Written by 05:30 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Susu Peninggi Badan Terbaik

Boneeto

Punya tinggi badan ideal tentu menjadi sesuatu yang diidamkan banyak orang. Terutama pada orangtua, hampir semuanya menginginkan anaknya tumbuh kembang hingga mencapai tinggi badan yang paling maksimal. Beragam cara pun tak absen untuk dilewatkan, mulai dengan membiasakan anak berolahraga seperti renang, bersepeda, dan lari hingga pemberian asupan tambahan berupa susu peninggi badan terbaik.

Susu memang telah dibuktikan oleh banyak penelitian mampu mendorong pertumbuhan tulang, terutama pada usia produktif. Semakin bertambah usia seseorang, maka perkembangan tulang juga semakin berkurang. Maka dari itu, untuk Anda yang punya anak kecil atau masih berusia belasan tahun, mulailah konsumsi susu peninggi badan yang bagus. Di Indonesia kita bisa dengan mudah menemukannya, mulai dari merek seperti HiLo, Boneeto, hingga Zee, semuanya dapat membantu menambah tinggi badan.

Cara memilih susu peninggi badan

Produk susu yang beredar di pasaran umumnya mengandung zat gizi yang bisa mendukung menambah struktur kekuatan dan panjang tulang. Tapi beberapa di antaranya mempunyai fokus utama untuk menambah tinggi badan. Maka dari itu, kami akan ajak Anda untuk mengenali poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah produk susu peninggi badan.

Ketahui usia maksimal kapan badan berhenti tumbuh tinggi

Ketahui usia maksimal kapan badan berhenti tumbuh tinggi

Agar tidak memberikan hasil yang nihil, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kapan tinggi badan berhenti tumbuh. Dikutip dari Hellosehat, pertumbuhan tinggi badan mulai berhenti saat lempengan pada tulang panjang menutup. Ketika kondisi itu terjadi, maka tulang tidak bisa bertambah panjang lagi. Kondisi tertutupnya lempengan pada tulang ini terjadi saat usia pubertas mulai habis.

Usia pubertas pada setiap orang sendiri berbeda-beda, tapi biasanya perempuan akan mengalami masa pubertas lebih dulu dibandingkan laki-laki. Pada usia 8 – 13 tahun, rata-rata perempuan akan memasuki masa pubertas dan mengalami puncaknya pada usia 10 – 14 tahun. Sedangkan pada usia 14 – 16 tahun, pertumbuhan tinggi badan akan mulai berhenti seiring dengan bertambahnya usia. Tapi yang perlu diingat, hal ini bergantung dari kapan pubertas dimulai.

Sedangkan untuk pria, tinggi badan akan mulai berhenti sejak memasuki usia 18 tahun (ini tergantung juga pada kapan pubertas dimulai). Umumnya pria akan memasuki masa pubertas mulai usia 10 – 13 tahun dan mencapai puncak pertumbuhan di usia 12 – 16 tahun. Sama dengan wanita, dua tahun setelah masa puncak pubertas biasanya tulang mulai terhambat pertumbuhannya. Pada usia ini juga, yang bertumbuh bukan lagi tulang, melainkan otot.

Pilihlah susu yang tinggi kalsium dan protein

Pilihlah susu yang tinggi kalsium dan protein

Apabila Anda masih ideal untuk memperoleh tinggi badan maksimal setelah membaca poin sebelumnya, maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengenali kandungan dalam produk susu. Produk yang memang diciptakan sebagai susu peninggi badan umumnya dibuat dengan kandungan kalsium lebih tinggi. Kalsium akan melakukan peran penting dalam masa pertumbuhan, seperti membentuk dan memperkuat struktur kepadatan tulang.

Selain kalsium, kiranya penting juga untuk memperhatikan kandungan seperti protein apakah memiliki persentase atau takaran yang cukup tinggi di dalamnya. Susu untuk meninggikan badan yang disertai protein tinggi akan membantu kinerja kalsium dalam mendukung proses pertumbuhan. Tak hanya itu, protein juga berguna sebagai sumber energi, percis seperti karbohidrat dan lemak, yang membantu tubuh terus bergerak dan beraktivitas.

Dengan memilih susu peninggi badan yang kaya akan kalsium dan protein, maka tubuh Anda bukan hanya memperoleh dukungan terhadap tulang ataupun produksi energi, melainkan juga antibodi. Ini kembali lagi pada kandungan protein yang bersifat sebagai antibodi untuk bekerja sama dengan sistem imun tubuh. Sehingga, badan juga akan terhindar dari serangan penyakit ataupun infeksi.

