dengan Usia dan Kegiatan Anak

Kebutuhan nutrisi anak tentu berbeda-beda sesuai usia tumbuh kembangnya. Salah satu tolok ukurnya adalah kebutuhan kalori harian. Anak berusia 2-8 tahun sedikitnya membutuhkan asupan 1.000 kalori per hari. Sedangkan anak berusia 9-13 tahun kebutuhan kalorinya berkisar 1.400-2.600 per hari. Kebutuhan kalori bisa saja berbeda tergantung jenis kelamin anak.

Tak hanya dari kebutuhan kalori, hal yang tak kalah penting adalah mempertimbangkan padatnya aktivitas anak. Jika anak banyak beraktivitas di luar rumah, sebaiknya pilih suplemen yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Misalnya kandungan vitamin C, E, dan kalsium. Untuk nutrisi otaknya, berikan suplemen dengan komposisi asam lemak esensial dan vitamin B.

Pilih Sediaan Suplemen yang Memungkinkan Dikonsumsi secara Berkelanjutan

Secara umum, suplemen vitamin terbagi dalam tiga sediaan yakni tablet, sirop, dan gummy. Pastikan Anda memilih sediaan yang memudahkan untuk dikonsumsi anak.

Tablet: Harga Relatif Lebih Ekonomis dan Dapat Disimpan Lebih Lama

Bentuk tablet dapat menjadi pilihan yang tepat untuk persediaan suplemen di rumah. Suplemen tablet dapat disimpan lebih lama dan dikonsumsi sesuai takaran yang ditentukan, biasanya tiga kali sehari. Namun, Anda perlu menjauhkan botol dari jangkauan anak agar anak tidak sembarangan mengambil sendiri suplemennya.

Suplemen berbentuk tablet lebih cocok untuk anak yang sudah lancar menelan. Anak sudah dapat mengontrol sendiri makanannya dalam mulut sehingga dapat mencegah risiko tersedak. Tablet hisap biasanya juga disukai karena rasa dan teksturnya seperti permen.

Sirop: Lebih Mudah Ditelan, Cocok untuk Anak Usia Balita

Untuk anak balita, kami menyarankan Anda memilih suplemen dalam bentuk cairan. Selain lebih mudah ditelan, suplemen berbentuk sirop dapat membantu orang tua mengontrol waktu konsumsi suplemen anaknya. Beberapa suplemen cair juga sudah menyediakan sendok takar di dalamnya agar lebih praktis.

Sayangnya, bentuknya yang cair membuatnya relatif lebih cepat habis. Selain itu, sirop juga rawan tumpah jika tidak dikeluarkan dengan hati-hati. Pastikan Anda langsung membersihkan sendok takar setelah digunakan agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri.

Gummy: Tekstur Kenyal seperti Jeli yang Mudah Dinikmati

Meski sudah di-masking dengan rasa dan aroma yang menarik, anak bisa saja tetap kurang menyukai bentuk tablet maupun cair. Solusinya, Anda bisa coba memberinya suplemen berbentuk gummy. Memiliki tekstur kenyal mirip jeli, suplemen berbentuk gummy sama sekali tidak meninggalkan rasa seperti obat.

Menariknya lagi, dibalik rasa buahnya yang lezat, suplemen berbentuk gummy tetap kaya akan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Meski bentuknya seperti permen gummy, Anda tetap harus memperhatikan dosis pemberiannya, lho! Selain itu, cek juga apakah terdapat tambahan gula sebagai pertimbangan tambahan.

Pilih Varian Rasa dan Bentuk Suplemen yang Disukai Anak-anak

Suplemen vitamin anak diformulasi sedemikian rupa agar rasanya cocok untuk lidah anak-anak. Di antara varian rasa yang tersedia, biasanya buah-buahan menjadi favorit karena rasanya yang manis dan segar. Rasa buah paling umum misalnya jeruk, stroberi, dan anggur. Agar anak tak merasa bosan, Anda bisa mengganti variasi rasanya setelah suplemen sebelumnya habis.

Tak hanya rasa yang dibuat bermacam-macam, bentuk suplemen anak pun dibuat semenarik mungkin. Terdapat suplemen berbentuk huruf alfabet, benda langit, kendaraan, atau berbagai macam binatang. Selain membuatnya lebih menarik, Anda juga bisa melatih pengetahuan anak dengan mengenal beragam bentuk.

