Kosmetik & Kesehatan

10 Cleansing Milk Terbaik untuk Bersihkan Kotoran & Makeup

Setelah seharian menggunakan makeup serta terkena kotoran dan debu, wajah Anda perlu dibersihkan dengan cleansing milk. Produk pembersih wajah ini akan mengangkat kotoran dan debu, serta menghapus sisa makeup yang menempel di kulit wajah Anda.

Ada berbagai macam produk cleansing milk yang bisa Anda dapatkan di pasaran, seperti Herborist, Mustika Ratu, dan Sariayu. Di sini, kami akan memberikan rekomendasi cleansing milk sebagai pilihan Anda. Namun sebelumnya, simak dulu informasi dan cara memilih cleansing milk di bawah ini, yuk!

Apa itu Cleansing Milk?

Cleansing milk atau susu pembersih merupakan krim pembersih wajah dengan tekstur lembut, ringan, dan berair, serta berwarna putih. “Susu” pada cleansing milk bukan berarti susu yang berasal dari hewan tertentu, melainkan dari santan dengan konsistensi seperti losion yang milky.

Diformulasikan dengan emolien (bahan pelembap) dan air, cleansing milk ampuh menghapus riasan, kotoran, keringat, dan minyak. Tidak berbusa dan tidak memerlukan air untuk pengaplikasiannya, cleansing milk dapat dibersihkan dengan lap wajah atau dibilas dengan air.

Cleansing milk sangat ideal untuk jenis kulit kering dan sensitif, karena mengandung pelembap yang bisa mengunci kelembapan pada kulit. Namun, produk ini kurang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Cara Memilih Cleansing Milk

Berikut ini kami akan memberikan cara-cara memilih cleansing milk agar Anda dapat menemukan produk yang paling cocok untuk Anda.

Pilih Berdasarkan Tipenya: Dibilas dengan Air atau Dilap dengan Kapas

blank

Ada dua cara memakai cleansing milk, yaitu dibilas dengan air atau dilap dengan kapas. Apa plus dan minus dari kedua cara pakai ini?

Cleansing milk yang dibilas dengan air:

  • Umumnya lebih cepat membersihkan kotoran.
  • Tidak akan meninggalkan residu minyak pada kulit.
  • Lebih lembut dibandingkan dengan penggunaan kapas.

Cleansing milk yang dibilas dengan kapas:

  • Umumnya dipakai untuk membersihkan riasan di bibir dan mata.
  • Penggunaan kapas dapat menyebabkan kotoran terdorong ke dalam kulit, alih-alih membersihkannya, sehingga wajah tidak benar-benar bersih.

Pilih yang Formulanya Lebih Tebal (Krim) untuk Menjaga Kelembapan Kulit

blank

Pada umumnya cleansing milk memiliki bahan yang mampu menghidrasi dan memberi nutrisi pada kulit. Cleansing milk juga tersedia dalam berbagai formula, seperti pembersih berbasis air, minyak, krim, dan losion.

Namun yang terbaik adalah yang memiliki tekstur lebih tebal atau berbentuk krim. Cleansing milk jenis ini terasa lebih lembut di kulit, mampu bertindak sebagai bantalan, mencegah gesekan yang tidak diinginkan, dan mengunci air dalam kulit. Semua jenis kulit cocok menggunakan pembersih wajah jenis ini.

Pilih yang Bahannya sesuai Jenis Kulit

blank

Dengan jenis cleansing milk yang berbeda-beda, Anda dapat memilih produk yang bahan kandungannya cocok untuk jenis kulit Anda.

  • Untuk kulit berminyak, gunakan cleansing milk berbasis air yang akan mengendalikan minyak di wajah, seperti aloe vera, ekstrak jeruk, anggur, sandalwood, dan sebagainya.
  • Untuk kulit kering, gunakan cleansing milk yang mengandung pelembap atau minyak esensial, seperti aloe vera, minyak kelapa, madu, mentimun, glycerin, dan sebagainya.
  • Untuk kulit sensitif, gunakan cleansing milk yang mengandung bahan-bahan penenang kulit, seperti shea butter yang memiliki sifat antiinflamasi, dapat mencegah kemerahan akibat jerawat ringan atau terbakar sinar matahari.Namun, hindari bahan ini jika Anda rentan mengalami jerawat yang parah, karena kandungan ini dapat menyebabkan bertambahnya jerawat dan akan terasa berat di kulit.