Utamakan memilih produk yang diperoleh dari susu sapi

Utamakan memilih produk yang diperoleh dari susu sapi

Susu bisa didapat dari berbagai sumber, mulai dari kacang kedelai, kacang almond, hewan kambing, hewan domba, dan bahkan beras. Setiap jenis susu memang punya kelebihannya masing-masing, semisal susu kambing yang juga punya kandungan kalsium tinggi tapi rendah akan asam folat, vitamin B12, dan seng. Sementara susu domba punya kemiripan dengan susu kambing dari segi kandungan, namun susu domba punya partikel lemak yang lebih kecil untuk memudahkan proses cerna.

Dari sekian banyak pilihan susu yang ada, manakah yang terbaik? Dalam penelitian yang melibatkan 122 anak berusia 9,5 tahun selama 3 tahun, diperoleh kesimpulan bahwa anak yang konsumsi susu sapi di atas 500 ml per hari mengalami pertambahan tinggi badan lebih banyak dibandingkan mereka yang kurang dari 500 ml. Ini semata-mata bukan karena banyaknya porsi susu yang diminum, melainkan susu sapi memang punya protein IGF-1 lebih tinggi dibandingkan jenis susu lain.

IGF-1 adalah singkatan dari insulin-like growth factor, sejenis protein yang berperan dalam mendukung pertumbuhan dan pembentukan tulang. Walaupun tubuh mampu menghasilkan protien IGF-1 secara mandiri, tapi dengan konsumsi susu penambah tinggi badan dari susu sapi tentu hasilnya akan lebih maksimal. Pendapat ini juga diperkuat oleh The American Academy of Pediatrics, yang mana menyarankan anak untuk minum susu dari sumber sapi sehari dua kali.

Tapi pada beberapa orang, terutama anak-anak, seringkali ditemui masalah berupa intoleransi terhadap susu sapi. Apabila kondisi ini menimpa Anda, maka carilah alternatif selain susu sapi. Yang terpenting perhatikan betul pada label kemasan mengenai kandungan gizinya apakah menyimpan kalsium dan protein serta mineral ataupun vitamin penting lain untuk tubuh. Dengan demikian, anak dengan intoleransi susu sapi juga tetap bisa memperoleh tinggi badan idealnya.

Hindari susu yang tinggi gula dan bahan pengawet

Hindari susu yang tinggi gula dan bahan pengawet

Syarat lain yang perlu Anda penuhi dalam menentukan susu peninggi badan adalah tidak memilih produk yang tinggi akan gula ataupun disertai bahan pengawet. Gula dalam takaran tinggi akan meningkatkan nilai kalori sehingga memicu risiko kegemukan untuk sebagian orang. Sementara untuk anak-anak, produk susu yang tinggi gula juga buruk untuk kesehatan giginya.

Sementara itu, Anda juga wajib menghindari susu dengan bahan pengawet. Mengapa? Sebab bahan pengawet bisa menjadi pemicu kanker atau penyakit mengerikan lain seperti tumor. Setidaknya,inilah yang dikatakan oleh para pakar kesehatan giz. Kemudian yang tak kalah penting lagi, Anda harus mencari produk yang tidak mengalami proses fortifikasi. Buat yang belum tahu, fortifikasi adalah proses penambahan bahan dari luar. Sebab, tindakan ini akan mempersulit proses pencernaan kandungan di dalam produk susu.

10 Rekomendasi susu peninggi badan terbaik di Indonesia

Setelah melihat ulasan pada bagian sebelumnya, kami anggap Anda sudah paham bagaimana cara memilih susu peninggi badan yang baik dan benar. Sekarang, Anda bisa menentukan produk manakah yang ingin dibeli berdasarkan hasil riset tim kami. Beberapa produk berikut ini terdiri dari beberapa bentuk, yakni susu bubuk dan cair. Anda hanya perlu menyesuaikan bentuk susu yang hendak dibeli dengan kebutuhan. Selamat memilih!

1. Greenfield UHT High Calcium Low Fat

Greenfield UHT High Calcium Low Fat

Kisaran harga: Rp27.000

Berbeda dengan produk lain, Greenfield UHT High Calcium Low Fat diklaim aman dikonsumsi dalam jangka panjang. Alasannya tak lain karena susu peninggi badan ini rendah kandungan lemaknya, sehingga Anda tak perlu khawatir merasakan dampak negatif setelah mengonsumsinya. Yang unik dari susu ini adalah meskipun sudah disterilisasi dalam suhu yang sangat tinggi, kesegaran dari susunya tetap bisa dirasakan.

