Written by 01:15 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Cleansing Balm Terbaik

Cleansing balm adalah pembersih wajah dengan tekstur semi padat seperti mentega berkemasan tabung atau wadah kecil yang dilengkapi spatula untuk mempermudah pemakaiannya. Fungsinya adalah untuk mengangkat sisa riasan dan kotoran dari wajah, sebagai rangkaian dari tahapan double cleansing.

Pond’s, Heimish, dan The Body Shop adalah beberapa di antara banyak merek cleansing balm di pasaran. Karena setiap produk menawarkan keunggulan masing-masing, Anda mungkin bingung memilih salah satunya. Sebab itu, pada artikel ini kami mengupas cara memilih serta merekomendasikan cleansing balm untuk Anda. Mari disimak!

Kelebihan Cleansing Balm untuk Membersihkan Riasan

Dalam penggunaannya, cleansing balm sangat efektif untuk membersihkan riasan. Cukup diaplikasikan ke kedua sisi pipi dan dahi dalam jumlah sedikit, cleaning balm mampu meluruhkan makeup dalam waktu singkat.

Karena teksturnya yang semi padat, cleansing balm tidak menetes atau mengalir ke tangan saat digunakan. Selain itu, bentuknya yang kecil membuatnya mudah dibawa saat bepergian.

Cara Memilih Cleansing Balm

Sebelum membeli satu produk cleansing balm, sebaiknya Anda mempelajari dan mempertimbangkan dulu apa saja keunggulan produk tersebut dibandingkan produk lainnya.

Sebagai contoh, misalnya mengecek ketersediaan spatula, cara penggunaan yang paling aman, kandungan yang terdapat di dalamnya, dan zat aditif yang digunakan. Simak penjelasan selengkapnya di bagian ini.

Pilih yang Dilengkapi Spatula agar Pemakaiannya Lebih Higienis

Sebaiknya, pilih cleansing balm yang dilengkapi dengan spatula, yang berbentuk scoop kecil dan berfungsi untuk mengambil cleansing balm dari wadah. Dengan demikian, cleansing balm tidak langsung berkontak dengan jari tangan, sehingga lebih higienis karena kebersihan produk tetap terjaga.

Beberapa produk menyertakan spatula di dalamnya. Biasanya spatula ditempatkan di dalam kompartemen khusus pada bagian atas wadah. Dengan adanya kompartemen khusus, spatula lebih mudah disimpan dan tidak mudah hilang. Namun, ukuran spatula cenderung kecil karena mengikuti bentuk wadahnya.

Ada pula produk yang menyediakan spatula secara terpisah. Biasanya spatula yang disediakan berukuran lebih besar, tetapi kekurangannya adalah spatula rawan hilang karena disimpan di tempat terpisah.

Pilih Cara Penggunaan yang Paling Nyaman untuk Anda

Hal lain untuk diperhatikan saat memilih cleansing balm adalah mengetahui cara penggunaannya. Secara umum, ada dua cara penggunaan cleansing balm, yaitu perlu diemulsikan menggunakan air atau tidak.

Untuk produk yang perlu diemulsikan memakai air mempunyai kelebihan mudah dibilas dan waktu pemakaian menjadi lebih efektif. Namun, karena harus menambahkan air, mungkin akan sedikit kurang praktis sewaktu digunakan.

Sedangkan untuk produk yang tidak perlu diemulsikan, penggunaannya lebih praktis karena tidak perlu menambahkan air. Namun setelah pemakaian, wajah perlu diseka dengan handuk atau tisu untuk menghilangkan minyaknya. Pilihlah cara penggunaan yang menurut Anda paling nyaman.

Pilih yang Kandungannya Dapat Melembapkan dan Menutrisi Kulit

Dalam memilih cleansing balm, sebaiknya Anda memilih produk yang dapat menutrisi dan menjaga kelembapan kulit. Untuk mendapatkannya, sebaiknya Anda memilih cleansing balm yang mengandung vitamin E, tea tree oil, dan chamomile.

