Written by 16:43 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif

Pada orang dengan kulit sensitif, penggunaan serum terkadang menimbulkan reaksi negatif, seperti kemerahan atau kulit gatal. Kondisi kulit sensitif memang perlu dirawat ekstra hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan komponen apa saja yang terkandung dalam serum untuk kulit sensitif, terutama bahan pelembap dan zat aditifnya.

Di halaman ini, kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih serum yang cocok untuk pemilik kulit sensitif. Berbagai rekomendasi serum turut kami cantumkan agar Anda tidak bingung memilih salah satu dari sekian banyak produk. Paula’s Choice, Dr. Jart+, La Roche-Posay, dan lain sebagainya menghadirkan serum terbaik untuk kulit sensitif. So, let’s get started!

Pentingnya Serum untuk Pemeliharaan Kulit Sensitif

Berbeda dengan tipe kulit normal, wajah yang sensitif mengalami kondisi penurunan fungsi perlindungan sehingga kulit lebih rentan terhadap rangsangan dari luar. Faktor pendorong rusaknya lapisan pelindung kulit pun beragam, mulai dari kehilangan kelembapan, efek kosmetik atau skin care, paparan sinar matahari, cuaca, serta faktor penuaan.

Serum merupakan produk perawatan yang mampu mengembalikan kekuatan kulit. Hanya saja, beberapa komponen berefek stimulan kuat yang membuatnya kurang ramah bagi kulit sensitif. Namun, di saat bersamaan, serum mengantongi pelembap tinggi yang dibutuhkan kulit sensitif agar membentuk kembali lapisan pelindung sebagai penahan kelembapan, misalnya ceramide, glycerin, dan hyaluronic acid.

Oleh sebab itu, penting memilih serum wajah yang dibekali bahan pelembap tinggi serta minim zat-zat tambahan. Tidak disarankan untuk memilih serum berkandungan alkohol karena alasan mengharapkan tekstur ringan dan cepat serap. Sebisa mungkin Anda hindari bahan-bahan serum yang memungkinkan terjadinya iritasi.

Cara Memilih Serum Wajah untuk Kulit Sensitif

Selanjutnya, kita akan membahas hal-hal penting yang harus Anda cermati dalam menentukan serum untuk kulit sensitif. Oleh karena setiap produsen mencantumkan bermacam kelebihan dari segi komponen, tekstur, dan fungsi utama, maka Anda perlu memilih serum berdasarkan tingkat kebutuhan paling mendasar.

Periksa berdasarkan Kandungan dari Produk Serum

Hal utama yang mesti diperhatikan sewaktu membeli serum adalah mengetahui daftar komponen yang terkandung di dalam sebuah serum. Serum untuk kulit sensitif setidaknya mengandung bahan-bahan yang bekerja mencegah kekeringan kulit dengan menjaga retensi air sekaligus menahan efek radikal bebas.

Asam Amino: Mempertahankan Kondisi Lembap yang Dibutuhkan Kulit Sensitif

Salah satu kebaikan serum adalah rasa nyaman yang bakal Anda rasakan karena teksturnya lebih ringan dibandingkan pelembap, namun konsentrasi sebuah serum lebih kaya bahan aktif yang baik untuk kulit. Kemudian, sensitivitas kulit akibat faktor lingkungan akan tertangani oleh bahan-bahan aktif pada serum sebagai pelindung, penyembuh, dan pemerkuat kondisi kulit.

Anda seyogyanya mengutamakan produk berkandungan asam amino. Serum dengan kandungan asam amino berperan penting mempertahankan kelembapan yang diperlukan kulit sensitif. Selain menjaga kelembapan kulit, asam amino, terutama yang dianggap sebagai NMF (natural moisturizing factor), akan memaksimalkan pergantian sel (regenerasi) kulit saat Anda tidur. Komponen asam amino yang umum dicantumkan ke dalam serum antara lain arginine, glycine, sarcosine, dan glutamic acid.

Antioksidan: Melindungi Kulit dari Efek Buruk Radikal Bebas

Polusi udara merupakan faktor utama pendorong penuaan yang juga meningkatkan sensitivitas kulit. Polutan yang mengenai kulit akan membentuk radikal bebas yang menyerang struktur kulit, menyebabkan kondisi yang dinamakan stres oksidatif. Saat tubuh tidak mampu menetralisir efek radikal bebas akibat kekurangan antioksidan alami, maka terjadilah peningkatan iritasi dan sensitivitas.

