Written by 00:45 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Cleansing Water Terbaik

Cleansing water terbuat dari formula berbasis air (water-based) yang digunakan sebagai pembersih wajah. Produk ini mampu menghilangkan kotoran dan makeup hanya dengan beberapa kali usapan. Penggunaannya pun praktis, selain hanya memerlukan kapas, cleansing water tak perlu Anda bilas layaknya pembersih wajah lain.

Di samping fungsi utamanya, sejumlah cleansing water diperkaya bahan-bahan untuk melembutkan, melembapkan, dan bahkan mencerahkan kulit. Untuk menemukan cleansing water terbaik, Anda perlu mengetahui dulu tips memilih produk yang tepat di sini. Setelahnya, kami cantumkan pula cleansing water yang bagus keluaran Garnier, Simple, Ovale, dan Wardah. Silakan simak dan bookmark artikel ini, ya!

Apa itu Cleansing Water?

Cleansing water adalah cairan pembersih yang digunakan untuk menghilangkan kotoran dari wajah Anda. Produk ini tidak seperti pembersih biasa karena Anda tidak perlu membilasnya dengan air mengalir. Kandungan cleansing water sebagian besar adalah air murni yang dikombinasikan dengan bahan-bahan melembabkan semisal gliserin. Konsentrasi rendah surfaktan juga menjadi ciri khas cleansing water.

Cleansing water tidak lengket di wajah, namun justru terasa ringan dan lembut. Bahkan, cleansing water bekerja seperti magnet yang bisa menarik kotoran, minyak, serta bekas riasan untuk menjauhi kulit dengan mudah. Cara memakainya cukup dengan dituangkan ke kapas lalu diusapkan ke wajah. Molekul yang ada di kapas kemudian akan mengatur performa untuk pembersihan yang optimal.

Karena cleansing water tidak perlu dibilas, maka bahan pelembab yang tertinggal akan diserap oleh kulit. Kelebihan ini membawa manfaat untuk segala jenis kulit, terutama kulit wajah yang cenderung kering. Tidak hanya itu, cleansing water juga lebih praktis bagi siapa saja yang berpergian, saat ke gym, atau mencari cara termudah untuk menghilangkan riasan tanpa harus meninggalkan tempat tidur.

Cara Memilih Cleansing Water

Sebelum Anda bisa menggunakan produk cleansing water, tentunya Anda harus menemukan satu formula yang tepat untuk jenis kulit Anda. Ada banyak formula yang dibuat untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Mari pilih cleansing water berdasarkan kategori berikut untuk meringankan pencarian Anda.

Pilih yang Bahannya Ramah terhadap Kulit Anda

Cleansing water adalah salah satu produk perawatan yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit, baik normal, kering, sensitif, kombinasi, maupun berminyak. Namun, sebagian produk mungkin dikhususkan untuk kulit tertentu saja. Perhatikan selalu label pada botol kemasan cleansing water, lalu pastikan kandungan bahan di dalamnya sesuai untuk jenis kulit Anda.

Jika kulit Anda cukup reaktif atau sensitif terhadap bahan tertentu, maka pastikan cleansing water yang dipilih bebas parfum tanpa memerlukan penyekaan berlebih. Sementara untuk Anda yang sering memakai makeup tahan air, terutama pada area mata, lebih baik mencari produk cleansing water khusus makeup waterproof agar bisa menghilangkan riasan secara lembut tanpa melukai kulit.

Periksa Nilai Komposisi Surfaktan yang Terkandung

Jika Anda bertanya mengapa cleansing water cukup ampuh menarik kotoran dari wajah, jawabannya terletak pada kandungan surfaktan di dalamnya. Biasanya cleansing water mengandung bahan pelarut sama seperti untuk pembuatan deterjen, sabun cuci, sabun muka, dan shampoo. Namun, konsentrasi surfaktan yang digunakan pada cleansing water cukup rendah sehingga tidak membahayakan kulit.

