Written by 01:50 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik

Cleansing oil merupakan produk pembersih wajah yang banyak diminati karena keampuhannya meluruhkan kotoran dan makeup. Ada anggapan bahwa cleansing oil hanya diperuntukkan bagi pemilik kulit kering. Padahal, pembersih ini cocok untuk semua jenis kulit, lho. Anda hanya perlu menemukan komposisi cleansing oil yang tepat sesuai kebutuhan kulit.

Di pasaran, tersedia banyak merek cleansing oil, antara lain Innisfree, Biore, Nivea, Sulwhasoo, dan sebagainya. Artikel ini akan membahas cara memilih cleansing oil sesuai kebutuhan dan tipe kulit. Agar referensi Anda semakin lengkap, kami juga merekomendasikan cleansing oil terbaik versi PickyBest.

Kelebihan Cleansing Oil sebagai Tahapan Awal Double Cleansing

Double cleansing merupakan tahapan pembersihan wajah yang diawali dengan oil-based cleanser, kemudian dilanjutkan dengan facial wash. Oil-based cleanser ada yang berbentuk balm dan cleansing oil. Selain pembersih berbasis minyak, Anda juga bisa menggunakan micellar water maupun susu pembersih. Namun, kekuatan pembersihannya belum sebaik oil-based cleanser.

Kelebihan cleansing oil dibanding pembersih lainnya adalah penggunaannya yang mudah. Karena bentuknya cair, Anda mudah meratakannya ke permukaan wajah. Selain itu, cleansing oil umumnya menggunakan tutup berbentuk pump agar mudah dikeluarkan. Beberapa produk cleansing oil juga diperkaya nutrisi yang baik untuk merawat kesehatan kulit.

Cara Memilih Cleansing Oil

Sebelum membeli produk cleansing oil, Anda perlu mengamati beberapa aspek. Dari mulai penyesuaian dengan tipe kulit, bentuk kemasannya, hingga kenyamanan saat diaplikasikan.

Pilihlah Produk Cleansing Oil sesuai Tipe Kulit

Faktor paling penting yang harus Anda pertimbangkan adalah memilih produk cleansing oil sesuai tipe kulit. Tak semua produk cocok untuk semua jenis kulit, bahkan ada beberapa bahan yang sebaiknya dihindari. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Kulit Berminyak: Pilih yang Kandungannya Non-comedogenic

Kulit berminyak memproduksi sebum lebih aktif daripada tipe kulit lainnya. Ini menyebabkan kulit mudah mengalami penyumbatan pori-pori yang memicu timbulnya jerawat dan komedo. Untuk itu, pilihlah cleansing oil yang teksturnya ringan dan bersifat non-comedogenic.

Kulit berminyak disarankan memilih cleansing oil dengan kandungan utama tea tree oil, argan oil, grapeseed oil, atau lavender oil. Pemilik tipe kulit ini sebaiknya menghindari cleansing oil berbasis coconut oil dan jojoba oil karena berisiko menyumbat pori.

Kulit Kering: Pilih Produk yang Mampu Mempertahankan Hidrasi Kulit

Berbeda dengan kulit berminyak, tipe kulit kering cenderung mudah kehilangan kelembapan. Alhasil, kulit rentan pecah-pecah dan tampak kasar. Bila kulit Anda kering, carilah produk cleansing oil yang teksturnya lebih kental. Jenis minyak seperti jojoba oil, coconut oil, atau olive oil baik untuk mempertahankan hidrasi kulit.

Pemilik kulit kering juga bisa memilih cleansing oil yang diperkaya kandungan antioksidan dan anti-aging. Produksi sebum yang minim dapat mempercepat proses penuaan. Untuk itu, menjaga kulit tetap lembap adalah kunci agar wajah tampak sehat dan awet muda.