Guna membantu melindungi kulit sensitif, pastikan Anda memilih serum yang mengandung antioksidan tinggi. Serum untuk kulit sensitif berkandungan vitamin A, B kompleks, C, dan D akan membantu menangkal efek stres oksidatif akibat polusi udara dan faktor destruktif lainnya.

Pelembap: Memelihara Kulit agar Tidak Mengalami Kekeringan

Unsur pelembap adalah bahan vital yang wajib ada dalam produk serum pilihan Anda. Ceramide adalah bahan pelembap utama yang sebaiknya Anda pehatikan bila menginginkan produk yang ramah pada kulit sensitif Anda. Ceramide bekerja sangat baik menahan kelembapan kulit.

Karena satu komponen pelembap saja tidaklah cukup, sebaiknya Anda pilih serum yang menggabungkan beberapa bahan pelembap. Di samping ceramide, ada juga hyaluronic acid, glycerine, collagen, cholesterol stearate, sphingolipids, dan lainnya yang masih tergolong sebagai pelembap yang sangat efektif.

Untuk Membantu Mencerahkan, Pilihlah Serum yang Mengandung Mild Exfoliating Acids

Apabila wajah sensitif Anda disertai tampilan kusam, mungkin Anda berkeinginan mengatasi dua permasalahan sekaligus. Hal ini cukup tricky karena kandungan exfoliator seperti lactic acid dan salicylic acid terbukti efektif merontokkan sel mati pada permukaan kulit wajah, sehingga terjadilah pergantian dan pembentukan sel kulit baru yang lebih bercahaya.

Hanya saja, komponen acid yang bekerja sebagai pengelupas sangat mungkin menimbulkan iritasi. Untuk itu, kami menganjurkan Anda mencari serum yang mengombinasikan bentuk stabil dari salicylic acid dan resveratrol. Kedua campuran unsur ini akan menghilangkan kulit mati sekaligus menetralkan dan menenangkan kulit agar tidak terjadi iritasi. Pilih juga yang di dalamnya tinggi hyaluronic acid atau bahan pelembap lain agar terjadi pembasahan kulit untuk meminimalisir kekeringan.

Untuk Mencegah Tanda-tanda Penuaan, Pilihlah Serum yang Mengandung Fungsi Anti-aging

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab meningkatnya sensitivitas kulit adalah bertambahnya usia. Buat Anda yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, cobalah mencari serum yang diperkaya bahan untuk menekan efek aging.

Anda bisa mengutamakan produk yang tinggi kandungan ceramide untuk menutupi kebutuhan ceramide kulit yang berkurang akibat bertambahnya umur. Selain itu, serum yang mampu menghidrasi kulit secara intens juga dapat Anda pilih untuk membantu tingkatkan elastisitas kulit.

Jika Kulit Sensitif disertai Kering, Hindari Kandungan yang Memperparah Kondisi

Untuk Anda yang kulit sensitifnya disertai kekeringan, mengutamakan serum dengan bahan utama pelembap tinggi saja belumlah cukup. Sebisa mungkin hindari komposisi lain yang memperburuk kondisi wajah Anda yang kering.

Misalnya saja retinol, bahan ini memang terbukti ampuh sebagai anti-aging, namun retinol akan meninggalkan kekeringan parah karena dia bekerja sebagai chemical exfoliant.

Pilihlah yang Bebas dari Alkohol dan Zat Aditif Lainnya

Sebagus apa pun produk, rasanya kurang ideal bila kulit menerima stimulasi berlebih akibat keberadaan bahan-bahan iritatif. Alkohol adalah unsur yang perlu Anda hindari, atau setidaknya pilihlah serum dengan persentase alkohol sesedikit mungkin. Buang dulu sementara keinginan Anda menggunakan serum dengan tekstur yang ringan atau memberi efek segar karena mau tidak mau akan terlibat alkohol untuk mencapai keinginan tersebut.