10 Rekomendasi Suplemen Vitamin Terbaik untuk Anak

Pada bagian ini, kami telah menyiapkan sepuluh suplemen vitamin untuk anak versi PickyBest. Tentukan produk sesuai kebutuhan dan kesukaan anak, ya!

1. Cerebrofort Gold Sirop

Sumber: Kalbe.co.id

Kaya akan asam amino untuk bantu kelancaran proses metabolisme

Memiliki anak yang aktif tak jarang memunculkan kekhawatiran akan kurangnya asupan nutrisi. Cerebrofort Gold Sirup kaya kandungan asam amino esensial seperti lisina dan fenilalanina yang bermanfaat membantu kelancaran proses metabolisme tubuh. Selain itu, terdapat kandungan DHA dan EPA untuk menutrisi otak anak.

Suplemen ini dapat dikonsumsi dengan dua cara. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa memberikannya secara langsung menggunakan sendok. Ada juga cara yang lebih variatif, yaitu mencampurkannya dengan minuman atau makanan lain, misalnya, sari buah, biskuit, atau susu.

Kandungan utamaDHA, AA, EPA, L-glutamic acid, asam folat, lisina, fenilalanina, vitamin B, A, C, D
DosisUsia 1 – 6 tahun: 1 sdt (5 mL), 1x sehari
Usia 6 – 12 tahun: 1 sdt (5 mL), 2x sehari
SediaanSirop
Pilihan rasaJeruk, stroberi
Ukuran/isi100 mL, 200 mL
Kisaran hargaRp36.300 (ukuran 200 mL)

2. Swisse Children’s Ultivite Multivitamin

Sumber: Swisse.com

Dukung perkembangan kognitif anak tanpa kandungan alergen

Swisse Children’s Ultivite dapat menjadi pilihan untuk Anda yang mencari suplemen tanpa kandungan alergen. Produk ini tidak mengandung laktosa dan tambahan gluten sehingga aman untuk anak yang mengalami intoleransi kedua bahan tersebut. Tanpa perisa artifisial, rasa jeruknya didapatkan dari bahan-bahan alami.

Suplemen ini mengantongi bahan spesial berupa eleuthero extract yang baik untuk perkembangan kemampuan kognitif anak. Bahan ini berperan sebagai adaptogen yang dapat meningkatkan kemampuan mental dan fisik anak. Dibarengi dengan kandungan vitamin dan mineral penting lainnya, multivitamin satu ini akan memenuhi kelengkapan nutrisi harian si kecil.

Kandungan utamaVitamin C, vitamin B kompleks, eleuthero extract
DosisUsia 2 – 3 tahun: 1 tablet sehari, saat atau sesaat setelah makan
Usia 4 – 12 tahun: 2 tablet sehari, saat atau sesaat setelah makan
SediaanTablet kunyah
Pilihan rasaNatural orange and vanilla
Ukuran/isi120 tablet
Kisaran hargaRp170.000

3. Youvit Multivitamin Anak

Sumber: Youvit.co.id

Penuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil sesuai kebutuhan AKG-nya

Anak-anak memiliki besaran AKG yang lebih kecil dari orang dewasa. Agar tidak mengonsumsi vitamin secara berlebihan, konsumsi suplemen anak harus disesuaikan dengan porsinya. Youvit gummy diformulasikan sesuai aturan yang ditetapkan BPOM dan Kementerian Kesehatan RI mengenai kebutuhan AKG untuk anak-anak.

Suplemen ini memiliki bentuk gummy monster yang lucu dipadukan dengan tiga macam rasa buah-buahan segar. Nutrisi utamanya berupa zinc, sepuluh vitamin, dan tiga mineral yang bermanfaat memperkuat kekebalan tubuh serta meningkatkan kinerja otak. Kemasannya juga sangat menarik dengan gambar monster yang senada dengan bentuk gummy-nya.

