Written by 18:38 Bayi & Anak

10 Merk Body Lotion untuk Bayi yang Bagus dan Aman

Corine De Farme Baby Lotion Lait De Toilette

Tahukah Anda, kelenjar keringat pada kulit bayi belumlah berfungsi di usianya? Itulah mengapa, kulit bayi cenderung kering karena sukar menyimpan kelembapan. Untuk memberikan kelembapan, orang tua dapat menggunakan body lotion untuk bayi kesayangannya. Disebut juga baby lotion, produk ini dapat digunakan dengan menyesuaikan kondisi kulit si kecil.

Beberapa merek body lotion untuk bayi hadir di pasaran, seperti Pigeon, Zwitsal, Aveeno, dan Cussons Baby. Sepuluh produk baby lotion yang bagus akan kami rekomendasikan sebagai referensi. Namun, mari baca ulasan mengenai manfaat dan cara pemilihan body lotion terbaik untuk kulit bayi terlebih dahulu sebelum Anda putuskan untuk membeli salah satu di antaranya. Let’s go!

Apa Saja Manfaat Penggunaan Body Lotion untuk Bayi?

Manfaat Baby Lotion

Body lotion untuk bayi akan membantu kulit bayi yang kering tetap kenyal dan elastis, serta menghindarkannya dari tampilan kusam dan permasalahan lain. Selain itu, body lotion juga diperlukan bayi untuk meningkatkan daya tahan kulitnya dari risiko alergi dan sensitivitas oleh debu atau mikroba yang bertebaran di udara.

Secara keutamaan, body lotion untuk bayi berfungsi mencegah kulit kering. Namun, beberapa kandungan semisal zinkoxid dapat membantu merangsang regenerasi sel kulit dan melindungi kulit dari rasa gatal. Beberapa body lotion diperkaya kandungan antiseptik yang penggunaannya hanya untuk di bagian ruam popok akibat infeksi.

Perhatikanlah, body lotion untuk bayi umumnya mempunyai dua macam tekstur berdasarkan bahannya, yakni yang tidak terlalu berminyak dan cenderung berminyak. Tekstur lotion yang lebih berminyak lebih ideal penggunaannya ketika cuaca dingin, sedangkan tekstur yang tidak terlalu berminyak dapat diaplikasikan saat cuaca panas.

Cara Memilih Body Lotion untuk Bayi

Cara Memlih Body Lotion untuk Bayi

Tentunya setiap orang tua tidak ingin melihat buah hatinya mengalami kulit kering. Di sisi lain, pemakaian body lotion untuk bayi juga harus diperhatikan betul-betul, mulai dari kandungan bahan aktif, kemampuannya, hingga memikirkan budget yang harus dikeluarkan. Oleh sebab itu, pastikan hanya memilih body lotion yang aman untuk bayi Anda.

Menurut Dr. Srie Prihianti, SpKK. PhD., Ketua Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI), body lotion yang dipakaikan pada bayi haruslah dirancang khusus untuk bayi. Salah satu hal yang penting diperhatikan adalah bahan-bahannya yang rendah alergen. Biasanya, body lotion dikatakan aman untuk bayi apabila telah teruji hypoallergenic. Anda dapat melihat keterangan tersebut pada kemasan produk.

Selain itu, body lotion untuk bayi tanpa kandungan yang berisiko menyebab kulit teriritasi disebut juga dengan mild ingredients. Kedua label ini, yaitu “hypoallergenic” dan “mild ingredients” setidaknya menjadi acuan utama dalam memilih body lotion untuk bayi dan anak-anak. Beberapa bahan seperti pengawet methylchoroisothiazolinone (MCI), surfaktan sintetis, paraben, dan pewarna sintetis juga wajib dihindari.

Apabila Anda mencari body lotion untuk tujuan menghaluskan kulit, selain memastikan kandungannya aman seperti dari bahan organik, bebas zat aditif dan alergen, Anda juga bisa mencari produk berkandungan hyaluronic acid, ceramide, dan minyak sayur. Ketiga kandungan ini membawa manfaat baik bagi kulit bayi. Jadi selain menghaluskan, kulit buah hati Anda akan terjaga kelembapan, elastisitas, dan kesehatannya.