Selain alkohol, zat aditif seperti pewarna atau pewangi sintetis juga perlu diperhatikan proporsinya agar tidak memberikan efek jangka panjang. Lalu, bahan pengawet seperti paraben adalah unsur  yang harus dihindari. Pengawet memang baik menjaga kualitas produk agar tidak cepat rusak, namun pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari paparan unsur pengawet sekurang mungkin.

Pastikan Teksturnya Terasa Nyaman ketika Diaplikasikan

Serum adalah produk yang akan bekerja optimal tatkala sudah meresap ke dalam lapisan kulit. Maka itu, upayakan memilih serum yang teksturnya mampu diserap kulit dengan baik. Daya penetrasi dari setiap serum bisa saja berbeda, sehingga Anda perlu memastikannya terlebih dahulu.

Biasanya produsen memanfaatkan alkohol untuk membantu meningkatkan daya penetrasi serum. Buat Anda yang ingin melakukan pembelian secara online, periksalah dulu review dari orang-orang yang telah menggunakan produk tersebut sebagai acuan Anda mengetahui segala hal terkait produk yang Anda inginkan. Hindari serum yang menggunakan alkohol untuk mengoptimalkan daya serapnya, ya!

Penting Memilih Serum dengan Daya Serap yang Optimal

Untuk mengetahui daya serap serum, tak ada jalan lain selain mencobanya sendiri. Tetapi, satu hal yang bisa dijadikan patokan adalah tekstur dasar dari serum tersebut. Umumnya tekstur serum terbagi menjadi gel, krim, losion, air, gel, dan lainnya. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, pilihlah serum dengan tekstur cair atau lotion yang lebih cepat diserap kulit sekaligus ramah dengan potensi iritasi yang rendah.

Apabila Anda membeli serum untuk tujuan utama mencegah kulit kering, cobalah serum bertekstur krim. Namun, serum dengan tekstur krim berdaya serap cukup lama karena lebih banyak mengandung minyak. Pilihlha tekstur serum yang paling nyaman di kulit Anda dengan mengecek pula bagaimana tingkat penyerapannya.

Lakukan Uji Coba untuk Mengetes Kecocokannya

Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah mengecek kecocokan serum untuk kulit sensitif Anda. Bila memungkinkan, pilihlah serum dari brand terpercaya yang menyediakan sample size atau trial kit untuk dicoba pengguna secara gratis. Bila sulit mendapati, Anda yang penasaran bisa membeli produk travel size-nya terlebih dulu. Lakukan pengujian selama beberapa hari untuk memutuskan apakah serum tersebut bisa diterima oleh kulit sensitif Anda.

Poin penting lain yang juga harus Anda ingat adalah memperkirakan budget yang perlu dikeluarkan untuk melakukan perawatan. Tidak akan maksimal jika pemakaian serum tidak dilakukan rutin setiap hari. Apalagi, serum memiliki nilai jual yang tidak murah, maka siapkanlah budget yang cukup untuk mengakomodasi kebutuhan Anda tanpa mengganggu cash flow bulanan Anda.

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif

Sekarang kami akan merekomendasikan sepuluh serum untuk kulit sensitif dari merek-merek ternama. Ingatlah kembali poin-poin penjelasan kami dalam bagian cara memilih produk sebelumnya guna menemukan serum paling tepat dan aman untuk kulit sensitif Anda. Selamat memilih!

1. Dr. Jart+ Cicapair Serum

Ampuh mengatasi kemerahan dan masalah kulit lainnya

Berbahan dasar ekstrak centella asiatica, Dr. Jart+ Cicapair Serum bekerja cepat mengatasi redness, peradangan, dan iritasi kulit. Centella asiatica sendiri merupakan tanaman obat yang mengandung saponin, flavonoid, phenolic acid, dan terpenoid. Zat-zat inilah yang disinyalir bermanfaat bagi kesehatan kulit karena dapat menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan dan kerusakan kulit, serta mencegah stretch mark sekaligus mengurangi selulit.

Selain mengatasi kemerahan di kulit, Dr. Jart+ Cicapair Serum juga ampuh menghilangkan jerawat membandel di wajah. Serum ini diformulasikan tanpa paraben, sulfat, dan phthalate, serta bebas dari aroma dan pewarna buatan yang artinya aman dipakai. Dengan kata lain, produk ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama mengobati kemerahan, jerawat, warna kulit tidak merata, dan blemish skin pada kulit sensitif.