Pilih antara Produk Double Cleansing atau Tidak

blank

Double cleansing adalah metode membersihkan wajah yang dilakukan dua tahap dengan menggunakan produk yang berbeda. Perlu atau tidaknya metode ini dilakukan tergantung dari jenis kulit dan jenis riasan yang dikenakan.

  • Sangat diperlukan jika untuk membersihkan sisa sunscreen dan riasan yang tebal agar tidak menyumbat pori-pori.
  • Tidak diperlukan jika Anda tidak punya banyak waktu atau memiliki kulit kering/sensitif.

10 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik

Setelah membaca uraian di atas, kami harap Anda bisa menerapkannya dalam memilih cleansing milk. Di bawah ini kami rekomendasikan sepuluh produk cleansing milk yang mungkin cocok untuk Anda. Silakan dipilih!

1. Viva Milk Cleanser Bengkuang

Mencerahkan dan menjaga elastisitas kulit wajah

Viva sudah menjadi merek kosmetik legendaris di Indonesia yang dikenal dengan produk-produk kecantikan berkualitas dan harga terjangkau. Milk Cleanser Bengkuang adalah salah satu produk andalannya yang populer.

Produk ini mengandung bahan alami ekstrak bengkuang yang dikenal mampu membuat kulit wajah tampak cerah, serta mengandung ekstrak sunflower untuk menjaga elastisitas kulit wajah. Wajah Anda akan tampak lebih cerah dan kenyal.

Tipe Pembersihan dengan tisu/kapas
Formulasi Krim
Bahan utama Ekstrak bengkuang, ekstrak sun flower, citric acid, propylene glycol
Jenis kulit Kulit normal
Double cleansing Perlu
Isi 100 ml, 200 ml
Kisaran harga Rp7.900 – Rp13.400
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Herborist Rose Cleansing Milk

blank

Sumber: Shopee.co.id

Membuat wajah segar, lembap, dan cerah alami

Herborist Rose Cleansing Milk merupakan cleansing milik dapat mengangkat sisa makeup atau menghilangkan kotoran secara maksimal. Dengan kandungan ekstrak mawarnya, produk ini memberikan aroma wangi mawar yang lembut.

Pembersih wajah ini juga diperkaya oleh vitamin E dan whitening yang berfungsi menjaga kelembapan, elastisitas. Wajah Anda akan tampak lebih bersih dan cerah secara alami. Semua jenis kulit cocok untuk menggunakan produk ini.

Tipe Pembersihan dengan tisu/kapas
Formulasi Krim
Bahan utama Ekstrak mawar, vitamin E (tocopheryl acetate), propylene glycol, dan whitening
Jenis kulit Semua jenis kulit
Double cleansing Perlu
Isi 100 ml
Kisaran harga Rp14.700
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Skin Dewi Hazelnut Cleansing Milk

blank

Sumber: Skindewi.com

Terbuat dari bahan organik untuk kulit bebas jerawat

Jerawat timbul karena Anda stres atau terpapar polusi dan kotoran. Bersihkan wajah Anda dengan pembersih wajah yang mampu memulihkan kulit dari jerawat, yakni Skin Dewi Hazelnut Cleansing Milk.

Mengandung kombinasi minyak nabati yang kaya omega, cleansing milk ini ampuh mendetoksifikasi pori-pori, membersihkan jerawat, dan memulihkan kulit yang rusak. Tersedia dalam kemasan yang simple, produk ini juga bisa digunakan tanpa metode double cleansing. Praktis, kan?

Tipe Pembersihan dengan air
Formulasi Lotion
Bahan utama Witch hazel water, jojoba oil, hazelnut oil, dan castor oil
Jenis kulit Kulit kombinasi hingga berminyak
Double cleansing Tidak perlu
Isi 30 gr, 50 gr, 150 gr
Kisaran harga Rp220.000 – Rp566.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Bukalapak

4. Ristra Extremely Gentle Cleansing Milk

blank

Sumber: Shopee.co.id

Menjaga elastisitas kulit dan merelaksasi wajah

Memiliki formula dengan pH-balanced, Ristra Extremely Gentle Cleansing Milk bekerja efektif mengangkat kotoran, sisa makeup, dan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Susu pembersih ini juga ampuh melindungi lapisan pelindung alami kulit serta menjaga kelembapan dan elastisitas kulit wajah.

