Written by 14:06 Kesehatan & Kecantikan

10 Merk Micellar Water Terbaik

Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water

Meskipun dibandrol dengan harga yang relatif lebih mahal dibandingkan cleansing water atau makeup removal lain, merk micellar water terbaik kerap dipilih karena lebih unggul dari banyak sisi. Buat Anda yang terbiasa dengan pemakaian kosmetik atau melakukan perawatan kulit, tidak ada salahnya mencoba micellar water yang akhir-akhir ini sedang menjadi favorit banyak orang.

Micellar water yang dihadirkan sebagai pembersih wajah dalam bentuk cair umumnya terbuat dari bahan dasar air. Micellar water berguna untuk membersihkan wajah dari sisa makeup, menyegarkan wajah, mencuci muka, dan bahkan bisa untuk membersihkan tangan atau noda di atas permukaan kain. Saat ini kita bisa menemukan micellar water dengan mudah di Indonesia dengan berbagai pilihan brand ternama.

Perbedaan Micellar Water Dengan Pembersih Wajah Lain

Perbedaan Micellar Water Dengan Pembersih Wajah Lain

Bagi yang belum tahu, micellar water adalah salah satu produk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit. Sebagian besar micellar water cocok untuk beragam jenis kulit wajah dan tubuh Anda. Apa sih bedanya micellar water dengan produk pembersih wajah lainnya? Dirangkum dari Hellosehat, micellar water yang sudah muncul sejak 1990an di Perancis ternyata telah dipakai para wanita untuk membersihkan wajah dan kulit.

Micellar water diciptakan sebagai solusi untuk membersihkan wajah dan kulit dengan racikan formula khusus yang ampuh dalam mengusir kotoran, debu, dan kelebihan minyak pada wajah. Micellar water berbeda dengan produk-produk pembersih muka lainnya karena bebas kandungan alkohol. Kemampuan micellar water juga lebih baik berkat adanya micelles, molekul minyak berukuran mikro yang efektif dalam mengangkat berbagai kotoran, debu, kuman, dan minyak kotor di wajah.

Bahkan, kini sudah banyak merk micellar water yang bagus dengan tingkat performa paling maksimal dalam membersihkan wajah. Anda tak perlu lagi melakukan bilas wajah dengan air atau sabun wajah setelah memakai micellar water. Formula yang efektif dalam micellar water akan menghapus makeup atau sisa makeup serta noda-noda membandel yang sulit dihilangkan. Dengan demikian, micellar water juga mengantongi nilai serbaguna dan lebih praktis.

Micellar Water dan Cleansing Water Tidaklah Sama

Micellar Water dan Cleansing Water Tidaklah Sama

Tak sedikit perempuan yang menganggap kalau micellar water sama dengan cleansing water pada umumnya. Walaupun tak dipungkiri ada beberapa produsen yang mengeluarkan produk dengan gabungan fungsi antara micellar dan cleansing water, namun yang sebenarnya kedua produk ini tidaklah sama. Bedanya, micellar water terbuat dari air yang sudah dimurnikan sehingga tidak mengandung metal berat di dalamnya.

Micellar water juga dibekali partikel mikro bernama micelles yang bertugas baik dalam mengangkat minyak dan kotoran dari kulit wajah. Sementara cleansing water, yang lebih umum disapa demikian oleh wanita Korea, juga telah dipurifikasi airnya. Namun, cleansing water telah ditambahkan cleansing agents di dalamnya. Hal inilah yang membuat cleanser water berbeda dengan micellar water, karena cleansing water telah ditambahkan dengan bahan lain seperti minyak esensial, ekstrak buah, dan berbagai bentuk mineral.

Cara Memilih Micellar Water Terbaik

Setelah paham perbedaan antara micellar water dan jenis pembersih lain semacam cleansing water, sekarang Anda akan kami berikan panduan dalam memilih micellar water terbaik. Dengan memperhatikan poin-poin berikut, diharapkan Anda tidak keliru dalam menentukan produk pembersih yang lagi booming ini. Silakan disimak!

