Written by 01:41 Makanan & Minuman

10 Minyak Zaitun Terbaik untuk Dressing Salad dan Memasak

Pietro Coricelli Extra Virgin Olive Oil 1 L

Minyak zaitun mulai dipilih orang sebagai alternatif pengganti minyak kelapa untuk menggoreng. Namun, untuk beberapa jenis minyak zaitun diproses dengan satu tahap ekstraksi dan tanpa pemurnian (unrefined) atau lebih dikenal dengan extra virgin olive oil dan virgin olive oil. Kedua jenis ini kurang ideal dipakai sebagai minyak memasak dengan titik didih tinggi, melainkan lebih cocok untuk dressing salad, dioles pada baguette, dan semacamnya.

Sementara jenis lain dari minyak zaitun, yaitu pure olive oil dan light olive oil telah melewati proses pemurnian (refined) buah zaitun dan ditambahkan bahan kimia sehingga warnanya kuning dan bening. Pure olive oil ataupun light olive oil sengaja dibuat sebagai “all-purpose oil” sehingga mempunyai titik asap yang tinggi, namun khasiat asli di dalamnya berkurang atau bahkan tidak ditemukan. Jadi, manakah yang akan Anda gunakan?

10 Rekomendasi Minyak Zaitun (Olive Oil) Terbaik

Tentu saja, pemilihan minyak zaitun harus berdasarkan penggunaannya, apakah untuk memasak dengan titik didih tinggi atau sekadar sebagai pelengkap makanan. Semisal untuk sebatas menumis, Anda tetap bisa rasakan khasiat dari buah zaitun menggunakan extra virgin olive oil atau virgin olive oil.

Akan tetapi, apabila ingin dipakai menggoreng dalam waktu lama, sebaiknya memilih pure olive oil atau light olive oil karena karakteristik yang mendukung serta lebih murah ketimbang memilih minyak zaitun unrefined yang dipatok dengan harga tinggi. Sesudah memahami tujuan penggunaannya, barulah Anda bisa putuskan memilih salah satu produk berdasarkan pilihan minyak zaitun terbaik berikut ini. Selamat memilih, ya!

1. Filippo Berio Extra Light Tasting Olive Oil 1 L

Filippo Berio Extra Light Tasting Olive Oil 1 L

Kisaran harga: Rp195.000

Bebas tambahan pewarna dan pengawet kimia

Tergolong sebagai minyak zaitun jenis light, produk ini dapat Anda pilih apabila ingin memakai minyak zaitun untuk menumis atau menggoreng. Filippo Berio yang merupakan brand kenamaan menggunakan buah zaitun pilihan asal Italia untuk memproduksi minyak ini.

Kandungannya murni tanpa tambahan pewarna maupun pengawet sehingga aman digunakan jangka panjang. Bila dikonsumsi secara rutin, terutama untuk dressing salad atau penyedap rasa pada sup dan pasta, kandungannya akan bekerja efektif membantu menurunkan kadar kolesterol untuk mencegah kanker.

2. Borges Extra Virgin Olive Oil 500 ml

Borges Extra Virgin Olive Oil 500 ml

Kisaran harga: Rp89.000

Kaya polifenol sebagai antioksidan untuk menekan efek radikal bebas

Borges termasuk salah satu produsen yang telah mendistribusikan minyak zaitun berjenis extra virgin ke seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Selain berguna sebagai penyedap berbagai masakan, produk ini juga kaya akan vitamin E dan antioksidan untuk membantu meremajakan kulit agar tetap lembap dan terlihat cantik serta sehat.

Borges Extra Virgin Olive Oil berukuran 500 ml ini dapat langsung diminum. Walau dikonsumsi sering-sering, minyak zaitun ini sama sekali tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Selain itu, pada satu liternya tertera 200 – 800 ml polifenol yang berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dari tubuh.

3. Rafael Salgado Extra Virgin Olive Oil 1 L

Rafael Salgado Extra Virgin Olive Oil 1 L

Kisaran harga: Rp142.000

Dapat juga dijadikan minyak untuk pijat (massage oil)

Peredaran minyak zaitun merek Rafael Salgado atau RS ini telah mencapai dataran Asia, seperti Jepang dan tak terkecuali Indonesia. Produk yang mendunia ini banyak digunakan sebagai pelengkap hidangan pada menu-menu di hotel, restoran, atau kafetaria. Anda bisa pula menyediakan Rafael Salgado Extra Virgin Olive Oil di meja makan rumah sebagai penyedap pasta atau dressing salad.

