Written by 17:29 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik

Body lotion adalah pelembap tubuh yang dibalurkan dengan telapak tangan, kuas, kain bersih, atau kapas. Bukan cuma memberikan kelembapan, pemakaian rutin body lotion membuat kulit terasa halus dan lembut. Body lotion tidak selalu digunakan oleh wanita, tetapi pria, bayi, dan anak-anak dapat pula menggunakannya. Pilihan body lotion di pasaran yang begitu banyak mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat.

Memahami kesulitan Anda, kami akan merekomendasikan body lotion terbaik melalui tulisan ini. Berbagai merek body lotion akan tersaji, mulai dari Nivea, Citra, Cetaphil, Buds Organic, dan lain-lain. Pilihlah produk yang paling seusai kebutuhan Anda. Untuk anak-anak, bayi, dan para pria bisa menemukan body lotion yang cocok di sini. Selamat membaca!

Memahami Bedanya Body Lotion dengan Body Cream, Butter, dan Milk


Kami akan menjelaskan terlebih dahulu perbedaan antara body lotion dengan body cream, body butter, dan body milk.

  • Body Lotion. Dari segi tekstur, body lotion termasuk paling cair dibandingkan body cream dan body butter. Daya serap body lotion lebih tinggi daripada kedua produk tersebut. Body lotion sangat tepat dipakai untuk melembapkan kulit kering dan sensitif.
  • Body Cream. Bertekstur lebih pekat dari body lotion. Body cream mengandung minyak sehingga penggunaannya lebih ideal untuk kulit sangat kering, misalnya area tangan dan kaki. Untuk menjaga kelembapan kulit di lokasi dingin seperti ruangan ber-AC, body lotion dan body cream bisa diandalkan.
  • Body Butter. Bertekstur lebih kental menyerupai margarin. Body butter lebih cocok dioleskan ke bagian tubuh sangat kering semisal siku, lutut, dan tumit. Body butter mengandung minyak cukup tinggi, sehingga pemakaiannya dianjurkan di malam hari.
  • Body Milk. Lebih cair dari ketiga produk sebelumnya, body milk berpenetrasi paling cepat ke dalam kulit karena bertekstur paling ringan. Sesuai namanya, body milk tersusun dari susu yang diperuntukkan melembutkan, menghaluskan, dan melembapkan kulit.

Cara Memilih Body Lotion

Usai memahami perbedaan di antara masing-masing produk pelembap tubuh di atas, berikutnya akan kami sertakan cara memilih body lotion. Selain digunakan ke area badan, beberapa produk juga bisa digunakan ke wajah. Lalu, body lotion untuk anak-anak, bayi, dan pria memiliki karakteristik berbeda. Maka, pilihlah produk losion sesuai keperluan Anda.

Cermati Kemampuan Melembapkannya sesuai Jenis Kulit

Udara dingin dan cuaca panas berisiko membuat kulit kering. Body lotion merupakan produk penyelamat yang praktis digunakan. Namun sayangnya, tidak semua body lotion memberikan efek melembapkan optimal. Kemampuan merehidrasi kulit menjadi aspek yang harus Anda pertimbangkan. Oleh karena itu, carilah body lotion yang berperan baik merehidrasi lapisan epidermis.

Body lotion menyuguhkan level hidrasi yang baik melalui humectant moisturizer agents. Beberapa kandungan yang umum digunakan adalah glycerin, urea, vitamin E, hyaluronic acid, dan aloe vera (sebagai properti antiperadangan). Tak hanya itu, sejumlah produk mengandalkan ekstrak madu, shea butter, mango oil, dan cocoa butter sebagai agen pelembapnya.

Bagi Anda yang mempunyai kulit kering, utamakanlah body lotion berkandungan hyaluronic acid dan dimethicone untuk membantu kulit tetap terhidrasi. Komponen lain berupa glycerin, proteins, propylene glycol, dan urea ikut menarik kelembapan ke kulit. Sementara lanolin, mineral oil, dan petrolatum akan mengunci kelembapan lebih kuat, sehingga kulit pun tak mudah bersisik.