10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik untuk Bayi dan Anak

Setelah memahami benefit dari penggunaan baby lotion berikut cara memilihnya, sekarang waktunya bagi Anda mengecek kesepuluh merek body lotion terbaik untuk bayi dan anak kecil. Ingat kembali poin penting yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya, terutama soal memilih produk dengan memeriksa sederet aspek agar tidak keliru dan menimbulkan masalah saat digunakan pada bayi Anda. Selamat memilih!

1. Mustela Bebe Baby Body Lotion

Mustela Bebe Baby Body Lotion

Kisaran harga: Rp187.000

Cepat meresap dan beraroma lembut menenangkan

Body lotion untuk bayi dari Mustela mengandung 88% bahan organik alami sebagai agen pelembap dan penutrisi kulit. Shea butter, jojoba oil, extract avocado, dan sweet almond beberapa di antaranya. Produk ini dirancang untuk memberi perlindungan dan kelembapan bagi kulit bayi yang rentan kering.

Anda pun bisa menggunakan Mustela Bebe Baby Body Lotion untuk meredakan iritasi pada beberapa titik tubuh. Manfaat lain yang dikirimkan produk ini adalah mengontrol keseimbangan dan meningkatkan fungsi perlindungan untuk kulit bayi. Kelebihan lain dari produk ini yaitu tidak lengket karena kandungannya yang mudah dan cepat meresap ke dalam kulit.

2. Pigeon Baby Lotion

Pigeon Baby Lotion

Kisaran harga: Rp15.200

Tanpa paraben dan fragrance yang teruji oleh standar internasional

Pigeon Baby Lotion dibandrol dengan harga minim, menjadikannya cocok dipakai rutin setiap hari. Produk ini merupakan salah satu body lotion untuk bayi yang best seller di Indonesia. Berkomposisikan jojoba oil dan chamomile, kedua kandungan ini bekerja sebagai pelembap alami kulit serta bantu redakan efek iritasi ringan pada kulit bayi.

Meskipun mengandung pewangi yang segar dan harum, body lotion ini diklaim aman untuk bayi kulit normal ataupun cenderung terkena eksem. Kulit bayi yang sensitif akan terlindungi, menjadikannya bertekstur halus bagaikan sutra dan lembut seharian. Tidak peru ragu membelinya, Pigeon menjamin produk ini telah teruji hypoallergenic dan bahan parfumnya telah lolos uji IFRA (International Fragrance Association).

3. Zwitsal Natural Baby Skin Protector Lotion

Zwitsal Natural Baby Skin Protector Lotion

Kisaran harga: Rp16.500

Baby lotion anti nyamuk yang sekaligus efektif meredakan rasa gatal

Kemasan tube berwarna kuning hangat dari Zwitsal Natural Baby Skin Protector Lotion menjadi ciri khas yang membuatnya mudah dikenali mata. Sebelum dipasarkan, body lotion untuk bayi dari pabrikan Unilever berikut telah melewati pengujian klinis sehingga terjamin tidak menyebabkan alergi (hypoallergenic tested).  Untuk memberi kelambapan pada kulit si kecil, digunakanlah chamomile sebagai bahan pelembapnya.

Produk ini aman untuk kulit bayi yang sensitif. Kemampuannya mudah menyerap ke dalam kulit semakin nyaman, apalagi tekstur lotion-nya yang lembut dan gampang diratakan. Anda bisa merawat kulit buah hati dengan Zwitsal Natural Baby Skin Protector Lotion, sekaligus melindunginya dari gigitan serangga seperti nyamuk dan meredakan gatal di kulit berkat kandungan citronella-nya.