Sama seperti bahan pelarut lain, molekul surfaktan pada cleansing water terdiri dari kepala hidrofilik yang tertarik pada air, dan ekor lipofilik yang tertarik pada minyak. Ketika Anda menuangkannya ke selembar kapas, kepala hidrofilik akan terperangkap di dalam kapas dengan ekor mencuat yang siap menarik minyak atau kotoran dari wajah Anda.

Akan tetapi, Anda mungkin butuh beberapa usapan untuk membersihkan makeup yang tebal. Hal ini cukup berbahaya untuk kulit sensitif karena terjadi banyak gesekan yang berisiko membuat kulit wajah Anda terluka. Belum lagi jika riasan Anda tahan air, boleh jadi Anda memerlukan komposisi surfaktan lebih tinggi untuk melakukan pembersihan dengan cepat.

Tinggi rendahnya kandungan surfaktan akan mempengaruhi kekuatan pembersihan. Sayangnya, persentase surfaktan ini sangat jarang dicantumkan pada kemasan produk. Satu-satunya cara mengetahuinya yakni dengan melihat urutan bahan yang ada pada label. Jika komposisi surfaktan ini terdapat di awal atau paling atas, maka bisa diasumsikan kandungan surfaktannya cukup besar, dan begitu pun sebaliknya.

Untuk Pengguna Ekstensi Bulu Mata, Pilihlah yang Bebas Minyak

Mengingat kandungan minyak pada cleansing water cukup kuat untuk mengikat kotoran keluar dari wajah, Anda yang menggunakan ekstensi bulu mata harus lebih berhati-hati. Cleansing water dengan kandungan minyak berlebih dikhawatirkan bisa meluruhkan lem yang Anda gunakan untuk memasang bulu mata dan menyebabkan rontok.

Tetapi, Anda tak perlu khawatir sebab ada alternatif cleansing water untuk menghapus riasan wajah, yakni produk dengan formula bebas minyak. Produk bebas minyak seperti Garnier Micellar Cleansing Water atau merek cleansing water lain merupakan salah satu referensi yang cocok untuk membersihkan wajah sekaligus menjaga ekstensi bulu mata. Anda bisa temukan cleansing water lain pada list rekomendasi di bawah..

Pilih yang Dilengkapi Unsur Bermanfaat Lainnya

Seperti disebutkan sebelumnya, sebagian cleansing water mungkin dibuat untuk jenis kulit tertentu yang artinya, komposisi dalam setiap produk tidak selalu sama. Ada cleansing water yang menawarkan pelembab alami sehingga bisa menutrisi kulit normal atau kering agar tetap lembab. Selain itu, terdapat pula cleansing water dengan bahan yang berfungsi untuk peeling. Alhasil, kotoran terangkat, kulit kusam pun teratasi.

Jika Anda menghendaki pemilihan cleansing water dengan salah satu kelebihan tersebut, telitilah komposisi produk. Cleansing water dengan pelembab biasanya mengandung komponen seperti glycerin, hyaluronic acid, ceramide, kolagen, dan ceramide. Sementara untuk mendapatkan manfaat peeling, Anda bisa pilih produk berkandungan AHA (lactic acid/malic acid) dan turunan vitamin C.

Hindari Iritasi dengan Memilih Produk yang Minim Zat Aditif

Salah satu aspek yang paling menonjol dari cleansing water adalah formulanya yang lembut di kulit, sehingga menjadikannya aman untuk tipe kulit sensitif. Walau demikian, tetap ada kemungkinan reaksi negatif seperti iritasi. Untuk menghindarinya, Anda sebaiknya memilih produk minim zat tambahan, misalnya alkohol, paraben, sulfat, silikon, pewangi, dan pewarna sintetis.

Belakangan, produsen merancang cleansing water dengan formulasi sederhana atau bahkan bebas zat aditif. Cleansing water dengan minimal ingredients ini ideal untuk semua jenis kulit. Meskipun begitu, penggunaannya pun harus berhati-hati karena pembersih berbahan minyak berpotensi mengiritasi apabila masuk ke mata.