Kulit Sensitif: Hindari Komposisi yang Dapat Memicu Iritasi

Pemilik kulit sensitif harus berhati-hati memilih bahan aktif yang terkandung dalam produk skincare. Salah-salah, kulit dapat mengalami breakout hingga hipersensitivitas. Untuk produk cleansing oil, pilihlah yang bersifat soothing dan tidak mengandung bahan iritatif seperti fragrance dan alkohol murni.

Pilihlah minyak pembersih yang terbuat dari sunflower seed, camellia seed oil, rosemary oil, atau grapeseed oil. Cleansing oil yang memiliki kandungan antioksidan dan bersifat antiinflamasi juga sangat baik untuk kulit sensitif. Agar lebih aman, Anda bisa memilih produk yang komposisinya minimalis.

Pilih Kemasan yang Memudahkan Pengaplikasian

Botol cleansing oil memiliki tiga jenis tutup, yaitu pump, flip top, dan tutup putar. Dari segi ukuran, tersedia ukuran kecil, sedang, hingga besar. Pastikan memilih jenis kemasan dan ukuran yang paling memudahkan Anda.

Kemasan Pump: Lebih Praktis dan Higienis untuk Penggunaan Sehari-hari

Kemasan pump bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mengutamakan kepraktisan. Cukup tekan bagian pump-nya, produk akan otomatis keluar tanpa memerlukan effort lebih. Anda bahkan bisa mengeluarkan isi dengan satu tangan saja.

Tak hanya itu, bentuk pump dapat menghindari kontak mulut botol dengan telapak tangan sehingga produk lebih higienis. Sayangnya, bentuk seperti ini kurang nyaman untuk dibawa bepergian. Tutup pump rawan tumpah jika ditaruh di dalam tas, terlebih jika pump tidak disertai penutup tambahan.

Kemasan Flip Top dan Tutup Putar: Isinya Tertutup Rapat, Lebih Travel Friendly

Kegiatan di luar rumah tak menjadi alasan untuk berhenti merawat kulit wajah. Bagi Anda yang lebih sering menghabiskan waktu di luar rumah, cleansing oil bertutup flip top atau tutup putar cocok menemani mobilitas Anda. Isinya tertutup rapat sehingga Anda tak perlu khawatir produk bocor atau tumpah.

Bentuk botol yang simpel membuatnya tidak memerlukan banyak ruang di dalam skincare pouch Anda. Karena produk dikeluarkan secara manual, Anda pun lebih leluasa menyesuaikan banyaknya produk yang keluar. Namun, hal ini sekaligus menjadi kekurangan tutup flip top dan tutup putar, sebab Anda memerlukan lebih banyak effort untuk mengeluarkan produknya ke telapak tangan.

Pilih Ukuran Kemasan yang Sesuai Kebutuhan

Meski tampak remeh, namun memilih ukuran yang salah bisa cukup merepotkan, lho. Untuk penggunaan sehari-hari di rumah, pilihlah cleansing oil kemasan medium atau kemasan besar (100 – 500 mL). Ini akan membuat Anda tak perlu sering-sering repurchase akibat produk cepat habis.

Bagi Anda yang cukup aktif, mungkin lebih nyaman dengan produk berukuran mini agar mudah dibawa-bawa. Beberapa merek cleansing oil menyediakan opsi ukuran 30 – 70 mL. Ukuran travel size juga disarankan untuk Anda yang ingin mencoba produk cleansing oil baru.

Cermati Kandungan Bahan Tambahan yang Bermanfaat untuk Kulit

Dalam memilih skin care, cobalah perhatikan kandungan tambahannya. Informasi ini berguna untuk mengetahui kandungan yang bermanfaat maupun yang sebaiknya Anda hindari. Anda dapat menemukannya pada bagian komposisi (ingredients) atau highlight produk.

