Written by 01:26 Peralatan Dapur

10 Rekomendasi Timbangan Dapur Digital Terbaik

Timbangan digital memudahkan kegiatan mengukur bahan-bahan makanan di dapur. Bagi Anda yang hobi memasak atau baking, timbangan adalah barang yang sepatutnya Anda miliki. Namun, produk manakah yang paling tepat untuk Anda?

Oleh karena hadir dengan ragam kelebihan, Anda mungkin kesulitan menemukan produk sesuai kebutuhan. Maka itu, kami akan bahas cara memilih produk melalui artikel ini. Setelahnya, produk terbaik dari IDEALIFE, Monna, Heles, dan merek lain pun kami rekomendasikan. Mari kita mulai ulasannya!

Timbangan Digital untuk Pengukuran Lebih Akurat dan Praktis

Saat hendak membuat kue atau memasak makanan yang memerlukan takaran presisi, Anda membutuhkan timbangan dapur. Tanpa menggunakan timbangan, cita rasa dari hasil masakan bisa saja tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tidak hanya untuk memasak, jika Anda seorang penjual bahan makanan, Anda juga memerlukan timbangan untuk menimbang berat bahan makanan yang dijual.

Ada dua jenis timbangan dapur, yakni mekanik dan digital. Timbangan mekanik lebih sederhana dan tidak memerlukan baterai dalam pengoperasiannya. Namun, untuk Anda yang menginginkan pengukuran lebih akurat, praktis, dan mudah dibaca, timbangan digital lebih cocok untuk Anda.

Cara Memilih Timbangan Dapur Digital

Timbangan yang mudah dibaca, digunakan, dan dibersihkan akan memberikan kenyamanan lebih. Sebelum menentukan produk, kami akan pandu Anda memilih timbangan dapur digital dalam pemaparan berikut.

Pilih yang Menggunakan Satuan Ukur Gram atau Ons

Pertama, Anda perlu mengetahui satuan ukur yang terdapat pada timbangan yang akan Anda pilih. Satuan ukur gram dan ons lebih direkomendasikan untuk Anda. Selain familier, unit pengukuran ini juga paling umum ditemukan pada timbangan digital.

Sebaiknya hindari timbangan dengan satuan ukur kilogram, karena dapat menyulitkan saat mengukur bahan resep dengan satuan gram. Bila memungkinkan, pilihlah timbangan yang unit pengukurannya cukup banyak, serta mudah diganti.

Pilih Berdasarkan Batasan Bobot yang Mampu Diukur

Kemudian, sesuaikan batasan maksimal ukur suatu timbangan dengan penakaran bahan-bahan makanan yang hendak Anda timbang. Untuk penakaran umum, seperti bahan-bahan kue atau bumbu masakan sehari-hari, timbangan dengan batasan 1-3 kg sudah cukup.

Namun, bila Anda berbisnis kuliner atau hendak mengadakan pesta, Anda membutuhkan timbangan berkapasitas lebih besar. Untuk kebutuhan semacam ini, timbangan dapur dengan kapasitas 5 kg ke atas mungkin lebih sesuai untuk dipilih.

Utamakan Produk dengan Ketepatan Ukur hingga 0,1 gram

Hal selanjutnya yang patut diperhatikan dalam memilih timbangan dapur yakni ketepatan ukurnya. Kami rekomendasikan Anda mencari produk dengan tingkat sensitivitas hingga 0,1 gram. Meski tampak remeh, hal ini berguna ketika Anda hendak menakar kopi atau ragi untuk membuat roti.

Misalnya, ketika menimbang bahan dengan berat 3,6 gram, timbangan dengan satuan 1 gram akan menampilkan 4 gram, yang boleh jadi memberi cukup dampak terhadap hasil kue atau kopi yang Anda buat. Pada rekomendasi produk, kami sertakan pilihan timbangan yang memiliki ketepatan ukur hingga 0,1 gram.

Pilih yang Dilengkapi Tombol Tare untuk Mereset Ukuran ke Angka Nol

Berat tare atau yang ada pada timbangan digital adalah berat bahan makanan yang ada di dalam sebuah wadah, tanpa menghitung berat wadahnya. Misalnya, berat semangkuk telur mungkin adalah 300 gram, tetapi berat tare tidak menghitung berat mangkuknya. Dengan demikian, berat telur bisa saja 250 gram. Tombol tare pada timbangan dapur, merujuk kepada berat telur tersebut.

