Kosmetik & Kesehatan

8 Susu Peninggi Badan Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Gizi]

Tinggi badan ideal merupakan impian sebagian besar orang. Apakah Anda salah satunya? Jika benar, Anda dapat memulai pola hidup sehat, dari mulai olahraga, pemenuhan nutrisi, hingga istirahat cukup. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi susu peninggi badan.

Susu peninggi badan mengandung nutrisi esensial untuk mendukung pertumbuhan. Anda bisa memilih produk dari berbagai merek, seperti Zee, HiLo, dan Boneeto. Pada artikel ini PickyBest akan rekomendasikan susu peninggi badan terbaik lengkap dengan panduan memilihnya. Simak, ya!

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Kurnia Sitompul

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GKPakar/Spesialis

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK adalah dokter spesialis gizi klinik lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dokter yang berpraktik di klinik Panacea Balikpapan ini kerap menangani pasien dengan masalah obesitas dan penyakit metabolik.

Selain aktif sebagai dokter praktik, dr. Kurnia juga sering diundang sebagai narasumber pada acara atau seminar terkait kesehatan dan nutrisi. Melalui akun Instagram-nya, dr. Kurnia juga banyak berbagi informasi terkait kesehatan nutrisi.

Cara Memilih Susu Peninggi Badan

Berikut ini poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli produk susu peninggi badan.

Ketahui Usia Maksimal Kapan Badan Berhenti Tumbuh Tinggi

Ketahui usia maksimal kapan badan berhenti tumbuh tinggi

Pertumbuhan tinggi badan mulai berhenti saat lempengan pada tulang panjang menutup. Ketika kondisi itu terjadi, maka tulang tidak memanjang lagi. Kondisi tertutupnya lempengan pada tulang ini terjadi saat usia pubertas mulai habis.

Usia pubertas setiap orang berbeda-beda. Namun biasanya, perempuan akan mengalami masa pubertas lebih dulu dibandingkan laki-laki. Mengutip

  • Perempuan secara rata-rata mengalami pubertas pada usia 8 – 13 tahun, sementara puncaknya pada usia 10 – 14 tahun. Pada usia 14 – 16 tahun, pertumbuhan tinggi badan akan mulai berhenti seiring dengan bertambahnya usia.
  • Pria umumnya memasuki masa pubertas mulai usia 10 – 13 tahun dan mencapai puncak pertumbuhan di usia 12 – 16 tahun. Tinggi badan akan mulai berhenti sejak memasuki usia 18 tahun (tergantung kapan pubertas dimulai).

Penambahan tinggi badan didorong oleh pemanjangan tulang akibat kondrogenesis pada lempeng epifisis atau disebut pula lempeng pertumbuhan (growth plate). Lempeng epifisis ini akan menutup pada usia tertentu (umumnya akhir masa pubertas)

Masa pubertas sendiri dapat didefinisikan sebagai masa transisi dari anak-anak yang ditandai dengan perkembangan karakteristik seksual sekunder, seperti:

  • Pada perempuan adalah pertumbuhan bantalan payudara, munculnya rambuh area genital, dan memasuki fase menstruasi.
  • Pada laki-laki dimulai dengan membesarnya ukuran organ genital dan pertumbuhan rambut di area tersebut, serta terjadi perubahan suara dan perubahan bentuk tubuh.
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Pilihlah Susu yang Tinggi Kalsium dan Protein

Pilihlah susu yang tinggi kalsium dan protein

Susu peninggi badan terbaik umumnya mengandung kalsium lebih tinggi. Kalsium akan melakukan peran penting dalam masa pertumbuhan, seperti membentuk dan memperkuat struktur kepadatan tulang.

Selain kalsium, pilih juga susu dengan kandungan protein tinggi untuk membantu kalsium mendukung proses pertumbuhan. Protein juga berguna sebagai sumber energi, seperti karbohidrat dan lemak, yang membantu tubuh terus bergerak dan beraktivitas.