10 Rekomendasi Cleansing Water Terbaik

Berikut rekomendasi produk cleansing water yang berfungsi dasar sama, yaitu membantu menghilangkan makeup dan membersihkan kotoran serta minyak dari permukaan kulit Anda. Perhatikanlah keutamaan dari setiap produk agar sesuai dengan kebutuhan Anda!

1. Biore Perfect Cleansing Water Soften Up

Cleansing water yang bisa membersihkan sekaligus mencerahkan kulit

Produk skincare Jepang kerap menjadi idola, terutama karena kandungannya yang didominasi bahan alami yang aman untuk kulit. Sama seperti Biore Perfect Cleansing Water ini, diformulasikan dengan pH kulit alami yang bisa memelihara kelembapan kulit Anda agar bebas kering. Formula bernama Japan Brightening Micellar-nya juga bermanfaat membuat kulit lebih cerah.

Varian Soften Up pada produk Biore ini lebih dikhususkan untuk jenis kulit kering dan normal. Kandungan bahannya tidak membuat alergi pada kulit, mata, dan komponennya bersifat non-comedogenic. Selain itu, cleansing water ini cocok untuk kulit cenderung sensitif karena tanpa alkohol, pewarna, dan pewangi buatan. Tenang saja, produk ini juga sudah terdaftar di BPOM, kok!

Untuk kondisi kulit Normal, kering
Bahan tambahan Butylene glycol, citric acid
Keamanan BPOM, telah uji alergi dan optalmologis, non-comedogenic, tanpa alkohol, tanpa paraben, tanpa silikon, tanpa pewarna, tanpa fragrance, natural pH skin
Ukuran/isi 300 mL
Kisaran harga Rp68.000

2. Garnier Micellar Cleansing Water Pink

Formula bebas lengket, minyak, dan parfum untuk cegah iritasi

Garnier Micellar Cleansing Water Pink adalah produk pembersih khusus kulit sensitif. Formula bahannya tidak meninggalkan sensasi wajah lengket dan berminyak. Selain itu, jika Anda perhatikan pada kemasannya tertera keterangan lulus uji dermatologis dan optalmologis. Artinya, cleansing water ini aman tanpa menimbulkan iritasi baik pada kulit maupun mata.

Garnier merumuskan produk ini dengan sedikit bahan. Tercantum glycerin, hexylene glycol, disodium EDTA, disodium cocoamphodiacetate, polyaminopropyl biguanide, dan poloxamer184 yang efektif menghilangkan kotoran wajah cukup satu usapan. Untuk makeup tebal, Anda mungkin harus menggosok wajah 4 hingga 5 kali sampai tidak tersisa residu pada kulit.

Untuk kondisi kulit Normal, sensitif
Bahan tambahan Glycerin
Keamanan BPOM, tanpa alkohol, tanpa paraben, tanpa silikon, minimal ingredients
Ukuran/isi 125 mL
Kisaran harga Rp35.000

3. Watsons Cleansing Water Gentle & Mild

Cleansing water yang tahan lama dengan kemasan big size

Watsons Cleansing Water merupakan pilihan tepat untuk Anda yang cenderung boros menggunakan pembersih wajah. Pasalnya, ukuran botol dan isinya tidak tanggung-tanggung sangatlah banyak, sehingga Anda bisa gunakan selama berbulan-bulan. Selain itu, botol cleansing water Watsons dilengkapi pompa yang memudahkan Anda menuangkan cairan pembersih.

Mengandung hyaluronic acid dan witch hazel extract, cleansing water ini sanggup meninggalkan wajah bersih sekaligus lembap. Tak hanya itu, pori-pori terbka pun akan dikencangkan olehnya. Produk ini juga bebas minyak dan bahan aditif seperti alkohol, paraben, pewarna, dan pewangi artifisial. Sebab tidak mengandung minyak, cleansing water ini kurang andal membersihkan makeup waterproof.