Kandungan utamaZinc, 10 vitamin sesuai dosis AKG harian untuk anak, 3 macam mineral
DosisUsia 3 – 12 tahun, 1 hari 1 gummy
SediaanGummy
Pilihan rasaStroberi, nanas, jeruk
Ukuran/isi7 gummy (saset), 30 gummy (pouch)
Kisaran hargaRp16.900 (kemasan saset)

4. Natures Plus Animal Parade® Childrens Multivitamin – Assorted Flavors

Diperkaya ekstrak sayuran untuk memelihara kesehatan pencernaan

Natures Plus Animal Parade diperkaya kandungan sayuran seperti bayam, brokoli, dan wortel yang baik untuk meningkatkan fungsi pencernaan buah hati. Selain itu, terdapat juga ekstrak spirulina yang berperan sebagai antioksidan dan antiradang. Bila Anda kesulitan makan sayur, cobalah suplemen kaya sayuran ini!

Berlabel hypo-allergenic, suplemen vegetarian-friendly ini bebas dari bahan yang biasanya memicu alergi. Tak perlu khawatir anak bosan, dalam satu botolnya terdapat tiga pilihan rasa buah, lho. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi anak, tablet berbentuk macam-macam hewannya juga bisa menjadi sarana belajar si kecil.

Kandungan utama16 macam vitamin, 8 macam mineral, spirulina, wortel, brokoli, beras merah, bayam
DosisUsia 2 – 12 tahun, 1 – 2 tablet 2x sehari
SediaanTablet kunyah
Pilihan rasaCeri, jeruk, anggur
Ukuran/isi45 tablet, 90 tablet
Kisaran hargaRp325.000 (isi 90 tablet)

5. Sakatonik ABC Tablet

Sumber: Kalbe.co.id

Penuhi kebutuhan vitamin si kecil sembari mengenal huruf alfabet

Sakatonik ABC dirancang berbentuk huruf A, B, dan C yang cocok untuk mengenalkan huruf pada anak. Selain itu, ada juga pilihan bentuk benda-benda langit untuk menambah pengetahuan si kecil. Berisikan lima jenis vitamin dasar, suplemen ini baik digunakan untuk periode pemulihan pasca anak sakit.

Kelebihan lain dari suplemen ini ada pada harganya yang sangat ekonomis. Pilihan rasanya pun cukup beragam, seperti jeruk, anggur, stroberi, dan tutty fruity. Jika Anda mencari suplemen dengan harga terjangkau, serta bercita rasa nikmat, jangan ragu memasukkan Sakatonik ABC ke dalam daftar pilih Anda!

Kandungan utamaVitamin A, B, C, D3, E
Dosis3 tablet sehari
SediaanTablet hisap
Pilihan rasaJeruk, stroberi, tutti fruity, anggur
Ukuran/isi30 tablet hisap
Kisaran hargaRp14.250 (isi 30 tablet)

6. Fitkom Gummy Calcium

Tinggi kalsium untuk memelihara kekuatan tulang dan gigi anak

Usia anak-anak merupakan periode keemasan untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Dukung pertumbuhan tulang dan giginya dengan mengonsumsi suplemen yang tinggi kandungan kalsium dan vitamin D. Fitkom Gummy Calcium adalah salah satu suplemen yang bisa Anda pilih.

Gummy-nya berbentuk dinosaurus berperisa manis pasti digemari anak-anak. Selain itu, kemasan sasetnya juga sangat praktis dibawa-bawa. Selain tinggi kalsium dan vitamin D, suplemen ini dilengkapi karbohidrat dan protein sebagai penambah tenaga.

Kandungan utamaKalsium, vitamin D
Dosis1 saset sehari
SediaanTablet hisap
Pilihan rasaManis
Ukuran/isi1 box isi 4 saset
Kisaran hargaRp15.900

7. Egoji Sirop

Sumber: Egoji.co.id

Khasiat buah goji berry untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh

Buah goji berry diyakini sebagai tanaman herbal yang mampu memperkuat sistem imun tubuh. Sirop Egoji mengekstraksinya ke dalam bentuk suplemen untuk mendapatkan khasiat penuh dari buah ini. Dipadukan dengan ekstrak empat tanaman herbal lainnya, suplemen ini dapat mencegah anak mudah terserang penyakit.

Sirop Egoji juga baik dikonsumsi saat anak sedang sakit untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Sirop ini memiliki varian rasa anggur dan appleberry yang menjadi rasa favorit anak-anak. Agar bisa digunakan untuk satu keluarga, Egoji juga menyediakan bentuk kapsul untuk konsumsi dewasa.

