Written by 01:34 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik

Buat Anda yang berkulit kusam dan ingin membuat kulit cerah, gunakanlah whitening body lotion secara rutin. Selain memutihkan kulit, whitening body lotion dilengkapi bahan pelembap untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Anda juga terbebas dari kulit gelap akibat pigmentasi berkat fitur UV protection pada sejumlah produk.

Ada banyak pilihan whitening body lotion dari brand-brand seperti Scentio, Hanasui, Nivea, Kojie San, dan lainnya. Agar tidak salah pilih, kami akan menjelaskan poin-poin pemilihan dan tak lupa, sepuluh whitening body lotion terbaik juga kami rekomendasikan untuk Anda. Ayo ciptakan tampilan kulit putih berseri Anda sekarang!

Cara Memilih Whitening Body Lotion

Whitening body lotion adalah losion khusus yang diolah dari campuran beberapa formula pencerah kulit. Selain formula bahan pemutih, sebuah produk akan lebih efektif memberikan hasil bilamana tercantum komposisi pelembap cukup tinggi beserta dilengkapi kemampuan perlindungan kulit dari sinar UV.

Penggunaan yang tepat tidak sekadar membuat kulit Anda satu-dua tingkat lebih cerah, tetapi kulit yang sehat, lembap, dan ternutrisi juga terealisasikan. Oleh karena itu, pertama-tama Anda mesti paham poin penting apa saja untuk diperhatikan ketika membeli whitening body lotion. Berikut penjelasannya!

Pastikan Mengandung Komponen yang Efektif Memutihkan Kulit

Untuk mendapatkan kulit putih dan tampak sehat, produsen mengombinasikan berbagai bahan utama dengan peran skin brightening atau skin whitening. Kandungan pemutih pada whitening body lotion cukup beragam. Namun paling tidak, sebuah produk menggunakan bahan-bahan pemutih umum seperti:

  • Arbutin. Komponen pencerah ini diperoleh dari buah-buahan berry seperti cranberry atau blueberry. Arbutin dapat memudarkan pigmentasi akibat produksi melanin berlebih dengan kinerja yang dinilai lebih aman untuk kulit.
  • Kojic Acid. Tak hanya terkenal akan kemampuannya memutihkan kulit, kojic acid diketahui tinggi akan antioksidan yang bermanfaat melindungi kulit dari radikal bebas. Kojic acid juga bagus sebagai pemeliharaan sel kulit sehat.
  • Glutathione. Unsur dengan kandungan antioksidan powerful untuk mengembalikan kecerahan sel kulit gelap akibat paparan kuat sinar ultraviolet.
  • Niacinamide (Vitamin B3). Dikenal ampuh meningkatkan elastisitas kulit, meratakan rona kulit, dan mengembalikan tekstur serta warna cerah kulit yang rusak akibat akulumasi efek dari berbagai faktor.

Selain keempat bahan pemutih di atas, Anda akan menemukan whitening body lotion berkandungan bahan pemutih lain seperti placenta extract, hydroquinone, linoleic acid, astaxanthin, collagen, pro-retinol, vitamin C, dan masih banyak lagi. Bacalah selalu komposisi produk tatkala membeli whitening body lotion, kemudian perhatikan bahan pencerah utama yang digunakan untuk mengetahui efektivitasnya terhadap hasil.

Pastikan Memiliki Kandungan Pelembap yang Tinggi

Poin penting lain saat memilih whitening body lotion adalah memeriksa keberadaan kandungan pelembap di dalam suatu produk. Anda harus selalu memelihara kelembapan kulit. Alasannya, kulit yang kering sangat rentan terekspos dampak buruk dari luar. Tak hanya itu, terkadang kekeringan yang parah membuat kelenjar minyak memproduksi sebum berlebih, sehingga pori-pori terbuka dan menjadi ruang simpan kotoran maupun polutan lain yang merusak kulit.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda gunakan whitening body lotion berdaya pelembap tinggi. Bahan-bahan yang bagus dalam melembapkan kulit di antaranya ada kolagen, glycerin, hyaluronic acid, tocopheryl acetate atau vitamin E, propylene glycol, arginine, squalene, dan ceramide. Biasanya produsen juga melengkapi zat pengikat kelembapan seperti mannitol agar efek melembapkannya bertahan lama.

Pilih yang Mampu Melindungi Kulit dari Terpaan Sinar Matahari

Body lotion dengan kandungan SPF dan PA dapat melindungi kulit Anda dari pengaruh buruk sengatan sinar UV. Apabila aktivitas harian Anda lebih banyak dihabiskan di luar ruangan yang terekspos langsung oleh sinar matahari, sebaiknya Anda aplikasikan whitening body lotion berformula UV protector.