Bagi Anda yang mencari susu untuk menambah tinggi badan dengan kandungan lemak rendah, maka Greenfield UHT High Calcium Low Fat pilihannya. Sementara buat Anda yang sedang berdiet, jangan ragu untuk meminum susu ini karena lemak yang terkandung di dalamnya hanyalah 1,3%, jumlah yang ideal untuk pemenuhan lemak harian! Susu ini bisa Anda konsumsi pada pagi hari atau di sela-sela aktivitas harian. Buat usia remaja ataupun anak-anak, susu ini juga cocok dikonsumsi.

2. HiLo School

HiLo School

Kisaran harga: Rp75.000

Siapa yang tidak kenal dengan produk susu penambah tinggi badan HiLo? Sudah beredar lama di Indonesia, HiLo menjadi brand yang tak boleh Anda lewatkan. Susu peninggi badan untuk anak yang hendak kami rekomendasikan ini adalah HiLo School. Dari namanya, tentu Anda sudah mengetahui kalau varian yang ini diperuntukkan bagi anak-anak usia sekolah. Pada masa-masa pertumbuhannya, Anda perlu menjamin kebutuhan nutrisi seperti kalsium yang baik untuk menunjang tinggi badannya.

HiLo School sendiri tersedia dalam bentuk bubuk atau minuman kemasan kotak yang praktis diminum. Anda bisa membawakan produk ini sebagai bekal sekolah untuk anak. HiLo mengeluarkan beberapa pilihan rasa, seperti cokelat, madu, vanilla vegiberi, dan vanilla. Untuk rasa vanilla vegiberi dihasilkan dari ekstrak buah dan sayur yang menyehatkan. Setiap varian rasa yang disediakan dari produk HiLo punya cita rasa nikmat dan pasti disukai oleh setiap anak.

3. Entrasol Active

Entrasol Active

Kisaran harga: Rp27.000

Susu peninggi badan di apotik besutan Kalbe, Entrasol Active, hadir dengan harga yang bersahabat. Hanya berkisar 20 ribuan rupiah, Anda sudah bisa merasakan manfaat dari susu ini. Entrasol Active dirilis dalam beberapa pilihan rasa yang nikmat, mulai dari cokelat, vanilla latte, dan moccachino. Salah satu keunggulan yang terdapat dalam produk ini adalah kandungan berupa Calcium Plus dengan Profit Formula. Dengan formula tersebut, susu yang bisa memberikan tinggi badan ideal ini dapat dikonsumsi oleh orang dengan usia 19 hingga 50 tahun.

Pada usia dimana tubuh berhenti melakukan pertumbuhan tulang, Entrasol Active tetap menyuplai kebutuhan kalsium untuk memelihara kepadatan tulang agar terhindar dari osteoporosis. Tak hanya itu, susu ini juga bisa memelihara organ tubuh dari penyakit degeneratif lainnya. Di luar kandungan kalsium, susu peninggi badan usia 30 tahun keatas ini juga kaya akan vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D3, pemanis sukralosa, dan mineral seperti selenium. Apabila Anda membutuhkan susu peninggi badan rendah lemak, maka Entrasol Active juga termasuk di dalamnya, lho!

4. Prosteo Plus

Prosteo Plus

Kisaran harga: Rp41.000

Walaupun diciptakan sebagai susu untuk mencegah osteoporosis, Prosteo Plus juga bisa dikonsumsi sebagai susu peninggi badan ampuh. Tentu saja, ini dikarenakan keberadaan kalsium dalam jumlah tinggi yang berperan baik terhadap tulang. Kalsium tersebut juga akan membantu menekan terjadinya kerusakan gigi akibat makanan dan minuman manis. Tak hanya itu, kalsium juga diketahui baik untuk menjaga sel yang sehat dan mencegah terjadinya pembekuan darah,.

Sebagai produk lokal, Prosteo Plus tentu dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Bagi Anda yang tertarik untuk membelinya, susu peninggi badan tinggi kalsium ini bisa dikonsumsi sebanyak 2 gelas setiap hari. Untuk hasil yang maksimal, pastikan Anda juga melakukan program olahraga secara rutin. Tidak perlu aktivitas fisik yang berat, cukup dengan berlari atau bermain skipping juga bisa memberikan efek yang baik.