Protein atau tepatnya asam amino berperan penting dalam memicu sekresi hormon-hormon yang berperan dalam proses pertumbuhan. 

Sesuai dengan AKG, kecukupan kalsium bervariasi sesuai usia. Untuk anak usia 1 – 3 tahun diharapkan 650 mg/hari, sedangkan untuk usia lebih tua, baik laki-laki dan perempuan adalah 1.000 – 1.200 mg/hari.

Kalsium terutama diperoleh melalui susu dan produk olahan susu (dairy product), namun kalsium juga terkandung pada ikan laut, sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, kacang-kacangan, serta produk makanan yang sudah difortifikasi atau ditambahkan kalsium.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Utamakan Memilih Produk yang Diperoleh dari Susu Sapi

Utamakan memilih produk yang diperoleh dari susu sapi

Susu bisa didapat dari berbagai sumber, mulai dari kacang kedelai, kacang almond, kambing, dan domba. Dari sekian banyak pilihan, kami sarankan Anda memilih susu sapi karena mengandung hormon IGF-1 lebih tinggi dibandingkan jenis susu lain.

Hanya saja, tidak semua orang bisa mengongumsi susu sapi. Beberapa orang, termasuk anak-anak, diketahui memiliki intoleransi laktosa yang terdapat pada susu sapi. Sebagai alternatif, susu rendah atau bebas laktosa dan susu dari protein nabati bisa dipilih.

Alergi susu sapi berbeda dengan intoleransi laktosa, walaupun memiliki gejala yang sama, namun dapat muncul gejala di tempat lain seperti kulit, saluran pernafasan, dan saluran pencernaan.

IGF-1 atau insulin growth factor-1 merupakan hormon yang berperan penting dalam proses pertumbuhan. IGF-1 akan memediasi protein anabolic dan pertumbuhan linier sehingga akan merangsang kerja growth hormone (GH) di kelenjar pituitari untuk mengoptimalkan pertumbuhan sel-sel tulang dalam tubuh.

Di dalam tubuh, 99% IGF ini berikatan dengan protein, disekresikan oleh liver, dan kemudian ditransportasikan ke seluruhan jaringan tubuh untuk bekerja sebagai hormon endokrin.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Hindari Susu yang Tinggi Gula dan Bahan Pengawet

blank

Tidak sedikit susu peninggi badan hadir dalam berbagai pilihan rasa manis. Jika Anda mengutamakan kenikmatan dengan memilih susu seperti ini, perhatikan jumlah gula per sajiannya dan kontrol konsumsinya agar tidak berlebihan.

Alasannya, gula dalam takaran tinggi akan meningkatkan nilai kalori sehingga memicu risiko kegemukan. Sementara untuk anak-anak, produk susu yang tinggi gula juga buruk untuk kesehatan giginya.

Selain itu, hindari pula susu dengan bahan pengawet. Carilah produk yang tidak mengalami proses fortifikasi untuk menambahkan bahan dari luas yang berdampak pada sulitnya proses penyerapan kandungan pada susu tersebut.

Zat pengawet yang terutama ditemukan pada produk olahan susu adalah sodium benzoate dan potassium sorbate. Berdasarkan peraturan BPOM, asupan harian yang dapat diterima dari bahan pengawet tersebut adalah 0-25 mg/kgBB.

Selain bahan pengawet, perhatikan pula kandungan hormon yang ditambahkan dalam produk susu, seperti hormon steroid (estrogen dan progesteron).

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

8 Rekomendasi Susu Peninggi Badan Terbaik

Beberapa produk susu peninggi badan terbaik rekomendasi kami berikut terdiri dari beberapa bentuk, yakni susu bubuk dan cair. Anda hanya perlu menyesuaikan bentuk susu sesuai kebutuhan. Selamat memilih!

Sepuluh produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Kurnia Sitompul.

1. Greenfield UHT High Calcium Low Fat

Greenfield UHT High Calcium Low Fat

Hanya mengandung 1,3% lemak, bagus untuk diet juga!