Agar hasil timbangan akurat, Anda perlu menimbang berat tare bahan makanan Anda. Pertama, letakkan wadah kosong yang akan digunakan di atas timbangan, lalu tekan tombol tare sehingga angka pada timbangan menjadi nol, lalu barulah Anda masukkan bahan yang ingin ditimbang. Dengan begini, hasil timbangan yang ditunjukkan adalah berat dari bahan makanan saja.

Pertimbangkan Produk yang Removable serta Memiliki Rubber Feet

Carilah timbangan yang memiliki wadah removable. Timbangan dengan wadah yang removable atau dapat dilepas-pasang memudahkan Anda saat meletakkan bahan yang hendak ditimbang.

Selain itu, wadah yang removable juga lebih mudah untuk dibersihkan. Pertimbangkan pula produk yang memiliki rubber feet atau kaki karet agar timbangan tidak mudah bergeser atau tergelincir ketika digunakan.

Pilih yang Mudah Dibersihkan, bahkan Memakai Lap Basah

Saat sedang memasak atau membuat kue, tentunya dapur Anda akan penuh dengan bahan makanan yang berceceran. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk memilih produk yang mudah dibersihkan. Sebaiknya pilihlah timbangan yang tahan air agar Anda dapat mengelapnya dengan kain basah ketika ada kotoran yang tampak.

Selain itu, Anda juga bisa memilih timbangan yang tombol-tombolnya dilaminasi atau berlapis membran plastik. Ini untuk menghindari agar kotoran atau remah-remah bahan makanan tidak masuk dan merusak mesin. Tombol-tombol yang dilaminasi juga lebih mudah dibersihkan.

Pastikan Layar Ukurnya Mudah Terbaca serta Bisa Mati Otomatis

Yang tak kalah penting dari semuanya, pilihlah timbangan digital dengan ukuran layar cukup besar agar mudah dibaca. Pertimbangkan juga layar yang menggunakan lampu LED agar dapat dibaca di tempat dengan pencahayaan kurang.

Kemudian, pastikan memilih produk dengan fungsi auto off, setidaknya tiga menit setelah tidak ada aktivitas menimbang, agar membantu menghemat baterai. Akan lebih membantu juga jika layarnya menunjukkan sisa baterai.

10 Rekomendasi Timbangan Dapur Digital Terbaik

Setelah memahami cara memilih timbangan dapur, mulai dari satuan ukur, batasan bobot, hingga layar yang mudah dibaca, sekarang saatnya Anda memilih timbangan dari produk-produk yang kami rekomendasikan berikut. Pastikan Anda memilih timbangan digital yang tepat sesuai kebutuhan Anda!

1. IDEALIFE IL-211SE

Hemat baterai dengan fitur mati otomatis setelah lima detik

Memiliki kapasitas hingga 5 kg, timbangan digital dari IDEALIFE ini cocok untuk keperluan rumah tangga sehari-hari. Bahannya yang terbuat dari stainless steel membuatnya tampak elegan berada di dapur Anda.

Selain itu, timbangan ini juga memiliki indikator baterai lemah sehingga Anda bisa langsung mencari baterai pengganti saat indikatornya muncul. Dengan fungsi layar mati otomatis setelah lima detik, menjadikan timbangan ini lebih hemat energi!

Satuan ukurg, kg, oz, lbs
Batas bobot ukur5 kg
Ketepatan ukur1 g
Fungsi tare
Fitur tambahanIndikator layar dengan LED, fungsi auto off/manual off, indikator baterai lemah
Kisaran hargaRp159.947

2. Joil Timbangan Digital Dapur – Kue

Sumber: Blibli.com

Superakurat dengan ketepatan hingga 0,01 gram

Ketepatannya hingga 0,01 gram menjadikan timbangan ini sangat akurat. Oleh karenanya, timbangan dapur digital dari Joil ini pas digunakan untuk Anda yang ingin memasak menggunakan bahan dengan jumlah sedikit namun harus presisi, seperti ragi atau garam.