Pilihlah yang Terbuat Dari Air yang Sudah Dimurnikan

Pilihlah yang Terbuat Dari Air yang Sudah Dimurnikan

Salah satu syarat mutlak yang wajib diperhatikan saat berencana membeli produk micellar water adalah terbuat dari air yang sudah dijernihkan atau dimurnikan. Ini penting karena sebagian produk ada yang hanya menggunakan cosmetic quality water dimana jenis air ini masih menyimpan bakteri yang melepaskan endotoksin saat proses filtrasi. Bakteri ini akan meamsuki kulit dan menimbulkan peradangan.

Beragam produsen pun turut berlomba-lomba melakukan inovasi dalam merilis micellar water dengan air yang sudah melalui proses pemurnian hingga berkali-kali. Pemberian formula yang lebih unggul karena diperkuat dengan bahan yang memberikan efek menenangkan juga tak jarang dilakukan. Tapi perlu diingat, sebuah micellar water terbaik biasanya dibandrol dengan harga cukup mahal.

Pilihlah yang Cocok Untuk Jenis Kulit Anda

Pilihlah yang Cocok Untuk Jenis Kulit Anda

Untuk hasil yang lebih maksimal, disarankan mencari micellar water yang cocok sesuai kondisi kulit Anda. Karena itu, identifikasi terlebih dahulu wajah Anda termasuk tipe apa, apakah normal, kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi. Untuk wajah normal cenderung kering, pilihlah micellar water yang mempunyai sifat nourishing dan melembapkan atau hydrated.

Bagi kulit berminyak dan kombinasi, maka pilihlah micellar water yang punya formula khusus untuk mengurangi minyak berlebih pada area seperti hidung, dahi, atau bagian wajah lain. Kulit yang rentan berjerawat juga disarankan membeli micellar water dengan bahan yang ramah ke kulit. Pastikan juga produk tersebut mengandung formula yang bisa mengurangi kelebihan minyak sehingga jerawat atau komedo tak mudah muncul.

Sementara untuk pemilik kulit sensitif, seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, Anda harus memastikan kalau micellar water tersebut ingredients-nya bebas parfum dan tidak bekerja agresif dalam menyapu kotoran atau debu di wajah. Carilah yang bersifat gentle agar tidak menyebabkan kemerahan atau kulit iritasi akibat formula tersebut.

Pilihlah yang Dibekali Fitur dan Formula Berkualitas

Pilihlah yang Dibekali Fitur dan Formula Berkualitas

Sebisa mungkin untuk mencari micellar water yang unggul dari segi fitur dan formula. Sudah banyak produk dengan kelebihan formula semisal micro-action yang dapat bekerja maksimal dalam membersihkan sisa riasan pada wajah. Beberapa produsen bahkan menyertakan kandungan seperti glycerin yang punya sifat melembapkan dan melembutkan kulit wajah.

Ada juga formula berkualitas lain seperti disodium edta yang punya peranan sama seperti toner untuk membersihkan kotoran, debu, ataupun makeup lebih sempurna. Fitur lain yang perlu dipertimbangkan bisa dilihat pada kemasannya yang bernilai praktis atau tidak. Kemudian pilih juga micellar water yang memiliki tutup flip top dengan kemampuan mengunci rapat sehingga memastikan isinya higienis.

Pilihlah yang Bebas Kandungan Alkohol dan Parfum

Pilihlah yang Bebas Kandungan Alkohol dan Parfum

Meskipun ada sebagian yang mengantongi fitur ini, namun disarankan untuk tidak mencari micellar water yang punya aroma wangi. Kenapa? Sebab produk yang disuntikkan parfum pada sebagian kondisi kulit memberikan efek berbeda. Selain parfum atau fragrance, wajib juga membeli produk yang tidak mengandung alkohol, sehingga aman untuk kulit sensitif.