Untuk kondisi kulit Semua kondisi kulit
Bahan tambahan Hyaluronic acid, witch hazel extract
Keamanan BPOM, dermatologically tested, tanpa alkohol, tanpa paraben, tanpa fragrance, tanpa sabun, tanpa minyak, tanpa pewarna
Ukuran/isi 485 mL
Kisaran harga Rp94.900

5. Ovale Micellar Cleansing Water Brightening for Acne Skin

Mengandung formula untuk mencerahkan dan mengempiskan jerawat

Sesuai namanya, seri Brightening for Acne Skin dari Ovale ini sangat recommended untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat atau berminyak. Di dalamnya tersemat kebaikan ekstrak green tea yang mampu mengempiskan jerawat sekaligus sebagai antioksidan. Ada pula ekstrak bunga magnolia yang akan mencerahkan kulit sekaligus menekan risiko iritasi.

Cleansing water besutan Ovale satu ini tergolong aman meskipun di dalamnya masih tertera konsentrasi etanol. Bila kulit Anda cenderung sensitif, sebaiknya lakukan pengujian untuk mengecek reaksi kulit. Memakai produk ini dapat menghemat waktu karena tak perlu dibilas. Untuk peroleh hasil maksimal, Anda bisa melakukan double cleansing.

Untuk kondisi kulit Berjerawat dan acne-prone
Bahan tambahan Ekstrak magnolia, ekstrak teh hijau, tocopherol (vitamin E), butylene glycol, citric acid, camellia sinensis leaf extract
Keamanan BPOM, hypoallergenic, dermatologically tested, tanpa fragrance, tanpa alkohol
Ukuran/isi 200 mL
Kisaran harga Rp29.000

5. Simple Kind to Skin Micellar Cleansing Water

Pembersih wajah sederhana yang bisa menghidrasi kulit

Ini adalah cleansing water sederhana yang bisa membersihkan kulit secara menyeluruh tanpa campuran bahan kimia pengiritasi kulit. Teksturnya sangat lembut dan bisa mengangkat kotoran hingga ke pori-pori, produk ini akan menghasilkan wajah bersih seketika. Belum usai, cleansing water besutan Simple ini juga diperkaya hydrating agent untuk meningkatkan hidrasi kulit hingga 90 persen.

Komposisi bahannya terdiri dari air murni, gliserin untuk menghidrasi kulit, surfaktan ringan yang bisa membersihkan kulit tanpa membuatnya kering, dan wewangian alami dari ekstrak chamomile yang menenangkan. Oleh karena ramah di kulit, produk ini takkan meninggalkan residu minyak. Berkatnya, Anda dapat mengandalkan cleansing water ini untuk menghilangkan sisa eyeliner dan maskara tanpa mengiritasi mata.

Untuk kondisi kulit Semua kondisi kulit
Bahan tambahan Panthenol, matricaria flower extract, butylene glycol, glycerin, niacinamide, sodium ascorbyl phosphate, citric acid
Keamanan BPOM, tanpa parfum, tanpa pewarna, tanpa bahan kimia berbahaya
Ukuran/isi 200 mL
Kisaran harga Rp69.000

6. Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water

Beraroma rumput laut dan minyak zaitun yang menenangkan

Brand lokal Wardah ini mengeluarkan cleansing water berkandungan ekstrak rumput laut dan mentimun. Kedua bahan ini diketahui mampu menenangkan kulit sekaligus menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat. Tak Cuma itu, kandungan minyak zaitunnya juga akan memaksimalkan pembersihan kotoran secara gentle tanpa menyumbat pori-pori.

Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water memanjakan Anda dengan kemampuannya mengangkat segala kotoran, riasan ringan, hingga eyeliner waterproof tanpa membuat kulit perih. Belum lagi, produsen mengklaim produk ini menyimpan formula kompatibel untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak dan sensitif. Selain teregistrasi di Badan POM, cleansing water ini juga hypoallergenic!