Jika Ingin, Pilihlah yang Dilengkapi Sun Protector dan Antioksidan

Rasanya akan lebih optimal bilamana body lotion dibekali agen pelindung matahari. Kabar baiknya, sudah banyak merek body lotion dengan SPF dan PA di pasaran. SPF adalah komponen yang bekerja melawan efek buruk dari sinar UVB, sementara PA bertindak menangkal reaksi penuaan (aging) akibat sinar UVA. Menggunakan body lotion berkandungan tabir surya memberikan perlindungan lebih, Anda pun tak harus mengenakan sunscreen lagi setelahnya.

Untuk aktivitas sehari-hari, nilai SPF 30 sudah cukup melindungi kulit dari sinar matahari. Selain mengandung sun protector, body lotion akan semakin bagus bila mengandung bahan penghasil antioksidan, misalnya green tea, pomegranate, chamomile, atau licorice root extract. Kandungan antioksidan akan memberikan penampilan kulit fresh dan healthy. Di sisi lain, antioksidan berperan aktif menetralisir radikal bebas yang merusak sel-sel kulit.

Supaya Lebih Praktis, Carilah Body Lotion yang Bisa untuk Wajah

Meskipun dinamakan body lotion, Anda akan menemukan produk yang boleh digunakan ke bagian wajah. Produk semacam ini dianggap lebih praktis karena Anda bisa menjaga kelembapan tak hanya ke area tangan, kaki, dan leher, namun lebih menyeluruh hingga ke area wajah.

Perhatikanlah keamanan body lotion saat ingin dibalurkan ke wajah Anda. Hal ini dikarenakan kondisi kulit wajah berbeda dengan kulit tubuh lainnya. Pastikan body lotion aman untuk wajah, misalnya bebas dari bahan-bahan iritatif yang akan menyebabkan breakout. Supaya tidak memakan banyak waktu, carilah label yang menerangkan aman tidaknya produk tersebut dioleskan ke wajah.

Untuk Kulit Sensitif dan Gatal, Pilihlah yang Hypoallergenic dan Fragrance-Free

Punya kulit rentan memerah memang mengganggu. Lebih selektiflah memilih body lotion untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Kami menganjurkan produk yang mencantumkan keterangan “hypoallergenic” untuk meminimalisir terjadinya breakout.

Di tempat lain, body lotion tanpa pengharum atau fragrance-free perlu juga dipertimbangkan. Potensi iritasi semakin besar jika terdapat bahan-bahan tersebut. Bagi Anda yang menghadapi permasalahan kulit gatal atau eksem, body lotion berlabel hypoallergenic tetap bisa digunakan.

Namun, apabila ingin menghilangkan rasa gatal yang timbul, carilah produk losion badan berkandungan 1% hydrocortisone selama 1 minggu. Para penderita eksem sebaiknya memilih body lotion berkomposisikan petrolatum karena berkelambapan tinggi, cocok untuk menjaga kulit tetap kenyal dan mengurangi tampilan retak di permukaan kulit.

Untuk Wanita, Pilihlah yang beraroma Lembut untuk Efek Relaksasi

Kebanyakan wanita cenderung menggemari produk­-produk beraroma lembut. Jika Anda salah satu wanita penyuka wewangian lembut, body lotion dengan aroma buah segar atau harum bunga tepat dipilih. Body lotion beraroma floral memberikan perasaan tenang (relaxation effect).

Pilihan aromanya pun cukup banyak sehingga Anda lebih leluasa memilihnya. Namun, perlu kami ingatkan agar tidak memilih body lotion yang wanginya terlalu menyengat. Selain itu, pilih juga aroma yang mendekati wangi parfum Anda agar sewaktu-waktu tubuh Anda bisa tetap memancarkan keharuman menggoda meski tidak sedang mengenakan parfum.

Untuk Pria, Lebih Cocok dengan Produk tanpa Aroma

Bukan hal baru bagi pria mulai memperhatikan penampilan kulitnya. Bagi Anda seorang pria, tentunya tingkat kepercayaan diri semakin tinggi bilamana kulit terlihat sehat dan bersih. Body lotion merupakan produk yang bisa juga Anda percayakan. Semua produk sebenarnya ideal digunakan untuk wanita ataupun pria, namun lebih disarankan untuk pria agar memilih body lotion beraroma menyegarkan.