Bahan utamaCentella asiatica extract, niacinamide, neem extract, houttuynia cordata extract, adenosine
Fungsi pencerah
Fungsi anti-aging
TeksturGel kental, cepat meresap
KeamananTanpa paraben, tanpa sulfat, tanpa alergen, tidak diuji pada hewan
Isi50 ml
Kisaran hargaRp420.000

2. Paula’s Choice Resist Super Antioxidant Concentrate Serum

Serum anti-aging dengan kandungan antioksidan

Paula’s Choice Resist Super Antioxidant Concentrate Serum merupakan produk serum anti-aging yang ampuh mencegah tanda penuaan serta menjadikan kulit lebih bersinar dan awet muda.. Serum ini menawarkan kandungan antioksidan yang berasal dari tumbuhan dan vitamin C.

Keberadaan vitamin C pada serum ini diklaim mampu bekerja sinergis untuk meremajakan dan mengencangkan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, serta mengembalikan hidrasi pada kulit kering yang rusak akibat sinar matahari. Buat Anda yang memerlukan serum untuk kulit sensitif dan kering, cobalah produk ini!

Bahan utamaDimethicone, tetrahexyldecyl sacorbate, ceramide NP, tocopherol, beta-glucan, glycine soja seed extract, glycerin
Fungsi pencerah
Fungsi anti-aging
TeksturCukup pekat
KeamananTanpa alkohol, tanpa paraben, tanpa sulfat, tanpa alergen, tidak diuji pada hewan
Isi30 ml
Kisaran hargaRp650.000

3. Purito Centella Unscented Serum

Solusi tepat mengatasi kulit super sensitif

Untuk Anda yang sering ragu mencoba berbagai serum karena kulit Anda yang sangat sensitif, Purito Centella Unscented Serum dapat menjadi pilihan tepat. Serum ini terbuat dari bahan-bahan yang sudah memenuhi verifikasi EWG (Environmental Working Group), sebuah organisasi bersifat nirlaba yang bertujuan melindungi kesehatan masyarakat.

Purito Centella Unscented Serum mengandung 49% ekstrak Centella asiatica berkonsentrasi tinggi yang memberikan efek regenerasi kulit dengan sangat baik. Kandungan niacinamide dan peptide di dalamnya mampu menenangkan kulit dan mengaktifkan lapisan pelindung kulit, menjadikan kulit lebih bercahaya, terhidrasi, dan terbebas dari keadaan sensitif.

Bahan utamaCentella asiatica extract, glycerin, niacinamide, ceramide NP, camellia sinensis leaf extract, adenosine
Fungsi pencerah
Fungsi anti-aging
TeksturWatery, mudah meresap
KeamananTanpa alkohol, tanpa paraben, tanpe PEG, tanpa mineral oil, tanpa minyak esensial, vegan
Isi60 ml
Kisaran hargaRp175.000

4. Krave Beauty Great Barrier Relief

Gabungan tiga jenis oil untuk perbaiki barrier kulit

Jika Anda mengalami masalah kulit sensitif disertai banyak noda bekas jerawat yang sulit dihilangkan, Krave Beauty Freat Barrier Relief adalah produk yang ideal untuk Anda. Sesuai namanya, serum ini dikenal ampuh memperbaiki lapisan kulit yang rusak akibat jerawat maupun dehidrasi.

Krave Beauty Freat Barrier Relief mengandung kombinasi tiga jenis oil, yaitu tamanu, rosehip, dan safflower oil. Serum ini pun diklaim secara spesifik dapat mengurangi kemerahan, bercak kering, hiperpigmentasi, dan cocok untuk yang sering kali sensitif terhadap banyak produk perawatan kulit.