Anda yang punya kulit kering juga bisa memakai micellar water bebas alkohol dan parfum. Formula yang lembut dari micellar water untuk kulit kering ini juga tidak menyebabkan sensasi rasa tertarik saat diaplikasikan ke wajah. Beberapa produsen juga ada yang memakai ratusan bahan dasar dari ratusan ribu bahan yang biasanya diguanakan dalam kosmetika modern.

10 Merk Micellar Water Terbaik di Indonesia

Selanjutnya, kami akan bagikan rekomendasi micellar water terbaik untuk Anda pilih. Produk yang tercantum dalam daftar berikut ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kemudian dari segi harga juga berbeda, ada yang paling murah hingga mahal, menyesuaikan dengan spesifikasi dari masing-masing produk. Silakan dipilih mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan bujet Anda, ya!

1. Corine de Farme Purity Micellar Water

Corine de Farme Purity Micellar Water

Kisaran harga: Rp190.000

Deskripsi Produk

  • Micellar water untuk kulit sensitif dengan formula micelle tensioactives yang akan menangkap kotoran pada permukaan epidermis.
  • Sudah dibuktikan banyak orang efektif dalam menghapus makeup, membersihkan wajah, mata, dan area bibir.
  • Formula yang lembut dengan tambahan ekstrak bunga peoni menjadikan produk ini punya sifat toning menenangkan.
  • Menawarkan hasil kulit yang lembut alami, segar, lembap, dan tidak disertai rasa gatal atau kencang seperti tertarik.
  • Tidak berbau, beraroma, dan berwarna sehingga aman dari risiko kulit iritasi ataupun bikin kulit perih.
  • Diciptakan untuk kulit normal, kering, dan sensitif.

 

2. Garnier Micellar Cleansing Water All in One Makeup Remover & Cleanser

Garnier Micellar Cleansing Water All in One Makeup Remover Cleanser

Kisaran harga: Rp35.000

Deskripsi Produk

  • Satu produk micellar water untuk kulit berminyak dengan segala kebutuhan membersihkan wajah dari kotoran, debu, ataupun sisa makeup yang berat.
  • Diciptakan untuk kulit kombinasi, berminyak, dan sensitif.
  • Harga relatif lebih murah dibandingkan produk lain dengan fungsi serupa.
  • Sudah terbukti mampu menyapu bersih kotoran secara all out.
  • Untuk kulit sensitif, micellar water ini tidak menimbulkan rasa panas.
  • Sebagian orang merasakan efeknya yang tidak bertahan lama alias muka mulai berminyak setelah beberapa jam pemakaian.
  • Mudah ditemukan di supermarket kesayangan Anda.

 

3. Bioderma Sensibio H2O

Bioderma Sensibio H2O

Kisaran harga: Rp238.000

Deskripsi Produk

  • Meskipun mahal, micellar water untuk kulit kering ini menjadi andalan banyak wanita karena benar-benar bagus kualitasnya.
  • Sudah mendapat ribuan ulasan pada situs FemaleDaily Review dengan rating produk 4.4 (nyaris sempurna).
  • Sudah dipakai dan direkomendasikan oleh banyak dokter kulit atau pakar kecantikan.
  • Pembersih wajah sekaligus makeup remover dengan formula ringan yang tidak perlu dibilas.
  • Dirancang dengan teknologi pemurni air berkualitas tinggi sehingga menghasilkan air termurni dan teraman yang bisa mengurangi peradangan.
  • Sangat cocok untuk kulit Anda yang sensitif dan sangat kering karena mengandung Dermo-Patented untuk memperkuat pertahanan kulit serta mampu memberikan efek melembapkan.
  • Diklaim sebagai produk pertama yang melakukan 2 tindakan, yakni daya membersihkan yang tinggi dan bersifat restorative atau tidak menyebabkan kulit kering.
  • Dikombinasikan dengan micelle technology dan fatty acid ester sehingga memiliki pH yang seimbang dengan pH kulit, yakni 5.5.