Untuk kondisi kulit Semua kondisi kulit
Bahan tambahan Panthenol, cucumber extract, seaweed extract, glycerin, propylene glycol
Keamanan BPOM, tanpa alkohol, tanpa silikon, tanpa sulfat, tanpa paraben, hypoallergenic
Ukuran/isi 240 mL
Kisaran harga Rp40.500

7. the SAEM Healing Tea Garden Green Tea Cleansing Water

Produk Korea untuk membersihkan dan melembutkan kulit

Bukan sebatas membersihkan, cleansing water varian Green Tea dari the SAEM ini bersifat melembutkan. Untuk membersihkan kotoran wajah sekaligus melembabkan kulit, semuanya dimampukan tanpa harus dibilas. Komposisinya dipastikan aman dari pewarna, pengharum, paraben, benzophenone, dan mineral oil.

Kelebihan lainnya, cleansing water the SAEM berikut tak hanya sanggup membersihkan makeup wajah, tetapi juga makeup bibir seperti lip cream. Bila Anda ingin beralih dari micellar water ke cleansing water, produk satu ini patut dijadikan pertimbangan.

Untuk kondisi kulit Semua kondisi kulit
Bahan tambahan Butylene glycol, achillea millefolium extract, citric acid, tea tree oil
Keamanan BPOM, tanpa paraben, tanpa alkohol, tanpa silikon, tanpa sulfat, tanpa pewarna, tanpa parfum, tanpa mineral oil, minimal ingredients, hypoallergenic
Ukuran/isi 300 mL
Kisaran harga Rp129.000

8. Innisfree Green Tea Cleansing Water

Cleansing water asal Korea yang bisa menurunkan pH kulit supaya sehat

Innisfree Cleansing Water termasuk salah satu pembersih wajah asal Korea best seller di Indonesia. Terkandung ekstrak green tea kaya amino acid dan saponin untuk membersihkan sekaligus melembapkan kulit. Keunggulannya tak sekadar pada cleanser-nya, melainkan juga tersedia partikel surfaktan yang sanggup menurunkan pH kulit agar lebih sehat.

Untuk kemasan dari produk ini sendiri cukup unik. Pada bagian atas, Anda akan menemukan pompa dengan penutup flip top. Harganya pun terjangkau untuk ukuran kemasan tergolong besar. Bila wajah Anda sedang berjerawat, kandungan utama teh hijaunya memberi efek calming jerawat. Tentu saja, bahan alami tersebut juga takkan menyebabkan timbulnya jerawat apalagi kulit beruntusan.

Untuk kondisi kulit Normal, kering, berminyak
Bahan tambahan Butylene glycol, glycerin, camellia sinensis leaf extract, orange fruit extract
Keamanan BPOM, tanpa alkohol, tanpa silikon, tanpa paraben, tanpa sulfat, hypoallergenic, cruelty-free
Ukuran/isi 300 mL
Kisaran harga Rp195.000

9. Joylab Cleansing Water

Efektif melembapkan serta merevitalisasi kulit secara alami

Cleansing water lain yang terdiri dari ekstrak tumbuhan alami dapat Anda temukan pada Joylab Cleansing Water. Produk ini mengandung bahan pembersih seperti asam kelapa dan minyak pohon teh untuk membantu membersihkan riasan dan kotoran di tanpa meninggalkan residu minyak. Selain itu, kedua bahan tersebut juga terbukti efektif menghidrasi dan merevitalisasi kulit wajah secara alami.

Di samping mengutamakan asam kelapa dan minyak pohon teh, cleansing water Joylab didukung oleh glycerin untuk meningkatkan elastisitas kulit. Ada juga juga lactic acid untuk menyesuaikan pH kulit (anti-aging). Baik untuk kulit normal, kering, berminyak, rawan jerawat, atau kombinasi, semua kondisi kulit cocok dengan produk ini!

Untuk kondisi kulit Semua kondis ikulit
Bahan tambahan Glycerin, coconut acid, tea tree oil, lactic acid
Keamanan BPOM, tanpa sulfat, tanpa paraben, cruelty-free
Ukuran/isi 100 mL
Kisaran harga Rp80.000

10. Esenses Micellar Cleansing Water

Tersedia dalam dua varian yang bisa menyegarkan kulit

Esenses Micellar Cleansing Water adalah produk yang berasal dari Aulia Cosmetic dengan harga pasaran terjangkau. Cleansing water lokal ini telah lulus BPOM. Variasi produk ini ada dua, yaitu Moisturizing berkemasan pink dan Refreshing berkemasan biru. Baik varian kemasan pink maupun biru, keduanya dijamin aman untuk segala jenis kulit karena bebas alkohol.