Vitamin E memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti melembapkan dan mencegah penuaan dini. Sebagai antioksidan, vitamin E mampu mengembalikan dan mempertahankan kelembapan kulit, serta meningkatkan produksi kolagen untuk membantu meremajakan kulit hingga tampak segar dan kencang.

Sedangkan tea tree oil dapat membantu melembutkan kulit kering dengan cara mengurangi gatal dan iritasi pada kulit, sekaligus terbukti efektif mampu menyembuhkan eksim. Tea tree oil juga memiliki sifat antiseptik, antiinflamasi, dan antimikrob untuk bantu kurangi bekas jerawat sehingga kulit halus dan bersih.

Sementara chamomile, bahan ini memiliki beberapa bahan aktif yang berfungsi sebagai antiinflamasi, antiradang alami, antibakteri, antioksidan, dan analgesik. Cleansing balm yang mengandung chamomile bisa membantu membunuh bakteri pada jerawat, mengobati kulit psoriasis dan eksem, meredakan sakit karena iritasi, serta menyembuhkan luka.

Pastikan Kandungan Zat Aditifnya Aman untuk Kulit Anda

Selain memperhatikan hal-hal di atas, cermati pula zat aditif yang terkandung di dalam cleansing balm untuk disesuaikan dengan kondisi kulit Anda dan tujuan Anda dalam memakainya. Sebagai contoh, bila produk memiliki kandungan alkohol, paraben, dan silikon, apakah baik untuk kulit?

Dengan sifatnya yang mengeringkan, produk berbasis alkohol cocok untuk kulit berminyak yang ekstrem, karena akan membantu mengurangi sebum yang menyumbat pori-pori. Namun, alkohol tidak cocok untuk kulit kering, sensitif, dan mudah alergi, karena kelembapan kulit akan semakin berkurang sehingga menyebabkan iritasi.

Paraben sebagai pengawet berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri serta jamur pada produk, agar produk tampak lebih segar dan tidak mudah rusak. Karena dinilai aman, penggunaan paraben masih diizinkan dalam batas yang telah ditentukan. Namun, Anda tetap harus berhati-hati menggunakannya, terutama bila kulit Anda sensitif dan mempunyai riwayat alergi.

Sama halnya dengan paraben, silikon juga dianggap tidak memiliki bahaya yang serius. Senyawa yang berasal dari mineral bumi ini ternyata bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan melembutkan, serta dapat meningkatkan elastisitas kulit. Namun, penggunaannya juga tidak boleh berlebihan atau terlalu sering.

10 Rekomendasi Cleansing Balm Terbaik

Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi produk cleansing balm agar Anda dapat lebih mudah menentukan pilihan.

1. Pond’s Makeup Remover Cleansing Balm

Sumber: Shopee.co.id

Menghapus riasan dan kotoran secara instan

Pond’s Makeup Remover Cleansing Balm diformulasikan dengan 100% ekstrak mawar Perancis organik yang dapat menutrisi dan melembapkan kulit wajah, serta membantu menghilangkan kemerahan dan iritasi pada kulit.

Tanpa minyak mineral, cleansing balm ini efektif menghapus makeup waterproof dan tebal secara instan tanpa harus diusap berkali-kali. Setelah penggunaan, wajah Anda akan lebih bersih, halus, dan ternutrisi.

Kandungan unggulanOrganic French rose extract
Spatula
Cara penggunaan1. Baurkan pada kulit kering; 2. Pijat dengan gerakan memutar hingga riasan meleleh; 3. Tambahkan sedikit air untuk mengemulsi, kemudian bilas dengan air
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal ingredients
Berat bersih44 mL
Kisaran hargaRp54.000

2. Heimish All Clean Balm

Sumber: Shopee.co.id

Pembersih sekaligus pelembap dari bahan alami

Pembersih ini bisa digunakan sehari-hari untuk menghilangkan sisa riasan yang tebal secara mudah. Dengan bahan nabati alami, Heimish All Clean Balm bermanfaat sebagai pelembap alami dan antioksidan untuk melindungi kulit sehari-hari.