4. Sebamed Baby Lotion

Sebamed Baby Lotion

Kisaran harga: Rp143.000

Melindungi, melembapkan, sekaligus menangani berbagai permasalahan kulit

Sebamed ikut serta menghadirkan body lotion untuk bayi di seluruh dunia. Baby lotion satu ini bekerja efektif dalam memelihara kelembapan hingga ke seluruh permukaan kulit badan. Selain terkenal akan moisturizing effect-nya, Sebamed Baby Lotion direkomendasikan oleh para dokter di 85 negara berbeda untuk fungsi lain, seperti alergi, eczema, burns, dan kulit sensitif.

Mengandalkan 3 bahan aktif berupa sorbitol, chamomile, dan allantoin, kombinasi kanudngan ini akan memelihara kulit bayi dalam keadaan lembut dan kenyal. Sebamed Baby Lotion adalah body lotion terbaik untuk bayi Indonesia karena diperuntukkan bagi bayi yang tinggal di negara tropis.

5. Cetaphil Baby Daily Lotion

Cetaphil Baby Daily Lotion

Kisaran harga: Rp129.500

Teruji hypoallergenic, dermatologi, dan bebas paraben, toxic, dan pewarna. Aman untuk segala kulit bayi!

Ingin menjadikan kulit bayi bertekstur halus bak sutra? Anda bisa menjadikan body lotion persembahan Cetaphil ini sebagai opsi. Di dalamnya terkandung kombinasi glycerol dan shea butter untuk melindungi kulit bayi secara optimal. Produk ini aman diterapkan pada kulit bayi yang baru lahir (newborn) sekalipun agar terhindar dari kekeringan.

Ekstrak calendula organik dari bunga marigold turut ditambahkan pada ingredient-nya, membuat produk ini mampu menenangkan kulit sensitif dan teriritasi. Minyak almond manis dan minyak bunga matahari sebagai moisturizing agent akan mengunci kelembapan hingga belasan jam lamanya. Jangan ragu membeli produk ini, Cetaphil memastikannya aman tanpa memicu alergi karena teruji hypoallergenic, dermatologist tested, dan memiliki pH seimbang.

6. Pure Baby Lotion

Pure Baby Lotion

Kisaran harga: Rp62.800

Mampu melembapkan, menutrisi, menyejukkan, dan meregenerasi kulit si kecil

Pure Baby Lotion diformulasikan dengan nilai pH 5.5 agar sesuai dengan pH alami kulit bayi. Di samping itu, body lotion untuk bayi yang sudah dipastikan aman melalui tes hypoallegenic ini bekerja dengan triple action moisturizer formula berupa cocoa butter, aloe vera, dan sun flower untuk melembapkan, menutrisi, dan menyejukkan kulit tubuh bayi.

Komposisi bahan berkualitas dan berstandar low hazard (0-2) di Eropa menjamin keamanan tingkat tinggi bagi kulit bayi yang sensitif dan gampang iritasi. Pure Baby Lotion dapat Anda oleskan pada kulit tubuh bayi untuk memberikan perawatan secara menyeluruh. Produk ini bisa digunakan mulai bayi usia 6 bulan ke atas.

7. Bambi Anti Mosquito Lotion

Bambi Anti Mosquito Lotion

Kisaran harga: Rp23.700

Cegah gigital nyamuk dengan kandungan yang aman dan tidak panas di kulit

Sudah pakai kelambu untuk melindungi buah hati dari gigitan nyamuk, namun belum berhasil? Untuk membereskan masalah tersebut, Anda bisa mengandalkan Bambi Anti Mosquito Lotion. Body lotion untuk bayi ini dapat melindungi bayi Anda dari gigitan nyamuk, termasuk bahaya terkena gigitan nyamuk Aedes aegypti pemicu DBD (Demam Berdarah).

Bambi memproses minyak citronella sebagai bahan utamanya yang akan menjauhkan bayi dari gigitan nyamu, termasuk nyamuk Culex quinquefasciatus. Produk ini bekerja efektif melindungi kulit hingga 6 – 8 jam. Tekstur body lotion Bambi mudah diratakan ke kulit, cepat meresap, dan tidak lengket. Lotion nyamuk untuk bayi ini dipastikan aman dan tidak panas setelah diaplikasikan.