Bahan utamaTamanu oil. safflower oil, roseship seed oil, ceramides, phytosterol, squalene, niacinami
Fungsi pencerah
Fungsi anti-aging
TeksturMirip losion
KeamananTanpa pewangi, tanpa minyak esensial
Isi45 ml
Kisaran hargaRp495.000

5. Bhumi Acid Complex Clearing Serum

Terbuat dari campuran komponen acids dan ekstrak alami

Bhumi Acid Complex Clearing Serum adalah serum untuk kulit sensitif dengan kombinasi acid dan bahan alami lainnya yang berfungsi membersihkan penyumbatan pori-pori, mengatasi inflamasi dan iritasi, mencerahkan, serta mempercepat proses penyembuhan pada kulit wajah.

Serum ini mengantongi berbagai kebaikan ekstrak tumbuhan, di antaranya Korean angelica extract, lotus leaf, green tea leaf, dan guava leaf yang dikenal ampuh melawan bakteri penyebab jerawat seperti Propionibacterium acnes dan Staphylococcus aureus. Ingin kulit bebas jerawat dan iritasi? Rawat saja dengan Bhumi Acid Complex Clearing Serum!

Bahan utamaSalicylic acid, borage oil, acnatu extracts, sprout GF extract
Fungsi pencerah
Fungsi anti-aging
TeksturCair
KeamananTidak disebutkan
Isi30 ml
Kisaran hargaRp291.000

6. Drunk Elephant T.L.C. FramboosTM Glycolic Night Serum

Tidak iritasi meski terjadi proses eksfoliasi

Drunk Elephant mengeluarkan serum yang berfungsi untuk membuat kulit lebih halus dan cerah, serta mengurangi bekas jerawat atau noda di wajah karena kandungan 12% AHA/BHA di dalamnya. Serum ini pun dilengkapi dengan ekstrak buah raspberryhorse chestnut, dan teh putih yang mampu membantu menenangkan kulit setelah proses pengangkatan sel kulit mati.

Drunk Elephant T.L.C. FramboosTM Glycolic Night Serum 100% bebas dari minyak atsiri, silikon, dan pewangi buatan. Hasil pengujian konsumen pun membuktikan sebagian besar merasakan efek langsung setelah memakainya, seperti kulit lebih halus, lembut, kencang, dan bercahaya. Serum ini cocok untuk semua tipe kulit termasuk kulit sensitif.

Bahan utamaTartaric acid, lactic acid, citric acid, glycolic acid, salicylic acid, raspberry fruit extract, cactus extract, horse chestnut, virgin marula oil
Fungsi pencerah
Fungsi anti-aging
TeksturCair
KeamananTanpa minyak esensial, tanpa pewangi buatan, tanpa silikon
Isi15 ml
Kisaran hargaRp895.000

7. Cosrx Centella Blemish Ampule

Serum wajah sensitif yang tidak bikin breakout

Cosrx Centella Blemish Ampule cocok untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat, berminyak, kombinasi, pori-pori besar, bekas jerawat, rentan merah, dan iritasi. Serum dengan kebaikan centella asiatica leaf water ini dikenal mampu melembutkan kulit, mengencangkan kulit, meningkatkan hidrasi, mencegah garis halus, menyamarkan pori-pori, serta menenangkan kulit akibat jerawat atau iritasi.

Cukup digunakan 1 – 2 secara rutin setiap hari, perubahan kulit ke arah lebih baik akan Anda rasakan sejak bulan pertama. Menariknya, Cosrx Centella Blemish Ampule tetap aman digunakan meski jerawat sedang meradang. Soal sensitivitas kulit, Anda tak perlu waswas karena produk serum yang rich ini akan membantu meningkatkan skin barrier.

Bahan utamaCentella asiatica leaf water
Fungsi pencerah
Fungsi anti-aging
TeksturGel ringan
KeamananHypoallergenic, teruji secara dermatologis, tanpa paraben, tanpa sulfat, tanpa phthalate, tanpa alkohol, tidak diuji pada hewan, vegan
Isi20 ml
Kisaran hargaRp265.000

8. La Roche-Posay Hyalu B5 Hyaluronic Acid Serum

Ingin serum dengan aroma fragrance yang tidak bikin alergi? Ini pilihannya!

Sesuai namanya, produk ini diperkaya hyaluronic acid yang bermanfaat untuk melembapkan kulit. Kemudian, La Roche-Posay melengkapinya dengan madecassoside, panthenol acid (vitamin B5), serta vitamin E dan asam sitrat yang berperan baik meredakan jerawat, meningkatkan hidrasi kulit, dan menyamarkan garis-garis halus.