Selain itu, Heimish All Clean Balm juga dapat membantu proses pengangkatan sel kulit mati dan menyamarkan kemerahan atau inflamasi. Sebagai pelembap dan antiaging, produk ini cocok juga untuk Anda yang memiliki kulit kering.

Kandungan unggulanMelaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, vitamin E, citrus herb oil, coconut extract, shea butter, donkey milk, Citrus paradisi (grapefruit) peel oil, Eucalyptus globulus leaf oil
Spatula
Cara penggunaan1. Baurkan pada kulit kering; 2. Pijat dengan gerakan memutar untuk membersihkan dan mengemulsi riasan membandel; 3. Bilas dengan air hangat
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Berat bersih120 mL
Kisaran hargaRp160.000

3. The Body Shop Camomile Sumptuous Cleansing Butter

Dengan ekstrak kamomil membantu menghilangkan riasan dan sisa kotoran

Buat Anda yang seirng memakai risaan antiair, cobalah produk satu ini. Produk keluaran The Body Shop ini mengandung ekstrak bunga kamomil yang dapat membantu membersihkan sisa makeup tebal, bahkan yang waterproof sekalipun!

Cleansing balm ini mampu membersihkan kotoran tersembunyi yang menyumbat pori-pori, sehingga kulit akan terasa bersih, lembut, dan segar. Dengan tekstur buttery, produk ini cocok untuk kulit sensitif maupun Anda yang memakai lensa kontak.

Kandungan unggulanChamomile, shea butter, olive oil
Spatula
Cara penggunaan1. Aplikasikan ke wajah sambil pijat lembut dengan gerakan memutar; 2.  Bilas dengan air hangat atau bersihkan dengan kain muslin basah untuk pembersihan yang lebih menyeluruh
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal ingredients, cruelty-free
Berat bersih90 mL
Kisaran hargaRp199.000

4. Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Cleansing Balm – Peach

Sanggup melelehkan riasan dan kotoran dalam 30 detik!

Cleansing balm merek Dear Me Beauty ini mampu melelehkan riasan dan sisa kotoran di wajah hingga bersih hanya dalam 30 detik. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengusap berulang kali apalagi kehabisan kapas pembersih.

Diperkaya vitamin E disertai teksturnya yang balm-to-liquid, produk ini akan membersihkan sisa riasan dan kotoran tanpa menghilangkan minyak alami, membuat wajah menjadi lebih lembut, segar, dan terhidrasi.

Kandungan unggulanVitamin E
Spatula
Cara penggunaan1. Baurkan dengan gerakan memutar dalam kondisi kulit kering; 2. Bilas menggunakan air, kemudian lanjutkan denga facial wash
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal ingredients
Berat bersih100 gr
Kisaran hargaRp149.000

5. Banila Co Clean It Zero Cleansing Balm – Original

Dengan teknologi Zero Balance untuk membersihkan tanpa mengupas kulit

Clean It Zero Cleansing Balm adalah produk hipoalergenik bertekstur serbat yang akan berubah menjadi minyak halus saat dioleskan ke kulit. Diformulasikan tanpa paraben, alkohol, dan pewarna buatan, produk ini cocok untuk semua jenis kulit.

Dengan teknologi Zero Balance, cleansing balm ini akan membersihkan riasan wajah, termasuk di area mata, yang membandel secara mendalam tanpa mengupas kulit. Hasilnya, wajah Anda dibuat terhidrasi dan segar!