8. Corine De Farme Baby Lotion Lait De Toilette

Corine De Farme Baby Lotion Lait De Toilette

Kisaran harga: Rp165.000

Melewati banyak proses pengujian sehingga lebih terjamin keamanannya!

Corine De Farme adalah brand luar negeri yang merilis baby lotion terbaik dengan harga terjangkau. Oleh karena kandungannya yang bebas paraben, phenoxyethanol, alkohol, mineral oil, dan tanpa colouring agent, tentulah body lotion ini mendapatkan sertifikat lolos uji dan kode BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Apalagi, Corine De Farme Baby Lotion Lait De Toilette sudah di bawah pengawasan dermatolog dan teruji hypoallergenic, semakin tenang memakaikan ke buah hati Anda, bukan? Berbicara soal kandungan, body lotion untuk bayi satu ini menggunakan organic calendula dan vegetal glycerine 2% sebagai bahan pelembap dan penenang kulit.

9. Aveeno Baby Daily Moisture Lotion

Aveeno Baby Daily Moisture Lotion

Kisaran harga: Rp300.000

Body lotion hypoallergenic tested dan free synthetic fragrance yang cocok dan aman untuk newborn

Dikarenakan kulit bayi baru lahir masih rentan dan lemah, sebagai orang tua Anda perlu melindunginya agar tetap lembap dan terjauhkan dari risiko iritasi. Mengandung perpaduan oatmeal koloid alami dan emollient, Aveeno Baby Daily Moisture Lotion bakal menciptakan sensasi nyaman dan tenang bagi kulit bayi Anda.

Tidak hanya itu, produk dengan nutrisi alami ini juga dibekali formula tidak lengket dan mudah meresap ke dalam kulit. Diklaim mampu jaga kelembapan kulit hingga 24 jam, body lotion untuk bayi dipastikan aman karena tidak mengandung alkohol dan tidak menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

10. Cussons Baby Newborn Lotion

Cussons Baby Newborn Lotion

Kisaran harga: Rp14.000

Tersusun atas bahan alami pilihan yang lembut tanpa tambahan pewarna dan alkohol

Cussons Baby Newborn Lotion diperuntukkan bagi bayi baru lahir. Di dalamnya terkandung bahan alami minyak zaitun organik untuk memainkan fungsi sebagai pelembap. Diperkaya chamomile alami dan air murni, body lotion untuk bayi ini merupakan pilihan terbaik untuk memelihara tekstur kulit bayi Anda.

Belum lagi berhasil lolos uji alergi dan ber-pH seimbang, produk ini akan cocok tanpa menimbulkan masalah iritasi dan kulit gatal. Cussons merancang khusus produk ini agar aman bagi seluruh bayi, termasuk yang level sensitivitasnya tinggi sekalipun. Berkandungan 0% pewarna dan 0% alkohol, produk ini bakal senantiasa menemani kulit bayi agar lembap hingga 24 jam.

Kesimpulan

Jika dibandingkan kulit orang dewasa, kulit bayi sangatlah sensitif dan rentan terhadap rangsangan dari luar. Skin barrier yang masih lemah ini dapat dijaga dengan memberikannya body lotion untuk bayi yang bagus. Beberapa produk telah kami rekomendasikan dalam daftar, apakah Anda telah menentukan salah satu pilihan? Semoga sudah, ya!

Sebelum menerapkan body lotion langsung ke bayi Anda, uji cobakan terlebih dahulu dengan mengaplikasikannya sedikit ke beberapa area, seperti bagian lengan atau paha, lalu diamkan selama 24 jam. Apaila tidak timbul kemerahan atau eksem setelah 24 jam, itu menandakan produk pilihan Anda cocok dan aman buat bayi Anda. Namun, jika timbul masalah setelah pengujicobaan, gantilah ke baby lotion lain.

 

(Visited 44 times, 1 visits today)