Cleansing oil yang diperkaya ekstrak Centella asiatica dapat memberikan efek menenangkan kulit sekaligus bersifat antiinflamasi. Untuk manfaat antipenuaan dan antioksidan, Anda bisa memilih produk yang mengandung tokoferol (vitamin E) atau ekstrak daun teh. Jika ingin fungsi melembapkan, kandungan asam hialuronat dan gliserol cocok untuk Anda.

Pilihlah Cleansing Oil yang Nyaman saat Diaplikasikan ke Wajah

Hal yang tak kalah penting diperhatikan dalam memilih cleansing oil adalah kenyamanannya saat diaplikasikan. Sebaik apa pun komposisi yang dimiliki, Anda tentu malas memakainya jika produk tersebut tidak nyaman digunakan. Pastikan produk cleansing oil mudah dibilas dan setelahnya tidak meninggalkan kesan berminyak.

Saat membersihkan makeup, salah satu bagian yang sulit dihapus adalah bagian mata. Area ini memerlukan perhatian lebih sehingga penting untuk memilih cleansing oil yang tidak pedih di mata. Selain itu, pastikan cleansing oil memiliki tekstur licin dan tidak lengket. Cleansing oil yang mudah dibaurkan akan lebih efektif membersihkan wajah Anda.

10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik

Setelah memahami cleansing oil yang sesuai kebutuhan, selanjutnya kami memberikan rekomendasi produknya untuk Anda. Check this out!

1. Nivea Soothing Cleansing Oil – Grapeseed Oil

Sumber: Nivea.co.id

Lembut membersihkan dengan formula oil-to-milk

Ingin membersihkan wajah dengan mudah dan menyenangkan? Anda mungkin akan menyukai produk satu ini. Memiliki formula oil-to-milk, komponen minyak produk ini seketika berubah menjadi seperti susu setelah diberi sedikit air. Formula ini akan mempercepat proses pembersihan karena produk menjadi lebih mudah dibaurkan.

Menariknya lagi, produk ini tidak membutuhkan kapas untuk membersihkan residunya. Anda cukup membilasnya dengan air bersih dan “voila!, kulit wajah bersih dari makeup serta terasa lembut, Pemilik kulit sensitif bisa tenang menggunakan produk ini karena tidak ada penambahan parfum dan alkohol di dalamnya.

Cocok untuk Kulit sensitif
Kandungan Grapeseed oil
Bentuk Kemasan Pump
Ukuran 125 mL
Kisaran harga Rp92.000

2. Skin 1004 Madagascar Centella Light Cleansing Oil

Sumber: Beautyhaulofficial.com

Diperkaya centella oil untuk menenangkan peradangan

Saat wajah sedang berjerawat, Anda mungkin menghindari cleansing oil karena khawatir akan memperparah peradangan. Produk dari Skin 1004 ini dapat menjadi alternatif cleansing oil untuk Anda. Berkat kandungan centella oil dan enam jenis minyak alami, produk ini mampu meluruhkan dosa-dosa di wajah Anda sekaligus memberikan efek soothing.

Sesuai namanya, produk ini memiliki tekstur yang ringan sehingga nyaman digunakan untuk tipe kulit berminyak. Selain itu, formulanya mudah diemulsi sehingga proses bilas menjadi lebih cepat. Setelah digunakan, cleansing oil ini meninggalkan rasa bersih dan segar pada kulit.

Cocok untuk Kulit berminyak
Kandungan Centella asiatica extract, sunflower seed oil, bergamot fruit oil, olive fruit oil, jojoba seed oil, pelargonium graveolens flower oil, rosa damascena flower oil
Bentuk Kemasan Pump
Ukuran 200 mL
Kisaran harga Rp390.500

3. Biore Make Up Remover Cleansing Oil

Ampuh membersihkan riasan waterproof

Biore Cleansing Oil dapat menjadi produk holy grail untuk Anda yang sehari-hari menggunakan riasan tebal dan waterproof. Berkat kemampuannya mengangkat riasan yang membandel, Anda bisa mempercayakan produk ini sebagai tahapan awal menghapus riasan tebal.