Aplikasikan produk ini dengan cara pijat lembut wajah Anda untuk melancarkan peredaran darah dan merelaksasi wajah. Bilas dengan handuk basah, Anda akan merasakan kulit yang bersih, segar, kenyal, tidak kendur, dan lebih lembut.

Tipe Pembersihan dengan handuk basah
Formulasi Lotion
Bahan utama Lanolin anhydrous, propylene glycol, cera alba, dll
Jenis kulit Semua jenis kulit
Double cleansing Perlu
Isi 150 ml
Kisaran harga Rp58.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Sariayu Jeruk Cleansing Milk

blank

Sumber: Sariayu.com

Mengandung jeruk nipis penuh manfaat untuk kulit cerah terawat

Jeruk nipis mengandung asam yang dapat membantu mencerahkan kulit, memberikan kesegaran dan kelembapan pada kulit. Ekstrak jeruk nipis yang ada pada Sariayu Jeruk Cleansing Milk juga berfungsi sebagai antibakteri penyebab jerawat.

Produk ini juga mengandung peppermint oil serta ekstrak gardenia sebagai antioksidan. Perpaduan bahannya efektif membersihkan sisa debu, kotoran, dan makeup dari wajah. Teksturnya yang lembut akan mengurangi kelebihan minyak pada wajah Anda, membuat kulit wajah Anda menjadi lebih cerah dan terawat.

Tipe Pembersihan dengan tisu/kapas
Formulasi Lotion
Bahan utama Ekstrak jeruk nipis, peppermint oil, ekstrak gardenia, olive oil
Jenis kulit Kulit normal hingga berminyak
Double cleansing Tidak perlu
Isi 100 ml, 150 ml
Kisaran harga Rp13.300 – Rp15.600
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Mustika Ratu Pembersih Sari Sekar Gambir

Membersihkan dan meremajakan kulit sekaligus sebagai aromaterapi

Sebagai salah satu merek kosmetik legendaris dan populer di Indonesia, Mustika Ratu selalu mengeluarkan produk kecantikan yang bermutu. Di antaranya adalah Pembersih Sari Sekar Gambir yang diperkaya dengan vitamin E dan aromatic essential jasmine oil.

Kedua bahan tersebut berfungsi untuk menjaga keremajaan kulit sekaligus memberi aroma wewangian yang akan membantu menenangkan pikiran Anda. Dibuat khusus untuk kulit normal dan kering, pembersih wajah ini efektif membersihkan wajah dan leher Anda dari kotoran dan makeup sehari-hari.

Tipe Pembersihan dengan tisu/kapas
Formulasi Krim
Bahan utama Propylene glycol, witch hazel extract, aromatic essential jasmine oil, vitamin E (tocopheryl acetate)
Jenis kulit Kulit normal dan kering
Double cleansing Perlu
Isi 150 ml
Kisaran harga Rp20.400
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Acnes Natural Care Milk Cleanser Oil Control

blank

Sumber: Rohto.co.id

Efektif mengangkat kotoran dan menghapus sisa makeup tanpa alkohol

Dengan kombinasi ekstrak tanaman, Acnes Natural Care Milk Cleanser Oil Control akan membantu mengurangi minyak berlebih di wajah Anda. Kandungan olive oil-nya bekerja efektif mengangkat kotoran dan menghapus sisa makeup.

Milk cleanser ini ampuh membersihkan dan melembapkan kulit tanpa meninggalkan kesan lengket dan tidak membuat wajah semakin berminyak atau kering. Pembersih ini akan membuat kulit Anda akan menjadi lebih segar, lembut, lembap, dan kenyal tanpa kandungan alkohol.

Tipe Pembersihan dengan tisu/kapas
Formulasi Krim
Bahan utama Olea europaea fruit oil, allantoin, urea, yeast amino acids, trehalose, taurine, glucose, dll
Jenis kulit Kulit berminyak dan berjerawat
Double cleansing Perlu
Isi 110 ml
Kisaran harga Rp30.600
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Mineral Botanica Acne Care Cleansing Milk

blank

Sumber: Shopee.co.id

Mengandung bahan-bahan aktif penghilang jerawat

Masalah kulit berminyak dan rentan berjerawat ialah sulit untuk menemukan cleansing milk yang cocok, karena saat digunakan cenderung terlalu berminyak, lengket, atau pori-pori tersumbat. Oleh karena itu, Anda perlu memilih cleansing milk yang tepat sehingga kulit Anda bebas jerawat.

