Written by 10:52 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Sensitif

Simple Kind to Skin Refreshing Facial Wash Gel

Satu problem yang kerap dikeluhkan oleh pemilik kulit sensitif adalah kesulitan menemukan produk pembersih wajah yang cocok. Anda yang mengalami kondisi serupa perlu memperhatikan sisi keamanan dari sabun muka untuk kulit sensitif Anda. Untuk mempermudah Anda, kami akan membantu Anda menemukan produk terbaik melalui artikel ini.

Tersedia beragam pilihan sabun muka untuk kulit sensitif, sebut saja Cetaphil, Senka, dan Sensatia Botanicals dengan keunggulan produknya masing-masing. Sebelum membeli, sebaiknya Anda ketahui dulu apa yang mendorong kulit wajah menjadi sensitif. Penting pula mempertimbangkan sederet elemen dalam proses pemilihan. Uraian selengkapnya dapat Anda simak berikut ini. Selamat membaca!

Tanda dan Penyebab Kulit Wajah yang Sensitif

Tanda dan Penyebab Kulit Wajah yang Sensitif

Bukan hanya pria, kulit sensitif juga tak pandang bulu menghampiri para wanita. Ada beberapa sinyal penunjuk bahwa kulit Anda tergolong sensitif, antara lain adalah:

  • Mudah muncul ruam atau bercak karena menggunakan produk tertentu atau akibat cuaca.
  • Reaksi kulit cenderung negatif terhadap scented product. Wewangian tidak cocok di kulit sensitif karena menyebabkan terjadinya iritasi.
  • Kulit wajah memerah atau terasa perih ketika menerapkan produk kecantikan atau perawatan yang mengandung bahan kimia, seperti retinoid atau glycolic acid.
  • Terjadi pengelupasan kulit cukup sering akibat beberapa faktor, salah satunya keseringan melakukan exfoliation atau akibat kekerangan kulit yang sangat parah.
  • Timbul perasaan gatal yang diakibatkan oleh hilangnya kelembapan kulit.

Tanda-tanda tersebut muncul pada kulit yang sensitif. Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan kulit menjadi sensitif? Berikut penjelasan dermatolog mengenai hal tersebut.

  • Terlalu sering menggunakan produk perawatan berkandungan retinol yang membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari.
  • Menggosokkan scrub wajah terlalu keras. Perlakuan ini memungkinkan kulit memerah dan teriritasi.
  • Kebanyakan memakai produk skin care, terutama yang mengandung bahan acid seperti asam salisilat dan asam glikolat.
  • Jarang mengaplikasikan pelembap dan tabir surya juga membuat perlindungan kulit melemah dari paparan eksternal, khususnya matahari.
  • Terlalu sering mencuci wajah, dan kondisinya bisa semakin buruk apabila salah dalam memilih sabun wajah.
  • Kulit sensitif bisa juga terjadi karena alergi dan stres.

Setelah memahami gejala dan faktor pencetus kondisi kulit sensitif, tentu Anda harus lebih waspada setiap kali membeli produk. Maka dari itu, pada bagian selanjutnya kami akan mengulas tips memilih sabun muka yang cocok untuk kulit sensitif. Selamat membaca!

Cara Memilih Sabun Muka untuk Kulit Sensitif

Apa saja poin-poin untuk Anda cermati sewaktu membeli sabun muka untuk kulit sensitif? Yuk, kita bahas bersama-sama!

Periksa Betul Komposisi dari Setiap Produk

Periksa Betul Komposisi dari Setiap Produk

Keliru sedikit saja dalam memilih sabun muka dapat memperparah kondisi kulit sensitif Anda, begitu menurut spesialis kulit di Mount Sinai Medical Center, New York City, Dr. Joshua Zeichner. Untuk menghindarinya, cermatilah setiap komponen dari sabun muka yang memungkinkan terjadinya risiko kulit memerah, gatal, kering, dan bahkan mengelupas.