Cleansing oil ini tidak meninggalkan efek greasy setelah diseka menggunakan kapas atau tisu. Dari segi tekstur, minyaknya sangat cair sehingga tidak sulit menjangkau seluruh permukaan wajah. Selain itu, terdapat kandungan tokoferol dan asam sitrat yang bermanfaat sebagai anti-aging.

Cocok untuk Semua jenis kulit
Kandungan Glyceryl oleate, tocopherol (vitamin E), citric acid, mineral oil
Bentuk Kemasan Pump
Ukuran 150 mL
Kisaran harga Rp83.500

4. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil

Sumber: Review.soco.id

Merawat kelembapan kulit dengan improved hyaluronic acid

Bagi pemilik tipe kulit kering, merawat hidrasi kulit adalah segalanya. Hada Labo Gokujyun Cleansing Oil mengandung kebaikan minyak kelapa yang dikenal baik untuk menjaga kelembapan kulit. Produk ini juga diperkaya improved hyaluronic acid yang mampu mempertahankan keseimbangan air di dalam kulit.

Memiliki harga cukup terjangkau tak membuat Hada Labo memangkas kualitas ingredients-nya. Cleansing oil ini tidak mengandung parfum, mineral oil, dan pewarna sehingga dapat membersihkan wajah secara lembut. Produk satu ini akan memanjakan kulit kering Anda!

Cocok untuk Kulit normal, kulit kering
Kandungan Coconut oil, improved hyaluronic acid
Bentuk Kemasan Flip top
Ukuran 100 mL
Kisaran harga Rp62.688

5. Shu Uemura Anti/Oxi+ Pollutant & Dullness Clarifying Cleansing Oil

Manfaat bahan alami untuk melawan polusi dan efek radikal bebas

Polusi dan radikal bebas dapat menyebabkan kulit wajah tampak kusam dan lelah. Minyak pembersih Shu Uemura ini mengandalkan tiga bahan herbal untuk melenyapkan polutan, keringat, dan makeup dari wajah Anda. Ekstrak daun kelor dan daun pepaya untuk fungsi pembersihan, serta ekstrak daun teh yang berperan sebagai antioksidan.

Tak hanya itu, aroma lembut lavender memberikan sensasi menenangkan di setiap pengaplikasian. Produk ini cocok untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan. Kandungan herbal alaminya akan mengembalikan kesegaran kulit, membuatnya cerah, kenyal, dan sehat berseri!

Cocok untuk Kulit kering, kulit sensitif
Kandungan Moringa pterygosperma seed extract, zea mays (corn) oil, glycerin, glycine soja (soybean) oil, carica papaya (papaya) leaf extract, tocopherol (vitamin E), camellia sinensis leaf extract
Bentuk Kemasan Pump
Ukuran 50 mL, 150 mL, 450 mL
Kisaran harga Rp1.045.000 (ukuran 450 mL)

6. Sulwhasoo Gentle Cleansing Oil

Sumber: Ilotte.com

Kebaikan herbal tradisional Korea untuk wajah bersih terawat

Sulwhasoo terkenal dengan lini produk skincare berkomposisi ekstraksi tanaman herbal Korea, tak terkecuali cleansing oil-nya. Campuran tiga jenis minyak alami pada produk ini mampu membersihkan wajah secara tuntas tanpa menyumbat pori. Inovasi Hydra Capture Complex™ merawat kelembapan kulit selama proses pembersihan.

Kandungan apricot kernel oil dan tangerine peel extract kaya akan antioksidan yang berfungsi membersihkan, menyegarkan, dan merevitalisasi kulit. Selain itu, teksturnya juga ringan dan tidak meninggalkan residu minyak sehingga cocok untuk semua jenis kulit.