 

4. Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water

Garnier Micellar Oil Infused Cleansing Water

Kisaran harga: Rp39.000

Deskripsi Produk

  • Alternatif micellar water yang murah dibandingkan produk keluaran Bioderma dengan fungs yang tak kalah bagusnya.
  • Diformulasikan dengan bahan minyak untuk menambah efektifitas dalam mengangkat kotoran dan sisa kosmetik di wajah, bahkan cocok sebagai micellar water untuk makeup waterproof (maskara, eyeliner, dan sebagainya) sekalipun.
  • Dikombinasikan dengan minyak argan yang akan menyuplai nutrisi baik untuk kulit.
  • Bisa dipakai oleh semua jenis kulit, bahkan yang sensitif sekalipun karena formulanya yang lembut dan aman bagi kulit.
  • Punya aroma minyak yang wangi.
  • Setelah pemakaian, banyak orang merasakan efek wajah yang terasa lebih ringan.
  • Bisa membuat wajah terlihat beberapa tingkat lebih cerah (glowing effect).

 

5. Bioderma Sebium H2O

Bioderma Sebium H2O

Kisaran harga: Rp219.000

Deskripsi Produk

  • Seri lain micellar water di Indonesia dari Bioderma yang tak kalah bagus dengan seri Sensibio.
  • Produk diklaim tidak menyebabkan kulit menjadi kering karena bebas bahan berbahaya seperti paraben dan zat pewarna.
  • Meskipun mengandung pewangi yang segar, produk ini dipastikan hipoalergenik dan tidak menimbulkan komedo.
  • Diperkaya dengan bahan dengan sifat membersihkan seperti gluconate zinc dan sulfat tembaga.
  • Diformulasikan untuk memurnikan kulit dan menahan laju sekresi sebaceous (produksi minyak berlebih).
  • Bersifat mendinginkan dan tidak akan menyebabkan wajah iritasi.
  • Juga efektif membersihkan riasan waterproof seperti maskara.
  • Sangat cocok untuk kulit wajah berminyak dan acne prone.

 

6. Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water

Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water

Kisaran harga: Rp27.000

Deskripsi Produk

  • Micellar water halal yang dibandrol dengan harga murah, di bawah 50 ribuan!
  • Menawarkan hasil yang maksimal tanpa meninggalkan rasa lengket pada wajah.
  • Dirancang dengan bahan alami seperti ekstrak rumput laut dan timun yang mengantongi sifat menenangkan dan meremajakan kulit.
  • Menyimpan formula lembut dan ringan untuk menghilangkan bintik hitam dan bekas jerawat.
  • Cocok untuk semua jenis kulit dan kondisi badan, bahkan aman juga dipakai untuk ibu hamil.
  • Packaging kemasan yang unik dengan kelebihan fitur pada bagian tutup dan lubang yang kecil sehingga tidak mudah tumpah saat dibawa-bawa.

 

7. NIVEA Make Up Clear Micellar Water

NIVEA Make Up Clear Micellar Water

Kisaran harga: Rp53.000

Deskripsi Produk

  • Dihadirkan untuk keperluan membersihkan pada kult normal dan berminyak dengan sifat menyegarkan dan melembapkan.
  • Bukan hanya mampu mengangkat riasan wajah secara sempurna, micellar water inijuga bikin wajah Anda lebih sehat dan ternutrisi.
  • Tidak perlu kerja ekstra saat menggosok wajah, cukup beberapa kali usap, formulanya akan bekerja mengangkat dosa-dosa di wajah.
  • Sebagian orang juga ada yang memakai produk ini untuk kulit kering tanpa menerima efek tertarik atau kencang.
  • Memiliki aroma yang lembut, sehingga Anda tak perlu khawatir akan mengganggu penciuman.
  • Kurang maksimal dalam membersihkan makeup waterproof.

 

8. Ovale Micellar Cleansing Water

Ovale Micellar Cleansing Water

Kisaran harga: Rp34.000

Deskripsi Produk

  • Salah satu micellar water non alkohol dan fragrance sehingga tidak bikin perih di muka.
  • Cukup dengan pemakaian sedikit, hasil yang diberikan sangat maksimal, wajah bisa bersih hanya dengan 2 kapas.
  • Harga yang murah dan isinya banyak.
  • Diklaim bisa untuk penggunaan di area mata dan bibir tanpa membuat area tersebut kering.
  • Kurang efektif dalam membersihkan produk kosmetik waterproof.
  • Lubang pada botol berukuran besar sehingga perlu kehati-hatian lebih saat mengeluarkan isinya.