Buah-buahan citrus umumnya lebih fit dengan tubuh pria. Jika Anda kurang menyukai scented product, masih ada pilihan body lotion tanpa aroma. Produk body lotion semacam ini umumnya dipilih oleh pria yang ingin menonjolkan pancaran aroma dari parfum yang digunakan.

Untuk Anak-anak dan Bayi, Pilihlah Produk berbahan Organik tanpa Komponen Iritatif

Kulit bayi dan anak yang sensitif tidak bisa dipakaikan sembarang produk. Anda perlu memastikan absennya bahan aditif atau pengharum buatan agar tidak menimbulkan ruam pada kulit mereka. Beberapa merek, contohnya Buds Organic, merilis body lotion khusus untuk bayi.

Body lotion untuk anak dan bayi juga aman dipakai pada kulit orang dewasa yang sensitif. Produk ini umumnya dirancang bebas aroma, sedikit ingredients,  dan telah teruji klinis dapat digunakan oleh segala umur. Bila Anda tidak mengalami masalah kulit apa pun dan hanya ingin menjaga kelembapannya saja, lebih baik membeli body lotion organik agar bisa dipakai bersama seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak.

10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik

Di bagian ini, kami telah menyiapkan body lotion terbaik dari berbagai merek. Pilihlah produk yang bukan hanya cocok untuk kulit Anda, tetapi juga aman dipakai jangka panjang. Beberapa produk diperuntukkan khusus untuk bayi dan anak-anak, sehingga cocok pula dipakai oleh Anda yang mempunyai kulit sensitif. Selamat memilih!

1. Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion

Tidak mengandung minyak dan bebas aroma, aman pula untuk kulit sensitif

Ingin menjaga kelembapan kulit hingga berjam-jam lamanya? Percayakan kepada Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion. Muncul dengan highlight produk  “Hydrating for Hours”, produk ini diklaim sanggup melembapkan selama 24 jam. Pengujian klinis menghasilkan bukti atas klaim tersebut berkat kombinasi 5 bahan unik bernama Epidermal Replenishing Complex (ERC).

Cetaphil menghadirkan body lotion ini untuk pengguna dengan kulit normal dan kering. Tekstur cepat menyerap ke lapisan epidermis menghemat waktu penggunaan, Anda pun bisa langsung beraktivitas tanpa menunggu lebih lama lagi. Bukan hanya ideal untuk kulit normal dan kering, body lotion tanpa minyak dan bebas aroma ini aman juga untuk kulit sensitif.

Kandungan utamaPanthenol, citric acid, tocopheryl acetate (vitamin E), sodium PCA, glycerin
Sun protector
Aman untuk kulit sensitif
Aman untuk anak-anak dan bayiTidak ada keterangan
AromaBebas aroma
Ukuran85 g
Kisaran hargaRp167.200

2. Vaseline® Healthy White™ UV Lightening Lotion

Buat kulit cerah dan terlindungi, serahkan pada produk Vaseline ini!

Vaseline menginginkan setiap wanita tampil percaya diri dengan penampilan tekstur kulit lembut dan kenyal. Tak hanya itu, keberadaan vitamin B3 alami dan Triple Sunscreen di dalam body lotion ini berkhasiat melindungi dan menjaga kulit agar terlihat cerah dan bersinar.

Kinerja vitamin B3 dalam menghambat pembentukan melanin sanggup menyamarkan bintik-bintik gelap akibat sinar matahari. Sementara Triple Sunscreen-nya memastikan setiap pengguna lebih terlindungi kulitnya dari paparan ultraviolet dan polutan yang merusak kulit.

Kandungan utamaVitamin B3 alami
Sun protector
Aman untuk kulit sensitifTidak ada keterangan
Aman untuk anak-anak dan bayiTidak ada keterangan
AromaWangi lembut menyenangkan
Ukuran400 ml
Kisaran hargaRp38.000

3. Buds Soothing Organic Save Our Skin Lotion

Aman untuk si kecil yang mengalami luka gigitan nyamuk

Jika Anda orang tua yang memerlukan body lotion untuk keperluan si kecil, Buds Organic mempersembahkan produk unggulannya. Save Our Skin Lotion merupakan losion untuk pertolongan pertama mengatasi luka pada kulit bayi, seperti luka gores, lecet, lebam, dan gigitan nyamuk yang menghitam.