Cocok untuk Semua jenis kulit
Kandungan Camellia japonica seed oil, prunus armeniaca (apricot) kernel oil, prunus mume seed extract, tangerine peel extract
Bentuk Kemasan Pump
Ukuran 50 mL, 200 mL, 400 mL
Kisaran harga Rp483.000 (ukuran 200 mL)

7. DHC Deep Cleansing Oil

Sumber: Dhccare.com

Mampu mengikat ekses minyak dan kotoran dengan baik

Formula DHC Deep Cleansing Oil menyatu dengan ekses minyak dan kotoran wajah kemudian mengikatnya sehingga wajah bersih tuntas. Terbuat dari minyak zaitun organik, produk ini juga memberikan kelembapan maksimal pada kulit. Dengan komposisi minimalis tanpa tambahan parfum, pewarna, dan alkohol, kulit sensitif sekalipun bisa menggunakan cleansing oil ini.

Kandungan rosemary leaf oil menjadi aromaterapi alami yang menyegarkan sekaligus menghidrasi kulit. Produk ini juga diperkaya vitamin E yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan dampak buruk radikal bebas. Karena terbuat dari minyak organik, teksturnya mungkin sedikit berat saat diaplikasikan. Namun, produk ini tidak membuat kulit terasa berminyak setelah dibilas.

Cocok untuk Semua jenis kulit
Kandungan Organic olive oil, rosemary leaf oil, tocopherol (vitamin E)
Bentuk Kemasan Pump
Ukuran 70 mL, 200 mL
Kisaran harga Rp349.000 (ukuran 200 mL)

8. Innisfree Apple Seed Cleansing Oil

Kandungan buah apel untuk menjaga elastisitas kulit

Innisfree Apple Seed Cleansing Oil memadukan ekstrak buah apel dan minyak biji apel yang terkenal baik untuk merawat keremajaan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Jika Anda memiliki masalah wajah kusam, cleansing oil ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Produk ini memiliki aroma segar apel yang lembut, memberikan efek calming saat diusapkan ke wajah. Selain untuk meremajakan kulit, buah apel juga bagus untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit. Cleansing oil ini semakin lengkap dengan kandungan ekstrak daun teh yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Cocok untuk Semua jenis kulit
Kandungan Citrus unshiu peel extract, pyrus malus (apple) fruit extract, butylene glycol, glycerin, camellia sinensis (tanaman teh) leaf extract
Bentuk Kemasan Pump
Ukuran 150 mL
Kisaran harga Rp195.000

9. Kiehl’s Midnight Recovery Botanical Cleansing Oil

Sumber: Konvy.com

Diperkaya kandungan squalene untuk kulit lembap dan awet muda

Squalene merupakan senyawa kimia yang diproduksi tubuh secara alami. Seiring bertambahnya usia, produksi squalene mengalami penurunan sehingga menyebabkan kulit lebih mudah kering. Kiehl’s Botanical Cleansing Oil diperkaya kandungan squalene untuk memelihara kelembapan kulit, membuatnya kenyal, dan tampak awet muda.

Memiliki tekstur yang lembut dan ringan, produk ini akan membersihkan kotoran di wajah secara effortless. Selain itu, produk ini telah teruji optalmologis yang memastikan cairannya aman jika terkena mata. Untuk Anda yang hobi travelling, Kiehl’s juga menyediakan opsi mini size dengan botol flip top yang praktis, lho!

Cocok untuk Kulit normal, kulit kering
Kandungan Lavender essential oil, evening primrose oil, squalane, tocopherol (vitamin E)
Bentuk Kemasan Flip top (ukuran 40 mL), pump (ukuran 175 mL)
Ukuran 40 mL, 175 mL
Kisaran harga Rp80.000 (ukuran 40 mL)

10. Kose Softymo Deep Cleansing Oil

Sumber: Lazada.co.id

Mengandung minyak beras untuk membersihkan hingga ke dalam

Kose Softymo Deep Cleansing Oil menggunakan bahan utama minyak beras yang mampu membersihkan riasan dan sisa sunscreen hingga pori-pori terdalam. Tak hanya itu, bahan aktifnya juga berfungsi mencerahkan karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

Selain kekuatan membersihkan yang mumpuni, produk ini juga bertekstur ringan dan smooth saat dibaurkan. Menghapus riasan mata yang berat pun tak menjadi masalah karena formulanya tidak pedih di mata. Kemasannya yang bongsor membuat produk ini lebih awet sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari di rumah.