5. Boneeto

Boneeto

Kisaran harga: Rp75.000

Boneeto adalah merek susu peninggi badan yang dibesut oleh Fonterra. Sebagai perusahaan yang sudah berdiri sejak 1886 di Selandia Baru, tentu Anda tak perlu meragukan kualitas dari setiap produk keluarannya. Boneeto dihadirkan bersama misi untuk memberikan nutrisi penting yang baik untuk anak-anak dalam masa pertumbuhannya. Jika Anda ingin melihat anak tumbuh menjadi anak yang hebat, maka susu Boneeto bisa Anda berikan kepada anak sejak usia pertumbuhannya.

Produk Boneeto menyimpan kandungan bernama A-Force, yaitu kombinasi nutrisi yang berperan dalam menjaga tulang tetap tumbuh untuk mendukung aktivitas anak. Saat ini Boneeto tersedia dalam bentuk bubuk dan cair. Sementara jenis kemasannya ada kemasan kotak, kemasan kotak kecil berbentuk minuman, kemasan sachet, hingga kemasan polybag. Untuk rasanya, susu peninggi badan BPOM ini tersedia dalam rasa cokelat dan vanilla yang pastinya lezat.

6. Nestle Nesvita Calcium Plus

Nestle Nesvita Calcium Plus

Kisaran harga: Belum diketahui

Tahukah Anda kalau tubuh melakukan pemangkasan kalsium setiap harinya? Jika tidak diganti, maka kemungkinan risiko tinggi badan terhambat hingga penyakit osteoporsis datang semakin besar. Sebagai kandungan yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh secara mandiri, kalsium bisa Anda peroleh dari produk minuman peninggi badan Nestle Nestvita Calcium Plus.

Dalam menjalani program diet sehat, Anda juga bisa memberi asupan tambahan dari susu peninggi badan ini. Produk ini dirancang dengan teknologi bernama Calci-Lock yang mana membuat kalsium tak mudah hilang. Lebih dari itu, Nestle Nesvita Calcium Plus juga menyediakan Vitamin D serta vitamin dan mineral esensial lain yang akan membantu proses penyerapan kalsium lebih baik. Susu ini dihadirkan untuk memenuhi 80% kebutuhan kalsium harian orang dewasa. Setiap sajian susu ini hanya mengirimkan 1% fat atau lemak.

7. Zee Platinum

Zee Platinum

Kisaran harga: Rp42.500

Selain Boneeto dan HiLo, nama Zee Platinum juga kerap dianggap sebagai susu peninggi badan terbaik. Masih berdiri di bawah besutan Kalbe, sama dengan Entrasol Active, produk ini dapat menjadi alternatif yang mudah untuk ditemukan. Anda bisa menemukan susu Zee yang dijual bebas di toko susu, ritel modern, warung kecil, hingga situs e-commerce. Jangan khawatir soal harga, karena Zee Platinum hanya dijual tak sampai 50 ribu rupiah! Tapi ini juga bergantung pada ukuran kemasan dan varian rasanya, ya.

Zee Platinum diformulasikan untuk konsumen mulai anak-anak usia 5 tahun hingga remaja pada masa puncak pubertas, yakni usia 18 tahun. Susu Zee tersedia dalam bentuk bubuk dengan kemasan berukuran 350 hingga 500 gram. Selain itu, ada juga kemasan sachet untuk sekali minum. Untuk varian lainnya, ada Kid Zee yang diciptakan buat anak usia 5 sampai 8 tahun. Setiap produk Zee mengandung gizi lengkap yang disempurnakan untuk otak, tubuh, dan tulang (3B – Brain, Body, dan Bone).

8. HiLo Teen

HiLo Teen

Kisaran harga: Rp71.000

Buat Anda yang masih berusia belasan tahun, tak ada salahnya untuk memulai program penambahan tinggi badan dengan konsumsi HiLo Teen. Produk ini dirancang secara khusus untuk orang dengan usia remaja, dimana menjadi masa emas yang krusial untuk pertumbuhannya. Tentunya, manfaat dari susu peninggi badan bagi remaja ini akan dirasakan apabila diimbangi dengan olahraga rutin.

Sebab, jika Anda minum susu HiLo Teen tapi malas berolahraga, maka dampak positif yang diberikan kurang maksimal. Maka dari itu, gunakan asupan tambahan ini sebagai produk pendamping kegiatan menyehatkan Anda. HiLo Teen saat ini bisa ditemukan dengan berbagai pilihan rasa, seperti cokelat vanilla caramel, dan yoghurt pisang untuk jenis bubuk. Sedankgan jenis kemasan praktis siap minum, HiLo Teen mengeluarkan dua rasa yakni rasa cokelat dan rasa orange biscuit.