Bukan hanya aman untuk bayi, body lotion dengan 99% kandungan organik ini aman digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Proses pemulihan luka kecil akan berjalan optimal dengan dukungan Buds Organic Save Our Skin Lotion. Di samping berbahan organik lolos uji Ecocert, body lotion berkandungan tea tree oil dan aloe vera berikut bebas pewangi dan bahan kimia berbahaya.

Kandungan utamaTea tree oil, aloe vera extract, shea butter
Sun protector
Aman untuk kulit sensitif
Aman untuk anak-anak dan bayi
AromaBebas aroma
Ukuran50 ml
Kisaran hargaRp230.000

4. Nivea Men Crème Tin

Formulasi khusus untuk karakteristik kulit pria dengan aroma maskulin

Nivea Men Creme Tin cocok untuk kaum pria yang menghendaki melakukan pemeliharaan kulit. Body lotion dengan kemampuan melembapkan optimal ini cepat terserap ke lapisan kulit. Nivea menjamin body lotion besutannya ini tidak membuat wajah berminyak. Tekstur yang lembut tidak terasa lengket pasca pengaplikasian. Selain untuk tubuh, produk ini bisa pula dioleskan ke wajah, bibir, dan bahkan rambut wajah sehabis bercukur.

Mengandalkan vitamin E sebagai komponen utama, Nivea Men Creme Tin turut menutrisi kulit secara mendalam. Komponen filtrasi sinar UV turut disematkan ke dalam produk ini, menjadikan kulit Anda tidak sebatas lembap, namun juga terproteksi dari reaksi buruk sinar matahari. Beraroma maskulin, body lotion berukuran praktis ini tidak mengganggu orang lain, Anda pun mudah membawanya ke mana-mana.

Kandungan utamaVitamin E, L-carnitine,
Sun protector
Aman untuk kulit sensitif
Aman untuk anak-anak dan bayi
AromaMaskulin
Ukuran30 ml
Kisaran hargaRp26.000

5. Sebamed Anti-Dry Hydrating Body Lotion

Aman untuk kulit sensitif karena tidak mengandung paraben

Bahan-bahan penutrisi dicantumkan oleh Sebamed ke dalam produk ini. Berkat komposisi tersebut, body lotion berikut sangat baik membantu mengatasi kulit kering dan sensitif. Bila selama ini Anda tidak nyaman karena sensitivtas kulit menimbulkan beberapa kondisi, misalnya eksem dan psoriasis, Sebamed Anti-Dry Hydrating Body Lotion akan menghidrasi kulit secara intens.

Produk yang melembapkan secara maksimal ini bekerja menahan air lebih lama, membuat kulit terhindar dari kekeringan. Teksturnya tidak lengket, menjamin kenyamanan setiap pengguna. Menggunakan komponen istimewa seperti phytosterols, shea butter, dan lipid tumbuhan lain, body lotion ber-pH 5,5 ini meninggalkan kelembutan dan ketenangan bagi kulit.

Kandungan utamaShea butter, phytosterols, polysaccharides extracted potato starch
Sun protector
Aman untuk kulit sensitif
Aman untuk anak-anak dan bayiTidak ada keterangan
AromaTidak ada keterangan
Ukuran200 ml
Kisaran hargaRp226.800

6. Herborist Body Lotion Coconut

Mengeluarkan wangi lembut kelapa murni yang tahan lama

Body lotion berkemasan botol dengan tutup pump diusung oleh Herborist. Kemudahan menjadi nilai lebih yang akan Anda terima saat menggunakan produk ini. Merupakan varian terbaru, Body Lotion Coconut didesain bersama kandungan virgin coconut oil dimana terkenal baik untuk merawat dan menjaga kelembapan kulit.

Produk ini menjamin hasil kulit ekstra lembap, membuatnya begitu ideal dipilih oleh Anda yang mengalami permasalahan kulit kering dan sangat kering. Pada kulit yang tampak kusam, Herborist Body Lotion Coconut diperkaya whitening extract yang akan mengembalikan kecerahan kulit.