Ukurannya yang mungil, yakni dengan dimensi 10 x 10 cm, tidak memakan tempat dan mudah disimpan. Joil Timbangan Digital Dapur – Kue juga memiliki fitur mati otomatis dengan layar LED berwarna biru, sehingga mudah dibaca di tempat yang tidak terlalu terang.

Satuan ukurg
Batas bobot ukur500 g
Ketepatan ukur0,01 g
Fungsi tare
Fitur tambahanFungsi auto-off, indikator layar dengan LED
Kisaran hargaRp150.000

3. Camry Kitchen Scale EK5055

Sumber: Blibli.com

Memiliki indikator beban berlebih, tidak khawatir kelebihan beban!

Camry Kitchen Scale EK5055 memiliki overweight warning ketika bahan yang ditimbang melebihi kapasitas timbangan. Platform yang terbuat dari tempered-glass sangat kuat dan tidak gampang pecah ketika Anda menaruh beban di atasnya.

Alas kacanya tak sekadar kukuh, tetapi menjadikannya mudah dibersihkan. Selain itu, timbangan digital ini juga dilengkapi tombol tare untuk memberi hasil yang akurat ketika Anda menimbang menggunakan wadah.

Satuan ukurg, kg
Batas bobot ukur5 kg
Ketepatan ukur
Fungsi tare1 g
Fitur tambahanIndikator baterai lemah, indikator beban berlebih, fungsi auto zero/auto off, 13 m indikator layar dengan LCD
Kisaran hargaRp138.500

4. Kova Voralo

Sumber: Shopee.co.id

Kapasitas lebih besar untuk menimbang lebih banyak!

Anda membutuhkan timbangan dengan kapasitas lebih besar? Timbangan dapur digital dari Kova berikut bisa menjadi pilihan. Dengan batas maksimal hingga 10 kg dan minimal 4 gram, Anda dapat menimbang buah, sayur, dan bahan makanan lainnya dalam jumlah lebih banyak.

Fitur lain yang dimiliki produk ini yaiu layar LED yang memudahkan Anda membaca hasil timbangan, bahkan dalam kondisi minim cahaya. Layar indikator timbangan dapat mati secara otomatis apabila tidak digunakan setelah 60 detik. Daya tampung banyak, fitur melimpah, harga terjangkau, kurang apalagi?

Satuan ukurg, mL, oz, lbs, fl oz
Batas bobot ukur10 kg
Ketepatan ukur1 g
Fungsi tare
Fitur tambahanFungsi auto shut off, indikator beban berlebih, indikator baterai lemah, layar LCD
Kisaran hargaRp109.900

5. Monna Bakeware Digital Scale

Sumber: Shopee.co.id

Desain estetik yang akan mempercantik dapur Anda

Tampak sekilas, Monna Bakeware Digital Scale memiliki desain cukup berbeda dari kebanyakan timbangan digital. Desain yang simpel dan estetik berbahan stainless cocok berada di dapur minimalis Anda.

Tombol layar sentuhnya berada di sisi pojok timbangan, menjadikannya unik! Selain fungsi tare, tombol tersebut juga berfungsi untuk menghidupkan, mematikan, serta mengganti satuan timbangan.

Satuan ukurg, mL, oz
Batas bobot ukur5 kg
Ketepatan ukur0,1 g
Fungsi tare
Fitur tambahanTidak disebutkan
Kisaran hargaRp358.000

6. Taffware Digipounds Z2S

Sumber: Shopee.co.id

Harga terjangkau untuk pemula dengan bujet terbatas

Dengan harga tidak sampai 100 ribuan, Taffware Digipounds Z2S pas bagi Anda yang pemula tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Meski harganya relatif murah, kualitas dan fitur yang ditawarkan cukup mumpuni.

Timbangan ini dapat mengukur hingga 10 kg dengan tingkat keakuratan 1 gram. Lempengan besi sebagai alas timbangan ini juga cukup kokoh. Desainnya yang mungil dapat dengan mudah Anda simpan di mana pun setelah digunakan.