Cocok untuk Kulit sensitif, kulit kombinasi normal – berminyak
Kandungan Glycerin, jojoba seed oil, tocopherol, oryza sativa bran oil
Bentuk Kemasan Pump
Ukuran 230 mL
Kisaran harga Rp170.000

Tahapan Double Cleansing yang Tepat untuk Kulit Wajah Bersih dan Sehat

Setelah beraktivitas seharian, mencuci wajah menggunakan facial wash saja belum cukup untuk membersihkan kotoran dengan tuntas. Anda perlu melakukan double cleansing agar sisa makeup, debu, dan keringat terangkat sempurna. Double cleansing berfungsi untuk mencegah penyumbatan pori-pori yang dapat memicu timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

Agar pembersihannya maksimal, Anda perlu menerapkan double cleansing yang tepat sesuai jenis kulit. Untuk kulit berminyak, awali pembersihan dengan cleansing oil yang teksturnya ringan. Kemudian, lanjutkan dengan gel facial wash yang mengandung bahan oil control seperti aloe vera dan tea tree extract. Tutup rangkaian skin care Anda dengan pelembap yang ringan.

Untuk kulit kering, pilih cleansing oil yang teksturnya lebih kental. Tekstur yang kental mampu memerangkap kelembapan alami kulit. Setelah itu, gunakan juga sabun pembersih wajah yang bersifat melembapkan. Kandungan asam hialuronat dan gliserol adalah pilihan yang tepat. Akhiri dengan aplikasi moisturizer yang mampu menjaga kelembapan lebih lama.

Pemilik kulit sensitif sebaiknya memilih cleansing oil yang ringan di kulit dan komposisinya minimalis. Untuk sabun wajah, hindari produk yang mengandung harsh surfactant seperti SLS dan SLES. Terakhir, gunakan pelembap yang memiliki sifat calming dan antiinflamasi. Kandungan seperti Centella asiatica dan panthenol cocok untuk merawat kulit sensitif.

Lihat juga rekomendasi pembersih wajah terbaik lainnya di sini!

Cleansing water dan micellar water adalah dua produk pembersih wajah yang juga dipilih sebagian orang. Kedua produk ini memiliki perbedaan karakteristik, meskipun sama mampu mengangkat minyak dan kotoran dari kulit wajah.

Jika Anda ingin merasakan sensasi membersihkan wajah yang berbeda dari cleansing oil, cobalah memakai salah satu jenis pembersih wajah tersebut. Pada artikel berikut, Anda akan menemukan rekomendasi produk cleansing water dan micellar water. Selamat memilih!

10 Rekomendasi Cleansing Water Terbaik
10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik

Kesimpulan

Sebelum membeli cleansing oil, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar produk yang Anda dapatkan sesuai dengan kebutuhan. Pertama, sesuaikan kandungan cleansing oil dengan tipe kulit Anda. Kedua, pilih yang kemasannya memudahkan penggunaan. Ketiga, cermati bahan tambahan yang ada pada cleansing oil. Terakhir, pastikan cleansing oil tersebut nyaman digunakan.

Tak hanya cara memilihnya, Anda juga perlu menerapkan tahapan double cleansing yang tepat sesuai jenis kulit. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan cleansing oil terbaik untuk melengkapi rangkaian skin care harian. Happy cleansing!

(Visited 596 times, 7 visits today)