Teksturnya mungkin sedikit lebih padat, namun Anda bisa lebih tenang sebab kulit terproteksi lebih baik agar terhindar dari hiperpigmentasi. Selain itu, produk dengan nilai SPF/PA tinggi bertindak sebagai alternatif tabir surya. Jadi, Anda tak harus mengoleskan banyak produk ke kulit yang justru menimbulkan kesan lengket dan greasy.

Pastikan Keamanannya saat Diaplikasikan ke Area Kulit Sensitif

Sejumlah bagian tubuh berkulit sensitif sehingga Anda perlu memastikan whitening body lotion yang dibeli aman untuk kulit sensitif. Area seperti bikini shape atau daerah yang kulitnya tipis dan lembut dapat lebih reaktif dibandingkan area kulit terbuka lainnya.

Whitening body lotion dengan formula yang minim dapat Anda jadikan pilihan bila ingin mengaplikasikan losion hingga ke area sensitif. Kami juga merekomendasikan Anda untuk sebisa mungkin memilih produk yang tidak mengandung zat aditif supaya aman Anda gunakan ke bagian-bagian tubuh yang lebih sensitif maupun area lain.

Periksa Konsistensi beserta Tekstur Losionnya

Tergantung bagaimana suatu produk, maka tekstur whitening body lotion juga berbeda-beda. Produk yang masuk kategori minimal ingredients mungkin terasa lebih mild dari segi tekstur, sehingga ringan dan mudah diratakan, namun manfaat yang ditawarkan boleh jadi lebih sedikit.

Sebaliknya, whitening body lotion yang teksturnya cukup padat dan bahkan terasa oily akan cocok untuk Anda yang berkulit kering. Produk ini mampu melembapkan kulit secara intensif, tetapi Anda mesti menunggu beberapa saat losion menyatu ke kulit sebelum Anda beraktivitas ke luar rumah.

Apabila Terdapat Aroma, Pilih yang Tidak Menyengat

Ada banyak hal yang disukai orang dari penggunaan body lotion, salah satunya aroma. Tentu lebih menyenangkan jika Anda beraktivitas ditemani body lotion dengan aroma favorit. Namun, sulitnya mengetahui aroma produk sebelum mencobanya langsung mengharuskan Anda waspada terhadap aroma yang tidak disuka, apalagi begitu kuat dan menyengat saat terhirup.

Untuk mengetahui aroma whitening body lotion, Anda bisa membaca ulasan pengguna pada official website maupun blog review. Pilihlah aroma body lotion yang tidak menyengat. Anda dapat mendapatkan efek relaksasi dari aroma floral, atau gunakan aroma fruity yang menyengarkan bila ingin menjaga mood selama berkegiatan.

Pertimbangkan Memilih Kemasan yang Travel Friendly

Body lotion biasanya dikemas dalam botol bertutup flip top dan pump atau kemasan tube yang tergolong praktis. Bila Anda membeli body lotion yang tinggi kandungan pelembap karena sehari-hari banyak beraktivitas di ruangan bersuhu rendah, seperti ruangan ber-AC, kami menyarankan agar Anda memilih produk berkemasan travel friendly.

Begitu pun bagi Anda yang akan mengaplikasikan body lotion berulang, seperti saat berenang dan membawa body lotion berkandungan SPF, pastinya akan lebih praktis jika kemasan produk mudah dibawa. Perhatikan aspek mobility bila Anda akan mengoleskan body lotion di luar rumah! Pastikan produknya bukan bertutup pompa serta ukuran botol/tube-nya ideal untuk disimpan di dalam tas.

Periksa Keamanan dan Izin Edar dari Lembaga Resmi

Produk topikal seperti body lotion digolongkan sebagai produk kosmetik. Sudah menjadi tugas BPOM melakukan pengawasan terhadap obat dan makanan yang beredar di Indonesia. Sementara di Amerika Serikat ada lembaga serupa BPOM, misalnya Food and Drug Administration (FDA), atau European Medicines Agency di Uni Eropa.

Dibentuknya lembaga-lembaga ini memudahkan pengguna yang notabene masyarakat memilih produk yang terjamin aman. Anda sebaiknya mengutamakan body lotion yang telah mendapatkan izin edar sekaligus pengecekan formula dari lembaga berwenang seperti yang tersebut di atas. Untuk memeriksa izin edar produk di Indonesia, Anda dapat menelusuri nama produk, merek dagang, atau nomor registrasi produk pada situs resmi BPOM → https://cekbpom.pom.go.id/.