Sabun muka yang minim bahan kimia keras merupakan opsi terbaik. Anda disarankan juga agar memilih sabun muka tanpa parfum, paraben, SLS, dan alkohol untuk perawatan kulit wajah sensitif. Walau menawarkan efek pembersihan lebih optimal, Anda perlu mewaspadai kandungan exfoliator seperti glycolic acid atau salicylic acid yang bisa membahayakan kondisi kulit sensitif Anda.

PIlih yang Cukup Lembut Tanpa Disertai Butiran Scrub

PIlih yang Cukup Lembut Tanpa Disertai Scrub

Sebenarnya, apa pun tipe kulit, sangat dianjurkan agar setiap orang mengutamakan sabun muka yang mencantumkan bahan-bahan dengan peran positif terhadap peningkatan kualitas dan kesehatan kulit. Namun, Anda yang mempunyai kulit sensitif harus lebih selektif lagi karena kulit cenderung rentan terhadap alergi dan jerawat.

Maka dari itu, para pakar kesehatan kulit sepakat menyarankan orang berkulit sensitif untuk mencari sabun muka yang komposisinya lembut di wajah. Pertimbangkanlah produk dalam bentuk non-foaming cleanser yang umumnya gentle serta teksturnya tidak kasar. Hindari juga sabun muka bersifat exfoliant atau mengandung butiran scrub karena dapat membuat kulit meradang.

Carilah Keterangan “Hypoallergenic” dan “Dermatologically Tested

Carilah Keterangan “Hypoallergenic” dan “Dermatologically Tested”

Apabila Anda tidak memiliki pemahaman banyak soal ingredients, Anda dapat mengambil jalan pintas untuk mencari label hasil pengujian pada sabun muka yang diinginkan. Biasanya, sabun muka yang diklaim aman untuk kulit sensitif tercantum keterangan “hypoallergenic” atau “dermatologically tested” pada kemasannya.

Agar lebih meyakinkan lagi, Anda juga bisa mengecek review pengguna dari forum, grup, atau medium lain di internet, entah itu blog atau ulasan berbentuk video. Beberapa produk ada pula yang mencatutkan keterangan lebih jelas pada kemasannya, seperti “aman untuk kulit sensitif”, atau “sensitive expert”, dan semacamnya di mana menjadi poin plus yang tentunya memudahkan Anda.

Pastikan Formulanya Lebih Sedikit dan Bebas Zat Iritatif

Pastikan Formulanya Lebih Sedikit dan Bebas Zat Iritatif

Kualitas sebuah sabun muka dapat dilihat dari seberapa besar perubahan yang tampak setelah melakukan pencucian wajah. Kulit wajah biasanya akan sedikit kesat sebagai pertanda bahwa kotoran, minyak, ataupun sisa riasan yang menempel di kulit berhasil tersingkirkan. Hanya saja, beberapa sabun muka mengandung bahan pembersih kuat yang tidak cocok dipakaikan ke kulit sensitif.

Kami menganjurkan Anda untuk memilih sabun muka yang bukan hanya lembut, namun juga bahan bakunya tak lebih dari belasan komponen ke atas. Semakin banyak formula, semakin besar pula kemungkinannya kulit mengalami iritasi. Hindarilah sabun muka berkomposisikan zat-zat iritatif, seperti paraben, parfum, alkohol, formaldehyde, dan sodium lauryl sulfate (SLS) karena efek kerjanya yang tidak ramah di kulit sensitif.

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Sensitif

Berikut ini rekomendasi sepuluh sabun muka terbaik yang kami harap cocok dan optimal dalam membersihkan kulit wajah Anda yang sensitif. Pilihlah produk yang paling tepat dengan kebutuhan kulit Anda, ya! Selamat memilih!

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser 1

Mengandung propylene glycol untuk menjaga kelembapan alami kulit

Sudah ada sejak 1947 di Amerika, sampai sekarang Cetaphil Gentle Skin Cleanser terus diproduksi mengetahui peminatnya yang sangat banyak. Termasuk di Indonesia, tak sedikit orang mengandalkan sabun muka merek Cetaphil untuk menjaga kebersihan kulit wajahnya. Produk yang memakai formula sama dengan 70 tahun lalu ini cocok sebagai sabun pembersih kulit kering, normal, kombinasi, dan berjerawat.