Kandungan utamaEkstrak buah goji, ekstrak echinacea purpurea, ekstrak phyllanthus niruri, ekstrak black elderberry
DosisUsia 2 – 12 tahun: 1 sdt, 2x sehari
Usia >12 tahun: 1 sdt, 3x sehari
SediaanSirop
Pilihan rasaAnggur, appleberry
Ukuran/isi50 mL, 100 mL
Kisaran hargaRp58.000 (ukuran 100 mL)

8. Sangobion Kids Sirop

Sumber: Shopee.co.id

Cegah anemia dengan paduan zat besi dan multivitamin

Beberapa tanda anak mengalami anemia adalah wajah yang tampak pucat, letih, dan lesu. Sangobion Kids Sirop dapat menjadi pertolongan pertama untuk gejala anemia. Memiliki kandungan utama zat besi dan vitamin B kompleks, mengonsumsi suplemen ini dapat membantu meringankan gejala anemia pada anak.

Suplemen ini minim aroma besi meski bahan utamanya zat besi. Pasalnya, sirop Sangobion Kids diberi tambahan perisa tutti fruity agar lebih ramah untuk selera anak-anak. Namun, perlu diperhatikan jika gejala anemia tak kunjung membaik, segera periksakan anak Anda ke pelayanan kesehatan.

Kandungan utamaFerrazone, Fe, thiamine, riboflavin, pyridoxine, nicotinamide, biotin
Dosis1 sendok takar (5 mL), 1x sehari
SediaanSirop
Pilihan rasaTutti fruity
Ukuran/isi100 mL
Kisaran hargaRp26.500

9. Imboost Kids Tablet Hisap

Immunity booster agar tubuh tak gampang sakit

Tanaman echinacea telah teruji khasiatnya untuk meningkatkan produksi sel darah putih CD4 yang berperan memerangi kuman dan infeksi. Tak hanya mengandung ekstrak tanaman echinacea, Imboost Kids Tablet Hisap juga diperkaya zinc picolinate yang berfungsi sebagai antioksidan.

Suplemen ini menawarkan rasa mixberry dengan ukuran tablet yang pas untuk anak-anak. Bila dikonsumsi secara teratur, suplemen ini dapat dimanfaatkan sebagai terapi penunjang untuk memperkuat sistem imunitas tubuh anak Anda.

Kandungan utamaEchinacea purpurea herb dry extract, Zinc picolinate
DosisUsia 2 – 6 tahun: 2 tablet, 1 – 2 kali sehari
Usia >6 tahun: 2 tablet, 3 kali sehari
SediaanTablet
Pilihan rasaMixberry
Ukuran/isi21 tablet
Kisaran hargaRp34.900

10. Enervon C Plus Multivitamin

Tinggi vitamin C untuk menjaga vitalitas tubuh

Aktivitas anak yang padat ditambah cuaca tak menentu dapat berpengaruh buruk pada kesehatan tubuhnya. Suplemen dengan kandungan tinggi vitamin C berikut dapat membantu memelihara kebugaran dan vitalitas tubuh. Tak hanya itu, vitamin C juga berperan menjaga kesehatan mulut dengan mencegah timbulnya sariawan.

Enervon C Plus diperkaya vitamin B kompleks yang bermanfaat meningkatkan metabolisme sel. Suplemen ini juga diklaim mampu meningkatkan nafsu makan anak! Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan, tak ada salahnya mempercayakan imunitas anak Anda dengan suplemen ini.

Kandungan utamaVitamin A, C, D, B kompleks
DosisUsia <6 tahun: 1 sendok takar (5 mL), 1x sehari
Usia 6 – 12 tahun: 2 sendok takar (10 mL), 1x sehari
SediaanSirop
Pilihan rasaJeruk
Ukuran/isi120 mL
Kisaran hargaRp20.300

Kesimpulan

Memenuhi asupan nutrisi anak penting untuk mendukung tumbuh kembangnya. Bila perlu, berikan anak suplemen vitamin sebagai pendamping makanan pokok. Sebelum memilih produk suplemen, ada baiknya Anda sesuaikan kandungan vitamin dan mineral dengan kebutuhan anak.

Hal yang tak kalah penting adalah memperhatikan intensitas kegiatan anak agar pemberian suplemen lebih tepat sasaran. Setelah membaca artikel ini, kami harap Anda sudah mendapatkan gambaran mengenai bagaimana memilih suplemen terbaik untuk buah hati.

(Visited 112 times, 2 visits today)