Satuan ukurg, oz, fl oz, mL
Batas bobot ukur10 kg
Ketepatan ukur1 g
Fungsi tare
Fitur tambahanLayar LCD dengan backlight
Kisaran hargaRp84.599

7. IDEALIFE IL-210

Mudah menimbang dengan mangkuk serbaguna yang bisa dilepas

Timbangan digital dari IDEALIFE satu ini hadir dengan mangkuk lebar yang removable. Selain sebagai wadah, mangkuk ini juga bisa dibalik dan menjadi tutup pelindung timbangan saat sedang tidak digunakan.

Selain dilengkapi fungsi tare dan layar akan mati otomatis setelah dua menit, Idealife IL-210 menawarkan fitur low battery dan overload indications yang memberi tahu Anda saat baterai lemah dan timbangan kelebihan beban.

Satuan ukurg, kg, oz, lbs
Batas bobot ukur5 kg
Ketepatan ukur1 g
Fungsi tare
Fitur tambahanFungsi auto/manual off, clock function, indikator baterai lemah dan beban berlebih
Kisaran hargaRp164.749

8. Tanita Kitchen Scales KD-321.3

Timbangan dengan kualitas yang sudah teruji

Bagi Anda yang mementingkan kualitas tinggi, Tanita Kitchen Scales KD-321.3 layak menjadi pilihan. Produk buatan Jepang ini terjamin berkualitas maksimal dengan menerapkan standar internasional.

Selain itu, tray pada timbangan ini dapat dilepas-pasang, memudahkan Anda saat hendak membersihkannya. Dengan dimensi 15 x 21 cm, timbangan ini terbilang mobile, cocok untuk Anda pindahkan ke berbagai tempat sesuai keperluan.

Satuan ukurg
Batas bobot ukur3 kg
Ketepatan ukur0,1 g
Fungsi tare
Fitur tambahanRemovable tray
Kisaran hargaRp494.000

9. Kabuto EK-6001

Berbahan plastik yang kuat dan antipecah

Jika Anda sedang mencari timbangan digital berbahan dasar plastik, Anda mungkin bisa melirik timbangan digital dari Kabuto berikut ini. Walau didesain untuk keperluan rumah tangga, bobot ringannya memastikan produk ini mudah dibawa-bawa.

Kabuto EK-6001 telah dilengkapi fitur yang mengingatkan Anda ketika baterai hampir habis. Selain itu, saat bobot makanan yang ditimbang melebihi batas maksimal, fitur overload indication-nya akan memberitahu Anda untuk segera mengurangi beban!

Satuan ukurg, oz, lb
Batas bobot ukur5 kg
Ketepatan ukur1 g
Fungsi tare
Fitur tambahanFungsi auto/manual off, indikator petunjuk baterai lemah/beban berlebih
Kisaran hargaRp115.000

10. Heles HL-4350 Electronic Kitchen Scale

Sumber: Harnic.id

Berbodi Stainless Steel yang Awet dan Elegan

Satu lagi timbangan yang memiliki wadah yang dapat dilepas-pasang untuk Anda pertimbangkan, yakni Heles HL-4350 Electronic Kitchen Scale. Wadah berupa mangkuk dengan diameter 21 cm ini memberi kenyaman bagi Anda saat menimbang.

Dengan bodi full stainless steel, timbangan ini awet dan tampak elegan. Anda juga bisa dengan mudah mengetahui kapan harus menyiapkan baterai pengganti dengan fitur indikator baterai lemah yang dimilikinya.

Satuan ukurg, oz, mL
Batas bobot ukur5 kg
Ketepatan ukur1 g
Fungsi tare
Fitur tambahanIndikator baterai lemah
Kisaran hargaRp199.000

Kesimpulan

Apabila Anda hendak memulai bisnis kuliner atau belajar memasak dengan takaran yang presisi, timbangan dapur adalah barang yang mutlak harus Anda miliki. Pasalnya, takaran bahan makanan yang presisi menentukan cita rasa dari masakan itu sendiri.

Dari segi desain, kapasitas, hingga kisaran harga, pilihlah timbangan dapur digital yang paling nyaman Anda gunakan. Semoga rekomendasi ini dapat mengatasi kebingungan Anda dalam mencari timbangan digital yang Anda inginkan!

(Visited 534 times, 11 visits today)