Meskipun terdapat kandungan fragrance, serum ini memiliki kemungkinan kecil untuk menimbulkan reaksi alergi karena hanya ada dalam jumlah yang sangat sedikit.  La Roche-Posay Hyalu B5 Hyaluronic Acid Serum cocok untuk kulit Anda yang sedang mengalami dehidrasi dan sensitif, apapun tipe kulitnya.

Bahan utamaPure hyaluronic acid, vitamin B5, madecassoside
Fungsi pencerah
Fungsi anti-aging
TeksturCukup thick
KeamananTanpa sulfat, tanpa paraben, tanpa alergen
Isi30 ml
Kisaran hargaRp550.000

9. Pixi Hydrating Milky Serum

Mengombinasikan susu dan ekstrak lidah buaya untuk lembutkan kulit

Berbahan dasar air, ekstrak bunga mawar, gliserin, minyak jojoba, serta lidah buaya, Pixy Hydrating milky Serum berfungsi memberikan hidrasi pada kulit, mencerahkan, dan melembapkan kulit tanpa membuat wajah berminyak. Serum susu ini dikemas dalam botol tabung yang dilengkapi pipet tetes.

Pixi Hydrating Milky Serum juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan elastisitas pada wajah. Aromanya yang berbau bunga mawar segar dan tidak mengaggu. Serum ini cocok untuk semua tipe kulit baik normal, kombinasi, kering, maupun berminyak disertai kondisi sensitif.

Bahan utamaRose flower extract, jojoba oil, aloe vera extract, glycerin
Fungsi pencerah
Fungsi anti-aging
TeksturMilky
KeamananTanpa alkohol, tanpa paraben, tanpa silikon, tanpa sulfat, hypoallergenic, tidak diuji pada hewan
Isi30 ml
Kisaran hargaRp455.000

10. Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Serum Cream

Dibuat khusus mengatasi kulit sensitif yang berjerawat

Selain mudah ditemukan di minimarket terdekat, produk ini juga memiliki harga yang mudah dijangkau banyak orang. Garnier Pure Active Sensitive-Acne Serum Cream merupakan serum yang mengandung kombinasi dari oil control zinc dan ekstrak witch hazel yang diformulasikan khusus untuk mengatasi kulit berjerawat.

Selain efektif mengatasi kulit berjerawat, Garnier Pure Active Sensitive-Acne Serum Cream ini juga mampu melembutkan kulit, mengecilkan pori-pori,  menjaga kelembapan kulit hingga 24 jam, dan lebih istimewanya lagi, serum ini tidak terasa lengket sehingga nyaman dipakai.

Bahan utamaPurifying zinc, witch hazel extract, salicylic acid, salix alba (willow) extract, tocopherol (vitamin E)
Fungsi pencerah
Fungsi anti-aging
TeksturKrim, ringan
KeamananTanpa paraben, tanpa sulfat, hypoallergenic
Isi30 ml
Kisaran hargaRp45.000

Lihat juga rekomendasi sabun muka dan toner terbaik untuk kulit sensitif di sini!

Pada artikel lain, kami menyiapkan produk sabun muka yang cocok untuk kulit sensitif. Selain sabun muka, toner wajah juga kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki tipe kulit sensitif. Klik tautan berikut untuk membaca lebih lengkap!

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Sensitif
10 Rekomendasi Face Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif

Kesimpulan

Mengatasi kulit sensitif yang rewel memang tidak mudah. Untungnya, beberapa produsen merancang serum secara khusus untuk kebutuhan orang-orang dengan kulit sensitif. Jadi, bagaimana pendapat Anda tentang list serum untuk kulit sensitif terbaik pilihan kami di atas? Kami harap Anda telah menemukan produk sesuai kebutuhan kulit Anda!

Karena penggunaan serum bukan sehari dua hari, menyiapkan budget cukup besar akan membantu Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Yang tidak kalah penting lagi, pastikan serum pilihan Anda cocok. Oleh karena itu, agar tidak keliru memilih produk, sebaiknya Anda beli serum berkemasan trial kit atau sample. Selamat merawat kulit sensitif Anda!

(Visited 24.806 times, 19 visits today)