Cukup sekali usap menggunakan Esenses Micellar Cleansing Water, face makeup dan eye makeup Anda bakal luruh hingga 80%. Produk eye makeup yang waterproof pun dapat dibersihkan dengan mudah tanpa meninggalkan sensasi pedih. Meski unggul “mengusir” makeup, sebaiknya Anda tetap melakukan double cleansing agar hasil bersihnya paripurna.

Untuk kondisi kulit Semua kondisi kulit
Bahan tambahan Butylene glycol, glycerin, aloe barbadensis leaf juice
Keamanan BPOM, tanpa paraben, tanpa silikon, tanpa sulfat, tanpa alkohol
Ukuran/isi 150 mL
Kisaran harga Rp24.500

Tips Menggunakan Cleansing Water yang Tidak Membebani Kulit

Tuangkan cairan cleansing water ke selembar kapas secukupnya, lalu oleskan perlahan ke wajah untuk mengangkat sisa makeup, kotoran, atau keringat. Pastikan tidak ada bagian kapas kering yang bergesekan dengan kulit dan melukai kulit Anda. Selain itu ganti kapas sesering mungkin terutama ketika sudah sangat kotor.

Untuk membersihkan area yang sempit seperti di sekitar mata, sebaiknya gunakan cotton bud. Dengan begitu, diharapkan tidak akan ada cairan yang mengenai mata. Caranya pun sama, cukup celupkan cotton bud pada cairan cleansing water, kemudian usapkan secara memutar untuk menghindari bagian yang kotor agar tidak menempel kembali.

Jika Anda terlalu khawatir dengan residu minyak yang ditinggalkan cleansing water, Anda bisa melakukan pembersihan ganda. Bilas wajah Anda dengan air hangat setelah melakukan pembersihan menggunakan cleansing water. Untuk beberapa kasus, Anda mungkin perlu menambahkan krim, lotion, atau tabir surya yang biasa Anda gunakan untuk melembabkan kulit.

Lihat juga rekomendasi micellar water terbaik di sini!

Makeup removal yang telah kita bahas pada artikel ini memiliki sedikit perbedaan dengan produk sejenis, yaitu micellar water. Jika cleansing water dilengkapi unsur lain seperti minyak esensial, ekstrak buah, dan bermacam bentuk mineral, micellar water hanya mengandung micelles sebagai partikel pengikat minyak dan kotoran.

Meski tidak dibekali cleansing agents, micellar water dapat menjadi alternatif terbaik lain untuk Anda yang ingin mengangkat kotoran dan makeup dari kulit wajah. Pasaran harga micellar water sedikit lebih tinggi dibandingkan cleansing water, namun tetap worth it Anda miliki. Tertarik membeli micellar water? Berikut rekomendasinya!

10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik

Kesimpulan

Cleansing water merupakan produk pembersih wajah berbasis air yang tak hanya mampu mengangkat kotoran, tetapi makeup dan sisa-sisanya pun bisa dibersihkan olehnya. Saat memilih cleansing water, Anda perlu menyesuaikan kandungan surfaktan dengan kebutuhan. Produk yang dilengkapi pelembap seperti hyaluronic acid, glycerin, dan bahan pencerah vitamin C derivatif atau semacamnya merupakan nilai lebih yang bisa Anda pertimbangkan.

Pastikan memilih cleansing water yang aman dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Setiap produk mengantongi peranan yang sama, tetapi Anda dapat menilik highlight cleansing water yang membedakannya dengan produk lain. Manakah cleansing water pilihan Anda berdasarkan list rekomendasi di atas? Semgoa Anda temukan produk terbaik dan kami ucapkan selamat memilih!

(Visited 821 times, 11 visits today)