10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik

Setelah memahami poin-poin pemilihan body lotion untuk memutihkan kulit, berikut kami rekomendasikan produk terbaiknya! Pilihlah whitening body lotion dengan kualitas, formula, serta fungsi paling tepat dan sesuai kebutuhan Anda. Siap wujudkan kulit cerah berseri dambaan Anda selama ini? Ayo terapkan daily skin treatment bersama losion pemutih pilihan Anda!

1. Vaseline Healthy White UV Lightening Lotion

Kandungan vitamin B3 dan Triple Sunscreen untuk kulit cerah terlindungi

Paparan sinar matahari terus menerus dapat mempercepat terbentuknya melanin yang akan membuat kulit Anda tampak kusam. Kandungan vitamin B3 dalam Vaseline Healthy White UV Lightening Lotion ini bekerja sangat baik menghambat produksi melanin. Alhasil, kulit sehat, cerah, dan bercahaya bukan lagi sekadar harapan. Belum berhenti, kelembapan kulit pun senantiasa terjaga berkat kebaikan glycerin yang ikut tercatut di dalamnya.

Lotion dengan wangi lembut ini sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari karena aksi Triple Sunscreens-nya mampu mencegah penggelapan kulit akibat terpapar sinar UV. Selain itu, lotion ini memiliki tekstur yang ringan sehingga kebaikan di dalamnya dapat langsung meresap cepat ke dalam kulit Anda tanpa meninggalkan rasa lengket! Siap mendapatkan kulit cerah bercahaya?

Komponen pemutihVitamin B3 (niacinamide)
Kandungan pelembapGlycerin, tocopheryl acetate
Pelindung sinar UV
KeamananBPOM
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp25.450

2. Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion – Charming

Body lotion dengan efek tone up untuk kulit cerah seketika

Ingin kulit Anda tampak cerah sejak pemakaian pertama? Produk ini akan menjadi pilihan yang tepat! Formula tone up dalam whitening body lotion Scarlett ini mampu memperlihatkan kulit lebih cerah seketika. Bukan hanya ceat, tetapi kecerahan yang terpancar dari kulit Anda bertahan lama!

Dengan keharuman yang cukup kuat, Anda penyuka wewangian lembut mungkin perlu mencocokannya terlebih dahulu. Diklaim harum yang terhasilkan dapat menempel di tubuh seharian, bahkan setelah terkena air! Oleh karena tidak mengandung SPF sebagai perlindungan dari sinar UV, body lotion ini sebaiknya digunakan untuk aktivitas indoor atau saat malam hari.

Komponen pemutihGlutathione
Kandungan pelembapVitamin E
Pelindung sinar UV
KeamananBPOM
Ukuran300 mL
Kisaran hargaRp75.000

3. Scentio Whitening Body Lotion Co-Enzyme Q10

Lotion whitening dengan kebaikan susu dan Co-Enzyme Q10

Diperkaya ekstrak bioactive milk protein, body lotion ini menyimpan segudang manfaat untuk memberikan kulit lembut dan cerah merata. Selain itu, kandungan kunci berupa bahan aktif Co-Enzyme Q10 begitu optimal melawan tanda-tanda penuaan. Komponen dasar tersebut juga efektif melindungi kulit dari kerusakan yang ditimbulkan sinar UV.

Untuk pemilik kulit kering, body lotion ini layak dicantumkan ke wishlist! Protein susunya membangun kelembapan maksimal dengan feel ringan, sehingga kulit tidak terasa lengket setelahnya. Selain itu, Co-Enzyme Q10 juga memberikan perlindungan terhadap radikal bebas 50 kali lebih baik dari vitamin E!

Komponen pemutihCo-Enzyme Q10, bioactive milk protein
Kandungan pelembapTocopherol (vitamin E), propylene glycol
Pelindung sinar UV
KeamananTidak dicantumkan
Ukuran400 mL
Kisaran hargaRp145.000

4. Hanasui Brightening Perfume Body Lotion – Paris

Body lotion untuk Anda yang aktif dan dinamis

Mengutamakan komposisi vitamin B3 dan keharuman parfum eksklusif yang tahan lama, body lotion ini merupakan teman terbaik Anda menjalani hari-hari padat. Hanasui turut menyertakan UVA + UVB protection, Anda pun tak perlu khawatir saat beraktivitas di bawah terik sinar matahari.