Kandungan utamaVirgin coconut oil
Sun protector
Aman untuk kulit sensitif
Aman untuk anak-anak dan bayi
AromaHarum lambut coconut alami
Ukuran145 ml
Kisaran hargaRp27.680

7. Citra Body Lotion Pearly White UV

Cerahkan kulit hingga sebening mutiara

Untuk merek lokal berikut, Citra memproduksi banyak pilihan body lotion, salah satunya Pearly White UV. Dengan harga terjangkau, body lotion berkemasan merah muda ini menjanjikan penampilan kulit 3x lebih bercahaya sejak penggunaan pertama. Jika Anda memerlukan body lotion untuk mencerahkan kulit, cobalah produk satu ini.

Untuk mencapai klaim tersebut, Citra Body Lotion Pearly White UV mencatutkan natural essence dari mutiara asli Korea yang kaya mineral pencerah alami. Diajak pula mulberry bersama kebaikan vitamin E di dalamnya untuk menyehatkan dan menghaluskan kulit. Body lotion ini telah mengantongi seritikat halal MUI, serta lengkap oleh filter UV untuk perlindungan sinar UVA dan UVB.

Kandungan utamaNiacinamide, dimethicone, glycerin, butyl methoxydibenzoylmethane, ethylhexyl methoxycinnamate
Sun protector
Aman untuk kulit sensitif
Aman untuk anak-anak dan bayi
AromaCukup pekat
Ukuran380 ml
Kisaran hargaRp36.400

8. Leivy Double Moisturising Hand & Body Lotion Goat’s Milk

Mengandung bio-white complex sebagai pencerah kulit yang teruji

Dengan mengombinasikan susu kambing, protein susu, dan bio-white complex, body lotion ini menjanjikan kelembapan ganda sekaligus efek mencerahkan yang telah teruji. Khasiat lain dari produk ini ditemukan berkat kandungan lain berupa vitamin A, vitamin B, dan vitamin E sebagai penyubur dan penutrisi kulit.

Bila Anda ingin terbebas dari masalah kulit kering dan bersisik, rutin mengenakan Leivy Double Mouisturising Hand & Body Lotion Goat’s Milk merupakan langkah terbaik yang mudah dilakukan. Berkatnya pula, kulit meningkat teksturnya menjadi super lembut dan sangat nyaman disentuh-sentuh.

Kandungan utamaDimethicone, butylene glycol, glycerin, saxifraga sarmentosa extract, vitis vinifera (grape) fruit extract, morus bombycis (mulberry) root extract, goat milk, scutellaria baicalensis root extract
Sun protector
Aman untuk kulit sensitif
Aman untuk anak-anak dan bayiTidak ada keterangan
AromaWangi lembut relaksasi
Ukuran500 ml
Kisaran hargaRp74.300

9. Nivea Body Lotion Extra White Instant Glow

Efektif meratakan warna, melembapkan, dan melindungi kulit dari sinar matahari

Butuh body lotion yang bisa memutihkan kulit? Nivea merumuskan Extra White Instant Glow untuk mewujudkan keinginan tersebut. Produk ini diklaim membuat kulit bercahaya dalam satu kali pemakaian. Tidak hanya berformula pencerah, losion ini kaya pula akan bahan-bahan pelembap dan pelembut kulit.

Untuk efek mencerahkannya, Nivea mengandalkan kebaikan camu-camu berry yang menyimpan 40x vitamin C. Formula NIVEA Double UV Protection akan menyerap sinar matahari, menjadikan kulit tetap cerah bercahaya. Satu lagi sisi menarik dari produk ini, yakni teksturnya tidak lengket sehingga dipastikan nyaman selama penggunaan.

Kandungan utamaCamu-camu berry extract, glycerin, dimethicone, glycyrrhiza glabra root extract, malpighia glabra fruit juice, vitis vinifera seed oil
Sun protector
Aman untuk kulit sensitifTidak ada keterangan
Aman untuk anak-anak dan bayiTidak ada keterangan
AromaLembut menenangkan
Ukuran200 ml
Kisaran hargaRp28.430

10. Sensatia Botanicals Hydrating Body Lotion

Bebas komponen sulfate, paraben, silicone, dan phthalate

Body lotion dari bahan-bahan alami ini diciptakan khusus bagi Anda yang menghadapi masalah kulit mudah kering. Perpaduan natural agents seoerti minyak kelapa, bengkuang, dan ekstrak licorice memperbaiki kulit kering dari bagian terdalam. Tenang saja, body lotion dengan aroma citrus menyegarkan ini ringan sehingga mudah terpenetrasi ke dalam lapisan kulit.