 

9. Pond’s White Beauty Brightening Micellar Water

Ponds White Beauty Brightening Micellar Water

Kisaran harga: Rp30.000

Deskripsi Produk

  • Micellar water dengan harga jual murah yang sudah dibekali vitamin B3 untuk melembapkan, mencerahkan, dan mencegah penuaan dini.
  • Mengandung formula lembut yang tidak membuat kulit wajah kering, perih, dan panas, bahkan saat tidak sengaja mengenai mata.
  • Cocok untuk semua jenis kulit.
  • Untuk hasil yang maksimal, disarankan memakai milk cleanser setelah pengaplikasian produk ini.
  • Bisa memberikan efek glowing untuk kulit kuning langsat. Efek ini hanya dirasakan oleh sebagian orang saja.
  • Mudah dibeli di drugstore ataupun supermarket favorit Anda.

 

10. L’Oreal Paris Micellar Water

Loreal Paris Micellar Water

Kisaran harga: Rp129.000

Deskripsi Produk

  • Cocok untuk Anda yang malas melakukan double cleansing, sebab micellar water ini sangatlah efektif dalam membersihkan kotoran ataupun makeup.
  • Bisa ditemukan di toko-toko kosmetik kenamaan semisal Guardian atau Watsons.
  • Tersedia dalam 2 varian yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Varian pertama dikemas dalam botol bertutup merah muda untuk kulit kering dan kemasan dengan botol berwarna biru untuk kulit berminyak.
  • Untuk tutup berwarna pink bersifat moisturizing dan biru untuk refreshing.
  • Bekerja bukan hanya untuk membersihkan dan menghapus makeup, tetapi juga merawat kulit wajah serta memelihara kelembapan alami.
  • Juga cocok untuk kulit sensitif karena hypoallergenic, tidak mengandung alkohol, dan bebas fragrance.
  • Setiap varian sudah dibekali dengan hydrating agents untuk menghindari wajah dari kekeringan berlebih.
  • Tekstur yang cair dengan warna bening seperti air untuk semua varian, masing-masing bisa untuk membersihkan eyeshadow, foundation, eyeliner, maskara, dan lipstik waterproof hanya dengan 2 buah kapas.

 

Apakah Micellar Water Memiliki Efek Samping Berbahaya?

Apakah Micellar Water Memiliki Efek Samping Berbahaya

Di balik segala kelebihan dari merk micellar water terbaik, adakah efek samping berbahaya dari pemakaian sering? Menurut seorang ahli dermatologi, dr. Debra Luftman, saat diwawancari oleh ELLE, pembersih micellar dipastikan aman untuk wajah. Bahkan, produk ini punya tingkat lebih aman dibandingkan produk pembersih wajah biasa dimana sebagian akan meninggalkan zat-zat kimia ang berbahaya bagi kulit.

Micellar water juga tidak akan menyebabkan kulit semakin tipis meskipun digosok berkali-kali, sangat berbeda dengan produk pembersih wajah lain yang mengandung alkohol, sabun, dan pewangi. Sifat melembapkan dari micellar water juga memastikan kondisi wajah yang kering untuk merasakan keunggulan dari produk ini. Bahkan, kulit wajah juga terjaga kekenyalannya.

Sampai sekarang, para ahli sepakat kalau micellar water adalah satu jenis pembersih wajah yang mempunyai efek samping paling minim. Sejauh ini, belum ditemukan kasus seseorang mengalami komplikasi tertentu akibat pemakaian pembersih wajah serbaguna ini. Meski demikian, ada juga yang melaporkan efek iritasi pada kulit atau mata, ini pun hanya terjadi pada mereka yang alergi terhadap beberapa zat kimia semisal phenoxyetanol.

(Visited 120 times, 1 visits today)