Karena formulanya hypoallergenic dan teruji melalui proses dermatologis, Cetaphil Gentle Skin Cleanser pun aman untuk kulit sensitif. Didesain dengan pH seimbang, kadar asam dan basa permukaan kulit tetap terjaga sehingga terhindar dari risiko pertumbuhan bakteri. Satu lagi, sabun muka best seller ini tidak mengandung sabun dan bebas busa, namun tetap efektif membersihkan tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit.

Komponen pentingPropylene Glycol
Isi500 ml
Kisaran hargaRp189.000

2. Simple Kind to Skin Refreshing Facial Wash Gel

Simple Kind to Skin Refreshing Facial Wash Gel

Bekerja membersihkan sekaligus menutrisi kulit tanpa efek iritasi

Apakah Anda membutuhkan sabun muka bertekstur gel yang ringan dan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya bagi kulit? Produk keluaran Simple satu ini layak dijadikan pilihan. Selain bebas harsh chemicals, Kind to Skin Refreshing Facial Wash Gel dipastikan tidak disematkan komponen artifisial seperti pewangi dan pewarna.

Sabun muka tanpa formula sabun ini bisa Anda gunakan untuk mengembalikan permukaan kulit bersih dari kotoran, makeup, dan noda lain. Walau berkinerja optimal dan menyeluruh, Simple menjamin bahan-bahan yang dicantumkan ramah dan lembut di kulit, contohnya Triple Purified Water. Selain terjamin dermatologically tested dan approved, produk ini juga non-comedogenic, hypoallergenic, dan ophtalmologically tested.

Komponen pentingPanthenol, Tocopheryl Acetate (Vitamin E)
Isi150 ml
Kisaran hargaRp65.000

3. Sulwhasoo Snowise Brightening Cleansing Foam

Sulwhasoo Snowise Brightening Cleansing Foam

Berbekal formula white clay untuk membersihkan dan melembutkan kulit

Kulit bersih, cerah, dan terasa segar merupakan keinginan banyak orang. Apabila Anda tergabung di antaranya, cobalah sabun muka persembahan Sulwhasoo berikut ini. Mengandung white clay yang bekerja lebih dalam, namun tetap lembut sehingga kulit menjadi bersih dan cerah tanpa risiko meradang.

Termasuk salah satu facial foam terbaik untuk kulit sensitif, Sulwhashoo Snowise Brightening Cleansing Foam menghasilkan busa bertekstur lembut seperti susu. Foam-nya sanggup membersihkan wajah tanpa meninggalkan residu. Cukup dipakai di pagi dan malam hari, rasakan kulit bertekstur lembut dan terlihat cerah seketika!

Komponen pentingTitanium Dioxide, Butylene Glycol, Glycerin
Isi150 ml
Kisaran hargaRp550.000

4. Neutrogena Ultra Gentle Hydrating Cleanser

Neutrogena Ultra Gentle Hydrating Cleanser

Bebas pewangi, pewarna, dan formula minim menjadikannya ideal untuk kulit sensitif, termasuk eksem dan rosacea

Kondisi kulit kering besar kemungkinan meningkatkan level sensitivitas terhadap bermacam faktor eksternal. Jika Anda termasuk salah satu di antara mereka yang berkulit sensitif karena kering, sabun muka dari Neutrogena ini menghadirkan hydrating formula yang terbukti ampuh membersihkan minyak berlebih, kotoran, dan sisa makeup tanpa mengorbankan kelembapan kulit.

Pembersih wajah berkandungan glycerin berikut akan mengangkat segala noda asing melalui formula ekstrak ringan dan bebas sabun. Anda tidak perlu ragu memakai produk ini karena Neutrogena menjamin sabun muka buatannya hanya menggunakan bahan-bahan penting untuk kulit sensitif, sehingga minimalis dari segi formula, termasuk tidak memiliki pewarna tambahan dan paraben di dalamnya.

Komponen pentingGlycerin
Isi354 ml
Kisaran hargaRp250.000

5. Senka Perfect Whip Cleansing Foam

Senka Perfect Whip Cleansing Foam

Sabun muka yang menjadi best seller di Jepang selama 8 tahun!