Greenfield UHT High Calcium Low Fat diklaim aman dikonsumsi jangka panjang karena rendah lemak. Susu peninggi badan terbaik ini terbilang unik karena meskipun sudah disterilisasi dalam suhu yang sangat tinggi, kesegaran dari susunya tetap bisa dirasakan.

Oleh karena rendah lemak, susu ini juga bisa dikonsumsi Anda yang sedang mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan. Susu ini bisa dikonsumsi pada pagi hari atau di sela-sela aktivitas harian. Buat usia remaja ataupun anak-anak, susu ini juga cocok dikonsumsi.

Ukuran 1 liter
Kisaran harga Rp19.500

2. HiLo School

HiLo School

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Bantu meninggikan badan anak di usia sekolah

Pada masa-masa pertumbuhannya, Anda perlu menjamin kebutuhan nutrisi seperti kalsium yang baik untuk menunjang tinggi badannya. Susu peninggi badan yang cocok untuk anak-anak dari HiLo ini dapat menjadi pilihan.

HiLo School tersedia dalam bentuk bubuk dan kemasan kotak praktis minum. HiLo mengeluarkan beberapa pilihan rasa, seperti cokelat, madu, vanila vegiberi, dan vanila. Setiap varian rasa dari susu ini nikmat dan pasti disukai setiap anak.

Ukuran 750gr
Kisaran harga Rp95.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

3. Entrasol Active

Entrasol Active

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Jaga kepadatan tulang sejak usia 19 tahun

Susu peninggi badan ini menawarkan beberapa pilihan rasa, mulai dari cokelat, vanilla latte, dan moccachino. Produk ini mengantongi calcium plus dengan profit formula untuk mendorong pertumbuhan tinggi badan mulai usia 19 – 50 tahun.

Pada usia di mana tubuh berhenti melakukan pertumbuhan tulang, Entrasol Active tetap menyuplai kebutuhan kalsium untuk memelihara kepadatan tulang agar terhindar dari osteoporosis. Tak hanya itu, susu ini juga bisa memelihara organ tubuh dari penyakit degeneratif lainnya.

Ukuran 360gr
Kisaran harga Rp57.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

4. Boneeto

Boneeto

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Pilihan tepat untuk menambah tinggi badan si buah hati

Boneeto adalah merek susu peninggi badan yang cukup terkenal di Indonesia. Jika Anda ingin melihat anak tumbuh menjadi anak yang hebat, susu dari Boneeto ini bisa Anda berikan kepada anak sejak usia pertumbuhannya.

Produk Boneeto menyimpan kandungan bernama A-Force, yaitu kombinasi nutrisi yang berperan dalam menjaga pertumbuhan tulang guna mendukung aktivitas anak. Boneeto menghadirkan bentuk bubuk dan cair, kemasan kotak siap minum, sachet, dan polybag, serta pilihan rasa cokelat dan vanila.

Ukuran 700gr
Kisaran harga Rp70.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

5. Zee Platinum

Zee Platinum

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Dirancang khusus untuk kebutuhan anak sejak umur 5 hingga 18 tahun

Zee Platinum adalah susu peninggi badan dengan pasaran harga relatif terjangkau. Produk ini diformulasikan untuk konsumen anak-anak usia 5 tahun hingga remaja pada masa puncak pubertas, yakni usia 18 tahun.

Zee menyediakan bentuk bubuk dengan beragam ukuran dan sachet untuk sekali minum. Untuk varian lainnya, ada Kid Zee yang diciptakan buat anak usia 5 sampai 8 tahun. Setiap produk Zee mengandung gizi lengkap yang disempurnakan untuk otak, tubuh, dan tulang.

Ukuran 350gr
Kisaran harga Rp47.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

6. HiLo Teen

HiLo Teen

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Hadir dalam banyak varian rasa yang nikmat

HiLo Teen adalah susu peninggi badan terbaik yang dirancang secara khusus untuk usia remaja. Saat mengonsumsi susu ini, perlu untuk mengimbanginya dengan rutin berolahraga.