Minyak zaitun ini menawarkan nilai persentase kandungan murni mencapai 30-45%. Sebagai brand asal Spanyol yang telah melanglang-buana, salah satu produk buatannya ini kaya akan kandungan baik, seperti asam oleat yang mampu menurunkan risiko serangan jantung. Hadir dalam kemasan plastik dan kaca, Anda dapat memilih berdasarkan lokasi penyimpanannya.

4. Casa di Oliva Extra Virgin Olive Oil for Kids 250 ml

Casa di Oliva Extra Virgin Olive Oil for Kids 250 ml

Kisaran harga: Rp77.350

Tanpa perlu olahan tambahan, cukup campurkan dengan MPASI. Praktis!

Buah zaitun yang menjadi bahan baku utama dari produk ini dipastikan bebas dari pestisida maupun pengolahan dengan intervensi bahan kimia. Dengan demikian, minyak zaitun ini menjadi aman dikonsumsi oleh anak-anak atau bahkan yang masih berstatus bayi. Anda bisa tambahkan beberapa ml minyak zaitun ini ke dalam makanannya.

Casa di Olivia Extra Virgin Olive Oil for Kids mengandung vitamin A, D, E, dan diperlengkap oleh antioksidan. Tidak cuma itu, minyak zaitun ini juga diperkaya vitamin K untuk merangsang pertumbuhan tulang dan mendorong penyerapan kalsium dari susu yang dikonsumsi oleh anak dan bayi. Hadir dengan rasa buah yang disukai anak-anak, Anda tidak perlu melakukan berbagai trik agar bisa menyuapi anak dengan makanan bercampurkan minyak zaitun ini.

5. Bertolli Extra Virgin Olive Oil 500 ml

Bertolli Extra Virgin Olive Oil 500 ml

Kisaran harga: Rp98.000

Dapat pula dihidangkan sebagai campuran saus untuk pasta dan daging

Produk berkategori extra virgin olive oil ini diproses menggunakan sistem cold-pressed sehingga menjamin rasa buah zaitun yang alami dan khas. Menggunakan bahan baku zaitun yang telah memperoleh label dari USDA Organics, produk ini terjamin kualitas dan orisinalitasnya.

Karena diracik tanpa penambahan bahan kimia serta mengutamakan kualitas asli dari buah zaitun murni, produk ini lebih tepat untuk konsumsi langsung. Semisal dijadikan dressid pada salad atau dipping roti untuk menu sarapan Anda, minyak zaitun ini akan mengirimkan rasa mewah khas Mediteranian yang istimewa.

6. Cobram Estate Extra Virgin Olive Oil Classic 375 ml

Cobram Estate Extra Virgin Olive Oil Classic 375 ml

Kisaran harga: Rp90.000

Minyak zaitun yang bahan dan proses pembuatannyanya 100% langsung dari Australia

Cobram Estate Extra Virgin Olive Oil Classic menawarkan rasa yang intens sejak awal melintas ke mulut Anda. Terbuat dari buah zaitun yang ditanam di kebun tepi sungai Murray di Australia, proses perawatan tanpa pestisida atau bahan kimia lain memastikan varietas buah yang dihasilkan memiliki kualitas yang sangat baik.

Untuk mendapatkan rasa fruity alami dan aroma kuat yang khas dari minyak zaitun ini, disarankan pemakaiannya hanya untuk pelengkap masakan, seperti untuk dressing salad atau dicampurkan pada pasta, sayuran, dan bahkan menu ikan. Kandungannya yang bebas lemak jenuh, kolesterol, dan tinggi anioksidan memberi dorongan kualitas hidup sehat bagi setiap orang yang mengonsumsinya.

7. Pietro Coricelli Extra Virgin Olive Oil 1 L

Pietro Coricelli Extra Virgin Olive Oil 1 L

Kisaran harga: Rp175.000

Ideal untuk Anda yang sedang diet

Pietro Coricelli memilih varietas buah bermutu tinggi yang merupakan hasil olahan kebun tanpa tambahan bahan kimia semacam pestisida untuk memproduksi minyak zaitun ini. Tidak mengandung gula, cita rasa yang keluar pun merupakan rasa asli dari buah zaitun yang digunakan.

Dalam takaran 100 ml, terhitung rata-rata sekitar 13 lemak jenuh, 71,8 gram lemak tak jenuh tunggal, 6,5 gram lemak tak jenuh ganda, dan 3378 kj nilai energi.  Karena bebas gula dan garam, minyak zaitun ini aman dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet.