Kandungan unggulanActive botanicals, hot springs water, vitamin E and vitamin C
Spatula
Cara penggunaan1. Baurkan dengan gerakan memutar pada kulit yang kering; 2. Tambahkan air untuk mengemulsi, kemudian pijat; 3. Bilas dengan air hangat atau lap menggunakan handuk/tisu
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Berat bersih100 mL
Kisaran hargaRp239.000

6. Clinique Take The Day Off™ Cleansing Balm

Sumber: Clinique.com

Penghilang riasan #1 dalam formula balsam sutra

Cleansing balm dari Clinique ini merupakan pembersih sisa makeup yang ringan. Dengan tekstur balm yang akan berubah menjadi minyak lembut bila diaplikasikan ke wajah, riasan wajah, mata, hingga sunscreen yang telah Anda gunakan seharian akan luntur seketika.

Menggunakan formula balsem sutra, cleansing balm ini akan membilas sempurna tanpa meninggalkan sisa polusi menempel di kulit wajah. Ingin dapatkan wajah terlihat lebih muda tanpa membuat kulit menjadi berminyak atau kering? Cobalah produk ini!

Kandungan unggulanCarthamus tinctorius (safflower) seed oil, vitamin E
Spatula
Cara penggunaan1. Baurkan menggunakan jari saat kondisi kulit kering; 2. Bilas dengan air hangat
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, , bebas silikon, minimal ingredients
Berat bersih125 mL
Kisaran hargaRp575.000

7. Fanbo All in One Deep Cleansing Balm with Tea Tree Oil

Sumber: Lazada.co.id

Kandungan tea tree oil dan aloe vera untuk mencegah timbulnya jerawat

Produk kreasi Fanbo ini mengandung ekstrak tea tree oil dan lidah buaya yang memiliki segudang manfaat. Sifatnya yang menenangkan kulit, dapat mengangkat minyak berlebih pada wajah berjerawat tanpa efek samping dan mencegah munculnya jerawat.

Berkhasiat sebagai antiradang dan antibakteri, kandungan tea tree oil dan lidah buayanya juga efektif menghilangkan kotoran di kulit sekaligus mencegah timbulnya jerawat maupun komedo. Cleansing balm ini cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Kandungan unggulanEkstrak tea tree oil & aloe vera
Spatula
Cara penggunaan1. Oleskan cleansing balm ke seluruh wajah kemudian pijat secara perlahan; 2. Hapus riasan menggunakan handuk atau kapas
Preferensi bahan aditifBebas sulfat, bebas silikon, minimal ingredients
Berat bersih30 gr
Kisaran hargaRp58.000

8. Beauty of Joseon Radiance Cleansing Balm

Dengan bahan-bahan alami bermanfaat yang lebih dari sekadar membersihkan

Produk pembersih wajah asal Korea ini mengandung bahan-bahan herbal tradisional Korea yang akan membantu menenangkan kulit, mempertahankan kelembapan, mencerahkan kulit, serta menghilangkan sebum dan komedo putih.

Bertekstur lembut, cleansing balm ini dapat meluruhkan riasan, kotoran, dan minyak berlebih tanpa membuat kulit teriritasi atau menjadi kering. Beauty of Joseon Radiance Cleansing Balm cocok untuk semua jenis kulit, terutama untuk kulit kering, kusam, dan sensitif.

Kandungan unggulanRice bran water, chrysanthemum extract, lavender water, chamomile flower/leaf extract
Spatula
Cara penggunaan1. Pijat dengan lembut pada kulit yang kering; 2. Bilas menggunakan air hangat
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Berat bersih80 mL
Kisaran hargaRp194.750

9. Gentle Hour Call It A Day Cleansing Balm

Membawa banyak kebaikan dari antioksidan

Gentle Hour Call It A Day Cleansing Balm mengandung minyak alpukat dan minyak almond yang kaya antioksidan. Berkat kandungan tersebut, produk ini sanggup melelehkan riasan, menghilangkan kotoran dan polutan tanpa merusak pelindung kulit.