Mineral Botanica Acne Care Cleansing Milk diformulasikan khusus untuk kulit berminyak yang rentan berjerawat. Pembersih ini mengandung bahan-bahan aktif seperti alpha-bisabolol, salicylic acid, dan vitamin E, yang efektif menghilangkan kelebihan minyak penyebab jerawat. Tidak perlu double cleansing, kulit Anda menjadi lebih lembut dan halus.

Tipe Pembersihan dengan tisu/kapas
Formulasi Krim
Bahan utama Allantoin, alpha-bisabolol, salicylic acid, vitamin E, glycolic acid, dan salix alba (willow) bark extract
Jenis kulit Kulit berminyak, berjerawat, dan kombinasi
Double cleansing Tidak perlu
Isi 90 ml
Kisaran harga Rp23.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. L’Oreal Paris Gentle Cleansing Milk

Membersihkan dan melindungi kelembapan alami kulit

Cleansing milk produksi perusahaan kosmetik dari Perancis ini memiliki tekstur yang creamy dan lembut. Dapat menghapus kotoran, debu, dan makeup, produk ini juga dapat melindungi tingkat kelembapan alami kulit.

Setelah menggunakannya, kulit akan terasa bersih dan segar. Tak hanya itu, kulit juga menjadi lebih lembap, lembut, dan kenyal. L’Oreal Paris Gentle Cleansing Milk cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering dan sensitif.

Tipe Pembersihan dengan tisu/kapas
Formulasi Krim
Bahan utama Glycerin, butyrospermum parkii (shea butter), lanolin oil, dll
Jenis kulit Semua jenis kulit
Double cleansing Perlu
Isi 200 ml
Kisaran harga Rp120.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. RIVERA Endless Bright Deep Milk Cleanser

blank

Sumber: Rivera.id

Menghasilkan warna kulit lebih cerah, merata, dan bebas bintik hitam

Jika warna kulit Anda kurang merata dan kusam, Rivera Endless Bright Deep Milk Cleanser adalah solusi yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Produk ini telah teruji secara klinis efektif dapat mencerahkan warna kulit dan membantu mengurangi warna kulit yang tidak merata.

Selain menghilangkan debu dan sisa makeup, cleansing milk ini juga mengangkat sel kulit mati, membantu regenerasi kulit, menyamarkan bintik hitam di wajah, dan memperlambat tanda penuaan lainnya. Setelah 4 minggu pemakaian, Anda akan mendapatkan kulit yang lebih bersih, halus, dan cerah.

Tipe Pembersihan dengan tisu/kapas
Formulasi Krim
Bahan utama Glycerin, propylene glycol, niacinamide, allantoin, tocopheryl acetate, titanium dioxide, dll
Jenis kulit Kulit kusam, kulit kering
Double cleansing Perlu
Isi 130 ml
Kisaran harga Rp50.400
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Cleansing Milk

Produk Viva Milk Cleanser Bengkuang Herborist Rose Cleansing Milk Skin Dewi Hazelnut Cleansing Milk Ristra Extremely Gentle Cleansing Milk Sariayu Jeruk Cleansing Milk Mustika Ratu Pembersih Sari Sekar Gambir Acnes Natural Care Milk Cleanser Oil Control Mineral Botanica Acne Care Cleansing Milk L’Oreal Paris Gentle Cleansing Milk RIVERA Endless Bright Deep Milk Cleanser
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Tipe Pembersihan dengan tisu/kapas Pembersihan dengan tisu/kapas Pembersihan dengan air Pembersihan dengan handuk basah Pembersihan dengan tisu/kapas Pembersihan dengan tisu/kapas Pembersihan dengan tisu/kapas Pembersihan dengan tisu/kapas Pembersihan dengan tisu/kapas Pembersihan dengan tisu/kapas
Formulasi Krim Krim Lotion Lotion Lotion Krim Krim Krim Krim Krim
Bahan utama Ekstrak bengkuang, ekstrak sun flower, citric acid, propylene glycol Esktrak mawar, vitamin E (tocopheryl acetate), propylene glycol, dan whitening Witch hazel water, jojoba oil, hazelnut oil, dan castor oil Lanolin anhydrous, propylene glycol, cera alba, dll Ekstrak jeruk nipis, peppermint oil, ekstrak gardenia, olive oil Propylene glycol, witch hazel extract, aromatic essential jasmine oil, vitamin E (tocopheryl acetate) Olea europaea fruit oil, allantoin, urea, yeast amino acids, trehalose, taurine, glucose, dll Allantoin, alpha-bisabolol, salicylic acid, vitamin E, glycolic acid, dan salix alba (willow) bark extract Glycerin, butyrospermum parkii (shea butter), lanonin oil, dll Glycerin, propylene glycol, niacinamide, allantoin, tocopheryl acetate, titanium dioxide, dll
Jenis kulit Kulit normal Semua jenis kulit Kulit kombinasi hingga berminyak Semua jenis kulit Kulit normal hingga berminyak Kulit normal dan kering Kulit berminyak dan berjerawat Kulit berminyak, berjerawat, dan kombinasi Semua jenis kulit Kulit kusam, kulit kering
Double cleansing Perlu Perlu Tidak perlu Perlu Tidak perlu Perlu Perlu Tidak perlu Perlu Perlu
Isi 100 ml, 200 ml 100 ml 30 gr, 50 gr, 150 gr 150 ml 100 ml, 150 ml 150 ml 110 ml 90 ml 200 ml 130 ml
Kisaran harga Rp7.900 – Rp13.400 Rp14.700 Rp220.000 – Rp566.500 Rp58.500 Rp13.300 – Rp15.600 Rp20.400 Rp30.600 Rp23.900 Rp120.000 Rp50.400
Periksa ketersediaan