Romantisme kota Paris tercermin pada kemasan tube-nya, menjadi produk ini tampak trendy dan modern. Selain itu, Anda semakin mudah melakukan penyimpanan, entahkah ke dalam tas atau makeup storage di kamar. Tekstur losionnya yang lembut, mudah meresap, dan tidak meninggalkan rasa lengket di kulit menambah deretan nilai positif produk ini!

Komponen pemutihNiacinamide (vitamin B3)
Kandungan pelembapGlycerin
Pelindung sinar UV
KeamananBPOM
Ukuran180 mL
Kisaran hargaRp24.000

5. Nivea Extra White Repair & Protect Body Lotion

Kandungan 40x vitamin C untuk kulit cerah maksimal

Vitamin C terkenal akan keampuhannya dalam mencerahkan kulit. Dalam body lotion keluaran Nivea satu ini, Anda akan mendapatkan khasiat 40x vitamin C dari ekstrak camu-camu berry. Formulanya juga diperkaya kandungan Double UV Protection sebagai perisai untuk melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari.

Dengan tekstur yang sedikit cair menjadikannya cepat terserap oleh kulit. Body lotion ini diklaim mampu membebaskan kulit dari 10 tanda kerusakan, di antaranya kulit kusam, terasa kering, terdapat bintik hitam, dan masih banyak lagi. Jadi, bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat vitamin C dalam body care Anda, jangan lewatkan produk unggulan Nivea ini!

Komponen pemutihVitamin C, licorice extract
Kandungan pelembapGlycerin, propylene glycol
Pelindung sinar UV✔ | SPF 15
KeamananBPOM
Ukuran400 mL
Kisaran hargaRp42.500

6. Marina Hand & Body Lotion UV White E Collagen Asta

Alternatif body lotion terjangkau dengan banyak manfaat

Anda yang tengah bingung mencari produk whitening body lotion dengan harga miring, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada produk keluaran Marina berikut ini. Sensasi losion halus beserta butiran-butiran vitamin E membantu suplai nutrisi yang baik untuk kulit. Formula Triple UV Protection-nya juga akan menangkal efek buruk sinar UV yang menggelapkan kulit.

Body lotion pencerah ini mengantongi komponen bernama Bio-Whitening Complex, yaitu paduan vitamin B3 dan vitamin E, kolagen, serta red algae sebagai sumber astaxantin yang diklaim mampu mencerahkan kulit 6000x lebih baik dari vitamin C! Tak tanggung-tanggung, produk dengan harga terjangkau ini juga dinilai ampuh meningkaktan kecerahan kulit Anda agar semakin merata dan terasa kenyal.

Komponen pemutihAstaxanthin, collagen
Kandungan pelembapVitamin E
Pelindung sinar UV
KeamananBPOM
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp13.500

7. Vaseline Healthy White Perfect 10 Hand & Body Lotion

Satu lotion untuk kulit cerah, halus, dan awet muda

Vaseline menghadirkan manfaat bahan aktif premium seperti AHA dan Pro-Retinol ke dalam produk body care ini yang sanggup memelihara keremajaan kulit. Tak cuma itu, vitamin B3 yang tersemat memungkinkan kulit Anda beberapa tingkat lebih cerah dan ternutrisi. Uniknya lagi, gabungan dari 3 bahan aktif ini menjadikan body lotion ini menghadirkan 10 manfaat sekaligus!

Rona kulit tidak rata serta kemunculan nota hitam mampu ditangani oleh Vaseline Healthy White Perfect 10 Hand & Body Lotion. Apabila Anda mengharapkan kulit kencang, bebas kerut, dan terasa lembap, produk berikut memampukannya! Dukungan formulanya cepat serapnya semakin nyaman. Anda pun menerima perlindungan sinar UVA dan UVB ketika digunakan pagi maupun siang hari.

Komponen pemutihNiacinamide (vitamin B3), AHA, Pro-Retinol, sodium ascorbyl phosphate
Kandungan pelembapGlycerin, retinyl palmitate (vitamin A)
Pelindung sinar UV
KeamananBPOM
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp35.300

8. Citra Pearly White UV Hand & Body Lotion

Produk lokal dengan kebaikan alami bubuk mutiara Korea

Varian body loiton Citra ini diperkaya kandungan 100% natural essence mutiara Korea dan vitamin B3 yang berperan dalam mencerahkan kulit, serta membuat kulit terlihat bening seperti wanita Korea. Ekstrak mulberry yang ikut serta tinggi akan vitamin C dan E, menjadikan Anda semakin puas dengan sensasi kulit lembap dan bercahaya.