Bila Anda mengharapkan kulit lebih lembut, halus, dan terkondisi sempurna meskipun sering memakai makeup dan beraktivitas di luar, produk ini dapat menjadi salah satu solusi. Wajah bersih, kebahagiaan pun Anda raih!

Kandungan unggulanAvocado oil, almond oil
Spatula
Cara penggunaan1. Baurkan dengan gerakan memutar untuk mengubah teksturnya menjadi minyak; 2. Beri sedikit air untuk mengemulsi minyak menjadi seperti susu; 3. Bilas dengan air hangat
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal ingredients
Berat bersih80 gr
Kisaran hargaRp240.000

10. Omorovicza Thermal Cleansing Balm

Mengandung manfaat lumpur Moor untuk membersihkan tanpa pengelupasan

Dengan memanfaatkan kekuatan lumpur Moor yang transformatif, serta kaya akan kalsium dan magnesium, Omorovicza Thermal Cleansing Balm akan mengeluarkan kotoran dari kulit dan membersihkannya tanpa pengelupasan.

Balsam hitam bertekstur lembut ini mampu menghilangkan sisa makeup, bahkan maskara tahan air sekalipun, menghasilkan kulit terasa lembut dan terhidrasi. Walau pricey, cleansing balm ini telah banyak mendapat review positif dari pengguna, lho!

Kandungan unggulanHungarian moor mud
Spatula
Cara penggunaan1. Aplikasikan sedikit pada kulit yang kering dan baurkan dengan gerakan memutar; 2. Bilas menggunakan kain yang dibasahi air hangat
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Berat bersih100 mL
Kisaran hargaRp1.950.000

Tabel Perbandingan Cleansing Balm

ProdukPond’s Makeup Remover Cleansing BalmHeimish All Clean BalmThe Body Shop Camomile Sumptuous Cleansing ButterDear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Cleansing Balm – PeachBanila Co Clean It Zero Cleansing Balm – OriginalClinique Take The Day Off™ Cleansing BalmFanbo All in One Deep Cleansing Balm with Tea Tree OilBeauty of Joseon Radiance Cleansing BalmGentle Hour Call It A Day Cleansing BalmOmorovicsza Thermal Cleansing Balm
Kandungan unggulanOrganic French rose extractMelaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, vitamin E, citrus herb oil, coconut extract, shea butter, donkey milk, Citrus paradisi (grapefruit) peel oil, Eucalyptus globulus leaf oilChamomile, shea butter, olive oilVitamin EActive botanicals, hot springs water, vitamin E and vitamin CCarthamus tinctorius (safflower) seed oil, vitamin EEkstrak tea tree oil & aloe veraRice bran water, chrysanthemum extract, lavender water, chamomile flower/leaf extractAvocado oil, almond oilHungarian moor mud
Spatula
Cara penggunaan1. Baurkan pada kulit kering; 2. Pijat dengan gerakan memutar hingga riasan meleleh; 3. Tambahkan sedikit air untuk mengemulsi, kemudian bilas dengan air1. Baurkan pada kulit kering; 2. Pijat dengan gerakan memutar untuk membersihkan dan mengemulsi riasan membandel; 3. Bilas dengan air hangat1. Aplikasikan ke wajah sambil pijat lembut dengan gerakan memutar; 2.  Bilas dengan air hangat atau bersihkan dengan kain muslin basah untuk pembersihan yang lebih menyeluruh1. Baurkan dengan gerakan memutar dalam kondisi kulit kering; 2. Bilas menggunakan air, kemudian lanjutkan denga facial wash1. Baurkan dengan gerakan memutar pada kulit yang kering; 2. Tambahkan air untuk mengemulsi, kemudian pijat; 3. Bilas dengan air hangat atau lap menggunakan handuk/tisu1. Baurkan menggunakan jari saat kondisi kulit kering; 2. Bilas dengan air hangat1. Oleskan cleansing balm ke seluruh wajah kemudian pijat secara perlahan; 2. Hapus riasan menggunakan handuk atau kapas1. Pijat dengan lembut pada kulit yang kering; 2. Bilas menggunakan air hangat1. Baurkan dengan gerakan memutar untuk mengubah teksturnya menjadi minyak; 2. Beri sedikit air untuk mengemulsi minyak menjadi seperti susu; 3. Bilas dengan air hangat1. Aplikasikan sedikit pada kulit yang kering dan baurkan dengan gerakan memutar; 2. Bilas menggunakan kain yang dibasahi air hangat
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal ingredientsBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikonBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal ingredients, cruelty-freeBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal ingredientsBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikonBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, , bebas silikon, minimal ingredientsBebas sulfat, bebas silikon, minimal ingredientsBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikonBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, minimal ingredientsBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Berat bersih44 mL120 mL90 mL100 gr100 mL125 mL30 gr80 mL80 gr100 mL
Kisaran hargaRp54.000Rp160.000Rp199.000Rp149.000Rp239.000Rp575.000Rp58.000Rp194.750Rp240.000Rp1.950.000
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi produk pembersih riasan dari PickyBest lainnya!