Masih dengan komponen yang sama, Sensatia Botanicals Hydrating Body Lotion akan membentuk tekstur kulit terasa lembut dan teremajakan. Tekstur kulit tidak merata juga mampu ditangani oleh body lotion ini. Produk ini kompatibel di  kulit pria ataupun wanita. Tanpa kandungan sulfat, phthalate, paraben, silikon, dan dipastikan no animal testing, body lotion ini aman untuk ibu menyusui, wanita hamil, dan vegetarian maupun vegan.

Kandungan utamaCoconut oil, shea butter, lavender oil, bitter orange flower oil, vitamin E, licorice extract, aloe leaf extract, jicama root extract, star fruit extract
Sun protector
Aman untuk kulit sensitifTidak ada keterangan
Aman untuk anak-anak dan bayi
AromaCitrus menyegarkan
Ukuran300 ml
Kisaran hargaRp190.000

Anjuran Penggunaan Body Lotion agar Hasilnya Maksimal

Meski mudah, sebagian orang belum mengaplikasikan body lotion secara tepat. Anda bisa mengikuti panduan singkat berikut agar body lotion memberikan efek kerja maksimal di kulit Anda:

  1. Gunakan 1 – 2 kali dalam sehari pada kulit bersih dan kering. Waktu yang tepat untuk mengaplikasikan body lotion adalah sehabis mandi.
  2. Selain dioleskan, berikan sedikit tekanan memijat agar formula produk lebih cepat meresap ke dalam kulit. Pemijatan juga membantu stimulasi aliran darah lebih optimal.

Body lotion memainkan peran cukup penting untuk menjaga kelembutan kulit, namun tidak sampai pada tahap sangat optimal untuk mengatasi kulit rusak. Jadi, kami menyarankan Anda yang mengalami kerusakan kulit untuk melakukan treatment tambahan. Di malam hari, gunakanlah repairing cream yang mengandung glycolic acids atau lactic acids.

Pemakaian body lotion secara rutin selama 2 – 4 minggu akan mempromosikan retensi atau penahanan air yang sangat baik di dalam kulit Anda. Dengan begitu, tekstur kulit berubah menjadi lebih lembap dan pastinya terasa lembut ketika disentuh.

Lihat juga rekomendasi body lotion untuk bayi dan kulit kering lainnya di sini!

Untuk merawat kulit bayi yang halus, gunakanlah body lotion yang diperuntukkan khusus bagi bayi. Begitu pun saat kulit mengalami kekeringan, komposisi pelembap pada body lotion harus lebih tinggi agar berguna mengatasi masalah kulit kering.

Kami telah merangkum body lotion yang cocok untuk bayi pada tulisan lain. Anda yang membutuhkan body lotion untuk kulit kering juga bisa mengecek pada tautan berikut. Silakan memilih produk yang paling seusai, entahkah untuk bayi Anda ataupun kulit kering Anda.

10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik untuk Bayi
10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik untuk Kulit Kering

Kesimpulan

Sejauh ini, kami sudah menerangkan perbedaan body lotion dengan produk body moisturizer lainnya. Poin-poin pertimbangan memilih produk juga telah kita bahas bersama-sama, termasuk pilihan body lotion terbaik pada list di atas. Jadi, manakah produk yang kiranya sangat pas untuk kebutuhan Anda?

Gunakanlah body lotion secara berkala sehabis mandi pagi dan sore. Saat cuaca sedang panas, body lotion memberikan kesegaran pada kulit agar tidak kering. Sewaktu beraktivitas di ruangan yang kering, misalnya ruangan ber-AC, body lotion membantu menahan air agar tidak mudah menguap dan menyebabkan kekeringan. Semoga produk yang Anda pilih membantu memelihara kelembapan kulit Anda!

(Visited 12.483 times, 9 visits today)