Sabun muka asli Jepang ini sangat populer di Indonesia beberapa tahun ke belakang. Sementara brand Senka sendiri merupakan salah satu brand yang diinduksemangi Shiseido Group. Tersedia banyak varian, namun kami rekomendasikan Anda seri Perfect Whip Cleansing Foam yang sudah dibuktikan banyak orang aman bagi kulit sensitif.

Produk yang sukses menjadi pembersih nomor 1 di Jepang ini mengandung white cocoon essence yang mampu menghasilkan foam lembut, tebal, dan padat. Berkat busa tebal tersebut, sisa-sisa kotoran yang membuat wajah berminyak dan sensitif terangkat sempurna. Anda tak perlu khawatir kulit kering karena Senka menyiapkan double hyaluronic acid ke dalam formulanya, sehingga kulit terhidrasi pasca pembersihan.

Komponen pentingGlycerin, Butylene Glycol
Isi120 gr
Kisaran hargaRp58.300

6. CeraVe Hydrating Cleanser

CeraVe Hydrating Cleanser

Memastikan kulit terjaga kelembapannya selama 24 jam

Kombinasi ceramide dan hyaluronic acid di dalam sabun muka produksi CeraVe mengunci kelembapan lebih lama pada kulit sensitif dan kering. Seluruh formula yang tercantum merupakan hasil kerja sama para dermatolog. Dengan demikian, sabun muka ini siap membersihkan dan menyegarkan kulit tanpa memberi efek pengelupasan.

CeraVe Hydrating Cleanser tidak menggunakan bahan-bahan yang menyumbat pori. Anda yang mencari non-comedogenic face wash bisa menjatuhkan pilihan pada sabun muka ini. MVE Delivery Technology yang telah dipatenkan akan menghidrasi kulit secara konsisten selama 24 jam. Ingin kulit bersih, kencang, dan senantiasa lembap? Mari wujudkan bersama sabun muka CeraVe satu ini!

Komponen pentingCeramide, Hyaluronic Acid
Isi355 ml
Kisaran hargaRp325.000

7. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Foaming Face Wash

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Foaming Face Wash

Sabun muka yang cocok untuk kulit sensitif pria maupun wanita

Tidak nyaman dengan tekstur kulit kasar akibat komedo dan debu polusi akibat aktivitas sehari-hari? Agar kulit tidak berminyak dan sensitif, Anda bisa mempercayai produk berikut. Meskipun harganya terjangkau, sabun muka merek Hada Labo ini menjamin pembersihan lembut dan menyeluruh untuk mengekspos hasil berupa kulit halus dan bebas penampilan pecah-pecah.

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Foaming Face Wash dirancang dengan level pH yang sesuai dengan pH kulit sehingga minim risiko iritasi. Mengandalkan 2 tipe hyaluronic acid, sabun muka asal Jepang ini mampu melembapkan kulit 2 kali lebih baik dibandingkan hyaluronic acid biasa. Yuk, usir ‘tamu-tamu’ tak diundang untuk penampilan wajah bersinar dan berseri setiap hari dengan dukungan sabun muka ini!

Komponen pentingButylene Glycol, Glycerin
Berat100 gr
Kisaran hargaRp46.200

8. Avene Extremely Gentle Cleanser Lotion

Avene Extremely Gentle Cleanser Lotion

Mengutamakan bahan-bahan pembersih yang aman, lembut, dan menenangkan kulit

Jika Anda lebih mengutamakan sabun muka dengan formula sedikit, produk ciptaan Avene ini perlu diberikan perhatian lebih. Formulasi bahannya dibuat seminimal mungkin supaya bisa ditoleransi semaksimal mungkin pada kulit sensitif Anda. Kendati demikian, Avene menyebutkan bahwa rancangan komposisinya dipastikan efektif membersihkan wajah tanpa mengelupas kulit dan meninggalkan kesan tertarik.