Cara Menggunakan Cleansing Milk yang Efektif

blank

Cleansing milk dapat digunakan di pagi dan/atau malam hari, sesuai dengan rutinitas perawatan kulit Anda. Agar hasilnya maksimal, aplikasikan cleansing milk dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Cuci tangan dengan sabun dan air hangat hingga bersih sebelum membersihkan wajah.
  • Tuang produk ke telapak tangan Anda secukupnya, lalu gosok-gosok dengan kedua tangan selama beberapa detik hingga produk terasa hangat (suhu kulit).
  • Tempelkan cleansing milk ke kulit wajah Anda dengan cara menekan kedua tangan pada pipi selama 10 detik.
  • Tepuk-tepuk cleansing milk di wajah Anda, kemudian beri pijatan lembut pada wajah dan leher Anda secara menyeluruh.
  • Bilas dengan air hangat atau gunakan kapas. Bilas sekali lagi dengan handuk hangat sampai tidak ada lagi produk yang tersisa di kulit wajah.
  • Gunakan toner setelah menggunakan cleansing milk. Sempurnakan dengan face cream atau losion untuk melembapkan dan menghidrasi wajah Anda.

Kesimpulan

Cleansing milk merupakan pembersih wajah yang berfungsi menghilangkan kotoran dan sisa makeup, sekaligus juga dapat melembapkan, mencerahkan, menjaga keremajaan kulit, dan lain-lain.

Sebelum menentukan pilihan, pastikan Anda telah memilih cleansing milk sesuai tips cara memilih dan informasi terkait yang telah kami sampaikan sebelumnya, agar Anda mendapatkan hasil yang optimal. Selamat berburu cleansing milk!

Referensi

Benefits of a cleansing milk
https://www.k2askincare.com/benefits-of-a-cleansing-milk/ diakses pada 6 November 2021

How to Use Cleansing Milk for Face?
https://glowsly.com/cleansing-milk-guide/?amp diakses pada 6 November 2021

Why you shouldn’t wipe off your cleansing milk with cotton pad?
https://deszell.wordpress.com/2016/09/26/why-you-shouldnt-wipe-off-your-cleansing-milk-with-cotton-pad/amp/ diakses pada 6 November 2021

How To Choose The Best Cleansing Milk?
https://www.stylecraze.com/articles/best-cleansing-milks-in-india/#how-to-choose-the-best-cleansing-milk diakses pada 6 November 2021

What is a cleansing milk and how to use cleansing milk?
https://doclists.in/how-to-use-cleansing-milk/ diakses pada 6 November 2021

BEST CLEANSING MILKS
https://bestreviews.com/best-cleansing-milks#key-considerations diakses pada 6 November 2021

Is Double Cleansing Necessary?
https://www.paulaschoice.com/expert-advice/skincare-advice/cleansers/is-double-cleansing-necessary.html diakses pada 6 November 2021

A Beginner’s Guide to Double Cleansing
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/double-cleansing#who-its-for diakses pada 6 November 2021

How to Use Cleansing Milk
https://www.wikihow.com/Use-Cleansing-Milk diakses pada 6 November 2021

You may also like

Comments are closed.