9. HiLo Active

HiLo Active

Kisaran harga: Rp45.000

Jika saat ini Anda sedang menjalani usia 15 – 19 tahun, maka produk HiLo Active lebih tepat buat Anda dibandingkan HiLo Teen. Semakin bertambah usia, maka fungsi tubuh juga lebih rentan terhadap gangguan apabila tidak dirawat dengan baik. Tapi dengan konsumsi HiLo Active, tubuh akan tetap merangsang pertumbuhan tulang yang sekaligus memberikan dampak lain. Adapun contohnya seperti sendi yang sehat karena HiLo Active dibekali dengan kandungan selain kalsium, misalnya glucosamine, chondroitine, dan 74 mineral organik dari alga merah.

Untuk menjaga kepadatan tulang hingga tujuan memperoleh tinggi badan maksimal, maka HiLo Active perlu dikonsumsi setiap hari. Susu peninggi badan satu ini mudah untuk disajikan. Hanya dengan melarutkan 4 sendok bubuk susu dalam 200 ml air hangat atau biasa, susu ini sudah siap diminum setelah dikocok atau diaduk. Selain menyehatkan, susu ini juga aman dikonsumsi karena sudah mendapatkan label dari BPOM serta halal dari MUI. HiLo Active bisa ditemukan dalam beragam rasa, antara lain cokelat, green tea, dan vanilla.

10. Ultra Milk Low Fat High Calcium

Ultra Milk Low Fat High Calcium

Kisaran harga: Rp43.000

Cukup membaca nama produknya, maka Anda akan mengetahui kalau ini adalah susu peninggi badan yang rendah lemak. Tersedia dalam rasa tawar (plain), Ultra Milk mengambil susu dari hewan sapi yang dirawat dengan baik secara hati-hati melalui teknologi modern. Dengan melakukan pengurangan kadar lemak serta meningkatkan kandungan kalsiumnya, Anda akan terbebas dari risiko penyakit seperti kegemukan akibat konsumsi susu ini setiap hari.

Ultra Milk Low Fat High Calcium dapat diminum oleh orang dewasa ataupun usia muda. Terlebih buat Anda yang punya gaya hidup aktif, tentu pemenuhan kalsium yang cukup menjadi penting, maka minum saja susu ini. Dihadirkan dengan 9 nutrisi penting bagi tubuh, susu ini akan menjamin kesehatan Anda. Tak hanya itu, susu ini juga sudah disterilkan dalam proses UHT (Ultra High Temperature) sehingga seluruh bakteri patogen di dalamnya menjadi tereliminasi. Jadinya, yang tersisa hanya nutrisi dan kesegaran yang bisa Anda rasakan.

Susu saja belum cukup untuk memberikan tinggi badan maksimal

Susu saja belum cukup untuk memberikan tinggi badan maksimal

Walaupun sudah dibahas sebelumnya kalau susu dengan tinggi kalsium baik untuk pertumbuhan tulang dan tinggi badan, tapi sejatinya minum susu saja belumlah cukup. Jika Anda ingin merasakan hasil yang lebih optimal, tentu faktor lain seperti olahraga rutin dan istirahat cukup perlu diperhatikan. Buat Anda yang gemar bergadang, maka disarankan untuk menghentikan kebiasaan itu. Selain tidak baik buat tubuh, tentu manfaat dari susu peninggi badan yang dikonsumsi bisa sia-sia.

Pemenuhan nutrisi dengan makan makanan bergizi seimbang juga sangatlah penting, terutama pada masa pertumbuhan. Anda bisa memperoleh gizi tersebut dari berbagai sumber, seperti sayur-sayuran, biji-bijian, ataupun buah-buahan. Bukan cuma memerhatikan kandungan kalsiumnya, melainkan vitamin D juga dibutuhkan sebagai penunjang tulang bertumbuh dan semakin padat. Beberapa contoh makanan dengan vitmain D antara lain ikan tuna dan kuning telur.

Kesimpulan

Selama menjalani usia pertumbuhan, maka konsumsi susu peninggi badan terbaik akan sangat membantu Anda memperoleh tinggi badan yang ideal. Jika Anda ingin melengkapi pemenuhan gizi untuk mendukung masa pertumbuhan ini dengan suplemen maka disarankan untuk berhati-hati dalam mengonsumsinya. Pasalnya, obat atau suplemen yang diklaim bisa meningkatkan tinggi badan juga perlu dipilih dengan baik. Maka dari itu, konsultasikan keinginan Anda ke dokter adalah hal yang wajib guna memastikan keamanan produk yang dipilih, juga untuk menjamin tidak terjadinya gangguan pada tubuh Anda.

(Visited 1.963 times, 2 visits today)