HiLo Teen bisa ditemukan dengan berbagai pilihan rasa, seperti cokelat, vanilla caramel, dan yoghurt pisang untuk jenis bubuk. Sedankgan jenis kemasan praktis siap minum, HiLo Teen mengeluarkan dua rasa yakni cokelat dan orange biscuit.

Ukuran 750gr
Kisaran harga Rp137.600
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

7. HiLo Active

HiLo Active

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Dukung aktivitas remaja pada usia transisinya

Produk ini dapat dikonsumsi untuk usia 15 – 19 tahun. Selain menunjang pertumbuhan tinggi badan, susu ini juga baik untuk kesehatan sendi.

Sama seperti susu peninggi badan varian HiLo lain, HiLo Active tersedia dalam dua sediaan, yakni bubuk dan cair. Selain itu, susu yang tersertifikasi BPOM ini juga bisa Anda pilih sesuai rasa favorit, misalnya cokelat, green tea, dan vanila.

Ukuran 500gr
Kisaran harga Rp55.600
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

8. Ultra Milk Low Fat High Calcium

Ultra Milk Low Fat High Calcium

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Telah disterilisasi untuk membasmi bakteri patogen yang membahayakan sistem cerna

Varian susu peninggi badan terbaik dari Ultra Milk ini berasal dari sapi yang dirawat dengan baik melalui teknologi modern. Berkat pengurangan kadar lemak serta peningkatan kandungan kalsiumnya, susu ini takkan menyebabkan kegemukan.

Bila Anda memiliki gaya hidup aktif, susu ini dapat menjaga tulang Anda tetap kuat untuk menjalani hari. Kemudian, susu ini diproses dengan UHT (ultra high temperature) sehingga seluruh bakteri patogen di dalamnya tereliminasi.

Ukuran 1 liter
Kisaran harga Rp17.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

Tip dan Saran dari dr. Kurnia Sitompul

blank

Bagaimana cara untuk menambah tinggi badan?

Upaya yang dapat dilakukan untuk menambah tinggi badan dapat dimulai dengan mencukupi nutrisi adekuat, seperti pemberian diet dengan komposisi karbo, protein, dan lemak yang cukup dan seimbang.

Selain pola makan, lakukan pula aktivitas fisik secara rutin agar tubuh terjaga tetap aktif. Pola tidur yang cukup serta perilaku hidup yang sehat untuk menghindari penyakit yang dapat mengganggu proses pertumbuhan juga perlu diupayakan.

Apa saja faktor yang menunjang pertumbuhan tinggi badan?

Nutrisi adalah salah satu faktor penting untuk mendapatkan tinggi badan optimal. Untuk itu, pemenuhan makronutrien dan mikronutrien harian yang cukup sangatlah penting. Mikronutrien yang dibutuhkan selain kalsium adalah vitamin D, vitamin A, vitamin C, magnesium, zinc, fosfor, dan kalium.

Selain itu, peran genetik juga berperan besar dalam pertumbuhan tinggi badan. Kita dapat memperhitungkan kemungkinan tinggi badan seseorang apabila mengetahui tinggi badan kedua orang tuanya.

Yuk, cek produk untuk membantu meninggikan badan dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Selama memasuki fase usia pertumbuhan, konsumsi susu peninggi badan terbaik dapat membantu pertumbuhan tinggi. Meski demikian, jangan abaikan kebiasaan baik lain seperti rutin olahraga, pemenuhan nutrisi seimbang, dan istirahat cukup.

Seluruh susu peninggi badan terbaik di atas bisa Anda konsumsi pada pagi hari, malam hari, ataupun di sela-sela aktivitas. Pastikan memilih susu yang sesuai, baik dari segi usia, kandungan, maupun fungsi tambahan lain. Semoga Anda berhasil mencapai tinggi badan ideal, ya!

You may also like

Comments are closed.