Tak sebatas memberikan perawatan terhadap kulit, Citra Pearly White UV Hand & Body Lotion juga menyediakan fungsi perlindungan dari efek buruk sinar UV dan radikal bebas. Anda yang memerlukan whitening body lotion bersertifikat halal bisa memilih salah satu produk best seller dari Citra ini.

Komponen pemutihNiacinamide (vitamin B3), bubuk mutiara dari Korea, ekstrak mulberry (vitamin C)
Kandungan pelembapVitamin E, glyceryl stearate
Pelindung sinar UV
KeamananBPOM
Ukuran120 mL
Kisaran hargaRp12.300

9. Kojie San Body Lightening Lotion

Memadukan bermacam bahan alami tanpa campuran merkuri

Beberapa orang lebih memilih produk yang mengandung bahan alami untuk body care-nya. Apakah Anda termasuk? Jika iya, produk ini wajib Anda coba! Dengan memadukan kojic acid dan rose hip bersama kolagen dan vitamin E, Kojie San Body Lightening Lotion menjanjikan Anda kulit awet muda, cerah, dan sehat. Produk ini dipastikan aman tanpa kandungan merkuri dan bahan-bahan berbahaya lain.

Warnanya pekat dengan tekstur sedikit cair membuatnya sangat mudah diratakan dan tentunya anti lengket. Soal aroma, body lotion ini menawarkan keharuman yang ringan dan lembut. Meski begitu, wanginya mampu bertahan cukup lama di kulit Anda, lho! Buat menemani kegiatan Anda di luar rumah tengah hari pun, body lotion ini cocok digunakan sebab telah dilengkapi SPF 25.

Komponen pemutihKojic acid, collagen
Kandungan pelembapGlyceryl stearate, mannitol, arginine, tocopheryl acetate (vitamin E)
Pelindung sinar UV✔ | SPF 25
KeamananBPOM
Ukuran100 g
Kisaran hargaRp63.000

10. Satto Hand and Body Whitening Goat Milk Triple Moisturizer

Kebaikan ekstrak susu kambing untuk merawat kulit Anda

Bagi Anda pemilik kulit kering dan mengalami dehidrasi, produk ini dapat menjadi alternatif terbaik! Body lotion berbahan dasar ekstrak susu kambing ini diperkaya vitamin C dan vitamin E yang akan memberikan kelembapan ekstra sekaligus mencerahkan dan melembutkan kulit Anda. Oleh karena bertekstur  creamy, produk ini akan lebih optimal diaplikasikan sehabis mandi saat kulit dalam keadaan lembap.

Namun, Satto Hand & Body Whitening Goat Milk Triple Moisturizer menghasilkan aroma susu kambing cukup kuat. Ingat poin tersebut, khususnya untuk Anda yang tidak menyukai aroma susu. Walau demikian, soal keamanan produk asal Jepang ini telah dikukuhkan oleh sertifikasi BPOM dengan  nomor registrasi NA18160104239.

Komponen pemutihEkstrak susu kambing, vitamin C
Kandungan pelembapVitamin E
Pelindung sinar UV
KeamananBPOM
Ukuran200 mL
Kisaran hargaRp86.000

Lihat juga rekomendasi produk body lotion terbaik lainnya di sini!

Kulit bayi yang tipis perlu dijaga agar senantiasa lembap dan terawat. Anda sebaiknya menggunakan body lotion untuk bayi karena formulanya lebih ramah untuk kulit bayi.

Bagi Anda yang mengalami masalah kulit kering, kami sarankan untuk rajin mengoleskan body lotion yang didesain khusus untuk kulit kering. Anda bisa menemukan body lotion sesuai kebutuhan kulit atau usia Anda di sini!

10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik
10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik untuk Kulit Kering
10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik untuk Bayi

Kesimpulan

Apabila diaplikasikan dengan teratur, whitening body lotion akan mengubah kecerahan skin tone kulit Anda dari hari ke hari. Produk yang dibekali kekayaan pelembap dan pelindung sinar UV memungkinkan hasil yang dijanjikan terasa lebih cepat. Walau demikian, Anda tetap butuh menerapkan pola hidup sehat untuk memelihara kesehatan kulit.

Jadi, bagaimana tanggapan Anda mengenai whitening body lotion yang telah kami cantumkan di atas? Sepuluh produk terbaik tersebut telah dibuktikan oleh banyak sekali orang Indonesia. Akan tetapi, dikarenakan setiap orang mengalami kondisi kulit dan kebutuhan yang berbeda, pastikan Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Selamat berbelanja!

(Visited 652 times, 12 visits today)