Yang lebih uniknya lagi, Avene Extremely Gentle Cleanser Lotion aman dipakai ke seluruh area wajah, termasuk bagian kulit di sekitar mata. Apabila kulit sensitif Anda sangat rentan iritasi, kandungan parcerine pada sabun muka ini akan menenangkan iritasi dan kemerahan kulit sembari memperbaiki dan menguatkan barrier kulit yang rusak.

Komponen pentingThermal Spring Water
Isi200 ml
Kisaran hargaRp354.000

9. Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser

Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser

Memprioritaskan formula bahan alami untuk kulit segar dan berkilau

Brand Sensatia Botanicals selalu menghadirkan produk-produk skin care berkomposisi bahan organik. Apabila Anda menyukai karakteristik demikian, sabun muka terbaik dari Sensatia Botanicals berikut ini mungkin akan Anda sukai. Dirancang khusus untuk kulit sensitif, pembersih ini tidak mengandung wewangian.

Untuk menghasilkan peran exfoliating, Sensatia Botanicals memanfaatkan ekstrak pepaya yang bekerja lembut mengeksfoliasi kulit. Dibantu ekstrak belimbing, bengkuang, dan lidah buaya, formula alami tersebut menjadikan kulit bersih, segar, sehat, dan tampak berkilau.

Komponen pentingTocopherol (Vitamin E), Aloe Barbadensis Leaf Juice
Isi220 ml
Kisaran hargaRp130.000

10. La Roche-Posay Effaclar Foaming Gel

 

La Roche Posay Effaclar Foaming Gel

Terbukti menangani jerawat dan minyak berlebih di kulit wajah sensitif

Facial foam dalam tekstur gel ini dicetuskan oleh La Roche-Posay yang kini telah mendunia. Bila Anda mengalami masalah kulit sensitif yang berminyak, pembersih ini akan membantu Anda menyingkirkan kotoran, sebum berlebih, dan sisa makeup secara optimal. La Roche-Posay mengatakan produk ini tak hanya ideal untuk kulit sensitif dan berminyak, tetapi juga acne-prone.

Mengusung 3 free system, yakni free soap, alcohol, dan colourant membuat sabun muka ber-pH 5,5 dan non-comedogenic ini semakin diminati orang. Untuk mengecek efektivitasnya, La Roche-Posay melakukan uji klinis terhadap 30 orang yang berkulit sensitif, berminyak, dan berjerawat. Hasilnya, penggunaan rutin 2 kali per hari selama 1 bulan menunjukkan terjadinya 25% penurunan jumlah komedo dan jerawat serta 16% pengurangan sebum wajah.

Komponen pentingZinc Pidolate, Thermal Spring Water
Isi200 ml
Kisaran hargaRp269.000

Lihat juga rekomendasi toner terbaik untuk kulit sensitif lainnya!

Untuk Anda yang terbiasa melakukan perawatan tambahan setelah mencuci muka, toner akan membantu mempersiapkan kulit terhidrasi agar skin care lanjutan bekerja maksimal di kulit. Sangat tidak dianjurkan memilih toner yang tidak sesuai jenis kulit.

Oleh karena itu, di bawah ini dapat Anda temui pilihan produk toner terbaik untuk merawat kulit sensitif. Berbagai kandungan baik dimilikinya, terutama properti humektan yang akan melembapkan kulit sehabis mencuci muka. Selamat memilih!

10 Rekomendasi Toner Wajah untuk Kulit Sensitif Terbaik

 

Kesimpulan

Telah dibahas lengkap perihal sabun muka untuk kulit sensitif pada artikel ini. Jadi, bagaimana, apakah Anda telah menemukan produk face wash  yang cocok berdasarkan kebutuhan? Walau kulit Anda tergolong sensitif, melakukan pencucian wajah secara rutin dapat menjaga kondisi kulit wajah tetap bersih dan sehat.

Meskipun cukup sulit menemukan produk yang pas, kami harap rekomendasi sabun muka terbaik di atas dapat memudahkan Anda dalam menentukan produk yang tepat untuk kulit sensitif. Jangan lupa untuk menerapkan pelembap apabila kulit Anda cukup kering sehabis mencuci wajah, ya! Selamat mencoba!

(Visited 455 times, 23 visits today)