Bukan cuma cleansing balm yang mampu membersihkan riasan. Anda juga bisa memakai produk pembersih lain, misalnya cleansing oil, cleansing water, dan micellar water.

Temukan pilihan pembersih makeup yang cocok untuk Anda pada artikel-artikel berikut.

Kesimpulan

Cleansing balm memang diperlukan untuk perawatan kulit dan menjaganya agar tetap sehat. Selain memilih produk yang cocok untuk jenis kulit Anda, hal lain yang bisa dipertimbangkan adalah ketersediaan spatula, cara penggunaan, dan kandungan-kandungan di dalamnya.

Setelah mengetahui cara memilih dan rekomendasi produk-produk cleansing balm yang terbaik, kami harap Anda dapat menemukan cleansing balm yang cocok untuk Anda. Semoga, produk pilihan Anda berhasil ciptakan kulit yang tampak lebih segar, sehat, dan glowing. Selamat mencoba!

Referensi

Bingung Memilih Antara Cleansing Oil dan Cleansing Balm? Yuk, Simak Kelebihan dan Kekurangannya Berikut!
https://journal.sociolla.com/beauty/cleansing-oil-dan-cleansing-balm diakses pada 20 Februari 2021

Apa sih Perbedaan Cleansing Oil dan Cleansing Balm?
https://editorial.femaledaily.com/blog/2019/09/16/apa-sih-perbedaan-cleansing-oil-dan-cleansing-balm/ diakses pada 20 Februari 2021

Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Kulit
https://www.thebodyshop.co.id/blog/manfaat-vitamin-e-untuk-kesehatan-kulit diakses pada 20 Februari 2021

How Does Tea Tree Oil Help the Skin?
https://www.healthline.com/health/tea-tree-oil-for-skin diakses pada 20 Februari 2021

Apa Saja Khasiat Bunga Chamomile untuk Kulit?
https://editorial.femaledaily.com/blog/2019/08/01/khasiat-bunga-chamomile-untuk-kulit/ diakses pada 20 Februari 2021

Alcohol in Skin Care: Is It Ever Okay?
https://www.everydayhealth.com/smart-skin/alcohol-in-skin-care-is-it-ever-okay/ diakses pada 20 Februari 2021

Paraben dalam Kosmetik yang Dianggap Berbahaya, Ini Faktanya
https://www.alodokter.com/paraben-dalam-kosmetik-yang-dianggap-berbahaya-ini-faktanya diakses pada 20 Februari 2021

Adakah Bahaya yang Muncul Saat Pakai Skin Care dengan Kandungan Silikon?
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/bahaya-silikon-dalam-skin-care/ diakses pada 20 Februari 2021

(Visited 118 times, 1 visits today)