8. Borges Sybaris Premium Extra Virgin Olive Oil 500 ml

Borges Sybaris Premium Extra Virgin Olive Oil 500 ml

Kisaran harga: Rp151.000

Dikemas dalam botol kaca berwarna hitam untuk mencegah oksidasi

Salah satu produsen yang telah berpengalaman lama, Borges, menghadirkan minyak zaitun dari buah yang dibudidayakan di bawah matahari Mediteranian. Menurut banyak sumber, pohon zaitun di kebun-kebun Mediteranian telah mencapai usia lebih dari 100 tahun. Itulah mengapa cita rasa dan filisofi dari produk ini begitu unik.

Berkat bahan baku yang tidak sembarangan, Borges Sybaris Premium Extra Virgin Olive Oil memiliki cita rasa yang autentik dan segar. Selain itu, aroma asli yang begitu kuat membuat bermacam makanan yang dikombinasikan dengan minyak ini semakin menggugah selera. Selain untuk dressing salad, minyak zaitun ini juga cocok digunakan sebagai topping pizza atau spaghetti.

9. Mueloliva Extra Virgin Olive Oil 500 ml

Mueloliva Extra Virgin Olive Oil 500 ml

Kisaran harga: Rp80.500

Berasal dari buah zaitun matang yang tidak pahit dan dengan sentuhan pedas yang hampir tak terasa

Brand minyak zaitun asal Spanyol, Mueloliva, menciptakan produk berbahan baku zaitun varietas Picual dan Hojiblanca. Aroma wangi yang intens dari bahan baku pada produk ini menjadikan segala hidangan Anda terasa lebih lezat. Di samping itu, minyak zaitun ini juga mempunyai tingkat keasaman rendah sehingga ideal digunakan sebagai dressing pada masakan.

Meski aromanya wangi, kesan lembut dan ringan ikut terpancar tatkala Anda dihadapkan dengan hidangan yang ditambahkan minyak zaitun ini. Jika tidak ingin digunakan untuk dressing salad, Anda dapat mencampurkannya pada pasta, sup, daging, atau bahkan menu rebusan agar hidangan Anda semakin sehat dan lezat.

10. Sasso Extra Virgin Olive Oil 1 L

Sasso Extra Virgin Olive Oil 1 L

Kisaran harga: Rp160.000

Melengkapi hidangan tanpa peduli mentah ataupun matang

Sasso Extra Virgin Olive Oil termasuk minyak zaitun asal Italia yang metode pemrosesannya merupakan hasil warisan turun-temurun dari generasi ke generasi. Baik untuk hidangan mentah ataupun matang, ketika telah bersentuhan dengan produk ini, pastilah tercipta kelezatan yang menggugah selera ketika masuk ke dalam mulut.

Extra virgin olive oil ini mempunyai tingkat keasaman 0,5% dengan warna minyak kuning terang keemasan sehingga akan mendekorasi meja makan Anda. Seluruh varian dari minyak zaitun Sasso dikemas dalam botol berwarna hijau gelap agar kualitas produk yang tersimpan senantiasa terjaga.

Kesimpulan

Kami sarankan Anda membeli minyak zaitun yang dikemas dalam botol kaca berwarna gelap. Walaupun memiliki risiko pecah saat jatuh, kemasan kacanya akan melindungi minyak dari oksidasi atau bahkan terpapar efek cahaya lampu fluorescent yang mengakibatkan minyak mengalami kerusakan. Namun, apabila Anda lebih sering menyimpan minyak zaitun di lemari, tidak terlalu masalah memilih produk berkemasan plastik.

Sebaiknya pula Anda pilih produk yang dikeluarkan oleh brand-brand terpercaya agar tidak tertipu. Pasalnya, hampir 60% minyak zaitun yang beredar di pasaran Amerika dan Jepang merupakan produk palsu. Bahkan, menurut sebuah sumber, dikatakan bahwasanya kebanyakan minyak zaitun berjenis extra virgin olive oil hanya sekitar 10% – 40% peredarannya yang merupakan produk asli.

Sebagai informasi tambahan, meski produsen minyak zaitun beredar di banyak negara, namun produsen utama untuk jenis extra virgin olive oil dengan persentase mencapai 45% hanyalah dari Italia dan di Spanyol menduduki posisi kedua dengan persentase 30%.

(Visited 107 times, 1 visits today)